10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Saus tomat merupakan salah satu bumbu penting dalam memasak. Selain itu, saus tomat mengandung lycopene yang berkhasiat bagi kecantikan dan kesehatan. Anda pasti tidak asing lagi dengan produsen saus tomat terkenal di pasaran, seperti Del Monte, ABC, hingga Heinz yang memiliki rasa khas dan keunggulan masing-masing.

Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih saus tomat secara umum, kemudian merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari berbagai merek dengan membahas keunggulannya masing-masing. Mari maksimalkan penggunaan saus tomat di dapur dan meja makan Anda!

Daftar isi

Cara memilih saus tomat

Saus tomat merupakan bumbu masakan yang berbahan dasar tomat. Akan tetapi, awalnya saus tomat dikenal di kawasan Asia sebagai saus ikan yang terbuat dari bahan baku sayuran dan ikan. Saus dengan bahan dasar tomat kemudian dipopulerkan di seluruh dunia oleh perusahaan Heinz dari Amerika.

Saat ini, beragam jenis saus tomat telah dipasarkan dari berbagai produsen yang berbeda. Berikut ini kami akan menjelaskan cara memilih saus tomat yang bisa Anda sesuaikan dengan gaya hidup Anda.

Pilih kemasan yang sesuai dengan penggunaan

Pilih kemasan yang sesuai dengan penggunaan Anda

Saus tomat mungkin cukup sering diletakkan di atas meja makan langsung dalam kemasan botolnya atau digunakan untuk dituangkan di atas lauk bekal makan siang. Untuk itu, bukankah saus tomat akan terlihat lebih cantik jika dikemas dalam botol lucu seperti yang ada di restoran? Bukankah akan lebih mudah jika Anda membawa saus tomat sachet saat membawa bekal makan siang agar tidak berantakan saat dibawa?

Untuk kasus-kasus seperti di atas, kami merekomendasikan untuk memilih saus tomat berdasarkan kemasan sesuai dengan penggunaannya! Dengan memilih saus tomat yang kemasan botolnya lucu, Anda tentu tidak akan merasa malu-malu mengeluarkannya saat sedang kedatangan tamu. Kemasan seperti ini juga bisa mempercantik meja makan Anda. Sedangkan dengan menggunakan saus tomat dalam sachet untuk bekal makan siang, Anda bisa menjaga kehigienisannya sebelum dikonsumsi dan penampilan bekal makan siang juga akan tetap terjaga.

Pilih rasa yang sesuai dengan hidangan yang disajikan

Pilih rasa yang sesuai dengan hidangan yang disajikan

Tomat memiliki kandungan umami (rasa gurih dan lezat) yang tinggi. Selain itu, lycopene yang terkandung di dalamnya tahan terhadap panas dan mudah larut dalam minyak sehingga sangat cocok sebagai tambahan bumbu untuk dimasak. Saus tomat yang padat dengan kandungan tomat semacam itu pasti selalu bisa digunakan untuk memperkaya rasa masakan.

Saus tomat yang dimasak dengan campuran bawang putih atau bermacam rempah-rempah lainnya bisa digunakan sebagai saus dengan memanfaatkan rasa yang dimilikinya. Anda juga dapat memasukkan saus tomat saat membuat sup, menambahkannya saat memanggang ayam, atau mencampurkan pada bahan makanan lainnya. Selain itu, Anda dapat mengoleskan saus tomat langsung di atas pizza karena rasanya juga tidak akan kalah meskipun tercampur dengan keju.

Sebaliknya, saus tomat yang hanya menggunakan sedikit bumbu tambahan dan lebih kuat rasa tomatnya bisa digunakan untuk segala jenis masakan. Selain omelette, Anda juga dapat menambahkan sedikit saus tomat sebagai pendamping untuk memakan sup miso atau memadukannya dengan bumbu lain untuk berbagai masakan tumisan.

Perhatikan kandungan garam dan bahan bakunya

Perhatikan kandungan garam dan bahan bakunya

Tentunya tidak sedikit orang yang memperhatikan kesehatan dengan memilih bahan makanan yang aman bagi tubuh, misalnya dengan memilih produk yang kandungan garamnya rendah, penggunaan bumbu yang lebih sedikit, dan produk yang bebas dari risiko sisa proses radiasi. Untuk mereka yang memprioritaskan hal semacam itu, kami merekomendasikan agar memilih saus tomat yang menggunakan tomat organik dan bahan-bahan organik pendukung lainnya serta yang telah lolos pemeriksaan radiasi.

Dengan kadar garam dan gula yang lebih rendah, mungkin Anda akan mengira rasanya akan hambar. Akan tetapi, untuk menutupi hal itu, sudah banyak juga produk yang diolah sedemikian rupa untuk mengeluarkan rasa manis dari tomat secara maksimal dengan menambahkan rempah-rempah agar dapat memberikan rasa yang enak.

10 Rekomendasi saus tomat terbaik

Setelah memahami cara memilih saus tomat, sekarang kami akan memberikan 10 produk rekomendasi saus tomat terbaik yang dapat Anda jadikan referensi dalam memilih saus tomat yang sesuai selera Anda.

10. Sparindo Food Red1 Saus Tomat

10. Sparindo Food Red1 Saus Tomat

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 6.500

Kemasan sachet yang higienis, cocok untuk bepergian!

Jika Anda sering membawa bekal saat bepergian, Anda mungkin bisa mempertimbangkan Red1 Saus Tomat sebagai pendamping bekal Anda. Dengan ukuran 9 gram per sachet, saus tomat ini sangat cocok untuk menemani mobilitas Anda agar tetap dapat menikmati hidangan dengan lezat di mana saja tanpa merasa kerepotan.

Red1 mengadaptasi teknologi pembuatan saus terkini, yaitu proses pasteurisasi yang merupakan metode pemanasan untuk membunuh bakteri dan mikroba merugikan lain sehingga kehigienisan saus tomat tetap terjaga dengan baik. Penggunaan tomat asli sebagai bahan bakunya menjadikan produk ini memiliki cita rasa asam dan manis yang lezat!

9. ABC Tomato Ketchup

9. ABC Tomato Ketchup

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 10.750

Diproses dengan cara alami untuk menghasilkan cita rasa khas lokal

ABC Tomato Ketchup diproses dengan cara alami sehingga mampu menghasilkan cita rasa khas saus tomat lokal yang nikmat. Produk ini dikemas dalam botol plastik yang didesain dengan tutup yang praktis ketika dibuka-tutup sehingga mudah digunakan dan tidak perlu khawatir akan pecah!

Saus tomat dari ABC ini cocok disajikan sebagai saus pelengkap masakan atau untuk menemani camilan favorit saat bersantai. Penggunaan bahan-bahan pilihan berkualitas membuat saus tomat ini mampu menembus pasar luar negeri sejak tahun 1980 sehingga menjadi salah satu saus tomat kebanggaan masyarakat Indonesia.

8. Kokita Saus Tomat

8. Kokita Saus Tomat

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 12.400

Resep tradisional untuk rasa yang lebih lezat

Dengan menggunakan resep tradisional yang telah dikembangkan, Kokita menghasilkan saus tomat berkualitas tinggi yang memiliki rasa khas asli Indonesia yang lezat dan sangat terasa tomatnya. Dikemas dalam botol kaca, produk ini terjaga kualitasnya dan sangat pas untuk mempercantik meja makan Anda.

Kokita Saus Tomat telah memiliki sertifikat halal, serta sertifikat HACCP sehingga terbukti telah memenuhi standar internasional terkait keamanan pangan. Namun, perlu diperhatikan bahwa dalam produk ini digunakan pewarna makanan dan pengawet sodium benzoat yang mungkin menjadi pertimbangan Anda saat memilih saus tomat.

7. Del Monte Tomato Ketchup

7. Del Monte Tomato Ketchup

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 10.600

Jaminan bahan berkualitas mulai dari pembibitan hingga tersaji di meja makan!

Penggunaan tomat berkualitas pada Del Monte Tomato Ketchup diawasi mulai dari penanaman benih, pemanenan, pemrosesan, hingga tersaji di meja makan Anda. Tomat yang digunakan dalam produk ini merupakan tomat yang bebas pengawet, bukan genetically modified organism (GMO), dan non-BPA.

Produk ini bebas dari perasa dan pengawet buatan sehingga Anda bisa mengonsumsinya dengan tenang. Saus tomat ini dibuat dengan campuran berbagai jenis rempah pilihan untuk memberikan rasa premium ke dalam hidangan yang Anda buat, dan cocok juga untuk pendamping makanan ringan saat bersantai, seperti untuk hamburger, kentang goreng, hotdog, dan lainnya.

6. Muir Glen Organic Tomato Ketchup

6. Muir Glen Organic Tomato Ketchup

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 162.000

Penggunaan tomat organik dari perkebunan di California

Muir Glen Organic mengolah sendiri tomat organik segar yang ditanam di perkebunan di daerah California sehingga menghasilkan saus tomat yang berkualitas tinggi. Rasa lezat dan rasa tomat yang kaya dari produk ini menjadikannya sangat cocok untuk dihidangkan sebagai pendamping burgerfrench fries, atau makanan lain.

Tomat yang digunakan pada Muir Glen Organic Tomato Ketchup ini juga telah memiliki sertifikat USDA Organic, bebas bahan kimia, dan terverifikasi bukan produk GMO sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Selain itu, untuk mendapatkan cita rasa yang tinggi, Muir Glen juga menggunakan gula, garam, bawang, dan bahan organik lainnya.

5. MasterFoods Tomato Sauce

5. MasterFoods Tomato Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 68.000

Saus favorit semua anggota keluarga dengan campuran rempah-rempah pilihan

Salah satu brand asal Australia, MasterFoods, memproduksi saus tomat yang memanfaatkan tomat yang ranum berkat sinar matahari, dipadukan dengan rempah-rempah pilihan untuk menciptakan rasa yang lezat. Produk yang tidak mengandung bahan berbahaya, seperti pewarna, perasa, maupun pengawet buatan ini tentu akan menjadi favorit setiap anggota keluarga!

Untuk menghasilkan saus tomat bercita rasa tinggi ini, MasterFoods menggunakan 76% tomat segar berkualitas, garam, gula, bawang, dan ekstrak rempah-rempah. Produk yang hadir dalam kemasan botol tipe squeeze ini cocok digunakan untuk segala jenis makanan, mulai dari barbeque, hotdog, hamburger, hingga pendamping telur goreng pada sandwich.

4. Hunt’s Tomato Ketchup

4. Hunt's Tomato Ketchup

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 50.000

Tingkatkan kelezatan rasa masakan Anda dengan produk ini!

Hunt’s Tomato Ketchup menggunakan tomat merah yang matang secara sempurna sebagai bahan dasar saus tomatnya untuk menjamin kualitas terbaik. Selain itu, tambahan bumbu dan rempah-rempah pilihan menjadikan produk ini memiliki rasa yang lezat dan sangat tepat untuk menambahkan rasa pada masakan maupun sebagai pendamping hidangan di meja makan Anda.

Saus tomat dari Hunt’s ini tidak menggunakan pengawet maupun bahan kimia sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir saat mengonsumsinya. Agar produk saus tomat dari Hunt’s ini tetap terjaga kualitasnya, disarankan untuk menyimpannya di kulkas setelah segel dibuka.

3. Heinz Tomato Ketchup

3. Heinz Tomato Ketchup

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 70.500

Kualitas terbaik dari salah satu produsen saus tomat tertua

Penggunaan tomat yang matang secara alami di bawah sinar matahari merupakan salah satu unsur yang menjadikan Heinz Tomato Ketchup memiliki rasa yang lezat dan unik. Selain itu, Heinz juga menjamin produk saus tomatnya bebas dari bahan pengawet, pewarna, pengental, dan perasa buatan sehingga aman untuk dikonsumsi.

Desain kemasan yang terbalik (upside-down) membuatnya mudah digunakan tanpa perlu repot mengocok botol terlebih dahulu sebelum menuangkan isinya. Saus tomat ini juga merupakan produk vegan, tidak menggunakan minyak sawit maupun bahan yang mengandung gluten sehingga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki alergi atau pertimbangan aturan makan lainnya.

2. Annie’s Organic Upside Down Ketchup

2. Annie's Organic Upside Down Ketchup

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 100.000

Kualitas terjamin dengan penggunaan tomat bersertifikat USDA Organic

Annie’s Organic Upside Down Ketchup menggabungkan tomat organik matang bersertifikat USDA Organic dengan campuran rempah-rempah untuk menghasilkan saus tomat yang berkualitas. Saus tomat dari Annie’s ini merupakan produk vegan sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan adanya kandungan bahan-bahan hewani di dalamnya.

Selain itu, saus tomat ini juga bebas gluten dan tidak menggunakan pemanis dari sirop jagung tinggi fruktosa sehingga cocok untuk Anda yang alergi terhadap gluten atau sedang mengatur pola makan. Annie’s juga menjamin bahwa produk saus tomatnya non-GMO project verified yang berarti produk ini masih menggunakan bahan alami dari alam tanpa melalui proses rekayasa genetika.

1. Walden Farms Calorie Free Ketchup

1. Walden Farms Calorie Free Ketchup

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 210.000

Pilihan tepat untuk Anda yang sedang mengatur pola makan!

Jika Anda sedang mengatur pola makan untuk menurunkan berat badan, tetapi tetap ingin menikmati hidangan seperti biasa, Walden Farms Calorie Free Ketchup bisa menjadi alternatif pilihan! Dengan menggunakan saus tomat bebas kalori ini sebagai pengganti saus tomat biasa, Anda dapat mengurangi konsumsi kalori setiap harinya untuk hasil diet yang lebih maksimal.

Meskipun saus tomat dari Walden Farms ini bebas kalori, tidak mengandung lemak, gula, karbo, dan bebas gluten, rasanya dijamin tetap lezat karena menggunakan tomat segar berkualitas yang dipadukan dengan bawang dan rempah segar untuk memperkaya rasa. Anda bisa menggunakannya sebagai saus untuk menikmati hamburger, celupan kentang goreng atau berbagai hidangan lainnya.

Baca juga rekomendasi saus tomat terbaik untuk berbagai masakan di sini!

Selain saus tomat yang nikmat digunakan sebagai sambal cocol dan tambahan masakan lainnya, di pasaran juga banyak dijual saus tomat untuk keperluan sebagai bumbu masak. Saus tomat ini dilengkapi dengan berbagai macam bahan sehingga memiliki rasa yang nikmat dan cocok dijadikan sebagai bumbu berbagai macam masakan. Selengkapnya bisa Anda baca di sini!

Kesimpulan

Setiap produk saus tomat biasanya memiliki rasa khas masing-masing yang muncul karena perbedaan penggunaan tomat yang ditanam, metode pemanenan, dan proses pengolahan yang berbeda. Nah, bagaimana pendapat Anda tentang artikel cara memilih saus tomat serta rekomendasi produk saus tomat kami kali ini? Semoga artikel ini bisa menjadi referensi dalam menentukan saus tomat favorit sesuai selera Anda, ya!