• 10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Saus tomat (ketchup) merupakan salah satu kondimen yang banyak digemari. Selain memiliki rasa yang enak, kandungan likopen di dalamnya pun disebut-sebut berkhasiat bagi kecantikan dan juga kesehatan. Anda pasti tidak asing lagi dengan merek saus tomat terkenal di pasaran, seperti Del Monte, ABC, hingga Heinz.

Nah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih saus tomat secara umum. Setelah itu, kami akan merekomendasikan sepuluh saus tomat terbaik dari berbagai merek dengan membahas keunggulannya masing-masing. Yuk, baca artikelnya dan temukan saus tomat terbaik untuk dijadikan cocolan hidangan di meja makan Anda.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 21 September 2022
Daftar isi

Cara memilih saus tomat

Beragam jenis saus tomat telah dipasarkan oleh berbagai produsen yang berbeda. Kami akan menjelaskan cara memilih saus tomat yang dapat disesuaikan dengan gaya hidup Anda.

Pilih berdasarkan rasa saus tomat

Pilih berdasarkan rasa saus tomat

Saus tomat yang dijual oleh berbagai produsen memiliki beragam rasa. Anda dapat memilih saus yang rasanya kuat atau sebaliknya. Namun, saat memilih saus tomat, Anda sebaiknya membandingkan empat poin berikut ini supaya menemukan rasa yang ideal:

  1. Rasa asam

  2. Rasa manis

  3. Rasa tomat

  4. Rasa asin

Sesuaikan saus tomat dengan hidangan yang akan disajikan

Sesuaikan saus tomat dengan hidangan yang akan disajikan

Tomat memiliki kandungan umami (rasa gurih dan lezat) yang tinggi sehingga pas dijadikan cocolan. Namun, saus tomat yang dijual di pasaran memiliki rasa yang berbeda-beda. Ada saus tomat yang nikmat dikonsumsi begitu saja dan ada juga yang lebih lezat untuk campuran masakan.


Agar tidak salah pilih, Anda dapat memilih saus tomat yang rasanya seimbang dengan hidangan yang akan dikonsumsi. Oleh sebab itu, ketahui dahulu karakteristik rasa saus tomat sebelum membelinya.


  • Saus tomat dengan bermacam bumbu

Saus tomat yang mengandung bawang putih atau rempah lain biasanya memiliki rasa yang lebih kaya. Beberapa saus tomat jenis ini bahkan mempunyai rasa gurih yang kuat. Karena itu, saus tomat ini sering digunakan sebagai cocolan berbagai makanan.


  • Saus tomat dengan sedikit bumbu

Saus tomat yang menggunakan sedikit bumbu tambahan juga banyak diproduksi. Saus tomat ini biasanya memiliki rasa tomat yang kuat sehingga bisa dijadikan bumbu tambahan ketika memasak. Anda juga dapat mengoleskan saus tomat ini di atas piza karena rasanya tidak akan kalah meskipun tercampur dengan keju.

Pastikan kemasannya sesuai dengan penggunaan

Pastikan kemasannya sesuai dengan penggunaan
Saus tomat mungkin cukup sering diletakkan langsung di atas meja makan atau dibawa sebagai saus untuk bekal. Dalam hal ini, kami merekomendasikan untuk memilih saus tomat berdasarkan kemasan yang sesuai dengan penggunaannya.

  • Sachet

Untuk bekal makan siang, akan lebih praktis apabila Anda memilih saus tomat kemasan sachet. Jadi, Anda dapat menjaga kehigienisannya sebelum dikonsumsi. Penampilan bekal makan siang juga akan tetap terjaga.


  • Botol

Pilihlah saus tomat kemasan botol untuk disimpan di atas meja supaya mudah digunakan. Ada juga produk yang desain dan penampilan botolnya menarik sehingga akan memperindah tampilan meja makan Anda. Sebagian besar produsen mengemas saus tomat dalam botol sehingga produk tipe ini mudah Anda temui.


  • Pouch

Beberapa produk saus tomat dikemas dalam botol kaca sehingga berisiko pecah. Jika Anda khawatir dengan hal tersebut, kami menyarankan saus tomat kemasan pouch. Anda akan menemukan saus tomat berisi beberapa ratus gram hingga 1 kg. Namun, Anda harus menyediakan botol isi ulang sendiri karena saus tomat pouch lebih mudah tumpah.

Perhatikan kandungan garam, gula, dan kalorinya

Tentunya tidak sedikit orang yang memperhatikan kesehatan dengan memilih bahan makanan yang aman bagi tubuh. Karena itu, beberapa dari Anda mungkin lebih memilih saus tomat dengan kandungan garam, gula, serta kalori yang lebih rendah. Untuk mengetahui kandungan ketiga hal tersebut, perhatikanlah tabel komposisi saus tomat sebelum membelinya.

Garam, menambah cita rasa dan memperpanjang masa simpan

Garam, menambah cita rasa dan memperpanjang masa simpan

Garam dapat menambah rasa pada saus tomat dan berperan sebagai pengawet. Meskipun begitu, Anda hanya direkomendasikan untuk mengonsumsi 6 gram garam setiap harinya. Jika garam yang Anda konsumsi melebihi batas, hal ini mungkin akan berdampak pada kesehatan.


Setiap produk saus tomat memiliki kandungan garam yang berbeda-beda. Namun, rata-rata saus tomat di pasaran mengandung 907 mg gram di setiap 100 gramnya. Agar tidak salah menghitung, kami merekomendasikan Anda untuk selalu mengecek kandungan garam sebelum membeli saus tomat,


Beberapa dari Anda mungkin mengira rasa saus tomat akan hambar jika kadar garamnya rendah. Namun, kenyataannya tidak demikian. Saat ini sudah ada saus tomat dengan sedikit garam, tetapi memiliki rasa yang tak kalah enak.

Gula, menambah rasa manis dan menghambat mikroorganisme

Gula, menambah rasa manis dan menghambat mikroorganisme

Gula di dalam saus tomat juga berfungsi sebagai penambah rasa dan pengawet. Hal ini tidak jauh berbeda dengan garam. Jumlah gula yang ada di dalam saus tomat berbeda-beda, tetapi ada yang mencapai 4 gram per sendok makan.


Jumlah tersebut memang masih di bawah batas maksimal konsumsi gula harian yang mencapai 20 gram. Walaupun demikian, mengecek kandungan gula di tabel komposisi tetap harus dilakukan supaya asupan gula harian Anda tidak melewati batas.

Kalori, hitungan per takarannya akan berbeda

Kalori, hitungan per takarannya akan berbeda

Selain garam dan gula, Anda juga harus memperhatikan kalori. Jumlah kalori di dalam 100 gram saus tomat sekitar 111,6 kalori. Sementara itu, kalori harian yang dibutuhkan orang dewasa berkisar antara 1.600–2.400 kalori.


Namun, angka tersebut hanya perkiraan sehingga Anda tetap harus mencari tahu sendiri dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Pasalnya, setiap merek menggunakan hitungan yang berbeda-beda untuk menghitung jumlah kalori. Ada produsen yang menghitung jumlah kalori per satu sendok makan, per 10 gram, atau per 15 ml.


Selain memperhatikan kandungan kalori, Anda juga perlu memperhatikan bahan lainnya. Penggunaan bumbu yang lebih sedikit serta produk yang bebas dari risiko sisa proses radiasi bisa jadi pilihan. Untuk Anda yang memprioritaskan hal semacam itu, kami lebih menyarankan memilih saus tomat berbahan organik. Lebih baik lagi apabila produknya telah lolos pemeriksaan radiasi.

10 Rekomendasi saus tomat terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk saus tomat terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 14 September 2022: 

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa ABC Saus Tomat memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Annie’s Organic Ketchup yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 9 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
Kraft Heinz ABC Saus Tomat 1

Kraft Heinz

2
Lasallefood Indonesia Del Monte Tomato Ketchup 1

Lasallefood Indonesia

3
Anggana Catur Prima Dua Belibis Saus Tomat 1

Anggana Catur Prima

4
Sasa Saus Tomat 1

Sasa

5
Heinz  Tomato Ketchup 1

Heinz

6
Sparindo Food  Tomat Red1 1

Sparindo Food

7
Pureeland Saus Tomat Mpasi Organik 1

Pureeland

8
Srunen Saos Tomat 1

Srunen

9
Annie’s  Organic Ketchup 1

Annie’s

10
Hunt’s  Classic Tomato Ketchup 1

Hunt’s

Nama produk

ABC Saus Tomat

Del Monte Tomato Ketchup

Dua Belibis Saus Tomat

Saus Tomat

Tomato Ketchup

Tomat Red1

Saus Tomat Mpasi Organik

Saos Tomat

Organic Ketchup

Classic Tomato Ketchup

Keunggulan

Bahan dasarnya berstandar, salah satu favorit masyarakat Indonesia

Rasakan saus tomat autentik dari produk Del Monte

Kombinasi tomat dan bawang putih bikin rasanya khas

Jadi cocolan hingga tambahan bumbu? Keduanya bisa!

Kualitas terbaik dari salah satu produsen saus tomat tertua

Kualitas dan rasa terjaga berkat sistem pasteurisasi

Menggunakan tomat organik, cocok untuk MPASI

Cocok untuk Anda yang sedang jaga asupan makanan

Kualitas terjamin dengan penggunaan tomat bersertifikat USDA Organic

Bebas pengawet! Hidangan jadi lebih lezat dan nikmat

Harga mulai dariRp 6.300,00Rp 6.000,00Rp 5.500,00Rp 6.100,00Rp 9.300,00Rp 5.500,00Rp 35.000,00Rp 19.600,00Rp 211.500,00Rp 42.500,00
Bahan bakuAir, gula, pasta tomat (17 %), garam, ekstrak ragi, bawang bombayAir, pasta tomat (23%), gula, garam, pengental nabati, bumbuAir, gula, pasta tomat (21 %), garam, penstabil nabati, cuka, bawang putihAir, tomat (21 %), gula, garam, pati termodifikasiEkstrak buah tomat, cuka, sirup jagung, bubuk bawangAir, pasta tomat (20%), pengental nabati, gula, garamBuah tomat organik, kaldu sapi, bawang bombay, bawang putih, gula dan garamBuah tomat, bawang putih lokal, rempah-rempahPasta tomat, air, gula tebu, cuka putih, garam, bawang keringBuah tomat, sirup jagung, cuka, garam, gula, bubuk bawang putih
Kalori10 kkal (per 8 g)20 kkal (per 15 ml)Tidak ada keterangan10 kkal (per 10 g)20 kkal (per 17 g)15 kkal (per 1 sdm)Tidak ada keteranganTidak ada keterangan20 kalori (per 17 gram)20 kkal (per 17 g)
Kandungan garam70 mg (per 8 g)290 mg (per 15 ml)Tidak ada keterangan105 mg (per 10 g)180 mg (per 17 g)167 mg (per 1 sdm)Tidak ada keteranganTidak ada keterangan130 mg (per 17 gram)180 mg (per 17 g)
Kandungan gula2 g (per 8 g)3 g (per 15 ml)Tidak ada keterangan2 g (per 10 g)4 g (per 17 g)3,42 g (per 1 sdm)Tidak ada keteranganTidak ada keterangan4 g (per 17 gram)3 g (per 17 g)
Varian isi & kemasanSachet: 8 g・Botol: 135 ml, 275 ml, 335 ml・Pouch: 1 kg・Galon: 24 kgSachet: 6 g・Botol: 135 g, 190 g, 265 g, 340 g・Pouch: 200 g, 1 kg・Galon: 6 kgSachet: 9 g・Botol: 135 ml, 340 ml, 650 ml・Pouch: 1 kg・Galon: 5 kgSachet: 8 g・Botol: 135 ml, 340 mlPouch: 125 gram・Botol: 325 gSachet: 9 g・Botol: 135 ml, 300 ml, 340 ml・Pouch: 1 kg・Galon: 5 kg, 22 kgBotol 100 mlBotol: 140 mlBotol: 680 gBotol: 414 ml, 591 ml, 946 oz
Tautan produk
10
Bahan bakuBuah tomat, sirup jagung, cuka, garam, gula, bubuk bawang putih
Kalori20 kkal (per 17 g)
Kandungan garam180 mg (per 17 g)
Kandungan gula3 g (per 17 g)
Varian isi & kemasanBotol: 414 ml, 591 ml, 946 oz
9
Bahan bakuPasta tomat, air, gula tebu, cuka putih, garam, bawang kering
Kalori20 kalori (per 17 gram)
Kandungan garam130 mg (per 17 gram)
Kandungan gula4 g (per 17 gram)
Varian isi & kemasanBotol: 680 g
8
Bahan bakuBuah tomat, bawang putih lokal, rempah-rempah
KaloriTidak ada keterangan
Kandungan garamTidak ada keterangan
Kandungan gulaTidak ada keterangan
Varian isi & kemasanBotol: 140 ml
7

PureelandSaus Tomat Mpasi Organik

Mulai dari Rp 35.000,00

Bahan bakuBuah tomat organik, kaldu sapi, bawang bombay, bawang putih, gula dan garam
KaloriTidak ada keterangan
Kandungan garamTidak ada keterangan
Kandungan gulaTidak ada keterangan
Varian isi & kemasanBotol 100 ml
6
Bahan bakuAir, pasta tomat (20%), pengental nabati, gula, garam
Kalori15 kkal (per 1 sdm)
Kandungan garam167 mg (per 1 sdm)
Kandungan gula3,42 g (per 1 sdm)
Varian isi & kemasanSachet: 9 g・Botol: 135 ml, 300 ml, 340 ml・Pouch: 1 kg・Galon: 5 kg, 22 kg
5
Bahan bakuEkstrak buah tomat, cuka, sirup jagung, bubuk bawang
Kalori20 kkal (per 17 g)
Kandungan garam180 mg (per 17 g)
Kandungan gula4 g (per 17 g)
Varian isi & kemasanPouch: 125 gram・Botol: 325 g
4
Bahan bakuAir, tomat (21 %), gula, garam, pati termodifikasi
Kalori10 kkal (per 10 g)
Kandungan garam105 mg (per 10 g)
Kandungan gula2 g (per 10 g)
Varian isi & kemasanSachet: 8 g・Botol: 135 ml, 340 ml
3

Anggana Catur PrimaDua Belibis Saus Tomat

Mulai dari Rp 5.500,00

Bahan bakuAir, gula, pasta tomat (21 %), garam, penstabil nabati, cuka, bawang putih
KaloriTidak ada keterangan
Kandungan garamTidak ada keterangan
Kandungan gulaTidak ada keterangan
Varian isi & kemasanSachet: 9 g・Botol: 135 ml, 340 ml, 650 ml・Pouch: 1 kg・Galon: 5 kg
2

Lasallefood IndonesiaDel Monte Tomato Ketchup

Mulai dari Rp 6.000,00

Bahan bakuAir, pasta tomat (23%), gula, garam, pengental nabati, bumbu
Kalori20 kkal (per 15 ml)
Kandungan garam290 mg (per 15 ml)
Kandungan gula3 g (per 15 ml)
Varian isi & kemasanSachet: 6 g・Botol: 135 g, 190 g, 265 g, 340 g・Pouch: 200 g, 1 kg・Galon: 6 kg
1
Bahan bakuAir, gula, pasta tomat (17 %), garam, ekstrak ragi, bawang bombay
Kalori10 kkal (per 8 g)
Kandungan garam70 mg (per 8 g)
Kandungan gula2 g (per 8 g)
Varian isi & kemasanSachet: 8 g・Botol: 135 ml, 275 ml, 335 ml・Pouch: 1 kg・Galon: 24 kg

Baca juga rekomendasi saus untuk berbagai masakan lainnya di sini

Selain saus tomat yang nikmat digunakan sebagai sambal cocol, di pasaran juga banyak dijual saus lain untuk keperluan memasak. Saus-saus ini dilengkapi berbagai bahan sehingga memiliki rasa yang nikmat dan cocok dijadikan sebagai bumbu bermacam masakan. Pembahasan selengkapnya dapat Anda baca di sini!

Kesimpulan

Setiap produk saus tomat biasanya memiliki rasa yang khas. Perbedaan rasa ini muncul karena tomat yang digunakan, metode pemanenan, bahan tambahan, takaran, dan proses pengolahan yang berbeda pula.


Bagaimana pendapat Anda tentang poin-poin cara memilih serta rekomendasi yang kami berikan? Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda dalam menentukan saus tomat favorit sesuai selera. Selain itu, kami tentunya berharap artikel ini bisa membantu Anda menemukan saus tomat terenak. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepung ini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya saja, Segitiga Biru, Kompas, dan Falcon. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Gatotkaca, Jawara, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Melezatkan berbagai masakan dapat lebih sehat dengan kaldu non MSG. Di pasaran terdapat berbagai produk penyedap yang sehat. Ada kaldu jamur non MSG, bahkan kaldu non MSG untuk bayi dan memasak MPASI. Manakah kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Keunggulan berbagai rasa kaldu non MSG, seperti ayam, sapi, dan lainnya pun turut diulas. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Royco, hingga Maseko juga ada dalam rekomendasi.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi pada masyarakat saat ini berupa meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG adalah kaldu jamur. Jadi, tak heran jika kaldu jamur non MSG banyak dipakai untuk melezatkan berbagai masakan ataupun MPASI bayi.Sejumlah merek kaldu jamur yang bagus, seperti Totole, Lemonilo, dan Royco, menawarkan produk-produknya yang menarik. Nah, di artikel ini kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi kaldu jamur terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    Menambahkan penyedap rasa merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap. Penyedap rasa memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Kali ini kami akan membahas cara memilih penyedap rasa yang enak sekaligus aman dikonsumsi.Anda bisa memilih penyedap rasa dengan MSG yang harganya terjangkau dari merek terkenal Sasa, Masako, dan Royco. Ada juga penyedap rasa non MSG untuk MPASI dan diet, contohnya Pura, Jay's Kitchen, Lemonilo, serta Pawon Ibun. Simak juga tips dan komentar dari Cook Debbie Ariesthea, ya. Simak terus artikelnya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Beras Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Beras Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Beras atau nasi merupakan makanan pokok bagi kebanyakan orang Asia, termasuk Korea. Beras Korea memiliki tekstur yang lengket, pulen, dan bentuknya lebih pendek dibanding beras Indonesia. Beras Korea terdiri dari banyak jenis, di antaranya adalah white rice (baekmi), brown rice (hyunmi), dan multigrain rice (japgok).Jika Anda berencana membeli beras Korea secara online, bacalah tips yang akan kami berikan pada artikel ini. Kami juga menyediakan rekomendasi merek beras Korea yang bagus, seperti Taeyangssal, Yonggi, dan Kongbap. Silakan baca artikelnya sampai tuntas untuk mendapatkan informasi yang lengkap.
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori