• 10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Saus tomat merupakan salah satu bumbu penting dalam memasak. Kandungan lycopene di dalamnya pun disebut-sebut berkhasiat bagi kecantikan dan kesehatan. Anda pasti tidak asing lagi dengan produsen saus tomat terkenal di pasaran, seperti Del Monte, ABC, hingga Heinz yang memiliki rasa khas dan keunggulan masing-masing.

Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih saus tomat secara umum. Kemudian, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari berbagai merek dengan membahas keunggulannya masing-masing. Mari maksimalkan penggunaan saus tomat di dapur dan meja makan Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 17 Mei 2022
Daftar isi

Cara memilih saus tomat

Saat ini, beragam jenis saus tomat telah dipasarkan oleh berbagai produsen yang berbeda. Berikut ini kami akan menjelaskan cara memilih saus tomat yang bisa Anda sesuaikan dengan gaya hidup Anda.

Pilih berdasarkan rasa saus tomat

Pilih berdasarkan rasa saus tomat

Saus tomat yang dijual oleh berbagai produsen memiliki beragam rasa. Anda bisa memilih dari rasa tomat yang kuat, rasa saus tomat yang manis, bahkan yang pedas.


Saat memilih saus tomat, sebaiknya Anda membandingkan empat poin berikut untuk menemukan rasa yang ideal.

  1. Rasa asam

  2. Rasa manis

  3. Rasa tomat

  4. Rasa asin

Pilih saus tomat sesuai dengan hidangan yang disajikan

Pilih saus tomat sesuai dengan hidangan yang disajikan

Tomat memiliki kandungan umami (rasa gurih dan lezat) yang tinggi. Selain itu, lycopene yang terkandung di dalamnya tahan terhadap panas dan mudah larut dalam minyak sehingga sangat cocok sebagai tambahan bumbu untuk dimasak. Jadi, pilihlah saus tomat dengan mempertimbangkan hidangan atau bahan makanan apa yang sering Anda konsumsi.


Saus tomat yang mengandung bawang putih atau bermacam rempah lainnya bisa Anda manfaatkan untuk berbagai makanan. Anda dapat menggunakannya saat membuat sup, memanggang ayam, atau mencampurkannya dengan bahan masakan lainnya. Selain itu, Anda juga dapat mengoleskan saus tomat langsung di atas piza karena rasanya tidak akan kalah meskipun tercampur dengan keju.


Sebaliknya, saus tomat yang hanya menggunakan sedikit bumbu tambahan dan lebih kuat rasa tomatnya bisa digunakan untuk segala jenis masakan. Selain omelette, Anda juga dapat menambahkan sedikit saus tomat sebagai pendamping saat memakan sup atau memadukannya dengan bumbu lain untuk berbagai masakan tumisan.


Sebelum membeli, ketahuilah karakteristik rasa saus tomatnya. Kami merekomendasikan Anda untuk memilih saus tomat yang rasanya seimbang dengan bahan dan cara memasak Anda. Terdapat saus tomat yang nikmat dikonsumsi begitu saja, ada juga yang lebih lezat untuk campuran masakan. Jadi, sesuaikan dengan selera, ya.

Pilih kemasan saus tomat sesuai dengan penggunaan

Pilih kemasan saus tomat sesuai dengan penggunaan
Kami merekomendasikan untuk memilih saus tomat berdasarkan kemasan yang sesuai dengan penggunaannya. Saus tomat mungkin cukup sering diletakkan langsung di atas meja makan atau dibawa sebagai saus untuk bekal.

Untuk ditata di atas meja, pilihlah saus tomat kemasan botol yang lebih mudah digunakan. Ada juga produk yang desain dan penampilan botolnya menarik sehingga akan memperindah tampilan meja makan Anda. Sebagian besar produsen mengemas saus tomat dalam botol sehingga produk tipe ini mudah Anda temui.


Sedangkan untuk bekal makan siang, akan lebih praktis bila Anda memilih saus tomat kemasan sachet. Dengan menggunakan saus tomat dalam sachet untuk bekal makan siang, Anda bisa menjaga kehigienisannya sebelum dikonsumsi. Penampilan bekal makan siang juga akan tetap terjaga.

Perhatikan kandungan garam dan bahan bakunya

Perhatikan kandungan garam dan bahan bakunya
Tentunya tidak sedikit orang yang memperhatikan kesehatan dengan memilih bahan makanan yang aman bagi tubuh. Di antaranya mungkin ada yang memilih produk dengan kandungan garam yang rendah, penggunaan bumbu yang lebih sedikit, dan produk yang bebas dari risiko sisa proses radiasi.

Untuk Anda yang memprioritaskan hal semacam itu, kami merekomendasikan agar memilih saus tomat yang menggunakan tomat organik dan bahan-bahan organik pendukung lainnya. Lebih baik lagi bila produknya telah lolos pemeriksaan radiasi.


Dengan kadar garam dan gula yang lebih rendah, mungkin Anda akan mengira rasa saus tomat akan hambar. Akan tetapi, untuk menutupi hal itu, sudah banyak juga produk yang diolah sedemikian rupa untuk mengeluarkan rasa manis dari tomat secara maksimal dengan menambahkan rempah-rempah agar dapat memberikan rasa yang enak.

10 Rekomendasi saus tomat terbaik

Setelah memahami cara memilih saus tomat, sekarang kami akan memberikan sepuluh produk rekomendasi saus tomat terbaik yang dapat Anda jadikan referensi dalam memilih saus tomat yang sesuai selera.

10
KemasanSachet
Isi9 gram
9
KemasanBotol plastik
Isi275 ml
8
KemasanBotol kaca
Isi400 gram
7
KemasanBotol kaca
Isi340 ml
6

Muir GlenOrganic Tomato Ketchup

Mulai dari Rp 162.000,00

KemasanBotol plastik
Isi680 gram
5
KemasanBotol plastik
Isi250 ml
4

Hunt’s Tomato Ketchup

Mulai dari Rp 54.000,00

KemasanBotol plastik
Isi680 gram
3
KemasanBotol plastik
Isi567 gram
2

Walden Farms Ketchup

Mulai dari Rp 153.000,00

KemasanBotol kaca
Isi700 gram
1
KemasanBotol plastik
Isi567 gram

Tabel perbandingan produk saus tomat terbaik

Gambar produk
1
Annie’s  Organic Upside Down Ketchup 1

Annie’s

2
Walden Farms  Ketchup 1

Walden Farms

3
Heinz  Tomato Ketchup 1

Heinz

4
Hunt’s  Tomato Ketchup 1

Hunt’s

5
MasterFoods  Tomato Sauce 1

MasterFoods

6
Muir Glen Organic Tomato Ketchup  1

Muir Glen

7
Del Monte  Tomato Ketchup 1

Del Monte

8
Kokita  Saus Tomat 1

Kokita

9
ABC Saus Tomat 1

ABC

10
Sparindo Food  Tomat Red1 1

Sparindo Food

Nama produk

Organic Upside Down Ketchup

Ketchup

Tomato Ketchup

Tomato Ketchup

Tomato Sauce

Organic Tomato Ketchup

Tomato Ketchup

Saus Tomat

Saus Tomat

Tomat Red1

Keunggulan

Kualitas terjamin dengan penggunaan tomat bersertifikat USDA Organic

Pilihan tepat untuk Anda yang sedang mengatur pola makan!

Kualitas terbaik dari salah satu produsen saus tomat tertua

Tingkatkan kelezatan rasa masakan Anda dengan produk ini!

Saus favorit semua anggota keluarga dengan campuran rempah-rempah pilihan

Penggunaan tomat organik dari perkebunan di California

Jaminan bahan berkualitas mulai dari pembibitan hingga tersaji di meja makan!

Resep tradisional untuk rasa yang lebih lezat

Diproses dengan cara alami untuk menghasilkan cita rasa khas lokal

Kemasan sachet yang higienis, cocok untuk bepergian!

Harga mulai dariRp 130.000,00Rp 153.000,00Rp 69.500,00Rp 54.000,00Rp 59.900,00Rp 162.000,00Rp 9.500,00Rp 11.500,00Rp 9.000,00Rp 5.100,00
KemasanBotol plastikBotol kacaBotol plastikBotol plastikBotol plastikBotol plastikBotol kacaBotol kacaBotol plastikSachet
Isi567 gram700 gram567 gram680 gram250 ml680 gram340 ml400 gram275 ml9 gram
Tautan produk

Baca juga rekomendasi saus untuk berbagai masakan lainnya di sini!

Selain saus tomat yang nikmat digunakan sebagai sambal cocol dan tambahan masakan lainnya, di pasaran juga banyak dijual saus lain untuk keperluan bumbu masak. Saus-saus ini dilengkapi berbagai macam bahan sehingga memiliki rasa yang nikmat dan cocok dijadikan sebagai bumbu bermacam masakan. Selengkapnya bisa Anda baca di sini!

Kesimpulan

Setiap produk saus tomat biasanya memiliki rasa khas masing-masing. Perbedaan rasa ini muncul karena tomat yang digunakan, metode pemanenan, dan proses pengolahannya bisa berbeda pula. Nah, bagaimana pendapat Anda tentang artikel cara memilih serta rekomendasi produk saus tomat kami kali ini? Semoga bisa menjadi referensi Anda dalam menentukan saus tomat favorit sesuai selera, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?   Artikel kali ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik yang dijual di pasaran. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Produk seperti kaldu non MSG Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, simak sampai tuntas, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pasti sudah tidak asing dengan salah satu jenis gorengan ini, bukan? Bakwan dibuat dari campuran tepung terigu, sayuran, jagung, dan bumbu. Kini membuat bakwan tidaklah sulit berkat adanya tepung bakwan instan. Tepung bakwan ini sudah diracik dengan bumbu-bumbu lengkap, Anda hanya perlu menyiapkan bahan, kemudian bakwan siap digoreng.Kobe, Sasa, Mamasuka dan Sajiku adalah beberapa merek tepung bakwan yang populer. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih tepung bakwan untuk Anda. Rekomendasi produk terbaik dan tips membuat bakwan goreng juga akan kami bagikan. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori