mybest
Saus

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Merek Saus Tomat yang Enak (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Merek Saus Tomat yang Enak (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Merek Saus Tomat yang Enak (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Merek Saus Tomat yang Enak (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Merek Saus Tomat yang Enak (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Merek Saus Tomat yang Enak (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Merek Saus Tomat yang Enak (Terbaru Tahun 2024)

Saus tomat (ketchup) merupakan salah satu kondimen yang banyak digemari. Selain memiliki rasa yang enak, kandungan likopen di dalamnya pun disebut-sebut berkhasiat bagi kecantikan dan kesehatan. Anda pasti tidak asing lagi dengan merek saus tomat terkenal di pasaran, seperti Del Monte, ABC, hingga Heinz.

Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih saus tomat yang enak untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh saus tomat terbaik dari berbagai merek dengan membahas keunggulannya masing-masing. Yuk, baca artikelnya dan temukan saus tomat terenak untuk saus cocolan dan pelezat hidangan di meja makan Anda.
Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih saus tomat

Beragam jenis saus tomat dipasarkan oleh berbagai produsen yang berbeda. Kami akan menjelaskan cara memilih saus tomat yang dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.

1

Pertimbangkan saus tomat siap makan bercita rasa asam manis untuk cocolan gorengan dan pelengkap bakso, seperti merek Dua Belibis, ABC, dan Sasa

Pertimbangkan saus tomat siap makan bercita rasa asam manis untuk cocolan gorengan dan pelengkap bakso, seperti merek Dua Belibis, ABC, dan Sasa
Saus tomat siap saji umumnya memiliki cita rasa asam manis yang khas. Selain komposisi utama berupa pasta tomat, saus tomat juga dilengkapi bahan-bahan lainnya, seperti pati, gula, garam, penyedap, dan lainnya. Saus tomat ini bisa langsung dikonsumsi tanpa perlu dimasak terlebih dahulu


Tipe saus ini juga mudah ditemui di pasaran dan sangat pas sebagai saus cocol aneka gorengan. Fried  chicken, pentol, mendoan, tahu isi, maupun kentang goreng akan makin nikmat jika disajikan dengan saus tomat. Saus ini juga enak ditambahkan dalam hidangan bakso, mi ayam, nasi goreng, bahkan olesan untuk hamburger atau corndog.


Beberapa merek saus tomat yang enak dijadikan cocolan antara lain Dua Belibis, ABC, Del Monte, dan Sasa. Mereka juga menyediakan saus tomat dalam kemasan sachet sehingga mudah diselipkan ke dalam kotak makan.

2

Utamakan saus tomat dengan tambahan rempah seperti merek San Remo untuk melezatkan masakan pasta dan sup

Utamakan saus tomat dengan tambahan rempah seperti merek San Remo untuk melezatkan masakan pasta dan sup

Selain saus tomat yang bisa dikonsumsi begitu saja, ada juga saus tomat yang perlu dimasak terlebih dahulu. Contoh saus tomat untuk keperluan memasak adalah saus tomat merek San Remo. Tipe saus tomat ini memang ditujukan sebagai campuran bahan masakan, seperti pada hidangan pasta, piza, hingga sup tomat


Umumnya, saus tomat ini memiliki komposisi tomat asli yang lebih banyak. Dari segi tekstur, tomat ini lebih cair dibandingkan saus tomat cocol siap makan. Tak jarang, saus tomat jenis ini juga dibekali bumbu-bumbu dan rempah, seperti bawang merah, bawang putih, oregano, dan basil. Hal tersebut menjadikan saus tomat masak ini memiliki rasa yang lebih kaya tanpa menghilangkan rasa asli tomatnya.  


Kami memiliki ulasan terpisah mengenai saus tomat yang enak dan recommended untuk bumbu masakan. Silakan mengaksesnya dengan mengeklik tautan di bawah ini!

3

Pastikan kemasannya sesuai dengan kebutuhan Anda: Saus tomat sachet, botol, atau pouch

Pastikan kemasannya sesuai dengan kebutuhan Anda: Saus tomat sachet, botol, atau pouch
Saus tomat mungkin cukup sering diletakkan langsung di atas meja makan atau dibawa sebagai saus untuk bekal. Dalam hal ini, kami merekomendasikan untuk memilih saus tomat berdasarkan kemasan yang sesuai dengan penggunaannya.

  • Sachet

Untuk bekal makan siang, akan lebih praktis apabila Anda memilih saus tomat kemasan sachet. Jadi, Anda dapat menjaga kehigienisannya sebelum dikonsumsi. Penampilan bekal makan siang juga akan tetap terjaga.


  • Botol

Pilihlah saus tomat kemasan botol untuk disimpan di atas meja atau rak dapur supaya mudah digunakan. Ada juga produk yang desain dan penampilan botolnya menarik sehingga akan memperindah tampilan meja makan Anda. Sebagian besar produsen mengemas saus tomat dalam botol sehingga produk tipe ini mudah Anda temui.


  • Pouch

Beberapa produk saus tomat dikemas dalam botol kaca sehingga berisiko pecah. Jika Anda khawatir dengan hal tersebut, kami menyarankan saus tomat kemasan pouch. Anda akan menemukan saus tomat berisi beberapa ratus gram hingga 1 kg. Namun, Anda harus menyediakan botol isi ulang sendiri karena saus tomat pouch lebih mudah tumpah.

4

Pertimbangkan saus tomat rendah kalori bila Anda sedang diet atau ingin yang lebih sehat

Tentunya tidak sedikit orang yang memperhatikan kesehatan dengan memilih bahan makanan yang aman bagi tubuh. Karena itu, beberapa dari Anda mungkin lebih memilih saus tomat dengan kandungan garam, gula, serta kalori yang lebih rendah. Untuk mengetahui kandungan ketiga hal tersebut, perhatikanlah tabel komposisi saus tomat sebelum membelinya.

Kalori, hitungan per takarannya akan berbeda

Kalori, hitungan per takarannya akan berbeda

Jika Anda sedang diet atau concern dengan gaya hidup sehat, Anda dapat mengecek kalori produk yang hendak dikonsumsi. Untuk produk diet-friendly, biasanya produsen memberi label berupa keterangan "rendah kalori", "low sugar", dan sebagainya. Perlu diketahui, kalori harian yang dibutuhkan orang dewasa berkisar antara 1.400–2.725 kalori.


Sebagai gambaran, jumlah kalori dalam 100 gram saus tomat adalah sekitar 111 kalori. Jika satu sendok makan saus setara 14 gram, konsumsi tujuh sendok makan saus tomat sudah mencukupi kebutuhan 111 kalori.


Selain memperhatikan kandungan kalori, Anda juga perlu memperhatikan bahan lainnya. Penggunaan bumbu yang lebih sedikit, gula, garam, serta minimnya pengawet, bisa jadi pilihan. Lebih baik lagi apabila produknya telah lolos pemeriksaan radiasi atau berbahan organik.

Garam, menambah cita rasa dan memperpanjang masa simpan

Garam, menambah cita rasa dan memperpanjang masa simpan

Garam dapat menambah rasa pada saus tomat dan berperan sebagai pengawet. Meskipun begitu, menurut Permenkes, Anda hanya direkomendasikan untuk mengonsumsi 5 gram garam per hari (sekitar 1 sendok teh). Jika garam yang Anda konsumsi melebihi batas, hal ini mungkin akan berdampak pada kesehatan.


Setiap produk saus tomat memiliki kandungan garam yang berbeda-beda. Namun, rata-rata saus tomat di pasaran mengandung 907 mg garam di setiap 100 gramnya. Agar tidak salah menghitung, kami merekomendasikan Anda untuk selalu mengecek kandungan garam sebelum membeli saus tomat.


Beberapa dari Anda mungkin mengira rasa saus tomat akan hambar jika kadar garamnya rendah. Namun, kenyataannya tidak demikian. Saat ini sudah ada saus tomat dengan sedikit garam, tetapi memiliki rasa yang tak kalah enak.

Gula, menambah rasa manis dan menghambat mikroorganisme

Gula, menambah rasa manis dan menghambat mikroorganisme

Gula di dalam saus tomat juga berfungsi sebagai penambah rasa dan pengawet. Hal ini tidak jauh berbeda dengan garam. Jumlah gula yang ada di dalam saus tomat berbeda-beda, tetapi ada yang mencapai 4 gram per sendok makan.


Perlu diketahui, menurut Permenkesbatas maksimal konsumsi gula harian yang disarankan adalah 50 gram (4 sendok makan). Agar asupan gula tidak melewati batas, mengecek kandungan gula pada tabel komposisi perlu dilakukan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi saus tomat terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk saus tomat terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Komposisi utama
Kemasan
Berat bersih
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi halal
Kalori
1

Kraft Heinz

ABC Saus Tomat

Kraft Heinz ABC Saus Tomat 1

Rp5.300

Agak Murah

Bahan dasarnya berstandar, salah satu favorit masyarakat Indonesia

Air, gula, pasta tomat

Sachet, botol, pouch, jeriken

8 g, 135 ml, 275 ml, 335 ml, 1.000 g, 5.000 g

20 kkal per 15 g

2

Sasa

Saus Tomat

Sasa Saus Tomat 1

Rp6.100

Agak Murah

Jadi saus cocolan gorengan hingga tambahan bumbu nasi goreng? Keduanya bisa!

Air, tomat (21%), gula, garam

Sachet, botol, pouch

8 g, 135 ml, 340 ml, 950 g

20 kkal per 17 g

3

Mc Lewis

Tomato Sauce Premium

Mc Lewis  Tomato Sauce Premium 1

Rp7.143

Menengah

Tersedia kemasan 1 kg, cocok untuk persediaan saus tomat di dapur Anda

Air, pasta tomat, gula pasir

Sachet, pouch

8 g, 1.000 g

Tidak diketahui

4

Anggana Catur Prima

Dua Belibis Saus Tomat

Anggana Catur Prima Dua Belibis Saus Tomat 1

Rp4.700

Agak Murah

Kombinasi rasa saus tomat asam manis yang pas

Air, gula, pasta tomat (21%), garam

Sachet, botol, pouch, jeriken

9 g, 135 ml, 340 ml, 650 ml, 1.000 g, 5.000 g

Tidak diketahui

5

Lasallefood

Del Monte Tomato Ketchup

Lasallefood  Del Monte Tomato Ketchup 1

Rp6.000

Agak Murah

Saus tomat yang enak untuk hamburger, kentang goreng, hotdog, dan lainnya

Air, pasta tomat, gula, garam

Sachet, botol, pouch, jeriken

10 g, 135 ml, 190 ml, 200 ml, 265 ml, 330 ml, 1.000 g, 6.000 g

20 kkal per 15 g

6

Heinz

Tomato Ketchup

Heinz  Tomato Ketchup 1

Rp9.300

Menengah

Kualitas terbaik dari salah satu produsen saus tomat tertua

Air, pasta tomat, gula, cuka

Botol, pouch

125 g, 300 g, 325 g,

15 kkal per 15 ml

7

San Remo

Pasta Sauce Tomato and Basil

San Remo Pasta Sauce Tomato and Basil 1

Rp60.000

Lebih Mahal

Hadirkan cita rasa saus rumahan dengan saus ini

Tomat 78%, mineral salt, onion

Jar kaca

500 g

86 kkal per 125 g

8

Srunen

Saos Tomat

Srunen Saos Tomat 1

Rp26.000

Agak Mahal

Cocok untuk Anda yang sedang jaga asupan makanan

Tomat, bawang putih lokal, gula aren, sea salt, cuka apel, rempah

Botol

140 ml

Tidak diketahui

9

Indofood

Saus Tomat

Indofood Saus Tomat 1

Rp6.500

Menengah

Cocok untuk saus cocol maupun pelengkap bumbu masakan

Air, gula, tomat, garam

Botol

135 ml, 275 ml, 335 ml

20 kkal per 12 g

10

Pureeland

Saus Tomat Mpasi Organik

Pureeland Saus Tomat Mpasi Organik 1

Rp36.000

Agak Mahal

Menggunakan tomat organik, cocok untuk MPASI

Buah tomat organik, kaldu sapi, bawang bombay, bawang putih, gula dan garam

Botol

100 ml

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Kraft HeinzABC Saus Tomat

ABC Saus Tomat 1
Sumber: kraftheinzfoodservice.co.id
Harga referensi
Rp5.300
Agak Murah
Harga referensi
Rp5.300
Agak Murah

Bahan dasarnya berstandar, salah satu favorit masyarakat Indonesia

Saus tomat dari ABC ini cocok disajikan sebagai saus pelengkap favorit yang enak untuk aneka gorengan, seperti tempe goreng, bakso goreng, dan ayam goreng. Dengan cita rasa yang tidak terlalu manis atau terlalu asam, saus tomat ini menjadi kesukaan semua kalangan usia.

Dibuat dari bahan berstandar USA, aroma dan rasa saus tomat ini khas dan diklaim bisa membuat masakan lebih istimewa.Penggunaan bahan-bahan pilihan berkualitas juga membuat saus tomat ini mampu menembus pasar luar negeri sejak tahun 1980. Kini saus tomat ABC menjadi salah satu produk kebanggaan masyarakat Indonesia.

Komposisi utamaAir, gula, pasta tomat
KemasanSachet, botol, pouch, jeriken
Berat bersih8 g, 135 ml, 275 ml, 335 ml, 1.000 g, 5.000 g
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi halal
Kalori20 kkal per 15 g
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SasaSaus Tomat

Harga referensi
Rp6.100
Agak Murah

Jadi saus cocolan gorengan hingga tambahan bumbu nasi goreng? Keduanya bisa!

Beberapa jenis saus tomat memang terasa asin, tetapi produk yang satu ini berbeda. Rasa asinnya tidak terlalu kuat sehingga cocok dijadikan tambahan bumbu makanan pada sajian Indonesia seperti nasi goreng. Di pihak lain, rasa camilan, seperti pentol, mendoan, dan siomai yang dicocol dengan saus tomat ini jadi lebih enak. 

Komposisi utamaAir, tomat (21%), gula, garam
KemasanSachet, botol, pouch
Berat bersih8 g, 135 ml, 340 ml, 950 g
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi halal
Kalori20 kkal per 17 g
View all
No.3

Mc Lewis Tomato Sauce Premium

Harga referensi
Rp7.143
Menengah

Tersedia kemasan 1 kg, cocok untuk persediaan saus tomat di dapur Anda

Untuk Anda yang gemar memasak, produk saus tomat dalam kemasan 1 kg bisa Anda pertimbangkan. Kemasan bulk ini harganya relatif lebih terjangkau sehingga dapat menghemat bujet belanja Anda. Tomato Sauce Premium merek Mc Lewis merupakan varian saus tomat dengan cita rasa yang lebih lezat dan premium. 


Hadir dalam kemasan 1 kg, kebutuhan memasak hidangan sehari-hari untuk anak dan keluarga di rumah jadi lebih mudah. Anda juga bisa mempertimbangkan kemasan versi sachet yang travel-friendly jika lebih sering menaruh saus tomat dalam kotak bekal.

Komposisi utamaAir, pasta tomat, gula pasir
KemasanSachet, pouch
Berat bersih8 g, 1.000 g
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi halal
KaloriTidak diketahui
View all
No.4

Anggana Catur PrimaDua Belibis Saus Tomat

Harga referensi
Rp4.700
Agak Murah

Kombinasi rasa saus tomat asam manis yang pas

Anda mungkin sudah tidak asing dengan brand Dua Belibis. Saus tomat ini memiliki rasa asam dan manis yang pas. Selain itu, aromanya pun sangat khas saat dicicipi. Ternyata kekhasan tersebut berasal dari perpaduan tomat dan bawang putih. Sebenarnya, komposisinya tak jauh berbeda dengan produk lain, tetapi takaran yang berbeda berhasil menciptakan rasa yang beda pula.


Jika Anda mencari saus tomat dengan rasa asam manis yang pas, produk ini layak dipertimbangkan. Saus tomat ini juga sudah digunakan oleh beberapa resto dan kafe, lho! Anda mungkin juga sudah sering menjumpai saus tomat ini saat membeli ayam goreng, burger, bahkan piza. 

Komposisi utamaAir, gula, pasta tomat (21%), garam
KemasanSachet, botol, pouch, jeriken
Berat bersih9 g, 135 ml, 340 ml, 650 ml, 1.000 g, 5.000 g
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi halal
KaloriTidak diketahui
View all
No.5

Lasallefood Del Monte Tomato Ketchup

Harga referensi
Rp6.000
Agak Murah

Saus tomat yang enak untuk hamburger, kentang goreng, hotdog, dan lainnya

Penggunaan pasta tomat berkualitas untuk membuat produk ini benar-benar diperhatikan. Di dalamnya juga terdapat berbagai jenis rempah pilihan untuk memberikan rasa premium ke dalam hidangan yang Anda buat.

Alhasil, terciptalah saus tomat dengan cita rasa yang pas, tidak terlalu asam, terlalu manis, atau terlalu gurih. Cocok juga untuk pendamping makanan, seperti hamburger, kentang goreng, hotdog, dan lainnya. Jika Anda mencari saus tomat yang dapat dibilang autentik, tak ada salahnya mencoba produk ini.

Komposisi utamaAir, pasta tomat, gula, garam
KemasanSachet, botol, pouch, jeriken
Berat bersih10 g, 135 ml, 190 ml, 200 ml, 265 ml, 330 ml, 1.000 g, 6.000 g
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi halal
Kalori20 kkal per 15 g
View all
No.6

Heinz Tomato Ketchup

Harga referensi
Rp9.300
Menengah

Kualitas terbaik dari salah satu produsen saus tomat tertua

Tomat yang matang secara alami merupakan salah satu unsur yang menjadikan produk ini memiliki rasa yang lezat dan unik. Selain itu, Heinz juga menjamin saus tomatnya bebas dari bahan pengawet, pewarna, pengental, dan perasa buatan sehingga aman dikonsumsi.

Desain kemasannya membuat saus ini mudah digunakan. Saus tomat ini juga merupakan produk vegan, tidak menggunakan minyak sawit maupun bahan yang mengandung gluten. Jadi, produk ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki alergi atau pertimbangan aturan makan lainnya.
Komposisi utamaAir, pasta tomat, gula, cuka
KemasanBotol, pouch
Berat bersih125 g, 300 g, 325 g,
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi halal
Kalori15 kkal per 15 ml
View all
No.7

San RemoPasta Sauce Tomato and Basil

Harga referensi
Rp60.000
Lebih Mahal

Hadirkan cita rasa saus rumahan dengan saus ini

Saus pasta tomat yang diproduksi oleh San Remo ini menggunakan bahan-bahan terbaik dan diolah dengan resep rumahan. Pastinya, produk ini akan sangat pas untuk mendukung beraneka masakan homemade Anda. Dengan Pasta Sauce Tomato and Basil ini, cita rasa homemade pada masakan yang Anda buat pun terasa makin lezat.
Komposisi utamaTomat 78%, mineral salt, onion
KemasanJar kaca
Berat bersih500 g
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi halal
Kalori86 kkal per 125 g
View all
No.8

SrunenSaos Tomat

Harga referensi
Rp26.000
Agak Mahal

Cocok untuk Anda yang sedang jaga asupan makanan

Jika Anda sedang menjaga asupan makanan, tetapi tetap ingin menikmati hidangan seperti biasa, produk ini bisa menjadi pilihan! Gunakanlah saus tomat bebas gluten ini sebagai pengganti saus tomat biasa. Dengan begitu, Anda tetap bisa menikmati kondimen enak tanpa mengganggu target menjaga asupan makan Anda.


Produk ini menggunakan tomat segar dan bawang putih lokal. Jadi, meskipun saus tomat ini bebas gluten dan tidak mengandung MSG, rasanya tetap lezat. Supaya kualitasnya selalu terjaga, pastikan Anda menyimpannya di kulkas dan menghabiskannya dalam waktu 1–2 bulan.

Komposisi utamaTomat, bawang putih lokal, gula aren, sea salt, cuka apel, rempah
KemasanBotol
Berat bersih140 ml
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi halal
KaloriTidak diketahui
View all
No.9

IndofoodSaus Tomat

Harga referensi
Rp6.500
Menengah

Cocok untuk saus cocol maupun pelengkap bumbu masakan

Selain saus sambalnya, saus tomat merek Indofood juga termasuk produk saus yang patut diperhitungkan. Saus dengan cita rasa asam manis tomat ini cocok dicocol pada hidangan ayam goreng, bakwan, mendoan, dan gorengan lainnya. Selain sebagai saus cocol, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai pelengkap bumbu masakan untuk melezatkan nasi goreng dan mi goreng.

Komposisi utamaAir, gula, tomat, garam
KemasanBotol
Berat bersih135 ml, 275 ml, 335 ml
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi halal
Kalori20 kkal per 12 g
View all
No.10

PureelandSaus Tomat Mpasi Organik

Saus Tomat Mpasi Organik 1
Sumber: shopee.co.id
Saus Tomat Mpasi Organik 2
Sumber: shopee.co.id
Saus Tomat Mpasi Organik 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp36.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp36.000
Agak Mahal

Menggunakan tomat organik, cocok untuk MPASI

Anda mungkin pernah merasa khawatir ketika memberikan saus tomat kepada si kecil. Untuk mengatasi kekhawatiran tersebut, kami merekomendasikan produk ini. Saus tomat homemade ini dibuat dari buah tomat organik dan tentunya bebas MSG serta pengawet. Jadi, produk ini aman untuk tambahan MPASI.


Saus tomat ini memang hanya bisa bertahan selama enam puluh hari di dalam chiller. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena isinya tidak terlalu banyak. Anda juga dapat menggunakan saus tomat ini sebagai cocolan dan bumbu tambahan. Jadi, kemungkinan saus untuk tersisa setelah dua bulan lebih minim.

Komposisi utamaBuah tomat organik, kaldu sapi, bawang bombay, bawang putih, gula dan garam
KemasanBotol
Berat bersih100 ml
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi halal
KaloriTidak diketahui
View all

Baca juga rekomendasi saus untuk pelengkap makanan lainnya di sini

Selain saus tomat, di pasaran juga banyak dijual saus lainnya yang kerap dijadikan saus cocol untuk aneka kudapan. Saus-saus ini dilengkapi berbagai bahan sehingga memiliki rasa yang nikmat dan cocok dijadikan pelengkap hidangan. Pembahasan mengenai saus cocol lainnya dapat Anda baca di sini!

Kesimpulan

Setiap produk saus tomat biasanya memiliki rasa yang khas. Perbedaan rasa ini muncul karena tomat yang digunakan, metode pemanenan, bahan tambahan, takaran, dan proses pengolahan yang berbeda pula.


Bagaimana pendapat Anda tentang poin-poin cara memilih serta rekomendasi yang kami berikan? Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda dalam menentukan saus tomat favorit sesuai selera. Selain itu, kami tentunya berharap artikel ini bisa membantu Anda menemukan saus tomat terenak. Selamat memilih!

5 Rekomendasi Saus Tomat terbaik

No. 1: Kraft HeinzABC Saus Tomat

No. 2: SasaSaus Tomat

No. 3: Mc Lewis Tomato Sauce Premium

No. 4: Anggana Catur PrimaDua Belibis Saus Tomat

No. 5: Lasallefood Del Monte Tomato Ketchup

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Merek Saus Tomat yang Enak (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.