10 Rekomendasi Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Teh merupakan minuman yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran mulai dari teh hijau, teh melati, teh herbal, teh untuk diet, dan berbagai jenis lainnya dengan rasa dan aroma yang beragam. Semua jenis tersebut ada yang dikemas dalam bentuk celup, bubuk, maupun tubruk.

Salah satu jenis teh yang diracik untuk memenuhi kebutuhan akan minuman herbal adalah teh chamomile. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih teh chamomile serta menjelaskan apa saja manfaat yang didapat jika mengonsumsi teh chamomile. Kami juga merekomendasikan produk teh chamomile terbaik dari merek Lipton, Dilmah, Twinings, dan lainnya. Selamat membaca!

Daftar isi

Mari kenali dahulu, apa itu teh chamomile?

Mari kenali dahulu, apa itu teh chamomile?

Teh chamomile merupakan teh yang menggunakan kelopak bunga chamomile sebagai bahan utamanya. Bunga chamomile memiliki sejarah panjang telah dikonsumsi sejak zaman Mesir kuno. Di Jepang, bunga chamomile dikenal sebagai obat, bahkan sejak zaman Edo.

Ada dua jenis chamomile yang digunakan untuk teh herbal yaitu chamomile yang berasal dari Roma dan chamomile yang berasal dari Jerman. Chamomile dari Roma sangat pahit dan tidak dapat digunakan sebagai teh herbal, namun banyak digunakan sebagai minyak esensial dan pewarna. Teh chamomile yang kita jumpai sekarang ini kebanyakan adalah chamomile dari Jerman.

Apa saja manfaat teh chamomile?

Di atas, kami sudah menyebutkan bahwa teh chamomile mempunyai banyak manfaat. Kini saatnya Anda mengetahui apa saja manfaat dari mengonsumsi teh chamomile.

Tidur Anda jadi lebih nyenyak

Tidur Anda jadi lebih nyenyak

Bunga chamomile mempunyai aroma khas seperti buah apel. Aroma seperti ini membawa efek penenang saraf dan perasaan yang rileks. Selain itu, teh chamomile juga memberikan rasa hangat di tubuh Anda. Meminum secangkir teh chamomile sebelum tidur akan membantu menenangkan pikiran, mengurangi rasa lelah, dan membuat tubuh Anda lebih hangat. Bagi Anda yang memiliki kesulitan tidur atau kurang bisa beristirahat dengan baik, cobalah mengonsumsi teh ini secara rutin sebelum tidur.

Mampu menghangatkan badan dan meringankan reaksi alergi

Mampu menghangatkan badan dan meringankan reaksi alergi

Khasiat chamomile untuk menghangatkan badan bisa berguna juga saat Anda mengalami gejala flu. Efek hangatnya dapat meringankan gejala flu Anda. Pada masa lalu, teh chamomile digunakan sebagai obat flu untuk anak-anak yang tidak suka minum obat.

Hiruplah uap chamomile untuk mengurangi demam dan hidung tersumbat Anda. Dalam secangkir teh chamomile, terdapat bahan aktif azulene yang berfungsi mengurangi reaksi alergi seperti demam dan berperan sebagai anti-inflamasi.

Atasi gangguan pencernaan dengan secangkir teh chamomile

Atasi gangguan pencernaan dengan secangkir teh chamomile

Chamomile juga membantu mengatasi gangguan pencernaan. Secangkir teh chamomile dapat menyiapkan perut dan usus Anda untuk mengatasi mual hingga diare. Kandungan coumarin dalam chamomile sangat baik untuk memperbaiki mukosa lambung dan sebagai tindakan anti-inflamasi.

Selain itu, chamomile mengandung obat penenang yang akan mengatasi rasa tidak nyaman perut Anda. Saat Anda merasakan perut melilit atau merasakan gangguan pencernaan lainnya, cobalah atasi dengan segelas teh chamomile agar merasa segar dan nyaman kembali.

Membantu meringankan nyeri menstruasi

Membantu meringankan nyeri menstruasi

Chamomile memiliki julukan sebagai ramuan ibu. Hal ini dikarenakan khasiatnya dalam membantu meringankan masalah kewanitaan seperti nyeri haid dan meredam emosi saat PMS terjadi. Chamomile akan meningkatkan sirkulasi darah dengan cara menghangatkan tubuh, mendorong produksi keringat, dan menunjang bentuk tubuh wanita. Efek relaksasi dari teh chamomile juga dapat meredakan nyeri dan iritasi selama masa menstruasi.

Teh chamomile juga berkhasiat untuk kecantikan kulit

Teh chamomile juga berkhasiat untuk kecantikan kulit

Mengonsumsi teh chamomile juga baik untuk kulit Anda. Untuk Anda yang memiliki kulit kasar dan berjerawat, chamomile memiliki kandungan chamazulene yang efektif mengatasi peradangan tersebut. Jika Anda jeli, banyak produk kecantikan yang menambahkan chamomile sebagai salah satu komposisinya.

Teh chamomile juga mengandung sejenis polifenol yang berfungsi mencegah glycationGlycation adalah karamelisasi yang terjadi pada kulit ketika gula dalam tubuh saling silang dengan kolagen sehingga menyebabkan berkurangnya elastisitas kulit. Zat inilah yang akan membantu menekan proses penuaan kulit.

Cara memilih teh chamomile

Setelah Anda mengetahui manfaat teh chamomile untuk tubuh Anda, mari masuk ke bagian selanjutnya. Bagaimana cara memilih teh chamomile yang baik? Simak caranya di bawah ini.

Pilih teh chamomile yang tidak mengandung kafeina

Pilih teh chamomile yang tidak mengandung kafeina

Teh sering dianggap sebagai minuman herbal, namun jarang disebut sebagai minuman kesehatan. Hal ini dikarenakan beberapa produk teh menyertakan kafeina dalam komposisinya.

Jika Anda mengharapkan efek relaksasi dan tidur yang nyenyak, pilihlah teh chamomile yang tidak mengandung kafeina. Anda bisa memilih teh chamomile murni dengan kadar 100% atau yang mengandung rempah herbal lainnya tanpa kafeina.

Pilih rasa dan aroma yang Anda suka

Pilih rasa dan aroma yang Anda suka

Teh chamomile yang berkadar murni mungkin nikmat dalam segi rasa dan khasiatnya. Namun, teh chamomile juga ternyata dapat dikombinasikan dengan bahan herbal lainnya. Anda akan menemukan aroma dan rasa yang berbeda dari setiap jenis chamomile tersebut.

Karena setiap jenis teh chamomile memiliki perbedaan rasa dan aroma, pilihlah teh chamomile yang sesuai dengan mood Anda hari ini.

Mana yang lebih baik, teh organik atau non-organik?

Mana yang lebih baik, teh organik atau non-organik?

Produk berlabel organik mengacu pada bahan-bahan yang ditumbuhkembangkan dengan proses alami tanpa pestisida dan tanpa pupuk kimia. Banyak orang yang sangat memperhatikan kesehatan lebih memilih produk organik. Beberapa negara menerapkan aturan khusus atau tanda tertentu untuk produk-produk organik.

Anda bisa mencermati beberapa label yang umum di Indonesia, seperti “USDA Organik” yang artinya produk tersebut mengandung 95% bahan organik, “Dibuat dengan komposisi organik” untuk produk 70% organik, dan “Mengandung bahan organik” yang berarti produk tersebut mengandung kurang dari 70% bahan organik. Beberapa produsen teh chamomile memberikan keterangan tersebut. Periksalah labelnya sebelum Anda membeli.

Pertimbangkan juga harganya

Pertimbangkan juga harganya

Efek rasa kantuk, manfaat kecantikan kulit, dan mencegah rasa dingin adalah tiga dari banyak manfaat yang Anda peroleh jika mengonsumsi teh chamomile secara rutin. Namun, hal penting lain yang perlu Anda perhatikan adalah harga teh chamomile itu sendiri. 

Produk organik tentu harganya lebih mahal. Jika Anda keberatan dengan hal tersebut, tidak ada salahnya memilih produk yang tidak organik. Teh chamomile dengan harga terjangkau pun aman dikonsumsi jika Anda bisa memperhatikan kualitasnya. Apabila Anda memilih produk dengan harga terjangkau, pilihlah produk dengan merek besar yang sudah dikenal luas oleh masyarakat.

10 Rekomendasi teh chamomile terbaik

Kini, saatnya kami merekomendasikan sepuluh merek teh chamomile terbaik versi kami. Pilihlah produk dengan rasa dan aroma yang Anda suka!

10. Enchantea Chamomile Flower Tea

10. Enchantea Chamomile Flower Tea

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 70.000

Nikmati secangkir teh bunga chamomile asli Indonesia

Enchantea adalah merek teh lokal asal Pekanbaru yang menawarkan empat belas varian teh bunga, salah satunya varian chamomile. Cukup menambahkan satu sendok teh bunga dalam secangkir air panas, teh murni ini bisa dinikmati untuk mengatasi mata yang lelah selepas bekerja di depan komputer. Penggemar teh lokal wajib mencobanya!

Jenis Murni
Bahan Chamomile flowers
Isi 25 gram, 100 gram

9. Singabera Premium Indonesian Tea & Tisane Chamonile Lemongrass

9. Singabera Premium Indonesian Tea & Tisane Chamomile Lemongrass

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 32.000

Tambahan ekstrak serai akan menurunkan panas tubuh

Seperti produk sebelumnya, Singabera menawarkan berbagai macam racikan teh yang dihasilkan di tanah Indonesia. Salah satu yang bisa dicoba adalah varian Chamomile Lemongrass yang telah mendapatkan racikan ekstrak serai di dalamnya.

Dengan adanya tambahan serai, Anda akan memperoleh manfaat antipiretik yang dapat membantu menurunkan panas. Teh ini bebas kalori, bebas lemak, dan bebas kafeina, cocok untuk membantu proses penyembuhan demam. Harga yang ramah di kantong juga akan menyenangkan Anda.

Jenis Kombinasi
Bahan Chamomile + lemongrass
Isi 20 kantong teh, 100 kantong teh, 10 gram (sample)

8. Lipton Sir Thomas Lipton Chamomile

8. Lipton Sir Thomas Lipton Chamomile

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 48.525

Merek teh dunia dengan kandungan 100% chamomile

Merek teh ini sudah dikenal mendunia dan bisa dengan mudah Anda temui di pasaran. Untuk momen santai Anda, cobalah Sir Thomas Lipton Chamomile ini. Teh ini dikemas dengan higienis untuk menjamin kualitas kesegaran dan aromanya.

Dengan harga yang terjangkau, Anda akan mendapat 25 kantong teh yang terbuat dari 100% chamomile. Jika Anda menyukai rasa yang sedikit manis, Anda bisa menambahkan madu. Secangkir kemurnian chamomile pun siap Anda nikmati.

Jenis Murni
Bahan Chamomile
Isi 25 kantong teh/kotak

7. Dilmah Camomile 160 Teabags

7. Dilmah Camomile 160 Teabags

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 67.000

Infusion tea beraroma lembut untuk melengkapi camilan sore Anda

Dilmah Tea dari Sri Lanka menyajikan teh chamomile bebas kafeina dengan rasa lembut aromatik. Teh ini cocok dikonsumsi sebagai pendamping cake untuk tea time atau untuk waktu istirahat yang lebih berkualitas. Dalam satu paknya, Anda mendapatkan dua puluh kantong teh chamomile dengan harga yang cukup terjangkau.

Jenis Murni
Bahan Chamomile flowers
Isi 8 pak, 16 pak, 24 pak, 32 pak, 40 pak, dan 48 pak (20 kantong teh/pak)

6. Ahmad Tea of London Camomile & Lemongrass

6. Ahmad Tea of London Camomile & Lemongrass

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 199.000

Usir penat dengan rasa chamomile dan lemongrass alami yang menenangkan

Mari lepas kepenatan Anda dengan segelas teh hangat dari Ahmad Tea of London. Teh herbal dari London ini menghadirkan teh chamomile dengan bahan alami dan jaminan label 100% natural. Produk ini juga menambahkan serai untuk memberikan aroma yang lebih khas. Tambahkan madu sebagai pemanis alami dan nikmati teh ini saat cuaca dingin untuk menjaga tubuh tetap hangat.

Jenis Kombinasi
Bahan Chamomile + lemongrass
Isi 20 kantong teh/kotak

5. Twinings of London Pure Chamomile

5. Twinings of London Pure Chamomile

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 110.000

Sedang diet, tetapi ingin menikmati teh herbal yang manis? Coba ini

Penggemar teh sejati pasti sudah mengenal banyak varian produk dari Twinings. Untuk Anda yang mencari pilihan teh chamomile berbahan 100% murni, Anda dapat memilih Twinings of London Pure Chamomile.

Teh dari Twinings dikenal memiliki rasa creamy dan floral yang sudah manis di lidah meski tanpa tambahan gula. Bagi Anda yang sedang berdiet, Anda dapat menjadikannya sebagai pilihan minuman segar di samping camilan rendah kalori.

Jenis Murni
Bahan 100% chamomile flowers
Isi 25 kantong teh/kotak

4. TEMA Tea Serenity

4. TEMA Tea Serenity

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 100.000

Rasa manis chamomile berpadu segarnya mint dan harum lavender. Nikmat!

Mudah stres karena padatnya aktivitas Anda? Saatnya Anda mencoba TEMA Tea. Produk ini terbuat dari racikan chamomile, lavender, dan mint yang akan langsung menenangkan pikiran Anda. Aroma lavender yang lembut dengan kesegeran mint akan melepaskan lelah Anda. Istirahat pun menjadi lebih tenang dan perut menjadi lebih nyaman.

Jenis Kombinasi
Bahan Chamomile + Lavender + Mint
Isi 15 gram pouch, 15 gram jar

3. Gryphon Tea Chamomile Dream

3. Gryphon Tea Chamomile Dream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 192.000

Secangkir perpaduan bahan teh pilihan artisan

Produsen teh asal Singapura ini menghadirkan teh berkualitas hingga empat generasi. Teh ini memiliki empat paduan komposisi dari lima bahan herbal. Levender, lemon, serai, dan marigold dikombinasi dengan chamomile. Rasa dan wanginya sangat aromatik! Pilih teh ini apabila Anda ingin menikmati beberapa manfaat herbal dalam satu produk.

Jenis Kombinasi
Bahan Chamomile + Lemon verbena + Lemongrass + Marigold + Lavender
Isi 20 saset/kotak

2. The Stash Tea Organic Chamomile Herbal Tea

2. The Stash Tea Organic Chamomile Herbal Tea

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 129.000

Manjakan indra Anda dengan rasa manis dan aroma apel yang klasik

Selanjutnya, ada teh herbal yang mengantongi sertifikat organik dari QAI. Teh chamomile tanpa kafeina ini memiliki aroma dan rasa seperti apel segar. Anda dapat menikmatinya sebelum tidur untuk menenangkan pikiran atau kapan pun saat Anda ingin menikmati me time Anda.

Jenis Murni
Bahan Organic chamomile
Isi 18 kantong teh/kotak

1. Traditional Medicinals Chamomile

1. Traditional Medicinals Chamomile

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 149.000

Berani coba rasa teh chamomile organik paling segar di pasaran?

Traditional Medicinals menyajikan racikan teh chamomile murni yang diolah langsung dari hanya bunga chamomile. Proses pembuatannya tidak melibatkan tangkai, daun, atau bagian tanaman lain seperti produk sejenis di pasaran.

Tidak heran aromanya begitu segar dan rasanya manis-pahit lezat seperti madu alami. Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang menyukai kemurnian rasa teh chamomile bersertifikasi organik Fair Trade.

Jenis Murni
Bahan 100% Organic chamomile flowers
Isi 16 kantong teh/kotak

Yang perlu Anda perhatikan saat mengonsumsi teh chamomile

Yang perlu Anda perhatikan saat mengonsumsi teh chamomile

Pada dasarnya, teh chamomile aman dikonsumsi setiap hari. Namun, perlu diingat bahwa chamomile adalah bunga. Jadi, Anda yang memiliki alergi terhadap bunga sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi teh ini.

Bagi wanita yang sedang hamil, chamomile juga memiliki efek samping terhadap kontraksi rahim. Sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter kebidanan Anda sebelum mencoba teh chamomile.

Baca juga rekomendasi produk teh lainnya di sini!

Tertarik dengan produk teh lainnya? Di bawah ini, kami telah menyiapkan artikel yang membahas rekomendasi produk teh herbal, teh hitam, teh hijau, teh jahe, hingga teh terbaik yang tidak mengandung kafeina lainnya! Baca di sini apabila Anda tertarik!

Kesimpulan

Setiap teh memiliki rasa, aroma, serta karakter yang berbeda-beda. Secangkir teh akan terasa lebih nikmat lagi jika Anda meminumnya bersama orang-orang yang Anda kasihi pada waktu santai di sore hari maupun saat malam hari sambil menonton televisi.

Kami sudah menjelaskan kepada Anda serba-serbi teh chamomile dan produk rekomendasi dari merek terbaik. Kini, saatnya Anda memilih mana yang Anda sukai. Selamat menikmati teh chamomile Anda!