10 Rekomendasi Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Teh merupakan minuman yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran mulai dari teh hijau, teh melati, teh herbal, teh untuk diet, dan berbagai jenis lainnya dengan rasa dan aroma yang beragam. Semua jenis tersebut ada yang dikemas dalam bentuk celup, bubuk, maupun tubruk.

Salah satu jenis teh yang diracik untuk memenuhi kebutuhan akan minuman herbal adalah teh chamomile. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih teh chamomile serta menjelaskan apa saja manfaat yang didapat jika mengonsumsi teh chamomile. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk teh chamomile terbaik untuk Anda. Yuk, simak ulasan kami di bawah ini!

Daftar isi

Mari kenali dahulu, apa itu teh chamomile?

Mari kenali dahulu, apa itu teh chamomile?

Teh chamomile merupakan teh yang menggunakan kelopak bunga chamomile sebagai bahan utamanya. Bunga chamomile memiliki sejarah panjang telah dikonsumsi sejak jaman Mesir kuno. Di Jepang, bunga chamomile dikenal sebagai obat bahkan sejak jaman Edo.

Ada dua jenis chamomile yang digunakan untuk teh herbal, yaitu chamomile yang berasal dari Roma dan chamomile yang berasal dari Jerman. Chamomile dari Roma sangat pahit dan tidak dapat digunakan sebagai teh herbal, namun banyak digunakan sebagai minyak esensial dan pewarna. Teh chamomile yang kita jumpai sekarang ini kebanyakan adalah chamomile dari Jerman.

Apa saja manfaat teh chamomile?

Di atas kami sudah menyebutkan bahwa teh chamomile mempunyai banyak manfaat. Kini saatnya Anda tahu apa saja manfaat dari mengkonsumsi teh chamomile.

Teh chamomile membuat tidur Anda lebih nyenyak

Teh chamomile membuat tidur Anda lebih nyenyak

Bunga chamomile mempunya aroma khas seperti buah apel. Aroma seperti ini membawa efek menenangkan saraf dan perasaan yang rileks. Selain itu, teh chamomile juga memberikan rasa hangat di tubuh Anda. Meminum secangkir teh chamomile sebelum tidur akan membantu menenangkan pikiran, mengurangi rasa lelah, dan membuat tubuh Anda menjadi lebih hangat.

Bagi Anda yang memiliki kesulitan tidur atau kurang bisa beristirahat dengan baik, cobalah mengonsumsi teh ini secara rutin sebelum tidur. Biarkan teh chamomile membantu Anda untuk mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas demi kesehatan Anda.

Menghangatkan badan dan meringankan reaksi alergi

Menghangatkan badan dan meringankan reaksi alergi

Khasiat chamomile untuk menghangatkan badan bisa berguna juga saat Anda mengalami gejala flu. Manfaatkan efek hangatnya untuk meringankan gejala flu Anda. Di masa lalu, teh chamomile digunakan sebagi obat flu untuk anak-anak yang tidak suka minum obat.

Hiruplah uap chamomile untuk mengurangi demam dan hidung tersumbat Anda. Dalam secangkir teh chamomile ada bahan aktif azulene yang berfungsi mengurangi reaksi alergi seperti demam dan berperan sebagai antiinflamasi.

Teh chamomile membantu mengatasi gangguan pencernaan

Teh chamomile membantu mengatasi gangguan pencernaan

Bunga chamomile juga berkhasiat untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan Anda. Secangkir teh chamomile dapat membantu menyiapkan perut dan usus Anda untuk mengatasi mual, sebah, hingga diare. Kandungan coumarin dalam chamomile sangat baik untuk memperbaiki mukosa lambung dan sebagai tindakan antiinflamasi.

Selain itu, chamomile mengandung obat penenang yang akan mengatasi rasa tidak nyaman perut Anda. Bila Anda merasa perut Anda melilit atau merasakan gangguan pencernaan lainnya, cobalah atasi dengan segelas teh chamomile agar merasa segar dan nyaman kembali.

Teh chamomile membantu meringankan nyeri menstruasi

Teh chamomile membantu meringankan nyeri menstruasi

Bagi para wanita, nyeri sebelum hingga masa menstruasi dapat sangat mengganggu akivitas keseharian. Nah, teh chamomile adalah salah satu solusinya. Chamomile memiliki julukan sebagai ramuan ibu, ini karena khasiatnya dalam membantu meringankan masalah kewanitaan seperti meredam emosi saat PMS terjadi.

Ketika dikonsumsi, chamomile akan meningkatkan sirkulasi darah dengan cara menghangatkan tubuh, mendorong produksi keringat dan menunjang bentuk tubuh wanita. Untuk para wanita yang sering mengalami nyeri menstruasi, cobalah minum teh chamomile secara rutin.

Teh chamomile juga bermanfaat untuk kecantikan kulit

Teh chamomile juga bermanfaat untuk kecantikan kulit

Mengonsumsi teh chamomile juga baik untuk kulit Anda. Untuk Anda yang memiliki kulit kasar dan berjerawat, chamomile memiliki kandungan chamazulene yang efektif mengatasi peradangan tersebut. Jika Anda jeli, banyak produk kecantikan yang menambahkan chamomile sebagai salah satu komposisinya.

Satu lagi yang pasti menarik bagi Anda teh chamomile juga mengandung sejenis polifenol yang berfungsi mencegah glycationGlycation adalah karamelisasi yang terjadi pada kulit ketika gula dalam tubuh saling silang dengan kolagen sehingga menyebabkan kulit kekurangan elastisitasnya. Zat inilah yang akan membantu menekan proses penuaan di kulit Anda.

Cara memilih teh chamomile

Setelah Anda mengetahui manfaat teh chamomile untuk tubuh Anda, mari masuk ke bagian selanjutnya. Bagaimana cara memilih teh chamomile yang baik? Simak caranya di bawah ini.

Pilih teh chamomile yang tidak mengandung kafein

Pilih teh chamomile yang tidak mengandung kafein

Secara umum, teh sering dianggap sebagai minuman herbal, namun jarang disebut sebagai minuman kesehatan. Hal ini dikarenakan beberapa produk teh menyertakan kafein dalam komposisinya.

Jika Anda mengharapkan efek relaksasi dan tidur yang nyenyak, maka pilihlah teh chamomile yang tidak mengandung kafein. Anda bisa memilih teh chamomile murni dengan kadar 100% atau yang menambahkan rempah herbal lainnya.

Pilih rasa dan aroma yang Anda suka

Pilih rasa dan aroma yang Anda suka

Teh chamomile yang berkadar murni mungkin nikmat dalam segi rasa dan khasiatnya. Namun, teh chamomile juga ternyata dapat dikombinasikan dengan bahan herbal lainnya. Anda akan menemukan aroma dan rasa yang berbeda dari setiap jenis chamomile tersebut.

Karena setiap jenis teh chamomile memiliki perbedaan rasa dan aroma, maka pilihlah teh chamomile yang sesuai dengan mood Anda hari ini.

Mana yang lebih baik, teh organik atau non organik?

Mana yang lebih baik, teh organik atau non organik?

Produk berlabel organik mengacu pada bahan-bahan yang ditumbuh kembangkan dengan proses alami, tanpa pestisida dan tanpa pupuk kimia. Banyak orang yang sangat memperhatikan kesehatan lebih memilih produk organik. Beberapa negara menerapkan aturan khusus atau tanda tertentu untuk produk-produk organik.

Anda bisa mencermati beberapa label yang umum di Indonesia, seperti “USDA Organik” yang artinya produk tersebut mengandung 95% bahan organik, “Dibuat dengan komposisi organik” untuk produk 70% organik dan “Mengandung bahan organik” yang maksudnya produk tersebut mengandung kurang dari 70% bahan organik. Beberapa produsen teh chamomile memberikan keterangan tersebut. Periksalah label tersebut sebelum Anda membeli.

Jangan lupa pertimbangkan juga harganya

Jangan lupa pertimbangkan juga harganya

Efek somnolen, yaitu efek rasa kantuk, manfaat kecantikan kulit, dan mencegah rasa dingin adalah tiga dari banyak manfaat yang akan Anda peroleh jika mengkonsumsi teh chamomile secara rutin. Namun, hal penting lain yang juga perlu Anda perhatikan adalah harga teh chamomile itu sendiri. 

Produk organik tentu harganya lebih mahal. Jika Anda keberatan dengan hal tersebut, tidak ada salahnya memilih produk yang tidak organik. Teh chamomile dengan harga terjangkau pun aman untuk dikonsumsi jika Anda bisa memperhatikan kualitasnya. Jika Anda memutuskan untuk memilih produk dengan harga terjangkau, sebaiknya pilihlah produk dengan merek besar yang sudah dikenal luas oleh masyarakat.

10 Rekomendasi teh chamomile terbaik

Kini, saatnya kami perkenalkan 10 merek teh chamomile terbaik versi kami. Pilihlah produk dengan rasa dan aroma yang Anda suka!

10. Enchantea Chamomile Flower Tea

10. Enchantea Chamomile Flower Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Teh chamomile produk lokal Indonesia

Enchantea adalah merek teh lokal asal Pekanbaru yang punya 14 varian teh bunga. Enchantea tersedia dalam kemasan 25gr hingga 100gr. Anda bisa memilih kemasannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Teh ini bisa menjadi obat yang baik saat Anda merasa lelah setelah kerja. Selain itu, Anda juga dapat meminum teh ini saat gejala flu datang yang biasanya disertai dengan sakit kepala.

Anda hanya perlu menyeduh satu sendok teh chamomile Enchantea di dalam secangkir air panas, lalu Anda sudah bisa menikmati teh chamomile cita rasa lokal ini. Jika Anda adalah penggemar teh lokal, kami rekomendasikan teh Enchantea ini untuk Anda.

9. Singabera Chamomile Lemongrass Tea

9. Singabera Chamomile Lemongrass Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 90.000

Teh chamomile dengan ekstrak serai

Singabera menawarkan berbagai macam racikan teh yang dihasilkan di tanah Indonesia. Salah satu yang bisa Anda coba adalah varian teh chamomile dari Singabera ini. Anda tentu sudah mengenal chamomile dengan manfaat antiinflamasi, antioksidan, dan memberikan efek menenangkan. Yang membedakan Singabera dengan produk teh chamomile lainnya adalah tambahan serai di dalam produk ini.

Dengan adanya tambahan serai, Anda akan memperoleh manfaat antipiretik yang dapat membantu menurunkan panas dan membantu pengobatan. Teh ini bebas kalori, bebas lemak dan bebas kafein. Sangat cocok untuk Anda yang menginginkan efek tenang, istirahat yang lebih rileks dan membantu proses penyembuhan demam dan mengalami sulit tidur.

8. Lipton Sir Thomas Lipton Chamomile

8. Lipton Sir Thomas Lipton Chamomile

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 51.400

Merek teh dunia dengan 100% chamomile

Merek teh ini sudah dikenal mendunia dan bisa dengan mudah Anda temui di pasaran. Lipton menyediakan berbagai racikan teh untuk menemani segala aktivitas Anda. Untuk momen santai Anda, cobalah Sir Thomas Lipton Chamomile ini. Teh ini dikemas dengan higienis untuk menjamin kualitas kesegaran dan aromanya.

Dengan harga yang terjangkau, Anda akan mendapat 25 kantong teh yang terbuat dari 100% chamomile. Sangat cocok untuk Anda yang ingin menimati kemurnian teh chamomile. Jika Anda menyukai rasa yang sedikit manis, Anda bisa menambahkan madu. Secangkir kemurnian chamomile pun siap Anda nikmati.

7. Dilmah Pure Camomile Flowers

7. Dilmah Pure Camomile Flowers

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 59.000

Infusion tea dengan aroma yang lembut

Bunga chamomile memiliki rasa yang begitu lembut dan aromatik. Inilah yang menginspirasi Dilmah Tea dari Sri Lanka menyajikan racikan teh chamomile untuk Anda. Teh ini cocok dikonsumsi sebagai pendamping cake di saat tea time atau sebelum Anda tidur untuk istirahat yang lebih berkualitas.

Dalam satu kemasan infusion tea ini Anda akan mendapatkan 20 kantong teh chamomile dengan harga yang terjangkau. Cukup seduh satu kantong teh dengan 220ml air bersuhu 100°C selama 3-5 menit dan Anda siap menikmati secangkir manfaat teh chamomile.

6. Havelteh Green Tea Chakra Chamomile

6. Havelteh Green Tea Chakra Chamomile

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 60.000

Teh hijau dengan ekstra chamomile

Produsen teh satu ini menyajikan racikan teh hijau yang berpadu dengan bunga chamomile. Dalam satu kemasan yang praktis Anda akan mendapatkan rasa yang unik sekaligus khasiat dua teh yang berbeda. Cocok untuk Anda penyuka teh hijau yang ingin merasakan manfaat chamomile. Havelteh juga menjamin keamanan kemasan kantong tehnya, yang terbuat dari nylon premium tanpa pemutih, lem, atau staples.

Selain itu, kemasannya juga aman dan praktis karena Anda tak perlu lagi menakar jumlah teh yang diperlukan. Hanya dengan menyeduhnya dalam 200 ml air panas dengan suhu 90°C selama beberapa menit, Anda siap menikmati harumnya aroma teh hijau, chamomile, lavender dan fig yang menenangkan. Nikmati secangkir kebaikan Havelteh yang menenangkan di sela kesibukan Anda.

5. Ahmad Tea of London Camomile & Lemongrass

5. Ahmad Tea of London Camomile & Lemongrass

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 199.000

Jaminan 100% bahan natural teh chamomile

Mari lepas kepenatan Anda dengan segelas teh hangat dari Ahmad Tea of London. Teh herbal dari London ini menghadirkan teh chamomile dengan bahan alami dengan jaminan label 100% natural. Ahmad Tea of London juga menambahkan lemongrass atau yang kita kenal dengan serai untuk memberikan aroma yang lebih khas. Racikan chamomile dan lemongrass akan membantu melepaskan ketegangan saraf Anda.

Teh ini cocok dikonsumsi untuk Anda yang mengalami sulit tidur karena tidak mengandung kafein. Dalam satu kemasan Anda akan mendapatkan 20 kantong teh yang bisa Anda nikmati sebelum tidur untuk istirahat yang lebih rileks, atau saat cuaca dingin untuk menjaga tubuh tetap hangat.

4. Twinings of London Pure Chamomile

4. Twinings of London Pure Camomile

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 120.000

100% natural chamomile tanpa kafein

Produk dari Twinings ini kami rekomendasikan untuk Anda yang mencari teh chamomile murni. Selain jaminan label natural pada kemasannya, teh ini juga bebas kafein sehingga cocok untuk Anda yang ingin mengatasi kesulitan tidur. Teh Twinings ini juga mudah Anda dapatkan baik secara offline atau online.

Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk 25 kantong teh Twinings ini. Chamomile murninya yang menenangkan dan beraroma lembut ini cocok untuk menemani sore santai Anda atau ditengah cuaca dingin yang melanda. Anda bisa menambahkan madu untuk manis alami dan nikmatilah selagi hangat.

3. TEMA Tea Serenity

3. TEMA Tea Serenity

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Teh chamomile dengan kesegaran mint

Anda mudah stres karena padatnya aktivitas Anda? Saatnya Anda mencoba TEMA Tea. TEMA Tea terbuat dari racikan chamomile, lavender, dan mint yang akan langsung menenangkan pikiran Anda. Ditambah lagi dengan aroma mint yang begitu segar, tubuh dan pikiran Anda akan menjadi lebih rileks.

TEMA Tea Serenity bisa Anda nikmati hanya dengan menambahkan air panas bersuhu 90°C pada 1gr tehnya. Aroma lavender yang lembut dan segarnya mint akan melepaskan lelah Anda, membuat  istirahat menjadi lebih tenang, serta perut menjadi lebih nyaman.

2. Gryphon Tea Chamomile Dream

2. Gryphon Tea Chamomile Dream

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 200.000

Varian teh pilihan artisan

Lelah dengan aktivitas sehari-hari? Mari santai sejenak dan menyeduh segelas teh Artisan Selection Chamomile Dream dari Gryphon ini. Gryphon Tea Company merupakan produsen teh asal Singapura yang telah menghadirkan teh berkualitas hingga empat generasi dengan banyak varian.

Teh ini merupakan teh bebas kafein dengan komposisi chamomile, lemon verbena, lemongrass, marigold, dan lavender. Anda cukup menyeduh satu kantong teh ini dengan 200ml air hangat bersuhu di bawah 100°C, dan nikmatilah beragam manfaat herbalnya. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin menikmati beberapa manfaat herbal dalam satu produk yang praktis.

1. Stash Organic Chamomile Herbal Tea

1. Stash Organic Chamomile Herbal Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp Rp 135.000

Teh chamomile yang dijamin organik

Inilah teh chamomile terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Stash Organic Chamomile Herbal Tea dijamin organik dengan label USDA Organik yang terlihat pada kemasannya. Memiliki aroma dan rasa apel yang klasik, Anda akan menikmati kesegaran alami yang terdapat dalam secangkir teh ini.

Tidak hanya organik, teh ini juga tidak mengandung kafein. Dijamin aman dan sangat cocok untuk Anda yang sering mengalami susah tidur. Anda dapat meminum secangkir teh ini sebelum tidur untuk menenangkan pikiran, atau kapan pun saat Anda ingin menikmati me time Anda. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda para pencinta teh organik.

Yang perlu Anda perhatikan saat mengonsumsi teh chamomile

Yang perlu Anda perhatikan dalam mengkonsumsi teh chamomile

Pada dasarnya teh chamomile aman dikonsumsi setiap hari. Tapi perlu diingat bahwa chamomile adalah bunga, jadi Anda yang memiliki alergi terhadap bunga, ada baiknya berhati-hati dalam mengkonsumsi teh ini.

Bagi wanita yang sedang hamil, chamomile juga memiliki efek samping terhadap kontraksi rahim. Sebaiknya Anda berhati-hati dan mengonsultasikan pada ginekologi Anda sebelum Anda mencoba teh chamomile.

Kesimpulan

Setiap teh memiliki rasa, aroma, serta karakter yang berbeda-beda. Secangkir teh akan terasa lebih nikmat lagi jika Anda meminumnya bersama orang-orang yang Anda kasihi pada waktu santai di sore hari maupun saat malam hari sambil menonton TV.

Kami sudah menjelaskan kepada Anda serba-serbi teh chamomile dan produk rekomendasi kami. Kini, saatnya Anda memilih mana yang Anda suka. Selamat menikmati teh chamomile Anda!