• 10 Merk Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Merk Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Merk Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Merk Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Merk Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Merk Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Teh merupakan minuman yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran dengan beragam rasa dan aroma. Salah satu jenis teh yang diracik untuk memenuhi kebutuhan akan minuman herbal adalah teh chamomile.

Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin bingung memilih produk yang enak. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih teh chamomile dan menjelaskan manfaatnya. Kami juga akan mengulas sepuluh produk teh chamomile dari merk Lipton, Dilmah, Twinings, dan lainnya. Selain itu, cek juga komentar tea specialist, Neysa Valeria di artikel ini, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Neysa Valeria
  • Pembaharuan terakhir: 08 Maret 2021
  • 77.521 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan tea specialist Neysa Valeria

Berkolaborasi dengan tea specialist Neysa Valeria

Neysa Valeria adalah seorang tea specialist dan teapreneur. Berawal dari kecintaannya terhadap teh, ia mulai mempelajari teh secara autodidak dan menulis sebuah blog tentang teh pada 2011. Berbekal pendidikan sebagai seorang certified tea master, tea blender, dan tea taster, Neysa mendirikan perusahaan teh, Havilla Tea, pada 2014.


Selain sebagai pengusaha, wanita yang sedang membuat buku tentang teh ini juga kerap mengadakan workshop dan memberikan edukasi seputar teh. Untuk mengintip kumpulan foto-foto teh dan kesehariannya, Neysa bisa disapa melalui Instagram-nya. 

Apa itu teh chamomile?

Apa itu teh chamomile?
Teh chamomile merupakan teh yang menggunakan kelopak bunga chamomile sebagai bahan utamanya. Bunga chamomile memiliki sejarah panjang dan telah dikonsumsi sejak zaman Mesir kuno. Bunga chamomile juga dikenal sebagai obat di Jepang, bahkan sejak zaman Edo.

Ada dua jenis chamomile yang digunakan untuk teh herbal yaitu chamomile yang berasal dari Roma dan chamomile yang berasal dari Jerman. Chamomile dari Roma sangat pahit dan tidak dapat digunakan sebagai teh herbal. Namun, jenis ini banyak digunakan sebagai minyak esensial dan pewarna. Teh chamomile yang kita jumpai sekarang ini kebanyakan adalah chamomile asal Jerman. 

Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Chamomile adalah salah jenis bunga yang berasal dari Mesir. Terdapat dua jenis chamomile yang sering ditemui yaitu Roman chamomile dan German chamomile. Keduanya banyak digunakan untuk seduhan minuman. 


Chamomile sebenarnya bukanlah teh, melainkan minuman herbal atau tisane. Namun, karena cara konsumsinya diseduh, orang-orang terbiasa menyebutnya sebagai teh. Selain itu, bunga chamomile juga sering dicampur dengan teh hijau. 

Apa saja manfaat teh chamomile?

Anda sudah mengetahui bahwa teh chamomile memiliki banyak manfaat. Nah, saatnya Anda mengetahui apa saja manfaat dari mengonsumsi teh chamomile.

Membuat tidur Anda lebih nyenyak

Membuat tidur Anda lebih nyenyak
Chamomile mempunyai aroma khas seperti buah apel. Aroma tersebut memberikan efek relaksasi untuk menenangkan pikiran Anda. Selain itu, teh chamomile mampu menghangatkan tubuh serta berkhasiat untuk kecantikan. Jika Anda mengharapkan khasiat kecantikannya, cobalah mengonsumsi teh chamomile hangat secara rutin sebelum tidur.
Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Kandungan dalam bunga chamomile dapat melemaskan otot dan sistem saraf. Aroma dan rasa manis dari seduhan berwarna kuning keemasan tersebut dapat membuat tubuh dan pikiran lebih relaks dan tenang. Oleh karena itu, chamomile sering disarankan sebagai alternatif alami bagi orang-orang yang mengalami masalah tidur.

Mampu menghangatkan badan dan meringankan flu

Mampu menghangatkan badan dan meringankan flu
Khasiat teh chamomile dalam menghangatkan badan bisa berguna juga untuk meringankan gejala flu. Pada masa lalu, teh chamomile digunakan sebagai obat flu untuk anak-anak yang tidak suka minum obat. Hiruplah uap teh chamomile untuk mengurangi demam atau hidung tersumbat Anda, lalu minumlah sebelum tidur.
Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Kandungan antibakteri dan lainnya pada seduhan chamomile dapat membantu meredakan batuk dan pilek serta gejala-gejala demam lainnya. Anda juga dapat menambahkan 1–2 sendok teh madu ataupun irisan jahe pada seduhan hangat chamomile. Selain rasanya enak, minuman Anda juga lebih bernutrisi.

Mengatasi gangguan pencernaan

Mengatasi gangguan pencernaan
Chamomile juga membantu mengatasi gangguan pencernaan. Selain itu, secangkir teh chamomile hangat mampu menghangatkan perut Anda. Saat Anda merasakan perut melilit atau mengalami gangguan pencernaan lainnya, cobalah atasi dengan segelas teh chamomile agar merasa nyaman kembali.
Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Chamomile dapat membantu meredakan masalah perut dan sistem pencernaan karena memiliki kandungan antibakteri. Seduhan chamomile dapat digunakan, misalnya saat bayi atau balita mengalami diare. Selain itu, chamomile juga dapat menjadi opsi untuk menenangkan dan meredakan masalah pencernaan tersebut.

Menghangatkan tubuh saat menstruasi

Menghangatkan tubuh saat menstruasi
Chamomile memiliki julukan sebagai ramuan ibu. Hal ini dikarenakan khasiatnya dalam membantu meringankan masalah kewanitaan seperti nyeri haid atau meredam emosi saat PMS terjadi. Secangkir teh chamomile hangat akan meningkatkan sirkulasi darah dan menghangatkan tubuh saat haid. Di samping itu, aroma tehnya akan membantu menyegarkan dan menenangkan pikiran Anda selama haid.
Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Kandungan pada seduhan chamomile bersifat antispasmodic yang dapat meredakan kram atau nyeri pada saat menstruasi. Selain itu, mengonsumsi chamomile dapat membantu memodulasi hormon dopamin dan serotonin. Tidak hanya itu, mengonsumsi chamomile juga membantu Anda mengurangi dampak gejala depresi.


Seduhan hangat chamomile pada sore atau malam hari sebelum tidur dapat menjadi ritual yang menyenangkan dan menenangkan. Hal itu bermanfaat tidak hanya bagi tubuh, tetapi juga bagi pikiran, terutama pada saat menstruasi.

Berkhasiat untuk kecantikan kulit

Berkhasiat untuk kecantikan kulit
Mengonsumsi teh chamomile juga baik untuk kulit Anda. Untuk Anda yang memiliki kulit kasar dan berjerawat, chamomile memiliki kandungan chamazulene yang efektif mengatasi peradangan tersebut. Dalam secangkir teh chamomile, terdapat pula bahan aktif azulene yang berperan sebagai anti-inflamasi. 


Chamomile juga mengandung komponen lainnya yang baik bagi kesehatan. Jika Anda jeli, banyak produk kecantikan yang menambahkan chamomile sebagai salah satu komposisinya.

Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Selain dikonsumsi, Anda pasti kerap menemukan chamomile sebagai salah satu bahan produk perawatan kulit, seperti toner, losion, hingga sampo. Mengompres kulit dengan kapas yang telah dibasahi air seduhan chamomile juga dapat meredakan peradangan, jerawat, atau masalah kulit lainnya. Tidak heran, seduhan chamomile juga dikenal sebagai toner wajah yang baik dan alami.

Cara memilih teh chamomile

Setelah Anda mengetahui manfaat teh chamomile untuk tubuh Anda, mari membaca bagian selanjutnya. Bagaimanakah cara memilih teh chamomile yang baik? Simaklah di bawah ini.

Pilih yang tidak mengandung kafein

Pilih yang tidak mengandung kafein

Teh herbal pada umumnya dibuat tanpa kandungan kafeina. Namun, terdapat beberapa teh herbal yang mengandung kafeina meskipun dijual dengan label teh kesehatan. 


Dengan meminum dan menghirup secangkir teh chamomile hangat, Anda mestinya mendapatkan efek relaksasi dan tidur yang nyenyak. Anda bisa memilih jenis teh chamomile murni atau yang mengandung kombinasi rempah herbal lainnya tanpa kafeina.

Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Chamomile tidak mengandung kafein. Sebaliknya, chamomile dapat membantu menenangkan dan meningkatkan kualitas istirahat Anda apabila dikonsumsi pada malam hari. Karena itu, chamomile dapat dipilih apabila Anda ingin mengonsumsi minuman hangat pada malam hari, tetapi takut pada efek kafein.

Pilih rasa dan aroma yang Anda suka

Pilih rasa dan aroma yang Anda suka
Teh berbahan baku 100% bunga chamomile murni mungkin memiliki rasa yang nikmat. Namun, teh chamomile juga ternyata dapat dikombinasikan dengan bahan herbal lainnya. Tergantung pada bahan bakunya, Anda dapat menemukan aroma dan rasa yang berbeda dari setiap produk teh chamomile. Karena itu, pilihlah produk teh chamomile yang sesuai dengan mood atau selera Anda.

Pilih bahan baku organik untuk kesehatan

Pilih bahan baku organik untuk kesehatan
Produk berlabel organik mengacu pada bahan-bahan yang ditumbuhkembangkan dengan proses alami tanpa pestisida dan tanpa pupuk kimia. Banyak orang yang sangat memperhatikan kesehatan lebih memilih produk organik. Beberapa negara menerapkan aturan khusus atau label tertentu untuk produk-produk organik.

Anda bisa mencermati beberapa label yang umum ditemukan pada produk Indonesia. Jika tertulis "USDA Organik", produk tersebut mengandung 95% bahan organik. "Dibuat dengan komposisi organik" berarti produk tersebut 70% organik. "Mengandung bahan organik" berarti produk tersebut mengandung kurang dari 70% bahan organik. Beberapa produsen teh chamomile memberikan keterangan tersebut. Jadi, periksalah label dan komposisinya sebelum Anda membeli.

Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Chamomile organik biasanya memiliki harga yang lebih tinggi. Meskipun begitu, rasa dan kualitas yang akan Anda peroleh juga sebanding. Karena itu, apabila ada opsi organik, always go for that option!

10 Rekomendasi teh chamomile terbaik

Kami akan merekomendasikan sepuluh merek teh chamomile terbaik versi kami di bawah ini. Pilihlah produk dengan rasa dan aroma yang Anda sukai!
10
JenisMurni
BahanChamomile
Varian isi10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 500 gram, 1 kg
KafeinaTidak disebutkan
9

IntrafoodSingabera Indonesian Tea & Tisane Chamonile Lemongrass

Mulai dari Rp 4.800,00

JenisKombinasi
BahanChamomile, lemongrass
Varian isi1 kantong teh (sampel), 5 kantong teh, 20 kantong teh, 100 kantong teh
KafeinaX
8
JenisMurni
BahanChamomile
Varian isi25 kantong teh
KafeinaX
7
JenisMurni
BahanChamomile
Varian isi8 pak, 16 pak, 24 pak, 32 pak, 40 pak, dan 48 pak (20 kantong teh/pak)
KafeinaX
6

Ahmad TeaCamomile & Lemongrass Infusion

Mulai dari Rp 64.800,00

JenisKombinasi
BahanChamomile, lemongrass
Varian isi20 kantong teh
KafeinaX
5

TwiningsCamomile, Honey & Vanilla

Mulai dari Rp 60.000,00

JenisKombinasi
BahanChamomile, madu, vanila
Varian isi10 kantong teh, 20 kantong teh
KafeinaX
4
JenisKombinasi
BahanChamomile, lavender, mint
Varian isi15 gram, 60 gram
KafeinaX
3
JenisKombinasi
BahanChamomile, lemon verbena, lemongrass, marigold, lavender
Varian isi1 saset, 20 saset
KafeinaX
2

Stash Tea Organic Chamomile Herbal Tea

Mulai dari Rp 165.000,00

JenisMurni
BahanOrganic chamomile
Varian isi18 kantong teh
KafeinaX
1
JenisMurni
BahanOrganic chamomile
Varian isi16 kantong teh
KafeinaX

Tabel perbandingan produk teh chamomile terbaik

Gambar produk
1
Traditional Medicinals Chamomile 1

Traditional Medicinals

2
Stash Tea  Organic Chamomile Herbal Tea 1

Stash Tea

3
Gryphon Tea Chamomile Dream 1

Gryphon Tea

4
TEMA Tea Serenity 1

TEMA Tea

5
Twinings Camomile, Honey & Vanilla 1

Twinings

6
Ahmad Tea Camomile & Lemongrass Infusion 1

Ahmad Tea

7
Dilmah Camomile 1

Dilmah

8
Unilever Food Solutions Lipton Chamomile 1

Unilever Food Solutions

9
Intrafood Singabera Indonesian Tea & Tisane Chamonile Lemongrass 1

Intrafood

10
Enchantea Chamomile Flower Tea 1

Enchantea

Nama produk

Chamomile

Organic Chamomile Herbal Tea

Chamomile Dream

Serenity

Camomile, Honey & Vanilla

Camomile & Lemongrass Infusion

Camomile

Lipton Chamomile

Singabera Indonesian Tea & Tisane Chamonile Lemongrass

Chamomile Flower Tea

Keunggulan

Berani coba rasa teh chamomile organik paling segar di pasaran?

Manjakan indra dengan rasa manis dan aroma apel yang klasik

Secangkir perpaduan bahan teh pilihan artisan

Rasa manis chamomile berpadu segarnya mint dan harum lavender

Sedang diet, tetapi ingin menikmati teh herbal yang manis? Coba yang ini!

Usir penat dengan aroma citrus yang menenangkan

Aroma lembutnya pas untuk melengkapi camilan sore

Merek teh mendunia dengan harga yang terjangkau

Tambahan ekstrak serai akan menurunkan panas tubuh

Nikmati secangkir teh bunga chamomile asli Indonesia

Harga mulai dariRp 144.000,00Rp 165.000,00Rp 10.500,00Rp 135.000,00Rp 60.000,00Rp 64.800,00Rp 66.000,00Rp 43.600,00Rp 4.800,00Rp 15.000,00
JenisMurniMurniKombinasiKombinasiKombinasiKombinasiMurniMurniKombinasiMurni
BahanOrganic chamomileOrganic chamomileChamomile, lemon verbena, lemongrass, marigold, lavenderChamomile, lavender, mintChamomile, madu, vanilaChamomile, lemongrassChamomileChamomileChamomile, lemongrassChamomile
Varian isi16 kantong teh18 kantong teh1 saset, 20 saset15 gram, 60 gram10 kantong teh, 20 kantong teh20 kantong teh8 pak, 16 pak, 24 pak, 32 pak, 40 pak, dan 48 pak (20 kantong teh/pak)25 kantong teh1 kantong teh (sampel), 5 kantong teh, 20 kantong teh, 100 kantong teh10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 500 gram, 1 kg
KafeinaXXXXXXXXXTidak disebutkan
Tautan produk

Yang perlu Anda perhatikan saat mengonsumsi teh chamomile

Yang perlu Anda perhatikan saat mengonsumsi teh chamomile
Waspadailah reaksi alergi yang mungkin muncul akibat dari mengonsumsi teh chamomile. Berhati-hatilah jika Anda memiliki alergi terhadap bunga asteraceae, krisan, marigold, serta tanaman yang masih satu famili dengan Asteraceae sejenis bunga aster. Jika Anda alergi terhadap bunga atau tanaman yang kami sebutkan, kemungkinan Anda akan mengalami alergi jika mengonsumsi teh chamomile.
Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Nah, walaupun tidak umum, ada juga orang-orang yang memiliki alergi terhadap seduhan chamomile. Konsultasikan kepada dokter apabila Anda memiliki sensitivitas alergi yang tinggi. Tidak lupa, hindari mengonsumsi chamomile pada masa kehamilan ataupun menyusui.

Baca juga rekomendasi teh lainnya di sini

Tertarik dengan produk teh lainnya? Di bawah ini, kami telah menyiapkan artikel yang membahas rekomendasi produk teh herbal, teh hitam, teh hijau, teh jahe, hingga teh terbaik yang tidak mengandung kafeina lainnya! Bacalah apabila Anda tertarik.

Kesimpulan

Setiap teh memiliki rasa, aroma, dan karakteristik yang berbeda-beda. Secangkir teh akan terasa lebih nikmat lagi jika Anda meminumnya bersama orang-orang yang Anda kasihi, baik pada waktu santai sore hari maupun saat malam hari sambil menonton televisi. 


Kami sudah menjelaskan tips memilih teh chamomile berikut produk rekomendasi dari merek terbaik. Kini saatnya Anda memilih mana yang disukai. Selamat menikmati secangkir teh chamomile Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Biji dan bubuk kopi berkualitas adalah faktor utama yang menentukan kenikmatan kopi yang Anda seduh. Anda bisa memilih kopi yang paling disukai, mulai dari kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas. Bagi yang baru mendalami dunia kopi, mungkin memilih biji dan bubuk kopi yang bagus bisa menjadi kesulitan tersendiri.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi merk kopi terbaik, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, Kapal Api, hingga Otten akan turut kami ulas. Silakan baca terus artikel ini!
    Teh & kopi
    87.816 Views
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai pelengkap agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam brand, seperti Nestle, Coffindo, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyaknya krimer di pasaran, manakah yang paling pas sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
    Teh & kopi
    70.815 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Sayangnya, kandungan kafeina di dalam kopi memberi efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaf, kopi dengan kadar kafeina yang rendah.Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaf, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi kopi decaf terbaik. Nescafé, Illy, dan berbagai merek kopi lokal ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasi menarik tentang kopi decaf.
    Teh & kopi
    8.797 Views
  • 10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda seorang pencinta teh, sebaiknya Anda berhati-hati dengan asupan kafein yang Anda konsumsi sehari-hari. Kelebihan kafein dapat membahayakan, terutama bagi wanita hamil. Sebagai alternatif, Anda dapat beralih ke teh tanpa kafein yang terbuat dari bahan biji-bijian atau akar tanaman.Berbagai jenis teh tanpa kafein telah beredar di pasaran, mulai dari teh gandum, jagung, hingga rooibos. Agar Anda tidak kebingungan, tea specialist, Neysa Valeria akan memberikan informasi tambahan di artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan teh yang enak dari berbagai merek terkenal, seperti Yogi, Sempio, atau Traditional Medicinals. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    21.970 Views
  • 10 Merk Teh Bunga Telang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Bunga Telang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh bunga telang adalah minuman teh herbal yang berasal dari bunga telang yang dikeringkan dan berwarna biru. Minuman ini menyimpan segudang khasiat yang baik untuk tubuh. Bahkan, bunga telang kering tidak hanya bisa dibuat teh saja, tetapi juga untuk membuat nasi biru. Bunga telang memang dikenal karena warna biru alami yang berasal dari kandungan pigmen antosianin di dalamnya. Nah, bagi Anda yang mencari teh bunga telang, bacalah artikel ini hingga selesai. Kami akan mengulas rekomendasi teh bunga telang yang enak dari berbagai merek, seperti Agradaya, Genki Plant, dan Siam Elephant. 
    Teh & kopi
    81 Views
  • 10 Merk Wedang Uwuh Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Wedang Uwuh Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Orang-orang mengenal wedang uwuh sebagai minuman berwarna merah keunguan yang berasal dari Imogiri, Jogja. Minuman yang berisi rempah-rempah ini sangat pas untuk menghangatkan dan menyegarkan tubuh. Wedang uwuh tersedia di pasaran dalam berbagai harga dan kemasan, seperti kemasan instan atau siap seduh berisi 10 saset.Waktu terbaik minum wedang uwuh memang belum diketahui. Namun, untuk mendapatkan wedang uwuh yang bagus dan sesuai selera Anda, kami punya tipsnya di bawah ini. Tidak lupa, rekomendasi merk terbaik, seperti Herbadrink, Sekar, dan Wening juga dapat Anda temukan dalam artikel ini. Selamat membaca, ya!
    Teh & kopi
    7.734 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori