1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Teh & kopi
  6. >
  7. 10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2023)

Teh chamomile atau chamomile tea adalah teh herbal yang banyak diminati karena memberikan efek relaksasi. Teh chamomile dapat dikonsumsi kapan saja untuk memberikan efek relaksasi. Anda bisa membeli teh chamomile di supermarket, minimarket, dan di e-commerce.

Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin bingung memilih produk teh chamomile yang bagus. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih teh chamomile dan menjelaskan manfaatnya. Kami juga mengulas sepuluh produk teh chamomile dari merek Lipton, Dilmah, Twinings, dan lainnya. Selain itu, cek juga komentar tea specialist, Neysa Valeria di artikel ini, ya!

Diperbaharui 11-29-2022
Pakar
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Neysa Valeria adalah seorang tea specialist dan teapreneur di Indonesia. Berawal dari kecintaannya terhadap teh, ia mulai mempelajari teh secara autodidak dan menulis sebuah blog tentang teh pada 2011. Berbekal pendidikan sebagai seorang certified tea master, tea blender, dan tea taster, Neysa mendirikan perusahaan teh, Havilla Tea, pada 2014. Selain sebagai pengusaha, wanita yang sedang membuat buku tentang teh ini juga kerap mengadakan workshop dan memberikan edukasi seputar teh.

Profil Neysa Valeria
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Grace Mulyani

Grace Mulyani adalah lulusan Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya yang melanjutkan kembali studinya dalam bidang yang sama di Institut Teknologi Bandung. Semasa menjalani studi lanjut, Grace menemukan lowongan sebagai freelance writer di mybest Indonesia. Melalui pekerjaan ini, Grace menemukan passion-nya di dalam dunia menulis. Grace hobi menjelajahi supermarket untuk menemukan makanan dan minuman yang menarik untuk dicoba. Review makanan dan minuman tersebut dibagikan dalam akun Instagram pribadinya. Berbekal dari hobi tersebut, kini Grace menjadi seorang content creator di Lemon8. Grace juga gemar membaca informasi terbaru tentang kesehatan, perawatan rambut, wajah, dan tubuh serta tren fashion terkini.

Profil Grace Mulyani
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa itu teh chamomile?

Apa itu teh chamomile?
Teh chamomile merupakan teh yang menggunakan kelopak bunga chamomile sebagai bahan utamanya. Bunga chamomile memiliki sejarah panjang dan telah dikonsumsi sejak zaman Mesir kuno. Bunga chamomile juga dikenal sebagai obat di Jepang, bahkan sejak zaman Edo.

Ada dua jenis chamomile yang digunakan untuk teh herbal, yaitu chamomile yang berasal dari Roma dan chamomile yang berasal dari Jerman. Chamomile dari Roma sangat pahit dan tidak dapat digunakan sebagai teh herbal. Namun, jenis ini banyak digunakan sebagai minyak esensial dan pewarna. Teh chamomile yang banyak dijumpai sekarang ini kebanyakan adalah chamomile asal Jerman

Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Chamomile adalah salah jenis bunga yang berasal dari Mesir. Terdapat dua jenis chamomile yang sering ditemui, yaitu Roman chamomile dan German chamomile. Keduanya banyak digunakan untuk seduhan minuman. 


Chamomile sebenarnya bukanlah teh, melainkan minuman herbal atau tisane. Namun, karena cara konsumsinya diseduh, orang-orang terbiasa menyebutnya sebagai teh. Selain itu, bunga chamomile juga sering dicampur dengan teh hijau. 

Apa saja manfaat teh chamomile?

Anda sudah mengetahui bahwa teh chamomile memiliki banyak manfaat. Nah, saatnya Anda mengetahui apa saja manfaat dari mengonsumsi teh chamomile.

Membuat tidur Anda lebih nyenyak

Membuat tidur Anda lebih nyenyak
Chamomile mempunyai aroma khas seperti buah apel. Aromanya memberikan efek relaksasi untuk menenangkan pikiran Anda. Selain itu, teh chamomile mampu menghangatkan tubuh serta berkhasiat untuk kecantikan. Jika Anda mengharapkan khasiat kecantikannya, cobalah mengonsumsi teh chamomile hangat secara rutin sebelum tidur.
Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Kandungan dalam bunga chamomile dapat melemaskan otot dan sistem saraf. Aroma dan rasa manis dari seduhan berwarna kuning keemasan tersebut dapat membuat tubuh dan pikiran lebih relaks dan tenang. Oleh karena itu, chamomile sering disarankan sebagai alternatif alami bagi orang-orang yang mengalami masalah tidur.

Mampu menghangatkan badan dan meringankan flu

Mampu menghangatkan badan dan meringankan flu
Khasiat teh chamomile dalam menghangatkan badan bisa berguna juga untuk meringankan gejala flu. Pada masa lalu teh chamomile digunakan sebagai obat flu untuk anak-anak yang tidak suka minum obat. Hiruplah uap teh chamomile untuk mengurangi demam atau hidung tersumbat Anda dan minumlah sebelum tidur.
Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Kandungan antibakteri dan lainnya pada seduhan chamomile dapat membantu meredakan batuk dan pilek, serta gejala-gejala demam lainnya. Anda juga dapat menambahkan 1–2 sendok teh madu ataupun irisan jahe pada seduhan hangat chamomile. Selain rasanya enak, minuman Anda juga lebih bernutrisi.

Mengatasi gangguan pencernaan

Mengatasi gangguan pencernaan
Chamomile juga membantu mengatasi gangguan pencernaan. Selain itu, secangkir teh chamomile hangat mampu menghangatkan perut Anda. Saat Anda merasakan perut melilit atau mengalami gangguan pencernaan lainnya, cobalah atasi dengan segelas teh chamomile.
Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Chamomile dapat membantu meredakan masalah perut dan sistem pencernaan karena memiliki kandungan antibakteri. Seduhan chamomile dapat digunakan, misalnya saat bayi atau balita mengalami diare. Selain itu, chamomile juga dapat menjadi opsi untuk menenangkan dan meredakan masalah pencernaan tersebut.

Menghangatkan tubuh saat menstruasi

Menghangatkan tubuh saat menstruasi
Chamomile memiliki julukan sebagai ramuan ibu. Hal ini karena khasiatnya dalam membantu meringankan masalah kewanitaan seperti nyeri haid atau meredam emosi saat PMS terjadi. Secangkir teh chamomile hangat akan meningkatkan sirkulasi darah dan menghangatkan tubuh saat haid. Di samping itu, aroma tehnya akan membantu menyegarkan dan menenangkan pikiran Anda selama haid.
Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Kandungan pada seduhan chamomile bersifat antispasmodic yang dapat meredakan kram atau nyeri pada saat menstruasi. Selain itu, mengonsumsi chamomile dapat membantu memodulasi hormon dopamin dan serotonin. Tidak hanya itu, mengonsumsi chamomile juga membantu Anda mengurangi dampak gejala depresi.


Seduhan hangat chamomile pada sore atau malam hari sebelum tidur dapat menjadi ritual yang menyenangkan dan menenangkan. Hal itu tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, tetapi juga bagi pikiran, terutama pada saat menstruasi.

Berkhasiat untuk kecantikan kulit

Berkhasiat untuk kecantikan kulit
Mengonsumsi teh chamomile juga baik untuk kulit Anda. Untuk Anda yang memiliki kulit kasar dan berjerawat, chamomile memiliki kandungan chamazulene yang efektif mengatasi peradangan tersebut. Dalam secangkir teh chamomile, terdapat pula bahan aktif azulene yang berperan sebagai anti-inflamasi. 


Chamomile juga mengandung komponen lainnya yang baik bagi kesehatan. Jika Anda jeli, banyak produk kecantikan yang menambahkan chamomile sebagai salah satu komposisinya.

Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Selain dikonsumsi, Anda pasti kerap menemukan chamomile sebagai salah satu bahan produk perawatan kulit, seperti toner, losion, hingga sampo. Mengompres kulit dengan kapas yang telah dibasahi air seduhan chamomile juga dapat meredakan peradangan, jerawat, atau masalah kulit lainnya. Tidak heran, seduhan chamomile juga dikenal sebagai toner wajah yang baik dan alami.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih teh chamomile

Setelah Anda mengetahui manfaat teh chamomile untuk tubuh Anda, mari membaca bagian selanjutnya. Bagaimanakah cara memilih teh chamomile yang baik? Simaklah di bawah ini.

① Pertimbangkan teh chamomile yang tidak mengandung kafeina

Pertimbangkan teh chamomile yang tidak mengandung kafeina

Teh herbal pada umumnya dibuat tanpa kandungan kafeina. Namun, terdapat beberapa teh herbal yang mengandung kafeina meskipun dijual dengan label teh kesehatan. 


Dengan meminum dan menghirup secangkir teh chamomile hangat, Anda mestinya mendapatkan efek relaksasi dan tidur yang nyenyak. Anda bisa memilih jenis teh chamomile murni atau yang mengandung kombinasi rempah herbal lainnya tanpa kafeina.


Selain teh chamomile, masih ada banyak teh lainnya yang tidak mengandung kafeina. Untuk mengetahui beragam teh tanpa kafeina, langsung saja cek artikel kami yang lainnya!

Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Chamomile tidak mengandung kafeina. Sebaliknya, chamomile dapat membantu menenangkan dan meningkatkan kualitas istirahat Anda apabila dikonsumsi pada malam hari. Karena itu, chamomile dapat dipilih apabila Anda ingin mengonsumsi minuman hangat pada malam hari, tetapi takut pada efek kafeina.

② Kenali rasa dan aroma yang Anda suka

Kenali rasa dan aroma yang Anda suka
Teh berbahan baku 100% bunga chamomile murni memiliki rasa dan aroma yang nikmat. Namun, teh chamomile juga ternyata dapat dikombinasikan dengan bahan herbal lainnya. Tergantung pada bahan bakunya, Anda dapat menemukan aroma dan rasa yang berbeda dari setiap produk teh chamomile. Karena itu, pilihlah produk teh chamomile yang sesuai dengan mood atau selera Anda.

③ Pilih bahan baku organik untuk kesehatan

Pilih bahan baku organik untuk kesehatan
Produk berlabel organik mengacu pada bahan-bahan yang ditumbuhkembangkan dengan proses alami tanpa pestisida dan tanpa pupuk kimia. Banyak orang yang sangat memperhatikan kesehatan lebih memilih produk organik. Beberapa negara menerapkan aturan khusus atau label tertentu untuk produk-produk organik.

Anda bisa mencermati beberapa label yang umum ditemukan pada produk Indonesia. 

  • Jika tertulis "USDA Organik", produk tersebut mengandung 95% bahan organik.
  • "Dibuat dengan komposisi organik" berarti produk tersebut 70% organik. 
  • "Mengandung bahan organik" berarti produk tersebut mengandung kurang dari 70% bahan organik. 

Beberapa produsen teh chamomile memberikan keterangan tersebut. Jadi, periksalah label dan komposisinya sebelum Anda membeli.

Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Chamomile organik biasanya memiliki harga yang lebih tinggi. Meski begitu, rasa dan kualitas yang akan Anda peroleh juga sebanding. Karena itu, apabila ada opsi organik, always go for that option!

10 Rekomendasi teh chamomile terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk teh chamomile terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Neysa Valeria.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Dilmah

Pure Camomile Flower

Dilmah Pure Camomile Flower  1枚目

Aroma lembutnya pas untuk melengkapi camilan sore

2

Seduh Pertama

The Sleeping Beauty

Seduh Pertama  The Sleeping Beauty 1枚目

Teh chamomile untuk membuat tidur lebih lelap

3

Teavana

Chamomile Tea

Teavana Chamomile Tea 1枚目

Teh chamomile Starbucks dengan aroma yang menenangkan

4

Haveltea

Chamomile Lavender

Haveltea Chamomile Lavender 1枚目

Ditambah campuran green tea dan lavender, membangkitkan semangat pagi

5

Gryphon Tea

Chamomile Dream

Gryphon Tea Chamomile Dream 1枚目

Secangkir perpaduan bahan teh herbal pilihan artisan

6

Unilever Food Solutions

Lipton Chamomile Infusion

Unilever Food Solutions Lipton Chamomile Infusion 1枚目

Merek teh mendunia dengan harga yang terjangkau

7

Twinings

Camomile, Honey, & Vanilla

Twinings Camomile, Honey, & Vanilla 1枚目

Teh chamomile dari Twinings dengan cita rasa yang manis

8

Ahmad Tea

Camomile & Lemongrass Infusion

Ahmad Tea Camomile & Lemongrass Infusion 1枚目

Aroma serai yang citrusy dapat membantu melegakan pernapasan

9

Teh 63

Chamomile Oolong

Teh 63 Chamomile Oolong 1枚目

Jaga kolesterol dan gula darah dengan campuran oolong dan chamomile

10

Traditional Medicinals

Gas Relief Tea

Traditional Medicinals Gas Relief Tea 1枚目

Campuran teh chamomile untuk mengatasi bloating akibat PMS

Perincian produk
Close
No.1

DilmahPure Camomile Flower

Mulai dari Rp73.000,00

Aroma lembutnya pas untuk melengkapi camilan sore

Dilmah Tea dari Sri Lanka menyajikan teh chamomile bebas kafeina dengan rasa yang lembut aromatik. Dengan demikian, teh ini cocok dikonsumsi sebagai pendamping cake pada saat tea time Anda. Rasa lembutnya pun tepat untuk diminum sebelum Anda tidur malam. Waktu istirahat bisa jadi lebih berkualitas.
No.2

Seduh Pertama The Sleeping Beauty

Mulai dari Rp4.500,00

Teh chamomile untuk membuat tidur lebih lelap

Mudah stres akibat padatnya aktivitas harian Anda? Saatnya Anda mencoba Sleeping Beauty dari Seduh Pertama. Produk ini terbuat dari racikan chamomile, lavender, dan mint yang akan langsung menenangkan pikiran Anda. Aroma lavender yang lembut dengan kesegaran mint akan melepaskan lelah. Istirahat menjadi lebih tenang dan perut pun lebih nyaman.
No.3

Teh chamomile Starbucks dengan aroma yang menenangkan

Starbucks tak hanya menjual kopi saja, tetapi juga teh chamomile. Teh chamomile dari Starbuks berasal dari merek Teavana. Teh ini merupakan campuran dari lemongrass, lemon balm, dan rose petals.


Aromanya sangat harum setelah diseduh. Teh ini sebetulnya enak dinikmati selagi hangat atau ditambahkan dengan es. Rasanya mild dan sangat menenangkan. Anda bisa memilih teh ini untuk menemani Anda saat bekerja.

No.4

HavelteaChamomile Lavender

Mulai dari Rp45.000,00

Ditambah campuran green tea dan lavender, membangkitkan semangat pagi

Haveltea punya kombinasi chamomile, teh hijau, dan lavender. Kombinasi ini cocok sekali untuk penggemar teh hijau dengan aroma yang menenangkan. Teh ini lebih enak dinikmati saat pagi hari untuk membangkitkan semangat Anda.


Teh dari Haveltea ini dikemas dalam kemasan kaleng. Anda bisa menggunakannya juga sebagai isian hampers. Lalu, teh ini memiliki dua jenis kemasan, yaitu di dalam kantong teh dan tanpa kantong teh.

No.5

Gryphon TeaChamomile Dream

Mulai dari Rp250.000,00

Secangkir perpaduan bahan teh herbal pilihan artisan

Produsen teh asal Singapura ini menghadirkan teh berkualitas hingga empat generasi. Teh ini memiliki empat paduan komposisi dari lima bahan herbal. Lavender, lemon, serai, dan marigold dikombinasikan dengan chamomile. Rasa dan wanginya sangat aromatik! Pilihlah teh ini apabila Anda ingin menikmati beberapa manfaat herbal dalam satu produk.
No.6

Unilever Food SolutionsLipton Chamomile Infusion

Mulai dari Rp57.300,00

Merek teh mendunia dengan harga yang terjangkau

Merek Lipton sudah dikenal mendunia dan bisa dengan mudah Anda temukan di pasaran. Untuk melengkapi momen santai Anda di rumah, seduhlah Sir Thomas Lipton Chamomile. Jika Anda menyukai rasa yang sedikit manis, tinggal menambahkan madu. Secangkir kemurnian chamomile pun siap Anda nikmati. Harganya pun cukup terjangkau untuk merek teh berkelas.
No.7

TwiningsCamomile, Honey, & Vanilla

Mulai dari Rp50.000,00

Teh chamomile dari Twinings dengan cita rasa yang manis

Teh chamomile dari Twinings menjadi salah satu teh chamomile yang banyak dicari. Selain teh chamomile murni, Twinings juga memiliki varian teh chamomile lainnya. Chamomile, Honey, & Vanilla menjadi salah satu best seller dari Twinings.


Teh ini tentunya memiliki cita rasa yang manis berkat tambahan madunya. Namun, rasa manisnya lebih tipis dan bukan seperti manis gula. Selain itu, tambahan vanila membuat aromanya lebih harum. Teh Twinings ini bisa dinikmati seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak karena rasa manisnya.

No.8

Ahmad TeaCamomile & Lemongrass Infusion

Mulai dari Rp60.000,00

Aroma serai yang citrusy dapat membantu melegakan pernapasan

Jika Anda sedang pilek dan batuk, cobalah teh yang satu ini. Teh chamomile dari Ahmad Tea memiliki kombinasi serai di dalamnya. Tambahan serai memberikan aroma yang citrusy untuk melegakan pernapasan Anda. Konsumsilah teh ini selagi hangat dan hidup aromanya saat hidung Anda tersumbat. Anda juga bisa menikmati teh ini saat sedang merasa tidak enak badan.

No.9

Teh 63Chamomile Oolong

Mulai dari Rp150.000,00

Jaga kolesterol dan gula darah dengan campuran oolong dan chamomile

Teh 63 adalah merek teh lokal dan sudah memiliki banyak gerai di mal. Teh 63 menawarkan beragam pilihan teh untuk kesehatan. Salah satu tehnya merupakan perpaduan oolong tea dan chamomile.


Campuran oolong tea dan chamomile bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah Anda. Selain itu, teh ini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol di dalam darah. Jadi, Anda bisa mengonsumsi teh ini untuk menjaga kadar kolesterol sekaligus gula darah.

No.10

Traditional MedicinalsGas Relief Tea

Mulai dari Rp120.000,00

Campuran teh chamomile untuk mengatasi bloating akibat PMS

Masalah pencernaan bisa membuat perut Anda terasa kembung. Selain itu, PMS juga bisa membuat perut terasa lebih kembung atau bloating. Untuk mengatasi rasa tidak nyaman tersebut, Anda bisa memilih teh herbal yang satu ini.


Teh herbal ini terbuat dari bahan-bahan organik. Isinya merupakan campuran caraway, corianderchamomile, lemon balm, dan peppermint. Kandungannya bisa membantu meredakan gas di dalam perut dan perut kembung. Konsumsilah teh herbal ini saat Anda merasa perut terasa kurang nyaman.

Hal yang perlu Anda perhatikan saat mengonsumsi teh chamomile

Hal yang perlu Anda perhatikan saat mengonsumsi teh chamomile
Waspadailah reaksi alergi yang mungkin muncul akibat dari mengonsumsi teh chamomile. Berhati-hatilah jika Anda memiliki alergi terhadap bunga asteraceae, krisan, marigold, serta tanaman yang masih satu famili dengan Asteraceae sejenis bunga aster. Jika Anda alergi terhadap bunga atau tanaman yang kami sebutkan, kemungkinan Anda akan mengalami alergi jika mengonsumsi teh chamomile.
Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Nah, walaupun tidak umum, ada juga orang-orang yang memiliki alergi terhadap seduhan chamomile. Konsultasikan kepada dokter apabila Anda memiliki sensitivitas alergi yang tinggi. Tidak lupa, hindari mengonsumsi chamomile pada masa kehamilan ataupun menyusui.

Baca juga rekomendasi teh lainnya di sini

Kesimpulan

Setiap produk teh chamomile memiliki rasa, aroma, dan karakteristik yang berbeda-beda. Secangkir teh akan terasa lebih nikmat lagi jika Anda meminumnya bersama orang-orang yang terkasih. Anda bisa menikmati chamomile kapan saja, baik pada waktu santai sore hari maupun saat malam hari sebelum tidur. 


Kami sudah menjelaskan tips memilih teh chamomile berikut produk rekomendasi dari merek terbaik. Kini saatnya Anda memilih mana yang disukai. Selamat menikmati secangkir teh chamomile Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer