10 Rekomendasi Sikat Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sikat Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Sebagai pebisnis yang sering ketemu dengan klien, sikat sepatu adalah salah satu hal yang penting bagi Anda. Sikat sepatu dapat memoles sepatu kulit hingga berkilau dan siap untuk menunjang tampilan rapi Anda. Bahan dasar sikat sepatu sangat bervariasi, seperti terbuat dari bulu kuda, bulu kambing, ataupun yang terbuat dari serat buatan.

Berikut ini adalah cara memilih dan merawat sikat sepatu dengan baik. Setelah itu, kami juga akan merekomendasikan sikat sepatu terbaik yang dapat Anda pilih. Mari disikat agar sepatu tampak bersih mengkilap!

Daftar isi

Cara memilih sikat sepatu

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ingat sewaktu memilih sikat sepatu.

Pilihlah ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Tujuan penggunaan sikat sepatu akan menentukan ukuran sikat sepatu yang sesuai. Berikut ini adalah perbedaan fungsi antara sikat berukuran kecil dan sikat berukuran besar.

Sikat kecil untuk perawatan detail dan mengaplikasikan semir

Sikat kecil untuk perawatan detail dan mengaplikasikan semir

Sikat sepatu berukuran kecil dapat Anda gunakan untuk membersihkan bagian-bagian kecil pada sepatu, seperti jahitan dan pinggiran sol sepatu. Anda dapat mengendalikan sikat sepatu ini dengan mudah. Cukup sikat saja bagian yang Anda ingin bersihkan dengan sikat ini.

Penggunaan semir juga dianjurkan dengan menggunakan sikat sepatu berukuran kecil ini. Dengan menggunakan sikat ini, tangan Anda akan tetap bersih dan semir dapat tersebar secara merata, terutama jika sepatu Anda memiliki aksen lubang di permukaannya. Dengan menggunakan sikat sepatu, Anda dapat memakai jumlah semir dengan lebih tepat dibandingkan ketika Anda menggunakan lap biasa.

Sikat besar untuk menyikat dan menyemir sepatu secara keseluruhan

Sikat sepatu besar untuk menyikat dan menyemir sepatu secara keseluruhan

Pilihlah sikat sepatu besar untuk menyikat sepatu dari kotoran yang menempel dan untuk menyemir sepatu secara merata agar terlihat berkilau. Anda dapat melakukan penyikatan sepatu dengan efisien apabila memilih ukuran sikat sepatu dengan tepat sehingga penyikatan sepatu dapat Anda selesaikan dengan cepat dan mudah. Jika Anda ingin memiliki sikat sepatu yang dapat digunakan secara umum, pilihlah sikat sepatu dengan ukuran yang besar.

Pilih jenis bulu sikat yang sesuai

Bahan dasar yang dapat digunakan sebagai bulu sikat sepatu adalah bulu kuda, bulu kambing, dan serat buatan. Penggunaan sikat sepatu dapat secara optimal Anda gunakan apabila Anda pun merawatnya dengan tepat.

Sikat dari bulu kuda : menghilangkan kotoran secara menyeluruh

Sikat dari bulu kuda : menghilangkan kotoran secara menyeluruh

Sikat sepatu dengan bahan sikat yang terbuat dari bulu kuda sangat tepat untuk membersihkan sepatu dari kotoran secara keseluruhan. Bulu kuda memiliki karakteristik sedikit tegak dan kaku, sangat tepat untuk merawat sepatu kulit Anda. Selain untuk melepaskan kotoran yang menempel, sikat ini juga dapat digunakan untuk memoles sepatu.

Ada dua jenis bulu kuda yang digunakan, yaitu bulu yang berasal dari ekor kuda dan bulu yang berasal dari surai kuda (bulu pada tengkuk kuda). Bulu dari ekor kuda lebih elastis dibandingkan dengan bulu dari surai kuda. Namun, bulu dari surai kuda lebih lembut dan fleksibel. Kedua jenis bulu ini akan menghasilkan sikat sepatu yang baik dan mudah untuk digunakan.

Sikat dari bulu kambing : memoles dengan lebih indah

Sikat dari bulu kambing : memoles dengan lebih indah

Jika Anda ingin memoles sepatu Anda dengan indah, maka pilihlah sikat sepatu dari bulu kambing. Sikat ini lebih empuk dibandingkan dengan sikat sepatu dari bulu kuda sehingga pada penyemiran akhir, sikat ini dapat memoles dengan lebih mendetail.

Bersamaan dengan sikat bulu kuda dan sikat bulu babi, sikat bulu kambing ini cocok untuk memoles sepatu pada tahap akhir.

Serat buatan : sikat yang harganya lebih murah

Serat buatan : sikat yang harganya lebih murah

Untuk Anda yang ingin memiliki sikat sepatu dengan kualitas baik dan harga yang terjangkau, pilihlah sikat sepatu yang terbuat dari bahan buatan, seperti nilon atau kawat tembaga. Walaupun kualitasnya tak sebaik sikat dengan bahan bulu alami, sikat dari bahan serat buatan ini lebih tahan lama karena bulunya yang tebal dan keras sehingga dapat dibersihkan berulang kali. Karena sikat ini terbuat dari bahan buatan, maka ketebalan dan kekerasan bulu sikat sangat bervariasi. Pilihlah sikat yang sesuai dengan sepatu yang ingin Anda bersihkan.

Pilihlah bentuk sikat yang mudah untuk Anda pegang

Pilihlah bentuk sikat yang mudah untuk Anda pegang

Pilihlah sikat sepatu yang dapat Anda pegang dengan mudah dan nyaman sehingga Anda tidak cepat merasa capai ketika menggunakannya. Karena ukuran dan bentuk tangan setiap orang berbeda, maka kita tidak bisa menentukan ukuran dan bentuk yang paling baik. Sebelum membeli sikat sepatu, sebaiknya Anda mencoba untuk memegangnya dengan tangan Anda sendiri, serta membaca komentar orang lain mengenai sikat sepatu tersebut.

Pada sikat sepatu berukuran kecil, ada baiknya Anda memilih sikat sepatu yang memiliki gagang sikat. Dengan pegangan ini, sikat sepatu dapat dengan mudah masuk ke dalam bagian sepatu yang susah dijangkau oleh tangan.

Pilihlah sikat dengan dua sisi

Pilihlah sikat dengan dua sisi

Kita sudah mengenal begitu banyak tipe sikat sepatu. Anda mungkin akan sedikit kerepotan ketika perlu memiliki beberapa jenis sikat sepatu yang dapat digunakan sesuai dengan fungsinya. Maka, sikat sepatu dengan dua sisi ini dapat menjadi jawabannya. Ada dua buah sikat yang berbeda pada setiap sisinya.

Pada saat ini, sudah banyak yang menjual sikat sepatu dengan dua sisi ini di pasaran, tentunya dengan ukuran dan jenis sikat yang berbeda pada kedua sisinya. Keuntungan dari sikat ini adalah Anda dapat menyimpannya dengan mudah, serta menambah efisiensi kerja Anda sewaktu membersihkan sepatu.

10 Rekomendasi sikat sepatu terbaik

Berikut ini adalah sikat sepatu terbaik, rekomendasi dari kami. Temukanlah sikat sepatu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, agar perawatan sepatu kesayangan Anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

10. Sikat Sepatu Serbaguna

10. Sikat Sepatu Serbaguna

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.200

Sikat serbaguna yang dapat membersihkan bagian dalam dan luar sepatu

Sikat serbaguna ini memiliki tiga buah sikat dengan ukuran yang berbeda-beda. Pada ujung atas sikat, terdapat sikat yang berukuran kecil, yang berfungsi untuk membersihkan bagian bawah sol sepatu Anda. Pada bagian bawah sikat, terdapat dua buah sikat yang saling membelakangi, yang  berfungsi untuk membersihkan bagian dalam sepatu sehingga sisi atas dan bawah pada bagian dalam sepatu dapat dibersihkan secara bersamaan.

Bahan dasar sikat ini adalah nilon, yang bersifat kuat dan tahan lama. Sikat ini memiliki desain yang ergonomis sehingga nyaman untuk Anda pegang dan gunakan untuk membersihkan sepatu. Warna yang tersedia untuk sikat ini adalah warna merah muda dan biru muda.

9. Sikat untuk Sepatu Bot Berbahan Suede dan Nubuck

9. Sikat Sepatu untuk Sepatu Boot Berbahan Suede dan Nubuck

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Dengan tiga macam sikat, dapat dipakai sesuai kebutuhan

Sikat sepatu ini memiliki tiga jenis sikat dengan fungsi yang berbeda, untuk membersihkan sepatu/sepatu bot Anda yang terbuat dari bahan suede atau nubuck. Sikat yang pertama terbuat dari nilon, dapat menghilangkan noda dari sepatu dengan mudah. Sikat kedua terbuat dari karet yang lembut, berfungsi untuk menghilangkan debu dari sepatu. Sikat ketiga adalah sikat dari kawat tembaga yang berfungsi untuk menyisir serat dari sepatu Anda dengan baik.

Dengan menggunakan sikat ini, Anda dapat merawat sepatu suede atau nubuck Anda dengan mudah. Sikat ini juga dilengkapi dengan pegangan yang berbahan plastik, dengan desain yang mudah untuk Anda pegang dan gunakan.

8. Cololite Sikat Sepatu

8. Cololite Sikat Sepatu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 36.800

Cololite merupakan perusahaan dari Jepang yang sudah berdiri sejak tahun 1919 dan bergerak pada bidang perawatan kulit. Di Indonesia, produk Cololite masih menggunakan bahan baku yang diimpor langsung dari Jepang dan memiliki proses produksi serta kontrol kualitas yang terbaik. Salah satu produk yang dikeluarkan untuk merawat sepatu Anda adalah sikat sepatu Cololite.

Bulu sikat sepatu ini terbuat dari bahan nilon monofilament dengan warna hitam. Sikat ini dapat membersihkan debu dan dapat digunakan untuk menyikat sepatu setelah disemir, untuk mendapatkan kilat yang alami. Sikat ini dilengkapi dengan pegangan dari bahan plastik yang sangat mudah untuk Anda pegang dan gunakan. Tak susah lagi untuk mengkilapkan sepatu Anda!

7. 5 in 1 Cleaning Shoe Shine Care Kit

7. 5 in 1 Cleaning Shoe Shine Care Kit

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 122.000

Paket lengkap untuk sepatu Anda sewaktu bepergian

Pernahkah Anda merasa sepatu Anda kotor sewaktu bepergian? Dengan paket lengkap ini, Anda dapat membersihkan sepatu Anda dengan mudah. Paket lengkap ini terdiri dari sikat sepatu, kain untuk memoles, sendok sepatu, semir sepatu, spons sepatu, dan tas dompet untuk menaruh isi paket tadi, untuk Anda bawa sewaktu bepergian.

Sikat sepatunya sendiri terbuat dari bahan nilon berwarna hitam, dilengkapi dengan pegangan yang terbuat dari bahan kayu. Ukuran sikat ini sebesar 9 cm x 3,5 cm. Semir sepatu yang ada di dalam paket ini juga memiliki kualitas yang bagus, memberikan sentuhan mengkilap dan memberikan perlindungan terhadap air. Paket lengkap ini dapat diberikan juga kepada orang tersayang Anda sebagai hadiah, untuk merawat sepatu kesayangan mereka.

6. Ultrasource Sikat Bot dan Sepatu 509422

6. Ultrasource Sikat Boot dan Sepatu 509422

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.109.000

Sikat yang kuat untuk sepatu biasa hingga sepatu bot Anda

Sikat sepatu Ultrasource ini memiliki sisi sikat yang menyudut, memudahkan untuk mengikis debu dan kotoran pada sepatu Anda. Ukuran sikat sepatu ini cukup besar, dan memiliki bahan dasar bulu sikat plastik polipropilena yang kuat dan kaku, cocok untuk sepatu bot. Pegangan sikatnya mudah dikeringkan dan tidak mudah lembap.

Pelengkap dari sikat sepatu ini adalah adanya kerangka penyangga sikat sepatu yang terbuat dari bahan krom. Dengan menggunakan pelengkap ini, Anda dapat membersihkan sepatu Anda dengan duduk di kursi dan tanpa melepas sepatu Anda, cukup mengayunkan kaki Anda sehingga sepatu Anda tersikat dan menjadi bersih. Tentunya lebih praktis untuk sepatu bot yang panjang, bukan?

5. ESport Golf Brush and Groove Cleaner

5. ESport Golf Brush and Groove Cleaner

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 743.000

Sikat untuk sepatu golf dan stik golf Anda

Untuk Anda pecinta olaharaga golf, sikat ini sangat membantu Anda untuk membersihkan sepatu dan stik golf Anda sewaktu berolahraga. Sikat yang pertama terbuat dari nilon, berguna untuk membersihkan bagian bawah sepatu Anda yang kotor dan dapat juga membersihkan bagian bawah stik golf Anda. Sikat yang kedua terbuat dari kawat tembaga, berfungsi untuk membersihkan bagian yang terkena kotoran yang menempel, terutama pada bagian yang melekuk ke dalam.

Sikat ini memiliki pegangan dengan desain yang ergonomis, nyaman untuk digunakan. Selain itu, sikat ini dapat dikaitkan pada tas golf Anda sehingga sikat ini dapat Anda gunakan kapan pun Anda membutuhkannya.

4. Sikat Sepatu Bulat Rambut Kuda

4. Sikat Sepatu Bulat Rambut Kuda

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 48.000

Sikat bulat untuk membersihkan sepatu dengan teliti

Sikat sepatu ini dapat merawat sepatu kulit Anda dengan baik, hingga bagian yang kecil dan detail. Tidak hanya sepatu, tas kulit Anda pun akan terawat dengan menggunakan sikat ini. Sikat ini dapat digunakan untuk menghilangkan debu, menaruh semir, serta memoleskan semir ke sepatu.

Bahan dasar sikat ini terbuat dari bulu kuda dengan kualitas yang baik, yang tidak akan merusak permukaan kulit sepatu Anda. Sikat ini didesain dengan bentuk yang bundar dan kecil sehingga Anda dapat melakukan pembersihan sepatu dengan lebih teliti. Dengan bulu kuda, tentunya sepatu kulit Anda akan lebih bersih dan terawat dengan baik.

3. Shine Kit

3. Shine Kit

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.178.000

Sikat sepatu elektrik, tidak akan membuat tangan Anda lelah

Sikat sepatu elektrik ini memiliki tiga buah kepala sikat yang dapat diganti, sesuai dengan kebutuhan Anda. Ketiga sikat tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda, yaitu untuk membersihkan kulit, meminyaki, dan memoles. Dengan menggunakan tenaga baterai, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga ketika menggunakannya.

Bentuk sikat ini didesain dengan ukuran yang kecil, nyaman untuk Anda pegang. Sikat sepatu ini dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang dan charger adaptor. Selain untuk sepatu, sikat ini dapat digunakan pada benda lainnya yang juga terbuat dari bahan kulit, seperti sofa, kursi mobil, tas, dan jaket.

2. Woly Sikat Sepatu

2. Woly Sikat Sepatu

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 842.000

Mudah menyikat sepatu dengan desain pegangan berbentuk segitiga

Sikat sepatu Woly ini merupakan sikat sepatu buatan Jerman dengan bahan dasar bulu sintetis yang lembut. Keunggulan dari sikat sepatu ini adalah bentuk pegangannya yang didesain khusus, memiliki bentuk segitiga dengan bagian atasnya yang membulat, membuat manuver Anda menjadi lebih mudah sewaktu membersihkan detail jahitan sepatu Anda. Pegangan sikat sepatu ini terbuat dari bahan kayu beech.

Sikat sepatu ini dapat membersihkan debu halus dan juga kotoran yang besar seperti lumpur. Penggunaan sikat sepatu ini tidak hanya membersihkan sepatu, tetapi dapat juga membersihkan tas maupun pakaian yang terbuat dari bahan kulit, suede, atau nubuck. Sempurna untuk koleksi Anda!

1. Danis & Sons Sikat Sepatu Bulu Kambing

1. Danis & Sons Sikat Sepatu Bulu Kambing

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

Sempurna hasil sikatannya, sempurna juga cost performance-nya!

Sikat sepatu produksi David & Sons merupakan salah satu sikat buatan dalam negeri yang memiliki kualitas tinggi. Bahan dasar sikat ini adalah bulu kambing yang memiliki tekstur lembut, yang dapat membersihkan segala jenis kulit dengan baik. Dengan menggunakan bulu kambing, sikat ini dapat membuat sepatu Anda menjadi berkilau. Ingin sikat yang lembut dan dapat mengkilapkan sepatu? Inilah jawabannya!

Bulu sikat ini sangatlah tebal sehingga pada saat awal Anda menggunakannya, bisa terjadi kerontokan. Anda tidak perlu khawatir akan hal ini, karena bulu sikat sudah ditanam dengan kuat pada pegangan kayunya dengan menggunakan kawat. Pegangan sikat ini terbuat dari bahan kayu mahoni dengan kualitas yang baik.

Frekuensi penggunaan sikat sepatu

Frekuensi penggunaan sikat sepatu

Perawatan sepatu memang penting, tetapi terlalu sering membersihkannya juga tidak baik. Sepatu Anda bisa rusak karena Anda terlalu sering membersihkannya.

Kami merekomendasikan Anda untuk melakukan perawatan sepatu sebanyak satu kali dalam dua minggu. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi, poleslah sepatu Anda dengan semir setidaknya satu kali dalam waktu satu bulan, menggunakan sikat sepatu.

Untuk Anda yang menggunakan sepatu setiap hari, Anda dapat merawatnya setiap hari dengan membersihkan kotoran yang menempel dengan kain katun yang lembut, dan taruh sepatu Anda di tempat yang memiliki ventilasi yang baik.

Kesimpulan

Setelah membaca rekomendasi sikat sepatu dari kami, sudahkah Anda menemukan sikat yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Ingatlah, bahwa penampilan Anda tidak akan sempurna ketika sepatu Anda kotor. Anda tidak memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan sepatu yang bersih.

Ketika Anda tidak dapat menemukan sikat sepatu yang sesuai, ada sedikit tips yang dapat Anda lakukan dengan mudah, yaitu Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan sepatu Anda. Ciptakanlah pesona memukau pada diri Anda dari ujung kepala sampai ujung kaki. Dapatkan sepatu bersih mengkilap dengan sikat yang sesuai!