• 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)

Menyikat gigi menggunakan pasta gigi merupakan hal yang sangat penting agar gigi terhindar dari kerusakan. Kebanyakan orang masih bingung pasta gigi mana yang tepat. Anda bisa memilih pasta gigi dengan fluoride, untuk gigi sensitif, mengatasi bau mulut, dan lainnya.

Ada berbagai merek pasta gigi yang bagus di pasaran, seperti Pepsodent, Sensodyne, Click, dan Enzim. Kali ini kami akan menginformasikan cara memilih pasta gigi, baik yang mengandung fluoride maupun tanpa deterjen. Cek komentar dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza, dan temukan rekomendasi produk pasta gigi yang bagus untuk gigi lebih sehat.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

drg. Galih Fata
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 17 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dentist, drg. Galih Fata Anadza

Profil pakar: Dentist, drg. Galih Fata Anadza

drg. Galih Fata Anadza merupakan seorang dokter gigi lulusan Universitas Padjadjaran, Bandung. Selain melakukan praktek bersama di klinik utama Aesthetic Pondok Indah, drg. Galih juga memiliki klinik pribadi CITI Dental Care di Bekasi. Melalui akun Instagram galih.drg, ia juga aktif mengedukasi masyarakat tentang kesehatan gigi melalui tulisan microblog #doktergigibercerita.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pasta gigi untuk gigi lebih sehat

Sebelum memilih pasta gigi, Anda harus tahu kebutuhan gigi Anda. Simaklah informasi di bawah ini untuk mengetahui pasta gigi yang tepat!

Pilihlah produk dengan kandungan yang sesuai masalah gigi

Banyak sekali tujuan penggunaan pasta gigi, mulai dari mencegah kerusakan gigi, mengatasi penyakit periodontal, memutihkan gigi, sampai merawat gigi sensitif. Untuk itu, pilihlah pasta gigi dengan kombinasi bahan-bahan yang sesuai dengan masalah gigi Anda.

Fluoride 1.000 ppm dan xylitol, membantu mencegah gigi berlubang

Fluoride 1.000 ppm dan xylitol, membantu mencegah gigi berlubang

Fluoride (sodium monofluorophosphate) berperan dalam proses remineralisasi, yaitu mengembalikan mineral gigi yang hilang akibat plak. Plak yang merupakan sumber bakteri tersebut akan menghasilkan zat asam yang membuat gigi berlubang. Karena itu, fluoride diandalkan untuk mencegah kerusakan gigi.


Bagi Anda yang giginya mudah berlubang, pilihlah pasta gigi yang mengandung lebih dari 1.000 ppm fluoride. Namun, hindari penggunaan fluoride pada anak-anak di bawah usia enam tahun. Anak-anak rentan menelan pasta gigi, padahal fluoride tidak boleh ditelan.


Selain fluoride, xylitol juga efektif dalam mencegah kerusakan gigi. Hampir sama dengan fluoride, xylitol dapat mencegah gigi kehilangan mineral karena asam. Selain itu, xylitol juga mampu menekan pertumbuhan bakteri gigi dan mengontrol keasaman pH dalam mulut.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Kekurangan fluoride bisa menyebabkan enamel gigi menjadi lemah sehingga berdampak pada meningkatnya risiko lubang pada gigi. Berdasarkan penelitian, kadar flouride dalam pasta gigi yang dianjurkan adalah 1.000 ppm. Harus dipahami bahwa, baik flouride maupun xylitol berfungsi untuk mencegah gigi berlubang. Kandungan ini tidak dimaksudkan untuk mengobati lubang yang sudah terjadi.

Isopropyl methylphenol (IPMP), mencegah penyakit periodontal

Isopropyl methylphenol (IPMP), mencegah penyakit periodontal

Membasmi bakteri sangat penting dilakukan untuk mencegah penyakit periodontal atau gusi. Kandungan yang dikenal dapat memberantas bakteri adalah isopropyl methylphenol (IPMP), cetylpyridinium chloride (CPC), dan chlorhexidine hydrochloride (CHX).


  • IPMP sendiri mampu menghilangkan plak di sela-sela gigi dan gusi.
  • Sodium lauroyl sarcosinate juga efektif dalam mengatasi bau mulut.
  • Bagi Anda yang mengalami gusi bengkak atau gusi berdarah, pilihlah pasta gigi dengan kandungan glycyrrhizic acid dan tranexamic acid (TXA).
  • Anda juga bisa memilih produk yang mengandung vitamin E (tocopherol acetate) untuk menjaga kesehatan gusi.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang odol khusus masalah gusi, Anda bisa mengunjungi tautan berikut ini. Temukan beragam produk odol terbaik untuk mengatasi masalah gusi.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Gusi merupakan salah satu tempat favorit bakteri menempel. Bakteri yang menempel pada gusi akhirnya akan menimbulkan peradangan. Tanda peradangan gusi paling awal adalah gusi menjadi mudah berdarah. IPMP terbukti dapat membunuh bakteri pada mulut, mengurangi plak, dan membuat napas lebih segar. Namun, bila kondisi peradangan gusi berlanjut lebih parah, segeralah berkonsultasi ke dokter gigi.

Sodium polyphosphate, menghilangkan noda dan memutihkan gigi

Sodium polyphosphate, menghilangkan noda dan memutihkan gigi

Untuk masalah noda di gigi, gunakan pasta gigi dengan kandungan sodium polyphosphate, polyethylene glycol (PEG), atau polyvinylpyrrolidone (PVP). Ketiga kandungan tersebut dapat menghilangkan noda yang melekat pada permukaan gigi. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan kandungan carbamide peroxide yang ampuh dalam mengangkat noda.


Gigi Anda tidak mengilap dan tampak kusam? Pilihlah pasta gigi yang mengandung hydroxyapatiteHydroxyapatite mampu menutup lubang-lubang tak kasat mata di permukaan gigi sehingga membuatnya tampak mengilap. Plak dan noda warna pun akan lebih susah menempel!

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Pewarnaan gigi bisa terjadi karena faktor internal dan eksternal. Nah, pewarnaan eksternal sering kali disebabkan oleh pewarna makanan dan minuman. Hal ini bisa diminimalisasi dengan pasta gigi yang mempunyai kandungan sodium polyphosphate. Dengan pemakaian yang rutin, perlahan noda pada gigi tersebut akan memudar.

Aluminum lactate dan potassium nitrate, menghilangkan nyeri pada gigi sensitif

Aluminum lactate dan potassium nitrate, menghilangkan nyeri pada gigi sensitif

Jika Anda memiliki masalah gigi sensitif, pilihlah pasta gigi yang mengandung potassium nitrate dan aluminum lactate.


  • Potassium nitrate dapat memblokir sinyal rasa sakit yang ditransmisikan dari saraf gigi.

  • Sementara itu, aluminum lactate efektif dalam melindungi dentin tubules dan menjaga saraf agar terhindar dari rangsangan eksternal. Penggunaan pasta gigi yang mengandung kedua bahan ini secara rutin dapat mengurangi sensitivitas gigi.

  • Apabila Anda ingin menggunakan pasta gigi organik, pilihlah yang mengandung phosphoric acid, calcium, dan xylitol. Ketiga kandungan ini juga dipercaya mampu merawat gigi sensitif. Proses remineralisasi di lapisan dalam gigi akan dibantu oleh phosphoric acid dan calcium. Untuk proses remineralisasi di lapisan luar dilakukan oleh xylitol.

Apabila Anda butuh odol khusus gigi sensitif, langsung saja cek artikel kami berikut ini. Kami sudah merangkum tips untuk memilih odol khusus gigi sensitif serta berbagai produk terbaiknya.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Gigi sensitif bisa disebabkan karena kondisi gusi yang turun sehingga bagian akar gigi menjadi terlihat. Selain itu, masalah ini juga bisa disebabkan oleh struktur gigi yang kurang sehat. Struktur gigi sendiri bisa rusak karena cara menyikat gigi yang salah.


Untuk Anda yang memiliki gigi sensitif, cobalah menggunakan pasta gigi yang mengandung aluminum lactate dan potassium nitrate. Kedua kandungan ini dapat menutup tubulus dentin yang terbuka.

Hindari kandungan yang bersifat abrasif

Hindari kandungan yang bersifat abrasif

Sebelum menggunakan pasta gigi dengan kandungan abrasif, Anda perlu melihat kondisi gigi dan gusi Anda terlebih dahulu. Kandungan abrasif memang efektif untuk menghilangkan noda di gigi. Namun, kandungan ini kurang cocok untuk Anda yang memiliki penyakit periodontal dan gigi sensitif karena bisa membuat kondisi makin parah.


Penggunaan pasta gigi berbahan abrasif pada sikat gigi elektrik dan sikat sonik bahkan dapat merusak gigi dan gusi. Hal ini disebabkan tekanannya yang kuat. Jadi, berhati-hatilah dalam penggunaannya, ya!


Jika Anda khawatir dengan noda di gigi, Anda bisa mengombinasikan penggunaan pasta gigi nonabrasif dan abrasif. Gunakan pasta gigi berbahan abrasif hanya 1–2 kali seminggu.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Banyak pasta gigi yang menggunakan kandungan yang bersifat abrasif untuk membantu menghilangkan plak dan kotoran pada gigi. Biasanya, Anda akan menemukan butiran-butiran yang menyerupai pasir pada pasta gigi seperti ini.


Namun, sebenarnya bahan ini tidak cocok untuk orang dengan gigi sensitif atau peradangan gusi. Hal ini karena butiran tersebut dapat memperparah keadaan gigi dan gusi. Jadi, Anda harus sangat hati-hati ketika menggunakan pasta gigi dengan kandungan abrasif.

Pilihlah pasta gigi yang minim busa

Pilihlah pasta gigi yang minim busa

Kandungan pembuat busa memang tidak memberi efek samping terhadap gigi dan gusi. Malah, busa dapat membantu menyebarkan bahan-bahan efektif untuk perawatan gigi ke seluruh mulut.


Akan tetapi, busa yang cukup banyak cenderung menutupi seluruh bagian gigi, termasuk bagian gigi yang belum Anda sikat. Karena sudah tertutup busa, barangkali Anda merasa telah menyikatnya, padahal sebenarnya Anda belum menyentuhnya sama sekali.


Jika begini terus, kotoran akan tetap menempel pada gigi yang tidak tersikat dan akan menyebabkan gigi berlubang. Karena itu, kami menyarankan Anda untuk menyikat gigi secara perlahan dengan pasta gigi yang minim atau tidak berbusa.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Banyak orang mengira jika pasta gigi memiliki banyak busa maka gigi juga akan makin bersih. Namun, busa tersebut justru bisa menutupi gigi yang sebenarnya belum disikat. Dengan pasta gigi yang minim busa, Anda bisa mengetahui permukaan gigi mana saja yang sudah atau belum disikat.

10 Rekomendasi pasta gigi terbaik untuk gigi lebih sehat

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pasta gigi terbaik untuk gigi lebih sehat yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 16 Agustus 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Close Up White Attraction Mineral Clay & Acai Berry memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Pepsodent Sensitive Mineral Expert Relief & Protect Gum Care yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 3 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drg. Galih Fata Anadza.

Gambar produk
1
Close Up  White Attraction Mineral Clay & Acai Berry 1

Close Up

2
Colgate Maximum Cavity Protection Fresh Cool Mint Toothpaste 1

Colgate

3
Pepsodent Sensitive Mineral Expert Relief & Protect Gum Care 1

Pepsodent

4
GlaxoSmithKline Sensodyne Repair & Protect Extra Fresh 1

GlaxoSmithKline

5
Kino Click Natural Whitening Toothpaste All Out Protection 1

Kino

6
Hawley & Hazel Chemical Company Darlie Double Action Toothpaste 1

Hawley & Hazel Chemical Company

7
Tripleacecorp Antiplaque Total Solution Toothpaste 1

Tripleacecorp

8
Lion Wings Zact 1

Lion Wings

9
Sensatia Botanicals Charcoal-Mint Natural Toothpaste 1

Sensatia Botanicals

10
Enzym Bioteknologi Internusa Enzim Orthodontic 1

Enzym Bioteknologi Internusa

Nama produk

White Attraction Mineral Clay & Acai Berry

Maximum Cavity Protection Fresh Cool Mint Toothpaste

Sensitive Mineral Expert Relief & Protect Gum Care

Sensodyne Repair & Protect Extra Fresh

Click Natural Whitening Toothpaste All Out Protection

Darlie Double Action Toothpaste

Antiplaque Total Solution Toothpaste

Zact

Charcoal-Mint Natural Toothpaste

Enzim Orthodontic

Keunggulan

Mencerahkan gigi dengan kandungan mineral clay dalam 2 minggu

Pasta gigi mengandung fluoride untuk seluruh anggota keluarga

Bantu atasi permasalahan pada gusi dan gigi sensitif

Odol untuk gigi sensitif yang meredakan rasa ngilu dan menyegarkan

K-oral care yang membersihkan secara menyeluruh

Dengan 100% ekstrak mint alami, mulut jadi lebih segar!

Mengatasi plak pada gigi dan seriawan pada rongga mulut

Pasta gigi untuk mengatasi gigi kuning karena merokok dan kopi

Odol tanpa fluoride dengan kandungan bahan herbal

Pasta gigi tanpa detergen khusus pengguna kawat gigi

Harga mulai dariRp 16.525,00Rp 13.800,00Rp 31.900,00Rp 45.724,00Rp 39.900,00Rp 34.500,00Rp 38.000,00Rp 17.600,00Rp 50.000,00Rp 38.000,00
Tujuan penggunaanMemutihkan gigiMencegah gigi berlubang, menguatkan gigi, menyegarkan napasMencegah gigi berlubang, mengatasi masalah gusi, merawat gigi sensitifMerawat gigi sensitif dan mencegah gigi berlubangMemutihkan gigi, mencegah gigi berlubang, mencegah bau mulut, menjaga kesehatan gusiMencegah gigi berlubang dan penyakit periodontalMenghambat plak, menghambat karang gigi, menghambat karies (kerusakan gigi), menghambat perkembangan radang gusi, mengurangi kambuhnya pendarahan gusi, mengurangi kambuhnya aphthae (lepuh mulut), mengurangi sensitivitas gigi, mengurangi bau mulutMengatasi gigi kekuninganMemutihkan gigi, menyegarkan mulutMencegah bau mulut, mencegah mulut kering, mencegah pembentukan plak, menjaga kesegaran mulut
Bahan aktifSorbitol, kaolin, acai berry extract, sodium chlorideCalcium carbonate, arginine, sodium, sodium monofluorophosphate, sodium carbonate, phosphoric acidPotassium citrate, hydroxyapatite, zinc citrate, sodium monofluorophosphate, tocopheryl acetateCalcium sodium phosphosilicate, sodium fluoridePotassium nitrate, perlite, sodium monofluorophosphate, calcium glycerophosphate, cetylpyridinium chloride, sodium chloride (Himalayan pink salt)Sodium lauroyl sarcosinate, sodium monofluorophosphateArnica montana extract, clove oil, cloxifenol, sodium monofluorophosphateCalcium carbonate, microaluminaCalcium glycerophosphate, charcoal, kakadu plum extractAmyloglucosidase, sodium fluoride, citric acid, glucose oxidase, colostrum, lysozime, lactoferrine, lactoperoxidase sodium
Kandungan abrasif✔ (rendah)✔︎ (rendah)✔︎✔︎x✔︎ (rendah)
Busa✔︎✔︎✔ (sedikit)✔︎xx
Tautan produk
10

Enzym Bioteknologi InternusaEnzim Orthodontic

Mulai dari Rp 38.000,00

Tujuan penggunaanMencegah bau mulut, mencegah mulut kering, mencegah pembentukan plak, menjaga kesegaran mulut
Bahan aktifAmyloglucosidase, sodium fluoride, citric acid, glucose oxidase, colostrum, lysozime, lactoferrine, lactoperoxidase sodium
Kandungan abrasif✔︎ (rendah)
Busax
9

Sensatia BotanicalsCharcoal-Mint Natural Toothpaste

Mulai dari Rp 50.000,00

Tujuan penggunaanMemutihkan gigi, menyegarkan mulut
Bahan aktifCalcium glycerophosphate, charcoal, kakadu plum extract
Kandungan abrasifx
Busax
8
Tujuan penggunaanMengatasi gigi kekuningan
Bahan aktifCalcium carbonate, microalumina
Kandungan abrasif✔︎
Busa✔︎
7

TripleacecorpAntiplaque Total Solution Toothpaste

Mulai dari Rp 38.000,00

Tujuan penggunaanMenghambat plak, menghambat karang gigi, menghambat karies (kerusakan gigi), menghambat perkembangan radang gusi, mengurangi kambuhnya pendarahan gusi, mengurangi kambuhnya aphthae (lepuh mulut), mengurangi sensitivitas gigi, mengurangi bau mulut
Bahan aktifArnica montana extract, clove oil, cloxifenol, sodium monofluorophosphate
Kandungan abrasif
Busa✔ (sedikit)
6

Hawley & Hazel Chemical CompanyDarlie Double Action Toothpaste

Mulai dari Rp 34.500,00

Tujuan penggunaanMencegah gigi berlubang dan penyakit periodontal
Bahan aktifSodium lauroyl sarcosinate, sodium monofluorophosphate
Kandungan abrasif
Busa
5

KinoClick Natural Whitening Toothpaste All Out Protection

Mulai dari Rp 39.900,00

Tujuan penggunaanMemutihkan gigi, mencegah gigi berlubang, mencegah bau mulut, menjaga kesehatan gusi
Bahan aktifPotassium nitrate, perlite, sodium monofluorophosphate, calcium glycerophosphate, cetylpyridinium chloride, sodium chloride (Himalayan pink salt)
Kandungan abrasif✔︎
Busa✔︎
4

GlaxoSmithKlineSensodyne Repair & Protect Extra Fresh

Mulai dari Rp 45.724,00

Tujuan penggunaanMerawat gigi sensitif dan mencegah gigi berlubang
Bahan aktifCalcium sodium phosphosilicate, sodium fluoride
Kandungan abrasif✔︎ (rendah)
Busa✔︎
3

PepsodentSensitive Mineral Expert Relief & Protect Gum Care

Mulai dari Rp 31.900,00

Tujuan penggunaanMencegah gigi berlubang, mengatasi masalah gusi, merawat gigi sensitif
Bahan aktifPotassium citrate, hydroxyapatite, zinc citrate, sodium monofluorophosphate, tocopheryl acetate
Kandungan abrasif✔ (rendah)
Busa
2

ColgateMaximum Cavity Protection Fresh Cool Mint Toothpaste

Mulai dari Rp 13.800,00

Tujuan penggunaanMencegah gigi berlubang, menguatkan gigi, menyegarkan napas
Bahan aktifCalcium carbonate, arginine, sodium, sodium monofluorophosphate, sodium carbonate, phosphoric acid
Kandungan abrasif
Busa
1

Close Up White Attraction Mineral Clay & Acai Berry

Mulai dari Rp 16.525,00

Tujuan penggunaanMemutihkan gigi
Bahan aktifSorbitol, kaolin, acai berry extract, sodium chloride
Kandungan abrasif
Busa

Tips dari dokter gigi kami, drg. Galih Fata Anadza

Tips dari dokter gigi kami, drg. Galih Fata Anadza

Metode sikat gigi yang benar dan paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan gerakan sirkular atau memutar. Lakukan penyikatan gigi dengan teknik ini ke semua permukaan gigi dengan tenaga yang kecil. Selain itu, biasakanlah untuk menyikat gigi minimal selama 2 menit.

Baca juga rekomendasi produk pasta gigi lainnya di sini

Pada artikel ini telah dibahas bagaimana cara memilih odol untuk gigi yang lebih sehat. Selain itu, ada banyak odol yang dibuat untuk masalah mulut tertentu, misalnya gigi berlubang dan memutihkan gigi. Silakan baca ulasan produk odol lainnya yang bisa Anda gunakan di sini.

Kesimpulan

Pemilihan pasta gigi atau odol yang sesuai dengan kebutuhan Anda akan membantu Anda mendapatkan hasil yang maksimal. Pasta gigi untuk gigi sensitif, memutihkan gigi, mencegah gigi berlubang, membuat napas segar, sampai menghilangkan plak dapat Anda pilih.


Memilih pasta gigi dan sikat gigi yang tepat belum cukup. Pastikan juga Anda menyikat gigi secara menyeluruh sampai ke bagian geraham dan sisi dalam gigi. Dengan begitu, gigi dan gusi Anda akan lebih sehat.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Pemutih Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pemutih Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    Gigi kekuningan berpotensi mengurangi kepercayaan diri Anda. Untungnya, sekarang ada banyak cara untuk memutihkan gigi kuning. Apabila pemutih gigi alami masih kurang ampuh untuk menghapus noda kekuningan, Anda bisa mencoba obat pemutih gigi.Kali ini kami akan memberikan rekomendasi pemutih gigi terbaik yang mudah ditemukan, baik online maupun di apotik. Produk yang direkomendasikan juga datang dari berbagai merk, mulai dari Nu Skin sampai Crest. Baca juga tips memilih pemutih gigi yang bagus dari dokter gigi, drg. Joseph Gunawan. Di akhir artikel, kami juga akan memberitahukan cara alami memutihkan gigi. 
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2022)
    Mempunyai gigi putih merupakan impian bagi banyak orang. Bila Anda hendak membeli pasta gigi pemutih, ada beberapa hal yang perlu diketahui, misalnya kandungan atau daya abrasifnya. Namun, banyaknya produk pasta gigi pemutih di pasaran bisa membuat Anda bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih pasta gigi yang bagus untuk memutihkan gigi. Kami juga akan mengulas rekomendasi pasta gigi keluaran Pepsodent, Sensodyne, dan merek lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh endodontis kami, drg. Ceples, Sp.KG. Mari simak dan dapatkan produk yang tepat untuk gigi tampak putih memesona!
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    Obat kumur atau mouthwash adalah produk perawatan gigi yang dapat mengatasi berbagai masalah mulut. Sakit gigi, sariawan, sampai bau mulut bisa Anda atasi jika rutin menggunakannya. Berbagai merk obat kumur yang bagus, seperti Minosep, Sensodyne, dan Listerine juga mudah Anda temukan di pasaran.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih mouthwash terbaik. Tidak ketinggalan, kami juga akan membagikan rekomendasi obat kumur yang tepat untuk Anda. Jangan lupa, cek komentar dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza, agar Anda makin yakin memilihnya. Langsung saja, mari disimak!
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    Menyikat gigi dimulai ketika gigi atas dan bawah anak mulai tumbuh. Di pasaran tersedia berbagai pilihan produk, mulai dari pasta gigi anak yang mengandung fluoride, xylitol, dan sebagainya. Saat ini Anda bahkan bisa menemukan pasta gigi untuk anak 6 bulan yang aman jika tertelan. Pemilihan pasta gigi anak yang tepat tentu menunjang kesehatan gigi anak. Karena itu, kami sudah menyiapkan tips memilih pasta gigi anak yang bagus sekaligus rekomendasi produknya. Ada beragam merek, seperti Pigeon, Kodomo, hingga Pepsodent. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter gigi kami, drg. Endah Nur Aini.
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    Saat memasuki usia 1 tahun, gigi si kecil akan makin lengkap. Makanan yang dikonsumsi si kecil tentunya juga makin beragam. Untuk itu, para orang tua sudah mulai harus menyikat gigi si kecil dengan odol untuk anak 1 tahun.Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan pasta gigi yang bagus untuk si kecil. Untuk itu, silakan simak cara memilih pasta gigi untuk anak 1 tahun beserta sepuluh rekomendasi produknya. Merek pasta gigi 1 tahun seperti Jack and Jill, dan Pigeon akan kami ulas di sini. Selamat membaca!
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Sedari bayi, anak sudah harus dibiasakan menyikat gigi. Namun, tentu saja sikat gigi anak-anak berbeda dengan sikat gigi dewasa. Sikat gigi anak yang bagus adalah yang bulu sikatnya halus, ujung kepala sikatnya bulat, serta berwarna menarik. Jika Anda sedang mencari sikat gigi anak terbaik, simak artikel kami ini.Kami akan menjelaskan cara pemilihan sikat gigi anak yang tepat dengan berbagai pertimbangan yang disesuaikan dengan usia anak. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk dari merek-merek seperti Pigeon, Oral-B, atau Pepsodent. Jangan lewatkan juga tips menyikat gigi anak di akhir artikel. Enjoy!
    Perawatan gigi & mulut
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori