• 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat (Terbaru Tahun 2021)

Menyikat gigi menggunakan pasta gigi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan agar gigi terhindar dari kerusakan. Kebanyakan orang masih bingung pasta gigi mana yang tepat karena berbagai produk hadir dengan kandungan dan manfaat yang berbeda. 

Di pasaran ada berbagai merek pasta gigi yang bisa Anda temukan, seperti Pepsodent, Sensodyne, dan Formula. Kali ini kami akan menginformasikan cara memilih pasta gigi, baik yang mengandung fluoride atau tanpa deterjen. Cek komentar dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza, dan temukan rekomendasi produk pasta gigi yang bagus untuk gigi lebih sehat. 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

drg. Galih Fata
  • Pembaharuan terakhir: 09 September 2021
  • 135.883 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan dokter gigi drg. Galih Fata Anadza

Berkolaborasi dengan dokter gigi drg. Galih Fata Anadza

drg. Galih Fata Anadza merupakan seorang dokter gigi lulusan Universitas Padjadjaran, Bandung. Selain melakukan praktek bersama di klinik utama Aesthetic Pondok Indah, drg. Galih juga memiliki klinik pribadi CITI Dental Care di Bekasi. Melalui akun Instagram galih.drg, ia juga aktif mengedukasi masyarakat tentang kesehatan gigi melalui tulisan microblog #doktergigibercerita.

Cara memilih pasta gigi untuk gigi lebih sehat

Sebelum memilih pasta gigi, Anda harus tahu kebutuhan gigi Anda. Simaklah informasi di bawah ini untuk mengetahui pasta gigi yang tepat!

Pilihlah produk dengan kandungan yang sesuai masalah gigi

Banyak sekali tujuan penggunaan pasta gigi, mulai dari mencegah kerusakan gigi, mengatasi penyakit periodontal, memutihkan gigi, sampai merawat gigi sensitif. Untuk itu, pilihlah pasta gigi dengan kombinasi bahan-bahan yang sesuai dengan masalah gigi Anda.

Fluoride 1.000 ppm sebagai pencegahan gigi berlubang

Fluoride 1.000 ppm sebagai pencegahan gigi berlubang

Fluoride (sodium monofluorophosphate) berperan dalam proses remineralisasi, yaitu mengembalikan mineral gigi yang hilang akibat plak. Plak yang merupakan sumber bakteri tersebut akan menghasilkan zat asam yang membuat gigi berlubang. Karena itu, fluoride diandalkan untuk mencegah kerusakan gigi.


Bagi Anda yang giginya mudah berlubang, pilihlah pasta gigi yang mengandung lebih dari 1.000 ppm fluoride. Namun, hindari penggunaan fluoride pada anak-anak di bawah usia enam tahun. Anak-anak rentan menelan pasta gigi, padahal fluoride tidak boleh ditelan.


Selain fluoride, xylitol juga efektif dalam mencegah kerusakan gigi. Hampir sama dengan fluoride, xylitol dapat mencegah gigi kehilangan mineral karena asam. Selain itu, xylitol juga mampu menekan pertumbuhan bakteri gigi dan mengontrol keasaman pH dalam mulut.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Kekurangan fluoride bisa menyebabkan enamel gigi menjadi lemah sehingga berdampak pada meningkatnya risiko lubang pada gigi. Berdasarkan penelitian, kadar flouride dalam pasta gigi yang dianjurkan adalah 1.000 ppm. Harus dipahami bahwa, baik flouride maupun xylitol berfungsi untuk mencegah gigi berlubang. Kandungan ini tidak dimaksudkan untuk mengobati lubang yang sudah terjadi.

Isopropyl methylphenol (IPMP) untuk mencegah penyakit periodontal

Isopropyl methylphenol (IPMP) untuk mencegah penyakit periodontal

Membasmi bakteri gigi sangat penting dilakukan untuk mencegah penyakit periodontal. Kandungan yang dikenal dapat memberantas bakteri adalah isopropyl methylphenol (IPMP), cetylpyridinium chloride (CPC), dan chlorhexidine hydrochloride (CHX). IPMP sendiri mampu menghilangkan plak di sela-sela gigi dan gusi. Selain itu, sodium lauroyl sarcosinate juga efektif dalam mengatasi bau mulut.


Bagi Anda yang mengalami gusi bengkak atau gusi berdarah, pilihlah pasta gigi dengan kandungan glycyrrhizic acid dan tranexamic acid (TXA). Anda juga bisa memilih produk yang mengandung vitamin E (tocopherol acetate) untuk menjaga kesehatan gusi.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Gusi merupakan salah satu tempat favorit bakteri menempel. Bakteri yang menempel pada gusi akhirnya akan menimbulkan peradangan. Tanda peradangan gusi paling awal adalah gusi menjadi mudah berdarah. IPMP terbukti dapat membunuh bakteri pada mulut, mengurangi plak, dan membuat nafas lebih segar. Namun, bila kondisi peradangan gusi berlanjut lebih parah, segeralah berkonsultasi ke dokter gigi.

Sodium polyphosphate untuk menghilangkan noda dan memutihkan gigi

Sodium polyphosphate untuk menghilangkan noda dan memutihkan gigi

Jika Anda bermasalah dengan noda di gigi, gunakan pasta gigi dengan kandungan sodium polyphosphate, polyethylene glycol (PEG), atau polyvinylpyrrolidone (PVP). Ketiga kandungan tersebut dapat menghilangkan noda yang melekat pada permukaan gigi. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan kandungan carbamide peroxide yang ampuh dalam mengangkat noda.


Gigi Anda tidak mengilap dan tampak kusam? Pilihlah pasta gigi yang mengandung hydroxyapatiteHydroxyapatite mampu menutup lubang-lubang tak kasat mata di permukaan gigi sehingga membuatnya tampak mengilap. Plak dan noda warna pun akan lebih susah menempel!

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Pewarnaan gigi bisa terjadi karena faktor internal dan eksternal. Nah, pewarnaan eksternal sering kali disebabkan oleh pewarna makanan dan minuman. Hal ini bisa diminimalisasi dengan pasta gigi yang mempunyai kandungan sodium polyphosphate. Dengan pemakaian yang rutin, perlahan noda pada gigi tersebut akan memudar.

Aluminum lactate dan potassium nitrate yang menghilangkan nyeri pada gigi sensitif

Aluminum lactate dan potassium nitrate yang menghilangkan nyeri pada gigi sensitif

Jika Anda memiliki masalah gigi sensitif, pilihlah pasta gigi yang mengandung potassium nitrate dan aluminum lactate. Potassium nitrate dapat memblokir sinyal rasa sakit yang ditransmisikan dari saraf gigi. 


Sementara itu, aluminum lactate efektif dalam melindungi dentin tubules dan menjaga saraf agar terhindar dari rangsangan eksternal. Penggunaan pasta gigi yang mengandung kedua bahan ini secara rutin dapat mengurangi sensitivitas gigi.


Apabila Anda ingin menggunakan pasta gigi organik, pilihlah yang mengandung phosphoric acid, calcium, dan xylitol. Ketiga kandungan ini juga dipercaya mampu merawat gigi sensitif. Proses remineralisasi di lapisan dalam gigi akan dibantu oleh phosphoric acid dan calcium, sedangkan proses di lapisan luar dilakukan oleh xylitol.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Gigi sensitif bisa disebabkan karena kondisi gusi yang turun sehingga bagian akar gigi menjadi terlihat. Selain itu, masalah ini juga bisa disebabkan oleh struktur gigi yang kurang sehat. Struktur gigi sendiri bisa rusak karena cara menyikat gigi yang salah. 


Untuk Anda yang memiliki gigi sensitif, cobalah menggunakan pasta gigi yang mengandung aluminum lactate dan potassium nitrate. Kedua kandungan ini dapat menutup tubulus dentin yang terbuka.

Hindari kandungan yang bersifat abrasif

Hindari kandungan yang bersifat abrasif

Sebelum menggunakan pasta gigi dengan kandungan abrasif, Anda perlu melihat kondisi gigi dan gusi Anda terlebih dahulu. Kandungan abrasif memang efektif untuk menghilangkan noda di gigi. Namun, kandungan ini kurang cocok untuk Anda yang memiliki penyakit periodontal dan gigi sensitif karena bisa membuat kondisi makin parah.


Penggunaan pasta gigi berbahan abrasif pada sikat gigi elektrik dan sikat sonik bahkan dapat merusak gigi dan gusi. Hal ini disebabkan tekanannya yang kuat. Jadi, berhati-hatilah dalam penggunaannya, ya!


Jika Anda khawatir dengan noda di gigi, Anda bisa mengombinasikan penggunaan pasta gigi nonabrasif dan abrasif. Gunakan pasta gigi berbahan abrasif hanya 1-2 kali seminggu.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Banyak pasta gigi yang menggunakan kandungan yang bersifat abrasif untuk membantu menghilangkan plak dan kotoran pada gigi. Biasanya, Anda akan menemukan butiran-butiran yang menyerupai pasir pada pasta gigi seperti ini. 


Namun, sebenarnya bahan ini tidak cocok untuk orang dengan gigi sensitif atau peradangan gusi. Hal ini karena butiran tersebut dapat memperparah keadaan gigi dan gusi. Jadi, Anda harus sangat hati-hati ketika menggunakan pasta gigi dengan kandungan abrasif.

Pilihlah pasta gigi yang minim busa

Pilihlah pasta gigi yang minim busa

Kandungan pembuat busa memang tidak memberi efek samping terhadap gigi dan gusi. Malah, busa dapat membantu menyebarkan bahan-bahan efektif untuk perawatan gigi ke seluruh mulut.


Akan tetapi, busa yang cukup banyak cenderung menutupi seluruh bagian gigi, termasuk bagian gigi yang belum Anda sikat. Karena sudah tertutup busa, barangkali Anda merasa telah menyikatnya, padahal sebenarnya Anda belum menyentuhnya sama sekali. 


Bila begini terus, kotoran akan tetap menempel pada gigi yang tidak tersikat dan akan menyebabkan gigi berlubang. Karena itu, kami menyarankan Anda untuk menyikat gigi secara perlahan dengan pasta gigi yang minim atau tidak berbusa.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Banyak orang mengira jika pasta gigi memiliki banyak busa maka gigi juga akan makin bersih. Namun, busa tersebut justru bisa menutupi gigi yang sebenarnya belum disikat. Dengan pasta gigi yang minim busa, Anda bisa mengetahui permukaan gigi mana saja yang sudah atau belum disikat.

10 Rekomendasi pasta gigi terbaik untuk gigi lebih sehat

Nah, sesuai dengan cara memilih di atas, berikut ini sepuluh rekomendasi pasta gigi yang dapat Anda pilih. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi gigi Anda. Selamat memilih!

10

Hawley & Hazel Chemical CompanyDarlie Double Action Toothpaste

Mulai dari Rp 34.500,00

Tujuan penggunaanMencegah gigi berlubang dan penyakit periodontal
Kandungan efektifSodium lauroyl sarcosinate, sodium monofluorophosphate
Kandungan abrasif
Busa
9
Tujuan penggunaanMencegah gigi berlubang
Kandungan efektifSodium monofluorophosphate, erythritol
Kandungan abrasif
Busa
8

UnileverClose Up Diamond Attraction Power White

Mulai dari Rp 30.800,00

Tujuan penggunaan Memutihkan gigi
Kandungan efektifSodium fluoride, trisodium phosphate
Kandungan abrasif✔ (rendah)
Busa
7

UnileverPepsodent Pencegah Gigi Berlubang 3x Aksi

Mulai dari Rp 16.800,00

Tujuan penggunaan Mencegah gigi berlubang
Kandungan efektifSodium bicarbonate, sodium monofluorophosphate, sodium phosphate
Kandungan abrasif
Busa
6
Tujuan penggunaanMencegah gigi berlubang
Kandungan efektifSodium monofluorophosphate, chamomile extract, Melaleuca alternifolia leaf oil
Kandungan abrasif
Busa
5

Colgate-Palmolive CompanyColgate Maximum Cavity Protection Plus Sugar Acid Neutralizer

Mulai dari Rp 18.500,00

Tujuan penggunaan Mencegah gigi berlubang
Kandungan efektifArginine, sodium monofluorophosphate, sodium bicarbonate, phosphoric acid
Kandungan abrasif
Busa
4

Unilever Pepsodent Expert Protection Gum Health 160G

Mulai dari Rp 35.000,00

Tujuan penggunaanMencegah gigi berlubang, mengatasi masalah gusi, dan merawat gigi sensitif
Kandungan efektifPotassium citrate, hydroxyapatite, zinc citrate, sodium monofluorophosphate, tocopheryl acetate
Kandungan abrasif✔ (rendah)
Busa
3

Enzym Bioteknologi InternusaEnzim Classic Mild

Mulai dari Rp 21.900,00

Tujuan pengunaan Mencegah gigi berlubang
Kandungan efektifAmyloglucosidase, sodium fluoride, glucose oxidase, lysozyme, lactoferrin, lactoperoxidase
Kandungan abrasif✔ (rendah)
Busax
2
Tujuan penggunaanMerawat gigi sensitif dan mencegah gigi berlubang
Kandungan efektifSodium fluoride, strotium acetate
Kandungan abrasif✔ (rendah)
Busa
1
Tujuan penggunaan Memutihkan gigi dan mengatasi masalah gusi
Kandungan efektifPapain, Salvadora persica stem extract, sodium citrate, Prunus amygdalus dulcis shell extract, Cinnamomum zeylanicum bark oil, Eugenia caryophyllus bud oil
Kandungan abrasif✔ (rendah)
Busa

Tabel perbandingan produk pasta gigi terbaik untuk gigi lebih sehat

Gambar produk
1
Himalaya Sparkling White 1

Himalaya

2
GlaxoSmithKline Sensodyne Rapid Relief 1

GlaxoSmithKline

3
Enzym Bioteknologi Internusa Enzim Classic Mild 1

Enzym Bioteknologi Internusa

4
Unilever  Pepsodent Expert Protection Gum Health 160G 1

Unilever

5
Colgate-Palmolive Company Colgate Maximum Cavity Protection Plus Sugar Acid Neutralizer 1

Colgate-Palmolive Company

6
Orang Tua Formula Charcoal 1

Orang Tua

7
Unilever Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang 3x Aksi  1

Unilever

8
Unilever Close Up Diamond Attraction Power White 1

Unilever

9
Lion Wings Systema Nano 1

Lion Wings

10
Hawley & Hazel Chemical Company Darlie Double Action Toothpaste 1

Hawley & Hazel Chemical Company

Nama produk

Sparkling White

Sensodyne Rapid Relief

Enzim Classic Mild

Pepsodent Expert Protection Gum Health 160G

Colgate Maximum Cavity Protection Plus Sugar Acid Neutralizer

Formula Charcoal

Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang 3x Aksi

Close Up Diamond Attraction Power White

Systema Nano

Darlie Double Action Toothpaste

Keunggulan

Gigi lebih putih tanpa perlu khawatir enamel gigi rusak

Hilangkan ngilu pada gigi, makan pun kembali lancar

Tanpa detergen! Mulut tidak akan lagi terasa kering setelah sikat gigi

Bantu cegah permasalahan pada gusi

Kembalikan pH pada permukaan gigi dengan kandungan arginine

Membunuh bakteri penyebab masalah mulut

Tiga aksi nyata untuk gigi sehat dan kuat tanpa lubang!

Gigi lebih putih sejak sikatan pertama

Atasi karies dini dalam 14 hari pemakaian

Napas segar sepanjang hari!

Harga mulai dariRp 29.000,00Rp 38.800,00Rp 21.900,00Rp 35.000,00Rp 18.500,00Rp 15.600,00Rp 16.800,00Rp 30.800,00Rp 9.500,00Rp 34.500,00
Tujuan penggunaan Memutihkan gigi dan mengatasi masalah gusiMerawat gigi sensitif dan mencegah gigi berlubangMencegah gigi berlubangMencegah gigi berlubang, mengatasi masalah gusi, dan merawat gigi sensitifMencegah gigi berlubangMencegah gigi berlubangMencegah gigi berlubangMemutihkan gigiMencegah gigi berlubangMencegah gigi berlubang dan penyakit periodontal
Kandungan efektifPapain, Salvadora persica stem extract, sodium citrate, Prunus amygdalus dulcis shell extract, Cinnamomum zeylanicum bark oil, Eugenia caryophyllus bud oilSodium fluoride, strotium acetateAmyloglucosidase, sodium fluoride, glucose oxidase, lysozyme, lactoferrin, lactoperoxidasePotassium citrate, hydroxyapatite, zinc citrate, sodium monofluorophosphate, tocopheryl acetateArginine, sodium monofluorophosphate, sodium bicarbonate, phosphoric acidSodium monofluorophosphate, chamomile extract, Melaleuca alternifolia leaf oilSodium bicarbonate, sodium monofluorophosphate, sodium phosphateSodium fluoride, trisodium phosphateSodium monofluorophosphate, erythritolSodium lauroyl sarcosinate, sodium monofluorophosphate
Kandungan abrasif✔ (rendah)✔ (rendah)✔ (rendah)✔ (rendah)✔ (rendah)
Busax
Tautan produk

Tips dari dokter gigi kami, drg. Galih Fata Anadza

Tips dari dokter gigi kami, drg. Galih Fata Anadza

Metode sikat gigi yang benar dan paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan gerakan sirkular atau memutar. Lakukan penyikatan gigi dengan teknik ini ke semua permukaan gigi dengan tenaga yang kecil. Selain itu, biasakanlah untuk menyikat gigi minimal selama 2 menit.

Baca juga rekomendasi produk pasta gigi lainnya dan sikat gigi di sini

Pada artikel ini telah dibahas bagaimana cara memilih pasta gigi untuk gigi yang lebih sehat. Selain itu, ada banyak pasta gigi yang dibuat untuk masalah mulut tertentu, misalnya gigi sensitif dan masalah gusi. Tidak hanya pasta gigi, perawatan gigi yang optimal juga didukung dengan sikat gigi yang tepat. Silakan baca ulasan produk pasta gigi lainnya dan sikat gigi yang bisa Anda gunakan di sini.

Kesimpulan

Penggunaan pasta gigi setiap hari dapat membuat gigi kita lebih sehat. Namun, setiap pasta gigi memiliki kandungan yang berbeda sesuai dengan manfaatnya masing-masing. Untuk itu, pastikan Anda memilih pasta gigi yang tepat sesuai kebutuhan Anda.


Pada artikel di atas, kami telah memberikan sepuluh rekomendasi pasta gigi yang memiliki berbagai manfaat. Semoga Anda dapat menemukan produk yang tepat setelah membaca artikel ini, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi (Terbaru Tahun 2021)
    Mempunyai gigi putih merupakan impian bagi banyak orang. Bila Anda hendak membeli pasta gigi pemutih, ada beberapa hal yang perlu diketahui, misalnya kandungan atau daya abrasifnya. Namun, banyaknya produk pasta gigi pemutih yang dijual di pasaran bisa membuat Anda bingung untuk memilih, bukan?Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih pasta gigi untuk memutihkan gigi. Setelah itu, kami juga akan mengulas rekomendasi beberapa produk keluaran Pepsodent, Sensodyne, dan produk lainnya. Mari simak dan dapatkan produk yang tepat agar Anda mempunyai gigi putih yang memesona!
    Perawatan gigi & mulut
    137.392 Views
  • 10 Pemutih Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pemutih Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2021)
    Gigi kekuningan berpotensi mengurangi kepercayaan diri Anda. Untungnya, sekarang ada banyak cara untuk memutihkan gigi kuning. Apabila pemutih gigi alami masih kurang ampuh untuk menghapus noda kekuningan, Anda bisa mencoba obat pemutih gigi.Kali ini kami akan memberikan rekomendasi pemutih gigi terbaik yang mudah ditemukan, baik online maupun di apotik. Produk yang direkomendasikan juga datang dari berbagai merk, mulai dari Nu Skin sampai Crest. Baca juga tips memilih pemutih gigi yang bagus dari dokter gigi, drg. Joseph Gunawan. Di akhir artikel, kami juga akan memberitahukan cara alami memutihkan gigi. 
    Perawatan gigi & mulut
    122.201 Views
  • 10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021)
    Obat kumur atau mouthwash adalah produk perawatan gigi yang dapat mengatasi berbagai masalah mulut. Sakit gigi, sariawan, sampai bau mulut bisa Anda atasi jika rutin menggunakannya. Berbagai merk obat kumur yang bagus, seperti Minosep, Sensodyne, dan Listerine juga mudah Anda temukan di pasaran.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih mouthwash terbaik. Tidak ketinggalan, kami juga akan membagikan rekomendasi obat kumur yang tepat untuk Anda. Jangan lupa, cek komentar dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza, agar Anda makin yakin memilihnya. Langsung saja, mari disimak!
    Perawatan gigi & mulut
    110.898 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Penyegar Mulut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Penyegar Mulut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Produk penyegar mulut sangat membantu dalam menghilangkan masalah bau mulut. Penyebab bau mulut bisa saja dari makanan yang Anda konsumsi, misalnya bawang putih. Beberapa orang biasanya mengunyah permen karet untuk menghilangkan bau, tetapi ada juga alternatif lain seperti suplemen dan mouthwash.Di artikel kali ini, kami akan membahas tentang produk penyegar mulut terbaik dari berbagai merek, seperti Colgate®, Mentos, atau LISTERINE® yang bisa Anda pilih. Tidak ketinggalan, kami juga akan menerangkan cara memilih produk supaya Anda menemukan produk yang paling pas.
    Perawatan gigi & mulut
    43.683 Views
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Masalah Gusi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Masalah Gusi (Terbaru Tahun 2021)
    Munculnya masalah gusi, seperti gusi yang turun, berdarah, bengkak, hingga abses, ternyata bukan hal sepele, lho. Untuk mengatasinya, Anda tidak bisa menggunakan pasta gigi untuk sakit gigi saja, tetapi harus memakai produk khusus. Pasta gigi khusus untuk mengatasi gusi yang sering bengkak biasanya mengandung bahan antibakteri atau antiinflamasi.Nah, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pasta gigi untuk masalah gusi. Tak lupa, kami juga telah menyiapkan rekomendasi sepuluh produk yang bagus dari berbagai merk. Pepsodent, Sensodyne, hingga Enzim merupakan beberapa contohnya. Jadi, ikuti terus artikel ini, ya!
    Perawatan gigi & mulut
    52.768 Views
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Ultrasonik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sikat Gigi Ultrasonik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sikat gigi ultrasonik efektif menghilangkan plak dan cocok untuk meningkatkan perawatan gigi serta mulut. Namun, setiap produk memiliki karakteristik yang berbeda, seperti frekuensi getaran, jenis pengisian daya, dan lainnya. Perbedaan ini pasti membuat Anda bingung untuk memilih produk mana yang bagus.Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih sikat gigi ultrasonik dan membagikan rekomendasi produk terbaiknya. Di artikel ini Anda akan menemukan berbagai merek, seperti Xiaomi, Philips, Colgate, dan lainnya. Yuk, temukan produk yang paling Anda suka demi gigi yang bersih dan sehat!
    Perawatan gigi & mulut
    167 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori