10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat (Terbaru Tahun 2018)

Menyikat gigi menggunakan pasta gigi setiap hari merupakan hal yang sangat penting dilakukan agar gigi terhindar dari kerusakan. Kebanyakan orang masih bingung pasta gigi mana yang baik untuk gigi karena pasta gigi hadir dengan berbagai varian kandungan dan manfaat yang berbeda.

Oleh karena itu, kami akan menginformasikan cara memilih pasta gigi yang baik dan sesuai untuk kondisi gigi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi-rekomendasi pasta gigi terbaik agar gigi Anda lebih sehat.

Daftar isi

Cara memilih pasta gigi untuk gigi lebih sehat

Sebelum memilih pasta gigi, Anda harus tahu bagaimana kondisi gigi Anda. Simaklah informasi di bawah ini untuk mengetahui pasta gigi yang tepat untuk Anda!

Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Dilihat dari wujudnya, pasta gigi memiliki beberapa jenis yaitu pasta, gel, dan mouthwash. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Tipe pasta yang mudah berbusa dan bisa mengilapkan gigi

Tipe pasta yang mudah berbusa dan bisa mengilapkan gigi

Tipe pasta ini merupakan yang paling umum ditemukan. Pasta gigi tipe pasta memiliki agen pengilap gigi dan mudah berbusa sehingga dapat dengan mudah mengangkat kotoran yang ada di dalam mulut. Banyak orang yang menggunakan tipe ini secara berkelanjutan.

Harganya pun relatif murah. Namun di sisi lain, hasil akhirnya tergantung oleh bagaimana cara Anda menggosok gigi. Terutama, jika Anda terbiasa menggosok gigi keras-keras atau menggunakan sikat gigi elektrik, maka jenis ini malah dapat berbahaya untuk gigi Anda. Jika Anda senantiasa menggunakan pasta gigi tipe pasta ini tapi masih terdapat karies pada gigi Anda, lebih baik pilih pasta gigi tipe lain.

Jenis gel yang nyaman digunakan untuk sikat gigi elektrik atau interdental

Jenis gel yang nyaman digunakan untuk sikat gigi elektrik atau interdental

Pasta gigi gel biasanya memiliki tekstur yang halus. Tidak seperti tipe pasta, pasta gigi ini tidak memiliki bahan pengilap sehingga Anda tidak perlu khawatir pasta gigi ini akan mengikis enamel gigi.

Pasta gigi gel tidak perlu digunakan hingga berbusa untuk merasakan manfaatnya. Tipe ini sangat efektif jika digunakan bersamaan dengan sikat gigi interdental dan efektif untuk membersihkan celah pada gigi. Karena bahan pengilap tidak disertakan dalam produk ini, kotoran yang ada pada gigi tidak dapat hilang begitu saja. Pasta gigi gel akan lebih efektif jika digunakan dengan sikat gigi elektrik atau sebagai finishing setelah penggunakan pasta gigi bertipe pasta.

Tipe mouthwash yang mudah dan praktis

Tipe mouthwash yang mudah dan praktis

Banyak orang mengira bahwa pasta gigi tipe mouthwash sama dengan obat kumur gigi dan mulut. Namun, sesungguhnya tidaklah demikian. Pasta gigi tipe mouthwash sama seperti tipe pasta dan gel sehingga Anda tetap harus menyikat gigi Anda jika menggunakan tipe mouthwash ini.

Produk ini bisa Anda gunakan saat Anda tidak memiliki waktu untuk menggosok gigi, seperti saat sebelum tidur, dan saat Anda terburu-buru untuk pergi. Bagi Anda yang terbiasa dengan tipe gel, Anda pasti akan terbiasa dengan tipe mouthwash karena sensasi yang mirip ketika berada di dalam mulut.

Pilih bahan yang sesuai dengan masalah gigi Anda

Pasta gigi dibuat berbeda-beda tergantung dengan masalah pada gigi Anda. Berikut ini adalah kandungan yang mungkin terdapat pada pasta gigi. Pilihlah sesuai dengan masalah gigi Anda!

Kandungan fluoride 950 ppm atau lebih untuk pencegahan karies

Kandungan fluoride 950 ppm atau lebih untuk pencegahan karies

Jika Anda ingin melindungi gigi dari karies, pilihlah pasta gigi dengan kandungan fluoride. Fluoride merupakan satu-satunya bahan yang telah terbukti secara efektif untuk pencegahan karies. Selain itu, kandungan fluoride juga dapat membuat enamel gigi lebih kuat.

Pada daftar ingredients, terdapat berbagai macam nama fluoride, seperti sodium fluorophosphate, stannous fluoride, dan lainnya. Pastikan fluoride yang terkandung pada pasta gigi tersebut memiliki konsentrasi 950 ppm atau lebih agar dapat bekerja secara efektif mencegah karies. Namun, pasta gigi yang dijual di pasaran biasanya tidak memiliki fluoride dengan konsentrasi terlalu tinggi. Mudahnya, Anda dapat menemukan pasta gigi berkandungan fluoride tinggi di poliklinik gigi.

Kandungan chlorhexidine yang efektif untuk pencegahan periodentitis

Kandungan chlorhexidine yang efektif untuk pencegahan periodentitis

Jika Anda ingin mencegah periodentitis gigi, Anda dapat memilih pasta gigi dengan kandungan chlorhexidine. Kandungan sodium oxide juga dapat dipilih karena dapat memicu sirkulasi darah pada gusi. Namun, pasta gigi yang terdapat di pasaran hanya dapat mencegah periodentitis. Oleh sebab itu, Anda dapat berkonsultasi pada dokter gigi jika sudah terinfeksi periodentitis.

Anda juga perlu memahami bahwa penggunaan pasta gigi dengan kandungan anti-inflamasi merupakan tindakan sementara. Untuk tindak lanjut, Anda dapat berkonsultasi pada dokter gigi.

Kandungan aluminium laktat atau kalium nitrat yang baik untuk gigi sensitif

Kandungan aluminium laktat atau kalium nitrat yang baik untuk gigi sensitif

Gigi sensitif seringkali membuat Anda merasa ngilu ketika makan makanan seperti es, kuah panas, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan oleh enamel gigi yang tergores akibat menyikat gigi yang berlebihan atau terlalu keras. Aluminium laktat dan kalium nitrat dapat membantu melapisi gigi Anda sehingga gigi tidak mudah ngilu.

Namun, hal ini merupakan tindakan sementara. Jika Anda sudah merasakan sakit yang hebat, sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk tindak lanjut.

Kandungan whitening agent untuk gigi yang lebih putih

Kandungan whitening agent untuk gigi yang lebih putih

Whitening sebenarnya adalah bleaching effect atau efek pemutih yang berarti membuat gigi Anda menjadi putih tanpa membersihkan permukaannya. Pasta gigi whitening secara kasar dapat dibagi menjadi dua, yaitu pasta gigi yang bertekstur yang sangat halus dan pasta gigi berkandungan malic acid. Pasta gigi yang memiliki tekstur sangat halus dapat dengan mudah menghilangkan noda warna pada gigi. Sedangkan pasta gigi whitening yang mengandung malic acid sebenarnya bukan termasuk pasta gigi whitening tetapi mampu membuat gigi Anda tampak lebih putih.

Pasta gigi yang memiliki bahan bersifat abrasif kuat juga dapat merusak gigi Anda. Jadi, jika Anda memang ingin memutihkan gigi Anda, lebih baik kunjungi poliklinik gigi untuk mendapatkan penanganan bleaching effect.

Kandungan bahan bersifat abrasif kuat dapat membahayakan gigi

Kandungan bahan bersifat abrasif kuat dapat membahayakan gigi

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa pasta gigi dengan bahan abrasif kuat dapat meningkatkan risiko kerusakan pada gusi dan enamel gigi. Sebenarnya tidak salah jika Anda memilih pasta gigi dengan kandungan bahan abrasif kuat untuk mencegah karies. Namun, pasta gigi yang memiliki bahan bersifat abrasif lemah akan lebih baik untuk gigi. Jika tidak ada alasan khusus untuk itu, lebih baik pilih pasta gigi yang berbahan ringan saja.

Pasta gigi dengan sedikit busa untuk kebersihan gigi lebih menyeluruh

Pasta gigi dengan sedikit busa untuk kebersihan gigi lebih menyeluruh

Pasta gigi dengan busa yang cukup banyak cenderung menutupi seluruh bagian gigi, termasuk bagian gigi yang belum Anda sikat. Karena sudah tertutup busa, barangkali Anda merasa telah menyikatnya, padahal sebenarnya Anda belum menyentuhnya sama sekali. Bila begini terus, kotoran akan tetap menempel pada gigi yang tidak tersikat dan akan menyebabkan gigi berlubang.

Pasta gigi dengan sedikit busa atau tanpa busa mungkin tidak nyaman dipakai jika Anda terbiasa menggunakan pasta gigi berbusa. Namun, agar tidak ada bagian gigi yang terlupakan saat menyikat, lebih baik gunakan pasta gigi dengan sedikit busa.

Untuk anak-anak, hindari rasa pasta gigi yang terlalu menyegarkan

Untuk anak-anak, hindari rasa pasta gigi yang terlalu menyegarkan

Pada dasarnya, pasta gigi anak sama dengan pasta gigi dewasa, hanya saja pasta gigi anak memiliki varian rasa yang disukai anak. Varian rasa pada pasta gigi merupakan hal yang penting agar anak Anda mau menyikat gigi. Sedangkan rasa dengan sensasi menyegarkan seperti mint dan menthol akan terasa pedas di mulut anak dan mungkin tidak disukai anak. Pilihlah pasta gigi dengan varian rasa yang disukai seperti rasa buah-buahan.

Pasta gigi dengan xylitol juga disarankan untuk anak karena xylitol memiliki rasa manis. Namun, tetap pilihlah varian rasa yang disukai anak.

10 Rekomendasi pasta gigi terbaik untuk gigi lebih sehat

Setelah mengetahui jenis-jenis dan varian pasta gigi, Anda pasti sudah tahu pasta gigi mana yang tepat untuk Anda. Di bawah ini kami berikan sepuluh rekomendasi yang dapat Anda pilih.

10. Unilever Close Up Diamond Attraction Power White

10. Unilever Close Up Diamond Attraction Power White

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 20.300

Gigi tampak putih bersinar dan nafas terasa segar

Pasta gigi ini cukup unik karena busanya berwarna biru dengan teknologi blue lightnya yang mampu membuat gigi Anda tampak lebih putih sejak pemakaian pertama. Noda yang ada pada gigi Anda akan terangkat dan gigi Anda menjadi lebih putih dan bersih.

Tidak hanya itu saja, gigi Anda juga menjadi lebih bersih dari kotoran dan terhindar dari bau mulut. Pasta gigi ini juga dapat membuat nafas Anda terasa segar lebih lama. Pasta gigi ini direkomendasikan oleh pakar kesehatan gigi kosmetik untuk Anda yang menginginkan gigi yang lebih putih dengan cepat.

9. OT Formula Advanced Oral Protection & Care Charcoal

9. OT Formula Advanced Oral Protection & Care Charcoal

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 11.000

Kandungan charcoal yang dapat mencegah tumbuhnya bakteri dalam mulut

Pasta gigi dari Formula ini dapat menyerap dan membersihkan kotoran di sela-sela gigi yang sulit dijangkau karena kandungan charcoalnya. Produk ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin menyikat gigi dengan hasil yang lebih bersih. Charcoal juga dapat mencegah tumbuhnya bakteri di dalam mulut sehingga gigi dan mulut menjadi lebih higienis.

Formula pasta gigi ini mengandung tea tree oil yang dapat membunuh bakteri yang menjadi penyebab masalah di dalam mulut. Diperkaya juga dengan mint yang dapat memberikan sensasi dingin di mulut sehingga membuat nafas segar lebih lama.

8. Hawley & Hazel Darlie Double Action Toothpaste

8. Hawley & Hazel Darlie Double Action Toothpaste

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 8.500

Nafas kembali segar berkat spearmint dan peppermint

Produk pasta gigi asal Amerika Serikat ini dapat membuat gigi lebih sehat sekaligus membuat nafas Anda menjadi lebih segar. Diformulasikan dengan superfine cleaning agent sehingga gigi Anda dapat bersih tanpa ada kotoran yang tersisa. Diperkaya juga dengan fluoride yang dapat memperkuat gigi dan mencegah terbentuknya karies.

Pasta gigi ini dapat membantu menjaga nafas Anda selalu segar dengan kandungan spearmint dan peppermint. Jika Anda menginginkan gigi yang bersih dan kuat sekaligus terhindar dari bau mulut, produk ini cocok untuk menjadi pilihan Anda.

7. Unilever Pepsodent Expert Protection Gum Health

7. Unilever Pepsodent Expert Protection Gum Health

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 21.050

Mampu memperbaiki lubang tak kasat mata pada gigi

Pepsodent Expert Protection Gum Health dapat membantu mempertahankan kesehatan gigi dan gusi Anda. Berkat kandungan vitamin E dan antioksidannya, produk ini bahkan mampu mencegah peradangan gusi. Gigi Anda pun dapat terlindungi dari bakteri dan plak. Jika Anda memiliki masalah pada gusi, produk ini cocok untuk Anda.

Selain itu, pasta gigi ini dapat memperbaiki lubang tak kasat mata yang ada di gigi Anda dan membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang dapat membuat gigi Anda berlubang. Pasta gigi Pepsodent ini juga dapat membantu mengangkat noda pada gigi sehingga gigi tampak lebih putih.

6. GSK Sensodyne Rapid Relief

6. GSK Sensodyne Rapid Relief

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 27.650

Ngilu pada gigi hilang dengan cepat, makan pun kembali lancar

Pasta gigi yang khusus dibuat untuk gigi sensitif ini dapat digunakan langsung dengan cara dioleskan pada gigi yang ngilu untuk menghilangkan rasa ngilu tersebut dengan cepat. Formulanya dapat membantu melindungi gigi Anda dari rasa ngilu selama 24 jam dengan cara menyumbat dentin gigi yang terbuka. Jika Anda memiliki gigi sensitif dan sering ngilu, cobalah produk yang satu ini.

Pasta gigi ini juga mengandung fluoride yang dapat mencegah gigi berlubang. Selain itu, plak pada gigi Anda juga dapat berkurang sehingga gigi Anda akan lebih bersih dan sehat. Untuk perlindungan terhadap ngilu yang lebih tahan lama, Anda dapat menggunakannya dua kali sehari.

5. Enzym Bioteknologi Internusa Enzim Original Classic Mild

5. Enzym Bioteknologi Internusa Enzim Original Classic Mild

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia 

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 9.800

Siap tampil percaya diri dengan nafas segar sepanjang hari?

Pasta gigi ini tidak mengandung deterjen sehingga semua rongga gigi dapat terjangkau dan lebih mudah dibersihan. Produk ini juga mengandung enzim-enzim yang dapat mengontrol pertumbuhan bakteri dalam air liur sehingga nafas Anda menjadi segar. Jika Anda ingin terhindar dari bau mulut, Anda dapat mencoba produk ini.

Pasta gigi Enzim ini juga mengandung fluoride yang dapat memperkuat gigi dan mencegah gigi berlubang. Selain itu, pasta gigi ini juga mengandung laktoferin serta lisozim yang dapat meningkatkan perlindungan terhadap gigi sehingga gigi menjadi lebih kuat dan sehat.

4. Lion Systema Nano Menthol Breeze

4. Lion Systema Nano Menthol Breeze

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 9.800

Kalsium nanonya bisa mencegah karies sejak dini

Lion Systema Nano Menthol Breeze mengandung kalsium nano yang dapat memperbaiki karies dini dan membantu mencegah gigi berlubang dalam 14 hari pemakaian. Kalsium nano yang terkandung dalam pasta gigi ini juga dapat mencegah karies muncul pada gigi. Bila Anda memiliki bakal karies pada gigi, Anda dapat mencoba produk ini.

Kandungan detergen pada pasta gigi ini juga sedikit sehingga tidak membuat gigi Anda terasa kesat berlebihan setelah pemakaian. Formulanya membuat gigi Anda menjadi lebih kuat dan mencegah terjadinya gigi berlubang dengan menutup lubang-lubang mikro pada gigi Anda.

3. Unilever Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang 3x Aksi with Sugar Acid Fighter

3. Unilever Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang 3x Aksi with Sugar Acid Fighter

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 15.700

3 aksi nyata untuk gigi sehat dan kuat tanpa lubang!

Pasta gigi Pepsodent dapat mencegah lubang di gigi dengan 3 aksi yaitu melawan asam di dalam mulut yang dapat membuat gigi cepat berlubang, membantu memperbaiki lubang tak kasat mata dengan kandungan mineralnya, dan menjaga gigi agar tetap kuat terhadap asam.

Pepsodent Toothpaste Sugar Acid Fighter ini mengandung 50% kalsium lebih banyak dari pasta gigi lainnya, serta ampuh membunuh kuman dan membuat gigi menjadi lebih kuat dan sehat. Produk ini cocok untuk digunakan sebagai pencegahan gigi berlubang yang ampuh untuk Anda.

2. Colgate-Palmolive Colgate Maximum Cavity Protection Plus Sugar Acid Neutralizer

2. Colgate-Palmolive Colgate Maximum Cavity Protection Plus Sugar Acid Neutralizer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 10.900

Mencegah gigi berlubang sejak dini

Pasta gigi ini mampu mencegah gigi berlubang berkat formula sugar acid neutralizer yang dikandunganya. Formula ini dapat menekan perubahan gula menjadi asam yang menyebabkan gigi mudah berlubang. Produk ini direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan perlindungan dari gigi berlubang. Pasta gigi ini juga dapat mengurangi adanya plak gigi.

Colgate Maximum Cavity With Sugar Acid Neutralizer Cool Mint Toothpaste juga mengandung fluoride yang membuat gigi menjadi lebih bersih. Pasta gigi ini dapat digunakan oleh anak mulai usia 2 tahun dengan penggunaan pasta gigi sebesar biji jagung.

1. Himalaya Sparkling White Toothpaste

1. Himalaya Sparkling White Toothpaste

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 21.500

Gigi lebih putih tanpa perlu khawatir enamel gigi rusak. Tertarik?

Produk dari Himalaya Herbals ini diformulasikan dari bahan-bahan alami, seperti buah-buahan dan tumbuhan herbal. Mengandung pemutih yang berasal dari bahan-bahan alami, Anda tidak perlu khawatir enamel gigi Anda rusak. Jika Anda ingin gigi lebih putih secara alami, pasta gigi Himalaya Sparkling White ini dapat menjadi pilihan.

Selain membuat gigi lebih putih, pasta gigi ini juga dapat memperkuat gusi dan mencegah peradangan. Pasta gigi ini juga mengandung agen antioksidan dan antiseptik alami yang membuat gigi Anda tetap terlindungi dari bakteri sehingga nafas Anda akan tetap segar sepanjang hari.

Bau mulut sulit dicegah hanya dengan pasta gigi

Bau mulut sulit dicegah hanya dengan pasta gigi

Banyak pasta gigi yang mengklaim memiliki kandungan yang dapat mengatasi bau mulut seperti charcoal atau rapeseed. Namun, sebenarnya hal tersebut tidaklah mungkin. Anda tidak dapat mengatasi bau mulut hanya dengan menggunakan pasta gigi. Pasta gigi dapat mengurangi bau, tapi hanya untuk sementara saja karena penyebab bau mulut pun berbeda-beda, bisa disebabkan oleh penyakit periodontal maupun kekurangan air liur.

Untuk menghilangkan bau mulut dengan tepat, yang harus dilakukan adalah menyembuhkan penyakit periodontal dengan cara memperbaiki saraf otonom. Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan produksi air liur dengan cara mengunyah permen karet dan makan makanan yang baik. Jadi, jika Anda ingin mencegah bau mulut, lebih baik lakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik untuk mulut dan gigi Anda.

Namun, jika Anda sudah merasa sangat terganggu dengan bau mulut Anda, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter gigi.

Kesimpulan

Penggunaan pasta gigi setiap hari dapat membuat gigi kita lebih sehat. Namun, itu hanya dapat diwujudkan dengan cara memilih pasta gigi yang tepat untuk permasalahan gigi Anda. Pasta gigi memiliki kandungan yang berbeda-beda disesuaikan dengan permasalahan gigi penggunanya. Untuk itu, pilihlah pasta gigi yang tepat dan sesuai dengan masalah gigi Anda.

Pada artikel di atas, kami telah memberikan sepuluh rekomendasi pasta gigi yang memiliki berbagai manfaat. Semoga Anda dapat menemukan produk yang tepat setelah membaca artikel ini, ya!