10 Rekomendasi Bluetooth Keyboard Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Bluetooth Keyboard Terbaik (Terbaru Tahun 2018)


Salah satu tipe keyboard tanpa kabel adalah Bluetooth keyboard. Keyboard dengan nama lain wireless keyboard ini populer karena mudah dibawa kemana-mana dan praktis penggunaannya. Alat ini bisa digunakan untuk smartphone, tablet, laptop, ultrabook, bahkan perangkat komputer.

Tersedianya beragam merek seperti Logitech, Microsoft, LG, dan sebagainya serta berbagai jenis Bluetooth keyboard mungkin membuat Anda sulit memilih alat ini. Pada artikel ini, kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih Bluetooth keyboard terbaik bagi Anda dan merekomendasikan 10 yang terbaik. Selamat membaca!

Daftar isi

Mengenal Bluetooth keyboard

Mengenal Bluetooth keyboard

Saat ini, banyak orang ingin menggunakan keyboard tanpa kabel untuk kepraktisan. Salah satu teknologi yang digunakan untuk menunjang hal ini adalah Bluetooth. Teknologi Bluetooth dikembangkan oleh perusahaan telepon Ericsson dari Swedia. Bluetooth memungkinkan Anda menggunakan alat elektronik tanpa kabel, dengan gelombang berfrekuensi 2,4 GHz.

Teknologi Bluetooth merupakan sebuah sistem standar yang banyak digunakan para pembuat gadget untuk salah satu teknologi nirkabel mereka. Dengan Bluetooth, Anda dapat menghubungkan keyboard Anda dengan smartphone, komputer, laptop, tablet, smart TV, dan game console. Bluetooth keyboard juga praktis dan mudah dibawa ke mana saja.

Koneksi pada Bluetooth keyboard

Koneksi pada Bluetooth keyboard

Ada dua tipe koneksi pada peralatan dengan Bluetooth. Tipe yang menggunakan terminal penerima (receiver) yang dimasukkan pada lubang USB dan tipe yang tidak menggunakan receiver. Pada tipe Bluetooth keyboard dengan receiver USB, keyboard hanya bisa digunakan dengan alat yang terhubung dengan receiver tersebut. Biasanya tipe ini hanya bisa digunakan dalam jarak 2–3 meter saja.

Bluetooth keyboard yang tidak menggunakan receiver dapat disambungkan dengan cara pairing otomatis pada gadget yang ingin disambungkan. Teknologi Bluetooth pada keyboard akan mengenali alat lain dengan teknologi dan frekuensi yang sama. Dengan cara ini, koneksi dapat dilakukan dari jarak 10 meter.

Cara memilih Bluetooth keyboard

Keyboard adalah salah satu alat penting yang harus ada saat Anda menggunakan gadget. Selain bentuk dan ukurannya, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat ingin membeli alat ini. Performa dan kenyamanan saat digunakan adalah  hal yang penting untuk diperhatikan. Berikut adalah tips kami dalam memilih Bluetooth keyboard.

Pilih bentuk dan ukuran keyboard yang sesuai

Pilih bentuk dan ukuran keyboard yang sesuai

Ada beragam ukuran Bluetooth keyboard yang dapat Anda pilih. Keyboard berukuran besar tentu akan memiliki tombol panel yang besar pula, sehingga mudah untuk ditekan saat mengetik. Namun, keyboard besar akan sulit untuk dibawa ke mana-mana. Sementara, keyboard berukuran kecil lebih bersifat portabel, dengan tombol yang juga berukuran kecil.

Untuk kepraktisan saat membawanya, Anda bisa memilih keyboard yang bisa dilipat atau digulung. Namun, Anda harus berhati-hati memilih jenis keyboard seperti ini. Pastikan alat tersebut kuat dan tahan lama untuk digunakan.

Pilih tombol yang nyaman ditekan

Pilih tombol yang nyaman ditekanKeyboard yang Anda gunakan harus memiliki ukuran tombol yang pas agar nyaman digunakan. Secara umum, ukuran standar tombol pada keyboard adalah 18–19 mm. Keyboard yang besar memiliki tombol yang lebih besar, dan pada keyboard mini tombolnya lebih kecil. Hal ini akan menentukan ukuran keyboard. Pastikan ukuran tombol nyaman untuk jari-jari tangan Anda.

Anda juga perlu memperhatikan key stroke, yaitu kedalaman tombol saat ditekan. Standar untuk key stroke adalah 3 mm. Jika lebih dalam dari itu, Anda perlu menekan tombol lebih keras saat mengetik. Hal ini akan berpeluang menimbulkan kesalahan saat mengetik dan juga melelahkan jari. Jika lebih dangkal, biasanya respon tombol lemah tetapi bisa digunakan untuk mengetik dengan kecepatan tinggi.

Pilih tipe mekanisme tombol

Keyboard memiliki empat tipe mekanisme tombol. Mekanisme ini menentukan respon tombol keyboard saat dipakai untuk mengetik. Respon ini dapat diketahui dari suara tombol saat dipencet dan daya tahan keyboard.

Tipe membran yang murah dan banyak digunakan

Tipe membran yang murah dan banyak digunakan

Keyboard bertipe membran biaya produksinya relatif murah, sehingga keyboard tipe ini banyak digunakan. Keyboard dengan tipe membran memiliki membran silikon di bawah tombol-tombolnya. Membran ini menghantarkan sinyal tombol yang dipencet pada mesin. Dengan respon seperti pegas, membran membuat tombol memantul setelah dipencet.

Keyboard tipe membran biasanya memiliki key stroke yang cukup dalam karena respon seperti pegas tadi. Ini membuat jari cepat lelah saat mengetik. Biasanya, keyboard tipe membran tidak mengeluarkan suara atau mengeluarkan suara yang kecil. Anda tidak akan terganggu dengan suara berisik tombol yang dipencet saat mengetik. Keyboard dengan membran juga memiliki keunggulan tahan terhadap air.

Tipe pantograph yang ringan

Tipe pantograph yang ringan

Seperti pada keyboard bertipe membran, keyboard dengan tipe pantograph juga menggunakan lapisan silikon di bawah tombol keyboard. Perbedaannya dengan tipe membran adalah silikon pada tipe pantograph lebih tipis dan lebih sensitif. Lapisan silikon yang tipis ini juga membuat key stroke berkurang, sehingga mengetik tidak akan membuat jari lelah.

Kekurangan keyboard tipe pantograph adalah lapisan silikon yang tipis membuatnya rentan dan kurang tahan lama. Anda juga harus berhati-hati mengetik dengan keyboard tipe pantograph, kesensitifan tombol dapat membuat Anda mudah typo saat mengetik. Namun, keyboard tipe ini lebih tidak berisik dibandingkan tipe membran. Anda akan betah mengetik lama dengan keyboard ini.

Tipe mekanis yang tahan lama

Tipe mekanis yang tahan lama

Keyboard tipe mekanis merupakan keyboard yang sesuai untuk penggunaan heavy-duty atau berat. Tipe ini memiliki pegas logam berkualitas tinggi sehingga saat dipencet tombol akan segera memantul. Saat tombol dipencet, Anda akan mendengar suara klik yang khas dan tombol tersebut mengirim sinyal pada komputer.

Keyboard tipe mekanis biasanya banyak digunakan oleh para pemain games. Banyak yang menyatakan bahwa keyboard mekanis lebih nyaman digunakan baik untuk games atau mengetik dibandingkan keyboard membran dan pantograph. Namun, keyboard mekanis relatif lebih mahal daripada dua tipe keyboard sebelumnya.

Tipe contactless bagi para profesional

Tipe contactless bagi para profesional

Keyboard dengan tipe contactless memiliki pegas conical yang bekerja untuk memantulkan tombol serta mengirimkan sinyal pada komputer saat Anda memencet suatu tombol. Pegas ini membuat tombol tidak bersentuhan langsung dengan print board sehingga tidak menimbulkan keausan. Keyboard tipe ini tahan lama dan tidak bersuara. Key stroke pada keyboard ini sangat halus sehingga tidak melelahkan jari Anda sangat menggunakannya.

Fungsi multipairing dan switching

Fungsi multipairing dan switching

Teknologi Bluetooth membuat keyboard dapat dihubungkan dengan komputer, laptop, tablet, smartphone, game console, dan smart TV. Apa pun bisa disambungkan dengan Bluetooth selama alat tersebut kompatibel. Fungsi multipairing dan switching pada Bluetooth keyboard akan memudahkan Anda saat menyambungkan gadget dengan keyboard.

Fungsi multipairing dan switching memungkinkan Bluetooth keyboard untuk terhubung dengan beberapa gadget. Tidak perlu repot mengubah pengaturan saat akan menggunakan Bluetooth keyboard pada gadget yang akan digunakan, Anda cukup menunggu alat-alat tersebut tersambung.

Contoh fungsi ini adalah: Anda memakai Bluetooth keyboard untuk mengetik pada komputer dan juga menyambungkannya dengan smartphone dengan multipairing dan switching. Saat ada pesan masuk ke smartphone Anda, Anda bisa langsung membalas pesan tersebut dengan mengetik pada keyboard yang sama dengan yang Anda gunakan untuk mengetik pada komputer.

Pilih kapasitas baterai yang tinggi

Pilih kapasitas baterai yang tinggiKeyboard tanpa kabel sudah pasti menggunakan baterai untuk sumber dayanya. Ada yang menggunakan baterai yang bisa diisi ulang, ada juga yang menggunakan baterai kering. Pastikan Anda mengetahui berapa lama proses isi ulang baterai keyboard Anda dan berapa lama keyboard bisa digunakan pada saat kapasitasnya penuh.

Pilih yang kompatibel dengan sistem operasi yang Anda pakai

Pilih yang kompatibel dengan sistem operasi yang Anda pakai

Hal terakhir yang perlu Anda pastikan saat memilih Bluetooth keyboard adalah apakah alat tersebut kompatibel dengan sistem operasi yang Anda gunakan pada gadget Anda. Saat ini, sistem operasi yang paling banyak digunakan adalah Windows, iOS, Mac, dan Android. Akan lebih mudah bagi Anda jika keyboard bisa digunakan untuk ketiga jenis sistem operasi tersebut tanpa harus memasang software-nya terlebih dulu.

10 Rekomendasi Bluetooth keyboard terbaik

Tidak sulit memilih Bluetooth keyboard jika Anda sudah mengetahui caranya. Setelah menetapkan apa saja yang Anda butuhkan dalam sebuah Bluetooth keyboard, Anda bisa memilih Bluetooth keyboard terbaik dari rekomendasi kami di bawah ini.

10. Vakind Bluetooth Keyboard F8S

10. Vakind Keyboard Bluetooth F8S

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 653.000

Bluetooth keyboard dengan cangkang pelindung yang kuat

Bluetooth keyboard dari Vakind ini menggunakan Bluetooth 3.0, Anda tidak memerlukan kata sandi untuk menyambungkannya dengan gadget Anda. Dapat digunakan dengan sistem operasi Mac, iOS, Windows, dan Android, alat ini memiliki sistem plug and play untuk dapat digunakan. Alat ini dilengkapi kerangka pelindung yang berbahan aluminium tipis sehingga tahan lama.

Keyboard ini memiliki lampu penerang dari dalam, sehingga Anda bisa menggunakannya di tempat dengan cahaya minim. Alat ini tahan air, debu, dan suaranya sangat minim. Anda akan merasa nyaman mengetik dengan alat ini. Baterainya dapat diisi ulang dengan kapasitas 500 mAh, akan tahan dalam 5 jam kerja mengetik standar.

9. QQ-Tech Mini Bluetooth Keyboard

9. QQ-Tech Mini Bluetooth Keyboard

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 334.000

Mini Bluetooth keyboard harga terjangkau dengan performa tinggi

Mini Bluetooth Keyboard dari QQ-Tech ini merupakan keyboard berteknologi Bluetooth dengan harga terjangkau. Alat ini selain berfungsi sebagai keyboard juga berfungsi sebagai remote control untuk gadget multimedia Anda. Selain dilengkapi dengan tombol-tombol QWERTY, alat ini juga memiliki tombol play, stop, pause, dan tombol pengatur volume suara.

Menggunakan baterai Li-ion, alat ini bisa diisi ulang dengan kabel USB. Gadget yang bisa disambungkan dengan alat ini adalah alat-alat dengan sistem operasi Windows, Mac, dan Android. Pastikan gadget Anda memiliki sistem Bluetooth yang kompatibel dengan keyboard ini, karena alat ini tidak disertai dengan Bluetooth dongle.

8. Riitek Mini Wireless Keyboard i8+

8. Riitek Mini Wireless Keyboard i8+

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 525.000

Bluetooth keyboard mini dengan ukuran pas di tangan

Keyboard mini ini memiliki ukuran 14,8 x 9,7 cm dengan ketebalan 1,85 cm, dengan berat 109 gram. Alat ini bisa Anda sambungkan dengan gadget lain menggunakan adaptor melalui koneksi Bluetooth pada frekuensi radio 2,4 GHz. Selain sebagai keyboard, alat ini bisa digunakan untuk remote control dan touchpad. Bluetooth keyboard mini ini sangat nyaman digunakan untuk bermain games karena pas di tangan.

Alat ini dilengkapi dengan kabel mini USB untuk mengisi ulang baterai Li-ion 280 mAh. Karena ukurannya yang pas, keyboard yang sudah dilengkapi dengan 92 tombol QWERTY dan tombol multimedia ini akan membuat Anda merasa nyaman saat mengetik. Selain itu, alat ini disertai dengan lampu di bagian dalamnya sehingga Anda bisa menggunakannya dengan mudah saat minim cahaya.

7. Yuzihan Mini Roll Up Bluetooth Keyboard

7. Yuzihan Mini Roll Up Bluetooth Keyboard

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 677.553

Bluetooth keyboard gulung berbahan silikon yang mungil

Bluetooth keyboard ini terbuat dari bahan silikon yang lentur sehingga Anda bisa dengan mudah menggulungnya. Alat ini berukuran mini, yakni 19,8 x 6,8 cm, dan dapat disimpan dengan mudah dalam saku celana Anda setelah digulung. Ukuran masing-masing tombol kurang dari 1 cm, tetapi sensitivitas tombol cukup tinggi sehingga Anda tidak perlu memencetnya dengan keras.

Alat ini memiliki bobot 95 gram, karena terbuat dari silikon maka alat ini bersifat anti air. Dengan Bluetooth 3.0 Anda bisa menggunakan keyboard ini dari jarak 10 meter dari gadget Anda. Sumber dayanya adalah baterai Li-Ion yang dapat diisi ulang dengan kabel USB. Anda bisa menggunakan keyboard ini dengan gadget Mac, iOS, Windows, dan Android.

6. Mojo Bluetooth Virtual Keyboard

6. Mojo Bluetooth Virtual Keyboard

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.270.000

Bluetooth keyboard canggih dengan proyeksi laser

Keyboard virtual yang diproyeksikan dengan laser ini bisa digunakan pada komputer, laptop, smartphone, dan tablet Anda dengan cara menyambungkan koneksi Bluetooth. Saat digunakan, Anda harus memproyeksikan keyboard ini pada permukaan yang datar dan tidak mengilap. Proyeksi keyboard QWERTY ini berukuran 24 x 10 cm, memiliki sensitivitas yang tinggi dan laju deteksi 350 huruf per menit.

Alat ini menggunakan baterai Li-Ion yang bisa diisi ulang dengan kabel USB. Lama pengisian ulang 120 menit dan dapat digunakan mengetik selama 200 menit. Bagi Anda yang terbiasa mengetik dengan keyboard, pada awalnya mungkin terasa aneh karena tidak ada reaksi pantul pada tombol keyboard. Namun, Bluetooth keyboard virtual ini sangat praktis dan mudah digunakan.

5. iPazzPort Pro Mini Wireless Keyboard KP810

5. iPazzPort Pro Mini Wireless Keyboard KP810

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 1.045.000

Bluetooth keyboard mini yang serba guna

iPazzPort Pro Mini Wireless Keyboard merupakan keyboard mini dengan empat fungsi. Alat ini bisa berfungsi sebagai keyboard, touchpad, laser pointer, dan remote control. Dengan koneksi Bluetooth, keyboard mini ini bisa disambungkan pada komputer, laptop, tablet, dan smart TV dengan sistem operasi Windows, iOS, Mac, Android, dan Linux.

Bluetooth pada alat ini hanya bisa disambungkan dengan dongle dengan frekuensi 2,4 GHz. Jangkauan Bluetooth bisa mencapai 10 meter, alat ini memiliki tombol QWERTY dan tombol multimedia (suara, mute, play, pause, stop). Dilengkapi dengan kabel USB untuk mengisi ulang baterainya, alat ini bisa digunakan untuk 75 jam setelah diisi ulang penuh selama 6 jam.

4. Samsung Bluetooth Keyboard

4. Samsung Bluetooth Keyboard

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 799.000

Bluetooth keyboard khusus gadget Android Anda

Samsung Bluetooth Keyboard memungkinkan Anda mengetik dengan nyaman dan tanpa kabel. Terhubung dengan gadget menggunakan koneksi Bluetooth 3.0, keyboard ini hanya bisa digunakan untuk gadget dengan sistem operasi Android.

Dengan teknologi Bluetooth terbaru, alat ini memiliki masa pakai yang panjang dengan baterai yang terisi penuh. Alat ini dilengkapi dengan hotkeys yang membantu Anda menggunakan smartphone saat tersambung dengan keyboard ini. Anda bisa menggunakan smartphone Anda dengan mudah, seperti tanpa keyboard tambahan.

3. Microsoft Universal Foldable Keyboard

3. Microsoft Universal Foldable Keyboard

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 850.000

Bluetooth keyboard lipat yang muat di dalam kantung baju

Microsoft mengeluarkan Bluetooth keyboard yang dapat dilipat. Sangat unik, keyboard yang sudah menggunakan Bluetooth 4.0 ini memiliki panjang sekitar 15 cm dalam keadaan terlipat. Anda bisa dengan mudah menyimpannya di tas atau bahkan di kantong baju. Kemudian, Anda cukup membuka lipatan untuk menyalakannya, serta melipat kembali untuk mematikannya.

Sesuai namanya, keyboard ini bersifat universal, yaitu dapat digunakan untuk berbagai gadget dengan sistem operasi Windows, iOS, Mac, dan Android. Alat ini bisa disambungkan dengan dua gadget sekaligus, Anda tinggal memencet switch untuk menyesuaikan gadget yang digunakan. Dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang, alat ini bisa dipakai selama 3 bulan jika diisi ulang secara penuh.

2. Logitech Bluetooth Multi Device Keyboard K480

2. Logitech Bluetooth Multi Device Keyboard K480

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.065.380

Bluetooth keyboard untuk tiga gadget sekaligus

Logitech adalah salah satu produsen asesoris komputer yang terkenal. Dengan Bluetooth keyboard dari Logitech K480 ini, Anda dapat mengetik menggunakan satu keyboard untuk tiga gadget. Alat ini bekerja pada sistem operasi iOS, Mac, Android, dan Windows dengan baik. Anda hanya perlu menekan satu tombol yang berada di bawah tombol Esc dan memilih pairing pada gadget Anda.

Pada keyboard K480 ini, teknologi multipairing dan switching berlangsung cepat sehingga nyaman digunakan. Alat ini menggunakan dua baterai AAA dan tidak dapat menggunakan kabel USB untuk pengisian ulang. Dengan penggunaan normal, baterai akan bertahan selama dua tahun. Namun, alat ini berbobot 821 gram sehingga sulit untuk dibawa kemana-mana.

1. LG Rolly Keyboard Wireless KBB-700

1. LG Rolly Keyboard Wireless KBB-700

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 1.182.000

Bluetooth keyboard gulung yang unik dan praktis

LG Rolly Keyboard adalah salah satu pemenang penghargaan inovasi Consumer Electronics Show pada tahun 2016. Bluetooth keyboard ini memiliki bentuk unik seperti gulungan yang mudah untuk dibawa. Keyboard ini memiliki berat hanya 156 gram, bertipe pantograph, dan menyerupai keyboard pada laptop. Koneksi Bluetooth pada alat ini bisa multipairing dan switching sehingga bisa digunakan pada banyak alat.

Anda bisa menggunakannya untuk smartphone dan tablet hingga ukuran 10 inci dengan menyenderkannya pada penahan yang disediakan. Dengan begitu, Anda bisa merasakan kenyamanan mengetik secara penuh dengan Bluetooth keyboard LG Rolly ini. Sumber dayanya adalah sebuah baterai ukuran AAA, jika tersambung dengan Bluetooth bisa digunakan selama 4 bulan.

Kesimpulan

Keyboard adalah asesoris komputer yang bisa membantu Anda dalam pekerjaan mengetik atau main games. Teknologi Bluetooth memberikan kepraktisan agar tidak direpotkan dengan kabel. Setelah membaca cara memilih Bluetooth keyboard terbaik di atas, Anda akan bisa memilih alat tersebut tanpa merasa bingung. Pastikan Bluetooth keyboard yang Anda pilih sesuai dengan preferensi Anda.