• 10 Rekomendasi Bluetooth Keyboard Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Keyboard Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Keyboard Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Keyboard Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Keyboard Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Bluetooth Keyboard Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Salah satu tipe keyboard tanpa kabel adalah Bluetooth keyboard. Keyboard dengan nama lain wireless keyboard ini populer karena mudah dibawa kemana-mana dan praktis penggunaannya. Alat ini bisa digunakan untuk smartphone, tablet, laptop, ultrabook, bahkan perangkat komputer.

Tersedianya beragam merek seperti Logitech, Microsoft, LG, dan sebagainya serta berbagai jenis Bluetooth keyboard mungkin membuat Anda sulit memilih alat ini. Pada artikel ini, kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih Bluetooth keyboard terbaik bagi Anda dan merekomendasikan 10 yang terbaik. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 94 Views
Daftar isi

Mengenal Bluetooth keyboard

Mengenal Bluetooth keyboard
Saat ini, banyak orang ingin menggunakan keyboard tanpa kabel untuk kepraktisan. Salah satu teknologi yang digunakan untuk menunjang hal ini adalah Bluetooth. Teknologi Bluetooth dikembangkan oleh perusahaan telepon Ericsson dari Swedia. Bluetooth memungkinkan Anda menggunakan alat elektronik tanpa kabel, dengan gelombang berfrekuensi 2,4 GHz.
Teknologi Bluetooth merupakan sebuah sistem standar yang banyak digunakan para pembuat gadget untuk salah satu teknologi nirkabel mereka. Dengan Bluetooth, Anda dapat menghubungkan keyboard Anda dengan smartphone, komputer, laptop, tablet, smart TV, dan game console. Bluetooth keyboard juga praktis dan mudah dibawa ke mana saja.

Koneksi pada Bluetooth keyboard

Koneksi pada Bluetooth keyboard
Ada dua tipe koneksi pada peralatan dengan Bluetooth. Tipe yang menggunakan terminal penerima (receiver) yang dimasukkan pada lubang USB dan tipe yang tidak menggunakan receiver. Pada tipe Bluetooth keyboard dengan receiver USB, keyboard hanya bisa digunakan dengan alat yang terhubung dengan receiver tersebut. Biasanya tipe ini hanya bisa digunakan dalam jarak 2–3 meter saja.
Bluetooth keyboard yang tidak menggunakan receiver dapat disambungkan dengan cara pairing otomatis pada gadget yang ingin disambungkan. Teknologi Bluetooth pada keyboard akan mengenali alat lain dengan teknologi dan frekuensi yang sama. Dengan cara ini, koneksi dapat dilakukan dari jarak 10 meter.

Cara memilih Bluetooth keyboard

Keyboard adalah salah satu alat penting yang harus ada saat Anda menggunakan gadget. Selain bentuk dan ukurannya, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat ingin membeli alat ini. Performa dan kenyamanan saat digunakan adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Berikut adalah tips kami dalam memilih Bluetooth keyboard.

Pilih bentuk dan ukuran keyboard yang sesuai

Pilih bentuk dan ukuran keyboard yang sesuai
Ada beragam ukuran Bluetooth keyboard yang dapat Anda pilih. Keyboard berukuran besar tentu akan memiliki tombol panel yang besar pula, sehingga mudah untuk ditekan saat mengetik. Namun, keyboard besar akan sulit untuk dibawa ke mana-mana. Sementara, keyboard berukuran kecil lebih bersifat portabel, dengan tombol yang juga berukuran kecil.
Untuk kepraktisan saat membawanya, Anda bisa memilih keyboard yang bisa dilipat atau digulung. Namun, Anda harus berhati-hati memilih jenis keyboard seperti ini. Pastikan alat tersebut kuat dan tahan lama untuk digunakan.

Pilih tombol yang nyaman ditekan

Pilih tombol yang nyaman ditekan
Keyboard yang Anda gunakan harus memiliki ukuran tombol yang pas agar nyaman digunakan. Secara umum, ukuran standar tombol pada keyboard adalah 18–19 mm. Keyboard yang besar memiliki tombol yang lebih besar, dan pada keyboard mini tombolnya lebih kecil. Hal ini akan menentukan ukuran keyboard. Pastikan ukuran tombol nyaman untuk jari-jari tangan Anda.
Anda juga perlu memperhatikan key stroke, yaitu kedalaman tombol saat ditekan. Standar untuk key stroke adalah 3 mm. Jika lebih dalam dari itu, Anda perlu menekan tombol lebih keras saat mengetik. Hal ini akan berpeluang menimbulkan kesalahan saat mengetik dan juga melelahkan jari. Jika lebih dangkal, biasanya respon tombol lemah tetapi bisa digunakan untuk mengetik dengan kecepatan tinggi.

Pilih tipe mekanisme tombol

Keyboard memiliki empat tipe mekanisme tombol. Mekanisme ini menentukan respon tombol keyboard saat dipakai untuk mengetik. Respon ini dapat diketahui dari suara tombol saat dipencet dan daya tahan keyboard.

Tipe membran yang murah dan banyak digunakan

Tipe membran yang murah dan banyak digunakan
Keyboard bertipe membran biaya produksinya relatif murah, sehingga keyboard tipe ini banyak digunakan. Keyboard dengan tipe membran memiliki membran silikon di bawah tombol-tombolnya. Membran ini menghantarkan sinyal tombol yang dipencet pada mesin. Dengan respon seperti pegas, membran membuat tombol memantul setelah dipencet.
Keyboard tipe membran biasanya memiliki key stroke yang cukup dalam karena respon seperti pegas tadi. Ini membuat jari cepat lelah saat mengetik. Biasanya, keyboard tipe membran tidak mengeluarkan suara atau mengeluarkan suara yang kecil. Anda tidak akan terganggu dengan suara berisik tombol yang dipencet saat mengetik. Keyboard dengan membran juga memiliki keunggulan tahan terhadap air.

Tipe pantograph yang ringan

Tipe pantograph yang ringan
Seperti pada keyboard bertipe membran, keyboard dengan tipe pantograph juga menggunakan lapisan silikon di bawah tombol keyboard. Perbedaannya dengan tipe membran adalah silikon pada tipe pantograph lebih tipis dan lebih sensitif. Lapisan silikon yang tipis ini juga membuat key stroke berkurang, sehingga mengetik tidak akan membuat jari lelah.
Kekurangan keyboard tipe pantograph adalah lapisan silikon yang tipis membuatnya rentan dan kurang tahan lama. Anda juga harus berhati-hati mengetik dengan keyboard tipe pantograph, kesensitifan tombol dapat membuat Anda mudah typo saat mengetik. Namun, keyboard tipe ini lebih tidak berisik dibandingkan tipe membran. Anda akan betah mengetik lama dengan keyboard ini.

Tipe mekanis yang tahan lama

Tipe mekanis yang tahan lama
Keyboard tipe mekanis merupakan keyboard yang sesuai untuk penggunaan heavy-duty atau berat. Tipe ini memiliki pegas logam berkualitas tinggi sehingga saat dipencet tombol akan segera memantul. Saat tombol dipencet, Anda akan mendengar suara klik yang khas dan tombol tersebut mengirim sinyal pada komputer.
Keyboard tipe mekanis biasanya banyak digunakan oleh para pemain games. Banyak yang menyatakan bahwa keyboard mekanis lebih nyaman digunakan baik untuk games atau mengetik dibandingkan keyboard membran dan pantograph. Namun, keyboard mekanis relatif lebih mahal daripada dua tipe keyboard sebelumnya.

Tipe contactless bagi para profesional

Tipe contactless bagi para profesional
Keyboard dengan tipe contactless memiliki pegas conical yang bekerja untuk memantulkan tombol serta mengirimkan sinyal pada komputer saat Anda memencet suatu tombol. Pegas ini membuat tombol tidak bersentuhan langsung dengan print board sehingga tidak menimbulkan keausan. Keyboard tipe ini tahan lama dan tidak bersuara. Key stroke pada keyboard ini sangat halus sehingga tidak melelahkan jari Anda sangat menggunakannya.

Fungsi multipairing dan switching

Fungsi multipairing dan switching
Teknologi Bluetooth membuat keyboard dapat dihubungkan dengan komputer, laptop, tablet, smartphone, game console, dan smart TV. Apa pun bisa disambungkan dengan Bluetooth selama alat tersebut kompatibel. Fungsi multipairing dan switching pada Bluetooth keyboard akan memudahkan Anda saat menyambungkan gadget dengan keyboard.
Fungsi multipairing dan switching memungkinkan Bluetooth keyboard untuk terhubung dengan beberapa gadget. Tidak perlu repot mengubah pengaturan saat akan menggunakan Bluetooth keyboard pada gadget yang akan digunakan, Anda cukup menunggu alat-alat tersebut tersambung.
Contoh fungsi ini adalah: Anda memakai Bluetooth keyboard untuk mengetik pada komputer dan juga menyambungkannya dengan smartphone dengan multipairing dan switching. Saat ada pesan masuk ke smartphone Anda, Anda bisa langsung membalas pesan tersebut dengan mengetik pada keyboard yang sama dengan yang Anda gunakan untuk mengetik pada komputer.

Pilih kapasitas baterai yang tinggi

Pilih kapasitas baterai yang tinggi
Keyboard tanpa kabel sudah pasti menggunakan baterai untuk sumber dayanya. Ada yang menggunakan baterai yang bisa diisi ulang, ada juga yang menggunakan baterai kering. Pastikan Anda mengetahui berapa lama proses isi ulang baterai keyboard Anda dan berapa lama keyboard bisa digunakan pada saat kapasitasnya penuh.

Pilih yang kompatibel dengan sistem operasi yang Anda pakai

Pilih yang kompatibel dengan sistem operasi yang Anda pakai
Hal terakhir yang perlu Anda pastikan saat memilih Bluetooth keyboard adalah apakah alat tersebut kompatibel dengan sistem operasi yang Anda gunakan pada gadget Anda. Saat ini, sistem operasi yang paling banyak digunakan adalah Windows, iOS, Mac, dan Android. Akan lebih mudah bagi Anda jika keyboard bisa digunakan untuk ketiga jenis sistem operasi tersebut tanpa harus memasang software-nya terlebih dulu.

10 Rekomendasi Bluetooth keyboard terbaik

Tidak sulit memilih Bluetooth keyboard jika Anda sudah mengetahui caranya. Setelah menetapkan apa saja yang Anda butuhkan dalam sebuah Bluetooth keyboard, Anda bisa memilih Bluetooth keyboard terbaik dari rekomendasi kami di bawah ini.

10. Vakind Bluetooth Keyboard F8S

Rp653.000,00

9. QQ-Tech Mini Bluetooth Keyboard

Rp334.000,00

8. Riitek Mini Wireless Keyboard i8+

Rp525.000,00

7. Yuzihan Mini Roll Up Bluetooth Keyboard

Rp677.553,00

6. Mojo Bluetooth Virtual Keyboard

Rp1.270.000,00

5. iPazzPort Pro Mini Wireless Keyboard KP810

Rp1.045.000,00

4. Samsung Bluetooth Keyboard

Rp799.000,00

3. Microsoft Universal Foldable Keyboard

Rp850.000,00

2. Logitech Bluetooth Multi Device Keyboard K480

Rp1.065.380,00

1. LG Rolly Keyboard Wireless KBB-700

Rp1.182.000,00

Kesimpulan

Keyboard adalah asesoris komputer yang bisa membantu Anda dalam pekerjaan mengetik atau main games. Teknologi Bluetooth memberikan kepraktisan agar tidak direpotkan dengan kabel. Setelah membaca cara memilih Bluetooth keyboard terbaik di atas, Anda akan bisa memilih alat tersebut tanpa merasa bingung. Pastikan Bluetooth keyboard yang Anda pilih sesuai dengan preferensi Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    7.795 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang, salah satunya menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang bagus beserta rekomendasi produk terbaik untuk Anda.
    Elektronik rumah tangga
    5.630 Views
  • 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Mempunyai rambut lurus tentunya menjadi idaman banyak wanita. Untuk itu, catok pelurus rambut diperlukan agar rambut dapat tergerai lurus, rapi, dan berkilau. Ada berbagai produsen yang menawarkan catok pelurus rambut terbaik, seperti Philips, Panasonic, atau Revlon. Namun, Anda akan menemukan perbedaan material pelat pemanas di antaranya keramik, titanium, atau teflon. Kali ini kami akan membagi beberapa tips cara memilih catok pelurus rambut sekaligus memperkenalkan sepuluh produk terbaik yang akan menyempurnakan penampilan Anda. Anda dapat membeli produk-produk catok pelurus tersebut secara online di Lazada, Tokopedia, atau Bukalapak.
    Elektronik rumah tangga
    6.038 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2019)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    6.464 Views
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Bluetooth headset adalah headset nirkabel yang praktis digunakan bukan hanya dalam urusan pekerjaan, melainkan juga untuk keperluan pribadi. Namun, beberapa variasi fitur dan harga bluetooh headset dapat membuat bingung pengguna dalam memilih produk yang tepat.Artikel berikut ini membahas cara memilih bluetooth headset yang bisa Anda jadikan referensi sebelum memilih produk. Selain itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi bluetooth headset terbaik dari Jabra, Bose, JBL, Samsung, dan Plantronics. Selamat menyimak!
    Elektronik rumah tangga
    5.164 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Siapa sih yang tidak ingin makan nasi putih pulen yang baru matang dengan nikmat? Produk rice cooker yang ada di pasaran saat ini sudah sangat bervariasi, mulai dari rice cooker keluaran merek ternama seperti Cosmos, Miyako, Yong Ma, Kirin, rice cooker yang juga memiliki fitur penghangat nasi, sampai rice cooker yang dilengkapi dengan teknologi induction heating (IH). Tidak hanya untuk memasak nasi putih, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, menggoreng telur, membuat agar-agar, dan berbagai jenis makanan lainnya.Kali ini kami akan memperkenalkan 10 produk rice cooker yang direkomendasikan dengan membandingkan harga dan keunggulan yang dimiliki masing-masing produk, kemudian mengurutkannya dalam format ranking. Kami juga akan memperkenalkan produk rice cooker yang bisa dibeli dengan harga murah namun memiliki kualitas yang tidak kalah dengan merek terkenal yang harganya lebih mahal! Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    3.601 Views
  • 10 Rekomendasi Speaker Pasif Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Speaker Pasif Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Bila ingin menikmati kualitas audio secara optimal, Anda wajib melengkapi sound system Anda dengan speaker pasif. Anda akan menemukan berbagai merek speaker pasif berkualitas, seperti Bose, JBL, harman/kardon, Yamaha, dan sebagainya. Semuanya berlomba-lomba menciptakan speaker pasif dengan kualitas suara menakjubkan.Sebelum mulai mempertimbangkan berbagai produk speaker pasif di pasaran, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi speaker pasif terbaik agar Anda bisa menemukan produk yang tepat. Nikmati kualitas audio yang mantap dengan speaker pasif favorit Anda!
    Elektronik rumah tangga
    1.200 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori