mybest
Keyboard komputer

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Keyboard komputer
  4. 10 Bluetooth Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Bluetooth Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Bluetooth Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Bluetooth Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Bluetooth Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Bluetooth Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Bluetooth Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2024)

Bluetooth keyboard, dikenal juga sebagai wireless keyboard, membantu proses mengetik menjadi lebih efisien. Bluetooth keyboard menjadi populer karena mudah dibawa dan praktis. Selain untuk laptop atau komputer, alat ini juga dapat Anda gunakan pada smartphone dan tablet. Di pasaran, ada banyak merek Bluetooth keyboard, seperti dari Logitech, Microsoft, dan Fantech.


Kami akan memberikan informasi mengenai poin-poin penting dalam memilih Bluetooth keyboard. Kami juga akan mengulas rekomendasi sepuluh produk Bluetooth keyboard terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Mari temukan Bluetooth keyboard yang bagus untuk Anda!
Diperbaharui 14/07/2023
Yosua Surojo
Pakar
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016. Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Profil Yosua Surojo
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Mengenal Bluetooth keyboard

Bluetooth keyboard merupakan salah satu tipe wireless keyboard. Keyboard ini terhubung ke perangkat menggunakan koneksi Bluetooth. Meskipun sama-sama termasuk wireless keyboard, Bluetooth keyboard berbeda dengan wireless keyboard 2.4 Ghz. Wireless keyboard menggunakan gelombang radio dan membutuhkan USB receiver untuk dapat digunakan.

Bluetooth keyboard, praktis untuk Android, iPad, dan segala gadget

Bluetooth keyboard, praktis untuk Android, iPad, dan segala gadget

Teknologi Bluetooth adalah sebuah sistem standar yang banyak digunakan oleh para pembuat gadget untuk peralatan nirkabel (wireless). Teknologi ini dikembangkan oleh perusahaan telekomunikasi asal Swedia, Ericsson, untuk menyambungkan berbagai jenis peralatan nirkabel. Dengan begitu, alat-alat yang kompatibel dengan Bluetooth dapat terkoneksi meski berasal dari produsen yang berbeda.


Sebagai contoh, Anda dapat menghubungkan Bluetooth keyboard dengan smartphone Android, komputer, laptop, tablet, ataupun iPad. Anda juga bisa menghubungkannya ke smart TV ataupun game console. Karena kompatibel dengan berbagai gadget, Anda bisa memakai keyboard favorit Anda untuk berbagai keperluan.

Koneksi pada Bluetooth keyboard

Koneksi pada Bluetooth keyboard

Selain Bluetooth keyboard, ada juga wireless keyboard yang digunakan dengan memasukkan terminal penerima (receiver) pada slot USB. Koneksinya hanya bisa digunakan pada satu perangkat yang terhubung dengan receiver saja. Selain itu, jangkauan sambungannya lebih pendek dibandingkan Bluetooth keyboard, yaitu hanya sekitar 2–3 meter.


Sementara itu, Bluetooth keyboard memerlukan pengaturan koneksi (pairing) dengan perangkat yang akan disambungkan. Dengan demikian, keyboard dapat segera digunakan setelah menyambungkan receiver-nya. Jika Anda hanya memakainya pada satu device saja, tipe keyboard yang memerlukan receiver cocok untuk digunakan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih Bluetooth keyboard

Sebelum membeli, Anda perlu memperhatikan poin-poin penting ketika memilih Bluetooth keyboard. Selain bentuk dan ukurannya, performa dan kenyamanan keyboard juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Ayo simak tips dari kami dalam memilih Bluetooth keyboard di bawah ini.

1

Sesuaikan bentuk dan ukuran keyboard dengan kebutuhan

Sesuaikan bentuk dan ukuran keyboard dengan kebutuhan
Hal pertama yang harus dipertimbangkan saat memilih Bluetooth keyboard adalah ukuran unitnya. Hal ini karena keyboard dengan ukuran tertentu lebih mudah untuk dipakai mengetik. Misalnya, keyboard berukuran besar mudah digunakan, tetapi tidak portabel sehingga cocok untuk penggunaan di tempatDi sisi lain, keyboard berukuran kecil mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Jika Anda menginginkan keyboard yang mudah digunakan dan portabel, pilih keyboard yang bisa dilipat atau digulung. Namun, keyboard seperti ini biasanya sulit untuk ditekan dan tidak tahan lama. Selain itu, perbandingan tingkat kepuasan pemakaian dan harga produknya relatif rendah.


Selain itu, pastikan Anda mengecek sumber listrik dari Bluetooth keyboard yang akan Anda pilih. Biasanya, Bluetooth keyboard memakai baterai AAA atau baterai tanam yang dapat diisi ulang. Silakan tentukan berdasarkan preferensi Anda.

2

Pilih tombol keyboard yang nyaman ditekan

Pilih tombol keyboard yang nyaman ditekan

Selain dimensi keyboard secara keseluruhan, Anda juga perlu memperhatikan ukuran key pitch dan key stroke-nya.


  • Key pitch

Key pitch adalah jarak dari tengah satu tombol ke tengah tombol berikutnya. Key pitch umumnya berukuran sekitar 19 mm. Keyboard yang memiliki key pitch standar biasanya disebut full-size keyboard.


Jika key pitch berukuran kecil, tombol-tombolnya akan diatur padat dan berdekatan sehingga membuat proses pengoperasian terasa sesak. Jika Anda memiliki ukuran tangan yang besar, disarankan untuk memilih keyboard yang mendekati ukuran full-size.


  • Key stroke

Key stroke adalah ukuran kedalaman keyboard (actuation distance) saat ditekan, umumnya sekitar 3 mm. Makin dalam key stroke-nya, makin kuat pula Anda perlu menekannya. Hal ini biasanya bisa mengurangi timbulnya kesalahan pengetikan. Sebaliknya, key stroke yang dangkal biasanya lebih cocok untuk input berkecepatan tinggi.


Cara terbaik untuk memilihnya ialah dengan mencobanya langsung. Namun, Anda juga dapat memeriksa spesifikasi yang tertera pada produk. Key stroke yang dangkal memiliki actuation distance 1–2 mm. Sementara itu, key stroke yang dalam memiliki actuation distance 3–4 mm. Akan tetapi, tidak banyak seller yang mencantumkan keterangan key pitch dan key stroke ini.

3

Perhatikan tipe mekanisme tombolnya

Keyboard memiliki empat tipe mekanisme tombol yang menentukan respons tombolnya saat digunakan untuk mengetik. Mari simak penjelasannya di bawah ini, kemudian pilih berdasarkan kebutuhan Anda.

Tipe membran, harganya terjangkau dan banyak digunakan

Tipe membran, harganya terjangkau dan banyak digunakan
Sumber: microsoft.com
Biaya produksi keyboard tipe membran relatif murah. Selain itu, strukturnya pun sederhana sehingga cukup sering digunakan. Ketika tombol ditekan, bagian yang berbentuk seperti mangkuk karet akan melengkung. Dengan begitu, lembaran kontak saling bersentuhan dan mendeteksi masukan (input).

Jika Anda menekannya di bagian yang tidak melengkung, terkadang keyboard tidak dapat mendeteksi input yang diterima. Namun, biaya penggantian tombol yang rusak karena tidak memantul kembali (aus) pada keyboard ini relatif lebih murah.

Tipe pantograf, bentuknya tipis dan ringan

Tipe pantograf, bentuknya tipis dan ringan

Tipe pantograf mirip seperti tipe membran, tetapi struktur tombol pendukungnya berbentuk "X" sehingga transmisi gayanya lebih merata. Bentuknya bisa lebih tipis dari tipe membran dan sering digunakan di komputer atau laptop.


Tipe ini direkomendasikan untuk wanita karena hanya membutuhkan sedikit tenaga saat mengetik dan tombol-tombolnya sangat sensitif. Namun, karena bentuknya tipis, tipe keyboard ini kurang tahan lama dan karetnya mudah aus. Sayangnya, keyboard pantograf jarang ditemukan di e-commerce Indonesia.

Tipe mekanis, untuk pemakaian yang tahan lama

Tipe mekanis, untuk pemakaian yang tahan lama
Sumber: logitech.com

Pada keyboard tipe mekanis, setiap tombolnya memiliki sakelar mekanis dan pegas logam. Keyboard ini memiliki fitur klik dan suara ketukan tombol yang unik saat Anda menekan sakelar mekanisnya.


Pegas logamnya lebih awet daripada karet dan cocok untuk penggunaan berat atau heavy-duty. Namun, tipe ini tidak direkomendasikan untuk Anda yang mencari keyboard yang ekonomis karena harganya cukup mahal.

Tipe contactless, cocok untuk para profesional

Tipe contactless, cocok untuk para profesional
Tipe ini bekerja mengalirkan arus listrik ketika bagian logam di dalam tombol saling mendekat untuk mendeteksi masukan. Karena bagian sakelarnya tidak bersentuhan langsung, keyboard tipe ini tidak akan mengalami keausan.

Bagian yang menyebabkan tolakan tersebut adalah kombinasi dari rubber cup dan pegas yang memiliki daya tahan andal. Karena itu, tipe contactless cocok untuk para profesional yang menghabiskan berjam-jam mengetik setiap harinya. Tipe ini biasanya digunakan pada keyboard yang harganya sangat mahal.

4

Cek ketersediaan fitur multipairing dan switching

Cek ketersediaan fitur multipairing dan switching
Sumber: fantech.id
Salah satu kelebihan Bluetooth keyboard adalah dapat disambungkan pada perangkat mana pun yang kompatibel dengan Bluetooth. Namun, pengaturan saat ingin menyambungkannya dari satu perangkat ke perangkat lain mungkin merepotkan. Nah, untuk mengatasi ini, periksalah ketersediaan fitur multipairing dan switching.

  • Fitur multipairing memungkinkan Anda menyimpan informasi pengaturan untuk beberapa koneksi gadget pada satu keyboard.
  • Fitur switching memungkinkan Anda mengubah tujuan koneksi keyboard dengan satu sentuhan tombol.

Dengan begitu, Anda dapat mengalihkan tujuan koneksi keyboard dari satu perangkat ke perangkat lainnya dengan mudah. Itu sebabnya kami merekomendasikan kepada Anda untuk memilih keyboard yang dilengkapi fitur multipairing dan switching.

5

Pastikan kompatibilitas keyboard dengan sistem operasi yang digunakan

Pastikan kompatibilitas keyboard dengan sistem operasi yang digunakan

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan saat memilih Bluetooth keyboard adalah kompatibilitas sistem operasinya. Pilihlah produk yang kompatibel dengan sistem operasi pada perangkat atau gadget yang Anda gunakan.


Model Bluetooth keyboard terbaru biasanya kompatibel dengan hampir semua sistem operasi. Mayoritas koneksi Bluetooth juga telah kompatibel dengan sistem Windows, iOS, Android, dan sistem operasi lainnya.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi Bluetooth keyboard terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk Bluetooth keyboard terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Giime

Keyboard Portable Bluetooth 10 Inch

Giime Keyboard Portable Bluetooth 10 Inch 1

Rp105.000

Lebih Murah

Bluetooth keyboard yang ringkas dan terjangkau

2

Logitech

K480 Bluetooth Multi-Device Keyboard

Logitech  K480 Bluetooth Multi-Device Keyboard  1

Rp789.000

Menengah

Bisa digunakan pada semua jenis perangkat dan sistem operasi

3

Robot

Keyboard Bluetooth Portable Multi DeviceKB10

Robot Keyboard Bluetooth Portable Multi Device 1

Rp403.000

Agak Murah

Dilengkapi integrated stand untuk menaruh tablet atau smartphone

4

Philips

Keyboard Bluetooth + Wireless Multi-Device K624SPK6224

Philips Keyboard Bluetooth + Wireless Multi-Device K624 1

Rp400.000

Agak Murah

Mendengarkan musik lebih mudah berkat adanya tombol multimedia

5

Logitech

Pop Keys

Logitech Pop Keys 1

Rp2.029.000

Agak Mahal

Ekspresikan suasana hati dengan tombol emoji!

6

Altec Lansing

Keyboard Dual Mode Wireless / BluetoothALBK6268

Altec Lansing Keyboard Dual Mode Wireless / Bluetooth 1

Rp460.000

Agak Murah

Mengetik lebih hening tanpa suara tombol yang mengganggu

7

Aula

Keyboard QQ 300 SeriesQK300

Aula Keyboard QQ 300 Series 1

Rp1.275.000

Agak Mahal

Desainnya stylish, colorful, dan feminin

8

Fantech

MAXFIT67 Keyboard Modular Mechanical

Fantech MAXFIT67 Keyboard Modular Mechanical 1

Rp2.499.000

Lebih Mahal

Terdapat lampu RGB untuk pengalaman gaming yang lebih menyenangkan

9

Dux Ducis

Keyboard with Protective Case for iPad Air 4 / 5 / iPad Pro 11

Dux Ducis Keyboard with Protective Case for iPad Air 4 / 5 / iPad Pro 11 1

Rp500.000

Menengah

Dirancang khusus untuk iPad kesayangan Anda

10

Microsoft

Designer Bluetooth Desktop

Microsoft  Designer Bluetooth Desktop 1

Rp1.500.000

Agak Mahal

Sudah dilengkapi dengan mouse Bluetooth di paket penjualan

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

GiimeKeyboard Portable Bluetooth 10 Inch

Keyboard Portable Bluetooth 10 Inch 1
Sumber: shopee.co.id
Keyboard Portable Bluetooth 10 Inch 2
Sumber: shopee.co.id
Keyboard Portable Bluetooth 10 Inch 3
Sumber: shopee.co.id
Keyboard Portable Bluetooth 10 Inch 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp105.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp105.000
Lebih Murah

Bluetooth keyboard yang ringkas dan terjangkau

Kelebihan:

  • Desain compact dan berbobot ringan sehingga mudah dibawa bepergian
  • Harga yang relatif terjangkau

Kekurangan:

  • Build quality yang tidak begitu bagus dan kurang kukuh
  • Jangkauan Bluetooth yang cukup pendek

Keyboard dari Giime ini sangat cocok untuk menemani Anda saat bepergian. Selain ukuran yang compact, bobotnya pun hanya 300 gram. Jadi, Anda tidak akan merasa repot jika harus membawanya ke mana-mana. Harganya pun relatif terjangkau sehingga Anda bisa segera membelinya saat tiba-tiba perlu membawa keyboard untuk menyelesaikan pekerjaan di perjalanan.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Logitech K480 Bluetooth Multi-Device Keyboard

Harga referensi
Rp789.000
Menengah

Bisa digunakan pada semua jenis perangkat dan sistem operasi

Kelebihan:

  • Keyboard dengan kompatibilitas tinggi
  • Multipairing hingga tiga perangkat berbeda
  • Terdapat knob untuk berganti perangkat dengan mudah

Kekurangan:

  • Build quality yang tidak begitu bagus untuk keyboard di kelasnya

K480 Bluetooth Multi-Device Keyboard adalah keyboard multiplatform dan cross-platform yang dapat Anda andalkan. Produk ini pas untuk Anda yang memiliki banyak perangkat dengan sistem operasi berbeda. Keyboard ini kompatibel dengan sistem operasi Windows, MacOS, Chrome OS, iPadOS, Android, dan iOS.


Karena itu, Anda dapat berganti perangkat dengan mudah hanya dengan memutar knob di bagian kiri keyboard. Koneksi Bluetooth pada keyboard ini pun bisa menjangkau hingga jarak 10 meter.

No.3

RobotKeyboard Bluetooth Portable Multi DeviceKB10

Harga referensi
Rp403.000
Agak Murah

Dilengkapi integrated stand untuk menaruh tablet atau smartphone

Kelebihan:

  • Memiliki integrated stand untuk tempat tablet atau smartphone
  • Dual connection, yaitu Bluetooth dan wireless 2.4 GHz

Kekurangan:

  • Tombol tidak begitu silent

Keyboard minimalis dari Robot ini didesain dengan tombol bulat untuk menunjang tampilan yang keren dan penggunaan yang nyaman. Anda dapat memilih varian warna merah muda yang feminin atau warna hitam yang netral. Produk ini juga dilengkapi dudukan yang terintegrasi untuk menopang perangkat yang digunakan.


Nah, bagi Anda yang sering mengetik menggunakan tablet atau smartphone, produk ini akan sangat berguna. Tablet atau smartphone Anda akan berada di sudut yang tepat untuk kemudahan membaca saat mengetik.

No.4

PhilipsKeyboard Bluetooth + Wireless Multi-Device K624SPK6224

Harga referensi
Rp400.000
Agak Murah

Mendengarkan musik lebih mudah berkat adanya tombol multimedia

Kelebihan:

  • Memiliki tombol pintasan untuk kemudahan kontrol media
  • Multipairing hingga tiga perangkat berbeda
  • Dual connection, yaitu Bluetooth dan wireless 2.4 GHz

Kekurangan:

  • Tidak memiliki backlit untuk pengetikan di ruangan rendah cahaya

Apakah Anda gemar bekerja sambil mendengarkan musik? Jika iya, keyboard Philips ini cocok untuk Anda. Produk ini memiliki tombol pintasan yang mudah untuk mengontrol pemutaran media. Anda dapat mengatur volume, mengganti musik, menjeda, dan memutar musik hanya dengan sekali pencet. Bekerja pun menjadi lebih semangat dengan kemudahan kontrol media di keyboard.

No.5

LogitechPop Keys

Harga referensi
Rp2.029.000
Agak Mahal

Ekspresikan suasana hati dengan tombol emoji!

Kelebihan:

  • Memiliki tombol emoji untuk pengetikan emoji secara instan
  • Menggunakan tombol mekanis dengan desain seperti mesin tik
  • Baterai tahan lama hingga tiga tahun

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi lampu backlit untuk pengetikan di ruangan rendah cahaya
  • Tidak direkomendasikan untuk gaming karena latency yang kurang bagus

Bagi Anda yang sering berselancar di media sosial atau chatting di internet, Anda perlu mencoba keyboard satu ini. Logitech Pop Keys memiliki tombol emoji unik di bagian kanan keyboard. Anda dapat menambahkan emoji secara instan dengan menekan tombol khusus tersebut saat chattingTerdapat delapan pilihan emoji yang dapat diganti dan dipasang. Terlebih, Anda juga dapat mengatur emoji yang diinginkan menggunakan aplikasi Logitech Options.

No.6

Altec LansingKeyboard Dual Mode Wireless / BluetoothALBK6268

Harga referensi
Rp460.000
Agak Murah

Mengetik lebih hening tanpa suara tombol yang mengganggu

Kelebihan:

  • Dual connection, yaitu Bluetooth dan wireless 2.4 GHz
  • Terdapat stand holder untuk tempat smartphone atau tablet

Kekurangan:

  • Tombol spasi yang tidak begitu hening
  • Typing angle yang agak rendah membuat tangan cepat lelah


Produk keluaran Altec Lansing ini cocok untuk Anda yang sering terganggu dengan suara tombol yang berisik. Keyboard ini memiliki tombol yang terbilang cukup hening dan tidak mengeluarkan suara yang berlebih.


Mengetik pun menjadi lebih tenang dan tidak perlu khawatir akan mengganggu sekitar. Dari segi konektivitas, keyboard ini memiliki dual connection menggunakan Bluetooth dan wireless 2.4 GHz. Anda juga dapat menghubungkan hingga tiga perangkat berbeda.

No.7

AulaKeyboard QQ 300 SeriesQK300

Harga referensi
Rp1.275.000
Agak Mahal

Desainnya stylish, colorful, dan feminin

Kelebihan:

  • Terdapat tiga pilihan warna yang colorful dan stylish
  • Memiliki fitur automatic power saving

Kekurangan:

  • Masih menggunakan Bluetooth 3.0
  • Paket penjualan tidak dilengkapi dengan kabel dan charger
  • Konektor pengisian daya menggunakan konektor versi lama micro-USB

Keyboard QQ 300 Series hadir dalam tiga pilihan warna yang colorful, yaitu yellow, pink, dan blue. Semua pilihannya didesain dengan kombinasi warna keycaps yang colorful dan soft. Karena itu, keyboard ini cocok untuk Anda yang menginginkan setup desk bertema feminin.


Selain itu, keyboard ini juga dilengkapi dengan fitur automatic power saving. Fitur tersebut memungkinkan keyboard otomatis beralih ke mode sleep ketika tidak digunakan selama 10 menit.

No.8

FantechMAXFIT67 Keyboard Modular Mechanical

Harga referensi
Rp2.499.000
Lebih Mahal

Terdapat lampu RGB untuk pengalaman gaming yang lebih menyenangkan

Kelebihan:

  • Gaming Bluetooth keyboard dengan lampu RGB
  • Memiliki tiga tipe koneksi
  • Memiliki knob multifungsi untuk mengatur volume dan fungsi makro

Kekurangan:

  • Keycaps agak buram dan tidak mudah terbaca

Sedang mencari keyboard gaming dengan konektivitas Bluetooth dan lampu RGB? Produk ini adalah jawabannya. MAXFIT67 Keyboard Modular Mechanical memiliki tiga mode koneksi sekaligus. Anda dapat menghubungkan perangkat dengan koneksi wireless 2.4 Ghz, Bluetooth, dan kabel.


Keyboard ini dapat terhubung dan dipasangkan hingga lima perangkat dengan mudah. Selain itu, produk buatan Fantech ini juga dilengkapi dengan lampu backlit RGB yang dapat disesuaikan. Bermain game pun jadi lebih menyenangkan!

No.9

Dux DucisKeyboard with Protective Case for iPad Air 4 / 5 / iPad Pro 11

Harga referensi
Rp500.000
Menengah

Dirancang khusus untuk iPad kesayangan Anda

Kelebihan:

  • Dilengkapi flip cover untuk pelindung iPad
  • Memiliki tombol pintasan khusus iPad
  • Sudut tampilan layar yang dapat disesuaikan

Kekurangan:

  • Hanya cocok dan direkomendasikan untuk iPad
  • Menurut beberapa review, koneksi Bluetooth terkadang sering mati
  • Beberapa pengguna mengatakan penyangga belakang mudah lepas


Keyboard ini kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki iPad. Keyboard buatan Dux Ducis ini kompatibel dengan iPad 4, iPad 5, dan iPad Pro 11 (2018, 2020, 2021). Produk ini juga dilengkapi kerangka pelindung berbentuk flip cover dengan bahan antigores dan dirty-resistant.


Sementara itu, bagian bawah keyboard ini dilengkapi dengan magnet yang dapat menempel ke case. Dengan begitu, Anda dapat memasang atau mencabutnya dengan mudah.

No.10

Microsoft Designer Bluetooth Desktop

Harga referensi
Rp1.500.000
Agak Mahal

Sudah dilengkapi dengan mouse Bluetooth di paket penjualan

Kelebihan:

  • Paket penjualan lengkap termasuk mouse
  • Desain keyboard yang modern, ramping, dan minimalis

Kekurangan:

  • Dimensinya besar sehingga kurang portabel


Jika Anda menginginkan produk dengan paket lengkap, yaitu keyboard dan mouse sekaligus, produk ini pilihannya. Di dalam paket penjualan, Anda akan mendapatkan keyboard ukuran full-size yang ramping dan mouse yang nyaman.


Dengan begitu, Anda tidak perlu repot lagi mencari perangkat tambahan untuk disandingkan dengan keyboard Anda. Daya tahan baterai dua perangkat ini pun cukup andal. Masing-masing dapat bertahan hingga 12 bulan untuk keyboard dan 6 bulan untuk mouse.

Cara menghubungkan Bluetooth keyboard ke laptop atau PC

Cara menghubungkan Bluetooth keyboard ke laptop atau PC

Beberapa orang mungkin kesulitan untuk menghubungkan Bluetooth keyboard karena diperlukan pairing terlebih dahulu saat pertama kali menggunakannya. Berikut langkah-langkah menghubungkan Bluetooth keyboard ke laptop atau PC.


  1. Pastikan keyboard dalam keadaan siap untuk dipasangkan. Biasanya, hal ini ditandai dengan lampu indikator yang berkedip pada keyboard. Anda dapat menekan lama tombol reset atau pairing pada keyboard untuk memulainya.
  2. Hidupkan Bluetooth pada perangkat Anda, kemudian cari Bluetooth keyboard. Lalu, hubungkan dan pasangkan perangkat ke keyboard. Pada langkah ini, Anda akan dimintai kode pairing untuk proses verifikasi, kemudian masukkan kode tersebut.
  3. Lampu indikator akan berhenti berkedip-kedip setelah keyboard sukses dihubungkan. Bluetooth keyboard pun siap digunakan.

Baca juga rekomendasi keyboard lainnya di sini

Selain Bluetooth keyboard, masih banyak jenis keyboard lainnya yang perlu Anda ketahui. Terkadang, ada beberapa jenis keyboard yang hanya dapat digunakan pada perangkat tertentu saja. Mari simak artikel rekomendasi kami di bawah ini dan temukan keyboard yang lebih spesifik untuk Anda.

Kesimpulan

Keyboard adalah aksesori komputer yang bisa membantu Anda dalam pekerjaan mengetik atau bermain game. Setelah menyimak cara memilih dan rekomendasi produk Bluetooth keyboard, sudahkah Anda menentukan produk yang akan dibeli?

Daripada asal memilih keyboard dengan harga yang murah, sebaiknya Anda memastikan efisiensi dan kenyamanan keyboard yang dibeli. Pastikan juga Bluetooth keyboard yang Anda pilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda, ya.

5 Rekomendasi Bluetooth Keyboard terbaik

No. 1: GiimeKeyboard Portable Bluetooth 10 Inch

No. 2: Logitech K480 Bluetooth Multi-Device Keyboard

No. 3: RobotKeyboard Bluetooth Portable Multi DeviceKB10

No. 4: PhilipsKeyboard Bluetooth + Wireless Multi-Device K624SPK6224

No. 5: LogitechPop Keys

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Keyboard komputer
  4. 10 Bluetooth Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.