• 10 Bluetooth Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Bluetooth Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Bluetooth Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Bluetooth Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Bluetooth Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Bluetooth Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)

Bluetooth keyboard, dikenal juga sebagai wireless keyboard, membantu proses mengetik menjadi lebih efisien. Bluetooth keyboard menjadi populer karena mudah dibawa dan praktis. Selain untuk laptop atau komputer, alat ini juga dapat Anda gunakan pada smartphone dan tablet. Produk Bluetooth keyboard merek seperti Logitech, Microsoft, dan LG ada di pasaran.


Kami akan memberikan informasi mengenai poin-poin penting dalam memilih Bluetooth keyboard. Kami juga akan mengulas rekomendasi sepuluh produk Bluetooth keyboard terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Mari temukan Bluetooth keyboard yang bagus untuk Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Yosua Surojo
  • Pembaharuan terakhir: 03 September 2021
  • 11.610 Views
Daftar isi

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016.


Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah startup konvergen artificial intelligence (AI). Ia juga berperan dalam proses procurement dan perakitan personal computer (PC) untuk kebutuhan konvergen AI. 

Bluetooth keyboard, praktis untuk Android, iPad, dan segala gadget

Bluetooth keyboard, praktis untuk Android, iPad, dan segala gadget

Teknologi Bluetooth adalah sebuah sistem standar yang banyak digunakan oleh para pembuat gadget untuk peralatan nirkabel (wireless). Teknologi ini dikembangkan oleh perusahaan telekomunikasi asal Swedia, Ericsson, untuk menyambungkan berbagai jenis peralatan nirkabel. Dengan begitu, alat-alat yang kompatibel dengan Bluetooth dapat terkoneksi meski berasal dari produsen yang berbeda.


Sebagai contoh, Anda dapat menghubungkan Bluetooth keyboard pada smartphone Android, komputer, laptop, tablet, ataupun iPad. Anda juga bisa menghubungkannya ke smart TV ataupun game console, lho. Karena kompatibel dengan berbagai gadget, Anda bisa memakai keyboard favorit Anda untuk berbagai keperluan.

Koneksi pada Bluetooth keyboard

Koneksi pada Bluetooth keyboard

Selain Bluetooth keyboard, ada juga wireless keyboard yang digunakan dengan memasukkan terminal penerima (receiver) pada slot USB. Koneksinya hanya bisa digunakan pada satu perangkat yang terhubung dengan receiver saja. Selain itu, jangkauan sambungannya lebih pendek dibandingkan Bluetooth keyboard, yaitu hanya sekitar dua hingga tiga meter.


Sementara itu, Bluetooth keyboard memerlukan pengaturan koneksi (pairing) dengan perangkat yang akan disambungkan. Dengan demikian, keyboard dapat segera digunakan setelah menyambungkan receiver-nya. Jika Anda hanya memakainya pada satu device saja, tipe keyboard yang memerlukan receiver cocok untuk digunakan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih Bluetooth keyboard

Sebelum membeli, Anda perlu memperhatikan poin-poin penting ketika memilih Bluetooth keyboard. Selain bentuk dan ukurannya, performa dan kenyamanan keyboard juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Ayo simak tips dari kami dalam memilih Bluetooth keyboard di bawah ini.

Sesuaikan bentuk dan ukuran keyboard dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan bentuk dan ukuran keyboard dengan kebutuhan Anda
Hal pertama yang harus dipertimbangkan saat memilih Bluetooth keyboard adalah ukuran unitnya. Hal ini karena keyboard dengan ukuran tertentu lebih mudah untuk dipakai mengetik. Misalnya, keyboard berukuran besar mudah digunakan, tetapi tidak portabel sehingga cocok untuk penggunaan di tempatDi sisi lain, keyboard berukuran kecil mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Jika Anda menginginkan keyboard yang mudah digunakan dan portabel, pilih keyboard yang bisa dilipat atau digulung. Namun, jenis keyboard ini biasanya sulit untuk ditekan dan tidak tahan lama. Selain itu, perbandingan tingkat kepuasan pemakaian dan harga produknya relatif rendah.


Pastikan Anda mengecek sumber listrik dari keyboard wireless yang akan Anda pilih. Apakah dari baterai AAA atau baterai tanam yang dapat diisi ulang? Silahkan ditentukan berdasarkan preferensi Anda.

Pilih tombol keyboard yang nyaman ditekan

Pilih tombol keyboard yang nyaman ditekan

Selain dimensi keyboard secara keseluruhan, Anda juga perlu memperhatikan ukuran key pitch dan key stroke-nya. Key pitch adalah jarak dari tengah satu tombol ke tengah tombol berikutnya. Key pitch ini umumnya berukuran sekitar 19 mm. Keyboard yang memiliki key pitch standar biasa disebut full-sized keyboard.


Jika key pitch berukuran kecil, tombol-tombolnya akan diatur padat dan berdekatan sehingga membuat proses pengoperasiannya terasa sesak. Jika Anda memiliki ukuran tangan yang besar, disarankan untuk memilih keyboard yang mendekati ukuran full size.


Sementara itu, key stroke adalah ukuran kedalaman keyboard (actuation distance) saat ditekan, umumnya sekitar 3 mm. Makin dalam key stroke-nya, makin kuat pula Anda perlu menekannya. Hal ini biasanya bisa mengurangi timbulnya kesalahan pengetikan. Sebaliknya, key stroke yang dangkal biasanya lebih cocok untuk input berkecepatan tinggi.


Cara terbaik untuk memilihnya ialah dengan mencobanya langsung. Namun, Anda juga dapat memeriksa spesifikasi yang tertera pada produk. Key stroke yang dangkal memiliki actuation distance 1–2 mm. Sementara itu, key stroke yang dalam memiliki actuation distance 3–4 mm. Sayangnya, tak banyak seller yang mencantumkan keterangan key pitch dan key stroke ini.

Perhatikan tipe mekanisme tombolnya

Keyboard memiliki empat tipe mekanisme tombol yang menentukan respons tombolnya saat digunakan untuk mengetik. Mari simak penjelasannya di bawah ini dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tipe membran, harganya terjangkau dan banyak digunakan

Tipe membran, harganya terjangkau dan banyak digunakan
Keyboard tipe membran biaya produksinya relatif murah dan strukturnya sederhana sehingga cukup sering digunakan. Ketika tombol ditekan, bagian yang berbentuk seperti mangkuk karet akan melengkung. Dengan begitu, lembaran kontak saling bersentuhan dan mendeteksi masukan (input).

Jika Anda menekannya pada bagian yang tidak melengkung, terkadang keyboard tidak dapat mendeteksi input yang diterima. Namun, biaya penggantian tombol yang rusak karena tidak memantul kembali (aus) pada keyboard ini relatif lebih murah.

Tipe pantograf, bentuknya tipis dan ringan

Tipe pantograf, bentuknya tipis dan ringan

Tipe pantograf mirip seperti tipe membran, tetapi struktur tombol pendukungnya berbentuk "X" sehingga transmisi gayanya lebih merata. Bentuknya bisa lebih tipis dari tipe membran dan sering digunakan di komputer atau laptop.


Tipe ini direkomendasikan untuk wanita karena hanya membutuhkan sedikit tenaga saat mengetik dan tombol-tombolnya sangat sensitif. Namun, karena bentuknya tipis, tipe keyboard ini kurang tahan lama dan karetnya mudah aus.

Tipe mekanis, untuk pemakaian yang tahan lama

Tipe mekanis, untuk pemakaian yang tahan lama

Pada keyboard tipe mekanis, setiap tombolnya memiliki sakelar mekanis dan pegas logam. Keyboard ini memiliki fitur klik dan suara ketukan tombol yang unik saat Anda menekan sakelar mekanisnya.


Pegas logamnya lebih awet daripada karet dan cocok untuk penggunaan berat atau heavy-duty. Namun, tipe ini tidak direkomendasikan untuk Anda yang mencari keyboard yang ekonomis karena harganya cukup mahal.

Tipe contactless, cocok untuk para profesional

Tipe contactless, cocok untuk para profesional
Tipe ini bekerja mengalirkan arus listrik ketika bagian logam di dalam tombol saling mendekat untuk mendeteksi masukan. Karena bagian sakelarnya tidak bersentuhan langsung, keyboard tipe ini tidak akan mengalami keausan.

Bagian yang menyebabkan tolakan ini adalah kombinasi dari rubber cup dan pegas yang memiliki daya tahan andal. Karenanya, tipe contactless cocok untuk para profesional yang menghabiskan berjam-jam mengetik setiap harinya. Tipe ini biasanya digunakan pada keyboard yang harganya sangat mahal.

Cek fungsi multipairing dan switching yang tersedia

Cek fungsi multipairing dan switching yang tersedia
Salah satu kelebihan Bluetooth keyboard adalah dapat disambungkan pada perangkat mana pun yang kompatibel dengan Bluetooth. Namun, pengaturan saat ingin menyambungkannya dari satu perangkat ke perangkat lain mungkin merepotkan. Nah, untuk mengatasi ini, periksalah ada tidaknya fungsi multipairing dan switching.

Fungsi multipairing memungkinkan Anda menyimpan informasi pengaturan untuk beberapa koneksi gadget pada satu keyboard. Sementara itu, fungsi switching memungkinkan Anda mengubah tujuan koneksi keyboard dengan satu sentuhan tombol atau dial.


Dengan begitu, Anda dapat mengalihkan tujuan koneksi keyboard dari satu perangkat ke perangkat lainnya dengan mudah. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih keyboard yang dilengkapi fungsi multipairing dan switching.

Ketahui keyboard yang kompatibel dengan sistem operasi yang Anda gunakan

Ketahui keyboard yang kompatibel dengan sistem operasi yang Anda gunakan

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan saat memilih Bluetooth keyboard adalah kompatibilitas sistem operasinya. Pilihlah produk yang kompatibel dengan sistem operasi pada perangkat atau gadget yang Anda gunakan.


Model Bluetooth keyboard terbaru biasanya kompatibel dengan hampir semua sistem operasi. Mayoritas koneksi Bluetooth juga telah kompatibel dengan sistem Windows, iOS, Android, dan sistem operasi lainnya.

10 Rekomendasi Bluetooth keyboard terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk Bluetooth keyboard terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yosua Surojo.

10

BluefingerBluetooth Keyboard Case for iPad Air

F8S

Mulai dari Rp 437.000,00

Dimensi280 mm x 195 mm x 30 mm
Berat556 gram
Tipe mekanisme tombolTidak disebutkan
Fungsi multipairingTidak disebutkan
Fungsi switching
Sistem operasi yang kompatibelMac, iOS, Windows, dan Android
9
Dimensi148 mm x 65 mm x 8 mm
BeratTidak disebutkan
Tipe mekanisme tombolTidak disebutkan
Fungsi multipairingTidak disebutkan
Fungsi switchingTidak disebutkan
Sistem operasi yang kompatibelAndroid, Windows, dan Mac OS
8

LeapfroglobalAlcatroz Trilium BTR 1

Mulai dari Rp 405.000,00

Dimensi281,7 mm x 135 mm x 14 mm
BeratTidak disebutkan
Tipe mekanisme tombolMembran
Fungsi multipairingTidak disebutkan
Fungsi switchingTidak disebutkan
Sistem operasi yang kompatibelAndoird, Windows, dan iOS
7

LogitechMulti-device Bluetooth Keyboard

K380

Mulai dari Rp 599.000,00

Dimensi279 mm x 124 mm x 16 mm
Berat423 gram
Tipe mekanisme tombolTidak disebutkan
Fungsi multipairingTiga perangkat
Fungsi switching
Sistem operasi yang kompatibelMac, Chrome, Android, iOS, dan Windows
6
Dimensi450 mm x 170 mm x 30 mm
Berat690 gram
Tipe mekanisme tombolTidak disebutkan
Fungsi multipairingTidak disebutkan
Fungsi switchingTidak disebutkan
Sistem operasi yang kompatibelWindows dan Mac OS
5
Dimensi298 mm x 169 mm x 20 mm
Berat515 gram
Tipe mekanisme tombolTidak disebutkan
Fungsi multipairingTiga perangkat
Fungsi switching
Sistem operasi yang kompatibelWindows, Mac OS, Android, dan iOS
4

Microsoft Designer Bluetooth Desktop

Mulai dari Rp 1.450.000,00

Dimensi389,2 mm x 112,2 mm x 20 mm
BeratTidak disebutkan
Tipe mekanisme tombolTidak disebutkan
Fungsi multipairingTidak disebutkan
Fungsi switchingTidak disebutkan
Sistem operasi yang kompatibelWindows, Mac OS X, Android, dan iOS
3

Logitech Bluetooth Multi-Device Keyboard

K480

Mulai dari Rp 729.000,00

Dimensi299 mm x 195 mm x 20 mm
Berat820 gram
Tipe mekanisme tombolTidak disebutkan
Fungsi multipairingTiga perangkat
Fungsi switching
Sistem operasi yang kompatibelWindows, MacOSX, Chrome OS, Android, dan iOS
2

LG Portable & Bluetooth® Wireless Rolly Keyboard™

KBB-700

Mulai dari Rp 1.276.292,00

Dimensi263 mm x 25,3 mm x 25,3 mm
BeratTidak disebutkan
Tipe mekanisme tombolPantograf
Fungsi multipairingDua perangkat
Fungsi switchingTidak disebutkan
Sistem operasi yang kompatibeliOS, Android, dan Windows
1

LeapfroglobalArmaggeddon Lofree Dot Wireless Bluetooth Mechanical Keyboard

Mulai dari Rp 2.800.000,00

Dimensi296,6 mm x 144,5 mm x 30,6 mm
Berat800 gram
Tipe mekanisme tombolMekanis
Fungsi multipairingTiga perangkat
Fungsi switching
Sistem operasi yang kompatibelMac, iOS, Android, dan Windows

Tabel perbandingan produk Bluetooth keyboard terbaik

Gambar produk
1
Leapfroglobal Armaggeddon Lofree Dot Wireless Bluetooth Mechanical Keyboard 1

Leapfroglobal

2
LG  Portable & Bluetooth® Wireless Rolly Keyboard™ 1

LG

3
Logitech  Bluetooth Multi-Device Keyboard  1

Logitech

4
Microsoft  Designer Bluetooth Desktop 1

Microsoft

5
ROBOT KB10 1

ROBOT

6
Rexus Warfaction VR3 Max 1

Rexus

7
Logitech Multi-device Bluetooth Keyboard 1

Logitech

8
Leapfroglobal Alcatroz Trilium BTR 1 1

Leapfroglobal

9
QQ-Tech  Mini Bluetooth Keyboard 1

QQ-Tech

10
Bluefinger Bluetooth Keyboard Case for iPad Air 1

Bluefinger

Nama produk

Armaggeddon Lofree Dot Wireless Bluetooth Mechanical Keyboard

Portable & Bluetooth® Wireless Rolly Keyboard™

Bluetooth Multi-Device Keyboard

Designer Bluetooth Desktop

KB10

Warfaction VR3 Max

Multi-device Bluetooth Keyboard

Alcatroz Trilium BTR 1

Mini Bluetooth Keyboard

Bluetooth Keyboard Case for iPad Air

Keunggulan

Dual mode, Anda bisa menggunakannya dengan dan tanpa kabel

Bisa digulung, sangat praktis untuk Anda yang mobile

Desainnya sederhana dan nyaman digunakan

Nikmati kemudahan saat memutar musik atau video berkat adanya tombol media

Dilengkapi integrated stand untuk menyimpan tablet atau smartphone Anda

Set perlengkapan gaming dengan keyboard yang andal untuk mendukung hobi Anda

Tombol dengan warna label dan garis pemisah yang menunjukkan fungsi untuk OS berbeda

Rasakan pengalaman unik saat mengetik menggunakan keypad yang lembut dan tidak berisik

Ukuran boleh mini, tetapi bisa jadi remote control juga!

Lebih tahan lama dengan cangkang pelindung dari aluminium

Harga mulai dariRp 2.800.000,00Rp 1.276.292,00Rp 729.000,00Rp 1.450.000,00Rp 403.000,00Rp 479.000,00Rp 599.000,00Rp 405.000,00Rp 502.000,00Rp 437.000,00
Dimensi296,6 mm x 144,5 mm x 30,6 mm263 mm x 25,3 mm x 25,3 mm299 mm x 195 mm x 20 mm389,2 mm x 112,2 mm x 20 mm298 mm x 169 mm x 20 mm450 mm x 170 mm x 30 mm279 mm x 124 mm x 16 mm281,7 mm x 135 mm x 14 mm 148 mm x 65 mm x 8 mm 280 mm x 195 mm x 30 mm
Berat800 gramTidak disebutkan820 gramTidak disebutkan515 gram690 gram423 gramTidak disebutkanTidak disebutkan556 gram
Tipe mekanisme tombolMekanisPantografTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanMembranTidak disebutkanTidak disebutkan
Fungsi multipairingTiga perangkatDua perangkatTiga perangkatTidak disebutkanTiga perangkatTidak disebutkanTiga perangkatTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Fungsi switchingTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Sistem operasi yang kompatibelMac, iOS, Android, dan WindowsiOS, Android, dan WindowsWindows, MacOSX, Chrome OS, Android, dan iOSWindows, Mac OS X, Android, dan iOSWindows, Mac OS, Android, dan iOSWindows dan Mac OSMac, Chrome, Android, iOS, dan WindowsAndoird, Windows, dan iOSAndroid, Windows, dan Mac OSMac, iOS, Windows, dan Android
Tautan produk

Baca juga rekomendasi keyboard lainnya di sini

Selain Bluetooth keyboard, masih banyak jenis keyboard lainnya yang perlu Anda ketahui. Terkadang, ada beberapa jenis keyboard yang hanya dapat digunakan pada jenis perangkat tertentu saja. Mari simak artikel rekomendasi kami di bawah ini dan temukan keyboard yang lebih spesifik untuk Anda.

Kesimpulan

Keyboard adalah aksesori komputer yang bisa membantu Anda dalam pekerjaan mengetik atau bermain game. Setelah menyimak cara memilih dan rekomendasi produk Bluetooth keyboard, sudahkah Anda menentukan produk yang akan Anda beli? 

Daripada asal memilih keyboard dengan harga yang murah, sebaiknya Anda memastikan efisiensi dan kenyamanan keyboard yang dibeli. Pastikan juga bahwa Bluetooth keyboard yang Anda pilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda, ya.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan nama kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam, seperti ANKER, AUKEY, dan ENERGEA.Pada artikel ini, kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih dan membeli kabel data iPhone. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang dapat Anda pesan secara online. Simak artikelnya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
    153.342 Views
  • 10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat bermain games di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Samsung, AOC, dan Xiaomi memiliki monitor dengan kualitas yang baik.Lalu, faktor apa yang mempengaruhi kualitas monitor? Anda tentu bingung saat ingin memilihnya. Karena itu, kami akan merekomendasikan sepuluh merek gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Sebelumnya, kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
    112.601 Views
  • 10 Rekomendasi Webcam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Webcam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, kebutuhan akan penggunaan webcam makin meningkat. Hal tersebut karena meningkatnya aktivitas pertemuan virtual, seperti kelas, meeting, dan konferensi online. Banyak produk webcam bagus yang dikeluarkan berbagai perusahaan elektronik yang kompatibel baik di laptop maupun PC.Kali ini, kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikan saat hendak membeli webcam. Ada berbagai kriteria yang perlu Anda perhatikan, mulai dari resolusi, frame per second, dan lainnya. Selanjutnya, kami juga akan merekomendasi produk yang bisa menjadi pertimbangan Anda, seperti merk Logitech, Microsoft, dan lainnya. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
    79.424 Views
  • 10 Rekomendasi Mouse Terbaik untuk Mac (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mouse Terbaik untuk Mac (Terbaru Tahun 2021)
    Anda mencari mouse untuk dioperasikan pada Mac? Sebenarnya terdapat banyak opsi selain produk-produk buatan Apple semacam Apple Magic Mouse atau yang lainnya. Apalagi, kini semakin banyak pabrikan piranti komputer yang ikut memproduksi mouse untuk digunakan pada Mac.Untuk memudahkan Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilih mouse untuk Mac. Kami juga akan memberikan rekomendasi mouse terbaik untuk Mac dalam artikel ini. Anda akan menemukan beragam mouse berkualitas keluaran Apple, Logitech, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, simak selengkapnya!
    Aksesori komputer & laptop
    16.129 Views
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Cooling pad menjadi perlengkapan yang berfungsi menurunkan suhu saat laptop panas. Biasanya, laptop sudah mempunyai sistem pendinginnya sendiri. Meskipun demikian, terkadang laptop tidak mampu membuat mesinnya dingin sehingga harus diatasi dengan menggunakan cooling pad.Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih cooling pad yang bagus. Setelah itu, kami juga akan mengulas beberapa merk yang bisa jadi referensi pilihan, seperti Cooler Master, Havit, dan lainnya. Kami juga berkolaborasi dengan software engineer, Yosua Surojo dalam artikel ini. Silakan baca dengan teliti dan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Aksesori komputer & laptop
    50.811 Views
  • 10 Rekomendasi USB Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi USB Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    USB headset merupakan produk yang lazim digunakan oleh para gamer maupun pencinta musik. Hal ini karena USB headset memiliki kemampuan yang baik dalam mengurangi noise. Saat ini, ada banyak USB headset yang beredar di pasaran dengan berbagai spesifikasi, termasuk USB headset untuk gaming. Bagi orang awam, hal ini mungkin akan membingungkan.Pada kesempatan ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli USB headset. Ada juga beberapa produk yang kami rekomendasikan, seperti Logitech, Rexus, Razer, dan lainnya. Bacalah dengan teliti dan temukan USB headset yang sesuai kebutuhan Anda. 
    Aksesori komputer & laptop
    5.379 Views
  • 10 Kabel HDMI Terbaik yang Mudah Dipakai - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kabel HDMI Terbaik yang Mudah Dipakai - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    Kabel HDMI (High–Definition Multimedia Interface) merupakan perangkat teknologi yang memungkinkan Anda untuk melakukan transfer audio visual lintas perangkat. Dengan kabel ini, Anda bisa menghubungkan berbagai peralatan digital, termasuk televisi, PlayStation 4, komputer, smartphone, dan lainnya. Namun, dengan adanya perbedaan dari berbagai aspek, kabel HDMI mana yang sebaiknya dipilih?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih kabel HDMI yang mudah dipakai kepada Anda. Kami juga akan merekomendasikan produk HDMI yang bagus seperti dari merek UGREEN dan Vention. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak sampai akhir, ya!
    Aksesori komputer & laptop
    39.065 Views
  • 10 Rekomendasi Monitor LCD Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Monitor LCD Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Monitor LCD adalah perangkat untuk menampilkan gambar yang biasanya terhubung ke PC. Ada banyak merk yang berkualitas dengan harga rendah di pasaran seperti ASUS, AOC, dan LG. Namun, setiap produk memiliki perbedaan fitur yang membuat orang terkadang bingung harus memilih yang mana.Kali ini, kami akan memberikan poin-poin tentang cara memilih monitor LCD. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh monitor LCD yang bagus. Simak juga komentar dari software engineer kami, Yosua Surojo. Semoga Anda mendapatkan monitor LCD yang paling sesuai sehingga dapat menonton film, bekerja, atau bermain game dengan lebih nyaman.
    Aksesori komputer & laptop
    15.964 Views
  • 10 Rekomendasi Kabel Data Micro USB Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kabel Data Micro USB Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kabel data micro-USB adalah aksesori untuk mentransfer dokumen antarperangkat. Produknya juga dapat digunakan untuk mengisi daya smartphone. Bingung mencari kabel yang bisa fast charging? Nah, di artikel ini kami akan menjelaskan untuk AndaSelain itu, kami akan merekomendasikan produk micro-USB yang bagus. Ada produk dari merk Anker, Aukey, dan lainnya. Produknya juga sudah kami ulas untuk Anda. Produk untuk HP apa pun dengan port Micro-USB? Ada! Tipe USB 3.0? Juga ada! Bahkan, ada yang dapat mendukung kegiatan gaming. Simak artikel ini agar Anda mendapatkan kabel data micro-USB terbaik!
    Aksesori komputer & laptop
    3.795 Views
  • 10 Rekomendasi Headphone Sennheiser Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Headphone Sennheiser Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Headphone Sennheiser dapat menunjang berbagai aktivitas Anda. Merk ini sudah dikenal sebagai salah satu produsen headphone yang bagus. Mutunya tidak perlu diragukan lagi. Setiap produknya memiliki kualitas audio mumpuni, mudah dioperasikan, dan nyaman digunakan.Beberapa contoh produknya adalah Momentum 3 Wireless dan HD 280 Pro. Yang pas untuk sehari-hari? Ada HD 201, HD 202, dan HD 206. Kami masih punya rekomendasi produk yang lain untuk Anda, lho. Ulasannya pun sudah kami siapkan. Simak artikel ini agar Anda bisa menentukan headphone Sennheiser terbaik. Namun, pahami poin cara memilihnya terlebih dahulu, yuk!
    Aksesori komputer & laptop
    370 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan nama kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam, seperti ANKER, AUKEY, dan ENERGEA.Pada artikel ini, kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih dan membeli kabel data iPhone. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang dapat Anda pesan secara online. Simak artikelnya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
    153.319 Views
  • 10 Rekomendasi Webcam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Webcam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, kebutuhan akan penggunaan webcam makin meningkat. Hal tersebut karena meningkatnya aktivitas pertemuan virtual, seperti kelas, meeting, dan konferensi online. Banyak produk webcam bagus yang dikeluarkan berbagai perusahaan elektronik yang kompatibel baik di laptop maupun PC.Kali ini, kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikan saat hendak membeli webcam. Ada berbagai kriteria yang perlu Anda perhatikan, mulai dari resolusi, frame per second, dan lainnya. Selanjutnya, kami juga akan merekomendasi produk yang bisa menjadi pertimbangan Anda, seperti merk Logitech, Microsoft, dan lainnya. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
    79.396 Views
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ketika ingin mencetak foto atau dokumen di rumah, printer sangat diperlukan. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga semakin mudah, karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan ulasan untuk memilih printer berdasarkan fungsinya, mulai dari printer dengan fungsi tunggal hingga yang multifungsi. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan HP. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
    135.996 Views
  • 10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat bermain games di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Samsung, AOC, dan Xiaomi memiliki monitor dengan kualitas yang baik.Lalu, faktor apa yang mempengaruhi kualitas monitor? Anda tentu bingung saat ingin memilihnya. Karena itu, kami akan merekomendasikan sepuluh merek gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Sebelumnya, kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
    112.585 Views
  • 10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Wireless mouse menjadi perlengkapan komputer pilihan karena dikenal kepraktisannya. Terlebih jika Anda sering terganggu dengan mouse kabel, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan wireless mouse. Saat ini ada banyak jenis mouse dengan spesifikasi yang beragam, seperti sistem koneksi, sumber daya, hingga bentuknya. Hal ini mungkin akan membingungkan Anda.Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih wireless mouse. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan referensi dari Microsoft, Logitech, HP, dan lainnya. Bacalah dengan teliti dan pilih wireless mouse dengan spesifikasi yang Anda butuhkan.
    Aksesori komputer & laptop
    76.352 Views
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Cooling pad menjadi perlengkapan yang berfungsi menurunkan suhu saat laptop panas. Biasanya, laptop sudah mempunyai sistem pendinginnya sendiri. Meskipun demikian, terkadang laptop tidak mampu membuat mesinnya dingin sehingga harus diatasi dengan menggunakan cooling pad.Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih cooling pad yang bagus. Setelah itu, kami juga akan mengulas beberapa merk yang bisa jadi referensi pilihan, seperti Cooler Master, Havit, dan lainnya. Kami juga berkolaborasi dengan software engineer, Yosua Surojo dalam artikel ini. Silakan baca dengan teliti dan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Aksesori komputer & laptop
    50.805 Views
  • 10 Rekomendasi Gaming Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gaming Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gaming mouse merupakan alat yang penting ketika bermain game PC. Anda dapat bermain berbagai game seperti PUBG atau Counter-Strike dengan mudah dan nyaman menggunakan gaming mouse. Namun, terdapat beberapa istilah asing yang mungkin sulit dipahami oleh gamer pemula, seperti DPI, IPS, polling rates, dan sebagainya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih gaming mouse dengan mudah. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk terbaik keluaran Logitech, SteelSeries, Razer, dan lainnya. Temukanlah gaming mouse yang sesuai dan dapat menunjang performa Anda dalam bermain game!
    Aksesori komputer & laptop
    46.761 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori