10 Rekomendasi Lip Liner Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Lip Liner Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Lip liner merupakan salah satu makeup item untuk mempertegas bentuk bibir. Hanya dengan mengaplikasikannya bersamaan dengan lipstik, bibir Anda akan terlihat lebih penuh dan indah. Lip liner setidaknya dibedakan ke dalam tiga jenis, yaitu pensil, krayon, dan mekanik. Nah, mana favorit Anda?

Saat ini sudah banyak merek yang telah mengeluarkan produk lip liner, seperti Revlon, Maybelline, dan lainnya. Namun, sebelum membeli lip liner, Anda perlu tahu cara memilihnya dengan tepat. Untuk itu, kami akan memberikan informasi cara memilih lip liner sekaligus memperkenalkan produk lip liner yang dapat menjadi referensi Anda.

Daftar isi

Cara memilih lip liner

Lip liner umumnya digunakan untuk mempertegas garis bibir, mempertahankan warna lipstik, bahkan menggantikan peran lipstik sebagai pewarna bibir. Nah, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam memilih lip liner. Selengkapnya, simak informasi berikut ini!

Pilih jenis lip liner berdasarkan tujuan penggunaan

Seperti yang telah disebutkan di atas, lip liner dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu pensil, krayon, dan mekanik. Sebenarnya, semua jenis tersebut nyaman digunakan, tetapi tentu saja itu tergantung dengan preferensi Anda.

Jenis pensil yang dapat digunakan untuk membuat garis bibir dengan jelas

Jenis pensil yang dapat digunakan untuk membuat garis bibir dengan jelas

Jenis ini memiliki bentuk yang mirip dengan pensil warna. Ujungnya bertekstur lebih keras jika dibandingkan dengan jenis krayon. Warna yang dihasilkannya pun tetap tajam sehingga sangat cocok digunakan untuk membuat garis bibir dengan presisi. Kelebihan lainnya adalah Anda dapat menggambar sudut garis bibir dengan lebih mudah agar bibir Anda terlihat lebih cantik.

Namun, ujungnya yang kaku membuat lip liner jenis ini tidak cocok digunakan untuk menggantikan lipstik sebagai pewarna bibir. Selain itu, Anda juga harus selalu membawa rautan saat dibutuhkan karena ujung lip liner jenis pensil ini mudah sekali patah.

Jenis krayon yang dapat digunakan sebagai pengganti lipstik

Jenis krayon yang dapat digunakan sebagai pengganti lipstik

Tekstur dari jenis krayon ini lembut dengan ujung yang tebal. Jenis lip liner ini juga bisa digunakan ke seluruh bibir sebagai lipstik. Sayangnya, karena ujungnya yang terlalu tebal, mungkin Anda akan kesulitan untuk membuat garis yang presisi. Karena memiliki dua fungsi sekaligus, Anda dapat menggunakannya sebagai lip liner atau lipstik, sesuai kebutuhan.

Meskipun sedikit sulit untuk menggambar garis tipis menggunakan jenis ini, teksturnya lembut sehingga cocok untuk bibir yang rentan kering. Bila Anda berminat pada lip liner jenis ini, belilah juga rautannya agar Anda mudah menyesuaikan ketajaman ujungnya.

Jenis mekanik yang mudah digunakan tanpa harus repot meraut

Jenis mekanik yang mudah digunakan tanpa harus repot meraut

Lip liner jenis mekanik atau retractable ini merupakan jenis yang mudah digunakan karena kemasannya praktis dan Anda tidak perlu merautnya. Kemasannya mirip dengan lipstick yang perlu diputar hingga lead-nya keluar, bentuknya panjang seperti pensil. Jika Anda merasa malas meraut, jenis mekanik sangat direkomendasikan untuk Anda.

Jenis ini pun biasanya memiliki tekstur yang lembut sehingga Anda tidak perlu menekannya terlalu keras ke permukaan kulit untuk menggambar garis yang sempurna. Jenis ini juga cocok digunakan oleh pemula karena garis bibir yang tegas dapat lebih mudah terbentuk berkat lead-nya yang berdiameter kecil dan teksturnya yang lembut. Lip liner jenis ini lebih ekonomis karena ada pula produsen yang memproduksi kemasan isi ulangnya.

Pilih yang memiliki bahan pelembap agar warna lebih tahan lama

Pilih yang memiliki bahan pelembap agar warna lebih tahan lama

Saat bibir kering atau pecah-pecah, riasan bibir akan mudah luntur. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda memerlukan lip liner yang sekaligus dapat melembapkan bibir. Sangat disarankan untuk memilih lip liner yang mengandung bahan pelembap, seperti squalane, hyaluronic acid, dan collagen.

Kelebihan lain lip liner yang mengandung bahan pelembap adalah memudahkan Anda saat menggambarkan garis pada bibir karena terksturnya yang lembut. Selain menjaga bibir tetap terhidrasi, lip liner berpelembap juga akan membuat riasan bibir Anda awet, terlihat lebih tegas, dan menawan.

Pilih yang berkandungan bahan alami bila bibir Anda sensitif

Pilih yang berkandungan bahan alami bila bibir Anda sensitif

Jika Anda memiliki bibir yang sensitif, sebaikya pilih lip liner yang mengandung bahan alami. Selain ramah di bibir, bahan alami seperti kandungan minyak organik, juga akan membuat tampilan lip liner Anda lebih tahan lama. Agar bibir Anda tetap sehat, sebisa mungkin hindarilah lip liner yang mengandung perasa dan pewarna kimia, pengelmulsi, ataupun parafin.

Produk kosmetik yang aman tentunya sudah memiliki izin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) atau lembaga sejenisnya. Perhatikan selalu tanda izin edar ini agar Anda terhindar dari zat berbahaya yang tidak baik untuk kesehatan. Cek selalu kemasan kosmetik favorit Anda sebelum membelinya.

Pilih warna sesuai keinginan dan karakter Anda

Warna lip liner merupakan hal paling penting yang harus diperhatikan karena akan menentukan hasil akhir pulasan bibir. Akan lebih baik jika warnanya disesuaikan dengan lipstik yang akan Anda kenakan untuk hasil riasan bibir yang lebih menawan. Lalu, bagaimana cara memilih warna yang tepat? Simak ulasan berikut ini!

Warna nude untuk memperbaiki kontur asli bibir

Warna nude untuk memperbaiki kontur asli bibir

Jika Anda ingin memperbaiki kontur asli bibir, Anda dapat memilih lip liner dengan warna-warna nude, seperti beige. Warna lip liner bernuansa nude berperan seperti concealer yang dapat memberikan efek correcting atau memperbaiki kontur bibir, agar bentuk bibir menjadi lebih ideal.

Jika menginginkan lip liner dengan fungsi ini, Anda dapat memilih warna lip liner satu tingkat lebih cerah dari warna asli bibir Anda. Anda juga dapat memberikan sentuhan akhir dengan lip balm atau lip gloss berwarna cerah, seperti merah muda dan oranye agar bibir terlihat segar.

Warna yang mirip dengan warna lipstik Anda untuk tampilan lebih segar dan hidup

Warna mirip lipstik untuk tampilan lebih segar dan hidup

Jika Anda menyukai tampilan yang lebih dewasa dan lebih hidup, pilihlah lip liner dengan warna yang mirip seperti lipstik yang akan Anda kenakan. Selain itu, lip liner berwarna senada dengan lipstik juga akan membuat bibir Anda terlihat lebih tegas, meski Anda menggunakan lipstik jenis glossy sekalipun.

Penambahan lip liner pada lipstik dengan warna mencolok juga akan semakin memperkuat karakter Anda. Hal ini juga direkomendasikan agar makeup bibir Anda terlihat rapi. Tampilan glamor juga bisa Anda dapatkan dengan pemilihan lip liner yang memiliki hasil akhir bernuansa matte.

10 Rekomendasi lip liner terbaik

Setelah mengetahui cara memilih lip liner, tentu sekarang Anda dapat memilih lip liner yang sesuai untuk Anda. Berikutnya, simaklah ulasan 10 rekomendasi produk lip liner di bawah ini. Semoga salah satunya dapat menjadi lip liner ideal Anda!

10. Silkygirl Long-Wearing Lipliner

10. Silkygirl Long-Wearing Lipliner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 37.499

Mudah digunakan dengan teksturnya yang ultra-smooth

Lip liner dari Silkygirl ini sangat praktis karena Anda tidak lagi memerlukan rautan untuk membentuk lead-nya. Bertekstur ultra-smooth, produk ini mendukung penggambaran garis yang presisi pada bibir Anda. Selain itu, produk ini mudah dipulaskan sehingga membentuk garis bibir semakin terasa effortless.

Memiliki hasil akhir matte yang merupakan finishing lipstik favorit masa kini, ideal untuk Anda yang ingin tampil kekinian. Produk bervarian warna natural ini juga bisa digunakan sebagai pengganti lipstik karena ringan dan nyaman di bibir. Menginginkan tekstur riasan bibir yang lembut? Lip liner ini pas menjadi pilihan!

Jenis Mekanik

9. Bourjois Paris Levres Contour Edition Lip Pencils

9. Bourjois Paris Levres Contour Edition Lip Pencils

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 72.000

Tahan lebih dari 12 jam sekaligus berikan kelembapan pada bibir

Anda ingin tampil sempurna tanpa harus menggambar garis bibir berulang-ulang? Lip liner dari Bourjois Paris ini tepat menjadi pilihan. Produk ini diklaim memiliki daya tahan lebih dari 12 jam tanpa perlu bolak-balik touch up. Kandungan shea butter dan grape seed oil-nya juga mampu membuat bibir Anda lembap setiap saat.

Mampu mencegah warna lipstik meleber tak beraturan, produk ini juga memberikan efek kontur bibir yang eksotis. Tersedia dalam banyak pilihan warna, Anda pun mudah mengaplikasikannya sesuai shade lipstik favorit Anda. Bila Anda menginginkan lip liner tahan lama untuk bibir yang kering, produk ini cocok masuk ke dalam shopping list Anda.

Jenis Pensil

8. Revlon Matte Balm

8. Revlon Matte Balm

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 90.000

Hadirkan kesan matte dengan aroma peppermint yang segar

Revlon Matte Balm memiliki bentuk seperti krayon sehingga bisa juga digunakan sebagai lip liner. Produk ini bertekstur lembut dan mampu menghasilkan hasil akhir matte yang sempurna menutupi bibir Anda. Diperkaya pula dengan shea butter yang membantu menghidrasi bibir dan aroma peppermint yang menyegarkan.

Tentu saja Anda tak akan memerlukan rautan untuk menggambar garis bibir yang presisi berkat ujung produk yang dibentuk meruncing. Pilihan tepat untuk Anda yang ingin tampil menggoda dan menyukai riasan bibir yang bold. Produk ini juga cocok untuk Anda yang menginginkan bibir lembap dan fresh sepanjang hari.

Jenis Krayon

7. Wet n Wild Perfect Pout Gel Lip Liner

7. Wet n Wild Perfect Pout Gel Lip Liner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 50.000

Warna tahan lama dengan formula proprietary polymer and ester complex

Produk dari Wet n Wild ini begitu unik dengan lead yang berbentuk gel. Formula proprietary polymer dan ester complex-nya dipercaya mampu memberikan efek warna yang long lasting. Produk Amerika ini juga memiliki pigmentasi yang baik sehingga mampu menciptakan garis bibir yang sempurna dan tanpa celah.

Produk ini memiliki varian warna yang beragam, mulai dari natural hingga bold yang dapat Anda sesuaikan dengan riasan bibir favorit Anda. Mampu meluncur sempurna pada bibir, ideal bagi Anda yang menginginkan riasan bibir dengan kontur yang halus tanpa cacat. Memulas dengan sempuna, oke juga digunakan sebagai lipstik!

Jenis Mekanik

6. Rimmel Lasting Finish 1000 Kisses Lip Liner

6. Rimmel Lasting Finish 1000 Kisses Lip Liner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 95.000

Mudah dibaurkan dengan warna lipstik, plus tahan lama dengan pigmentasi tinggi

Tak hanya memiliki tekstur yang lembut, lip liner dari Rimmel ini juga mudah dibaurkan dengan warna lipstik favorit Anda. Berbagai pilihan warnanya yang memiliki pigmentasi tinggi ini dipercaya tahan hingga 8 jam. Mulai dari tone yang pas untuk kulit cerah hingga gelap, semua tersedia dalam produk yang berikan hasil akhir matte ini.

Kelembutan lead-nya tidak akan membuat bibir terasa perih saat Anda membuat garis bibir. Apalagi, bodinya berupa kayu sehingga Anda dapat membentuk ujungnya sesuai selera. Hal itu tentu akan memudahkan Anda membentuk garis bibir yang presisi. Bagi Anda yang menginginkan riasan bibir all-in-one, produk ini jawabannya.

Jenis Pencil

5. E.l.f Lip Liner & Blending Brush

5. E.l.f Lip Liner & Blending Brush

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 89.500

Lebih praktis! Lengkap dengan kuas lembut pembaur warna bibir

Lip liner keluaran E.l.f ini sudah dilengkapi dengan kuas lembut pada kemasan stick-nya. Inovasi ini tentu saja akan memudahkan Anda untuk membaurkannya dengan warna lipstik yang Anda gunakan. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi khawatir warna riasan bibir jadi tidak rata. Produk ini tersedia dalam berbagai warna, mulai dari nude hingga bold.

Anda juga tak akan pernah salah membuka penutupnya karena produk ini juga dilengkapi dengan tulisan ‘line’/‘blend’ sebagai pembeda lip liner dan kuas pada setiap ujungnya. Untuk Anda yang ingin tampil sempurna, tetapi lebih effortless dalam memadukan warna lip liner dan lipstik, produk ini tepat menjadi pilihan Anda.

Jenis Mekanik

4. Nature Republic Eco Crayon Lip Rouge

4. Nature Republic Eco Crayon Lip Rouge

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 130.000

Pigmentasi bagai lipstick, teksturnya lembut bagai lip balm

Produk dari Nature Republic ini memiliki pigmentasi tinggi bagaikan lipstik yang mengover sempurna, tetapi memiliki tekstur yang lembut. Selain itu, produk ini dapat pula melembapkan bibir Anda layaknya lip balm. Memiliki hasil akhir yang glossy, Anda pun tidak perlu khawatir bibir Anda akan pecah-pecah.

Produk ini juga tidak lengket saat digunakan sehingga Anda tak akan mengalami sensasi bibir terasa tebal. Dengan warna-warnanya yang cemerlang, dapatkan riasan bibir yang terlihat segar dan bervolume. Bagi Anda yang ingin tampilan optimal berikut perlindungan penuh untuk bibir Anda, produk inilah jawabannya.

Jenis Krayon

3. Maybelline Color Sensational Shaping Lip Liner

3. Maybelline Color Sensational Shaping Lip Liner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 63.000

Berikan tampilan bibir tegas dan berdimensi dengan warna sensasional

Produk lip liner dari Maybelline ini memiliki 8 pilihan warna sensasional yang mampu mempertegas garis bibir Anda. Dengan pilihan warnanya ini, Anda bisa menciptakan tampilan bibir yang lebih bold dan berdimensi. Meski warna-warnanya berani, Anda tak perlu khawatir karena warnanya tetap mudah dibaurkan.

Pigmentasi yang tahan lama membuat Anda tak perlu bolak-balik touch up. Tak hanya itu, produk ini mampu melembapkan dengan teksturnya yang creamy. Ujungnya yang mungil akan mempermudah Anda untuk membingkai bibir agar tampak lebih rapi. Cocok untuk Anda yang ingin memberikan highlight pada makeup bibir Anda.

Jenis Mekanik

2. Focallure Waterproof Lip Liner

2. Focallure Waterproof Lip Liner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 88.100

Jaga riasan bibir Anda lebih tahan lama dengan fitur waterproof

Anda yang menginginkan riasan bibir dengan ketahanan nyaris absolut, pasti akan menyukai produk ini. Dengan fitur waterproof, warna bibir tak akan mudah terganggu gugat oleh air maupun keringat. Teksturnya yang creamy tetapi ringan di bibir ini juga akan membuat Anda semakin nyaman menggunakan lip liner ini.

Selain tak mudah luntur, produk ini juga tidak membuat bibir kering. Focallure Lip Liner ini memiliki varian warna dari soft hingga bold, cocok bagi Anda yang ingin tampil natural maupun tampil menggoda. Cobalah lip liner ini apabila Anda tak mau repot-repot touch up setelah makan atau minum.

Jenis Mekanik

1. NYX Professional Makeup Retractable Lip Liner

1. NYX Professional Makeup Retractable Lip Liner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 50.000

Tampilkan karakter Anda dengan berbagai pilihan warna

Produk lip liner terbaru dari NYX ini memiliki 19 pilihan warna yang dapat melengkapi riasan bibir Anda. Berbagai pilihan warna dari warna cerah hingga warna gelap cocok untuk Anda yang ingin bereksperimen dalam menampilkan garis bibir eksotis. Kemasannya berupa easy twist-up pencil, Anda akan lebih mudah dalam menggambar garis bibir.

Lip liner ini berpigmentasi tinggi sehingga riasan bibir Anda tak mudah pudar. Teksturnya yang creamy juga membuat Anda nyaman saat mengaplikasikannya. Untuk Anda yang memiliki berbagai macam warna lipstik dan ingin lebih menonjolkan karakter pribadi Anda, bagaimana kalau menjadikan produk ini sebagai koleksi?

Jenis Mekanik

Cara benar memakai lip liner untuk hasil terbaik

Cara benar memakai lip liner untuk hasil terbaik

Cara mengaplikasikan lip liner agar terlihat indah sangatlah penting. Pertama-tama, gambarlah garis bibir atas dan bawah. Selanjutnya, gambar garis sudut bibir dan sambungkan pada garis yang digambar sebelumnya. Gambarlah garis sudut bibir secara penuh karena celah mudah sekali terbentuk.

Setelah selesai mengggambar garis, pulaskan lipstik dan gunakan tangan atau kuas untuk membaurkannya dengan garis lip liner. Saat menggunakan lip liner berwarna gelap, disarankan untuk menggambar garis atas bibir dengan bentuk agak membulat. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan efek warna bibir yang lembut.

Baca juga rekomendasi lip pencil, lip crayon, dan lip brush untuk melengkapi riasan bibir Anda di sini!

Setelah menemukan lip liner favorit Anda, temukan juga lip pencil, lip crayon, dan lip brush yang dapat menyempurnakan riasan bibir Anda. Sebelum membeli lip makeup item tersebut, simaklah dahulu cara memilih dan ulasan produk-produk terbaiknya melalui tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Terdapat tiga jenis lip liner yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Jenis pensil yang dapat membentuk garis dengan lebih presisi, jenis mekanik yang praktis penggunaannya, dan jenis krayon yang dapat membentuk garis bibir secara natural.

Kami pun telah merekomendasikan sepuluh produk dari ketiga jenis lip liner tersebut. Jadi, apakah Anda sudah menentukan lip liner yang tepat untuk Anda? Gunakanlah lip liner agar riasan bibir Anda lebih rapi. Dengan tampilan yang lebih menawan, tentu rasa percaya diri Anda lebih meningkat.