• 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Dari berbagai jenis sabun pembersih muka, cleansing milk atau susu pembersih adalah yang paling lembut di kulit. Susu pembersih dapat memberikan sensasi lembap yang sangat bagus, terutama pada kulit kering dan sensitif.


Merek-merek terkenal, seperti Wardah, Pond's, dan Nivea telah mengeluarkan produk susu pembersih terbaik mereka. Namun, manakah yang cocok untuk Anda? Simak artikel berikut ini dan dapatkan susu pembersih terbaik yang sesuai untuk kulit Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

giovannigwen
  • Pembaharuan terakhir: 25 September 2022
Daftar isi

Apa itu cleansing milk?

Apa itu cleansing milk?

Ciri khas cleansing milk (susu pembersih) adalah teksturnya yang lembut seperti face emulsion dan efek melembapkan setelah penggunaan. Susu perbersih adalah jenis yang relatif cocok digunakan untuk semua jenis kulit, terutama pada kulit kering dan sensitif.


Umumnya, kandungan air pada komposisi susu pembersih lebih banyak daripada kandungan minyak. Hal tersebut menyebabkan daya pembersihnya cenderung lebih rendah daripada pembersih berbahan dasar minyak lainnya. Karena itu, susu pembersih tidak cocok digunakan untuk membersihkan waterproof dan heavy makeup.


Jadi, sebaiknya Anda memakai susu pembersih hanya untuk membersihkan makeup yang ringan. Gunakan eye makeup remover dan jenis pembersih lainnya untuk menghapus heavy makeup di wajah Anda.

Cara memilih cleansing milk

Setiap susu pembersih mengandung formula yang berbeda-beda. Untuk mengetahui perbedaannya, perhatikanlah beberapa poin di bawah ini.

Pilihlah berdasarkan tipenya

Pilihlah berdasarkan tipenya

Ada dua tipe susu pembersih, yaitu yang dibilas dengan air dan dilap dengan kapas. Anda dapat memilihnya sesuai preferensi Anda, tetapi kami menyarankan tipe yang dibilas dengan air untuk penggunaan sehari-hari. Demi pembersihan yang optimal, makeup dan kotoran yang bercampur dengan susu pembersih perlu dibersihkan dengan air. 


Jika menggunakan susu pembersih yang dilap dengan kapas, Anda butuh waktu lebih lama untuk membuat wajah benar-benar bersih. Selain itu, gesekan antara kapas dan kulit wajah juga bisa menyebabkan masalah kulit, lebih-lebih bagi kulit sensitif.


Namun, bukan berarti susu pembersih yang dilap dengan kapas tidak bisa dipilih sama sekali. Anda bisa menggunakan susu pembersih tipe ini untuk membersihkan riasan di bagian point makeup, seperti riasan mata, bibir, dan pipi.

Sesuaikan jenis kulit dan efek yang ingin didapatkan

Setiap produk susu pembersih menawarkan efek yang berbeda-beda. Ada yang memberikan rasa lembap, ada juga yang menjanjikan kulit menjadi lembut setelah digunakan. Karena itu, tentukan apa yang Anda inginkan, lalu pilih produk dengan kandungan bahan yang dapat memberikan efek tersebut.

Moisturizing agent, untuk efek melembapkan

Moisturizing agent, untuk efek melembapkan

Memilih susu pembersih yang dapat membersihkan hingga tuntas memang penting. Namun, karena susu pembersih digunakan setiap hari, akan lebih baik jika produk tersebut juga memberikan efek melembapkan.


Sayangnya, sebagian orang masih berpikir bahwa bahan pelembap tidak penting karena wajah langsung dibilas setelah menggunakan susu pembersih. Faktanya, bahan pelembap yang diformulasikan bersama zat pembersih berfungsi sebagai bantalan untuk meringankan beban akibat pembersihan.


Untuk mencegah kulit Anda dari kekeringan, pilihlah susu pembersih yang mengandung moisturizing agent. Bahan pelembap (moisturizing agent) yang direkomendasikan antara lain:

  • Ceramide
  • Sodium hyaluronate
  • Glycerin
  • Collagen
  • Butylene glycol 
  • Sodium PCA
  • Sodium lactate

Bebas zat aditif, aman untuk kulit kering dan sensitif

Bebas zat aditif, aman untuk kulit kering dan sensitif

Dibandingkan kulit normal, skin barrier pada kulit kering dan sensitif lebih lemah. Hal itulah yang menyebabkan kedua jenis kulit tersebut cenderung lebih mudah teriritasi oleh bahan tertentu yang tidak dirasakan oleh kulit normal.


Produk yang menyatakan komposisinya tanpa zat aditif tidak selalu aman untuk kulit kering dan sensitif. Pastikan Anda mengecek label komposisi sebelum membeli susu pembersih.


Berikut ini, kami rangkumkan beberapa bahan yang perlu dihindari oleh pemilik kulit sensitif dan kering:

  • Alkohol (ethanol)
  • Pewangi (fragrance)
  • Pewarna sintetis
  • Bahan pengawet yang bersifat antibakteri (benzoic acid, paraben) 
  • Mineral oil


Sebagai catatan, tidak semua produk dengan paraben pasti mengiritasi dan berbahaya. Tiap produsen memiliki standar peracikan yang ketat mengenai batas penggunaan suatu bahan. Namun, paraben dengan konsentrasi tinggi dan bersifat antibakteri bisa menyebabkan iritasi terhadap jenis kulit tertentu.

Temukan produk yang dapat digunakan saat mandi agar lebih praktis

Temukan produk yang dapat digunakan saat mandi agar lebih praktis

Pasti banyak dari Anda yang menghapus makeup sekalian mandi. Di saat seperti itu, produk yang bisa digunakan dengan tangan basah sangat cocok untuk digunakan.


Tidak semua produk susu pembersih bisa digunakan ketika tangan basah. Jadi, untuk Anda yang terbiasa membersihkan wajah saat mandi, pastikan produk pilihan Anda cocok dengan kebiasaan Anda.

Cari yang berbahan dasar air untuk pengguna eyelash extension

Cari yang berbahan dasar air untuk pengguna eyelash extension

Jika Anda menggunakan eyelash extension, pilihlah susu pembersih yang berbahan dasar air. Lem yang digunakan pada eyelash extension mudah hilang oleh minyak. Jadi, sebisa mungkin hindari produk yang mengandung mineral oil.


Masih bingung ketika memilih? Kalau begitu, pilih saja susu pembersih yang memberi penjelasan bahwa produk tersebut aman digunakan pada eyelash extension. Biasanya, produk yang seperti ini mencantumkan keterangan "suitable for eyelash extensions" pada labelnya.

10 Rekomendasi cleansing milk terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cleansing milk terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. 

Update 25 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Nuxe Paris Cleansing Milk with Rose Petals menduduki peringkat pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Wardah Lightening Cleansing Milk memiliki angka penjualan tertinggi. 

Gambar produk
1
Wardah Lightening Cleansing Milk 1

Wardah

2
Viva Milk Cleanser Bengkuang 1

Viva

3
Unilever Pond's Bright Beauty Cleansing Milk 1

Unilever

4
Emina Cosmetics Creamy Milk Cleansing Lotion 1

Emina Cosmetics

5
L'Oréal Paris Cleansing Milk Gentle Milk Cleanser 1

L'Oréal Paris

6
Martina Berto Sariayu Mawar Cleansing Milk 1

Martina Berto

7
La Tulipe Milk Cleanser 1

La Tulipe

8
Mineral Botanica First Defense Cleansing Milk 1

Mineral Botanica

9
Rohto Acnes Natural Care Oil Control Milk Cleanser 1

Rohto

10
Skin Dewi Hazelnut Cleansing Milk 1

Skin Dewi

Nama produk

Lightening Cleansing Milk

Milk Cleanser Bengkuang

Pond's Bright Beauty Cleansing Milk

Creamy Milk Cleansing Lotion

Cleansing Milk Gentle Milk Cleanser

Sariayu Mawar Cleansing Milk

Milk Cleanser

First Defense Cleansing Milk

Acnes Natural Care Oil Control Milk Cleanser

Hazelnut Cleansing Milk

Keunggulan

Wajah cerah bercahaya berkat kandungan advanced niacinamide-nya

Cleansing milk berkualitas dengan harga yang ekonomis

Angkat kotoran dan makeup tanpa membuat kulit wajah kering

Aman digunakan dengan formula yang sesuai dengan pH kulit

Jaga selalu kelembapan alami kulit Anda

Kebaikan bunga mawar kini hadir di tangan Anda

Sempurna angkat kotoran dan minyak berkat kandungan emulgator

Membersihkan kulit wajah dengan lembut, cocok untuk kulit sensitif

Cleansing milk dengan kemampuan oil control

Langkah pertama untuk atasi kulit berjerawat

Harga mulai dariRp 20.500,00Rp 8.350,00Rp 32.600,00Rp 23.500,00Rp 130.000,00Rp 17.600,00Rp 34.500,00Rp 28.900,00Rp 32.900,00Rp 566.500,00
TipeDilap dengan kapasDilap dengan kapasDilap dengan kapasDilap dengan kapasDilap dengan kapasDilap dengan kapasDilap dengan kapasDilap dengan kapasDilap dengan kapasDibilas dengan air
Bahan pelembapGlycerin, olive oil, tocopheryl acetatePropylene glycolGlycerin, tocopheryl actetateGlycerin, butylene glycol, ethylhexylglycerin, propylene glycol, Saccharum officinarum extract, Scutellaria baicalensis root extract Glycerin, shea butterGlycerin, propylene glycol, caprylyl glycol, Gardenia jasmine extract, sorbitolPropylene glycol, Aloe barbadensis leaf extractGlycerin, caprylic/capric triglyceride, tocopheryl acetateButylene glycol, yeast amino acids, trehalose, betaine, propylene glycolSimmondsia chinensis seed oil, glycerin, cetearyl glucoside, soybean oil,
Zat aditifFragranceMethylparaben, perfumePerfumeFragrance, pengawet (phenoxyethanol, sodium sulfite)Fragrance, pengawet (methylparaben, imidazolidinyl urea, propylparaben, hexamidine diisethionate)Alkohol, fragranceFragrancexPropylparabenFragrance
Mineral oilxxxxx
Tautan produk
10
TipeDibilas dengan air
Bahan pelembapSimmondsia chinensis seed oil, glycerin, cetearyl glucoside, soybean oil,
Zat aditifFragrance
Mineral oilx
9

RohtoAcnes Natural Care Oil Control Milk Cleanser

Mulai dari Rp 32.900,00

TipeDilap dengan kapas
Bahan pelembapButylene glycol, yeast amino acids, trehalose, betaine, propylene glycol
Zat aditifPropylparaben
Mineral oilx
8

Mineral BotanicaFirst Defense Cleansing Milk

Mulai dari Rp 28.900,00

TipeDilap dengan kapas
Bahan pelembapGlycerin, caprylic/capric triglyceride, tocopheryl acetate
Zat aditifx
Mineral oil
7
TipeDilap dengan kapas
Bahan pelembapPropylene glycol, Aloe barbadensis leaf extract
Zat aditifFragrance
Mineral oil
6

Martina BertoSariayu Mawar Cleansing Milk

Mulai dari Rp 17.600,00

TipeDilap dengan kapas
Bahan pelembapGlycerin, propylene glycol, caprylyl glycol, Gardenia jasmine extract, sorbitol
Zat aditifAlkohol, fragrance
Mineral oilx
5

L'Oréal ParisCleansing Milk Gentle Milk Cleanser

Mulai dari Rp 130.000,00

TipeDilap dengan kapas
Bahan pelembapGlycerin, shea butter
Zat aditifFragrance, pengawet (methylparaben, imidazolidinyl urea, propylparaben, hexamidine diisethionate)
Mineral oil
4

Emina CosmeticsCreamy Milk Cleansing Lotion

Mulai dari Rp 23.500,00

TipeDilap dengan kapas
Bahan pelembapGlycerin, butylene glycol, ethylhexylglycerin, propylene glycol, Saccharum officinarum extract, Scutellaria baicalensis root extract
Zat aditifFragrance, pengawet (phenoxyethanol, sodium sulfite)
Mineral oil
3

UnileverPond's Bright Beauty Cleansing Milk

Mulai dari Rp 32.600,00

TipeDilap dengan kapas
Bahan pelembapGlycerin, tocopheryl actetate
Zat aditifPerfume
Mineral oilx
2
TipeDilap dengan kapas
Bahan pelembapPropylene glycol
Zat aditifMethylparaben, perfume
Mineral oil
1
TipeDilap dengan kapas
Bahan pelembapGlycerin, olive oil, tocopheryl acetate
Zat aditifFragrance
Mineral oilx

Pertanyaan umum seputar cleansing milk

Pertanyaan umum seputar cleansing milk

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan populer seputar cleansing milk. Jika Anda masih penasaran dengan cleansing milk, simak jawabannya di bawah ini. 

Apakah cleansing milk lebih bagus daripada facial wash?

Cleansing milk dan facial wash memiliki karakteristiknya masing-masing. Cleansing milk sifatnya lebih gentle dan bekerja membersihkan dengan tetap mempertahankan minyak alami kulit. Sementara itu, facial wash dapat membersihkan kotoran sekaligus menghilangkan minyak berlebih pada kulit.


Berdasarkan karakteristiknya tersebut, cleansing milk dinilai lebih cocok bagi jenis kulit kering dan sensitif. Sebaliknya, facial wash lebih disarankan bagi kulit berminyak dan berjerawat. 

Cara menggunakan cleansing milk dengan efektif

Tidak semua orang bisa menggunakan susu pembersih secara efektif. Beberapa di antaranya mengeluh bahwa produk yang mereka gunakan susah dibaurkan dan sulit dibilas. Untuk itu, berikut ini akan kami paparkan cara menggunakan susu pembersih yang tepat untuk hasil optimal.

Hangatkan dengan menggosokkan ke telapak tangan sebelum digunakan

Hangatkan dengan menggosokkan ke telapak tangan sebelum digunakan

Saat dituangkan ke telapak tangan, kandungan minyak pada susu pembersih biasanya dalam kondisi terbungkus air. Dengan menghangatkannya menggunakan suhu tubuh, air tersebut akan berubah menjadi minyak. Makeup yang mengandung oil pun akan mudah terhapus!


Sebenarnya, susu pembersih akan secara alami berubah menjadi minyak saat diaplikasikan ke wajah. Akan tetapi, waktu yang dibutuhkan cukup lama sehingga malah membebani kulit Anda.


Karena itu, gosok-gosokkanlah susu pembersih terlebih dahulu dengan telapak tangan Anda supaya hangat. Cara ini tidak hanya memudahkan pembersihan, tetapi juga menghemat waktu Anda.

Lakukan proses emulsifikasi sebelum dibilas

Lakukan proses emulsifikasi sebelum dibilas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kandungan air pada susu pembersih akan berubah menjadi minyak setelah dihangatkan di telapak tangan. Namun, teksturnya yang seperti minyak itulah yang menyebabkan produk jadi susah dibilas dengan air. Karena itu, emulsifikasi harus dilakukan untuk membuat susu pembersih lebih mudah dibiilas.


Caranya, tambahkan sedikit air (suhu normal atau hangat) ke telapak tangan Anda. Setelah itu, tangkupkan kedua telapak ke wajah dan baurkan air sebagai proses emulsifikasi. Poin dari proses ini adalah membaurkan air sedikit demi sedikit. Dengan proses ini, kotoran yang mengandung minyak seperti sisa makeup maupun sebum tidak akan tertinggal di kulit wajah Anda!

Baca juga rekomendasi pembersih makeup lainnya di sini

Susu pembersih saja tidak dapat membersihkan semua jenis makeup, khususnya waterproof makeup. Tak jarang dibutuhkan kombinasi produk pembersih lainnya untuk memastikan kulit wajah Anda benar-benar bersih. Untuk itu, silakan baca rekomendasi berbagai produk pembersih berikut ini!

Kesimpulan

Susu pembersih adalah jenis pembersih makeup yang sangat lembut dan dapat memberikan efek lembap setelah penggunaan. Dengan demikian, susu pembersih sangat ideal untuk Anda yang memiliki kulit kering dan sensitif.


Namun, komposisi setiap susu pembersih berbeda tergantung produsennya. Jadi, pilihlah susu pembersih sesuai dengan jenis kulit Anda dan efek yang ingin Anda dapatkan. Selamat menemukan susu pembersih yang tepat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Produk Double Cleansing Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Double Cleansing Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Double cleansing adalah istilah untuk dua tahapan membersihkan kulit wajah. Metode ini bisa dilakukan pada semua jenis kulit, baik kulit berminyak, kering, maupun sensitif. Dengan menggunakan produk double cleansing, kotoran di kulit, seperti debu, minyak, keringat, serta makeup, dapat dibersihkan secara tuntas. Kulit pun bisa bebas jerawat, beruntusan, dan komedo.Artikel ini berisi poin-poin penting dalam memilih produk double cleansing. Anda juga akan menemukan rekomendasi produk double cleansing yang bagus dari berbagai merek, seperti Wardah dan Nivea. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Selamat membaca!
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Micellar water merupakan produk pembersih yang mengombinasikan minyak dan air. Kombinasi ini dapat mengangkat kotoran pada wajah tanpa membuatnya kering. Keunggulan ini membuat micellar water menjadi pilihan pembersih wajah yang populer. Apakah Anda juga tertarik menggunakannya?Ada banyak produk micellar water, misalnya saja produk merek Garnier, Wardah, atau Emina. Selain ketiganya, masih banyak merek micellar water yang bagus lainnya. Anda tak perlu bingung memilihnya karena kami akan memberikan tips memilih micellar water dalam artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk micellar water terbaik di pasaran. Baca sampai selesai, ya.
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu pembersih wajah yang populer digunakan adalah micellar water. Produk pembersih berbahan dasar air ini mampu membersihkan makeup serta kotoran secara mudah dan cepat. Namun, tidak semua produk micellar water dapat digunakan untuk kulit sensitif. Terlebih lagi bila kulit sensitif disertai dengan masalah jerawat, berminyak, kering, dan beruntusan.Sebab itu, kali ini kami akan memberikan rekomendasi micellar water untuk kulit sensitif. Ada berberbagai merek yang bagus dan berkualitas, seperti Wardah, Garnier, dan Simple. Namun sebelum itu, kami akan mengulas cara memilihnya terlebih dahulu. Simak sampai habis, ya!
    Pembersih makeup
  • 10 Micellar Water Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Micellar Water Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Micellar water adalah pembersih wajah berbahan dasar air yang ringan dan dikenal nyaman untuk semua jenis kulit. Produk ini telah menjadi pelengkap double cleansing yang praktis. Dari banyaknya produk micellar water, manakah yang paling recommended untuk Anda dengan kulit berminyak?Di artikel ini, kami telah menyiapkan rekomendasi micellar water yang bagus untuk Anda. Merek micellar water terbaik, seperti Garnier, SOMETHINC, L’Oréal, dan Biore juga telah kami review. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, Sp.KK. Simak terus ulasan kami!
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cleansing oil adalah pembersih berbahan dasar minyak yang efektif membersihkan riasan dan kotoran di wajah. Sekarang ini banyak cleansing oil yang bagus beredar di pasaran, seperti merek Bioré, DHC, Hada Labo, dan Shu Umera. Selain itu, jenisnya pun bermacam-macam, mulai dari tipe deep cleansing oil sampai yang non-comedogenic.Kali ini kami akan mengulas tips memilih cleansing oil. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi cleansing oil untuk berbagai jenis kulit, seperti kulit kering, sensitif, komedo, berminyak, dan berjerawat. Semoga artikel ini bisa membantu Anda memilih cleansing oil terbaik, ya!
    Pembersih makeup
  • 10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Cleansing balm adalah produk pembersih yang dapat menghapus makeup secara lembut tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit. Kini tersedia cleansing balm yang bagus untuk kulit berminyak, sensitif, kering, berjerawat, dan lainnya. Banyaknya pilihan ini mungkin membuat Anda kebingungan saat memilih.Nah, kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih cleansing balm terbaik, baik yang noncomedogenic maupun cleansing balm untuk jerawat. Agar lebih yakin, baca juga tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Produk dari merek lokal terkenal, seperti Somethinc, Dear Me Beauty, hingga Wardah juga akan kami ulas.
    Pembersih makeup
  • 10 Brush Cleanser Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Brush Cleanser Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Kuas makeup merupakan senjata para beauty enthusiast untuk menghasilkan riasan sempurna. Namun, jika hanya digunakan tanpa dibersihkan, kuas akan menjadi sarang bakteri. Karena itu, pemilik makeup brush perlu memiliki brush cleanser (pembersih kuas). Di pasaran ada berbagai merek brush cleanser yang ditawarkan, seperti Real Techniques, Aeris Beaute, dan Beautyblender.Pada kesempatan ini, kami akan merekomendasikan sepuluh brush cleanser terbaik. Kami juga akan mengulas cara memilih produk beserta tips membersihkan kuas makeup. Baca artikelnya sampai habis, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty content creator sekaligus makeup artist kami, Luella Artistry.
    Pembersih makeup
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori