• 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Dari berbagai jenis sabun pembersih muka, cleansing milk atau susu pembersih adalah yang paling lembut di kulit. Susu pembersih dapat memberikan sensasi lembap yang sangat bagus, terutama pada kulit kering dan sensitif.


Merek-merek terkenal, seperti Clarins, Face Shop, dan NUXE telah mengeluarkan produk susu pembersih terbaik mereka. Namun, manakah yang cocok untuk Anda? Simak artikel berikut ini dan dapatkan susu pembersih terbaik yang sesuai untuk kulit Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Tabitha Budiman
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa itu cleansing milk?

Apa itu cleansing milk?

Ciri khas dari cleansing milk atau susu pembersih adalah teksturnya yang lembut seperti face emulsion dan efek lembap yang diberikan setelah penggunaan. Susu perbersih adalah jenis yang relatif cocok digunakan untuk semua jenis kulit, terutama pada kulit kering dan sensitif.


Umumnya, kandungan air pada komposisi susu pembersih lebih banyak daripada kandungan minyak. Hal tersebut menyebabkan daya pembersihnya cenderung lebih rendah daripada pembersih berbahan dasar minyak lainnya. Karena itu, susu pembersih tidak cocok digunakan untuk membersihkan waterproof dan heavy makeup.


Jadi, sebaiknya Anda memakai susu pembersih hanya untuk membersihkan makeup yang ringan. Gunakan eye makeup remover dan jenis pembersih lainnya untuk menghapus heavy makeup di wajah Anda.

Cara memilih susu pembersih

Setiap susu pembersih mengandung formula yang berbeda-beda. Untuk mengetahui perbedaannya, perhatikanlah beberapa poin di bawah ini.

Pilihlah berdasarkan tipenya

Pilihlah berdasarkan tipenya

Ada dua tipe susu pembersih, yaitu yang dibilas dengan air dan dilap dengan kapas. Anda dapat memilihnya sesuai dengan preferensi Anda, tetapi kami menyarankan tipe yang dibilas dengan air untuk penggunaan sehari-hari.


Demi pembersihan yang optimal, makeup dan kotoran yang bercampur dengan susu pembersih perlu segera dibersihkan dengan air. Karena itulah kami merekomendasikan produk yang dibilas dengan air. Jika menggunakan susu pembersih yang dilap dengan kapas, Anda akan butuh waktu lebih lama untuk membuat wajah benar-benar bersih. Selain itu, gesekan antara kapas dan kulit wajah juga bisa menyebabkan masalah kulit, lebih-lebih bagi kulit sensitif.


Namun, bukan berarti susu pembersih yang dilap dengan kapas tidak bisa dipilih sama sekali. Anda bisa menggunakan susu pembersih tipe ini untuk membersihkan riasan di bagian point makeup, seperti riasan mata, bibir, dan pipi.

Pilihlah sesuai jenis kulit dan efek yang ingin didapatkan

Setiap produk susu pembersih menawarkan efek yang berbeda-beda. Ada yang memberikan rasa lembap, ada juga yang menjanjikan kulit menjadi lembut setelah digunakan. Karena itu, tentukan apa yang Anda inginkan, lalu pilih produk dengan kandungan bahan yang dapat memberikan efek tersebut.

Kandungan bahan pelembap untuk efek lembap

Kandungan bahan pelembap untuk efek lembap

Memilih susu pembersih yang dapat membersihkan hingga tuntas memang penting. Akan tetapi, karena susu pembersih digunakan setiap hari, akan lebih baik jika produk tersebut juga dapat memberikan efek melembapkan pada kulit.


Sayangnya, sebagian orang masih berpikir bahwa bahan pelembap tidak penting karena wajah langsung dibilas setelah menggunakan susu pembersih. Faktanya, bahan pelembap yang diformulasikan bersama zat pembersih akan berfungsi sebagai bantalan untuk meringankan beban akibat pembersihan.


Untuk mencegah kulit Anda dari kekeringan setelah membersihkan muka, pilihlah susu pembersih yang mengandung banyak bahan pelembap.

Bahan pelembap yang direkomendasikan :

  • Ceramide
  • Sodium hyaluronate
  • Glycerin
  • Collagen
  • Butylene glycol 
  • Sodium PCA
  • Sodium lactate

Hati-hati dengan bahan yang dapat mengiritasi kulit kering dan sensitif

Hati-hati dengan bahan yang dapat mengiritasi kulit kering dan sensitif

Dibandingkan kulit normal, skin barrier pada kulit kering dan sensitif lebih lemah. Hal itulah yang menyebabkan kedua jenis kulit tersebut cenderung lebih mudah teriritasi oleh bahan tertentu yang tidak dirasakan oleh kulit normal.


Produk yang menyatakan komposisinya tanpa zat aditif tidak selalu aman untuk si kulit kering dan sensitif. Pastikan Anda mengecek label komposisi sebelum membeli susu pembersih. Berikut ini, kami rangkumkan beberapa bahan yang perlu dihindari oleh Anda yang berkulit sensitif dan kering :


<Bahan yang bisa menyebabkan iritasi>

  • Alkohol (ethanol)
  • Pewangi (fragrance)
  • Pewarna sintetis
  • Bahan pengawet yang bersifat antibakteri (benzoic acid, paraben) ※

<Bahan yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering>

  • Mineral oil


※ Tidak semua produk dengan paraben pasti mengiritasi dan berbahaya. Tiap produsen memiliki standar peracikan yang ketat mengenai batas penggunaan suatu bahan. Namun, paraben dengan konsentrasi tinggi dan bersifat antibakteri bisa menyebabkan iritasi terhadap jenis kulit tertentu.

Untuk menghemat waktu, pilihlah yang tidak butuh double cleansing

Untuk menghemat waktu, pilihlah yang tidak butuh double cleansing

Setelah lelah beraktivitas seharian, Anda pasti ingin segera beristirahat. Tidak ada waktu untuk mencuci muka dengan facial wash! Bagi Anda yang seperti itu, pilihlah susu pembersih yang tidak memerlukan double cleansing!


Dengan susu pembersih yang tidak membutuhkan double cleansing, Anda tidak perlu lagi mencuci muka dengan facial wash setelah memakainya. Jadi, kulit wajah pun bisa tercegah dari kekeringan akibat pembersihan yang berlebihan. Namun, bagi Anda yang tidak terbiasa dengan tipe ini, Anda bisa menggunakannya hanya ketika kulit terasa kering.


Sayangnya, susu pembersih yang tidak perlu double cleansing biasanya tidak bisa menghapus waterproof makeup hingga tuntas. Pilihlah sesuai dengan makeup yang biasa Anda gunakan, ya.

Pilihlah yang dapat digunakan saat mandi agar lebih praktis

Pilihlah yang dapat digunakan saat mandi agar lebih praktis

Pasti banyak dari Anda yang menghapus makeup sekalian mandi. Di saat seperti itu, produk yang bisa digunakan dengan tangan basah sangat cocok untuk digunakan.


Tidak semua produk susu pembersih bisa digunakan ketika tangan basah. Jadi, untuk Anda yang terbiasa membersihkan wajah saat mandi, pastikan produk pilihan Anda cocok dengan kebiasaan Anda.

Untuk pengguna eyelash extension, pilih yang berbahan dasar air

Untuk pengguna eyelash extension, pilih yang berbahan dasar air

Jika Anda menggunakan eyelash extension, pilihlah susu pembersih yang berbahan dasar air. Lem yang digunakan pada eyelash extension mudah hilang oleh minyak. Jadi, sebisa mungkin hindari produk yang mengandung mineral oil.


Masih bingung ketika memilih? Kalau begitu, pilih saja susu pembersih yang memberi penjelasan bahwa produk tersebut aman digunakan pada eyelash extension. Biasanya, produk yang seperti ini mencantumkan keterangan "suitable for eyelash extensions" pada labelnya.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi cleansing milk terbaik

Di bawah ini, kami rekomendasikan sepuluh produk susu pembersih terbaik. Silakan memilih sesuai kebutuhan dan jenis kulit Anda! 

10
TipeDilap dengan kapas
Bahan pelembapGlycerin, tocopheryl acetate, propylene glycol
Zat aditifPropylparaben, fragrance, pengawet (phenoxyethanol, potassium sorbate, sodium benzoate)
Mineral oil
Double cleansingPerlu
Berat bersih 150 ml
9
TipeDilap dengan kapas
Bahan pelembapButylene glycol, ethylhexylglycerin, propylene glycol, Scutellaria baicalensis root extract, tocopheryl acetate
Zat aditifAlcohol, fragrance, pengawet (o-cymen-5-ol, phenoxyethanol, DMDM hydantoin)
Mineral oil
Double cleansingTidak perlu
Berat bersih 90 ml
8

The Face ShopRice Water Bright Cleansing Lotion

Mulai dari Rp 89.000,00

TipeDibilas dengan air
Bahan pelembapDipropylene glycol
Zat aditifFragrance
Mineral oil
Double cleansingTidak perlu
Berat bersih200 ml
7

Emina CosmeticsCreamy Milk Cleansing Lotion

Mulai dari Rp 17.200,00

TipeDilap dengan kapas
Bahan pelembapGlycerin, butylene glycol, ethylhexylglycerin, propylene glycol, Saccharum officinarum extract, Scutellaria baicalensis root extract
Zat aditifFragrance, pengawet (phenoxyethanol, sodium sulfite)
Mineral oil
Double cleansingPerlu
Berat bersih50 ml
6
TipeDilap dengan kapas
Bahan pelembapGlycerin, shea butter
Zat aditifFragrance, pengawet (methylparaben, imidazolidinyl urea, propylparaben, hexamidine diisethionate)
Mineral oil
Double cleansingTidak perlu
Berat bersih200 ml
5
TipeDilap dengan kapas
Bahan pelembapButylene glycol, glycerin, jojoba seed oil, shea butter extract, caprylyl glycol, trehalose, propylene glycol
Zat aditifFragrance, pengawet (pottasium sorbate)
Mineral oilx
Double cleansingTidak perlu
Berat bersih200 ml
4

ClarinsCleansing Milk With Gentian, Moringa

Mulai dari Rp 25.000,00

TipeDilap dengan kapas
Bahan pelembapGlycerin, pentylene glycol, ethylhexylglycerin, cetearyl glucoside, tocopheryl acetate, propylene glycol, glucoside
Zat aditifFragrance, pengawet (phenoxyethanol, benzyl alcohol)
Mineral oilx
Double cleansingTidak perlu
Berat bersih10 ml, 50 ml, 200 ml
3

Clinique LaboratoriesTake The Day Off Cleansing Milk

Mulai dari Rp 420.000,00

TipeDilap dengan kapas atau dibilas dengan air
Bahan pelembapGlycerin, butylene glycol, shea butter, tocopheryl acetate, panthenol, sucrose, sodium hyaluronate, caprylyl glycol
Zat aditifPengawet (phenoxyethanol)
Mineral oilx
Double cleansingPerlu
Berat bersih200 ml
2

Eau Thermale Avène Gentle Milk Cleanser

Mulai dari Rp 294.000,00

TipeDilap dengan kapas
Bahan pelembapPropylene glycol, sodium hyaluronate
Zat aditifFragrance
Mineral oil
Double cleansingTidak perlu
Berat bersih200 ml
1

Nuxe ParisCleansing Milk with Rose Petals

Mulai dari Rp 120.750,00

TipeDilap dengan kapas
Bahan pelembapCoconut oil, glycerin, tocopheryl acetate
Zat aditifFragrance, pengawet (benzyl alcohol, dehydroacetic acid)
Mineral oilx
Double cleansingPerlu
Berat bersih200 ml

Tabel perbandingan produk rekomendasi cleansing milk terbaik

Gambar produk
1
Nuxe Paris Cleansing Milk with Rose Petals 1

Nuxe Paris

2
Eau Thermale Avène  Gentle Milk Cleanser 1

Eau Thermale Avène

3
Clinique Laboratories Take The Day Off Cleansing Milk 1

Clinique Laboratories

4
Clarins Cleansing Milk With Gentian, Moringa 1

Clarins

5
Caudalie Paris Gentle Cleansing Milk 1

Caudalie Paris

6
L'Oréal Paris Gentle Cleansing Milk 1

L'Oréal Paris

7
Emina Cosmetics Creamy Milk Cleansing Lotion 1

Emina Cosmetics

8
The Face Shop Rice Water Bright Cleansing Lotion 1

The Face Shop

9
Mineral Botanica Acne Care Cleansing Milk 1

Mineral Botanica

10
Wardah Lightening Milk Cleanser 1

Wardah

Nama produk

Cleansing Milk with Rose Petals

Gentle Milk Cleanser

Take The Day Off Cleansing Milk

Cleansing Milk With Gentian, Moringa

Gentle Cleansing Milk

Gentle Cleansing Milk

Creamy Milk Cleansing Lotion

Rice Water Bright Cleansing Lotion

Acne Care Cleansing Milk

Lightening Milk Cleanser

Keunggulan

Sahabat si kulit sensitif dan kering

Menenangkan dan melembutkan kulit dengan kandungan yang aman

Tidak meninggalkan residu!

Seimbangkan kadar minyak pada wajah

Kebaikan alam untuk keamanan dan kenyamanan kulit

Jaga selalu kelembapan alami kulit Anda

Aman digunakan dengan formula yang sesuai dengan pH kulit

Kulit cerah, lembut, dan elastis berkat kandungan rice bran oil

Ringan dan dapat diandalkan untuk kulit berjerawat!

Wajah cerah berkat kotoran yang terangkat secara menyeluruh

Harga mulai dariRp 120.750,00Rp 294.000,00Rp 420.000,00Rp 25.000,00Rp 280.000,00Rp 78.400,00Rp 17.200,00Rp 89.000,00Rp 17.875,00Rp 16.000,00
TipeDilap dengan kapasDilap dengan kapasDilap dengan kapas atau dibilas dengan airDilap dengan kapasDilap dengan kapasDilap dengan kapasDilap dengan kapasDibilas dengan airDilap dengan kapasDilap dengan kapas
Bahan pelembapCoconut oil, glycerin, tocopheryl acetatePropylene glycol, sodium hyaluronateGlycerin, butylene glycol, shea butter, tocopheryl acetate, panthenol, sucrose, sodium hyaluronate, caprylyl glycolGlycerin, pentylene glycol, ethylhexylglycerin, cetearyl glucoside, tocopheryl acetate, propylene glycol, glucosideButylene glycol, glycerin, jojoba seed oil, shea butter extract, caprylyl glycol, trehalose, propylene glycolGlycerin, shea butterGlycerin, butylene glycol, ethylhexylglycerin, propylene glycol, Saccharum officinarum extract, Scutellaria baicalensis root extract Dipropylene glycolButylene glycol, ethylhexylglycerin, propylene glycol, Scutellaria baicalensis root extract, tocopheryl acetate Glycerin, tocopheryl acetate, propylene glycol
Zat aditifFragrance, pengawet (benzyl alcohol, dehydroacetic acid) Fragrance Pengawet (phenoxyethanol)Fragrance, pengawet (phenoxyethanol, benzyl alcohol)Fragrance, pengawet (pottasium sorbate) Fragrance, pengawet (methylparaben, imidazolidinyl urea, propylparaben, hexamidine diisethionate)Fragrance, pengawet (phenoxyethanol, sodium sulfite)FragranceAlcohol, fragrance, pengawet (o-cymen-5-ol, phenoxyethanol, DMDM hydantoin)Propylparaben, fragrance, pengawet (phenoxyethanol, potassium sorbate, sodium benzoate)
Mineral oilxxxx
Double cleansingPerluTidak perluPerluTidak perluTidak perluTidak perluPerluTidak perluTidak perluPerlu
Berat bersih200 ml200 ml200 ml10 ml, 50 ml, 200 ml200 ml200 ml50 ml200 ml90 ml150 ml
Tautan produk

Cara menggunakan susu pembersih dengan efektif

Tidak semua orang bisa menggunakan susu pembersih secara efektif. Beberapa di antaranya mengeluh bahwa produk yang mereka gunakan susah dibaurkan dan sulit dibilas. Untuk itu, berikut ini akan kami paparkan cara menggunakan susu pembersih yang tepat untuk hasil optimal.

Hangatkan dengan menggosokkan ke telapak tangan sebelum digunakan

Hangatkan dengan menggosokkan ke telapak tangan sebelum digunakan

Saat dituangkan ke telapak tangan, kandungan minyak pada susu pembersih biasanya dalam kondisi terbungkus air. Dengan menghangatkannya menggunakan suhu tubuh, air tersebut akan berubah menjadi minyak. Makeup yang mengandung oil pun akan mudah terhapus!


Sebenarnya, susu pembersih akan secara alami berubah menjadi minyak saat diaplikasikan ke wajah. Akan tetapi, waktu yang dibutuhkan cukup lama sehingga malah membebani kulit Anda.


Karena itu, gosok-gosokkanlah susu pembersih terlebih dahulu dengan telapak tangan Anda supaya hangat. Cara ini tidak hanya memudahkan pembersihan, tetapi juga menghemat waktu Anda.

Lakukan proses emulsifikasi sebelum dibilas

Lakukan proses emulsifikasi sebelum dibilas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kandungan air pada susu pembersih akan berubah menjadi minyak setelah dihangatkan di telapak tangan. Namun, teksturnya yang seperti minyak itulah yang menyebabkan produk jadi susah dibilas dengan air. Karena itu, emulsifikasi harus dilakukan untuk membuat susu pembersih lebih mudah dibiilas.


Caranya, tambahkan sedikit air (suhu normal atau hangat) ke telapak tangan Anda. Setelah itu, tangkupkan kedua telapak ke wajah dan baurkan air sebagai proses emulsifikasi. Poin dari proses ini adalah membaurkan air sedikit demi sedikit.


Dengan proses emulsifikasi ini, kotoran yang mengandung minyak seperti sisa makeup maupun sebum tidak akan tertinggal di kulit wajah Anda!

Baca juga rekomendasi pembersih makeup lainnya di sini

Susu pembersih saja tidak dapat membersihkan semua jenis makeup, khususnya waterproof makeup. Tak jarang dibutuhkan kombinasi produk pembersih lainnya untuk memastikan kulit wajah Anda benar-benar bersih. Untuk itu, silakan baca rekomendasi berbagai produk pembersih berikut ini!

Kesimpulan

Susu pembersih adalah jenis pembersih makeup yang sangat lembut dan dapat memberikan efek lembap setelah penggunaan. Dengan demikian, susu pembersih sangat ideal untuk Anda yang memiliki kulit kering dan sensitif.


Namun, perlu Anda perhatikan, komposisi setiap susu pembersih berbeda tergantung produsennya. Jadi, pilihlah susu pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan efek yang ingin Anda dapatkan. Selamat menemukan susu pembersih yang tepat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Produk Double Cleansing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Double Cleansing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Double cleansing adalah istilah untuk dua tahapan membersihkan kulit wajah. Dengan metode double cleansing, kotoran di kulit, seperti debu, minyak, keringat, serta makeup, dapat dibersihkan secara tuntas. Double cleansing perlu dilakukan pada semua jenis kulit, baik kulit berminyak, kulit kombinasi, maupun kulit sensitif. Pria dan wanita sama-sama dapat melakukan double cleansing sejak remaja agar kulit tampak glowing. Nah, artikel ini berisi poin-poin yang dapat membantu Anda memilih produk double cleansing yang bagus. Anda juga akan menemukan rekomendasi produk terbaik, di antaranya double cleansing merk Viva, Wardah, dan Nivea. Selamat membaca!
    Pembersih makeup
  • 10 Micellar Water Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Micellar Water Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Micellar water adalah pembersih wajah berbahan dasar air yang ringan dan dikenal nyaman untuk semua jenis kulit. Produk ini telah menjadi pelengkap double cleansing yang praktis. Dari banyaknya produk micellar water, manakah yang paling recommended untuk Anda dengan kulit berminyak?Di artikel ini, kami telah menyiapkan rekomendasi micellar water yang bagus untuk Anda. Merek micellar water terbaik, seperti Garnier, SOMETHINC, L’Oréal, dan Biore juga telah kami review. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, Sp.KK. Simak terus ulasan kami!
    Pembersih makeup
  • Review: 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Review: 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cleansing oil adalah pembersih berbahan dasar minyak yang efektif membersihkan riasan dan kotoran di wajah. Sekarang ini banyak cleansing oil yang bagus beredar di pasaran, seperti merk Bioré, DHC, Hada Labo, dan lainnya. Selain itu, jenisnya pun bermacam-macam, mulai dari tipe deep cleansing oil, sampai yang non-comedogenic.Kali ini, mybest original review akan membahas tuntas cleansing oil yang sedang populer. Seluruh kegiatan review dilakukan oleh tim editorial mybest di Jepang dengan mempertimbangkan dua hal berikut.1. Kemampuan membersihkan makeup2. Kandungan bahanSetelah itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh cleansing oil terbaik untuk berbagai jenis kulit. Mari temukan produk terbaik bagi Anda dengan kulit berminyak, sensitif, ataupun berjerawat. Semoga artikel ini bisa membantu Anda memilih cleansing oil terbaik, ya!
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Micellar water adalah produk pembersih wajah yang 90% kandungannya terdiri dari air. Produk ini memungkinkan Anda membersihkan wajah lebih cepat karena diformulasikan dengan molekul micellar yang mampu menangkap kotoran. Itulah sebabnya micellar water menjadi makin populer belakangan ini. Garnier, Nivea, Wardah, dan Bioderma adalah sebagian merk yang memproduksi micellar water berkualitas.Banyaknya produk ini di pasaran mungkin membuat Anda jadi bingung memilih. Namun, tidak perlu khawatir, kami akan membagikan beberapa tips praktis dalam memilihnya. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberikan rekomendasi micellar water terbaik yang bagus dan berkualitas. Simak, ya!
    Pembersih makeup
  • 10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cleansing Balm Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Cleansing balm adalah produk pembersih yang dapat menghapus makeup secara lembut tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit. Kini tersedia cleansing balm yang bagus untuk kulit berminyak, sensitif, kering, berjerawat, dan lainnya. Banyaknya pilihan ini mungkin membuat Anda kesulitan memilih produk yang bagus. Kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih cleansing balm terbaik, baik yang noncomedogenic maupun cleansing balm untuk jerawat. Agar lebih yakin, baca juga tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Produk dari merk terkenal, seperti The Body Shop, Pond's, dan Clinique juga akan kami ulas.
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Cleansing Balm Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cleansing Balm Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Membersihkan wajah adalah salah satu rutinitas yang tidak boleh dilewatkan. Saat ini dunia skincare diramaikan dengan pembersih wajah yang mampu menutrisi kulit, salah satunya cleansing balm. Pembersih ini memiliki bentuk yang solid dibanding jenis pembersih wajah lainnya. Kendati demikian, cleansing balm akan meleleh pada suhu tubuh. Anda pun bisa menemukan cleansing balm merek lokal terbaik dengan mudah.Di artikel ini, kami menyiapkan tips dan memberikan rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Beberapa merek cleansing balm lokal seperti Somethinc, Lumier, dan Fanbo ada dalam rekomendasi kami. Selamat menyimak!
    Pembersih makeup
  • 10 Rekomendasi Tisu Pembersih Makeup Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tisu Pembersih Makeup Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Merasa sering malas membersihkan makeup? Butuh makeup remover yang praktis dan hemat waktu? Tisu wajah jawabannya. Kehadiran tisu wajah menjadi solusi ketika Anda sibuk dan dapat membantu mempersingkat step cleansing Anda.Saat ini, produk tisu pembersih wajah yang bagus mudah dijumpai. Banyak varian produk tisu pembersih muka dibuat untuk wajah berjerawat, kulit berminyak, kering, dan sensitif. Kali ini, kami telah merangkum beragam merk tissue pembersih wajah terbaik untuk Anda. Merk tisu wajah Ariul, Simple, St. Ives, dan Pond's ada di sini. Penasaran? Baca sampai habis, ya!
    Pembersih makeup
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori