1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Pembersih makeup
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Dari berbagai jenis skincare pembersih muka, cleansing milk atau susu pembersih adalah yang paling lembut di kulit. Cleansing milk berfungsi untuk membersihkan wajah dari kotoran dan sisa makeup ringan sekaligus memberikan kelembapan. Oleh karena itu, cleansing milk atau susu pembersih sangat bagus untuk kulit, terutama untuk kulit kering dan sensitif.


Beberapa merek skincare yang bagus, seperti Wardah, Pond's, Viva, dan Emina telah mengeluarkan produk susu pembersih terbaik mereka. Namun, produk manakah yang cocok untuk Anda? Simak artikel berikut ini dan dapatkan susu pembersih terbaik yang sesuai kebutuhan kulit Anda!

Diperbaharui 09-30-2022
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
giovannigwen

Gwen merupakan seorang marketer berpengalaman yang telah merambah beberapa bidang, mulai dari bidang perbankan hingga manufacturing. Kecintaannya akan menulis membuatnya bergabung dengan mybest sebagai content writer. Berdasarkan pengalaman pribadinya mengenai masalah kulit, Gwen banyak mempelajari tentang skincare dan kesehatan kulit. Baginya, perawatan kulit adalah salah satu investasi yang mutlak. Selain itu, Gwen senang melakukan aktivitas outdoor dan travelling.

Profil giovannigwen
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa itu cleansing milk?

Apa itu cleansing milk?

Ciri khas cleansing milk (susu pembersih) adalah teksturnya yang lembut seperti face emulsion dan efek melembapkan setelah penggunaan. Susu pembersih adalah jenis yang relatif cocok digunakan untuk semua jenis kulit, terutama pada kulit kering dan sensitif.


Umumnya, kandungan air pada komposisi susu pembersih lebih banyak daripada kandungan minyak. Hal tersebut menyebabkan daya pembersihnya cenderung lebih rendah daripada pembersih berbahan dasar minyak lainnya. Karena itu, susu pembersih tidak cocok digunakan untuk membersihkan waterproof dan heavy makeup.


Jadi, sebaiknya Anda memakai susu pembersih hanya untuk membersihkan makeup yang ringan. Gunakan eye makeup remover dan jenis pembersih lainnya untuk menghapus heavy makeup di wajah Anda.

Cara memilih cleansing milk

Setiap susu pembersih mengandung formula yang berbeda-beda. Untuk mengetahui perbedaannya, perhatikanlah beberapa poin di bawah ini.

① Pilihlah berdasarkan tipenya

Pilihlah berdasarkan tipenya

Ada dua tipe susu pembersih, yaitu yang dibilas dengan air dan dilap dengan kapas. Anda dapat memilihnya sesuai preferensi Anda, tetapi kami menyarankan tipe yang dibilas dengan air untuk penggunaan sehari-hari. Demi pembersihan yang optimal, makeup dan kotoran yang bercampur dengan susu pembersih perlu dibersihkan dengan air. 


Jika menggunakan susu pembersih yang dilap dengan kapas, Anda butuh waktu lebih lama untuk membuat wajah benar-benar bersih. Selain itu, gesekan antara kapas dan kulit wajah juga bisa menyebabkan masalah kulit, lebih-lebih bagi kulit sensitif.


Namun, bukan berarti susu pembersih yang dilap dengan kapas tidak bisa dipilih sama sekali. Anda bisa menggunakan susu pembersih tipe ini untuk membersihkan riasan di bagian point makeup, seperti riasan mata, bibir, dan pipi.

② Sesuaikan jenis kulit dan efek yang ingin didapatkan

Setiap produk susu pembersih menawarkan efek yang berbeda-beda. Ada yang memberikan rasa lembap, ada juga yang menjanjikan kulit menjadi lembut setelah digunakan. Karena itu, tentukan apa yang Anda inginkan, lalu pilih produk dengan kandungan bahan yang dapat memberikan efek tersebut.

Moisturizing agent, untuk efek melembapkan

Moisturizing agent, untuk efek melembapkan

Memilih susu pembersih yang dapat membersihkan hingga tuntas memang penting. Namun, karena susu pembersih digunakan setiap hari, akan lebih baik jika produk tersebut juga memberikan efek melembapkan.


Sayangnya, sebagian orang masih berpikir bahwa bahan pelembap tidak penting karena wajah langsung dibilas setelah menggunakan susu pembersih. Faktanya, bahan pelembap yang diformulasikan bersama zat pembersih berfungsi sebagai bantalan untuk meringankan beban akibat pembersihan.


Untuk mencegah kulit Anda dari kekeringan, pilihlah susu pembersih yang mengandung moisturizing agent. Bahan pelembap (moisturizing agent) yang direkomendasikan antara lain:

  • Ceramide
  • Sodium hyaluronate
  • Glycerin
  • Collagen
  • Butylene glycol 
  • Sodium PCA
  • Sodium lactate

Bebas zat aditif, aman untuk kulit kering dan sensitif

Bebas zat aditif, aman untuk kulit kering dan sensitif

Dibandingkan kulit normal, skin barrier pada kulit kering dan sensitif lebih lemah. Hal itulah yang menyebabkan kedua jenis kulit tersebut cenderung lebih mudah teriritasi oleh bahan tertentu. Produk yang menyatakan komposisinya tanpa zat aditif pun tidak selalu aman untuk kulit kering dan sensitif. Pastikan Anda mengecek label komposisi sebelum membeli susu pembersih.


Berikut ini, kami rangkumkan beberapa bahan yang perlu dihindari oleh pemilik kulit sensitif dan kering:

  • Alkohol (ethanol)
  • Pewangi (fragrance)
  • Pewarna sintetis
  • Bahan pengawet yang bersifat antibakteri (benzoic acid, paraben) 
  • Mineral oil


Sebagai catatan, tidak semua produk dengan paraben pasti mengiritasi dan berbahaya. Tiap produsen memiliki standar peracikan yang ketat mengenai batas penggunaan suatu bahan. Namun, paraben dengan konsentrasi tinggi dan bersifat antibakteri bisa menyebabkan iritasi terhadap jenis kulit tertentu.

③ Temukan produk yang dapat digunakan saat mandi agar lebih praktis

Temukan produk yang dapat digunakan saat mandi agar lebih praktis

Pasti banyak dari Anda yang menghapus makeup sekalian mandi. Di saat seperti itu, produk yang bisa digunakan dengan tangan basah sangat cocok untuk digunakan.


Tidak semua produk susu pembersih bisa digunakan ketika tangan basah. Jadi, untuk Anda yang terbiasa membersihkan wajah saat mandi, pastikan produk pilihan Anda cocok dengan kebiasaan Anda.

④ Cari yang berbahan dasar air untuk pengguna eyelash extension

Cari yang berbahan dasar air untuk pengguna eyelash extension

Jika Anda menggunakan eyelash extension, pilihlah susu pembersih yang berbahan dasar air. Lem yang digunakan pada eyelash extension mudah hilang oleh minyak. Jadi, sebisa mungkin hindari produk yang mengandung mineral oil.


Masih bingung ketika memilih? Kalau begitu, pilih saja susu pembersih yang memberi penjelasan bahwa produk tersebut aman digunakan pada eyelash extension. Biasanya, produk yang seperti ini mencantumkan keterangan "suitable for eyelash extensions" pada labelnya.

10 Rekomendasi cleansing milk terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cleansing milk terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Wardah

Lightening Cleansing Milk

Wardah Lightening Cleansing Milk 1枚目

Wajah cerah bercahaya berkat kandungan advanced niacinamide-nya

2

Viva

Milk Cleanser Bengkuang

Viva Milk Cleanser Bengkuang 1枚目

Cleansing milk berkualitas dengan harga yang ekonomis

3

Unilever

Pond's Bright Beauty Cleansing Milk

Unilever Pond's Bright Beauty Cleansing Milk 1枚目

Angkat kotoran dan makeup tanpa membuat kulit wajah kering

4

Emina

Creamy Milk Cleansing Lotion

Emina  Creamy Milk Cleansing Lotion 1枚目

Aman digunakan dengan formula yang sesuai dengan pH kulit

5

L'Oréal

Cleansing Milk Gentle Milk Cleanser

L'Oréal  Cleansing Milk Gentle Milk Cleanser 1枚目

Jaga selalu kelembapan alami kulit Anda

6

Martina Berto

Sariayu Mawar Cleansing Milk

Martina Berto Sariayu Mawar Cleansing Milk 1枚目

Kebaikan bunga mawar kini hadir di tangan Anda

7

La Tulipe

Milk Cleanser

La Tulipe Milk Cleanser 1枚目

Sempurna angkat kotoran dan minyak berkat kandungan emulgator

8

Mineral Botanica

First Defense Cleansing Milk

Mineral Botanica First Defense Cleansing Milk 1枚目

Membersihkan kulit wajah dengan lembut, cocok untuk kulit sensitif

9

Rohto

Acnes Natural Care Oil Control Milk Cleanser

Rohto Acnes Natural Care Oil Control Milk Cleanser 1枚目

Cleansing milk dengan kemampuan oil control

10

Skin Dewi

Hazelnut Cleansing Milk

Skin Dewi Hazelnut Cleansing Milk 1枚目

Langkah pertama untuk atasi kulit berjerawat

Perincian produk
Close
No.1

WardahLightening Cleansing Milk

Mulai dari Rp20.500,00

Wajah cerah bercahaya berkat kandungan advanced niacinamide-nya

Kelebihan:

  • Ada kandungan advanced niacinamide

Kekurangan:

  • Kurang bersih untuk heavy make-up

Segudang aktivitas membuat Anda sering pulang ke rumah dalam keadaan wajah penuh debu dan kotoran? Jangan takut, Wardah hadir dengan pembersih wajah Lightening Cleansing Milk. Susu pembersih yang lembut dan tidak lengket di kulit ini siap membersihkan seluruh makeup dan kotoran di wajah Anda.


Kandungan advanced niacinamide-nya juga efektif mencerahkan wajah Anda. Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit kusam dan sering beraktivitas di luar ruangan. Aplikasikan produk pada kulit wajah yang telah dibersihkan dan pijat wajah Anda. Wajah pasti jadi rileks!

No.2

VivaMilk Cleanser Bengkuang

Mulai dari Rp8.350,00

Cleansing milk berkualitas dengan harga yang ekonomis

Kelebihan:

  • Harganya ekonomis

Kekurangan:

  • Teksturnya thick, bisa jadi kurang nyaman bagi sebagian orang 

Jika Anda sedang mencari pembersih wajah yang ramah di kantong, Viva Milk Cleanser Bengkuang jawabannya. Anda pun tak perlu khawatir akan kualitasnya. Produk-produk keluaran Viva sudah jaminan mutu. 


Kandungan bengkuang pada produk ini akan membuat kulit tampak cerah. Kandungan sun flower oil-nya juga akan menjaga elastisitas kulit Anda. Cleansing milk ini cocok sekali bagi Anda yang memiliki jenis kulit normal. 

No.3

UnileverPond's Bright Beauty Cleansing Milk

Mulai dari Rp32.600,00

Angkat kotoran dan makeup tanpa membuat kulit wajah kering

Kelebihan:

  • Kulit wajah lebih bersih dan terasa lembap setelah pemakaian produk

Kekurangan:

  • Tergantung kondisi kulit masing-masing, beberapa review mengatakan penggunaan produk ini menyebabkan beruntusan pada wajahnya 

Anda sering merasa kulit jadi kering atau terasa tertarik setelah penggunaan cleansing milk? Jika ya, kini saatnya Anda beralih pada Pond's Bright Beauty Cleansing Milk. Kandungan pearl nutrients, vitamin B3 (niacinamide), dan AHA-nya mampu membersihkan kulit wajah tanpa membuatnya kering. Silakan Anda coba dan buktikan sendiri. 

No.4

Emina Creamy Milk Cleansing Lotion

Mulai dari Rp23.500,00

Aman digunakan dengan formula yang sesuai dengan pH kulit

Kelebihan:

  • Formulasi pH seimbang, aman untuk kulit remaja

Kekurangan:

  • Kurang ampuh untuk membersihkan heavy makeup

Salah satu produk lokal berkualitas untuk perawatan kulit remaja adalah Emina Creamy Milk Cleansing Lotion. Susu pembersih yang satu ini memiliki tekstur yang ringan, lembut, dan tidak meninggalkan rasa lengket setelah digunakan.


Selain itu, produk ini diformulasikan dengan pH seimbang (sesuai pH alami kulit) sehingga aman digunakan setiap hari. Kandungan niacinamide dan glutathione-nya juga membantu mencerahkan kulit. Pembersih wajah ini sangat direkomendasikan bagi para remaja yang menginginkan kulit wajah bersih, lembap, dan cerah.

No.5

L'Oréal Cleansing Milk Gentle Milk Cleanser

Mulai dari Rp130.000,00

Jaga selalu kelembapan alami kulit Anda

Kelebihan:

  • Formulasinya gentle, aman untuk kulit sensitif

Kekurangan:

  • Mengandung fragrance dan paraben, kurang cocok untuk Anda yang sedang menghindari bahan aditif tersebut

Sesuai dengan nama yang tersemat, L'Oréal Paris menghadirkan susu pembersih yang gentle di kulit. Meski muncul dengan tekstur yang sangat light, produk ini tetap mampu secara tuntas membersihkan wajah dari makeup dan kotoran. Formulanya aman digunakan segala jenis kulit, termasuk kulit berminyak dan sensitif.


Ditambah lagi, susu pembersih ini juga diperkaya dengan lipo-proteins yang mampu melindungi kulit dan memberi kelembapan lebih. Hasilnya, kulit Anda akan jauh lebih sehat dan selalu lembap. 

No.6

Martina BertoSariayu Mawar Cleansing Milk

Mulai dari Rp17.600,00

Kebaikan bunga mawar kini hadir di tangan Anda

Kelebihan:

  • Mengandung ekstrak mawar yang baik untuk kulit

Kekurangan:

  • Beberapa reviewer dengan kulit sensitif mengatakan ada sedikit rasa perih dan menyebabkan beruntusan 

Mawar selain sebagai simbol cinta, ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Pertama, kandungan bunga mawar dapat menyeimbangkan pH kulit. Kedua, mawar dapat mengurangi kemerahan pada wajah akibat iritasi. Ketiga, bunga ini juga dapat melembapkan wajah dan menghambat proses penuaan. 


Nah, bagi Anda yang ingin merasakan manfaat-manfaat tersebut, milikilah produk keluaran Sariayu ini. Anda juga bisa melengkapi perawatan kulit wajah Anda dengan produk varian mawar lainnya. 

No.7

Sempurna angkat kotoran dan minyak berkat kandungan emulgator

Kelebihan:

  • Mengandung emulgator, lebih sempurna membersihkan wajah

Kekurangan:

  • Mengandung mineral oil, hati-hati jika Anda sensitif dengan bahan satu ini

Membaca judul di atas mungkin banyak yang bertanya-tanya apa itu emulgator? Emulgator adalah zat khusus yang dapat mempersatukan zat-zat yang tidak larut dengan air atau sabun. Jadi saat Anda menyeka milk cleansing di wajah dengan kapas, zat-zat tersebut akan ikut terangkat. Hasilnya, wajah Anda pun akan bersih sempurna. Pas sekali untuk Anda yang ingin maksimal saat membersihkan wajah, bukan?

No.8

Mineral BotanicaFirst Defense Cleansing Milk

Mulai dari Rp28.900,00

Membersihkan kulit wajah dengan lembut, cocok untuk kulit sensitif

Kelebihan:

  • Cocok untuk kulit sensitif

Kekurangan:

  • Mengandung mineral oil, perlu diperhatikan untuk Anda yang sedang menghindari bahan satu ini

Setelah sukses dengan Acne Care Cleansing Milk, Mineral Botanica kembali meluncurkan First Defense Cleansing Milk. Cleansing milk yang baru ini lebih ditujukan untuk jenis kulit kering dan kulit sensitif. 


Produk ini hadir dengan empat komponen utama, yakni allantoin, glycerin, licorice extract, dan tocopheryl acetate. Kombinasi keempatnya membuat wajah tampak bersih, cerah, dan minim iritasi. 

No.9

RohtoAcnes Natural Care Oil Control Milk Cleanser

Mulai dari Rp32.900,00

Cleansing milk dengan kemampuan oil control

Kelebihan:

  • Ampuh atasi minyak berlebih di wajah

Kekurangan:

  • Kurang ampuh untuk membersihkan heavy makeup

Sesuai namanya, produk-produk Acnes memang ditujukan bagi pemilik kulit berjerawat. Tentu saja, Acnes Natural Care Oil Control Milk Cleanser juga ditujukan untuk kulit berjerawat. Dengan kandungan aktifnya, produk ini ampuh atasi minyak berlebih di wajah alias oil control. Kadar minyak terkontrol, potensi untuk timbul jerawat pun makin berkurang. 

No.10

Skin DewiHazelnut Cleansing Milk

Mulai dari Rp566.500,00

Langkah pertama untuk atasi kulit berjerawat

Kelebihan:

  • Kandungan bahannya sangat baik untuk merawat kulit berjerawat

Kekurangan:

  • Harganya cukup mahal dibandingkan beberapa merek lokal lainnya

Salah satu kunci dalam perawatan kulit berjerawat adalah membersihkan wajah dengan benar. Nah, Anda bisa memulai membersihkan wajah secara benar dan aman dengan produk dari Skin Dewi ini. 


Produk ini mengandung bahan-bahan alami yang ampuh membunuh bakteri, membersihkan pori, dan memulihkan kulit yang rusak. Gunakan secara rutin dan rasakan khasiatnya. 

Pertanyaan umum seputar cleansing milk

Pertanyaan umum seputar cleansing milk

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan populer seputar cleansing milk. Jika Anda masih penasaran dengan cleansing milk, simak jawabannya di bawah ini. 

Apakah cleansing milk lebih bagus daripada facial wash?

Cleansing milk dan facial wash memiliki karakteristiknya masing-masing. Cleansing milk sifatnya lebih gentle dan bekerja membersihkan dengan tetap mempertahankan minyak alami kulit. Sementara itu, facial wash dapat membersihkan kotoran sekaligus menghilangkan minyak berlebih pada kulit.


Berdasarkan karakteristiknya tersebut, cleansing milk dinilai lebih cocok bagi jenis kulit kering dan sensitif. Sebaliknya, facial wash lebih disarankan bagi kulit berminyak dan berjerawat. 

Cara menggunakan cleansing milk dengan efektif

Tidak semua orang bisa menggunakan susu pembersih secara efektif. Beberapa di antaranya mengeluh bahwa produk yang mereka gunakan susah dibaurkan dan sulit dibilas. Untuk itu, berikut ini akan kami paparkan cara menggunakan susu pembersih yang tepat untuk hasil optimal.

Hangatkan dengan menggosokkan ke telapak tangan sebelum digunakan

Hangatkan dengan menggosokkan ke telapak tangan sebelum digunakan

Saat dituangkan ke telapak tangan, kandungan minyak pada susu pembersih biasanya dalam kondisi terbungkus air. Dengan menghangatkannya menggunakan suhu tubuh, air tersebut akan berubah menjadi minyak. Makeup yang mengandung oil pun akan mudah terhapus.


Sebenarnya, susu pembersih akan secara alami berubah menjadi minyak saat diaplikasikan ke wajah. Akan tetapi, waktu yang dibutuhkan cukup lama sehingga malah membebani kulit Anda.


Karena itu, gosok-gosokkan susu pembersih terlebih dahulu dengan telapak tangan Anda supaya hangat. Cara ini tidak hanya memudahkan pembersihan, tetapi juga menghemat waktu Anda.

Lakukan proses emulsifikasi sebelum dibilas

Lakukan proses emulsifikasi sebelum dibilas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kandungan air pada susu pembersih akan berubah menjadi minyak setelah dihangatkan di telapak tangan. Namun, teksturnya yang seperti minyak itulah yang menyebabkan produk jadi susah dibilas dengan air. Karena itu, emulsifikasi harus dilakukan untuk membuat susu pembersih lebih mudah dibiilas.


Caranya, tambahkan sedikit air (suhu normal atau hangat) ke telapak tangan Anda. Setelah itu, tangkupkan kedua telapak ke wajah dan baurkan air sebagai proses emulsifikasi. Poin dari proses ini adalah membaurkan air sedikit demi sedikit. Dengan proses ini, kotoran yang mengandung minyak seperti sisa makeup atau sebum tidak akan tertinggal di kulit wajah Anda!

Baca juga rekomendasi pembersih makeup lainnya di sini

Susu pembersih saja tidak dapat membersihkan semua jenis makeup, khususnya waterproof makeup. Tak jarang dibutuhkan kombinasi produk pembersih lainnya untuk memastikan kulit wajah Anda benar-benar bersih. Untuk itu, silakan baca rekomendasi berbagai produk pembersih berikut ini!

Kesimpulan

Susu pembersih adalah jenis pembersih makeup yang sangat lembut dan dapat memberikan efek lembap setelah penggunaan. Dengan demikian, susu pembersih sangat ideal untuk Anda yang memiliki kulit kering dan sensitif.


Namun, komposisi setiap susu pembersih berbeda tergantung produsennya. Jadi, pilihlah susu pembersih sesuai dengan jenis kulit Anda dan efek yang ingin Anda dapatkan. Selamat menemukan susu pembersih yang tepat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer