• 10 Rekomendasi Earl Grey Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Earl Grey Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Earl Grey Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Earl Grey Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Earl Grey Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Earl Grey Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Earl grey tea adalah teh hitam dengan tambahan aroma bergamot yang segar. Teh ini juga memiliki aroma citrus yang membantu menenangkan pikiran saat Anda meminumnya. Beberapa produsen teh, seperti Dilmah, Twinings, dan Tasseo juga ikut menawarkan earl grey tea terbaiknya.

Pada artikel ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk earl grey tea terbaik yang dapat Anda jadikan pilihan. Namun, sebelumnya kami akan memulai dengan membagikan tips cara memilih earl grey tea. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 963 Views
Daftar isi

Apa itu earl grey tea?

Apa itu earl grey tea?
Bagi Anda penikmat teh hitam, pastinya Anda pernah mendengar earl grey tea. Barangkali di antara Anda ada yang berpikir bahwa earl grey tea tidak berbeda dengan darjeeling tea atau ceylon tea. Akan tetapi, ternyata jenis teh ini memiliki sedikit perbedaan.
Darjeeling tea adalah teh hitam dari daun teh yang ditanam di Darjeeling, India. Ceylon tea adalah teh hitam yang dibuat dari daun teh yang ditanam di Ceylon atau sekarang dikenal dengan nama Sri Lanka. Nama kedua teh ini menunjukkan tempat produksinya masing-masing. Di samping itu, nama earl grey tea tidak menunjukkan tempat produksi teh tersebut. Namanya berasal dari aroma teh yang berasal dari citrus bergamot atau lebih dikenal sebagai bergamot. Teh ini termasuk jenis flavour tea dan daun teh yang digunakan pun bervariasi jenisnya.
Mencium aroma earl grey diyakini dapat menenangkan pikiran Anda. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk meminum teh ini pada pagi hari yang segar saat Anda bersantai. Daun teh dan cara blend yang digunakan oleh masing-masing produsen pun berbeda-beda. Oleh sebab itu, dapatkanlah earl grey tea yang sesuai selera Anda.

Cara memilih earl grey tea

Kami akan menjelaskan kepada Anda poin-poin dalam memilih earl grey tea. Sejauh ini, kami menjelaskan bahwa teh ini adalah teh beraroma citrus, tetapi bukan hanya itu saja. Ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan ketika memilih teh ini. Kesan yang Anda dapatkan ketika meminum teh ini akan bergantung pada rasa daun teh dan aroma citrus dari earl grey tea. Faktor-faktor ini juga memengaruhi preferensi seseorang dalam memilih earl grey tea.

Sesuaikan kekuatan rasanya dengan selera Anda

Sesuaikan kekuatan rasanya dengan selera Anda
Citrus bergamia, atau lebih dikenal dengan bergamot, yang digunakan untuk memberikan keharuman pada earl grey tea memiliki ciri-ciri aroma yang manis dan segar. Aroma ini bisa juga Anda jumpai dari minyak aromaterapi. Aroma ini dipercaya memiliki efek menenangkan dan menyegarkan sehingga Anda dapat menggunakan earl grey tea untuk menghilangkan stres dan gelisah.
Earl grey tea dengan aroma bergamot bisa disajikan sebagai minuman hangat atau dingin. Namun, kekuatan aroma dari masing-masing teh ini berbeda-beda. Kami tidak menyarankan Anda untuk langsung memilih earl grey tea dengan aroma yang kuat. Lebih baik Anda memulai dengan memilih teh beraroma mild atau tidak terlalu kuat. Setelah terbiasa, baru Anda disarankan mencoba earl grey tea dengan rasa yang lebih kuat.

Pilih earl grey tea berdasarkan cara penyajian dan kuatnya rasa

Pilih earl grey tea berdasarkan cara penyajian dan kuatnya rasa
Dalam memilih earl grey tea, sebaiknya tidak hanya menitikberatkan pada aroma bergamot-nya saja. Anda juga perlu memperhatikan aroma daun tehnya. Earl grey tea biasanya disajikan sebagai minuman panas, dingin, atau sebagai milk tea. Pastikan Anda memilih teh yang tetap dapat dinikmati aroma dan rasanya meskipun disajikan dengan berbagai cara.
Jika Anda menyukai iced tea, sebaiknya Anda memilih daun teh dengan aroma dan rasa yang tidak terlalu tajam atau menyengat. Apabila Anda ingin membuat milk tea, pilihlah daun teh dengan rasa pahit dan warna yang kuat. Rasa pahitnya akan dinetralkan oleh lembutnya rasa susu. Di sisi lain, warna merah yang tajam akan membuat warna milk tea Anda semakin cantik. Pilihlah earl grey tea berdasarkan bagaimana Anda ingin menyajikannya.

Dari berbagai varian campuran rasa, pilih yang Anda suka

Dari berbagai varian campuran rasa, pilih yang Anda suka
Selain aroma bergamot yang menjadi ciri khas dari earl grey tea, keunikan lain dari teh ini adalah campuran rasanya yang beragam. Sebagai contoh, rasa citrus dengan paduan rasa jeruk atau lemon yang menambah kesegaran atau rasa lavender yang meningkatkan relaksasi. Jadi, Anda dapat memilih earl grey tea sesuai dengan manfaat yang ingin Anda dapatkan.
Pada umumnya, sebagian konsumen yang baru mencoba earl grey tea untuk pertama kali tidak merasa cocok dengan variasi blend dan rasa yang beraneka ragam. Bagi Anda yang baru mengenal earl grey tea, disarankan untuk mencoba earl grey tea dengan rasa original terlebih dahulu.

Daun teh atau tea bag? Pilih earl grey tea dari cara penyeduhannya

Ada dua jenis teh berdasarkan hasil dan cara menyeduhnya. Ada teh yang hanya dikemas dalam bentuk daun teh dan teh yang dikemas dalam bentuk tea bag. Anda bebas memilih kedua jenis teh ini asalkan memegang aturan menyeduh teh yang disebut golden rule. Dengan aturan tersebut, jenis apa pun yang Anda pilih pasti akan terasa nikmat hasil seduhannya. Untuk itulah, Anda harus mengetahui karakteristik yang dimiliki teh pilihan Anda.

Daun teh: Anda dapat menikmati perubahan aroma dan warnanya

Daun teh: Anda dapat menikmati perubahan aroma dan warnanya
Ketika Anda menyeduh teh yang berasal dari daun teh secara langsung, hal yang menarik adalah Anda dapat melihat perubahan warna dan aroma dari daun tersebut. Cara ini dapat Anda pakai untuk semua jenis daun teh hitam. Akan tetapi, berbeda daun teh akan berbeda pula warna dan aroma yang dihasilkan. Warna dan aroma daun teh bergantung pada tempat teh tersebut ditanam, produsen, serta varietas tehnya.
Aroma saat daun teh belum diseduh berbeda dengan aroma saat daun teh diseduh. Aroma tersebut akan berubah lagi saat teh siap untuk dinikmati. Nah, Anda dapat lebih menikmati perubahan aroma dan keindahan perubahan warna daun teh apabila teh diseduh menggunakan tea pot.

Tea bag: Lebih praktis dan mudah disajikan

Tea bag: Lebih praktis dan mudah disajikan
Keunggulan tea bag adalah kemudahan yang ditawarkan dibandingkan Anda harus menyeduh dari daun teh. Pada prinsipnya, cara penyajian teh berupa daun dan tea bag sama saja. Anda memerlukan cangkir, air panas, lalu memasukkan daun teh atau tea bag ke dalamnya. Perbedaannya, daun teh yang dikemas di dalam tea bag dibuat mudah mekar sehingga teh dapat disajikan lebih cepat. Anda pun dapat menikmati teh dengan lebih mudah.
Bagi Anda yang ingin menikmati teh kesukaan secara praktis, kami merekomendasikan teh yang telah dikemas dalam tea bag.

10 Rekomendasi earl grey tea terbaik

Setelah menjabarkan tips memilih earl grey tea, kami memberikan sepuluh rekomendasi earl grey tea terbaik. Nikmatilah teh dengan berbagai cara agar Anda bisa mengeksplorasi rasa dan aromanya.
Isi25 saset
Cara penyeduhanTea bag
Isi15 saset
Cara penyeduhanDaun teh
Isi20 saset
Cara penyeduhanTea bag
Isi25 saset
Cara penyeduhanTea bag
Isi20 saset
Cara penyeduhanDaun teh
Isi20 saset
Cara penyeduhanTea bag
Isi20 saset
Cara penyeduhanTea bag
Isi25 saset
Cara penyeduhanTea bag
Isi25 saset
Cara penyeduhanTea bag
Isi100 gram
Cara penyeduhanDaun teh

Golden rule untuk kenikmatan teh Anda

Golden rule untuk kenikmatan teh Anda
Dengan mengikuti aturan menyeduh teh yang disebut golden rule ini, Anda dapat menikmati teh secara optimal.
Aturan dasar:

  1. Pertama, rebus air hingga matang.

  2. Tuang air panas yang telah dimasak tadi ke teko dan cangkir, biarkan suhunya sedikit menurun.

Untuk menyeduh daun teh:

  1. Ambil daun teh dan masukkan ke dalam teko teh secukupnya, kemudian tuang air panas ke dalam teko tersebut.

  2. Tutup teko tersebut, biarkan hingga daun teh mengembang. Sebisa mungkin jangan biarkan suhunya turun terlalu banyak.

  3. Apabila Anda menyajikannya untuk beberapa orang, jangan langsung tuang teh pada cangkir hingga penuh sekaligus. Bagi menjadi 2-3 sesi penuangan agar kekentalan teh merata untuk setiap orang.

Untuk menyeduh tea bag:

  1. Tuang air mendidih ke dalam cangkir, lalu masukkan tea bag.

  2. Biarkan daun teh mekar dengan menutup cangkirnya.

  3. Agar ekstraksi daun teh tidak berlebihan, angkat tea bag dari cangkir sebelum disajikan.

Waktu yang dibutuhkan untuk proses penyeduhan bergantung pada daun teh dan cara Anda menikmatinya. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengecek hal tersebut sebelum menuang air panas. Jangan sampai suhu air panas menurun terlalu drastis ketika Anda menyeduh teh, ya!

Baca juga rekomendasi teh terbaik lainnya di sini!

Selain earl grey tea, ada banyak jenis teh lain yang dapat Anda nikmati di rumah secara bergantian. Untuk itu, kami telah menyiapkan artikel-artikel terkait yang membahas produk teh lainnya. Cek link di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimanakah pendapat Anda tentang rekomendasi earl grey tea yang kami berikan? Semoga Anda sudah menemukan earl grey tea terbaik versi Anda. Pilihlah teh berdasarkan aroma dan kuatnya rasa sesuai selera Anda.
Bagi Anda yang ingin meredakan stres atau mengurangi rasa lelah setelah bekerja seharian, earl grey tea patut dicoba. Bagi Anda ingin menikmati earl grey tea yang lebih bervariasi, Anda dapat memilih teh dengan campuran rasa lain dan menikmatinya dengan berbagai cara. Selamat mencoba!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Air mineral, atau orang Indonesia lebih sering menyebutnya “aqua”, adalah minuman yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan proses hidrasi dalam tubuh. Ternyata, ada macam-macam air mineral yang dijual di pasaran. Apa saja dan bagaimana cara membedakannya?Dalam artikel ini, kami membagi informasi tentang jenis, kandungan, serta manfaat dari air mineral. Kami juga akan memberikan rekomendasi air mineral terbaik di Indonesia seperti Aqua, Club, VIT, Nestle Pure Life, Le Minerale, Eternal Plus, hingga merek lokal Equil yang populer di kalangan menengah ke atas! Sebelum Anda membeli air mineral hari ini, yuk simak artikel ini sampai selesai!
    Makanan & minuman
    8.640 Views
  • 10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Yoghurt merupakan makanan yang memiliki dampak baik bagi kesehatan, seperti membantu program diet, meringankan sembelit, bahkan ada juga yang bisa digunakan sebagai masker. Saat ini bermacam-macam produk yoghurt dengan berbagai rasa dijual di pasaran. Anda juga perlu mengetahui efek baik yang ditimbulkan oleh bakteri asam laktat bagi tubuh Anda.Kali ini, kami akan membagi tips tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memilih yoghurt. Kami juga merekomendasikan merek terbaik dari Elle & Vire, Heavenly Blush, Yummy, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar Anda mendapatkan manfaat maksimal. Mari memilih yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Makanan & minuman
    6.160 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang asli agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Makanan & minuman
    6.194 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Kopi instan merupakan salah satu cara termudah untuk menikmati kopi yang enak. Tidak hanya kopi panas, kopi instan juga ada yang bisa disajikan sebagai es kopi, kopi susu, atau kopi rendah kafein. Di Indonesia, banyak pilihan merek kopi instan terkenal seperti Nescafe, Torabika, dan Kapal Api yang mengeluarkan berbagai jenis produk.Kali ini, kami akan merekomendasikan kopi instan yang terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan bagaimana cara memilih kopi instan agar Anda dapat menemukan produk yang terbaik bagi Anda. Di bagian akhir, kami juga akan menjelaskan cara menyajikan kopi hingga rasanya menjadi lebih nikmat. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    3.594 Views
  • 10 Rekomendasi Chia Seed Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Chia Seed Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Chia seed semakin populer karena dianggap kaya nutrisi dan cocok sebagai makanan pendamping saat menjalani diet. Chia seed awalnya dikonsumsi oleh selebriti dan model di luar negeri, serta sering disebut sebagai superfood.Bagaimanakah cara memilih chia seed yang berkualitas? Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus merekomendasikan sepuluh chia seed terbaik dari Bioglan, Nutiva, dan lainnya. Jika Anda belum mahir mengolah chia seed, perhatikan juga cara mudah untuk mengonsumsinya di akhir artikel ini.
    Makanan & minuman
    2.800 Views
  • 10 Rekomendasi Snack (Makanan Ringan) Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Snack (Makanan Ringan) Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Siapa yang tidak suka bersantap snack atau makanan ringan? Snack dapat Anda nikmati kapan pun dan di mana pun. Baik saat santai menonton film maupun berpesta di rumah, pasti terasa kurang apabila Anda tidak melengkapinya dengan aneka makanan ringan.Dalam artikel ini, ada sepuluh rekomendasi snack terbaik yang dijamin membuat Anda ketagihan! Dari merek makanan ringan Cheetos, Pringles, Calbee, Lay’s, Tohato Caramel Corn, dan IRVINS dengan salted egg skin fish yang happening akhir-akhir ini. Yuk, simak artikel ini!
    Makanan & minuman
    2.680 Views
  • 10 Rekomendasi Steak Sauce Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Steak Sauce Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Untuk membuat steak yang lezat di rumah, tentunya Anda akan membutuhkan steak sauce atau saus steak. Dengan kombinasi daging yang enak, Anda akan bisa merasakan sensasi makan steak seperti di restoran. Saat ini banyak varian saus steak, seperti merek Knorr, Del Monte, atau Jay’s Kitchen yang bisa Anda temukan di pasaran.Pemilihan saus steak yang tepat akan membuat suasana makan Anda menjadi menyenangkan. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan saus steak yang bisa Anda gunakan untuk di rumah. Simak penjelasan kami berikut ini agar saat-saat makan steak Anda bisa semakin nikmat dan menyenangkan!
    Makanan & minuman
    577 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori