10 Rekomendasi Earl Grey Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Earl Grey Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Earl Grey tea adalah teh hitam dengan tambahan aroma bergamot yang segar. Aroma Citrus yang unik membuat waktu meminum teh Anda jadi lebih menyenangkan. Aroma ini juga dipercaya memiliki efek menenangkan pikiran dan menghilangkan perasaan gelisah bagi penikmatnya.

Bagi Anda yang baru mengenal Earl Grey tea, kami akan menyajikan tips cara memilih teh istimewa tersebut. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk Earl Grey tea terbaik pilihan kami. Silahkan jadikan artikel ini sebagai referensi dan selamat memilih Earl Grey tea favorit Anda!

Daftar isi

Apa itu Earl Grey tea?

Apa itu Earl Grey tea?

Bagi Anda pecinta teh hitam, pastinya Anda pernah mendengar nama yang satu ini. Barangkali di antara Anda ada yang berpikir bahwa Earl Grey tea tidak berbeda dengan Darjeeling tea atau Ceylon tea. Akan tetapi, ternyata jenis teh ini sangat berbeda. Nah, apa perbedaannya?

Darjeeling tea adalah teh hitam dari daun teh yang ditanam di Darjeeling, India. Ceylon tea adalah teh hitam yang dibuat dari daun teh yang ditanam di Ceylon atau sekarang dikenal dengan nama Sri Lanka. Nama kedua teh ini menunjukkan tempat produksinya masing-masing. Sementara itu, nama Earl Grey tea tidak menunjukkan tempat produksi teh tersebut. Namanya berasal dari aroma teh yang berasal dari Citrus bergamot atau lebih dikenal sebagai bergamot. Teh ini termasuk jenis flavour tea. Daun teh yang digunakan juga bervariasi jenisnya.

Mencium aroma Earl Grey diyakini memiliki efek positif, yaitu dapat menenangkan pikiran Anda. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk meminum teh ini di pagi hari yang segar saat Anda sedang bersantai. Daun teh dan cara blend yang digunakan oleh masing-masing produsen berbeda-beda. Oleh sebab itu, dapatkanlah Earl Grey tea kesukaan Anda dengan mencoba berbagai merek yang tersedia di pasaran!

Cara memilih Earl Grey tea

Kami akan menjelaskan kepada Anda poin-poin dalam memilih Earl Grey tea. Sejauh ini, kami menjelaskan bahwa teh ini adalah teh beraroma Citrus, tetapi bukan hanya itu saja. Ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan ketika memilih teh ini. Kesan yang Anda dapatkan ketika meminum teh ini akan bergantung oleh rasa daun teh dan aroma Citrus pada Earl Grey tea. Faktor-faktor ini juga memengaruhi preferensi seseorang dalam memilih Earl Grey tea.

Pilih kekuatan rasanya

Pilih kekuatan rasanya

Citrus bergamia atau lebih dikenal dengan bergamot yang digunakan untuk memberikan keharuman pada Earl Grey tea memiliki ciri-ciri aroma yang manis dan segar. Aroma ini bisa juga Anda jumpai pada minyak aromaterapi. Aroma ini dipercaya memiliki efek menenangkan sehingga Anda dapat menggunakan Earl Grey tea ini untuk menghilangkan stres dan gelisah Anda.

Earl Grey tea dengan aroma Bergamot bisa disajikan sebagai minuman hangat maupun dingin. Namun, kekuatan aroma pada masing-masing teh ini berbeda-beda. Kami tidak menyarankan Anda untuk langsung memilih Earl Grey tea dengan aroma yang kuat. Lebih baik Anda memulai dengan memilih teh dengan aroma yang mild atau tidak terlalu kuat. Setelah terbiasa, baru Anda disarankan mencoba Earl Grey tea dengan rasa yang lebih kuat.

Pilih Earl Grey tea dengan rasa dan aroma daun teh yang kuat

Pilih Earl Grey tea dengan rasa dan aroma daun teh yang kuat 

Dalam memilih Earl Grey tea, sebaiknya tidak hanya menitikberatkan pada aroma bergamotnya saja. Anda juga perlu memperhatikan aroma daun tehnya. Earl Grey tea biasa disajikan sebagai minuman panas, dingin, atau sebagai milk tea. Pastikan Anda memilih teh yang tetap dapat dinikmati aroma dan rasanya meskipun disajikan dengan berbagai cara.

Jika Anda menyukai iced tea, sebaiknya Anda memilih daun teh dengan aroma dan rasa yang tidak terlalu tajam atau menyengat. Apabila Anda ingin membuat milk tea, pilihlah daun teh dengan rasa pahit dan warna yang kuat. Rasa pahitnya akan dinetralkan oleh lembutnya rasa susu. Sementara, warna merah yang tajam akan membuat warna milk tea Anda semakin cantik. Pilihlah Earl Grey tea berdasarkan bagaimana Anda ingin menyajikannya.

Pilih blend dan flavour pada Earl Grey tea Anda

Pilih blend dan flavour pada Earl Grey tea Anda

Selain aroma Bergamot yang menjadi ciri khas dari Earl Grey tea, keunikan lain dari teh ini adalah rasanya yang terdiri dari campuran beberapa rasa. Sebagai contoh, rasa Citrus dengan paduan rasa orange atau lemon yang meningkatkan kemampuan relaksasi pada teh dan lainnya. Jadi, Anda dapat memilih Earl Grey tea sesuai dengan manfaat yang ingin Anda dapatkan.

Pada umumnya, sebagian konsumen yang baru mencoba Earl Grey tea pertama kali tidak merasa cocok dengan variasi blend dan flavor yang beraneka ragam. Bagi Anda yang baru mengenal Earl Grey tea, disarankan untuk mencoba Earl Grey tea dengan rasa original terlebih dahulu.

Pilih dari cara ekstraksinya

Ada dua jenis teh berdasarkan hasil dan cara ekstraknya, yaitu teh yang hanya dikemas dalam bentuk daun teh dan teh yang dikemas dalam bentuk tea bag. Anda dapat bebas memilih kedua jenis teh ini. Asalkan Anda memegang aturan menyeduh teh yang disebut golden rule, jenis apapun yang Anda pilih pasti akan terasa nikmat hasil seduhannya. Untuk itulah, Anda harus mengetahui karakteristik yang dimiliki teh pilihan Anda.

Jika Anda ingin melihat perubahan pada daun teh

Jika Anda ingin melihat perubahan pada daun teh

Ketika Anda menyeduh teh yang berasal dari daun teh secara langsung, hal yang menarik adalah Anda dapat melihat perubahan warna dan aroma dari daun tersebut. Cara ini dapat Anda pakai untuk semua daun teh hitam pada umumnya. Akan tetapi, berbeda daun teh maka berbeda pula warna dan aroma yang dihasilkan. Warna dan aromanya daun teh bergantung pada tempat teh tersebut ditanam, produsen, serta varietas tehnya.

Aroma saat daun teh belum diseduh berbeda dengan aroma saat daun teh diseduh. Aroma tersebut akan berubah lagi saat teh siap untuk dinikmati. Nah, Anda dapat menikmati perubahan aroma dan keindahan perubahan warna daun teh dengan optimal apabila Anda menyeduh teh menggunakan teapot.

Jika Anda menyukai kepraktisan untuk menikmati teh

Jika Anda menyukai kepraktisan untuk menikmati teh

Apabila Anda menyukai teh tetapi menganggap prosesi menyeduh daun teh itu merepotkan, pilihlah produk teh yang telah dikemas dalam tea bag. Pada prinsipnya, cara penyajian teh berupa daun dan tea bag sama saja. Anda hanya memerlukan air panas dan memasukkan teh atau tea bag ke dalamnya. Perbedaannya, daun teh yang dikemas di dalam tea bag dibuat mudah mekar sehingga teh dapat disajikan lebih cepat. Anda pun dapat menikmati teh dengan lebih mudah.

Bagi Anda yang mau menikmati teh kesukaan Anda dengan praktis, kami merekomendasikan untuk memilih teh yang telah dikemas dalam kantung.

10 Rekomendasi Earl Grey tea terbaik

Setelah menjabarkan tips dalam memilih Earl Grey tea, kami akan memberikan 10 rekomendasi Earl Grey tea terbaik secara berurutan. Nikmatilah teh dengan berbagai cara agar Anda bisa mengeksplorasi rasa dan aromanya. Sebelum itu, ayo temukan teh kesukaan Anda!

10. Heladiv Earl Grey Black Tea

10. Heladiv Earl Grey Black Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 24.000

Metode pembuatan tradisional untuk kualitas terbaik

Cita rasa dan aroma teh ini berasal dari oil of bergamot. Bergamot yang digunakan adalah buah alami yang berasal dari daerah Calabria di Italia. Sementara daun tehnya menggunakan daun teh Ceylon. Harganya cukup terjangkau dengan isi sebanyak 25 kantong teh di dalamnya. Oleh karena itu, teh ini cocok sebagai starter pack bagi penikmat Earl Grey tea pemula.

Untuk mempertahankan kualitasnya, teh ini masih dibuat dengan metode pembuatan tradisional. Hasilnya adalah teh dengan rasa yang menyegarkan dan aroma mild yang lembut. Cocok bagi Anda yang menginginkan kualitas yang baik dari pengolahan teh secara tradisional.

9. Ronnefeldt Earl Grey Flavoured Black Tea

9. Ronnefeldt Earl Grey Flavoured Black Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.000

Aromanya light yang nyaman dinikmati

Produk ini yang berasal dari Jerman ini dijual dalam kemasan sachet. Produk teh yang dibuat dari daun teh Darjeeling ini dikemas dengan sangat rapi di setiap sachet-nya sehingga dapat menjaga aroma asli teh tetap segar dan harum. Aromanya yang light membuat teh ini begitu nyaman dinikmati bahkan oleh penikmat teh pemula sekalipun.

Rasanya sudah nikmat meskipun dinikmati tanpa tambahan susu atau lemon. Jadi, Anda tidak perlu takut aromanya yang light tidak akan memberikan kesan di indera penciuman dan perasa Anda. Bagi Anda penikmat teh pemula atau penggemar teh beraroma light, produk ini cocok untuk Anda.

8. English Tea Shop Earl Grey Tea

8. English Tea Shop Earl Grey Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 59.000

Earl Grey tea untuk menemani hari-hari Anda

Daun teh hitam Ceylon dengan kualitas high grade digunakan dalam produk ini. Produk teh ini menggunakan daun teh organik yang dipadukan dengan aroma alami dari Citrus bergamia. Dengan bahan-bahan berkualitas, tidak heran aroma harumnya langsung mendarat di indera penciuman Anda begitu teh ini diseduh.

Dengan harga tidak lebih dari 5 digit rupiah, jumlah isi dalam satu kotaknya juga cukup banyak, yaitu mencapai 60 tea bags! Bagi Anda yang ingin menikmati teh nikmat setiap hari tanpa ingin membuat kantong kembang kempis, produk ini cocok menjadi pilihan.

7. Sir Thomas J. Lipton Earl Grey Black Tea

7. Sir Thomas J. Lipton Earl Grey Black Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 60.000

Kandungan kafein agar melek lebih lama

Teh hitam beraroma Bergamot yang khas ini dibuat dari daun teh berkualitas yang memaksimalkan rasa dan aroma produk ini. Secara keseluruhan, aromanya begitu mild sehingga cocok untuk dinikmati dengan berbagai kudapan tanpa membuat rasa dan aroma kudapan Anda jadi amburadul.

Teh premium ini juga mengandung kafein. Cocok untuk diminum sembari bekerja agar Anda tetap melek dan segar hingga pekerjaan Anda tuntas. Anda pun dapat beraktivitas dengan lancar. Bagi Anda yang menginginkan asupan kafein tetapi kurang menyukai kopi, produk ini bisa menjadi pilihan.

6. Gryphon Earl Grey Lavender Tea

6. Gryphon Earl Grey Lavender Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 255.000

Aroma lavender yang menambah kenikmatan

Produk ini termasuk teh klasik yang mengandung teh hitam dengan rasa Lavender. Seperti Earl Grey tea lainnya, tentunya teh ini juga mengandung Citrus bergamia untuk memberikan aroma yang khas. Adanya rasa lavender memberikan sedikit rasa manis sehingga memperkaya cita rasa teh ini.

Ditambah lagi, lavender memberikan aroma yang mild sehingga teh ini menjadi nikmat. Pada tahun 2010, teh ini berhasil mendapat penghargaan internasional Great Taste Award di Inggris. Teh ini cocok untuk Anda yang menginginkan Earl Grey tea yang terbukti kenikmatannya di kancah internasional.

5. Dilmah Gourmet Earl Grey Tea

5. Dilmah Gourmet Earl Grey Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 59.000

Menyehatkan dengan antioksidan

Daun teh yang digunakan dalam produk ini adalah daun teh Ceylon. Kemasannya telah dilapisi dengan foil untuk membuat aroma daun tehnya tetap segar dan terjaga kualitasnya. Menariknya, daun tehnya diambil dari pegunungan teh milik Dilmah sendiri, jadi jelas berbeda dari segala aspek dibandingkan teh merek lainnya.

Dilmah telah memasarkan produknya di lebih dari 90 negara. Soal teh, merek ini memang jagonya. Daun tehnya mengandung antioksidan untuk menangkap radikal bebas sehingga baik untuk kesehatan Anda. Bagi Anda yang ingin teh untuk sehat dengan antioksidan, teh ini cocok bagi Anda.

4. Dilmah Exceptional Elegant Earl Grey Tea

4. Dilmah Exceptional Elegant Earl Grey Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Memberikan kesegaran yang nikmat

Produk teh yang dikemas dalam tea bag ini dibuat dari daun teh Ceylon pilihan yang ditanam di perkebunan dataran tinggi 5.500 kaki di atas permukaan laut. Ditambah dengan aroma Citrus bergamia yang begitu menggoda, teh ini mampu menghasilkan medium strength tea yang membawa kesegaran bagi Anda.

Paduan daun dan aroma bergamot produk ini begitu seimbang sehingga menghasilkan rasa teh yang berkelas dan elegan bila Anda menyajikannya dengan benar. Bagi Anda yang ingin menenangkan diri atau sekedar ingin minum teh sembari bersantai, produk ini layak menjadi pertimbangan.

3. Twinings of London Classics Earl Grey Tea

3. Twinings of London Classics Earl Grey Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 85.000

Earl Grey tea pertama di dunia

Produk teh asli Inggris ini memiliki aroma bergamot yang light sehingga mudah dinikmati oleh siapa saja. Teh yang mulai dijual tahun 1706 ini adalah awal dari sejarah terciptanya Earl Grey tea. Awalnya, produk teh dari produsen pionir ini dinikmati oleh Charles Grey, perdana menteri Inggris pada saat itu. Nah, nama Earl Grey diambil dari nama tokoh ini.

Teh ini juga mendapat penghargaan sebagai teh dengan great taste sehingga menjadikannya salah satu teh terbaik dunia. Bagi Anda yang ingin menikmati Earl Grey tea dari produsen Earl Grey tea pertama di dunia, hanya produk teh ini yang cocok untuk Anda.

2. Twinings of London Earl Grey Tea Decaffeinated

2. Twinings of London Earl Grey Tea Decaffeinated

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 55.000

Bagi Anda yang ingin menghindari konsumsi kafein

Teh beraroma Citrus alami ini dikemas dalam bentuk tea bag. Kemasan teh ini juga telah di-sealed untuk menjaga kualitas dan kesegaran aromanya. Teh ini adalah decaffeinated tea alias teh yang sudah dihilangkan kadar kafeinnya. Produk ini sangat cocok untuk Anda pencinta teh yang ingin mengurangi asupan kafein.

Teh ini juga nikmat dinikmati dengan tambahan susu maupun lemon bagi Anda yang menyukai aroma Citrus yang kuat. Produk ini sudah populer di kalangan pencinta teh di benua Eropa sehingga Anda tidak perlu lagi meragukan kualitasnya. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

1. Ahmad Tea London Earl Grey Black Tea

1. Ahmad Tea London Earl Grey Black Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 74.000

Mendapatkan award berkat kenikmatan rasanya

Produk teh asli dari London ini memiliki aroma dan rasa yang kuat. Produk ini mengandung aroma bergamot dalam dosis yang besar sehingga begitu terasa aromanya. Bagi Anda pencinta teh yang ingin menikmati teh dengan aroma yang lebih berani, coba saja produk yang satu ini.

Produk teh yang satu ini sudah mendunia dan populer di kalangan pencinta teh berkat rasanya yang istimewa. Tidak heran Earl Grey tea istimewa ini memenangkan penghargaan Great Taste Award. Cita rasa tinggi yang dimilikinya pasti akan membuat Anda jatuh cinta pada produk ini.

Golden rule untuk kenikmatan teh Anda

Golden rule untuk kenikmatan teh Anda

Dengan mengikuti aturan menyeduh teh yang disebut golden rule ini, Anda dapat menikmati teh secara optimal.

Aturan dasar:

  1. Pertama, rebus air hingga matang.
  2. Tuang air panas yang telah dimasak tadi ke teko dan cangkir, biarkan suhunya sedikit menurun.

Untuk menyeduh daun teh:

  1. Ambil daun teh dan masukkan ke dalam teko teh secukupnya, kemudian tuang air panas ke dalam teko tersebut.
  2. Tutup teko tersebut, biarkan hingga daun teh mengembang. Sebisa mungkin jangan biarkan suhunya turun terlalu banyak.
  3. Bila Anda menyajikannya untuk beberapa orang, jangan langsung tuang teh pada cangkir hingga penuh sekaligus. Bagi menjadi 2-3 sesi penuangan agar kekentalan teh merata untuk setiap orang.

Untuk menyeduh tea bag

  1. Tuang air mendidih ke dalam cangkir, lalu masukkan tea bag.
  2. Biarkan daun teh mekar dengan menutup cangkirnya.
  3. Agar ekstraksi daun teh tidak berlebihan, angkat tea bag dari cangkir sebelum disajikan.

Waktu yang dibutuhkan untuk proses ekstraksi bergantung pada daun teh dan cara Anda menikmatinya. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengecek hal ini sebelum menuang air panas. Jangan sampai suhu air panas menurun terlalu drastis ketika Anda menyeduh teh Anda, ya!

Kesimpulan

Bagaimanakah pendapat Anda tentang rekomendasi Earl Grey tea yang kami berikan? Pilihlah teh berdasarkan aromanya. Pada kesempatan ini, kami memperkenalkan teh dengan aroma Citrus segar yang berasal dari bergamot. Bagi Anda yang ingin meredakan stres atau mengurangi rasa lelah setelah bekerja seharian, Earl Grey tea patut dicoba.

Bagi Anda ingin menikmati Earl Grey tea yang lebih bervariasi, Anda dapat memilih teh dengan kandungan kafein atau aroma bunga lavender yang harum. Pilihlah sesuai selera Anda dan selamat berbelanja!