• 10 Earl Grey Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Earl Grey Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Earl Grey Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Earl Grey Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Earl Grey Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Earl Grey Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Earl grey tea adalah teh hitam dengan tambahan aroma bergamot yang segar. Teh ini juga memiliki aroma citrus yang membantu menenangkan pikiran saat Anda meminumnya. Beberapa merk teh, seperti Dilmah, Twinings, dan Tasseo juga ikut menawarkan earl grey tea terbaiknya.

Pada artikel ini kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk earl grey tea yang bagus untuk Anda. Namun, sebelumnya kami akan memulai dengan membagikan tips memilih earl grey tea. Tidak lupa, tea specialist, Neysa Valeria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, ikuti terus, ya!



Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Neysa Valeria
  • Pembaharuan terakhir: 08 Maret 2021
  • 21.560 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan tea specialist Neysa Valeria

Berkolaborasi dengan tea specialist Neysa Valeria

Neysa Valeria adalah seorang tea specialist dan teapreneur. Berawal dari kecintaannya terhadap teh, ia mulai mempelajari teh secara autodidak dan menulis sebuah blog tentang teh pada 2011. Berbekal pendidikan sebagai seorang certified tea master, tea blender, dan tea taster, Neysa mendirikan perusahaan teh, Havilla Tea, pada 2014.


Selain sebagai pengusaha, wanita yang sedang membuat buku tentang teh ini juga kerap mengadakan workshop dan memberikan edukasi seputar teh. Untuk mengintip kumpulan foto-foto teh dan kesehariannya, Neysa bisa disapa melalui Instagram-nya. 

Apa itu earl grey tea?

Apa itu earl grey tea?
Bagi Anda penikmat teh hitam, pastinya Anda pernah mendengar earl grey tea. Barangkali di antara Anda ada yang berpikir bahwa earl grey tea tidak berbeda dengan darjeeling tea atau ceylon tea. Akan tetapi, ternyata jenis teh ini memiliki sedikit perbedaan.
Darjeeling tea adalah teh hitam dari daun teh yang ditanam di Darjeeling, India. Ceylon tea adalah teh hitam yang dibuat dari daun teh yang ditanam di Ceylon atau sekarang dikenal dengan nama Sri Lanka. Nama kedua teh ini menunjukkan tempat produksinya masing-masing. 

Di samping itu, nama earl grey tea tidak menunjukkan tempat produksi teh tersebut. Namanya berasal dari aroma teh yang berasal dari citrus bergamot atau lebih dikenal sebagai bergamot. Teh ini termasuk jenis flavour tea dan daun teh yang digunakan pun bervariasi jenisnya.

Mencium aroma earl grey diyakini dapat menenangkan pikiran Anda. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk meminum teh ini pada pagi hari yang segar saat Anda bersantai. Daun teh dan cara blend yang digunakan oleh masing-masing produsen pun berbeda-beda. Oleh sebab itu, dapatkanlah earl grey tea yang sesuai selera Anda.
Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Earl grey tea adalah teh hitam yang dicampur dengan bergamot oil. Bergamot adalah salah satu jenis jeruk atau keluarga citrus yang berwarna hijau kekuningan. Nama grey sendiri diambil dari nama seorang bangsawan, Charles Grey, perdana menteri Inggris pada 1830-an.

Cara memilih earl grey tea

Kami akan menjelaskan kepada Anda poin-poin dalam memilih earl grey tea. Ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan ketika memilih teh ini. Kesan yang Anda dapatkan ketika meminum teh ini akan bergantung pada rasa daun teh dan aroma citrus dari earl grey tea. Faktor-faktor ini juga memengaruhi preferensi seseorang dalam memilih earl grey tea.

Sesuaikan kekuatan rasanya dengan selera Anda

Sesuaikan kekuatan rasanya dengan selera Anda
Citrus bergamia, atau lebih dikenal dengan bergamot, yang digunakan untuk memberikan keharuman pada earl grey tea memiliki ciri-ciri aroma yang manis dan segar. Aroma ini bisa juga Anda jumpai dari minyak aromaterapi. 

Aroma ini dipercaya memiliki efek menenangkan dan menyegarkan sehingga Anda dapat menggunakan earl grey tea untuk menghilangkan stres dan gelisah. Earl grey tea dengan aroma bergamot bisa disajikan sebagai minuman hangat atau dingin. Namun, kekuatan aroma dari masing-masing teh ini berbeda-beda. 


Kami tidak menyarankan Anda untuk langsung memilih earl grey tea dengan aroma yang kuat. Lebih baik Anda memulai dengan memilih teh beraroma mild atau tidak terlalu kuat. Setelah terbiasa, baru Anda disarankan mencoba earl grey tea dengan rasa yang lebih kuat.

Pilih earl grey tea berdasarkan cara penyajian dan kuatnya rasa

Pilih earl grey tea berdasarkan cara penyajian dan kuatnya rasa
Dalam memilih earl grey tea, sebaiknya tidak hanya menitikberatkan pada aroma bergamot-nya saja. Anda juga perlu memperhatikan aroma daun tehnya. Earl grey tea biasanya disajikan sebagai minuman panas, dingin, atau sebagai milk tea

Pastikan Anda memilih teh yang tetap dapat dinikmati aroma dan rasanya meskipun disajikan dengan berbagai cara. Jika Anda menyukai iced tea, sebaiknya Anda memilih daun teh dengan aroma dan rasa yang tidak terlalu tajam atau menyengat. 


Apabila Anda ingin membuat milk tea, pilihlah daun teh dengan rasa pahit dan warna yang kuat. Rasa pahitnya akan dinetralkan oleh lembutnya rasa susu. Di sisi lain, warna merah yang tajam akan membuat warna milk tea Anda makin cantik. Pilihlah earl grey tea berdasarkan bagaimana Anda ingin menyajikannya.

Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Earl Grey termasuk salah satu tea blend yang banyak dikembangkan menjadi berbagai macam kreasi menu ataupun resep. Salah satu kreasi yang paling umum dan mungkin sudah pernah Anda coba adalah earl grey milk tea. Beberapa kreasi lain dari earl grey adalah kue, selai, permen, cokelat, dan lainnya.

Dari berbagai varian campuran rasa, pilih yang Anda suka

Dari berbagai varian campuran rasa, pilih yang Anda suka
Selain aroma bergamot yang menjadi ciri khas dari earl grey tea, keunikan lain dari teh ini adalah campuran rasanya yang beragam. Sebagai contoh, rasa citrus dengan paduan rasa jeruk atau lemon yang menambah kesegaran atau rasa lavender yang meningkatkan relaksasi. Jadi, Anda dapat memilih earl grey tea sesuai dengan manfaat yang ingin Anda dapatkan.
Pada umumnya, sebagian konsumen yang baru mencoba earl grey tea untuk pertama kali tidak merasa cocok dengan variasi blend dan rasa yang beraneka ragam. Bagi Anda yang baru mengenal earl grey tea, disarankan untuk mencoba earl grey tea dengan rasa original terlebih dahulu.
Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Saat ini banyak perusahaan teh yang membuat signature earl grey tea-nya masing-masing. Contohnya ada Lady Grey dari Twinings, French Earl Grey dari TWG Tea, dan lainnya. Meskipun mengalami modifikasi dari earl grey klasik, teh-teh ini tetap dapat dijadikan campuran hidangan seperti kue atau milk tea.

Daun teh atau tea bag? Pilih earl grey tea dari cara penyeduhannya

Ada dua jenis teh berdasarkan hasil dan cara menyeduhnya. Ada teh yang hanya dikemas dalam bentuk daun teh dan teh yang dikemas dalam bentuk tea bag. Anda bebas memilih kedua jenis teh ini asalkan memegang aturan menyeduh teh yang disebut golden rule. Dengan aturan tersebut, jenis apa pun yang Anda pilih pasti akan terasa nikmat hasil seduhannya. Untuk itulah, Anda harus mengetahui karakteristik yang dimiliki teh pilihan Anda.

Daun teh: Anda dapat menikmati perubahan aroma dan warnanya

Daun teh: Anda dapat menikmati perubahan aroma dan warnanya
Ketika Anda menyeduh teh yang berasal dari daun teh secara langsung, hal yang menarik adalah Anda dapat melihat perubahan warna dan aroma dari daun tersebut. Cara ini dapat Anda pakai untuk semua jenis daun teh hitam. Akan tetapi, berbeda daun teh akan berbeda pula warna dan aroma yang dihasilkan. Warna dan aroma daun teh bergantung pada tempat teh tersebut ditanam, produsen, serta varietas tehnya.
Aroma saat daun teh belum diseduh berbeda dengan aroma saat daun teh diseduh. Aroma tersebut akan berubah lagi saat teh siap untuk dinikmati. Nah, Anda dapat lebih menikmati perubahan aroma dan keindahan perubahan warna daun teh apabila teh diseduh menggunakan tea pot.
Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Ketika menyeduh teh dan air masuk ke dalam perangkat seduh, seketika itu juga air akan perlahan menjadi berwarna. Tidak sampai situ saja, aroma seduhan pun akan memenuhi rongga hidung Anda. 


Sambil menikmati waktu santai di rumah, proses penyeduhan ini dapat menjadi suatu pengalaman yang therapeutic. Perangkat kaca atau gelas yang digunakan juga dapat memanjakan visual Anda saat menyeduh teh. Anda pun bisa melihat "the dancing leaves" atau daun-daun teh yang perlahan mekar saat teh diseduh.

Tea bag: Lebih praktis dan mudah disajikan

Tea bag: Lebih praktis dan mudah disajikan
Keunggulan tea bag adalah kemudahan yang ditawarkan dibandingkan Anda harus menyeduh dari daun teh. Pada prinsipnya, cara penyajian teh berupa daun dan tea bag sama saja. Anda memerlukan cangkir, air panas, lalu memasukkan daun teh atau tea bag ke dalamnya. 

Perbedaannya, daun teh yang dikemas di dalam tea bag dibuat mudah mekar sehingga teh dapat disajikan lebih cepat. Anda pun dapat menikmati teh dengan lebih mudah. Bagi Anda yang ingin menikmati teh kesukaan secara praktis, kami merekomendasikan teh yang telah dikemas dalam tea bag.

Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Teh celup atau teh dalam kantong ditemukan pertama kali secara tidak sengaja oleh Thomas Sullivan pada 1908. Ia adalah seorang pedagang teh yang bermaksud mengirimkan sampel teh menggunakan kantong untuk para pembelinya agar lebih praktis. 


Pelanggan yang menerimanya ternyata langsung menyeduh teh bersama dengan kantongnya dan merasa hal tersebut adalah ide yang bagus. Jika dilihat dari sejarahnya, teh celup memang digunakan untuk alasan kepraktisan, terutama jika Anda sedang di luar rumah.

10 Rekomendasi earl grey tea terbaik

Setelah menjabarkan tips memilih earl grey tea, kami memberikan sepuluh rekomendasi earl grey tea terbaik. Nikmatilah teh dengan berbagai cara agar Anda bisa mengeksplorasi rasa dan aromanya.
10
Isi25 saset
Cara penyeduhanTea bag
9
Isi15 saset
Cara penyeduhanDaun teh
8
Isi20 saset
Cara penyeduhanTea bag
7
Isi25 saset
Cara penyeduhanTea bag
6
Isi20 saset
Cara penyeduhanDaun teh
5
Isi20 saset
Cara penyeduhanTea bag
4
Isi20 saset
Cara penyeduhanTea bag
3
Isi25 saset
Cara penyeduhanTea bag
2
Isi25 saset
Cara penyeduhanTea bag
1
Isi100 gram
Cara penyeduhanDaun teh

Tabel perbandingan produk earl grey tea terbaik

Gambar produk
1
Ahmad  Tea Earl Grey Tea 1

Ahmad

2
Twinings  Earl Grey (Decaffeinated) 1

Twinings

3
Twinings Earl Grey Tea 1

Twinings

4
Dilmah Elegant Earl Grey 1

Dilmah

5
Dilmah Earl Grey 1

Dilmah

6
Gryphon Earl Grey Lavender 1

Gryphon

7
Unilever  Sir Thomas Lipton Earl Grey 1

Unilever

8
Tasseo Tasseo Earl Grey 1

Tasseo

9
Ronnefeldt  Leaf Cup Earl Grey 1

Ronnefeldt

10
Heladiv  Earl Grey Herbal Infusions 1

Heladiv

Nama produk

Tea Earl Grey Tea

Earl Grey (Decaffeinated)

Earl Grey Tea

Elegant Earl Grey

Earl Grey

Earl Grey Lavender

Sir Thomas Lipton Earl Grey

Tasseo Earl Grey

Leaf Cup Earl Grey

Earl Grey Herbal Infusions

Keunggulan

Aroma yang kuat dan rasa berkualitas membuat cita rasa teh ini sulit dilupakan

Anda sedang menghindari konsumsi kafein? Jika iya, produk ini jawabannya!

Earl grey tea pertama di dunia!

Melengkapi sarapan Anda agar lebih siap dalam beraktivitas

Earl grey tea yang berkualitas dan menyehatkan!

Perpaduan rasanya mampu menjauhkan Anda dari stres, penasaran? Buktikan sendiri!

Sering ngantuk saat bekerja? Mungkin Anda membutuhkan produk ini!

Dengan warna yang pekat, tetap cantik saat dicampur susu

Aroma light yang nyaman dinikmati siapa saja

Metode pembuatan tradisional untuk kualitas terbaik

Harga mulai dariRp 281.000,00Rp 193.000,00Rp 85.000,00Rp 89.900,00Rp 70.000,00Rp 220.000,00Rp 50.000,00Rp 38.500,00Rp 55.000,00Rp 30.000,00
Isi100 gram25 saset25 saset20 saset20 saset20 saset25 saset20 saset15 saset25 saset
Cara penyeduhanDaun tehTea bagTea bagTea bagTea bagDaun tehTea bagTea bagDaun tehTea bag
Tautan produk

Golden rule untuk kenikmatan teh Anda

Golden rule untuk kenikmatan teh Anda
Dengan mengikuti aturan menyeduh teh yang disebut golden rule ini, Anda dapat menikmati teh secara optimal.
Aturan dasar:
  1. Pertama, rebus air hingga matang.
  2. Tuang air panas yang telah dimasak tadi ke teko dan cangkir, biarkan suhunya sedikit menurun.
Untuk menyeduh daun teh:
  1. Ambil daun teh dan masukkan ke dalam teko teh secukupnya, kemudian tuang air panas ke dalam teko tersebut.
  2. Tutup teko tersebut, biarkan hingga daun teh mengembang. Sebisa mungkin jangan biarkan suhunya turun terlalu banyak.
  3. Apabila Anda menyajikannya untuk beberapa orang, jangan langsung tuang teh pada cangkir hingga penuh sekaligus. Bagi menjadi 2-3 sesi penuangan agar kekentalan teh merata untuk setiap orang.
Untuk menyeduh tea bag:
  1. Tuang air mendidih ke dalam cangkir, lalu masukkan tea bag.
  2. Biarkan daun teh mekar dengan menutup cangkirnya.
  3. Agar ekstraksi daun teh tidak berlebihan, angkat tea bag dari cangkir sebelum disajikan.

Waktu yang dibutuhkan untuk proses penyeduhan bergantung pada daun teh dan cara Anda menikmatinya. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengecek hal tersebut sebelum menuang air panas. Jangan sampai suhu air panas menurun terlalu drastis ketika Anda menyeduh teh, ya!
Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Gunakan rasio 1:100 dalam penyeduhan teh atau 1 gram teh per 100 ml air. Sesuaikan jumlah rasio dengan kapasitas alat seduh yang digunakan. Untuk suhu air, gunakan air mendidih hanya untuk menyeduh teh hitam ataupun herbal. 


Sementara itu, gunakan air bersuhu lebih rendah yaitu 8090 derajat untuk teh berwarna terang. Beberapa contoh teh berwarna terang adalah teh putih, teh hijau, atau teh oolong. 


Perlu diingat, hal ini adalah aturan penyeduhan teh secara umum. Tiap-tiap teh tentunya memiliki ciri khas dan cara penyeduhan yang berbeda. Untuk itu, bacalah selalu petunjuk penyeduhan yang terdapat pada kemasan teh yang Anda beli.

Baca juga rekomendasi teh lainnya di sini

Selain earl grey tea, ada banyak jenis teh lain yang dapat Anda nikmati di rumah secara bergantian. Untuk itu, kami telah menyiapkan artikel-artikel terkait yang membahas produk teh lainnya. Cek link di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimanakah pendapat Anda tentang rekomendasi earl grey tea yang kami berikan? Semoga Anda sudah menemukan earl grey tea terbaik versi Anda. Pilihlah teh berdasarkan aroma dan kuatnya rasa sesuai selera Anda.
Bagi Anda yang ingin meredakan stres atau mengurangi rasa lelah setelah bekerja seharian, earl grey tea patut dicoba. Bagi Anda ingin menikmati earl grey tea yang lebih bervariasi, Anda dapat memilih teh dengan campuran rasa lain dan menikmatinya dengan berbagai cara. Selamat mencoba!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Teh Melati Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teh Melati Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh melati adalah minuman yang terkenal dengan aroma yang wangi serta rasa yang segar. Teh yang berasal dari Cina ini juga memiliki penggemarnya tersendiri di Indonesia. Sebut saja brand seperti SariWangi, Frestea, hingga Dilmah yang memproduksi teh melati yang enak.Kali ini kami akan memperkenalkan rekomendasi teh melati terbaik yang bisa Anda konsumsi sehari-hari. Selain itu, kami juga akan mengulas cara memilih teh melati dan memberi rekomendasi produknya. Tidak ketinggalan, tea specialist, Neysa Valeria juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Teh & kopi
    9.497 Views
  • 10 Rekomendasi Teh Darjeeling Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teh Darjeeling Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh Darjeeling merupakan teh yang memiliki rasa lembut dan enak tanpa perlu tambahan apa pun. Salah satu keunikan teh ini terletak pada perbedaan rasa dan aroma yang dihasilkan berdasarkan masa panennya. Untungnya, saat ini telah banyak teh Darjeeling yang dijual di pasaran sehingga Anda dapat menikmatinya dengan mudah.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih teh Darjeeling. Kami juga bakal mengulas produk rekomendasi yang bisa Anda temukan di berbagai e-commerce. Terdapat berbagai merek, seperti Twinnings, TWG Tea, Dilmah, dan lainnya, dalam daftar rekomendasi kami. Silakan baca hingga selesai, ya!
    Teh & kopi
    2.403 Views
  • 10 Rekomendasi Teh Rooibos Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teh Rooibos Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh rooibos terkenal berkat khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan. Anda bisa mengonsumsinya untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, serta menambah nutrisi bagi ibu hamil. Karena itu, tidak heran jika sekarang makin banyak orang yang mengonsumsi teh rooibos. Di Indonesia sendiri telah banyak produsen yang menjual teh rooibos, seperti K-Link, Dilmah, Yogi, dan lainnya.Supaya Anda tidak bingung, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih teh rooibos. Sepuluh produk teh rooibos terbaik pun telah kami ulas khusus untuk Anda. Plus, kami bakal memberikan tips dalam menikmati teh rooibos. Yuk, disimak!
    Teh & kopi
    3.420 Views
  • 10 Merk Wedang Uwuh Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Wedang Uwuh Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Orang-orang mengenal wedang uwuh sebagai minuman berwarna merah keunguan yang berasal dari Imogiri, Jogja. Minuman yang berisi rempah-rempah ini sangat pas untuk menghangatkan dan menyegarkan tubuh. Wedang uwuh tersedia di pasaran dalam berbagai harga dan kemasan, seperti kemasan instan atau siap seduh berisi 10 saset.Waktu terbaik minum wedang uwuh memang belum diketahui. Namun, untuk mendapatkan wedang uwuh yang bagus dan sesuai selera Anda, kami punya tipsnya di bawah ini. Tidak lupa, rekomendasi merk terbaik, seperti Herbadrink, Sekar, dan Wening juga dapat Anda temukan dalam artikel ini. Selamat membaca, ya!
    Teh & kopi
    7.734 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi JJ Royal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi JJ Royal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda seorang pencinta kopi? Jangan asal memilih produk kopi karena tidak semuanya menggunakan kopi berkualitas. JJ Royal menghadirkan produk kopi berkelas dari biji kopi asal Nusantara. Rasanya tentu sangat mewah. JJ Royal tak hanya memproduksi kopi bubuk, tetapi juga biji kopi dan kopi instan.Nah, kali ini, kami akan membahas tentang kopi dari JJ Royal. Simaklah tips dari kami dalam memilih kopi JJ Royal yang sesuai selera Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Kopi Toraja, Lampung, sampai kopi instan Cafe Latte ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    780 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Kapal Api Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Kapal Api Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kopi Kapal Api telah lama menemani masyarakat Indonesia dengan aroma dan rasanya yang memikat. Merk ini merupakan produk dari Santos Jaya Abadi. Komitmennya adalah untuk memberikan kopi spesial bagi para konsumen. Ada banyak varian dari Kapal Api, yaitu kopi hitam kopi bubuk, kopi premium, kopi instan, dan kopi siap minum.Agar Anda tidak bingung dalam memilih produk kopi Kapal Api, kami akan memberikan tipsnya untuk Anda. Setelahnya, ada juga rekomendasi produk terbaiknya. Kapal Api Special, Kapal Api Signature, dan Kapal Api Easy Drip ada dalam rekomendasi kami. Mari kita mulai!
    Teh & kopi
    3.319 Views
  • 10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Good Day Coffee merupakan salah satu merek kopi yang populer di Indonesia. Selain murah dan praktis, pilihan rasa yang ditawarkan juga variatif. Good Day Coffee mengemas produknya dengan kekinian sehingga banyak anak muda menggemarinya. Dari banyaknya pilihan, manakah yang sebaiknya dipilih?Kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih produk Good Day Coffee yang paling sesuai. Tak lupa, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari Good Day Coffee, seperti Coffee Freeze, Tiramisu Bliss Coffee, dan Cappuccino. Bersiaplah untuk menikmati varian rasa seru dari Good Day Coffee!
    Teh & kopi
    3.067 Views
  • 10 Merk Kopi Sidikalang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kopi Sidikalang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kopi Sidikalang adalah salah satu kopi kebanggaan masyarakat Medan, Sumatera Utara. Karakter kopi Sidikalang yang cenderung asam dan tidak begitu pahit membuatnya bisa dinikmati berbagai kalangan. Sering kali, kopi Sidikalang menjadi solusi bagi penderita mag yang tetap ingin menikmati kopi. Popularitas kopi Sidikalang mungkin tidak setenar zaman dahulu, tetapi kopi ini tetap dicari-cari oleh penikmatnya, terutama varian arabika premiumnya.Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih kopi Sidikalang paling enak dengan harga yang bersahabat. Merk terkenal seperti Cap King Kong Dunia, Tanpak Sidikalang, atau Tagetto akan kami rekomendasikan untuk Anda. 
    Teh & kopi
    729 Views
  • 10 Merk Teh Daun Jati Cina Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Daun Jati Cina Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Telah lama teh daun jati cina dianggap sebagai obat pelangsing alami. Selain sebagai teh untuk diet, daun jati cina juga sebetulnya dapat membantu meredakan konstipasi. Hal tersebut tidak lain karena efek laksatif yang dimilikinya. Apabila Anda ingin mencoba teh pelangsing yang satu ini, sebaiknya kenali terlebih dahulu manfaatnya secara menyeluruh. Pertimbangkan pula beberapa cara memilih di bawah ini sebelum Anda membeli teh daun jati cina. Agar Anda makin mudah memilih merk teh daun jati cina yang bagus, kami juga menyiapkan rekomendasi produknya. Silakan disimak, ya!
    Teh & kopi
    844 Views
  • 10 Merk Kopi Lampung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kopi Lampung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, kebiasaan minum kopi menjadi sebuah tren tersendiri, khususnya di kalangan anak muda. Nah, bagi Anda para pencinta kopi, sudahkah Anda mencicipi cita rasa kopi Lampung? Varietas kopi yang dikembangkan di provinisi Lampung ini terkenal akan rasanya yang strong dan berkarakter.Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membaca ulasan kami berikut ini mengenai kopi Lampung. Kami akan memberikan tips memilih kopi Lampung beserta rekomendasi produknya. Merk kopi Lampung paling enak seperti Artcofie, Arutala Coffee, dan Seven Bika juga akan kami ulas di sini. Silakan disimak!
    Teh & kopi
    222 Views
  • Artikel populer

  • 10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Biji dan bubuk kopi berkualitas adalah faktor utama yang menentukan kenikmatan kopi yang Anda seduh. Anda bisa memilih kopi yang paling disukai, mulai dari kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas. Bagi yang baru mendalami dunia kopi, mungkin memilih biji dan bubuk kopi yang bagus bisa menjadi kesulitan tersendiri.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi merk kopi terbaik, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, Kapal Api, hingga Otten akan turut kami ulas. Silakan baca terus artikel ini!
    Teh & kopi
    87.820 Views
  • 10 Merk Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh merupakan minuman yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran dengan beragam rasa dan aroma. Salah satu jenis teh yang diracik untuk memenuhi kebutuhan akan minuman herbal adalah teh chamomile. Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin bingung memilih produk yang enak. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih teh chamomile dan menjelaskan manfaatnya. Kami juga akan mengulas sepuluh produk teh chamomile dari merk Lipton, Dilmah, Twinings, dan lainnya. Selain itu, cek juga komentar tea specialist, Neysa Valeria di artikel ini, ya!
    Teh & kopi
    77.526 Views
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai pelengkap agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam brand, seperti Nestle, Coffindo, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyaknya krimer di pasaran, manakah yang paling pas sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
    Teh & kopi
    70.819 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Sayangnya, kandungan kafeina di dalam kopi memberi efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaf, kopi dengan kadar kafeina yang rendah.Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaf, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi kopi decaf terbaik. Nescafé, Illy, dan berbagai merek kopi lokal ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasi menarik tentang kopi decaf.
    Teh & kopi
    8.800 Views
  • 10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda seorang pencinta teh, sebaiknya Anda berhati-hati dengan asupan kafein yang Anda konsumsi sehari-hari. Kelebihan kafein dapat membahayakan, terutama bagi wanita hamil. Sebagai alternatif, Anda dapat beralih ke teh tanpa kafein yang terbuat dari bahan biji-bijian atau akar tanaman.Berbagai jenis teh tanpa kafein telah beredar di pasaran, mulai dari teh gandum, jagung, hingga rooibos. Agar Anda tidak kebingungan, tea specialist, Neysa Valeria akan memberikan informasi tambahan di artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan teh yang enak dari berbagai merek terkenal, seperti Yogi, Sempio, atau Traditional Medicinals. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    21.974 Views
  • 10 Merk Teh Bunga Telang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Bunga Telang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh bunga telang adalah minuman teh herbal yang berasal dari bunga telang yang dikeringkan dan berwarna biru. Minuman ini menyimpan segudang khasiat yang baik untuk tubuh. Bahkan, bunga telang kering tidak hanya bisa dibuat teh saja, tetapi juga untuk membuat nasi biru. Bunga telang memang dikenal karena warna biru alami yang berasal dari kandungan pigmen antosianin di dalamnya. Nah, bagi Anda yang mencari teh bunga telang, bacalah artikel ini hingga selesai. Kami akan mengulas rekomendasi teh bunga telang yang enak dari berbagai merek, seperti Agradaya, Genki Plant, dan Siam Elephant. 
    Teh & kopi
    81 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak pencinta kopi yang ingin mencoba atau merasakan sensasi minum kopi organik. Kopi organik adalah kopi yang seluruh proses penanamannya tidak menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya. Di Indonesia, ada beberapa merk kopi organik terkenal, seperti Tjap Djaran, HiBo, dan Le Conducteur.Bagi produsen, mendapatkan sertifikasi kopi organik tentu tidak mudah karena tidak banyak biji kopi yang benar-benar organik. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membagikan cara memilih kopi organik yang tepat. Jangan lupa, simak juga komentar coffee consultant, Deni Dermanto, di artikel ini.
    Teh & kopi
    8.268 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori