10 Rekomendasi Scarf Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Scarf Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2018)

Scarf, atau syal, adalah aksesori fashion wanita yang bentuknya simpel dan modis, yang bisa Anda padukan dengan berbagai jenis gaya dan busana. Cara memakainya mudah, selain dililitkan di leher, Anda bisa mengenakannya sebagai bandana, kerudung, kardigan, hiasan tas, bahkan sabuk yang modis!

Merek terkenal seperti Hermes, Coach, Diane von Furstenberg, hingga merek lokal buatan desainer Ivan Gunawan bisa Anda jadikan pilihan untuk scarf terbaik. Scarf macam apa yang tepat digunakan untuk melengkapi pakaian Anda hari ini? Simak artikel dari kami sampai selesai!

Daftar isi

Perbedaan scarf dengan muffler dan stole

Perbedaan scarf dengan muffler dan stole

Scarf adalah jenis aksesori wrap yang tidak memiliki aturan khusus dalam pemakaiannya. Anda bisa menggunakan scarf saat cuaca panas dan dingin, tergantung suasana hati dan gaya berpakaian Anda.

Di sisi lain, muffler dan stole yang juga merupakan aksesori wrap, memiliki perbedaan dengan scarf. Muffler adalah selendang tebal yang biasanya berbahan rajutan wol, yang dililitkan di leher pada musim dingin, dan tidak bisa digunakan pada musim panas. Stole adalah selendang untuk pesta, umumnya berukuran panjang dan berbahan mewah yang sering digunakan untuk melapisi gaun.

Dibandingkan dengan muffler dan stole, scarf dianggap lebih fleksibel dan cocok dipakai untuk fashion sehari-hari. Scarf hadir dengan kain berbahan tipis yang cocok dijadikan bandana, kerudung, sabuk pinggang, penghias tas, dan dapat lilitkan pada kerah blus Anda sebagai dasi atau pita untuk mendukung gaya. Sekali lagi, tidak ada aturan khusus dalam mengenakan scarf, Anda bisa saja melilitkannya di leher tanpa diikat.

Cara memilih scarf

Scarf seperti apa yang cocok untuk Anda? Secara umum, Anda bisa membagi scarf menjadi tiga tipe berdasarkan ukuran, bahan, kreasi berbusana, dan warna!

Tiga ukuran scarf sesuai dengan tujuan pemakaian!

Tiga ukuran scarf terbagi menjadi ukuran sedang, besar, dan panjang. Ukuran scarf yang Anda pilih tergantung bagaimana Anda menggunakannya.

Untuk sentuhan modis pada gaya berbusana sehari-hari, pilihlah scarf ukuran sedang

Untuk sentuhan modis pada gaya berbusana sehari-hari, pilihlah scarf ukuran sedang

Scarf berukuran sedang biasa digunakan sebagai aksen berbusana. Umumnya scarf ini berukuran sekitar 50 x 50 cm persegi, dan sangat mudah digunakan karena tidak terlalu banyak cara untuk melilitnya di leher.

Ukuran ini sangat ideal sebagai pelengkap aksesori sederhana dan direkomendasikan untuk orang yang baru belajar menggunakan syal. Anda juga bisa melilitkannya pada handle tas jinjing sebagai pita yang sangat modis. Selain itu, bisa juga dipakai untuk mengikat rambut Anda dan digunakan sebagai gelang.

Untuk tampil lebih fashionable, pilihlah scarf ukuran panjang

Untuk tampil lebih fashionable, pilihlah scarf ukuran panjang

Scarf panjang adalah syal berbentuk persegi panjang, umumnya berukuran 30 cm x 100 cm, seperti muffler. Scarf jenis ini dipakai dengan cara melilitkannya di leher dengan berbagai metode pemakaian sesuai selera, dan akan membuat Anda tampak modis. Anda juga bisa mengalungkannya di leher tanpa perlu diikat. Karena ukurannya yang panjang, scarf ini bisa Anda gunakan sebagai sabuk dan bandana. Scarf ini bisa digunakan dengan cepat dan praktis saat Anda keluar rumah.

Untuk berbagai kreasi berbusana, pilihlah scarf ukuran besar

Untuk berbagai kreasi berbusana, pilihlah scarf ukuran besar

Ukuran rata-rata scarf besar adalah 100 x 100 cm persegi. Scarf berukuran besar bisa Anda gunakan sebagai penghangat tubuh yang berfungsi seperti outer wrap, atau kreasi berbusana lainnya sesuai selera Anda. Misalnya, Anda bisa melilitnya di leher seperti muffler tebal, meletakannya pada bahu kanan dan kiri sebagai kardigan, bahkan membentuknya sebagai tas instan dengan cara mengikat keempat sisinya. Scarf berukuran besar bisa dipakai dengan banyak cara untuk berbagai bentuk aksesori mode.

Scarf juga bisa dijadikan kerudung hijab

Scarf juga bisa dijadikan kerudung hijab

Gaya hijab modern sangat populer Indonesia. Para desainer berlomba merancang scarf yang digunakan sebagai kerudung untuk wanita hijaber. Scarf khusus hijab ini hadir dengan ragam ukuran dan motif-motif yang cantik. Anda bisa memakainya sebagai aksesori aksen seperti bandana, kardigan, atau pita di lapisan luar kerudung, atau menjadikannya sebagai kerudung utuh untuk melengkapi gaya berhijab Anda. Metode pemakaiannya pun bermacam-macam!

Dari sutra hingga poliester, scarf hadir dalam berbagai bahan!

Dari sutra hingga poliester, scarf hadir dalam berbagai bahan!

Scarf berbahan sutra direkomendasikan untuk segala cuaca. Sutra memiliki kemewahan yang elegan dan terasa sejuk dikenakan saat cuaca panas. Bahan sutra juga tidak mudah berkerut dan Anda bisa melicinkannya dengan setrika uap.

Sementara itu, scarf berbahan poliester atau serat sintetis lebih mudah didapatkan dan memiliki harga yang lebih terjangkau. Scarf poliester hadir dengan banyak desain dan warna favorit yang bisa Anda pilih. Anda tinggal melicinkannya dengan setrika hangat sebelum menggunakannya.

Pilihlah warna yang sesuai dengan gaya pakaian dan selera Anda!

Pilihlah warna yang sesuai dengan gaya pakaian dan selera Anda!

Scarf adalah fashion item yang sangat populer dengan jutaan pilihan warna dan desain. Saat Anda membeli scarf, disarankan untuk memilih berdasarkan warna terlebih dahulu, bukan motifnya. Serasikan warna scarf dengan pakaian yang akan Anda kenakan. Untuk Anda yang memiliki kulit berwarna gelap, pilihlah scarf dengan warna yang lebih terang.

Selain itu, di luar negeri, scarf dipilih berdasarkan empat musim. Scarf warna pastel sangat marak pada musim semi, warna cerah untuk musim panas, warna smoky untuk musim gugur, dan tone dingin untuk musim dingin. Anda bisa memilih warna scarf tergantung musim, gaya, cuaca, dan acara.

10 Rekomendasi scarf terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami merekomendasikan sepuluh scarf terbaik yang bisa Anda pilih untuk melengkapi gaya busana Anda.

10. Lucky Leaf Checked Pattern Plaid Infinity Scarf

10. Lucky Leaf Checked Pattern Plaid Infinity Scarf

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 689.000

Scarf panjang motif kotak-kotak untuk busana santai

Berukuran panjang 160 x  40 cm, scarf dari Lucky Leaf terbuat dari kain sintetis 100% akrilik lembut yang merupakan imitasi dari bahan wol. Lebih ringan dan nyaman dari wol asli, Anda bisa menggunakannya baik pada saat cuaca dingin maupun cuaca hangat.

Dengan motif kotak-kotak yang versatile, scarf ini cocok dikenakan bersama pakaian denim dan gaya busana santai harian. Scarf ini juga cocok dikenakan oleh lelaki sehingga bisa Anda hadiahkan kepada sang kekasih.

9. OEM Stylish Neck Scarves

9. OEM Stylish Neck Scarves

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 418.000

Lima potong scarf cantik untuk seminggu!

Anda senang mengenakan scarf setiap hari, tetapi tidak ingin terlihat monoton? OEM Stylish Neck Scarves terdiri dari lima potong scarf warna-warni cantik yang bisa disesuaikan untuk acara Anda dalam seminggu. Motif floralnya yang lembut akan melengkapi gaya busana smart casual di kantor, dan juga cocok dipadu bersama jeans saat Anda menghabiskan akhir pekan di mall.

Bahannya rayon sutra yang lembut, nyaman, dan tampak elegan saat dikenakan. Dengan ukuran sedang yaitu 53 x 53 cm, scarf ini akan tampak sempurna melilit leher Anda. Selain itu, cocok juga dijadikan pita rambut atau melingkari pergelangan tangan sebagai gelang yang bergaya.

8. Gerinly Lightweight Floral Birds Print Scarf

8. Gerinly Lightweight Floral Birds Print Scarf

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 634.000

Scarf panjang dengan enam pilihan motif fauna dan floral

Pencinta motif floral dan fauna pasti akan menyukainya. Scarf panjang ini berukuran 90 x 180 cm dengan motif burung berpadu ranting bunga cantik. Anda dapat menggunakannya sebagai bandana, scarf leher, kardigan, sabuk, aksesori tas jinjing, dan ideal untuk gaya berbusana feminin maupun casual.

Materialnya adalah voile, berbahan tipis dan nyaman yang cukup hangat pada malam hari, dan juga tidak panas pada siang hari. Selain warna light blue, tersedia juga pilihan desain cantik lainnya, yaitu warna teal, abu-abu, biru tua, beige, dan hitam.

7. Zoya Ivan Gunawan Luminious Scarf

7. Zoya Ivan Gunawan Luminious Scarf

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 149.000

Hijab scarf dari Desainer Ivan Gunawan!

Di Indonesia, siapa yang tidak mengenal Desainer Ivan Gunawan? Beberapa waktu lalu, Ivan Gunawan merancang line untuk scarf para hijaber! Kerudungnya hadir dengan berbagai corak cantik dan warna yang lembut segar, sesuai selera wanita Indonesia. Motif Luminous Scarf terinspirasi dari kain ulos batak, Sumatera Utara.

Scarf berukuran besar 120 x 120 cm ini terbuat dari serat poliester polyspun berkualitas tinggi, tidak licin dan nyaman saat dikenakan. Ukuran besar tersebut membuat Anda bisa berkreasi dengan berbagai gaya model hijab, atau menjadikannya selendang dan kardigan. Varian warna lainnya yang bisa Anda pilih adalah ungu, navy blue, merah maroon, hitam, turqoise, dan peony.

6. Zayanaa Hijab Printed Scarf

6. Zayanaa Hijab Printed Scarf

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 125.000

Scarf buatan lokal dengan ratusan pilihan motif setiap minggunya!

Dipersembahkan untuk para hijaber! Zayanaa adalah online store khusus hijab scarf dengan koleksi motif baru setiap minggu! Dirancang menggunakan bahan superfine voile atau voal yang lembut dan nyaman, scarf ini memiliki ukuran besar 110 x 110 cm. Selain untuk kerudung, bisa juga dijadikan kardigan dan sabuk yang akan melilit pinggang Anda dengan cantik.

Ada sekitar 114 pilihan motif scarf yang bisa Anda dapatkan di toko online seperti Tokopedia. Salah satu yang best seller adalah scarf motif Asal-01, dengan warna black lime yellow untuk hijaber yang modern. Motif lainnya ada neon tropics, light botanical, geometric triangle, jungleblack, neon Forest, alstromeria, dan masih banyak lagi!

5. Emikoawa Mini Floral Patterned Scarf

5. Emikoawa Mini Floral Patterned Scarf

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 120.000

Scarf panjang untuk hijaber feminin

Emikoawa adalah toko online dan manufacturer yang menyuplai berbagai macam kain pasmina dan scarf untuk hijaber dengan ratusan motif cantik. Emikoawa Patterned Scarf terbuat dari bahan satin berkualitas tinggi dengan ukuran 150 x 35 cm.

Dengan motif floral lembut dan mungil, syal ini cocok menemani gaya berbusana wanita feminin. Selain itu, finishing-nya sangat rapi dan dijahit pada tepiannya. Anda bisa mengenakannya sebagai bandana cantik, pelapis atau penghias kerudung hijab, atau dililitkan di leher.

4. COACH Black and White Silk Twill Scarf

4. COACH Black and White Silk Twill Scarf

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 650.000

Scarf modis untuk segala dresscode

COACH adalah salah satu high-end brand yang sangat populer di kalangan wanita modern. Baik tas maupun scarf-nya menjadi fashion item yang paling dicari di setiap musim. Untuk Anda yang tidak mau ketinggalan tren dan ingin mengoleksi scarf dari COACH, bisa memilih produk yang satu ini!

Didesain dengan motif logo “C” yang khas, scarf mungil dengan panjang 6 x 88,5 cm ini berbahan kepar sutra berkualitas. Cocok digunakan pada segala acara, baik untuk bergaya casual maupun acara kantor dan pesta koktail yang elegan. Warnanya yang hitam putih fleksibel dikenakan bersama little black dress dan jaket denim Anda.

3. Diane von Furstenberg Women’s Belmont Cerulean Scarf

3. Diane von Furstenberg Womens Belmont Cerulean Scarf

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.174.000

Scarf bermotif klasik untuk para wanita urban yang berani

Desainer kenamaan Diane von Furstenberg mengeluarkan koleksi scarf leher bermotif macan tutul yang klasik dan sangat berkelas! Berbahan 100% sutra, scarf berukuran 45 x 45 cm dengan warna biru cerulean ini diperuntukkan bagi wanita urban yang menyukai aksen berani pada busananya.

Tepian scarf dijahit seamless, ditambah konstruksi tenunan polos yang menjadikan sebuah fashion item yang awet disimpan di lemari Anda. Motif lainnya adalah belmont azalea dengan warna merah jambu yang modis.

2. Hermes Authentic Vintage 1990s “Halte en Camargue” Silk Scarf

2. Hermes Authentic Vintage 1990s "Halte en Camargue" Silk Scarf

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.495.924

Scarf bermotif vintage yang legendaris

Di industri mode, scarf rancangan Hermes disebut sebagai legend yang kepopulerannya begitu fenomenal sejak tahun 1837. Dengan demikian, para pencinta scarf sejati pantang melewatkan koleksi scarf dari Hermes! Halte en Camargue adalah scarf Hermes yang dirancang oleh Robert Dallet pada tahun 1990.

Motifnya sangat indah, yaitu ilustrasi sekelompok burung yang terbang di alam liar dalam nuansa warna pink, hijau, dan cokelat. Dengan ukuran 90 x 90 cm, bahan kepar sutra, dan corak vintage legendaris, menjadikan Halte en Camargue terus diburu oleh penggemar mode hingga saat ini. Anda dapat melilitkannya di leher atau meletakkannya di pundak sebagai kardigan untuk gaya berbusana elegan.

1. Hermes Grand Manège Cut Scarf

1. Hermes Grand Manège Cut Scarf

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.283.000

Scarf bermotif iconic dari merek scarf nomor satu

Di urutan pertama, masih ada Hermes dengan ragam koleksi scarf yang merajai industri mode lebih dari seabad. Grand Manège Cut terbuat dari 100% bahan kepar sutra berukuran 55 x 55 cm. Scarf ini memiliki corak iconic dengan warna noir orange blanc yang dibuat oleh Desainer Henri d’Origny sejak tahun 1958.

Grand Manège Cut sangat cocok dikenakan sebagai bandana, ikat rambut, aksesori leher, gelang yang sangat modis, dan untuk melilit handle tali tas jinjing. Anda bisa memilikinya dalam kombinasi warna vert, bleu royal, dan noir. Scarf dari Hermes ini direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan scarf terbaik!

Kesimpulan

Scarf adalah barang fashion yang wajib dimiliki oleh para penggemar mode. Ada berbagai desain dan warna, baik gaya klasik maupun modern, serta fleksibel dikenakan dalam berbagai acara. Anda bisa bergaya seperti para model di majalah dan menjadi modis dalam waktu singkat. Silakan memilih scarf terbaik untuk melengkapi gaya busana Anda hari ini. Good luck!