• 10 Rekomendasi Scarf Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Scarf Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Scarf Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Scarf Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Scarf Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Scarf Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)

Scarf adalah aksesori fashion yang simpel dan modis. Para wanita dapat memadukannya dengan berbagai busana. Selain dililitkan di leher, Anda juga bisa mengenakannya sebagai ikat rambut, hijab, kardigan, hiasan tas, bahkan ikat pinggang yang trendi!

Jadi, scarf macam apa yang cocok untuk melengkapi pakaian Anda hari ini? Kami akan mengulas tips lengkapnya di sini. Merek scarf yang bagus mulai dari diario, Naughty, Emikoawa, hingga Vallice juga bisa Anda temukan di sini. Bacalah hingga tuntas dan temukan scarf favorit Anda. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 26 April 2022
Daftar isi

Apa perbedaan scarf dengan syal?

Apa perbedaan scarf dengan syal?
Apa itu scarf?  Dalam bahasa Inggris, scarf artinya adalah selendang. Aksesori fashion ini tidak memiliki aturan khusus dalam pemakaiannya. Anda bisa menggunakan scarf kapan pun, tergantung suasana hati dan gaya berpakaian Anda. Di sisi lain, syal juga merupakan aksesori fashion yang kerap kali disamakan dengan scarf. Namun, kedua jenis aksesori ini ternyata memiliki perbedaan signifikan, lho. Yuk, cari tahu lebih lanjut.

  • Bahan yang biasa digunakan untuk membuat syal adalah wol. Oleh karena itu, syal umumnya digunakan untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin. Bahkan, karena bahannya yang tebal, syal bisa menjadi pengganti jaket atau sweater, lho. Di sisi lain, scarf terbuat dari bahan yang lebih tipis, seperti sifon, katun, atau satin. Meski scarf juga bisa menghangatkan leher, tetapi sebenarnya scarf lebih nyaman dipakai saat udara sedang panas.

  • Dari segi bentuk, syal berbentuk persegi panjang yang menjuntai sampai kaki sehingga dapat digunakan untuk menutupi seluruh tubuh. Sementara itu, scarf memiliki bentuk segi empat, baik persegi maupun persegi panjang. 

  • Jika dilihat ukurannya, syal berukuran lebih besar dari scarf, yakni sekitar 70 cm x 200 cm. Di sisi lain, ukuran scarf yang umum dijumpai adalah sekitar 30 cm x 150 cm.

  • Ukuran dan bahan yang digunakan pada scarf dan syal memberi impresi tersendiri bagi keduanya. Sebagai contoh, scarf tampak lebih elegan sehingga pas digunakan untuk acara semiformal dan formal. Sementara itu, ukurannya yang besar membuat syal lebih cocok untuk aktivitas sehari-hari atau kegiatan bernuansa santai.

Pada umumnya, wanita menggunakan scarf di bagian leher untuk membuat tampilannya terlihat makin modis. Namun, selain dililit pada leher, scarf bisa diaplikasikan dalam beberapa cara lainnya. Kami akan menjelaskan hal tersebut dengan lebih detail di akhir artikel ini. Jadi, simak sampai tuntas, ya!

Cara memilih scarf untuk wanita

Saat memilih scarf, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, seperti ukuran, bahan, dan tujuan pemakaiannya. Lalu, scarf seperti apakah yang cocok untuk gaya Anda? Agar tidak salah pilih, bacalah poin-poin berikut ini, ya!

Pilih scarf berdasarkan ukurannya

Dilihat dari ukurannya, scarf terbagi menjadi tiga macam, yaitu mini scarf, large scarf, dan long scarf. Ukuran tersebut dapat dipilih tergantung bagaimana Anda akan menggunakannya. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini, yuk!

Scarf ukuran mini: Sebagai aksen atau aksesori pelengkap gaya

Scarf ukuran mini: Sebagai aksen atau aksesori pelengkap gaya

Di antara ketiga model scarf, ukuran ini merupakan yang terkecil. Scarf ini biasanya disebut mini scarf atau petite scarf. Pada umumnya, scarf berukuran mini memiliki panjang dan lebar sekitar 50 x 50 cm yang mudah dibawa-bawa. Jika Anda ingin mengetahui ukuran scarf leher, ukuran inilah jawabannya. Saat dililitkan di leher, ukurannya tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek. Cocok untuk Anda yang ingin memberikan aksen pada penampilan.


Mini scarf memang sangat ideal sebagai pelengkap aksesori leher yang simpel. Ukuran ini juga direkomendasikan untuk Anda yang baru mencoba mengenakan scarf. Selain itu, Anda bisa melilitkannya ke bagian handel tas jinjing sebagai hiasan. Ukurannya juga pas untuk dijadikan ikat rambut atau gelang tangan.

Scarf ukuran panjang: Untuk membuat tampilan lebih fashionable

Scarf ukuran panjang: Untuk membuat tampilan lebih fashionable

Scarf berukuran panjang atau long scarf adalah jenis scarf berbentuk persegi panjang. Scarf  ini biasanya berukuran 30 x 100 cm atau lebih. Karena ukurannya yang panjang, long scarf cocok dijadikan sabuk atau ikat pinggang. Model celana yang sederhana pun tampak lebih keren jika ditambahkan aksen sabuk dari scarf ini.


Long scarf dapat Anda kenakan dengan cepat dan praktis saat hendak bepergian. Namun, belakangan ini hadir juga scarf dengan lebar yang sangat ramping, misalnya berukuran 5 cm x 95 cm. Scarf ramping ini lebih dikenal dengan sebutan twill dan terlihat lebih rapi ketika dipakai. 

Scarf ukuran besar: Dapat dikreasikan ke dalam berbagai bentuk

Scarf ukuran besar: Dapat dikreasikan ke dalam berbagai bentuk

Scarf berukuran besar memiliki ukuran rata-rata 100 x 100 cm atau lebih. Large scarf sangatlah menarik karena dapat dibentuk menjadi berbagai aksesori fashion. Anda yang ahli atau senang bereksperimen dengan fashion pasti menyukainya.


Sebagai contoh, Anda bisa melilitkan scarf di leher layaknya syal. Kemudian, Anda juga bisa membentuknya menjadi tas instan dengan cara mengikat keempat sisinya. Untuk digunakan sebagai kardigan, letakkanlah scarf di pundak, lalu ikatlah kedua ujungnya. Apabila ingin dikenakan sebagai outer, letakkan saja di bahu tanpa diikat.

Cek scarf berdasarkan bahannya

Cek scarf berdasarkan bahannya

Selain ukuran, Anda juga perlu memeriksa bahan dari scarf yang akan dibeli. Selain sutra dan poliester, scarf juga banyak dibuat dari satin, voal dan sifon. Tergantung pada bahannya, tampilan dan keunggulannya tentu saja berbeda. Maka dari itu, pilihlah bahan scarf yang sesuai dengan situasi dan acara Anda.


  • Sutra dan satin adalah beberapa contoh bahan scarf terbaik yang patut Anda miliki. Scarf berbahan sutra dan satin memiliki kelembutan dan kemewahan yang elegan. Tak heran apabila bahan ini membuat tampilan Anda terlihat makin anggun dan berkelas.

  • Di sisi lain, scarf berbahan poliester hadir dengan banyak desain dan warna, tidak mudah kusut, serta dapat dicuci dengan mudah.

  • Selanjutnya ada scarf berbahan voal yang memiliki serat lembut dan dapat menyerap keringat dengan baik. Itu sebabnya bahan voal menjadi salah satu bahan scarf yang bagus dan direkomendasikan untuk dikenakan saat cuaca panas.

  • Lalu, terdapat juga scarf dari bahan sifon yang adem, ringan dan flowy. Bahan ini membuat tampilan scarf Anda tampak anggun serta terasa nyaman meski dipakai dalam waktu lama sekalipun.

Sesuaikan warna scarf dengan gaya Anda

Sesuaikan warna scarf dengan gaya Anda
Scarf memiliki pilihan warna dan corak yang sangat beragam. Namun, saat Anda membeli scarf, pilihlah berdasarkan warnanya terlebih dahulu, bukan motifnya. Serasikanlah warna scarf dengan pakaian yang biasa Anda kenakan.

Sebagai contoh, jika pakaian Anda berwarna gelap, pilihlah scarf yang lebih terang sehingga warnanya tidak tenggelam. Sebaliknya, jika Anda menggunakan baju berwarna terang, gunakan scarf berwarna gelap supaya penampilan Anda terlihat seimbang.


Di luar negeri, warna scarf disesuaikan berdasarkan empat musim. Scarf berwarna pastel sangat marak pada musim semi, sedangkan warna cerah lebih cocok untuk musim panas. Sementara itu, warna smoky pas digunakan untuk musim gugur dan tone dingin untuk musim dingin.


Anda yang tinggal di luar negeri tentu dapat menjadikannya sebagai acuan. Namun, untuk yang berada di Indonesia, Anda bisa lebih bebas memilih warna scarf yang sesuai dengan tren, gaya, cuaca, atau acara.

Pertimbangkan scarf keluaran merek ternama untuk dijadikan hadiah

Pertimbangkan scarf keluaran merek ternama untuk dijadikan hadiah

Meski bukan prioritas utama, Anda dapat mempertimbangkan scarf keluaran merek-merek ternama apabila ingin menjadikannya sebagai hadiah. Biasanya, brand terkemuka memiliki standar kualitas yang tinggi dalam hal bahan dan kekuatan jahitan. Dengan demikian, hadiah Anda pun bisa awet digunakan dalam waktu lama.


Pada umumnya, merek-merek terkenal ini memproduksi scarf yang memiliki ciri khas, dedikasi, dan keistimewaannya tersendiri. Desainnya pun menarik sehingga ideal untuk diberikan kepada orang tua atau atasan Anda. Nah, silakan pertimbangkan branded scarf jika Anda berencana memberikan hadiah spesial yang berkelas.

10 Rekomendasi scarf terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk scarf terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Ukuran28 cm x 168 cm
BahanSifon
9

EB Batik TraditionalScarf Batik Sutra Motif Bunga P/s

Mulai dari Rp 120.000,00

Ukuran110 cm x 200 cm
BahanSutra
8

KatonvieBaur in Rosy Plum Double Sided Scarf

Mulai dari Rp 495.000,00

Ukuran119 cm x 119 cm
BahanPoliester
7

KITCKITC X YUNI Perempuan Bebas Scarf

Mulai dari Rp 115.000,00

Ukuran50 cm x 50 cm
BahanTurkish Voile
6

Les FemmesScarf Wanita

FSC190900085

Mulai dari Rp 89.900,00

Ukuran66 cm x 165 cm
BahanViscose
5

GlamourettesHandmade Twilly Scarf

Mulai dari Rp 143.000,00

Ukuran5 cm x 95 cm
BahanSatin
4
UkuranTidak disebutkan
BahanSatin
3

EmikoawaScarf Polos Satin Segi Empat

Mulai dari Rp 25.947,00

Ukuran110 cm x 110 cm
BahanSatin
2

NaughtySyall Scarf Wanita

FSC191200106

Mulai dari Rp 89.900,00

Ukuran61 cm x 185 cm
BahanPoliester
1

diarioDiario x Nagita Slavina - Ultrafine Plain Scarf

Mulai dari Rp 150.000,00

Ukuran115 cm x 115 cm
BahanVoal

Tabel perbandingan produk scarf terbaik

Gambar produk
1
diario Diario x Nagita Slavina - Ultrafine Plain Scarf  1

diario

2
Naughty Syall Scarf Wanita 1

Naughty

3
Emikoawa Scarf Polos Satin Segi Empat 1

Emikoawa

4
Vallice  Bunny Twilly 1

Vallice

5
Glamourettes Handmade Twilly Scarf 1

Glamourettes

6
Les Femmes Scarf Wanita 1

Les Femmes

7
KITC KITC X YUNI Perempuan Bebas Scarf 1

KITC

8
Katonvie Baur in Rosy Plum Double Sided Scarf 1

Katonvie

9
EB Batik Traditional Scarf Batik Sutra Motif Bunga P/s 1

EB Batik Traditional

10
Gesyal Scarf Leher Motif 1

Gesyal

Nama produk

Diario x Nagita Slavina - Ultrafine Plain Scarf

Syall Scarf Wanita

Scarf Polos Satin Segi Empat

Bunny Twilly

Handmade Twilly Scarf

Scarf Wanita

KITC X YUNI Perempuan Bebas Scarf

Baur in Rosy Plum Double Sided Scarf

Scarf Batik Sutra Motif Bunga P/s

Scarf Leher Motif

Keunggulan

Bahannya tak akan berbulu meski dicuci berkali-kali, lembut pula!

Pilihan warna netralnya mudah dipadukan dengan berbagai outfit Anda

Pas dijadikan headscarf berkat bahannya yang mudah dibentuk

Terdapat lima pilihan warna dengan corak yang cute

Sudah dilengkapi packaging eksklusif, cocok untuk hadiah

Modelnya simpel, tetapi teksturnya unik! Pas untuk hangout

Feminine look makin paripurna dengan tampilan dan makna filosofisnya

Motif batiknya yang jauh dari kesan kuno bikin tampilan makin elegan

Jadikan look makin trendi dengan scarf limited edition ini!

Harga mulai dariRp 150.000,00Rp 89.900,00Rp 25.947,00Rp 100.000,00Rp 143.000,00Rp 89.900,00Rp 115.000,00Rp 495.000,00Rp 120.000,00Rp 125.000,00
Ukuran115 cm x 115 cm61 cm x 185 cm110 cm x 110 cmTidak disebutkan 5 cm x 95 cm66 cm x 165 cm50 cm x 50 cm119 cm x 119 cm110 cm x 200 cm28 cm x 168 cm
BahanVoalPoliesterSatinSatinSatinViscoseTurkish VoilePoliesterSutraSifon
Tautan produk

Variasi penggunaan scarf

Variasi penggunaan scarf
Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, penggunaan scarf tidak terbatas pada area leher saja. Jika saat ini Anda sudah memiliki scarf, mari simak tips menggunakan scarf agar penampilan makin maksimal.

  • Coba bentangkan large scarf pada area pundak kemudian ikat kedua ujung pada sisi kanan dan sisi kirinya. Voila, kardigan yang praktis dan trendi pun akan Anda dapatkan.

  • Jika Anda bosan menggunakan scarf untuk hiasan di leher, fungsikan saja sebagai bandana. Caranya gampang kok. Pertama-tama, lilitkan scarf dari arah kepala belakang ke depan dan ikat di posisi kening. Setelah itu, ikat lagi di bagian belakang. Jadi deh!

  • Scarf juga bisa difungsikan sebagai aksesori tas, lho. Caranya, lilitkan kan mini scarf pada salah satu handel tas dan buat simpul pita. Tas Anda pun jadi tampak baru dengan aksen pita yang manis.

  • Selain itu, scarf juga nyaman untuk dijadikan penutup kepala atau kerudung. Bahannya tipis dan adem sehingga tidak akan membuat kepala Anda gerah atau gatal. Namun, pastikan Anda menggunakan inner hijab jika scarf yang dipakai cenderung menerawang.

Baca juga rekomendasi aksesori fashion wanita lainnya di sini

Di artikel ini, kami telah merekomendasikan scarf sebagai aksesori pelengkap gaya untuk Anda. Selanjutnya, Anda dapat melengkapi keseluruhan penampilan dengan aksesori fashion lainnya! Tertarik mengetahui rekomendasi aksesori terbaik wanita versi kami? Cek artikel-artikelnya di bawah ini!

Kesimpulan

Scarf adalah barang fashion yang wajib dimiliki oleh para penggemar mode. Ada berbagai desain dan warna, baik gaya klasik maupun modern, serta fleksibel yang bisa dikenakan untuk berbagai acara. Anda bisa bergaya seperti para model di majalah dan menjadi modis dalam waktu singkat. Silakan memilih scarf terbaik untuk melengkapi gaya busana Anda sehari-hari. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kacamata Terbaik untuk Wajah Bulat (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kacamata Terbaik untuk Wajah Bulat (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki wajah bulat memang memiliki tantangan tersendiri untuk menemukan bentuk kacamata yang tepat. Pasalnya, salah memilih bentuk kacamata akan membuat wajah makin terlihat bulat. Untuk menyiasatinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih kacamata.Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan cara memilih kacamata terbaik untuk Anda yang memiliki wajah bulat. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk yang bagus dari beragam merek, seperti Giordano, William Palmer, dan Bridges Eyewear. Selamat membaca dan temukan kacamata favorit Anda!
    Aksesori wanita
  • 10 Gelang Emas Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gelang Emas Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi wanita, memakai gelang emas diyakini bisa mempercantik penampilan. Selain manis dipakai di pergelangan tangan, perhiasan emas juga bisa menjadi investasi. Itulah sebabnya, gelang emas tidak hanya dipakai oleh wanita dewasa saja, tetapi juga remaja.Supaya lebih menarik, pakailah gelang emas model terbaru, misalnya gelang emas rantai, bangle, tali, atau gelang emas mutiara. Kami akan membantu Anda mencari gelang emas yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk dari merek Semar Nusantara, Aurum Lab, Hala Gold, dan sebagainya. Sebelumnya, perhatikan beberapa poin cara memilih berikut ini, ya!
    Aksesori wanita
  • 10 Frame Kacamata Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Frame Kacamata Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pasti pernah mengalami kegagalan saat membeli kacamata secara online. Bisa saja ukurannya kekecilan atau modelnya tidak sesuai dengan harapan saat digunakan. Hal ini mungkin terjadi karena ada beberapa hal yang luput dari perhatian saat memilih kacamata.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih frame kacamata yang bagus untuk Anda. Kami juga akan memperkenalkan beberapa produk bingkai kacamata terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Beberapa di antaranya ada merek lokal yang berkualitas, seperti HSF Eyewear, Sunset Eyewear, dan Bridges Eyewear. Simak informasinya sampai habis, ya!
    Aksesori wanita
  • 10 Kalung Emas yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kalung Emas yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Perhiasan emas memang memiliki daya tarik tersendiri bagi wanita sejak dahulu, terutama kalung emas. Terlebih, model dan bentuk kalung emas wanita sekarang makin cantik dan keren. Ada yang simple, ada juga yang panjangnya menjuntai sehingga cocok untuk wanita berhijab. Untuk remaja, Anda dapat memilih produk yang beratnya 2 gram atau 3 gram.Supaya Anda bisa mendapatkan kalung emas yang bagus untuk wanita, kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilihnya. Sepuluh rekomendasi model kalung terbaru dari berbagai merek, seperti UBS Lifestyle dan Hala Gold, juga telah kami siapkan. Yuk, disimak!
    Aksesori wanita
  • 10 Merk Jam Tangan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Jam Tangan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Selain sebagai penunjuk waktu, jam tangan merupakan aksesori yang wajib dimiliki oleh para wanita. Namun, pemilihan jam tangan ternyata harus disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan pemakai supaya menarik saat dikenakan. Jadi, produk manakah yang tepat untuk dipilih?Untuk memudahkan Anda, kami akan membagikan tips memilih jam tangan yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Kami juga akan mengulas beberapa merek jam tangan wanita terbaik, seperti Casio, Alba, atau Alexandre Christie. Jika Anda sedang mencari jam tangan wanita kekinian, simak informasi selengkapnya di sini!
    Aksesori wanita
  • 10 Rekomendasi Gelang Cartier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gelang Cartier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mendengar kata gelang mewah pastinya yang muncul di benak Anda adalah gelang dari merk Cartier. Didirikan pada 1874, Cartier merupakan produsen perhiasan dan jam tangan mewah yang berasal dari Perancis. Tidak hanya emas, Cartier juga membuat produknya dari berbagai logam lain seperti perak dan titanium.Cartier bracelet merupakan salah satu perhiasaan yang dicintai oleh berbagai kalangan, mulai dari bangsawan, selebriti, dan fashionista. Pada artikel kali ini kami akan memperkenalkan tips memilih gelang Cartier yang bagus beserta sepuluh rekomendasi gelang Cartier terbaik. Selamat menikmati artikel ini!
    Aksesori wanita
  • 10 Rekomendasi Dompet Lipat Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dompet Lipat Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Fashion merupakan salah satu hal penting bagi wanita. Sementara dompet menjadi salah satu fashion item yang dapat mendukung penampilan mereka. Dari sekian banyak model dompet, dompet lipat menjadi salah satu favorit kaum hawa. Karena itu, artikel kali ini akan fokus membahas cara memilih dompet lipat wanita.Ada pula sepuluh rekomendasi dompet lipat yang bagus dan layak Anda pilih. Beberapa di antaranya adalah dompet lipat Sophie Martin,Wallts, dan Flashy. Jadi, pastikan Anda membacanya hingga akhir agar dapat menemukan merek dompet lipat yang sesuai kebutuhan, ya!
    Aksesori wanita
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori