10 Rekomendasi Pengasah Pisau Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Pengasah Pisau Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Saat pisau yang Anda miliki mulai tumpul, Anda memerlukan pengasah pisau untuk mengembalikan ketajamannya. Pada zaman dahulu, pengasah pisau hanya berupa batu asahan. Namun, kini juga ada pengasah pisau dalam bentuk stick, portable, bahkan elektrik.

Dalam artikel ini, kami akan merekomendasikan berbagai pengasah pisau yang populer seperti Kleva, Tanica, Sharp, Surmene, Ikea, Victorinox, dengan membandingkan harga dan jenisnya. Pengasah pisau ini bisa Anda dapatkan secara mudah di online store langganan Anda. Mari buat momen memasak menjadi menyenangkan karena pisau-pisau Anda sudah kembali tajam!

Daftar isi

Cara memilih pengasah pisau

Tak peduli seberapa mahal harga pisau yang Anda miliki, jika terus menerus digunakan, pisau akan menjadi tumpul. Bagi orang yang tidak tahu teknik mengasah pisau, hal tersebut adalah sesuatu yang sulit dilakukan. Bukannya kembali tajam, yang terjadi justru sebaliknya, pisau menjadi rusak. Tapi Anda tak usah khawatir, saat ini ada banyak pengasah pisau yang bisa digunakan secara mudah. Lantas bagaimana cara memilih pengasah pisau yang baik? Silakan baca artikel ini sampai tuntas.

Aneka jenis pengasah pisau

Pertama, kami akan memperkenalkan jenis dan karakteristik pengasah pisau. Jadikan ini sebagai referensi saat memilih!

Batu pengasah

Batu pengasah

Batu asah atau grinding wheel merupakan pengasah pisau generasi awal yang masih dipakai hingga saat ini. Banyak orang yang menyebut batu asahan dengan istilah gerinda. Mengasah pisau menggunakan batu asahan terbilang cukup tricky dan membutuhkan keterampilan khusus supaya hasilnya maksimal. Oleh karena itu, batu asahan rata-rata digunakan oleh professional chef atau para pengrajin pisau.

Saat ini kebanyakan batu asahan sudah dilengkapi dengan semacam dudukan dari bahan keramik atau besi yang menjaganya tetap stabil dan berada pada posisi yang pas saat digunakan untuk mengasah. Batu asah biasanya memiliki jenis pasir yang berbeda di kedua sisinya. Untuk mempertajam atau mengasah pisau, gunakan sisi batu yang halus.

Pengasah manual

Pengasah manual

Pengasah manual ini sangat mudah digunakan. Mata pisau cukup dimasukkan ke dalam rongga berbentuk V yang terbuat dari dua batu asah yang menyilang, kemudian gerakkan maju mundur secara konstan. Pengasah manual ini ada banyak jenisnya, mulai dari yang bisa diletakkan di meja atau yang harus digenggam saat menggunakannya. Ukurannya yang kecil membuat Anda tidak usah terlalu memusingkan soal penyimpanan. Namun, karena pengasah manual ini hanya mengasah mata pisau yang paling ujung, ketajamannya tidak akan bertahan lama. Sangat disarankan untuk menggunakannya sebagai komplementer batu asahan. Beberapa pengasah tidak cocok untuk pisau dapur bermata tunggal.

Pengasah pisau bentuk stick

Pengasah pisau bentuk stick

Berbeda dengan pengasah lain yang bertujuan membuat pisau tumpul menjadi tajam, batang asah biasanya digunakan untuk menjaga sudut mata pisau supaya tetap tajam dan meluruskan ujungnya. Dengan menggunakan batang asah, pisau yang sedikit melengkung atau memiliki torehan yang keluar garis akan kembali bagus. Selain digunakan untuk pisau dapur, batang asah ini bisa juga digunakan untuk mengasah sabit dan gunting.

Pengasah pisau elektrik

Pengasah pisau elektrik

Cara kerja pengasah elektrik menyerupai cara kerja pengasah manual, namun karena ini elektrik maka prosesnya akan lebih cepat. Berhubung Anda tidak perlu menggerakkan pisau bolak balik maju mundur, alat ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal serumah dengan anak kecil.

10 Rekomendasi pengasah pisau terbaik

Selanjutnya kami akan merekomendasikan 10 pengasah pisau terbaik yang bisa Anda pilih. Rekomendasi ini disusun berdasarkan harga, jenis, dan kualitasnya.

10. Magic Home Sharpening Aluminium

10. Magic Home Sharpening Aluminium

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 49.100

Mengembalikan ketajaman pisau Anda dengan cepat sebelum digunakan memotong

Tidak hanya untuk para professional chef, bagi Anda yang setiap hari bergelut di dapur dan sibuk dengan aktivitas memotong maupun mencacah, Magic Home Sharpening Alumunium adalah jenis pengasah pisau yang sebaiknya Anda miliki. Pengasah pisau ini akan mengembalikan ketajaman pisau secara cepat sehingga siap untuk tugas dapur sehari-hari.

Berbentuk seperti tongkat, pengasah pisau ini memiliki alur yang sangat halus namun juga keras, yang berguna untuk meluruskan ujung atau tepi pisau dengan mudah. Pegangannya yang ergomonis juga membuat tangan Anda tidak mudah tergelincir. Satu nilai tambahan lagi, pengasah ini mudah dibersihkan.

9. Ruixin Pro Knife Sharpener

9. Ruixin Pro Knife Sharpener

Lihat produk di Tokopedia

Harga : Rp 220.000

Dilengkapi 4 batu asah, cocok untuk para profesional

Ruixin Pro didedikasikan untuk para professional, baik para chef atau para perajin. Dibandingkan pengasah pisau lainnya, alat ini lebih berat dan lebih rumit, sebab saat memakai pertama kali Anda harus merangkai alat terlebih dulu sebelum menggunakannya. Kelebihannya, alat ini bisa dipasang permanen dan disesuaikan dengan keadaan dapur Anda.

Pengasah ini dilengkapi 4 batu asah dengan tingkat asah yang berbeda. Jika alat sudah terpasang, cara penggunaannya cukup mudah. Anda tinggal menggerakkan batu grinder di atas mata pisau Anda secara konstan, pisau pun siap digunakan. Produk ini merupakan pilihan pas untuk Anda yang hobi masak dan memiliki berbagai jenis pisau di rumah.

8. Tanica Dual Stage Knife Sharpener

8. Tanica Dual Stage Knife Sharpener

Lihat produk ini di Lazada 

Harga : Rp 106.000

Terbuat dari bahan premium, memiliki usia pemakaian yang panjang

Berpengalaman sejak 40 tahun lalu sebagai produsen peralatan rumah tangga, Tanica menjadi produk yang tepat bagi Anda yang mencari aneka perlengkapan dapur dengan kualitas prima. Terbuat dari stainless steel kualitas premium, produk Tanica memiliki daya tahan maksimal terhadap korosi sehingga awet dan bisa dipakai jangka panjang.

Tanica Dual Stage Knife Sharpener ini memiliki pegangan yang ergomonis dengan permukaan yang kesat sehingga nyaman digunakan. Terdapat dua slot pengasah, slot kasar untuk mempertajam pisau yang sudah tumpul dan slot halus untuk menjaga ketajaman dalam pemakaian sehari-hari. Pengasah pisau ini hanya dirancang untuk mempertajam pisau baja, sehingga tidak bisa digunakan untuk pisau keramik maupun pisau bergerigi.

7. Edelmann Comb Whetstone

7. Edelmann Comb Whetstone

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 218.000

Batu pengasah spesialis pisau baja

Di tengah berbagai pengasah pisau dengan model terkini yang compact dan mudah digunakan, batu asah tetap diminati banyak orang. Batu asah produksi Edelmann ini hadir dengan tampilan menarik. Bagian bawah dilengkapi dengan dudukan yang akan menjaga kestabilan batu saat digunakan untuk mengasah.

Batu asah Edelmann memiliki dua sisi, yakni sisi kasar dan halus. Sisi kasar digunakan untuk mengasah pisau yang tumpul, sedangkan sisi halus bertugas untuk menajamkan atau finishing touch. Sebelum digunakan untuk mengasah pisau, batu asah ini sebaiknya direndam dengan air lebih dulu selama beberapa menit. Pengasah ini kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki pisau baja.

6. Surmene Knife Sharpener

6. Surmene Knife Sharpener

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.000

Harga miring, kualitas bersaing

Untuk Anda yang mencari pengasah pisau dengan harga yang miring namun memiliki kualitas yang bersaing, Surmene bisa dijadikan pilihan. Terbuat dari stainless, pengasah ini bisa menajamkan koleksi pisau dapur Anda dengan cepat. Penggunaannya yang mudah membuat pengasah pisau ini favorit di kalangan ibu-ibu.

Model pengasah pisau Surmene juga compact. Pengasah berada di satu sisi dan sisi lainnya menjadi pegangan. Anda bisa menyimpan pengasah ini menjadi satu dengan koleksi sendok dan garpu, atau bisa juga dicantolkan bersisian dengan koleksi irus Anda.

5. Victorinox Pocket Sharpener

5. Victorinox Pocket Sharpener

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 160.000

Dengan model menyerupai pena, mudah dibawa ke mana saja

Tak hanya terkenal dengan pisau dan multitools saja, brand ternama asal Swedia ini juga mengeluarkan produk pengasah pisau yang sangat digemari oleh para pegiat aktivitas luar ruangan. Dengan ukuran dan model yang menyerupai pulpen, Victorinox Pocket Sharpener ini bisa dibawa kemana pun tanpa memakan ruang sehingga pengasah pisau ini sangat cocok bagi Anda yang kerap bertualang.

Meskipun bentuknya mini, alat ini memiliki kualitas yang paripurna. Victorinox Pocket Sharpener terdiri dari dua media asah keramik, di bagian atas berupa rongga berbentuk V dan di bagian bawah berupa batang asah. Alat ini sangat bermanfaat untuk menjaga ketajaman pisau saat bepergian. Namun,  jika pisau yang Anda miliki sudah benar-benar tumpul, maka Victorinox tidak banyak membantu.

4. Kleva Sharp Knife Sharpener

4. Kleva Sharp Knife Sharpener

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 61.001

Power grip di bagian bawah membuat pengasah menempel sempurna di bidang datar

Jika Anda sering merasa kesulitan saat mengasah karena pengasah pisau Anda mudah bergerak, maka hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan produk Kleva ini. Kleva dilengkapi dengan power grip di bagian bawah. Anda cukup meletakkannya di permukaan yang datar, kemudian tekan hingga pengasah pisau ini menempel dengan sempurna.

Jika ingin mengasah pisau secara vertikal, Anda bisa menempelkannya di kulkas atau dinding. Pengasah ini bisa Anda gunakan untuk mengasah berbagai jenis pisau, gunting, hingga pisau blender. Ukuran pengasah pisau Kleva juga sangat mungil sehingga mudah disimpan. Produk ini adalah pilihan tepat untuk Anda yang senang dengan kepraktisan.

3. Sharp Swifty Electric

3. Sharp Swifty Electric

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 75.400

Pengasah pisau elektrik multifungsi

Untuk Anda pribadi yang tidak ingin ribet, pengasah pisau elektrik produksi Sharp ini adalah pilihan yang paling tepat. Anda tak perlu repot mengasah pisau-pisau Anda secara manual, melainkan cukup memasukkannya ke dalam rongga yang tersedia dan menekan tombol power, pengasah elektrik ini akan bekerja sendiri.

Selain digunakan untuk mengasah pisau, pengasah elektrik ini juga bisa mengasah obeng dan gunting. Anda cukup mencocokkan benda-benda tersebut dengan lubang yang tersedia. Bagi keluarga yang memiliki anak kecil di rumahnya, pengasah pisau elektrik ini adalah yang paling aman.

2. IKEA ASPEKT

2. IKEA ASPEKT

Lihat produk ini di Lazada 

Harga : Rp 135.000

Desain compact, cocok untuk dapur minimalis Anda

Jika Anda keluarga modern dengan dapur bergaya minimalis, pengasah pisau produksi IKEA ini cocok berada di dapur Anda. Terbuat dari perpaduan plastic poliamida, porselen feldspar, dan plastic polikarbonat menjadikan pengasah pisau berwarna hitam ini ringan. Dengan desain menyerupai tabung, pengasah pisau ini mudah dipindah-pindah penyimpanannya.

Soal kualitas juga boleh diadu. IKEA ASPEKT ini bisa digunakan untuk semua jenis pisau, baik pisau baja maupun pisau keramik. Saat mengasah pisau menggunakan produk ini, Anda wajib mengisi wadah pengasah pisau dengan air supaya ketajaman yang dihasilkan sempurna.

1. King Home Stone K-45

1. King Home Stone K-45 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 215.000

Menajamkan semua pisau dan perkakas Anda dengan sempurna

King merupakan merek batu pengasah buatan Jepang yang sangat populer di kalangan chef, tukang kayu, hingga knive enthusiast. Berbeda dengan tekstur batu pengasah lain yang sangat keras, batu ini cenderung lebih soft. Namun, justru karena teksturnya yang lembut itulah batu ini mampu menajamkan pisau-pisau Anda lebih cepat dibanding batu asah biasa.

Sebelum memakainya, Anda harus merendam batu asahan ini selama 3 menit terlebih dulu. Lumpur asahan yang muncul dari batu ini jangan Anda singkirkan, karena lumpur tersebut akan membantu proses pengasahan. Batu ini akan menajamkan pisau dan alat pertukangan Anda dengan sempurna. Jika Anda adalah kolektor pisau sejati, Anda wajib memiliki batu asah ini.

Hal yang harus diperhatikan saat membeli pengasah pisau

Hal yang harus diperhatikan saat membeli pengasah pisau

Sebelum membeli pengasah pisau, sebaiknya Anda mengecek pisau-pisau dapur Anda terlebih dulu. Lihatlah secara teliti material pembuatnya, apakah stainless stell, baja, keramik, atau bahan yang lainnya. Lihat juga mata pisaunya, apakah berbilah dua atau bermata tunggal. Hal ini akan berpengaruh pada asahan yang Anda beli, sebab kompatibilitas batu asah dan pisau dapur cukup terbatas.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, bagiamana pendapat Anda? Bukankah mengasah pisau sendiri terdengar menarik? Jika Anda sudah paham tentang jenis batu pengasah, nantinya mengasah pisau akan menjadi hal yang menyenangkan.

Jika dari produk-produk di atas ada yang Anda inginkan, silakan pesan langsung ke toko atau order secara online untuk memastikan keberadaan barang. Lebih cepat lebih baik. Selamat berbelanja!