• 10 Rekomendasi Pengasah Pisau Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pengasah Pisau Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pengasah Pisau Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pengasah Pisau Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pengasah Pisau Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pengasah Pisau Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Saat pisau yang Anda miliki mulai tumpul, Anda memerlukan pengasah pisau untuk mengembalikan ketajamannya. Pada zaman dahulu, pengasah pisau hanya berupa batu asahan. Namun, kini juga ada pengasah pisau dalam bentuk stick, portable, bahkan elektrik.

Dalam artikel ini, kami akan merekomendasikan berbagai pengasah pisau yang populer seperti Kleva, Tanica, Sharp, Surmene, Ikea, Victorinox, dengan membandingkan harga dan jenisnya. Pengasah pisau ini bisa Anda dapatkan secara mudah di online store langganan Anda. Mari buat momen memasak menjadi menyenangkan karena pisau-pisau Anda sudah kembali tajam!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 6.925 Views
Daftar isi

Cara memilih pengasah pisau

Tak peduli seberapa mahal harga pisau yang Anda miliki, jika terus menerus digunakan, pisau akan menjadi tumpul. Bagi orang yang tidak tahu teknik mengasah pisau, hal tersebut adalah sesuatu yang sulit dilakukan. Bukannya kembali tajam, yang terjadi justru sebaliknya, pisau menjadi rusak. Tapi Anda tak usah khawatir, saat ini ada banyak pengasah pisau yang bisa digunakan secara mudah. Lantas bagaimana cara memilih pengasah pisau yang baik? Silakan baca artikel ini sampai tuntas.

Aneka jenis pengasah pisau

Pertama, kami akan memperkenalkan jenis dan karakteristik pengasah pisau. Jadikan ini sebagai referensi saat memilih!

Batu pengasah

Batu pengasah
Batu asah atau grinding wheel merupakan pengasah pisau generasi awal yang masih dipakai hingga saat ini. Banyak orang yang menyebut batu asahan dengan istilah gerinda. Mengasah pisau menggunakan batu asahan terbilang cukup tricky dan membutuhkan keterampilan khusus supaya hasilnya maksimal. Oleh karena itu, batu asahan rata-rata digunakan oleh professional chef atau para pengrajin pisau.
Saat ini kebanyakan batu asahan sudah dilengkapi dengan semacam dudukan dari bahan keramik atau besi yang menjaganya tetap stabil dan berada pada posisi yang pas saat digunakan untuk mengasah. Batu asah biasanya memiliki jenis pasir yang berbeda di kedua sisinya. Untuk mempertajam atau mengasah pisau, gunakan sisi batu yang halus.

Pengasah manual

Pengasah manual
Pengasah manual ini sangat mudah digunakan. Mata pisau cukup dimasukkan ke dalam rongga berbentuk V yang terbuat dari dua batu asah yang menyilang, kemudian gerakkan maju mundur secara konstan. Pengasah manual ini ada banyak jenisnya, mulai dari yang bisa diletakkan di meja atau yang harus digenggam saat menggunakannya. Ukurannya yang kecil membuat Anda tidak usah terlalu memusingkan soal penyimpanan. Namun, karena pengasah manual ini hanya mengasah mata pisau yang paling ujung, ketajamannya tidak akan bertahan lama. Sangat disarankan untuk menggunakannya sebagai komplementer batu asahan. Beberapa pengasah tidak cocok untuk pisau dapur bermata tunggal.

Pengasah pisau bentuk stick

Pengasah pisau bentuk stick
Berbeda dengan pengasah lain yang bertujuan membuat pisau tumpul menjadi tajam, batang asah biasanya digunakan untuk menjaga sudut mata pisau supaya tetap tajam dan meluruskan ujungnya. Dengan menggunakan batang asah, pisau yang sedikit melengkung atau memiliki torehan yang keluar garis akan kembali bagus. Selain digunakan untuk pisau dapur, batang asah ini bisa juga digunakan untuk mengasah sabit dan gunting.

Pengasah pisau elektrik

Pengasah pisau elektrik
Cara kerja pengasah elektrik menyerupai cara kerja pengasah manual, namun karena ini elektrik maka prosesnya akan lebih cepat. Berhubung Anda tidak perlu menggerakkan pisau bolak balik maju mundur, alat ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal serumah dengan anak kecil.

10 Rekomendasi pengasah pisau terbaik

Selanjutnya kami akan merekomendasikan 10 pengasah pisau terbaik yang bisa Anda pilih. Rekomendasi ini disusun berdasarkan harga, jenis, dan kualitasnya.

10. Magic Home Sharpening Aluminium

Rp 49.100,00

9. Ruixin Pro Knife Sharpener

Rp 220.000,00

8. Tanica Dual Stage Knife Sharpener

Rp 106.000,00

7. Edelmann Comb Whetstone

Rp 218.000,00

6. Surmene Knife Sharpener

Rp 28.000,00

5. Victorinox Pocket Sharpener

Rp 160.000,00

4. Kleva Sharp Knife Sharpener

Rp 61.001,00

3. Sharp Swifty Electric

Rp 75.400,00

1. King Home Stone K-45

Rp 215.000,00

Hal yang harus diperhatikan saat membeli pengasah pisau

Hal yang harus diperhatikan saat membeli pengasah pisau
Sebelum membeli pengasah pisau, sebaiknya Anda mengecek pisau-pisau dapur Anda terlebih dulu. Lihatlah secara teliti material pembuatnya, apakah stainless stell, baja, keramik, atau bahan yang lainnya. Lihat juga mata pisaunya, apakah berbilah dua atau bermata tunggal. Hal ini akan berpengaruh pada asahan yang Anda beli, sebab kompatibilitas batu asah dan pisau dapur cukup terbatas.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, bagiamana pendapat Anda? Bukankah mengasah pisau sendiri terdengar menarik? Jika Anda sudah paham tentang jenis batu pengasah, nantinya mengasah pisau akan menjadi hal yang menyenangkan.
Jika dari produk-produk di atas ada yang Anda inginkan, silakan pesan langsung ke toko atau order secara online untuk memastikan keberadaan barang. Lebih cepat lebih baik. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bor listrik saat ini bukanlah merupakan perkakas khusus untuk tukang saja. Mesin bor merupakan alat yang sangat berguna untuk memasang lukisan, pigura, atau dekorasi lain di rumah Anda. Alat ini juga penting bagi Anda yang suka mengerjakan kerajinan tangan atau proyek Do It Yourself (DIY).Ada berbagai merek bor listrik di pasaran: Bosch, Makita, Black & Decker, dan banyak lainnya. Ada bor listrik untuk profesional dan ada juga untuk pemula. Artikel ini akan sangat berguna bagi Anda untuk memilih bor listrik. Selain itu, kami juga memberi 10 rekomendasi bor listrik terbaik untuk Anda. Mari disimak!
    DIY & tools
    33.996 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    Lem untuk logam digunakan untuk merekatkan benda yang terbuat dari logam. Bila Anda menggunakan lem lain, logam mungkin dapat melekat, tetapi mungkin kurang kuat dibanding memakai lem logam. Pada saat membeli, Anda mungkin bingung memilih di antara banyaknya merek. Masing-masing produk memiliki karakteristik tersendiri, misalnya tahan panas, tahan air, dan tahan guncangan.Melalui artikel ini, kami akan membahas mengenai cara memilih lem untuk logam dan juga memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih. Merek yang sudah populer seperti Aica-Aibon, UHU, Loctite, dan Dextone pun ada, lho. Selamat membaca!
    DIY & tools
    29.729 Views
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda memiliki houseplant atau sayuran indoor yang harus disiram secara rutin? Saat menyiram tanaman indoor, Anda dapat menggunakan sprayer agar tanaman tidak terlalu basah dan membusuk. Permasalahannya, saat ini banyak sekali sprayer tanaman yang dijual dengan pelbagai jenis dan fungsi. Lalu, harus pilih yang mana? Pada kesempatan kali ini, kami memberikan rekomendasi sprayer tanaman yang mudah digunakan dan memiliki desain yang ciamik! Mulai dari desain sederhana yang bisa dipakai dalam waktu lama sampai desain antik berkelas ada di sini. Jika Anda dapat menemukan sprayer tanaman kesukaan, aktivitas berkebun pun makin menyenangkan!
    DIY & tools
    2.325 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika Anda menyekrup bagian yang tebal saat merangkai produk furnitur, Anda akan kesulitan melakukannya bila hanya menggunakan obeng. Pada saat itulah sebaiknya Anda gunakan mesin bor beton atau biasa disebut impact drill. Banyaknya merek impact drill seperti Makita, Bosch, Hitachi, atau DeWALT di pasaran bisa saja membuat Anda bingung memilih.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi mesin bor beton terbaik. Terdapat berbagai jenis produk dengan spesifikasi, fitur, dan harga yang berbeda satu sama lain. Kami harap Anda dapat menemukan mesin bor beton yang akan membantu pekerjaan Anda melalui artikel ini. Selamat membaca!
    DIY & tools
    13.306 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Gergaji Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Gergaji Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mesin gergaji atau saw machine adalah gergaji yang bekerja secara otomatis sehingga lebih praktis dibandingkan dengan gergaji manual. Mesin gergaji tersedia dalam berbagai merek, seperti Bosch, Hitachi, dan Stanley Steel yang masing-masing punya karakteristik tersendiri sehingga seringkali membuat bingung saat ingin membelinya.Pada artikel kali ini kami akan membantu Anda dengan memberi tips mengenai hal-hal yang perlu diketahui saat memilih mesin gergaji. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    DIY & tools
    9.761 Views
  • 10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Impact wrench atau pembuka baut digunakan untuk mengencangkan mur dan baut serta untuk mengganti roda. Anda akan menemukan impact wrench keluaran Bosch, Hitachi, Stanley, dan sebagainya yang berbeda spesifikasi dan harga. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi impact wrench terbaik.Sebenarnya ada juga impact wrench yang dapat Anda hubungkan dengan kompresor. Namun, kali ini kami akan membatasi hanya pada tipe pembuka baut elektrik saja. Tidak ada salahnya Anda membeli impact wrench karena alat ini akan sangat memudahkan pekerjaan Anda, lho!
    DIY & tools
    10.350 Views
  • 10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gergaji Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pepohonan yang terlalu rindang dengan banyak cabang akan membuat pekarangan rumah Anda terlihat tidak terawat. Karena itu, Anda perlu memotong dahannya menggunakan gergaji agar tetap rapi. Dewasa ini, terdapat gergaji tangan yang lebih ringan dan mudah digunakan. Namun, beragamnya tipe pisau dan harga gergaji tangan mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.Kali ini, kami akan membahas cara memilih produk gergaji tangan yang berkualitas. Tidak ketinggalan, sepuluh produknya juga akan kami rekomendasikan untuk Anda. Terdapat berbagai merek, seperti IRWIN dan Krisbow. Baca terus sampai bawah, yuk!
    DIY & tools
    220 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori