10 Rekomendasi Pembersih Wajah Terbaik untuk Pria (untuk Kulit Berminyak dan Kulit Kering)

10 Rekomendasi Pembersih Wajah Terbaik untuk Pria (untuk Kulit Berminyak dan Kulit Kering)

Semua pria tentunya ingin tampil maksimal di segala kesempatan, tetapi masalah kulit wajah seringkali mengganggu. Pembersih wajah khusus pria adalah produk untuk membantu mengatasi masalah yang sering timbul pada kulit wajah pria, seperti kulit berminyak, kering, dan jerawat.

Saat ini telah banyak dijual jenis produk pembersih wajah dan tentunya Anda akan bingung saat memilihnya. Di artikel ini kami akan memperkenalkan cara untuk memilih dan memberikan rekomendasi pembersih wajah yang sesuai untuk Anda, pria yang peduli pada kesehatan kulit wajah.

Daftar isi

Cara memilih pembersih wajah untuk pria

Pria memiliki kelenjar minyak di kulit kulit yang lebih banyak dari wanita. Karena itu, mencuci wajah dengan teratur adalah hal yang penting. Dengan membaca artikel ini, semoga Anda dapat menemukan jenis pembersih wajah yang cocok untuk kulit wajah Anda!

Ketahuilah masalah dan jenis kulit Anda

Di pasaran tersedia banyak jenis pembersih wajah pria, dimana masing-masing memiliki kandungan yang berbeda pula. Setiap bahan produk pembersih wajah memiliki kecocokan tersendiri untuk setiap jenis kulit. Oleh karena itu, mari kenali jenis kulit Anda sendiri terlebih dahulu sebelum memilih produk yang cocok.

Untuk kulit beminyak, pilih yang melembapkan dan berdaya pembersih tinggi

Untuk kulit beminyak, pilih yang melembapkan dan berdaya pembersih tinggi

Menurut penelitian, kelenjar minyak pada pria lebih banyak 2-3 kali daripada wanita sehingga sebagian besar pria memiliki kondisi kulit berminyak. Apabila Anda memiliki kelenjar minyak yang banyak, penyumbatan pori-pori kulit wajah juga dapat terjadi lebih sering pada Anda.

Pilihlah pembersih wajah dengan daya pembersih tinggi karena dapat menghapus minyak di wajah hingga bersih dan membantu kulit wajah Anda beregenerasi lagi. Kelemahannya adalah apabila Anda terlalu sering membersihkan wajah dengan produk tersebut, kulit Anda dapat menjadi terlalu kering.

Karena kulit yang kering dapat menghasilkan minyak wajah lebih banyak lagi, Anda memerlukan pelembap. Oleh karena itu, pilihlah pembersih wajah yang juga mengandunga pelembap.

Untuk kulit kering, pilih pembersih wajah dengan kolagen dan asam hialuronat

Untuk kulit kering, pilih pembersih wajah dengan kolagen dan asam hialuronat 

Karena kulit pria sering berminyak, tentu kelembapan sel stratum korneum atau lapisan terluar dari kulit cenderung berkurang. Terutama wajah pada bagian garis rahang sangat gampang menjadi kering sehingga tidak sedikit orang yang mencemaskan hal tersebut.

Untuk Anda yang memiliki kulit kering, sebaiknya memilih pembersih wajah dengan kandungan asam hialuronat, kolagen, dan rendah daya pembersihnya. Selain itu, setelah Anda mencuci wajah disarankan untuk memakai pelembap wajah demi menghindari kekeringan pada kulit.

Untuk kulit berjerawat, pilihlah produk anti jerawat

Untuk kulit berjerawat, pilihlah produk anti jerawat

Untuk Anda yang kesulitan menghilangkan jerawat, sebaiknya periksa kembali pembersih wajah yang Anda gunakan. Bersihkanlah wajah Anda setiap hari dengan pembersih wajah anti jerawat untuk membunuh sel-sel jerawat dan menekan peradangan pada kulit.

Produk dengan bahan yang keras juga dapat memperburuk peradangan kulit, maka sebaiknya Anda menghindari produk tersebut. Silahkan Anda memilih produk untuk menghilangkan jerawat yang biasanya bertuliskan acne care atau mengandung asam salisilat.

Untuk kulit sensitif, pilihlah pembersih tanpa pengawet dan bebas surfaktan

Untuk kulit sensitif, pilihlah pembersih tanpa pengawet dan bebas surfaktan

Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, Anda harus lebih berhati-hati ketika memilih produk pembersih wajah. Hal ini dikarenakan pembersih wajah biasanya mengandung bahan surfaktan, pengawet, dan parfum. Bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit.

Pada saat Anda mencuci wajah hindarilah menggosoknya dengan kasar, pilihlah sabun bertekstur lembut untuk menghindarkan kulit Anda dari lecet. Pembersih wajah untuk anak muda yang dijual umumnya memiliki kandungan bahan yang kuat. Karena itu, Anda harus lebih teliti dan pilihlah produk khusus untuk kulit sensitif.

Sabun batang atau facial foam? Pilih berdasarkan jenisnya

Pembersih muka terbagi menjadi dua jenis, yaitu sabun batang dan sabun facial foam. Mari kita lihat perbedaan dan fungsinya masing-masing.

Sabun batang : daya pembersih kuat untuk kulit berminyak dan berjerawat, kadar keasaman rendah untuh kulit kering dan sensitif

Sabun batang : daya pembersih kuat untuk kulit berminyak dan berjerawat, kadar keasaman rendah untuh kulit kering dan sensitif

Sabun batang dengan produk yang bertuliskan soap base atau net soap pada kemasannya sangat ramah di kulit karena mengandung surfaktan alami. Sabun ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif karena tidak mengandung bahan yang dapat mengiritasi kulit.

Sabun batang biasanya bersifat basa rendah, di mana wajah Anda akan terasa seperti ditarik setelah memakai produk sehingga tidak cocok untuk kulit yang sensitif dan kering. Sedangkan,  sabun yang bersifat asam rendah lebih mudah dibersihkan dan membuat pH kulit menjadi sedikit asam. Hal ini dapat membantu kulit Anda menjadi lebih sehat.

Facial foam : ramah di kulit dan banyak pilihannya

Facial foam : ramah di kulit dan banyak pilihannya

Sabun foam adalah pembersih muka yang mengandung bahan surfaktan sintetis. Karena kadar asam pada sabun ini biasanya rendah, kulit tidak akan terasa seperti ditarik setelah Anda mencuci wajah.

Daya pembersih pada foam biasanya lebih rendah dibandingkan sabun batang sehingga terdapat bahan tambahan lain untuk meningkatkan daya pembersihnya. Namun, untuk Anda yang memiliki kulit sensitif dan kering, disarankan memilih dengan lebih teliti setiap bahan yang terkandung di dalam produk pembersih wajah.

Pilih jenis pembersih wajah berdasarkan kebutuhan

Pilih jenis pembersih wajah berdasarkan kebutuhan

Bentuk dari pembersih wajah umumnya ada tiga, yaitu tube, foam bottle, dan batang. Untuk Anda yang ingin kemudahan dan ingin cepat, bentuk botol adalah pilihan terbaik.

Sedangkan, penggunaan tube dan batang akan sedikit memakan waktu karena Anda perlu menggosoknya terlebih dahulu untuk menghasilkan busa. Namun, untuk Anda yang sering bepergian, jenis tube sangat sesuai karena didesain agar mudah dibawa kemana-mana.

10 Rekomendasi pembersih wajah terbaik untuk pria (untuk kulit berminyak dan kulit kering)

Berikut kami akan memberikan rekomendasi produk pembersih wajah terbaik untuk pria, khususnya untuk Anda yang memiliki kulit berminyak dan kering. Nah, mari kita lihat satu persatu!

10. LT Men Moisturizing Facial Cleanser Mild

10. LT Men Moisturizing Facial Cleanser Mild

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 17.990

Mengurangi kemerahan di wajah

Pembersih wajah LT Men Moisturizing ini mengandung surfaktan dan opuntia ficus-indica stem extract. Kandungn ini dapat membantu membersihkan kotoran yang melekat, mengurangi kemerahan wajah karena iritasi, dan menjaga kelembapan pada kulit Anda.

Produk ini juga mengandung menthol yang dapat memberikan sensasi kesejukan pada wajah setelah pemakaiannya. Untuk Anda yang ingin kulit wajah yang bersih dan segar, maka produk ini cocok untuk Anda.

9. NIVEA Men Facial Foam Oil Attack + Bright

9. NIVEA Men Facial Foam Oil Attack + Bright

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.900

Mengangkat minyak hingga lapisan pori terdalam

Pembersih wajah Nivea jenis oil attack + bright ini adalah sabun muka cair yang mampu mengangkat minyak dan kotoran wajah hingga sampai ke lapisan terdalam kulit. Kulit wajah Anda dapat terbebas dari minyak berlebih hingga 8 jam tanpa membuat kulit terasa kering.

Pembersih wajah ini juga dapat menjadikan kulit Anda cerah, dingin, dan segar seketika setelah memakainya. Produk ini cocok untuk Anda dengan masalah kulit wajah kusam akibat minyak berlebihan.

8. L’OREAL Paris White Activ Bright + Oil Control White Foam

8. L'OREAL Paris White Activ Bright + Oil Control White Foam

Lihat produk ini di Lazada

Harga : RP 40.400

Mencerahkan dan membersihkan minyak di wajah

Pembersih wajah L’oreal White Activ ini memiliki kemampuan untuk mencerahkan dan mengurangi minyak dalam sekali bilas. Produk ini juga mampu membersihkan kotoran dan membuat komedo Anda tampak samar. Wajah Anda pun akan tampak bersih dan mulus.

Formula khususnya mampu membuat kulit tampak lebih cerah dengan mengurangi sel mati pada kulit dan telah diuji dibawah pengawasan dermatologis pada kulit pria Asia. Bila Anda ingin kulit wajah yang lebih cerah dan terawat, produk ini dapat membantu Anda.

7. Vaseline MENface Antispot Whitening Face Wash

7. Vaseline MENface Antispot Whitening Face Wash

Lihat produk ini di Lazada

Harga : RP 25.500

Membuat kulit bersinar dari dalam

Pembersih wajah keluaran Vaseline ini mengandung vitamin B3 dan bahan alami yang dapat membuat kulit tampak bersinar dari dalam. Dengan glacial clay, produk ini dapat menghilangkan kotoran pada lapisan terdalam kulit dan mengendalikan produksi minyak berlebih pada wajah Anda.

Selain itu, produksi melanin juga dapat dihambat oleh produk ini. Dengan begitu, warna kulit tidak merata pada wajah Anda pun dapat dikendalikan. Untuk Anda yang menginginkan kulit wajah yang selalu merata cerahnya, kami merekomendasikan produk ini.

6. GARNIER Men Turbolight Oir Control Cooling Foam

6. GARNIER Men Turbolight Oir Control Cooling Foam

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 31.500

Membersihkan minyak berlebihan dengan sensasi dingin

Pembersih wajah berwujud facial foam ini dapat memberikan sensasi dingin saat Anda mencuci wajah. Sabun ini mengandung formula mineral-clay dan micro-beads yang dapat membersihkan minyak berlebih secara alami.

Ekstrak lemon yang terkandung di dalamnya juga membantu wajah Anda menjadi lebih segar dan cerah. Sangat cocok digunakan setelah Anda berkegiatan di luar ruangan. Apabila Anda menginginkan wajah yang bersih alami, produk ini patut Anda coba.

5. Vaseline MEN Active Bright Oil Expert Gel Wash

5. VASELINE Men Gel Oil Expert Facial Wash

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 26.100

Untuk Anda yang memiliki masalah kulit kering

Pembersih wajah gel dari Vaseline Oil Expert ini mampu membersihkan minyak wajah seketika tanpa mengakibatkan sensasi kaku di kulit. Selain itu, kulit Anda akan terasa lebih halus dan terlihat cerah setelah menggunakan produk ini.

Bahan yang terkandung di dalamnya juga mampu memberikan kelembapan dengan cepat dan tahan lama pada wajah Anda. Jadi untuk Anda yang memiliki tipe kulit kering, produk ini sangat sesuai untuk Anda.

4. PAPA No.1 Handmade Natural Soap

4. PAPA No.1 Handmade Natural Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 39.000

Bahan terbaik dari alam untuk kulit wajah yang bersih alami

Pembersih wajah sabun Papa No.1 ini terbuat dari 6 minyak nabati alami terbaik yaitu olive oil, VCO, palm oil, canola oil, corn oil, dan rice bran oil. Sabun ini juga dikombinasikan dengan sari pepaya dan bengkoang, serta diperkaya dengan madu murni.

Sabun Papa No.1 ini selain membersihkan kulit dari kotoran, juga dapat menjaga kelembapan, kekencangan, dan warna cerah alami kulit Anda. Jadi, untuk Anda yang ingin merawat dan menjaga kelembapan kulit dengan bahan alami, produk ini akan sesuai untuk Anda.

3. GATSBY Face Wash Oil Control

3. GATSBY Face Wash Oil Control

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 18.750

3 sistem perlindungan untuk mengkontrol minyak pada wajah

Pembersih wajah ini memiliki 3 sistem perlindungan untuk mengkontrol minyak berlebih pada wajah Anda. Perlindungan yang diberikan produk ini adalah mengangkat minyak secara merata, menyerap sisa minyak yang sulit terangkat, dan mengurangi produksi minyak berlebihan pada kulit wajah Anda.

Gatsby Oil Control ini juga memberi 6 manfaat lain pada Anda, yaitu oil protect, brightening, deep cleansing, moisturizing, anti-bacteria, dan scrub polish. Apabila Anda memilki masalah kulit wajah yang berminyak, pembersih wajah dengan fungsi lengkap ini cocok untuk Anda.

2. ESENE Face Cleanser

2. ESENE Face Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Harga : RP 21.000

Memiliki kandungan ekstrak salju pegunungan Himalaya

Pembersih wajah keluaran dari Esene ini dapat dipakai untuk pria dan wanita. Jadi, pas juga untuk digunakan bersama pasangan Anda. Dilengkapi dengan kandungan ekstrak salju dari pegunungan Himalaya, produk ini juga mengandung amino acid yang membantu menahan kadar minyak di wajah hingga 4 jam. Wajah pun jadi bebas kilau.

Produk dengan aroma olive oil yang segar ini dapat melembapkan dan cepat mengangkat minyak, kotoran, juga sisa kosmetik yang sulit dibersihkan. Pembersih wajah Esene tidak mengandung busa dan terbuat dari bahan yang ringan sehingga cocok untuk semua jenis kulit.

1. CLORIS Men Soap Acne

1. CLORIS Men Soap Acne

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Sabun yang kaya akan karbon aktif dan kolagen

Sabun batang Cloris ini terbuat dari bahan pilihan dengan busa yang lembut serta mampu menghilangkan komedo, minyak di wajah, noda hitam, jerawat, dan mencerahkan wajah kusam. Sabun ini juga tidak mengandung mercury dan hidroquinon sehingga aman untuk kulit sensitif.

Kandungan karbon aktif pada sabun ini memiliki kemampuan menyerap dan mengikat kotoran dengan baik. Selain itu, bahan kolagennya mampu menjaga kelembapan kulit dan membantu regenerasi kulit. Untuk Anda yang sering beraktifitas di luar ruangan, produk ini sangat patut diperhitungkan.

Selalu cuci wajah Anda dengan lembut!

Selalu cuci wajah Anda dengan lembut!

Saat membersihkan wajah, penting untuk mencucinya dengan cermat dan lembut. Pertama Anda perlu membasuh wajah dengan air hangat untuk membersihkan kotoran ringan terlebih dahulu, kemudian buatlah busa dari sabun muka dan cucilah wajah Anda.

Cucilah muka Anda dengan gerakan memutar, lalu basuh lagi wajah dengan air hangat, kemudian keringkan wajah Anda dengan menekan handuk bersih pada kulit tanpa menggosoknya. Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak dan kering, Anda membutuhkan pelembap untuk menjaga kelembapan wajah Anda setelah mencucinya.

Kesimpulan

Bagaimanakah dengan rekomendasi yang telah kami pilih?

Membersihkan wajah adalah salah satu bagian dari aktivitas setiap hari dan tentunya penting untuk memilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Dengan artikel ini semoga Anda dapat menemukan pembersih wajah yang sesuai dengan kebutuhan. Sampai jumpa lagi dan terima kasih sudah membaca artikel ini!