mybest
Sabun muka

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Sabun Muka Pria Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Pria Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Pria Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Pria Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Pria Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Pria Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Sabun Muka Pria Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Masalah kulit bisa terjadi pada siapa saja, termasuk para pria. Sama seperti kulit wanita, langkah awal dalam merawat kulit wajah pria adalah menggunakan pembersih wajah yang tepat. Wajah yang bersih akan tampak lebih sehat dan siap menerima skincare selanjutnya. Namun, facial wash apa yang bisa digunakan untuk kulit pria?

Sebelum memilih produknya, mari simak dahulu cara memilih sabun wajah pria yang kami susun bersama dermatovenereologist, dr. Theresia, SpKK. Kami akan membahas sabun pria yang dibuat untuk mengatasi kulit berminyak, kering, berjerawat, atau sensitif. Berbagai ulasan merek face wash pria yang bagus, seperti POND'S, Vaseline, atau GARNIER juga ada dalam rekomendasi kami.

Diperbaharui 26/09/2023
dr. Theresia
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Theresia

dr. Theresia adalah lulusan Kedokteran Umum FKUI tahun 1999 dan Pendidikan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin FKUI tahun 2011. Memiliki minat pada dermatologi kosmetik, laser, dan anak, membuatnya banyak menulis beberapa tulisan ilmiah dan juga artikel edukasi untuk awam serta penelitian tentang laser. Saat ini, selain menjadi trainer internal di Erha, dr. Theresia juga praktek di Erha Dermacenter Kelapa Gading, Klinik Puspa Grogol, dan Klinik Sapta Mitra Pondok Kelapa. Wanita yang akrab disapa Tery ini juga menjadi wakil sekretaris umum pengurus pusat Perdoski dan anggota kelompok studi Dermatologi Kosmetik dan Dermatologi Anak Perdoski.

Profil dr. Theresia
Lanjut membaca
Nisa Destiana
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Nisa Destiana

Nisa Destiana adalah seorang apoteker yang sudah gemar menulis sedari kecil dan bercita-cita menjadikan hobi tersebut sebagai karier profesional. Usai bekerja di perusahaan farmasi multinasional selama hampir lima tahun, ia memutuskan untuk memulai karier sebagai content writer. Nisa banyak menulis artikel-artikel kesehatan untuk start-up telemedisin sebelum akhirnya menulis dan menjadi editor untuk mybest Indonesia. Di mybest Indonesia, Nisa banyak terhubung dengan pakar untuk menulis berbagai artikel perawatan tubuh, kecantikan, dan kesehatan sesuai latar belakang pendidikannya.

Profil Nisa Destiana
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah penggunaan facial wash penting untuk kulit pria?

Apakah penggunaan facial wash penting untuk kulit pria?
Facial wash penting untuk kulit pria karena salah satu penyebab pria lebih mudah berjerawat ialah jarang mencuci wajahMeskipun ada juga pria yang jenis kulitnya kering, kebanyakan pria punya kulit yang berminyak. Sayangnya, kebanyakan pria tidak cukup telaten dalam melakukan perawatan kulit sehingga tampilan kulit pria kadang terlihat lebih tua. Jika dibandingkan kulit wanita, kulit memiliki karakteristik:

  • Persentase kolagen dalam kulit pria 15%-20% lebih banyak dibandingkan dengan wanita pada usia yang sama. 
  • Secara umum, kulit pria juga memproduksi minyak lebih banyak daripada wanita. Bahkan, tidak sedikit pria yang kulitnya masih berminyak pada usia 40 tahun. 
  • Karena produksi minyaknya lebih banyak, jerawat pada kulit pria cenderung lebih besar-besar. Produksi minyak yang banyak pada kulit pria dipengaruhi oleh hormon androgen yang memang dominan pada pria.
  • Ukuran kelenjar minyak pada kulit pria juga lebih besar daripada wanita. Aktivitas pria juga umumnya banyak di luar rumah dan cenderung banyak berkeringat. 

Karena itu, facial wash berperan penting untuk merawat dan membersihkan wajah pria, khususnya karena karakteristik kulit pria yang berminyak dan cenderung berjerawat ini.

dr. Theresia
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Theresia

Di samping itu, kulit pria cenderung lebih tebal daripada wanita. Karena itu, kulit pria biasanya lebih tahan dengan bahan aktif kuat dalam facial wash seperti asam salisilat atau benzoyl peroxide.

Cara memilih Sabun Muka Pria

Sekarang Anda sudah tahu pentingnya melakukan perawatan wajah bagi pria, bukan? Nah, di bawah ini, kami punya tips memilih sabun wajah pria yang tepat untuk Anda. Silakan disimak supaya Anda bisa mendapatkan pembersih wajah yang benar-benar sesuai.

1

Pilih facial wash berbentuk gel, facial foam, atau face scrub yang lebih pas untuk karakteristik kulit pria yang lebih berminyak

Seperti wanita, ada pria yang memiliki kulit berminyak dan ada pula yang jenis kulitnya kering. Namun, hanya 10%-20%pria yang memiliki kulit kering, selebihnya berminyak sampai usia 30 atau 40 tahun. Sehubungan dengan karakteristik tersebut, secara umum pria bisa menggunakan jenis pembersih wajah berikut ini.

Untuk perawatan harian: Pilih facial wash gel atau facial foam

Untuk perawatan harian: Pilih facial wash gel atau facial foam
Pembersih wajah berbentuk gel dirancang untuk pembersihan mendalam. Pembersih wajah ringan ini memiliki konsistensi seperti gel yang menembus pori-pori dan membuka sumbatan pada pori-pori. Selain itu, facial wash gel akan menghilangkan kotoran, riasan, dan juga minyak berlebih di kulit secara optimal.

Facial foam adalah sabun wajah yang bisa menghasilkan busa ketika dikeluarkan dari kemasan. Busa halus dari produk facial foam diklaim lebih mudah mencapai pori-pori Anda sehingga membuat kulit sangat bersih. Karena itu, pembersih wajah berbusa dianggap sangat baik bagi pemilik kulit berminyak.

Untuk eksfoliasi seminggu sekali: Pertimbangkan juga face scrub

Untuk eksfoliasi seminggu sekali: Pertimbangkan juga face scrub
Scrub adalah partikel-partikel kecil yang biasanya terdapat dalam facial wash. Partikel tersebut ditujukan untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Sekalipun efeknya bisa membuat tampilan kulit lebih halus, face scrub juga berisiko membuat kulit Anda iritasi jika digunakan berlebihan. Maka dari itu, sebaiknya Anda menggunakan face scrub tidak lebih dari seminggu sekali.
dr. Theresia
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Theresia

Treatment jerawat pada wanita dan pria sama. Dengan kata lain, pria bisa memilih produk yang sama dengan wanita, tidak harus produk yang diklaim 'for men'. Sayangnya, kebiasaan pria cenderung kurang telaten dalam penggunaan skincare. Jadi, tantangannya sering kali tidak terletak pada mencari produk yang tepat, tetapi mengubah rutinitas dan kebiasaan pengguna.

2

Jika kulit Anda juga berjerawat, cari sabun muka pria yang mengandung asam salisilat, glycolic acid, microbiome, atau benzoyl peroxide

Jika kulit Anda juga berjerawat, cari sabun muka pria yang mengandung asam salisilat, glycolic acid, microbiome, atau benzoyl peroxide
Seperti telah disebutkan sebelumnya, kulit pria rentan berjerawat karena kebiasaan pria yang mungkin lebih jarang mencuci muka. Sementara itu, kulit pria memproduksi lebih banyak minyak. Jadi, cuci muka rutin bisa memperbaiki kondisi kulit pria yang berminyak dan berjerawat. Jika kulit Anda termasuk jenis berminyak dan berjerawat, Anda bisa mencari bahan-bahan berikut ini dalam sabun wajah pilihan.

  • Asam salisilat
Asam salisilat memiliki efek anti-inflamasi sehingga bermanfaat untuk kulit berjerawat. Tak hanya itu, bahan ini bisa membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menghilangkan sel kulit mati. Karena kemampuan eksfoliasinya, asam salisilat dalam kadar ringan juga bisa membantu mengurangi bekas jerawat.

  • Glycolic acid
Penggunaan glycolic acid pada kulit berminyak dan berjerawat dapat mengeksfoliasi sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. Lebih dari itu, glycolic acid juga bisa membantu mengurangi bintik-bintik kehitaman baik karena bekas jerawat maupun penuaan.

  • Microbiome
  • Pada kulit yang berjerawat, ada dominasi Cutibacterium acnes. Nah, microbiome berperan menyeimbangkan bakteri di kulit, terutama agar jumlah Cutibacterium acnes tidak dominan.

    Microbiome memiliki dampak yang baik untuk kulit sebab berkaitan dengan perlindungan kulit. 


  • Benzoyl peroxide
Jika kulit Anda sangat berminyak, penggunaan sabun muka dengan kandungan benzoyl peroxide dapat dipertimbangkan. Benzoyl peroxide juga sangat bermanfaat dalam perawatan kulit berjerawat karena kemampuannya membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun, karakter bahan ini cukup iritatif. Kabar baiknya adalah karakteristik kulit pria relatif tebal. Jadi, rata-rata kulit pria tidak masalah dengan penggunaan sabun wajah yang mengandung benzoyl peroxide.
dr. Theresia
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Theresia
Di samping membantu penanganan jerawat, rajin mencuci muka juga bisa membuat pori-pori terlihat lebih kecil. Jika produksi minyak banyak, muara akhir minyak, yaitu pori-pori pun pasti besar karena menampung banyak minyak. Rutin mencuci muka akan membuat kulit terlatih mengurangi produksi minyak sehingga pori-pori yang menjadi muara minyak terlihat lebih kecil.
3

Jika Anda termasuk pria dengan kulit kering, utamakan sabun muka dengan kandungan pelembap, seperti ceramide, Aloe vera, atau niacinamide

Jika Anda termasuk pria dengan kulit kering, utamakan sabun muka dengan kandungan pelembap, seperti ceramide, Aloe vera, atau niacinamide
Kalau kulit Anda kering, tentu Anda tidak bisa menggunakan sabun muka dengan kandungan yang kami tuliskan di atas. Untuk kulit kering dan kusam, pertimbangkan bahan aktif berikut ini.

  • Ceramide
Ceramide memang terkandung secara alami di dalam kulit. Ceramide merekatkan dinding yang terbentuk dari sel-sel kulit sehingga kulit menjadi kuat dan barrier-nya bagus. Nah, ceramide dalam sabun wajah bisa menggantikan pelembap alami yang terangkat saat Anda mencuci muka.

  • Aloe vera
Lidah buaya bersifat menghidrasi dan menenangkan kulit. Dengan demikian, kulit yang kering bisa terasa lembap dan halus bila Anda memakai sabun wajah yang mengandung Aloe vera.

  • Niacinamide
Penambahan niacinamide dalam produk perawatan kulit bisa memberikan beberapa efek melembapkan dan brightening. Akan tetapi, niacinamide juga kadang bisa menjadi iritan pada kulit sensitif. Maka dari itu, pastikan kadar niacinamide dalam sabun wajah yang Anda pilih tidak lebih dari 2%.

Sebagai informasi, sabun muka dengan kandungan ceramide dan Aloe vera mungkin akan membuat kulit wajah terasa licin setelah dicuci. Hal ini bukan berarti sabun tidak bekerja dengan optimal. Sebaliknya, kandungan pelembap dalam sabun justru membuat wajah tidak kesat setelah kontak dengan detergen.

Sayangnya, kebanyakan pria kurang suka dengan sensasi licin seolah sabun masih menempel di wajah setelah cuci muka. Jika seperti itu, Anda juga bisa menggunakan sabun wajah biasa yang membuat wajah kesat, tetapi segera aplikasikan pelembap setelah cuci muka.
dr. Theresia
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Theresia
Peran facial wash untuk masalah kusam ialah membantu mengurangi kotoran dan mengangkat kulit mati. Dengan begitu, wajah jadi kelihatan lebih bersih. Akan tetapi, sebagian pria memiliki kebiasaan merokok yang membuat kulitnya kusam dan flaky atau terkelupas. Karena itu, kalau ingin efek perawatan kulit maksimal, sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan merokok.
4

Untuk Anda yang kulitnya sensitif, utamakan yang formulanya ramah di kulit sensitif: Kandungannya mild, rendah detergen, serta bebas pewarna dan pewangi

Perlu perhatian khusus dalam pemilihan produk perawatan untuk kulit sensitif. Pilihlah produk yang mengandung microbiome dan memiliki formulasi yang ramah bagi kulit sensitif. Selain itu, pastikan produk tersebut memiliki sedikit detergen, bebas pewarna, dan tanpa fragrance. Simak uraiannya di bawah ini.

Microbiome, bahan aktif pilihan untuk pemilik jenis kulit sensitif

Microbiome, bahan aktif pilihan untuk pemilik jenis kulit sensitif

Secara sederhana, microbiome adalah lapisan perlindungan kulit dalam bentuk organisme hidup. Setiap hari skin microbiome membantu produksi nutrien dan lipid yang berkontribusi pada kualitas skin barrier alami. 


Keberadaan microbiome membuat kelembapan kulit lebih terjaga dan kulit jadi tidak mudah iritasi. Nah, penggunaan facial wash yang mengandung microbiome diharapkan bisa membuat kulit wajah tetap lembap dan tidak iritasi setelah dicuci.

Tidak banyak detergen dan bebas pewarna agar tak mengiritasi

Tidak banyak detergen dan bebas pewarna agar tak mengiritasi
Dalam perawatan kulit sensitif, fokus utamanya perlu menekan risiko terjadinya hiperreactivity seperti iritasi. Berikut ini kriteria facial wash yang bisa menurunkan risiko terjadinya iritasi:

  • Busa sedikit, tanda kandungan detergen sedikit
  • Tidak mengandung pewarna

Biasanya, facial wash untuk kulit sensitif tampak bening dan cair (bukan gel). Konsekuensinya, daya bersih facial wash untuk kulit sensitif relatif rendah karena kandungan surfaktannya sedikit. Pasalnya, kandungan surfaktan yang tinggi atau butiran scrub yang terlalu kasar bisa membuat skin barrier makin terganggu dan kulit makin iritasi.

Kalau kulit Anda kotor sekali, misalnya setelah naik motor, selalu lakukandouble cleansing. Anda bisa menggunakan cleansing oil, cleansing milk, atau cleansing balm. Setelah itu, silakan cuci wajah Anda dengan facial wash yang ditujukan untuk kulit sensitif.
dr. Theresia
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Theresia
Patch test atau uji sensitivitas sederhana bisa diaplikasikan ke semua skincare termasuk sabun wajah. Oleskan sabun wajah sedikit di area wajah yang cukup tersembunyi untuk mengetahui reaksi kulit Anda. Anda mungkin bisa mengeceknya di tangan, tetapi kulit wajah umumnya lebih sensitif daripada tangan.

Karena ada risiko tidak cocok, sebaiknya beli sabun wajah dalam kemasan kecil dahulu bila baru mencobanya untuk pertama kali. Lalu, hindari cuci muka dengan air hangat.

Hindari fragrance mint; lebih baik yang bebas fragrance saja

Hindari fragrance mint; lebih baik yang bebas fragrance saja
Pilihan fragrance untuk skincare pria bisa dibilang tidak terlalu banyak, mint merupakan salah satu yang cukup bisa diterima oleh pria. Tak heran bila banyak produk skincare pria, terutama sabun muka, menggunakan pewangi mint.

Selain harum, mint bisa memberikan efek segar. Sayangnya, kulit sensitif biasanya timbul rasa gatal atau tingling setelah penggunaan sabun muka dengan aroma mint. Karena itu, sebaiknya Anda memilih sabun muka yang bebas fragrance saja bila kulit Anda sensitif.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi Sabun Muka Pria Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Sabun Muka Pria terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 26 September 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Tekstur
Fragrance
Kandungan utama
Kandungan pelembap
Kandungan anti-acne
Aman untuk kulit sensitif
Kandungan pencerah
Kandungan eksfoliasi
Kandungan anti-aging
Kandungan penenang
Kandungan lainnya
Hypoalergenic
Alkohol
Jenis kulit
Permasalahan kulit
Rekomendasi usia
Butiran scrub
Pilihan ukuran
Kemasan
Manfaat lainnya
BPOM
1

Unilever

POND'S Men Acne Solution Acne Defense + Oil Fighter Facial Foam

Unilever POND'S Men Acne Solution Acne Defense + Oil Fighter Facial Foam 1

Rp40.300

Agak Murah

Efek kilat redakan jerawat dan beruntusan hanya dalam 3 hari!

Krim

Mineral clay, witch hazel

Glycerin

Witch hazel

Tidak diketahui

Niacinamide

Mineral clay, salicylic acid

Niacinamide

Witch hazel

Menthol

Berminyak

Komedo, jerawat

Tidak diketahui

100 g

Tube

Membantu mengecilkan pori-pori, memberikan perlindungan dari minyak berlebih sehingga kulit bebas kilap

NA18171209082

2

MS Glow For Men

Energizer Facial Wash

 MS Glow For Men Energizer Facial Wash 1

Rp60.000

Menengah

Multifungsi, bisa dipakai sebagai face mask

Scrub

Niacinamide, Avena strigosa seed extract, clay

Aloe barbadensis leaf extract, Avena strigosa seed extract

Hamamelis virginiana extract

Tidak diketahui

Citrus lemon fruit extract, niacinamide

Beads, clay

Niacinamide

Hamamelis virginiana extract, allantoin

Myristic acid, stearic acid, potassium cocoyl glycinate, potassium hydroxide, lauric acid

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

Kulit kusam, kulit berminyak

Tidak diketahui

100 ml

Tube

Mencerahkan, melembutkan, melembapkan

NA18191234497

3

Skintific

Amino Acid Ultra-gentle Cleansing Mousse

Skintific Amino Acid Ultra-gentle Cleansing Mousse 1

Rp129.000

Lebih Mahal

Membersihkan sekaligus memperkuat skin barrier Anda

Foam

Amino acids, 5X ceramides, white truffle

Ceramide, sodium hyaluronate, glycerin

Centella asiatica extract

Ascorbyl palmitate

Citric acid

Lactobacillus ferment filtrate, tocopherol

Centella asiatica extract

Tidak ada

Berminyak

Kering dan sensitif, berjerawat

Tidak diketahui

100 ml

Botol

Membersihkan, menjaga skin barrier, melembapkan, melawan radikal bebas dan menenangkan kulit

NA11221200509

4

Vaseline

Men Face Oil Control Face Wash

Vaseline  Men Face Oil Control Face Wash  1

Rp36.800

Agak Murah

Mengontrol minyak, membersihkan, sekaligus mencerahkan wajah berminyak Anda

Krim

Glacial clay, vitamin B3

Glycerin, petrolatum

Tidak ada

Tidak diketahui

Niacinamide

Glacial clay, lactic acid (AHA)

Vitamin E

Tidak ada

Butylene glycol, basil extract, thermus thermophillus ferment

Tidak diketahui

Berminyak

Komedo, jerawat

Tidak diketahui

50 g, 100 g

Tube

Mengurangi minyak berlebih, mencerahkan

NA18171201587

5

GARNIER

Acno Fight Anti-Acne Scrub In Foam Facial Cleanser

GARNIER Acno Fight Anti-Acne Scrub In Foam Facial Cleanser 1

Rp45.600

Menengah

Kandungannya diklaim mengatasi tekstur dan warna tidak merata pada wajah

Foam

Herba repair, purifying salicylic acid

Sorbitol, glycerin, niacinamide, popylene glycol, PEG-60 hydrogenated castor oil

Zinc gluconate, salicylic acid, niacinamide

Tidak diketahui

Niacinamide

Capryloyl salicylic acid, salicylic acid

Tidak diketahui

Zinc gluconate, Vaccinium myrtillus fruit extract, menthol

Alcohol denat, triethanolamine, popylene glycol, sorbitol, ​ammonium polyacryloyldimethyl taurate, water

Tidak diketahui

Kulit berminyak

Kulit berminyak, kulit berjerawat

Tidak diketahui

50 ml, 100 ml

Tube

Melawan tanda jerawat dan mengurangi minyak berlebih pada wajah

NA18171203281

6

KAO

Men's Biore Bright Energy

KAO Men's Biore Bright Energy 1

Rp30.900

Agak Murah

Mengangkat kotoran dan minyak berlebih tanpa mengeringkan kulit

Gel

Tidak diketahui

Vitamin B3, micro bright scrub

Vitamin B3

Tidak ada

Tidak diketahui

Vitamin B3

Micro bright scrub

Vitamin B3

Tidak ada

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

Kusam

Tidak diketahui

100 g

Tube

Mencerahkan dan meratakan warna kulit, menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati, menjadikan kulit tampak lebih bersih dan segar

NA18191200368

7

Natur-E

White Brightening Face Wash

Natur-E  White Brightening Face Wash 1

Rp29.000

Agak Murah

Mengandung glutathione! Bikin wajah lebih cerah dan bebas kusam

Krim

Tidak diketahui

Glutathione, olive oil, vitamin E, gigawhite

Olive oil, vitamin E

Tidak ada

Gigawhite

Tidak ada

Vitamin E

Tidak ada

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

Kulit kusam

Tidak diketahui

50 ml

Tube

Mencerahkan

NA18181206203

8

Natasha

Men's Facial Wash

Natasha Men's Facial Wash 1

Rp99.900

Agak Mahal

Membersihkan secara mendalam agar wajah bebas komedo dan jerawat

Krim

Horse chestnut extract, Aloe vera extract

Aloe vera

Tidak ada

Citric acid, ascorbyl palmitate

Glycolic acid

Glycolic acid, vitamin E, vitamin C

Tidak ada

Alanine, serine, valine, threonine, proline, isoleucine, tocopherol

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

Kusam

Tidak diketahui

150 ml

Botol

Membersihkan, melembapkan

NA18221203275

9

Kojie San Men

Face Wash Lightening

Kojie San Men Face Wash Lightening 1

Rp81.232

Agak Mahal

Mampu mengontrol minyak berlebih dan menjadikan wajah tampak lebih segar

Krim

Kojic acid, glycolic acid, sebureductyl

Glycerin

Sebureductyl

Kojic acid

Glycolic acid

Tidak ada

Tidak ada

Fomes officinalis extract

Tidak diketahui

Berminyak

Berjerawat, komedo

Tidak diketahui

125 g

Tube

Mengontrol minyak berlebih pada kulit wajah

NA40141205016

10

Johnson & Johnson

Neutrogena Deep Clean Brightening Foaming Cleanser

Johnson & Johnson Neutrogena Deep Clean Brightening Foaming Cleanser 1

Rp60.900

Menengah

Memiliki pH seimbang sehingga aman membersihkan kulit yang sensitif sekalipun

Gel

Amino micellar technology, niacinamide

Betaine, glycerin

Tidak ada

Niacinamide

Tidak ada

Tidak ada

Tidak ada

Chlorphenesin, sodium hydroxide, hydroxyethylcellulose, disodium EDTA., dll

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

Kusam, kering

Tidak diketahui

40 g, 100 g

Tube

Mencerahkan, melembapkan

NA49201200087

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

UnileverPOND'S Men Acne Solution Acne Defense + Oil Fighter Facial Foam

POND'S Men Acne Solution Acne Defense + Oil Fighter Facial Foam 1
Sumber: ponds.com
POND'S Men Acne Solution Acne Defense + Oil Fighter Facial Foam 2
Sumber: shopee.co.id
POND'S Men Acne Solution Acne Defense + Oil Fighter Facial Foam 3
Sumber: shopee.co.id
POND'S Men Acne Solution Acne Defense + Oil Fighter Facial Foam 4
Sumber: shopee.co.id
POND'S Men Acne Solution Acne Defense + Oil Fighter Facial Foam 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp40.300
Agak Murah
Harga referensi
Rp40.300
Agak Murah

Efek kilat redakan jerawat dan beruntusan hanya dalam 3 hari!

Produk yang satu ini mengandung mineral clay yang baik dalam mengontrol sebum. Perpaduan clay dan salicylic acid-nya mampu bersihkan komedo dan kotoran, serta meredakan jerawat. Hasilnya pun cukup kilat. Sejak hari pertama pemakaian, jerawat atau beruntusan Anda akan terlihat mengering dan kempis.


Selanjutnya, jerawat akan mengecil pada hari kedua. Lalu, jerawat akan mereda dan berkurang setelah produk ini dipakai rutin selama 3 hari. Untuk pria yang bermasalah dengan kulit berjerawat dan komedo, serta ingin mendapatkan hasil kilat, produk ini bisa dicoba.

TeksturKrim
Fragrance
Kandungan utamaMineral clay, witch hazel
Kandungan pelembapGlycerin
Kandungan anti-acneWitch hazel
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan eksfoliasiMineral clay, salicylic acid
Kandungan anti-agingNiacinamide
Kandungan penenangWitch hazel
Kandungan lainnyaMenthol
Hypoalergenic
Alkohol
Jenis kulitBerminyak
Permasalahan kulitKomedo, jerawat
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Butiran scrub
Pilihan ukuran100 g
KemasanTube
Manfaat lainnyaMembantu mengecilkan pori-pori, memberikan perlindungan dari minyak berlebih sehingga kulit bebas kilap
BPOMNA18171209082
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

MS Glow For MenEnergizer Facial Wash

Harga referensi
Rp60.000
Menengah

Multifungsi, bisa dipakai sebagai face mask

Jika Anda suka step skincare yang ringkas, kuncinya adalah memilih produk perawatan wajah yang multifungsi. Salah satu contohnya adalah sabun muka dari MS Glow ini. Selain sebagai sabun cuci muka, produk perawatan khusus pria ini juga dapat digunakan untuk eksfoliasi atau dijadikan face mask.


Untuk eksfoliasi, aplikasikan produk pada wajah dan gosok perlahan tanpa menggunakan air. Proses ini akan membuat sel kulit mati terangkat optimal. Untuk masker, aplikasikan produk ini pada wajah secara merata, tunggu hingga mengering, kemudian bilas.

TeksturScrub
Fragrance
Kandungan utamaNiacinamide, Avena strigosa seed extract, clay
Kandungan pelembapAloe barbadensis leaf extract, Avena strigosa seed extract
Kandungan anti-acneHamamelis virginiana extract
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Kandungan pencerahCitrus lemon fruit extract, niacinamide
Kandungan eksfoliasiBeads, clay
Kandungan anti-agingNiacinamide
Kandungan penenangHamamelis virginiana extract, allantoin
Kandungan lainnyaMyristic acid, stearic acid, potassium cocoyl glycinate, potassium hydroxide, lauric acid
HypoalergenicTidak diketahui
AlkoholTidak diketahui
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKulit kusam, kulit berminyak
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Butiran scrub
Pilihan ukuran100 ml
KemasanTube
Manfaat lainnyaMencerahkan, melembutkan, melembapkan
BPOMNA18191234497
View all
No.3

SkintificAmino Acid Ultra-gentle Cleansing Mousse

Harga referensi
Rp129.000
Lebih Mahal

Membersihkan sekaligus memperkuat skin barrier Anda

Jika Anda punya masalah dengan kulit sensitif atau berjerawat, skin barrier Anda mungkin telah rusak. Untuk memperbaikinya, Anda bisa memulai skincare harian dengan menggunakan pencuci muka yang lembut. Facial foam ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk berminyak dan kombinasi.


Skintific Amino Acid Gentle Cleansing Mousse diformulasikan dengan kandungan asam amino. Kaya dengan ceramides dan ekstrak Centella asiatica, pembersih berbentuk foam ini akan menenangkan dan mengurangi iritasi di wajah. Hasilnya, kulit jadi lebih bersih, lembut, dan sehat. 

TeksturFoam
Fragrance
Kandungan utamaAmino acids, 5X ceramides, white truffle
Kandungan pelembapCeramide, sodium hyaluronate, glycerin
Kandungan anti-acneCentella asiatica extract
Aman untuk kulit sensitif
Kandungan pencerahAscorbyl palmitate
Kandungan eksfoliasiCitric acid
Kandungan anti-agingLactobacillus ferment filtrate, tocopherol
Kandungan penenangCentella asiatica extract
Kandungan lainnyaTidak ada
Hypoalergenic
Alkohol
Jenis kulitBerminyak
Permasalahan kulitKering dan sensitif, berjerawat
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Butiran scrub
Pilihan ukuran100 ml
KemasanBotol
Manfaat lainnyaMembersihkan, menjaga skin barrier, melembapkan, melawan radikal bebas dan menenangkan kulit
BPOMNA11221200509
View all
No.4

Vaseline Men Face Oil Control Face Wash

Harga referensi
Rp36.800
Agak Murah

Mengontrol minyak, membersihkan, sekaligus mencerahkan wajah berminyak Anda

Vaseline Men Face Oil Control Face Wash adalah pembersih muka yang dirancang untuk pemilik wajah berminyak. Dengan kandungan glacial clay, kotoran dapat terangkat secara maksimal dan minyak berlebih pun dapat dikendalikan. Kandungan unik lainnya, yaitu petrolatum, dapat menenangkan kulit yang iritasi. 


Kandungan ini juga berfungsi melembapkan tanpa membuat wajah jadi makin berminyak. Selain itu, terdapat juga kandungan pencerah, niacinamide, yang akan buat wajah Anda tampak lebih bersih dan tidak kusam. Gunakan facial wash ini dalam rutinitas skincare harian Anda. Praktis, tetapi punya hasil maksimal!

TeksturKrim
Fragrance
Kandungan utamaGlacial clay, vitamin B3
Kandungan pelembapGlycerin, petrolatum
Kandungan anti-acneTidak ada
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan eksfoliasiGlacial clay, lactic acid (AHA)
Kandungan anti-agingVitamin E
Kandungan penenangTidak ada
Kandungan lainnyaButylene glycol, basil extract, thermus thermophillus ferment
HypoalergenicTidak diketahui
Alkohol
Jenis kulitBerminyak
Permasalahan kulitKomedo, jerawat
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Butiran scrub
Pilihan ukuran50 g, 100 g
KemasanTube
Manfaat lainnyaMengurangi minyak berlebih, mencerahkan
BPOMNA18171201587
View all
No.5

GARNIERAcno Fight Anti-Acne Scrub In Foam Facial Cleanser

Harga referensi
Rp45.600
Menengah

Kandungannya diklaim mengatasi tekstur dan warna tidak merata pada wajah

GARNIER Acno Fight Anti-Acne Scrub In Foam Facial Cleanser ini formulanya diklaim dapat melawan 99,9% bakteri penyebab jerawat. Jadi, produk ini mampu melawan masalah jerawat dan kulit berminyak. Sabun wajah pria ini pun mengandung herba repair dan purifying salicylic acid. Kandungan tersebut diklaim dapat mengatasi noda jerawat, kusam, serta tekstur dan warna yang tidak merata. 

TeksturFoam
Fragrance
Kandungan utamaHerba repair, purifying salicylic acid
Kandungan pelembapSorbitol, glycerin, niacinamide, popylene glycol, PEG-60 hydrogenated castor oil
Kandungan anti-acneZinc gluconate, salicylic acid, niacinamide
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan eksfoliasiCapryloyl salicylic acid, salicylic acid
Kandungan anti-agingTidak diketahui
Kandungan penenangZinc gluconate, Vaccinium myrtillus fruit extract, menthol
Kandungan lainnyaAlcohol denat, triethanolamine, popylene glycol, sorbitol, ​ammonium polyacryloyldimethyl taurate, water
HypoalergenicTidak diketahui
Alkohol
Jenis kulitKulit berminyak
Permasalahan kulitKulit berminyak, kulit berjerawat
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Butiran scrub
Pilihan ukuran50 ml, 100 ml
KemasanTube
Manfaat lainnyaMelawan tanda jerawat dan mengurangi minyak berlebih pada wajah
BPOMNA18171203281
View all
No.6

KAOMen's Biore Bright Energy

Harga referensi
Rp30.900
Agak Murah

Mengangkat kotoran dan minyak berlebih tanpa mengeringkan kulit

Men's Biore Bright Energy adalah solusi pembersih wajah terbaik bagi pria yang menginginkan kulit segar dan bersinar. Dengan kandungan itamin B3 dan micro bright scrub, produk ini mampu mengangkat kotoran serta minyak berlebih tanpa mengeringkan kulit. 


Men's Biore Bright Energy adalah pilihan tepat untuk menjaga kulit wajah tetap cerah dan revitalisasi. Produk ini memberikan hasil optimal bagi para pria yang peduli akan penampilan.

TeksturGel
FragranceTidak diketahui
Kandungan utamaVitamin B3, micro bright scrub
Kandungan pelembapVitamin B3
Kandungan anti-acneTidak ada
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Kandungan pencerahVitamin B3
Kandungan eksfoliasiMicro bright scrub
Kandungan anti-agingVitamin B3
Kandungan penenangTidak ada
Kandungan lainnyaTidak diketahui
HypoalergenicTidak diketahui
AlkoholTidak diketahui
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKusam
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Butiran scrub
Pilihan ukuran100 g
KemasanTube
Manfaat lainnyaMencerahkan dan meratakan warna kulit, menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati, menjadikan kulit tampak lebih bersih dan segar
BPOMNA18191200368
View all
No.7

Natur-E White Brightening Face Wash

Harga referensi
Rp29.000
Agak Murah

Mengandung glutathione! Bikin wajah lebih cerah dan bebas kusam

Bagi Anda yang punya kulit kusam, Anda bisa mencoba mencerahkan kulit dengan facial wash Nature-E ini. Di dalamnya, terdapat kandungan glutathione, olive oil, vitamin E, dan gigawhite. Kombinasi bahan-bahan tersebut akan menghasilkan kulit yang lebih cerah, lembap, dan lebih kencang. 


Wajah yang kusam pun akan tampak lebih bercahaya dan sehat. Produk ini juga bebas bahan iritan, seperti paraben, SLS, dan TEA, sehingga aman digunakan untuk kulit sensitif. 

TeksturKrim
FragranceTidak diketahui
Kandungan utamaGlutathione, olive oil, vitamin E, gigawhite
Kandungan pelembapOlive oil, vitamin E
Kandungan anti-acneTidak ada
Aman untuk kulit sensitif
Kandungan pencerahGigawhite
Kandungan eksfoliasiTidak ada
Kandungan anti-agingVitamin E
Kandungan penenangTidak ada
Kandungan lainnyaTidak diketahui
HypoalergenicTidak diketahui
AlkoholTidak diketahui
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKulit kusam
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Butiran scrub
Pilihan ukuran50 ml
KemasanTube
Manfaat lainnyaMencerahkan
BPOMNA18181206203
View all
No.8

NatashaMen's Facial Wash

Harga referensi
Rp99.900
Agak Mahal

Membersihkan secara mendalam agar wajah bebas komedo dan jerawat

Kebanyakan pria tidak neko-neko saat memilih pembersih wajah, cukup membersihkan secara maksimal dari kotoran dan debu. Jika Anda mencari facial wash yang dapat membersihkan wajah secara maksimal, pilihlah produk dari Natasha ini. 


Facial wash ini memiliki kandungan glycolic acid yang mampu membersihkan kotoran secara mendalam. Alhasil, komedo atau jerawat pun tidak berani muncul. Di samping itu, kandungan horse chestnut dan Aloe vera extract dapat melembapkan kulit. Kulit Anda jadi tampak lebih segar, tidak kusam, dan terjaga kelembapannya. 

TeksturKrim
Fragrance
Kandungan utamaHorse chestnut extract, Aloe vera extract
Kandungan pelembapAloe vera
Kandungan anti-acneTidak ada
Aman untuk kulit sensitif
Kandungan pencerahCitric acid, ascorbyl palmitate
Kandungan eksfoliasiGlycolic acid
Kandungan anti-agingGlycolic acid, vitamin E, vitamin C
Kandungan penenangTidak ada
Kandungan lainnyaAlanine, serine, valine, threonine, proline, isoleucine, tocopherol
HypoalergenicTidak diketahui
Alkohol
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKusam
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Butiran scrub
Pilihan ukuran150 ml
KemasanBotol
Manfaat lainnyaMembersihkan, melembapkan
BPOMNA18221203275
View all
No.9

Kojie San MenFace Wash Lightening

Harga referensi
Rp81.232
Agak Mahal

Mampu mengontrol minyak berlebih dan menjadikan wajah tampak lebih segar

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, Anda bisa mencoba facial wash dari Kojie San. Dengan kandungan sebureductyl, minyak dapat berkurang tanpa membuat kulit menjadi kering. Sebaliknya, kulit justru akan terlihat lebih segar dan tidak tampak mengilap lagi. Selain itu, terdapat kombinasi kojic acid dan glycolic acid yang dapat mengeksfoliasi dan menjadikan kulit lebih cerah. 

TeksturKrim
Fragrance
Kandungan utamaKojic acid, glycolic acid, sebureductyl
Kandungan pelembapGlycerin
Kandungan anti-acneSebureductyl
Aman untuk kulit sensitif
Kandungan pencerahKojic acid
Kandungan eksfoliasiGlycolic acid
Kandungan anti-agingTidak ada
Kandungan penenangTidak ada
Kandungan lainnyaFomes officinalis extract
HypoalergenicTidak diketahui
Alkohol
Jenis kulitBerminyak
Permasalahan kulitBerjerawat, komedo
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Butiran scrub
Pilihan ukuran125 g
KemasanTube
Manfaat lainnyaMengontrol minyak berlebih pada kulit wajah
BPOMNA40141205016
View all
No.10

Johnson & JohnsonNeutrogena Deep Clean Brightening Foaming Cleanser

Harga referensi
Rp60.900
Menengah

Memiliki pH seimbang sehingga aman membersihkan kulit yang sensitif sekalipun

Bila Anda memiliki kulit yang sedikit sensitif, Anda bisa mencoba sabun cuci muka dari Neutrogena ini. Dengan teknologi amino micellar, sabun ini mampu membersihkan 99% kotoran, termasuk mikropolutan. 


Di sisi lain, teknologi ini juga mampu menjaga kelembapan kulit agar kulit tak lantas menjadi kering dan iritasi. Selain itu, terdapat pula kandungan 1% niacinamide yang dapat mencerahkan wajah Anda. Yang terpenting, produk ini memiliki pH seimbang sehingga aman digunakan untuk kulit yang sensitif. 

TeksturGel
Fragrance
Kandungan utamaAmino micellar technology, niacinamide
Kandungan pelembapBetaine, glycerin
Kandungan anti-acneTidak ada
Aman untuk kulit sensitif
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan eksfoliasiTidak ada
Kandungan anti-agingTidak ada
Kandungan penenangTidak ada
Kandungan lainnyaChlorphenesin, sodium hydroxide, hydroxyethylcellulose, disodium EDTA., dll
HypoalergenicTidak diketahui
Alkohol
Jenis kulitSemua jenis kulit
Permasalahan kulitKusam, kering
Rekomendasi usiaTidak diketahui
Butiran scrub
Pilihan ukuran40 g, 100 g
KemasanTube
Manfaat lainnyaMencerahkan, melembapkan
BPOMNA49201200087
View all

5 Rekomendasi Sabun Muka Pria terbaik

No. 1: UnileverPOND'S Men Acne Solution Acne Defense + Oil Fighter Facial Foam

No. 2: MS Glow For MenEnergizer Facial Wash

No. 3: SkintificAmino Acid Ultra-gentle Cleansing Mousse

No. 4: Vaseline Men Face Oil Control Face Wash

No. 5: GARNIERAcno Fight Anti-Acne Scrub In Foam Facial Cleanser

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Sabun Muka Pria Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.