• 10 Pembersih Wajah Pria Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pembersih Wajah Pria Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pembersih Wajah Pria Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pembersih Wajah Pria Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pembersih Wajah Pria Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pembersih Wajah Pria Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Masalah kulit bisa terjadi pada siapa saja, termasuk para pria. Langkah awal dalam merawat wajah adalah menggunakan pembersih wajah pria yang tepat. Wajah yang bersih akan tampak lebih sehat dan siap menerima skincare selanjutnya.

Ada banyak sabun yang dibuat untuk mengatasi kulit berminyak, kering, berjerawat, atau sensitif. Berbagai merek face wash pria yang bagus, seperti Kahf, HAUM, POND'S Men, dan Nivea bisa Anda gunakan. Mari simak tips memilih beserta ulasan lengkap dari kami berikut ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Annisa Anjani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV
dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta.

Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Apakah pria membutuhkan skincare?

Apakah pria membutuhkan skincare?

Baik pria maupun wanita sama-sama membutuhkan skincare untuk merawat kesehatan kulitnya. Setidaknya, Anda membutuhkan skincare pria sederhana, seperti sabun pembersih muka, moisturizer, dan sunscreen.


Mengapa pria membutuhkan skincare? Dalam tubuh pria, terdapat hormon testosteron yang mengakibatkan kulit banyak memproduksi minyak. Produksi minyak yang berlebih di wajah berpotensi memicu masalah pada kulit.


Pria juga cenderung memiliki pori-pori yang besar dan rentan menjadi tempat penumpukan kotoran dan sel kulit mati. Ditambah lagi, aktivitas mencukur jenggot pada pria juga berisiko membuat kulit iritasi.


Lalu, apa saja manfaat menggunakan skincare untuk pria? Selain menyehatkan kulit, merawat wajah dapat memperlambat penuaan dini, meminimalkan dark spot, dan mengatasi kusam. Kulit yang bersih dan sehat tentu akan meningkatkan rasa percaya diri.

Apakah sabun muka wanita bisa untuk pria?

Apakah sabun muka wanita bisa untuk pria?

Ini merupakan pertanyaan yang sering dilontarkan para pria. Sabun muka untuk pria maupun wanita mengandung bahan yang sama. Akan tetapi, umumnya kadar kandungan kedua jenis sabun tersebut berbeda.


Pria boleh-boleh saja memakai sabun wajah wanita. Biasanya tidak akan ada efek samping yang berarti karena sabun muka wanita cenderung lebih ringan. Sebaliknya, para wanita tidak dianjurkan memakai sabun muka pria karena dikhawatirkan kandungan di dalamnya lebih keras.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pembersih wajah pria

Nah, sekarang Anda sudah tahu pentingnya melakukan perawatan wajah untuk pria, bukan? Di bawah ini, kami punya tips memilih sabun wajah pria yang tepat untuk Anda.

Ketahui jenis-jenis pembersih wajah pria

Ketahui jenis-jenis pembersih wajah pria

Berdasarkan formulasinya, sabun pembersih wajah pria dapat dibedakan menjadi beberapa tipe. Mari kita bahas satu per satu perbedaannya.


  • Facial wash

Tipe pembersih muka ini paling umum ditemui di pasaran. Face wash bermanfaat untuk membersihkan wajah dari kotoran dengan tetap mempertahankan kelembapan kulit. Teksturnya bisa berupa gel atau cream, ada yang tanpa busa dan ada juga yang mengandung banyak busa.


  • Facial foam

Produk ini mirip dengan facial wash, yakni sama-sama menghasilkan busa. Namun, busa pada facial foam umumnya lebih lembut, foamy, dan berlimpah. Beberapa produk facial foam juga dilengkapi foam maker untuk menghasilkan busa dengan lebih mudah. Produk pembersih wajah ini dikatakan efektif mengangkat minyak berlebih.


  • Facial scrub

Sabun pembersih muka ini mengandung butiran scrub di dalamnya. Hal ini membuat face scrub ampuh membersihkan pori-pori dan mengangkat sel-sel kulit mati. Namun, perhatikan petunjuk pemakaian produk dan sesuaikan dengan kondisi kulit Anda, ya. Pasalnya, jika terlalu sering scrubbing (over exfoliating), kulit akan kehilangan kelembapan alaminya, bahkan bisa iritasi.


  • Face soap bar

Produk sabun muka batangan kini banyak macamnya dan tak kalah dengan liquid soap. Keunggulan sabun muka batangan adalah cenderung lebih minim pengawet, atau ingredients-nya tidak sekompleks sabun muka cair. Kemasannya juga biasanya lebih ramah lingkungan dan mudah didaur ulang.

Sesuaikan dengan jenis kulit Anda

Sabun cuci muka diciptakan untuk menjawab kebutuhan kulit Anda. Agar tak salah pilih, sesuaikanlah produk sabun muka dengan jenis kulit Anda.

Kulit normal to dry, kandungan moisturizing agent bisa diandalkan

Kulit normal to dry, kandungan moisturizing agent bisa diandalkan

Penyebab kulit kering sangat beragam, salah satunya adalah bercukur. Aktivitas bercukur turut mengikis sebum pada wajah. Oleh karena itu, tak jarang kulit terasa lebih kering di area rahang atau U-zone Anda.


Sabun wajah pria untuk kulit kering harusnya mengandung bahan pelembap. Pilihlah sabun muka yang memberikan hidrasi dan pelembap, seperti hyaluronic acid, allantoin, dan kolagen.

Kulit berminyak, adanya sebum controller akan menguntungkan

Kulit berminyak, adanya sebum controller akan menguntungkan

Produksi kelenjar minyak pada wajah pria 2–3 kali lebih banyak dari kulit wanita. Minyak atau sebum wajah memang sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit. Namun, jika berlebihan, pori-pori lebih mudah tersumbat dan wajah menjadi mengilap.


Anda akan membutuhkan sabun wajah pria yang dapat mengontrol minyak, tetapi juga melembapkan kulit. Gunakanlah sabun berbahan charcoal, niacinamide, atau salicylic acid.

Kulit kombinasi, pembersih muka dengan pH balance bisa dipilih

Kulit kombinasi, pembersih muka dengan pH balance bisa dipilih

Kulit kombinasi adalah gabungan beberapa kondisi kulit. Misalnya, T-zone berminyak, sedangkan area muka lainnya kering. Gabungan kulit kombinasi lainnya bisa juga merupakan kombinasi kulit berminyak dan sensitif, dan lain sebagainya.


Perawatan kulit kombinasi memang agak tricky. Namun, pastikan produk pembersih wajah Anda gentle dan memiliki kadar pH seimbang. Sebagai tambahan, level pH yang baik untuk wajah berada di rentang 4–5,5. Menjaga pH tetap normal sangatlah penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah Anda.

Temukan bahan yang membantu mengatasi masalah kulit Anda

Anda dapat menentukan pembersih wajah mana yang bagus untuk permasalahan kulit Anda. Misalnya, untuk kulit berjerawat, klaim antibakterial dan anti-acne tentu akan membuat Anda lebih safety. Adanya label hypoallergenic dan dermatology tested juga bisa Anda cek sebelum membeli produk pembersih muka.

Antibakteri, cocok untuk masalah kulit berjerawat

Antibakteri, cocok untuk masalah kulit berjerawat

Anda juga bisa mengatasi masalah jerawat membandel dengan pembersih muka pria untuk wajah berjerawat. Bantu atasi jerawat wajah Anda dengan sabun cuci muka yang dapat meredakan inflamasi dan bersifat antibakteri. Produk berlabel noncomedogenic juga bisa Anda pertimbangkan. Cermati kandungan sabun cuci muka pria, seperti salicylic acid (BHA)green tea, dan Centella asiatica.

Hypoallergenic, ideal untuk kulit iritasi dan sensitif

Hypoallergenic, ideal untuk kulit iritasi dan sensitif

Meski kulit pria terkenal lebih tebal dan kuat, kulit pria juga bisa mengalami iritasi. Bahkan, beberapa pria memiliki problem kulit yang mudah iritasi. Hal tersebut merupakan gejala kulit sensitif yang rentan bereaksi dengan ingredient tertentu.


Jika Anda memiliki masalah serupa, gunakan sabun muka berbahan alami dengan bahan yang sederhana. Bahan-bahan yang berpotensi mengiritasi, seperti alkohol denat, etanol, phthalates, silikon, pewarna, dan pewangi sintetis sebaiknya dihindari. Utamakan pembersih muka yang lolos uji dermatologis, gentle, atau hypoallergenic.

Brightening agent, mengatasi masalah kulit kusam

Brightening agent, mengatasi masalah kulit kusam

Padatnya kegiatan di luar ruangan membuat kulit pria sering terpapar debu dan polusi. Jika tidak dirawat dengan benar, kulit wajah akan menjadi kusam. Untuk menanganinya, pilih produk pembersih wajah yang memiliki fungsi mencerahkan.


Brightening agent memberikan kesan kulit yang lebih sehat dan bersih, serta dapat mengendalikan produksi melanin. Brightening agent pada sabun cuci muka pria, antara lain niacinamide, licorice, dan tranexamic acid.

Cek kandungan pelembapnya

Cek kandungan pelembapnya

Keberadaan kandungan pelembap dalam pembersih muka sama pentingnya dengan kemampuan membersihkan sabun itu sendiri. Kandungan pelembap berfungsi menyeimbangkan kembali kelembapan alami kulit yang ikut hilang terbilas sabun wajah. Kandungan ini juga dapat menghilangkan sensasi wajah tertarik dan kering setelah mencuci muka


Oleh karena itu, perhatikan komposisi pembersih wajah pilihan Anda. Utamakan memilih pembersih wajah pria yang memiliki pelembap, seperti ceramide, niacinamide, asam amino, allantoin, glycerin, dan lainnya.

10 Rekomendasi pembersih wajah pria terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pembersih wajah pria terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 20 Juli 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa SOMETHINC memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, HAUM yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 10 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

Gambar produk
1
SOMETHINC Low pH Gentle Jelly Cleanser 1

SOMETHINC

2
Ustraa Face Wash Acne Control - With Neem & Charcoal 1

Ustraa

3
 MS Glow For Men Energizer Facial Wash 1

MS Glow For Men

4
Whitelab Acne Soap 1

Whitelab

5
Kahf Skin Energizing & Brightening Face Wash 1

Kahf

6
Clorismen   Soap 1

Clorismen

7
Unilever POND'S Men Pollution Out Face Wash 1

Unilever

8
ERHA HISERHA Gentle Acne Facial Wash 1

ERHA

9
CAVE Face Wash For Brightening 1

CAVE

10
HAUM Wash On 1

HAUM

Nama produk

Low pH Gentle Jelly Cleanser

Face Wash Acne Control - With Neem & Charcoal

Energizer Facial Wash

Acne Soap

Skin Energizing & Brightening Face Wash

Soap

POND'S Men Pollution Out Face Wash

HISERHA Gentle Acne Facial Wash

Face Wash For Brightening

Wash On

Keunggulan

Dengan pH rendah yang lembut dan melembapkan kulit

Cocok untuk kulit kombinasi yang cenderung sensitif dan mudah berjerawat

Multifungsi, bisa dipakai sebagai face mask

Sabun muka untuk kulit cerah dan bebas jerawat

Tak ada sensasi kulit kaku setelah mencuci muka

Atasi produksi minyak berlebih dengan activated charcoal

Melibas polutan sekaligus membersihkan wajah hingga ke pori-pori

Bersihkan pori dan angkat sel kulit mati dengan scrub plus BHA

Perpaduan licorice dan Centella asiatica untuk kulit cerah bebas jerawat

Lawan tanda penuaan dengan tranexamic acid

Harga mulai dariRp 39.000,00Rp 70.000,00Rp 60.000,00Rp 28.000,00Rp 39.500,00Rp 44.500,00Rp 50.000,00Rp 64.960,00Rp 110.000,00Rp 98.000,00
Tipe produkFacial wash (gel)Facial wash (gel)Facial washSoap barFacial washSoap barFacial scrubFacial scrubFacial foamFacial wash (gel)
Bahan aktifMugwort, tea tree, Centella asiatica, calendulaNeem & charcoalAvena strigosa seed extract, niacinamide, clayBHA dan tea treeHydroBalance, moroccan mint extract, mediterranean grapefruit, niacinamideActivated charcoalCharcoal, coffee bean, niacinamide, salicylic acidZinc PCA, D-panthenol, salicylic acid (BHA)Centella asiatica, licorice, green tea leaf extractTranexamic acid 1,5%
Jenis kulitSemua jenis kulit, termasuk acne-prone dan sensitive skinKombinasi (sensitive & acne-prone skin)Semua jenis kulitBerminyak Semua jenis kulitBerminyak, kombinasiBerminyakKombinasi (berminyak dan sensitif)Semua jenis kulitSemua jenis kulit
PelembapGlycerin, butylene glycol, calendulaVCOAvena strigosa seed extractCoconut oil, niacinamide, propylene glycolGlycerin, allantoinCoconut oilGlycerin, niacinamideZinc PCAGlycerin, butylene glycolHyaluronic acid, glycine, allantoin, collagen
Klaim manfaatTidak membuat kulit kering, mengurangi beruntusanMengontrol minyak, antibakteri, anti-inflamasiMencerahkan, melembapkan, membersihkan dari kotoranMengatasi kulit berjerawat dan iritasi, mencerahkan kulit kusamMenyegarkan dan mencerahkan kulit kusam, tidak membuat kulit keringMengatasi kulit berjerawat, mencerahkan kulitMengangkat polutan dan debu, membersihkan minyak dan komedo, mencerahkan wajah kusamMengatasi kulit wajah berjerawat, mengontrol minyak, mengangkat sel kulit matiMencerahkan, mengatasi jerawat, anti-inflamasi, anti-agingMencerahkan kulit kusam, anti-inflamasi
Tautan produk
10
Tipe produkFacial wash (gel)
Bahan aktifTranexamic acid 1,5%
Jenis kulitSemua jenis kulit
PelembapHyaluronic acid, glycine, allantoin, collagen
Klaim manfaatMencerahkan kulit kusam, anti-inflamasi
9
Tipe produkFacial foam
Bahan aktifCentella asiatica, licorice, green tea leaf extract
Jenis kulitSemua jenis kulit
PelembapGlycerin, butylene glycol
Klaim manfaatMencerahkan, mengatasi jerawat, anti-inflamasi, anti-aging
8

ERHAHISERHA Gentle Acne Facial Wash

Mulai dari Rp 64.960,00

Tipe produkFacial scrub
Bahan aktifZinc PCA, D-panthenol, salicylic acid (BHA)
Jenis kulitKombinasi (berminyak dan sensitif)
PelembapZinc PCA
Klaim manfaatMengatasi kulit wajah berjerawat, mengontrol minyak, mengangkat sel kulit mati
7

UnileverPOND'S Men Pollution Out Face Wash

Mulai dari Rp 50.000,00

Tipe produkFacial scrub
Bahan aktifCharcoal, coffee bean, niacinamide, salicylic acid
Jenis kulitBerminyak
PelembapGlycerin, niacinamide
Klaim manfaatMengangkat polutan dan debu, membersihkan minyak dan komedo, mencerahkan wajah kusam
6
Tipe produkSoap bar
Bahan aktifActivated charcoal
Jenis kulitBerminyak, kombinasi
PelembapCoconut oil
Klaim manfaatMengatasi kulit berjerawat, mencerahkan kulit
5

KahfSkin Energizing & Brightening Face Wash

Mulai dari Rp 39.500,00

Tipe produkFacial wash
Bahan aktifHydroBalance, moroccan mint extract, mediterranean grapefruit, niacinamide
Jenis kulitSemua jenis kulit
PelembapGlycerin, allantoin
Klaim manfaatMenyegarkan dan mencerahkan kulit kusam, tidak membuat kulit kering
4
Tipe produkSoap bar
Bahan aktifBHA dan tea tree
Jenis kulitBerminyak
PelembapCoconut oil, niacinamide, propylene glycol
Klaim manfaatMengatasi kulit berjerawat dan iritasi, mencerahkan kulit kusam
3

MS Glow For MenEnergizer Facial Wash

Mulai dari Rp 60.000,00

Tipe produkFacial wash
Bahan aktifAvena strigosa seed extract, niacinamide, clay
Jenis kulitSemua jenis kulit
PelembapAvena strigosa seed extract
Klaim manfaatMencerahkan, melembapkan, membersihkan dari kotoran
2

UstraaFace Wash Acne Control - With Neem & Charcoal

Mulai dari Rp 70.000,00

Tipe produkFacial wash (gel)
Bahan aktifNeem & charcoal
Jenis kulitKombinasi (sensitive & acne-prone skin)
PelembapVCO
Klaim manfaatMengontrol minyak, antibakteri, anti-inflamasi
1

SOMETHINCLow pH Gentle Jelly Cleanser

Mulai dari Rp 39.000,00

Tipe produkFacial wash (gel)
Bahan aktifMugwort, tea tree, Centella asiatica, calendula
Jenis kulitSemua jenis kulit, termasuk acne-prone dan sensitive skin
PelembapGlycerin, butylene glycol, calendula
Klaim manfaatTidak membuat kulit kering, mengurangi beruntusan

Langkah perawatan wajah sebelum tidur

Langkah perawatan wajah sebelum tidur

Aktivitas padat saat pagi hari mungkin membuat Anda enggan melakukan perawatan wajah. Sebagai alternatif, lakukan perawatan wajah pada malam hari. Menggunakan skincare saat beristirahat juga memberikan hasil yang lebih optimal.


Langkah pertama, bersihkan wajah dengan face wash. Setelah benar-benar bersih, lanjutkan dengan toner untuk mempersiapkan kulit Anda menerima skincare lain. Lalu, gunakan serum sesuai concern kulit Anda dan tutup dengan moisturizer. Langkah perawatan ini akan membantu Anda mendapatkan kulit sehat dan cerah keesokan paginya.

Baca juga rekomendasi skincare lainnya untuk pria di sini

Selain pembersih wajah, lengkapilah rangkaian skincare Anda agar kesehatan kulit tetap terjaga. Di bawah ini, kami telah menghimpun beberapa artikel skincare yang bermanfaat untuk pria. Langsung saja klik tautannya, ya.

Kesimpulan

Saat ini, skincare bukanlah hal yang tabu bagi para pria. Kulit yang sehat dan segar akan terlihat lebih menarik dan meningkatkan rasa percaya diri. Di atas, kami telah memberikan rekomendasi sabun muka terbaik untuk pria.


Pilihlah sabun wajah pria yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit Anda. Silakan gunakan ulasan kami untuk menemukan face wash pria yang paling cocok untuk Anda, ya. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Usia 20-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Usia 20-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Usia 20-an merupakan saat yang tepat untuk merawat kulit, tidak hanya dengan toner dan lotion saja. Sangatlah penting melakukan perawatan kulit dengan serum wajah supaya Anda tetap terlihat awet muda di usia 30 dan 40-an.Di pasaran banyak beredar serum wajah yang bagus, misalnya serum merek The Body Shop, Innisfree, L'Oreal, dan Avoskin. Setiap produk tersebut memiliki fungsi, harga, dan kandungan berbeda-beda. Mari simak penjelasan cara memilihnya agar Anda bisa menentukan serum wajah terbaik untuk kulit Anda! Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori