10 Rekomendasi Cutting Board Terbaik untuk Menghidangkan Makanan (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Cutting Board Terbaik untuk Menghidangkan Makanan (Terbaru Tahun 2018)

Cutting board merupakan barang yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas dapur, terutama jenis cutting board yang paling sering dipakai, yaitu cutting board kayu. Dewasa ini cutting board dibuat dengan berbagai macam bentuk sehingga lebih menarik, yang bahkan bisa dipakai sebagai pengganti piring di restoran atau kafe tertentu.

Pada artikel ini, kami akan memberikan 10 rekomendasi cutting board terbaik dengan berbagai desain dan kegunaan. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan tips cara memilih cutting board untuk menghidangkan makanan yang baik. Jadi, jangan lewatkan artikel yang satu ini!

Daftar isi

Cara memilih cutting board untuk menghidangkan makanan

Bagi Anda yang menginginkan cutting board kayu stylish seperti yang biasa digunakan di kafe, tetapi bingung menentukan pilihan, berikut ini kami akan memberikan tips cara memilih cutting board kayu yang baik. Mari simak penjelasan kami berikut!

Pilih berdasarkan ukuran makanan yang akan disajikan

Pilih berdasarkan ukuran makanan yang akan disajikan

Hal yang penting untuk diperhatikan adalah ukuran makanan yang akan disajikan di atas cutting board. Tidak seperti piring, cutting board tidak memiliki pinggiran, jadi jika Anda hendak menyajikan makanan seperti salad, sebaiknya Anda memilih yang ukurannya besar. Lalu, jika Anda meletakkan makanan yang berair seperti steak daging, Anda juga tidak perlu khawatir cairan daging akan tumpah dan mengotori meja.

Sebaliknya, jika Anda ingin menyajikan hors d’oeuvres atau canapes (makanan pembuka ala Prancis), sebaiknya Anda memilih cutting board berukuran lebih kecil. Dengan begitu, meja tidak akan penuh sesak dengan piring dan cutting board. Selain itu, memberi jarak antar piring memiliki estetika tersendiri. Namun, jika Anda masih kebingungan mengenai ukuran makanan yang akan disajikan, sebaiknya pilihlah cutting board yang berukuran cukup besar.

Pilihlah bentuk yang Anda inginkan

Pilihlah bentuk yang Anda inginkan

Cutting board memiliki berbagai variasi bentuk. Misalnya, bentuk kotak, bentuk bundar, dan bentuk-bentuk seperti buah-buahan dan hewan. Jadi, sesuaikan kegunaan cutting board dengan bentuknya.

Namun, dibandingkan sisi kegunaan, cutting board berdesain cantik kadang lebih cocok untuk dikoleksi. Jika tujuannya adalah untuk dipajang atau dikoleksi, Anda dapat memilih desain apa pun yang Anda suka. Dengan begitu, Anda tidak akan menyesal setelah membelinya.

Memilih berdasarkan kayu yang digunakan

Di bawah ini kami akan memperkenalkan jenis-jenis kayu yang sering digunakan untuk membuat cutting board. Selain bahan berikut, kami juga merekomendasikan Anda untuk memilih warna yang sesuai dengan makanan yang akan dihidangkan.

Bahan kayu oak yang kuat dan tahan lama

Bahan kayu oak yang kuat dan tahan lama

Cutting board berbahan kayu oak terasa lebih berat saat dibawa dan lebih awet jika disimpan dalam waktu lama. Di Eropa dan Amerika, kayu oak tidak hanya dipakai untuk pembuatan furnitur, tetapi juga pembuatan barel whisky. Pohon oak tersebar di banyak daerah sehingga karakteristiknya berbeda-beda tiap daerah. Kayu pohon oak di daerah selatan cenderung lebih cepat tumbuh sehingga kayunya pun lebih besar. Kayu oak memiliki warna coklat dengan corak guratan putih sehingga sangat cocok untuk menyajikan roti, buah, kue, dan makanan lain.

Kayu pohon karet yang lembut dan ringan

Kayu pohon karet yang lembut dan ringan

Cutting board kayu yang terbuat dari kayu pohon karet relatif ringan dan lembut sehingga lebih mudah diproses. Selain itu, penggunaan kayu pohon karet sangat ramah lingkungan karena pohon karet yang sudah tidak dapat diambil getahnya dapat didaur ulang menjadi kerajinan kayu seperti cutting board. Di Asia, kayu pohon karet banyak dipakai sebagai furnitur rumah ataupun bangunan. Untuk cutting board, karena teksturnya yang lembut dan warnanya yang agak putih, akan sangat cantik jika digunakan untuk menyajikan roti dan kue. Sayangnya, cutting board dengan bahan kayu pohon karet masih jarang ditemukan di Indonesia.

Cepat kering, bahan kayu pohon zaitun

Cepat kering, bahan kayu pohon zaitun

Kayu pohon zaitun sangat padat dan dan keras. Selain itu, karena bahan ini cepat kering, cocok digunakan untuk peralatan dapur. Pohon zaitun biasanya tidak ditanam untuk dipotong, tetapi orang menggunakan pohon zaitun yang sudah tumbang untuk dijadikan bahan furnitur. Biasanya pohon dikeringkan secara alami terlebih dahulu selama 3-7 tahun setelah dipotong.

Satu pohon bisa memiliki motif kayu yang berbeda, karena itu kadang orang tidak menyangka motif kayu berbeda tersebut masih berasal dari pohon yang sama. Berbagai jenis makanan dapat dihidangkan pada cutting board kayu dari bahan kayu zaitun tergantung teksturnya. Oleh karena itu, bahan ini termasuk bahan yang serbaguna.

Kayu akasia untuk cutting board keras dan tahan lama

Kayu akasia untuk cutting board keras dan tahan lama

Bahan kayu akasia lebih tahan lama karena tidak cepat membusuk. Pohon akasia tersebar di daerah Afrika dan Asia Tenggara, tetapi tekstur kayunya sangat berbeda tergantung dengan daerah asalnya. Kayu jenis ini mirip dengan kayu pohon kenari yang merupakan bahan berkelas tinggi dan biasa digunakan sebagai bahan pembuatan lantai. Warna coklat tua dari kayu akasia terlihat mewah dan cocok dengan hidangan apapun, terutama hidangan daging dan hors d’oeuvres.

Pilih tipe reversible yang bisa digunakan kedua sisinya

Pilih tipe reversible yang bisa digunakan kedua sisinya

Di antara banyak tipe cutting board, terdapat pula tipe reversible yang dapat digunakan kedua sisinya. Jadi, Anda bisa bergantian menggunakan kedua sisi untuk hidangan yang berbeda.

Contoh lain, jika Anda menggunakan sisi yang satu untuk memotong roti atau bahan lain dengan pisau, dan menggunakan sisi lain untuk menyajikan makanan, Anda bisa terus menggunakan cutting board tanpa goresan yang terlihat saat menyajikan makanan. Tentu saja, Anda juga bisa menyesuaikan bahan makanan sesuai kedua sisi cutting board.

10 Rekomendasi cutting board terbaik untuk menghidangkan makanan

Di bawah ini kami akan memberikan 10 rekomendasi cutting board terbaik yang dapat Anda jadikan salah satu koleksi di dapur Anda. Pilihlah sesuai hidangan yang akan Anda sajikan atau pilih sesuai selera Anda, karena tidak hanya untuk makanan, cutting board di bawah ini juga layak dijadikan pajangan yang cantik.

10. BambooWorx Pizza Peel Cutting Board

10. BambooWorx Pizza Peel Cutting Board

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 961.000

Sempurna untuk menyajikan pizza, cutting board berbentuk bulat

Bagi Anda pencinta pizza, pasti Anda tidak ingin melewatkan cutting board kayu yang satu ini. Dengan bentuk lingkaran dan gagang yang dapat memudahkan saat dibawa, cutting board ini tidak hanya dapat digunakan untuk menyajikan pizza, tapi juga bisa untuk membuat adonan pizza.

Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah memindahkan pizza atau pastry dari panggangan ke piring berkat pegangan kayu anti panasnya. Bahannya terbuat dari 100% bambu organik sehingga aman dan ramah lingkungan. Ukurannya yang cukup besar juga bisa untuk menyajikan buah dan roti.

9. Oxone Bamboo Cutting Board OX-614

9. Oxone Bamboo Cutting Board OX-614

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 325.000

Cutting board praktis yang dilengkapi dengan wadah bumbu

Cutting board dari Oxone ini cocok digunakan oleh Anda yang ingin lebih praktis saat memotong bumbu atau meyajikan makanan dengan bumbu tambahan. Dengan wadah bumbu di bawah papan, Anda bisa meletakkan bumbu yang sudah dipotong atau menyajikan makanan seperti roti dengan saus di wadah bumbu tersebut.

Bahannya terbuat dari kayu pilihan sehingga tentunya akan lebih kuat, kokoh, dan awet. Miliki cutting board yang sangat praktis ini dan jadikan kegiatan memasak Anda lebih mudah!

8. Waris Talenan Kayu

8. Waris Talenan Kayu

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 199.000

Cutting board unik dengan kesan raw, cocok untuk pajangan maupun hidangan

Untuk kesan yang lebih natural, Anda dapat mencoba menyajikan makanan dengan cutting board ini. Desainnya unik seperti kayu yang baru saja dipotong, menghadirkan kesan alami di meja Anda.

Cutting board ini cocok digunakan untuk menyajikan buah, salad, bahkan minuman. Tidak hanya untuk menyajikan makanan, Anda juga bisa menjadikan cutting board ini sebagai pajangan di dapur Anda.

7. Ikea Fascinera Chopping Board

7. Ikea Fascinera Chopping Board

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 409.500

Cutting board dengan ukuran panjang untuk menyajikan makanan lengkap

Dengan ukuran panjang 40 cm dan lebar 35 cm, cutting board ini cukup besar untuk menyajikan berbagai makanan seperti roti, buah, dan keju bersamaan. Untuk memotong bahan yang panjang seperti wortel atau roti Prancis pun lebih mudah dengan cutting board ini.

Bahannya terdiri dari kayu akasia yang membuatnya lebih padat dan tahan lama. Untuk perawatan juga cukup mudah, Anda cukup mencucinya dengan tangan karena cutting board ini tidak bisa dimasukkan ke dalam mesin cuci piring.

6. Ikea Proppmatt Cutting Board

6. Ikea Proppmatt Cutting Board

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 306.850

Dilengkapi lengkungan di sisi cutting board, mencegah saus atau cairan daging tumpah

Cutting board dari Ikea ini memiliki berat 1,7 kg sehingga lebih stabil dan tidak mudah tergeser saat memotong bahan makanan. Terapat pula lengkungan di sepanjang sisi cutting board yang berfungsi untuk mencegah saus atau cairan daging yang dihidangkan tumpah ke meja.

Dengan fungsi tersebut, tentunya cutting board ini cocok untuk menyajikan makanan bersaus, daging steak, atau roti dengan topping ice cream. Terbuat dari kayu beech, cutting board ini tahan lama dan memiliki tampilan yang menarik.

5. Cucina Priolo Cutting Board

5. Cucina Priolo Cutting Board

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.405.000

Cutting board higienis yang tidak menyerap bakteri dan bau

Seringkali cutting board berbahan kayu dapat menjadi bau setelah digunakan memotong bahan makanan dengan bau kuat seperti bawang. Namun, cutting board berbahan kayu pohon zaitun Mediterania ini memiliki fungsi antibakteri. Anda tidak perlu khawatir lagi dengan bau yang menempel pada cutting board.

Cutting board ini juga lebih padat dan permukaannya yang tidak berpori akan menjadikannya tahan lama. Selain itu, bahannya juga ramah lingkungan dan aman untuk semua jenis makanan. Anda pasti akan sangat menyukai cutting board pilihan kami ini.

4. Natural Design Cutting Board

4. Natural Design Cutting Board

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.225.000

Cutting board yang cocok untuk menghidangkan steak

Cutting board berbahan kayu oak ini bisa menjadi pilihan lain untuk Anda yang ingin menghidangkan steak dengan cara unik. Permukaannya sendiri diberi motif seperti potongan steak sehingga sangat menarik untuk dihadirkan di meja makan.

Cutting board ini juga memiliki dua sisi yang berbeda, satu sisinya dapat digunakan untuk memotong bahan makanan dan sisi satunya lagi untuk menghidangkan makanan. Untuk pencinta steak tentu wajib mengoleksi cutting board yang satu ini!

3. Tramanto Olive Wood Cutting Board

3. Tramanto Olive Wood Cutting Board

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.115.000

Cutting board dengan motif raw berkesan vintage

Untuk Anda yang menyukai desain ruangan serba vintage, Anda dapat menjadikan cutting board ini sebagai salah satu pajangan di dapur Anda. Terbuat dari kayu pohon zaitun, cutting board ini memiliki motif raw yang dapat memberi kesan mewah dan elegan.

Tidak hanya untuk pajangan, cutting board ini juga cantik untuk menghidangkan makanan seperti cookies dan secangkir teh. Bahannya yang alami tanpa menggunakan cat buatan sangat aman untuk makanan. Hadirkan kesan vintage dan mewah di meja makan Anda sekarang juga!

2. Kristie’s Kitchen Cutting Board with Trays

2. Kristie's Kitchen Cutting Board with Trays

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.330.000

Dilengkapi wadah penyimpanan, mudah memindahkan makanan yang telah dipotong

Apa Anda sering merasa kerepotan saat memindahkan sayur-sayur yang telah dipotong ke wadah lain? Untuk menjawab masalah tersebut, cutting board dari Kristie’s ini dirancang dengan wadah penyimpanan yang dapat menampung sayur atau daging yang telah Anda potong langsung di bawah cutting board.

Berbahan kayu akasia, cutting board ini secara alami tahan lama, tahan air, dan juga memiliki fungsi antibakteri. Cutting board ini juga 100% aman untuk makanan karena kayunya 100% organik, tanpa pewarna buatan, dan bebas formalin.

1. Teakhaus Cutting Board

1. Teakhaus Cutting Board

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 10.957.604

Cutting board dengan motif kotak-kotak yang unik dan elegan

Cutting board ini memiliki fitur cukup lengkap seperti handle tangan, lengkungan di sisi papan untuk menahan cairan tercecer, dan juga fitur reversible yang memungkinkan penggunaan di kedua sisi. Merawatnya pun cukup mudah karena hanya perlu diberi air sabun dan mineral oil sesekali.

Dari segi motif dan bentuk, cutting board berbahan jati ini sangat layak dijadikan salah satu koleksi Anda. Motif kotak-kotaknya sangat detail dan elegan, Anda dapat menyajikan hampir semua jenis makanan terutama steak dengan cutting board ini.

Tips merawat cutting board agar tahan lama

Cutting board akan cepat rusak jika Anda salah menggunakannya. Di bawah ini kami akan memberikan tips dan perawatan agar cutting board lebih awet dan tahan lama.

Jangan gunakan mesin cuci piring

Jangan gunakan mesin cuci piring

Pada dasarnya, cutting board kayu tidak boleh dicuci di mesin pencuci piring. Walau ada cutting board yang bisa dicuci di dalam mesin, mencuci cutting board menggunakan mesin tersebut malah bisa menyebabkan tekstur kayunya hilang, bahkan bisa rusak karena proses pengeringan. Sebisa mungkin, cucilah cutting board dengan tangan.

Setelah membeli, cucilah cutting board sebelum digunakan

Setelah membeli, cucilah cutting board sebelum digunakan

Beberapa cutting board kayu dilapisi minyak khusus saat pengiriman untuk mencegah mengeringnya permukaan cutting board. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencuci terlebih dahulu cutting board baru sebelum digunakan.

Segera cuci cutting board setelah digunakan

Segera cuci cutting board setelah digunakan

Mari membiasakan diri untuk selalu mencuci cutting board segera setelah digunakan. Untuk mencuci cutting board memang paling baik menggunakan sikat khusus piring, tetapi beberapa cutting board dilapisi bahan tertentu pada permukaannya sehingga Anda perlu mengecek di kemasan apakah cutting board yang Anda beli aman dicuci menggunakan sikat piring.

Lalu, ketika menggunakan sabun cuci piring, pastikan Anda membilas cutting board dengan bersih sehingga tidak ada sabun yang tertinggal. Keringkan cutting board di tempat berventilasi setelah dicuci untuk mencegah bakteri berkembang.

Gunakan minyak untuk mengembalikan kilau cutting board

Gunakan minyak untuk mengembalikan kilau cutting board

Jika Anda merasa kilau di permukaan cutting board mulai hilang, Anda bisa mengoleskan minyak untuk mengembalikan kilau tersebut. Kami menyarankan Anda memilih minyak yang cepat kering. Namun, selama minyak yang Anda gunakan aman untuk makanan, minyak apapun boleh Anda gunakan. Setelah mengaplikasikan minyak, keringkan cutting board dengan cara dilap menggunakan handuk kering.

Tips memanfaatkan cutting board kayu

Disamping untuk menghidangkan makanan, cutting board memiliki berbagai kegunaan. Di bawah ini kami akan menjelaskannya satu persatu.

Menyajikan makanan pembuka dengan lebih stylish

Menyajikan makanan pembuka dengan lebih stylish

Cutting board kayu sangat praktis digunakan ketika Anda ingin menyajikan makanan pembuka dengan cantik dan stylish. Hanya dengan menyajikan makanan pembuka yang Anda inginkan pada cutting board, Anda sudah bisa merasakan sensasi makan seperti di kafe.

Menyajikan makanan yang simpel seperti cookies, coklat, keju dan lain-lain di atas cutting board, maka tampilan dan suasana meja Anda akan menjadi berbeda dalam sekejap. Jangan ragu untuk mencobanya!

Praktis untuk dijadikan tatakan panci

Praktis untuk dijadikan tatakan panci

Tidak hanya untuk menyajikan makanan, cutting board juga bisa dimanfaatkan sebagai tatakan panci. Jika Anda mencari tatakan panci yang unik dan menarik, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan cutting board.

Selain itu, jika Anda ingin menyajikan minuman seperti cangkir dan tea pot, cutting board juga dapat digunakan sebagai pengganti nampan. Dengan begitu, tampilan minuman Anda akan lebih terlihat unik dan mewah.

Cantik untuk interior rumah

Cantik untuk interior rumah

Cutting board kayu juga dapat menjadi salah satu item fashionable untuk interior rumah. Anda bisa meletakkannya di depan suatu ruangan dan menghiasnya menjadi papan selamat datang atau hiasan lain. Anda bebas berkreasi sesuai ruangan tempat Anda akan menaruh cutting board.

Kesimpulan

Demikianlah 10 rekomendasi cutting board terbaik untuk menghidangkan makanan pilihan kami untuk Anda. Apakah Anda telah menemukan cutting board yang Anda inginkan?

Untuk membuat pesta atau makan malam di rumah menjadi semakin menarik, tidak ada salahnya mencoba cutting board sebagai pengganti piring atau tatakan sajian Anda. Selamat menikmati saat makan dengan lebih unik dan menyenangkan!