1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Peralatan masak
  6. >
  7. 10 Cutting Board Terbaik untuk Menghidangkan Makanan - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Cutting Board Terbaik untuk Menghidangkan Makanan - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Cutting Board Terbaik untuk Menghidangkan Makanan - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Cutting Board Terbaik untuk Menghidangkan Makanan - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Cutting Board Terbaik untuk Menghidangkan Makanan - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Cutting Board Terbaik untuk Menghidangkan Makanan - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Cutting Board Terbaik untuk Menghidangkan Makanan - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023)

Cutting board merupakan barang yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas dapur. Adapun cutting board yang paling sering dipakai adalah yang berbahan kayu. Dewasa ini, cutting board dibuat dengan berbagai macam bentuk sehingga lebih menarik. Bahkan, ada yang bisa dipakai sebagai pengganti piring di restoran atau kafe.

Kali ini, kami akan memberikan tips memilih cutting board yang bagus untuk menghidangkan makanan. Setelah itu, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaiknya. Anda akan menemukan cutting board berkualitas dari merek Oxone, IKEA, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari.
Diperbaharui 06-24-2022
Pakar
Chef
Laire Siwi Mentari

Kariernya di dunia kuliner selama 8 tahun membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur. Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini, Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum.

Profil Laire Siwi Mentari
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih cutting board untuk menghidangkan makanan

Menghidangkan makanan dengan cutting board kayu seperti yang digunakan di kafe memang mengasyikkan. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilihnya agar Anda bisa menemukan produk yang tepat.

① Pilih ukuran berdasarkan makanan yang akan disajikan

Pilih ukuran berdasarkan makanan yang akan disajikan
Sumber: ikea.co.id
Ketika hendak menggunakan cutting board sebagai piring, penting untuk memperhatikan ukurannya. Berbeda dengan piring biasa, cutting board tidak memiliki pinggiran. Jangan pernah menggunakan cutting board berukuran kecil untuk makanan berjumlah banyak atau berukuran besar. Jika Anda hendak menyajikan makanan seperti salad, sebaiknya pilih yang ukurannya besar.

Sebaliknya, ketika Anda ingin menyajikan hors d'oeuvres atau canapes (makanan pembuka ala Prancis), pilihlah cutting board berukuran lebih kecil. Dengan begitu, meja tidak akan terasa sempit. Selain itu, memberi jarak antar piring akan memberikan estetika tersendiri. Namun, jika Anda masih bingung menentukan ukuran yang pas, sebaiknya pilih cutting board yang berukuran cukup besar saja.


Jenis makanan pun sangat penting untuk diperhatikan. Cutting board hanya cocok untuk menyajikan makanan kering. Hindari memakai cutting board sebagai alas saji makanan steak karena steak mengandung cairan yang berasal dari dagingnya. Ketika Anda memotong daging di alas yang permukaannya rata, sarinya akan meleber.


Maka dari itu, sebaiknya gunakan alas yang cekung untuk makanan yang mengandung cairan. Daging yang bisa disajikan memakai cutting board hanya daging olahan, seperti smoked beef, salami, bacon, dan lainnya.

② Periksa jenis kayu yang digunakan

Kayu yang digunakan untuk membuat cutting board ada bermacam-macam, seperti kayu beech, kayu mahoni, kayu mangga, dan sebagainya. Namun, di bawah ini kami akan memperkenalkan jenis-jenis kayu yang paling sering dipakai untuk membuat cutting board. Selain bahan, kami juga merekomendasikan Anda untuk memilih warna sesuai makanan yang akan dihidangkan.

Bahan kayu oak, kuat dan tahan lama

Bahan kayu oak, kuat dan tahan lama
Sumber: ikea.co.id
Cutting board berbahan kayu oak terasa lebih berat saat dibawa dan lebih awet jika disimpan dalam waktu lama. Di Eropa dan Amerika, kayu oak tidak hanya dipakai untuk pembuatan furnitur, tetapi juga pembuatan barel whisky. Pohon oak tersebar di banyak daerah sehingga karakteristiknya berbeda-beda pada tiap daerah. Kayu pohon oak di daerah selatan cenderung lebih cepat tumbuh sehingga kayunya pun lebih besar.

Kayu oak memiliki warna cokelat dengan corak guratan putih sehingga sangat cocok untuk menyajikan roti, buah, kue, dan makanan lain. Kayu ini bersifat tahan terhadap cairan dan tidak mudah lapuk akibat lembap dan rayap meski tanpa pelapis waterproof sekalipun. Bahan kayu oak yang biasa dipakai untuk cutting board adalah kayu oak putih. Kayu oak putih memiliki tekstur yang padat sehingga lebih awet.

Kayu pohon karet, lembut dan ringan

Kayu pohon karet, lembut dan ringan
Cutting board yang terbuat dari kayu pohon karet relatif ringan sehingga lebih mudah dibawa-bawa. Serat pohon karet yang lembut membuat bobotnya lebih enteng daripada jenis kayu lain. Selain itu, penggunaan kayu pohon karet pun sangat ramah lingkungan. Pohon karet yang sudah tidak dapat diambil getahnya dapat didaur ulang menjadi kerajinan kayu seperti cutting board.

Di Asia, kayu pohon karet banyak dipakai sebagai furnitur rumah atau bangunan. Karakteristik teksturnya yang lembut dan warna keputihan akan sangat cantik jika digunakan untuk menyajikan roti dan kue.


Sayangnya, jenis kayu ini lebih rentan terhadap jamur dan serangga perusak kayu. Karena itu, jika Anda memilih cutting board dari kayu pohon karet, pastikan permukaannya telah dilapisi pengawet yang food grade.

Kayu akasia, tahan lama dan tampak mewah

Kayu akasia, tahan lama dan tampak mewah
Sumber: ikea.co.id
Bahan kayu akasia lebih tahan lama karena tidak cepat membusuk. Pohon akasia tersebar di daerah Afrika dan Asia Tenggara, tetapi tekstur kayunya sangat berbeda tergantung pada daerah asalnya. 

Kayu ini mirip dengan kayu pohon kenari yang merupakan bahan berkelas tinggi dan biasa digunakan sebagai bahan pembuatan lantai. Warna cokelat tua dari kayu akasia terlihat mewah dan cocok dengan hidangan apa pun, terutama hidangan daging dan hors d'oeuvres.


Kayu akasia memiliki serat yang halus. Tekstur dan warna alaminya sangat bagus sehingga tidak memerlukan pelapis apa pun. Berkat seratnya yang halus itu pula, kayu akasia cukup awet dan tidak rentan patah, serta lebih tahan terhadap goresan.

Bambu, bersifat antibakteri alami

Bambu, bersifat antibakteri alami
Sumber: ikea.co.id
Bambu dikenal memiliki sifat antibakteri secara alami. Bambu sendiri tidak membutuhkan bahan kimia untuk dapat tumbuh, tetapi akan bertumbuh secara alami. Jadi, cutting board yang terbuat dari bambu pastinya akan cocok untuk Anda yang menyenangi produk ramah lingkungan.

Selain itu, cutting board berbahan bambu tidak terlalu menyerap air dibandingkan cutting board dari kebanyakan jenis kayu lainnya. Hal tersebut akan membuat Anda lebih mudah dalam membersihkannya. Ditambah lagi, bambu tergolong bahan yang paling mudah dibersihkan.

③ Pilih tipe reversible yang bisa digunakan kedua sisinya

Di antara banyak jenis cutting board, terdapat pula jenis reversible yang dapat digunakan kedua sisinya. Jadi, Anda bisa bergantian menggunakan kedua sisi untuk hidangan yang berbeda.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan sisi yang satu untuk memotong roti atau bahan lain dengan pisau. Kemudian, gunakan sisi lainnya saat Anda menyajikan makanan. Dengan begitu, Anda bisa terus menggunakan cutting board tanpa goresan yang terlihat saat menyajikan makanan. Tentu saja, Anda juga bisa menyesuaikan bahan makanan sesuai kedua sisi cutting board.


Namun, Anda harus lebih cermat dalam menggunakan bahan makanan yang akan disajikan supaya lebih higienis. Apabila satu sisi biasa Anda pakai untuk daging, gunakan sisi tersebut untuk daging seterusnya dan tidak untuk bahan makanan lainnya.

10 Rekomendasi cutting board terbaik untuk menghidangkan makanan

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cutting board terbaik untuk menghidangkan makanan yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Laire Siwi Mentari.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Cook's Habit

Rectangle Stamping France Wooden Paddle Mini Cutting Board

Cook's Habit  Rectangle Stamping France Wooden Paddle Mini Cutting Board 1枚目

Hiasi meja Anda dengan cutting board berukuran mini

2

IKEA

PROPPMÄTT Talenan

IKEA PROPPMÄTT Talenan 1枚目

Lengkungan di sekelilingnya mencegah saus atau cairan tertumpah

3

Dekornata

Double Handle Serving Board

Dekornata Double Handle Serving Board 1枚目

Cutting board dengan ukuran panjang untuk menyajikan makanan lengkap

4

Atria

Rectangular Bamboo Cutting Board

Atria Rectangular Bamboo Cutting Board 1枚目

Dapat dua cutting board sekaligus dalam satu paket, lebih ekonomis!

5

Waris

Talenan Nampan

Waris Talenan Nampan 1枚目

Unik dengan kesan raw, cantik untuk pajangan maupun hidangan

6

Pamosroom

Wooden Cutting Board Bulat

Pamosroom Wooden Cutting Board Bulat 1枚目

Tebal dan berbentuk bulat, sempurna untuk menyajikan pizza!

7

Homeland

Rinjani Wooden Cutting Board

Homeland Rinjani Wooden Cutting Board 1枚目

Menambah estetika makanan dengan enam sudut asimetrisnya!

8

Oxone

OX-613 Rainbow Cutting Broad Set

Oxone  OX-613 Rainbow Cutting Broad Set 1枚目

Set cutting board untuk menyiapkan dan menghidangkan makanan, lebih higienis!

9

Acacia Wood Chopping Board

 Acacia Wood Chopping Board 1枚目

Kesan naturalnya akan menghangatkan waktu makan bersama keluarga

10

Oak Wood Cake Board

 Oak Wood Cake Board 1枚目

Menyajikan kue dan dessert dengan cutting board bernuansa alam, kenapa tidak?

Perincian produk
Close
No.1

Cook's Habit Rectangle Stamping France Wooden Paddle Mini Cutting Board

Mulai dari Rp49.900,00

Hiasi meja Anda dengan cutting board berukuran mini

Stamping menara Eiffel disertai ucapan bahasa Prancis "bon appétit" adalah daya tarik utama serving board ini. Berukuran kecil, produk ini pas untuk menyajikan appetizer, snack, atau buah-buahan kecil. Jangan lewatkan cutting board ini jika Anda seorang foodies. Warna cerahnya juga akan membuat momen bersantai makin menyenangkan!
No.2

Lengkungan di sekelilingnya mencegah saus atau cairan tertumpah

IKEA menciptakan cutting board dengan lengkungan di sisinya untuk mencegah saus atau cairan daging yang disajikan tumpah. Sangat tepat untuk menyajikan makanan bersaus, steak, atau roti dengan topping ice cream, bukan? Hidangkan makanan tanpa khawatir ada cairan tertumpah mengotori meja atau pakaian dengan memilih produk ini!
No.3

DekornataDouble Handle Serving Board

Mulai dari Rp107.000,00

Cutting board dengan ukuran panjang untuk menyajikan makanan lengkap

Dengan ukuran panjang 36 cm dan lebar 18 cm, cutting board ini cukup besar untuk menyajikan berbagai makanan secara lengkap. Anda bisa menggunakannya untuk menyajikan misalnya roti, buah, dan keju secara bersamaan.

Pegangan di kedua sisinya akan memudahkan Anda membawanya. Jika Anda membutuhkan cutting board untuk menyajikan beragam makanan sekaligus, segera miliki produk ini! Serving board double handle ini juga cocok dibawa saat piknik untuk menikmati picnic board set atau saat hendak cheese testing.

No.4

AtriaRectangular Bamboo Cutting Board

Mulai dari Rp508.400,00

Dapat dua cutting board sekaligus dalam satu paket, lebih ekonomis!

Ketika membeli produk ini, Anda akan langsung memperoleh dua cutting board dengan ukuran berbeda. Saat menghidangkan makanan, Anda bisa menggunakan yang ukurannya lebih besar. Sementara itu, ketika Anda hendak menghidangkan buah atau kue, cutting board yang kecil cocok digunakan.

Setiap produk dibuat menggunakan bambu berkualitas tinggi sehingga menjadi makin awet. Selain itu, produk ini sudah dirancang agar mampu menjaga makanan yang dihidangkan tetap higienis. Jika Anda menyukai produk berkualitas yang ekonomis, cutting board ini tidak boleh dilewatkan.
No.5

Unik dengan kesan raw, cantik untuk pajangan maupun hidangan

Untuk kesan yang lebih natural, Anda dapat mencoba menyajikan makanan dengan cutting board ini. Desainnya unik seperti kayu yang baru saja dipotong, menghadirkan kesan alami di meja Anda. Tampilannya yang raw membuat produk ini cocok untuk dipakai menyajikan buah, salad, minuman, dan sebagai pajangan di dapur Anda.
No.6

PamosroomWooden Cutting Board Bulat

Mulai dari Rp70.000,00

Tebal dan berbentuk bulat, sempurna untuk menyajikan pizza!

Bagi Anda pencinta pizza, pastikan Anda tidak melewatkan cutting board yang satu ini. Produk ini hadir dengan bentuk lingkaran layaknya cutting board yang biasa digunakan di restoran pizza. Terlebih lagi, cutting board ini dilengkapi gagang sehingga Anda akan makin mudah membawanya. Pilihan tepat untuk menyajikan pizza!

No.7

HomelandRinjani Wooden Cutting Board

Mulai dari Rp69.000,00

Menambah estetika makanan dengan enam sudut asimetrisnya!

Serving board ini didesain dalam bentuk segi enam yang asimetris. Bentuk yang tidak biasa tersebut akan membuat makanan yang disajikan menjadi lebih Instagrammable. Apabila Anda memiliki usaha kafe atau restoran, bagaimana kalau mencoba menyajikan makanan dengan serving board ini?


Makanan yang cocok disajikan pada produk ini adalah makanan fusion yang diberi sedikit garnish edible flower. Dengan demikian, sajian makanan Anda akan terkesan modern. Cutting board yang tersedia dalam tiga ukuran ini harganya juga bersahabat, lho.

No.8

Oxone OX-613 Rainbow Cutting Broad Set

Mulai dari Rp490.000,00

Set cutting board untuk menyiapkan dan menghidangkan makanan, lebih higienis!

Bahan makanan seperti sayuran, daging, dan ikan perlu disiapkan dalam cutting board yang berbeda untuk menjaga kebersihannya. Produk ini disediakan untuk menjawab kebutuhan tersebut! Cutting board set ini menyediakan empat talenan berwarna berbeda untuk menyiapkan makanan! 


Setelah makanan siap, Anda pun bisa menghidangkannya dengan wooden board-nya. Jadi tak repot karena harus mencuci cutting board sebelum menyajikan makanan, bukan? Anda yang terbiasa menyediakan hidangan lengkap di rumah juga cocok memilih produk ini.

No.9

Acacia Wood Chopping Board

Mulai dari Rp355.000,00

Kesan naturalnya akan menghangatkan waktu makan bersama keluarga

Memberikan kesan clean, tetapi tetap hangat, produk ini cocok untuk hidangan penuh warna, misalnya sushi roll dan sashimi. Anda dan keluarga penggemar sushi atau makanan Jepang lainnya? Serving board ini wajib dimasukkan ke keranjang belanja Anda. Image elegan yang natural ala Asia Timur sangat kuat pada produk berbahan kayu akasia ini.

No.10

Menyajikan kue dan dessert dengan cutting board bernuansa alam, kenapa tidak?

Apakah Anda hobi memasak kue dan makanan manis seperti cupcake atau sliced cake? Produk dengan nuansa natural yang tinggi ini patut Anda pertimbangkan. Dengan pinggiran yang tidak rata, produk ini mengeluarkan image alam yang sangat kental. Menyajikan cake di atas serving board ini akan memberikan nilai estetika yang memanjakan mata Anda.

Tips merawat cutting board agar tahan lama

Cutting board akan cepat rusak jika Anda salah menggunakannya. Di bawah ini kami akan memberikan tips dan perawatan agar cutting board lebih awet dan tahan lama.

Jangan gunakan mesin cuci piring

Jangan gunakan mesin cuci piring
Pada dasarnya, cutting board kayu tidak boleh dicuci di mesin pencuci piring. Memang ada cutting board yang bisa dicuci di dalam mesin. Namun, mencuci cutting board dengan mesin tersebut malah bisa menyebabkan tekstur kayunya hilang. Mesin cuci piring juga tidak bisa membilas semua kotoran yang menempel pada cutting board dengan sempurna.

Selain itu, panas dari proses pengeringan di mesin akan membuat tekstur kayu memburuk sehingga cutting board lebih cepat rusak. Sebisa mungkin, cucilah cutting board dengan tangan.

Setelah membeli, cucilah cutting board sebelum digunakan

Setelah membeli, cucilah cutting board sebelum digunakan
Beberapa cutting board kayu dilapisi minyak khusus untuk mencegah mengeringnya permukaan cutting board. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencuci terlebih dahulu cutting board baru sebelum digunakan. Rendam cutting board di air hangat yang telah dicampur dengan sabun cuci. Kemudian, gosok dengan spons berbahan lembut.

Jangan gunakan penggosok berbahan kasar karena akan merusak permukaan cutting board. Jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan hidrogen peroksida untuk membasmi kuman-kuman.

Segera cuci cutting board setelah digunakan

Segera cuci cutting board setelah digunakan
Mari membiasakan diri untuk selalu mencuci cutting board segera setelah digunakan. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari kuman menempel. Untuk mencuci cutting board memang paling baik menggunakan sikat khusus piring. Namun, beberapa cutting board dilapisi bahan tertentu pada permukaannya. Anda perlu mengecek di kemasan apakah cutting board yang Anda beli aman dicuci menggunakan sikat piring.

Selain itu, jika Anda menggunakan sabun cuci piring, bilaslah cutting board hingga bersih. Pastikan tidak ada sabun yang tertinggal, ya! Kemudian, keringkan di tempat bersirkulasi udara baik setelah dicuci untuk mencegah bakteri berkembang. Sebaiknya, simpan cutting board secara vertikal atau digantung. Jika disimpan dengan cara ditumpuk atau horizontal, jamur bisa tumbuh pada cutting board.

Gunakan minyak untuk mengembalikan kilau cutting board

Gunakan minyak untuk mengembalikan kilau cutting board
Sumber: ikea.co.id
Jika Anda merasa kilau di permukaan cutting board mulai hilang, Anda bisa mengoleskan minyak untuk mengembalikan kilaunya. Kami menyarankan Anda memilih minyak yang cepat kering. Namun, selama minyak yang Anda gunakan aman untuk makanan, minyak apa pun boleh dipakai. Setelah mengaplikasikan minyak, keringkan cutting board dengan cara dilap menggunakan kain bersih.

Tips memanfaatkan cutting board kayu

Di samping untuk menghidangkan makanan, cutting board memiliki berbagai kegunaan. Di bawah ini akan kami jelaskan satu persatu.

Menyajikan makanan pembuka dengan lebih stylish

Menyajikan makanan pembuka dengan lebih stylish
Cutting board kayu sangat praktis digunakan ketika Anda ingin menyajikan makanan pembuka dengan cantik dan stylish. Sajikan makanan pembuka yang Anda inginkan pada cutting board dan Anda bisa merasakan sensasi makan layaknya di kafe.

Cobalah menyajikan makanan yang simpel seperti cookies, cokelat, keju dan lain-lain di atas cutting board. Tampilan dan suasana meja Anda pun akan menjadi berbeda dalam sekejap. Bagi Anda yang ingin memberikan kesan rustic pada sajian juga bisa mencobanya.

Praktis untuk dijadikan tatakan panci

Praktis untuk dijadikan tatakan panci
Cutting board juga bisa dimanfaatkan sebagai tatakan panci. Jika Anda mencari tatakan panci yang unik dan menarik, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan cutting board. Tidak hanya memberikan kesan berbeda, pemakaian cutting board sebagai alas panci juga bisa menyelamatkan permukaan meja dari panas panci. Jadi, tidak akan ada noda yang tertinggal di meja!

Anda juga bisa menggunakan cutting board layaknya nampan untuk menyajikan minuman seperti cangkir dan teapot. Tampilan minuman Anda pun akan lebih terlihat unik dan mewah.

Cantik untuk penghias interior rumah

Cantik untuk penghias interior rumah
Cutting board kayu juga dapat menjadi salah satu item fashionable untuk interior rumah. Anda bisa meletakkannya di depan suatu ruangan dan menghiasnya menjadi papan selamat datang atau hiasan lain. Anda bebas berkreasi sesuai ruangan tempat Anda akan menaruh cutting board. Bubuhkan gambar atau tulisan di atas cutting board untuk membuat interior rumah jadi lebih cantik!

Tips membersihkan cutting board yang berbau dari chef kami, Laire Siwi Mentari

Tips membersihkan cutting board yang berbau dari chef kami, Laire Siwi Mentari

Untuk menghilangkan bau pada cutting board, Anda bisa membuat pasta dari campuran baking soda dan air perasan lemon. Gosokkan secara perlahan pasta tersebut sesuai serat kayu. Ulangi beberapa kali hingga baunya hilang. Kemudian, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan lap bersih.


Selain itu, Anda juga bisa menggunakan campuran air hangat, cuka, dan air perasan lemon. Jika menggunakan campuran ini, sebaiknya cutting board direndam terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit. Selanjutnya, bilas dengan air hangat biasa dan keringkan dengan lap bersih.


Untuk membuat warna cutting board tetap awet, lakukan perawatan dengan mengoleskan minyak kelapa atau minyak almond. Perawatan ini hanya perlu Anda lakukan sebulan sekali.

Baca juga rekomendasi perlengkapan dapur lainnya di sini

Anda mungkin membutuhkan perlengkapan lainnya untuk mengisi dapur Anda. Jangan khawatir, kami juga mengulas peralatan dapur, seperti pisau, cutlery set, talenan, dan cobek. Simak artikelnya dengan mengeklik tautan-tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Demikianlah sepuluh rekomendasi cutting board terbaik untuk menghidangkan makanan pilihan kami untuk Anda. Apakah Anda telah menemukan cutting board yang Anda inginkan?

Untuk membuat pesta atau makan malam di rumah kian menarik, tidak ada salahnya mencoba cutting board sebagai pengganti piring. Anda bisa menyesuaikan ukuran, bahan kayu, serta warna cutting board dengan jenis makanan yang ingin dihidangkan. Selamat menikmati saat makan dengan lebih unik dan menyenangkan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer