10 Rekomendasi Cat Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Cat Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Hobi menggambar atau melukis memang terasa sangat menyenangkan dan terkadang dianggap sebagai terapi bagi sebagian orang. Media serta alat untuk menggambar juga sangat beragam, mulai pulpen, pensil, cat air, dan cat akrilik. Namun, banyak orang mengatakan bahwa cat akrilik lebih banyak digunakan untuk menggambar poster.

Saat ini di pasaran terdapat beberapa merek cat akrilik yang sering digunakan oleh para seniman, seperti produk keluaran Liquitex, Turner, atau Winsor & Newton yang menjadi favorit di kalangan pekerja seni. Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih cat akrilik yang tepat untuk kebutuhan melukis Anda sekaligus merekomendasikan 10 produk terbaik untuk Anda pilih!

Daftar isi

Apa itu cat akrilik?

Apa itu cat akrilik?

Cat akrilik adalah cat yang terdiri atas larutan pgimen dan resin akrilik. Resin sendiri adalah getah yang dikeluarkan oleh jenis tumbuhan tertentu. Larutan resin akrilik mengandung air yang akan menguap seiring berjalannya waktu kemudian mengering dan menyisakan “resin akrilik yang bercampur dengan pigmen warna”. Teksturnya sendiri akan berubah menjadi keras dan kaku yang biasanya dijadikan acuan dalam memilih ciri khas cat akrilik yang dikeluarkan masing-masing produsen.

Ketika cat akrilik mengering, kebanyakan warnanya akan sedikit berbeda dengan warna awal ketika dipoleskan dan biasanya warnanya akan berubah menjadi warna matte. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan penggunaan warna di awal untuk mendapatkan hasil akhir sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, karena cat akrilik memiliki ciri khas cepat kering, Anda juga bisa dengan mudah melapisi catnya dengan warna lain yang berbeda. Begitu lapisan cat pertama sudah mengering, Anda bisa menambahkan polesan warna lainnya tanpa perlu khawatir cat akrilik lapisan baru akan tercampur dengan warna sebelumnya.

Cara memilih cat akrilik

Cat akrilik memiliki karakteristik cepat kering dan tahan lama, serta tidak mudah luntur, memungkinkan Anda menghasilkan lukisan dengan genre beragam. Untuk mendapatkan hasil terbaik dengan menggunakan cat akrilik, sebaiknya Anda mengetahui bagaimana cara memilih cat akrilik yang tepat.

Periksalah jenis catnya

Secara garis besar, cat akrilik dibagi menjadi tiga jenis dengan karakteristik masing-masing yang berbeda. Jika Anda terlebih dahulu mengecek jenis dari masing-masing cat akrilik tersebut, maka akan memudahkan untuk mengetahui jenis lukisan seperti apa yang bisa Anda dihasilkan. 

Jenis transparan untuk gambar dengan ekspresi mendalam

Jenis transparan untuk gambar dengan ekspresi mendalam

Cat akrilik jenis ini memiliki ciri khas sangat cepat kering dan dapat menghasilkan lukisan yang indah pada berbagai media lukis. Dan dengan menggunakan medium tambahan, Anda akan dapat menghasilkan karya seperti menggunakan cat minyak. Terlebih lagi, cat akrilik jenis ini memiliki kelenturan yang tinggi sehingga tidak mudah retak bahkan ketika digunakan pada media kain.

Karena transparansinya tergolong tinggi, warna yang diaplikasikan di awal akan menjadi warna yang sangat transparan dan Anda bisa menambahkan warna lain untuk hasil yang semakin bagus setelah proses overcoating selesai. Selain itu, jika Anda menggunakan berbagai jenis media, Anda bisa menghasilkan warna yang transparan seperti kaca dan Anda juga bisa menciptakan tekstur yang kasar seperti lukisan pada dinding.

Jenis buram (gouache) cocok untuk para designer

Jenis buram (gouache) cocok untuk para designer

Dibandingkan dengan cat akrilik tipe transparan, cairan resin akrilik yang terkandung dalam cat jenis buram (gouache) ini jumlahnya lebih sedikit, tetapi memiliki pigmen yang lebih banyak. Di pasaran, produk jenis ini biasanya ditambahkan dengan kata “acrylic gouache” setelah nama mereknya sehingga mudah dibedakan dengan jenis yang lainSelain itu, karena cat akrilik tipe ini tidak mudah meninggalkan bekas goresan kuas dan tidak berisiko menimbulkan hasil polesan cat yang tidak rata, jenis cat seperti ini sangat cocok untuk melukis pada media yang lebar.

Cat akrilik tipe gouache juga bisa menutupi warna dasar yang diaplikasikan di awal sehingga cat ini sering dipilih untuk keperluan menggambar desain seperti desain tekstil dengan hasil akhir matteNamun, karena teksturnya kurang fleksibel dibanding cat jenis transparan, ada risiko  terjadinya keretakan ketika Anda menggunakan media seperti kain dan sejenisnya.

Jenis cair (seperti tinta) untuk diaplikasikan di permukaan yang luas

Jenis cair (seperti tinta) untuk diaplikasikan di permukaan yang luas

Cat akrilik menjadi tahan air setelah kering sehingga sering digunakan para seniman untuk menggambar dinding. Dalam hal ini, kita bisa menggunakan airbrush untuk mengaplikasikan pada permukaan yang lebih luas. Namun, jika cat akrilik dalam kemasan tabung dicairkan dengan air dalam jumlah banyak sebelum digunakan, pigmennya bisa mengendap jika dibiarkan terlalu lama.

Untuk mencegah hal ini, dibuatlah cat akrilik yang sejak awal memang sudah berbentuk cairan yang disebut cat akrilik tipe tinta atau cat akrilik cair. Karena mengandung banyak air, cat akrilik jenis ini biasanya dipakai untuk menggambar karya seperti menggunakan cat air. Akan tetapi, karena cat akrilik tipe cair memiliki pigmen yang lembut dan daya tahan yang rendah terhadap cahaya, sebaiknya cat jenis ini digunakan untuk membuat lukisan yang akan dipajang di dalam ruangan.

Periksalah bahan dasar media gambar yang digunakan

Periksalah bahan dasar media gambar yang digunakan

Pada dasarnya, cat akrilik bisa digunakan dengan sangat baik pada berbagai media, seperti kertas, kain, kanvas, papan, batu, kulit, dll. Selain itu, dengan menggunakan beberapa jenis media tersebut, Anda dapat mengekspresikan berbagai gambar yang dilukis menggunakan cat.

Akan tetapi, ada juga bahan dasar media gambar yang memiliki kemampuan adhesif yang rendah terhadap cat akrilik. Bahan adhesif adalah bahan yang dilapisi dengan minyak pada beberapa cat, hal ini akan menghasilkan permukaan gambar dan kanvas yang berminyak. Selain itu, cat akrilik juga bagus digunakan pada media logam, tetapi agak sulit menempel pada media plastik. Oleh karena itu, ketika memilih cat akrilik, pastikan Anda memperhatikan kekurangan dan kelebihannya ini.

Periksalah jumlah dan jenis warnanya

Periksa warna isi

Orang yang bekerja dengan cat akrilik atau orang yang baru ingin mencoba menggunakan cat akrilik harus memperhatikan warna apa saja yang disediakan dalam satu set yang dijual dan berapa jumlahnya. Kebanyakan produk cat akrilik memiliki beragam jumlah warna yang disediakan dalam satu set, mulai dari 12 warna, 24 warna, hingga 48 warna. Kebanyakan cat akrilik tersedia dalam 12 warna, tetapi belum tentu semua warna dasar termasuk di dalamnya.

Bahkan dalam satu set cat akrilik yang biasanya berjumlah 12 warna, terkadang ada juga warna yang seolah-olah sama, tetapi memiliki sedikit perbedaan. Misalnya, terkadang ada set cat akrilik yang membedakan warna merah menjadi “magenta” atau “carmine“. Hal seperti ini sangat bergantung pada merek serta pabrik yang memproduksinya. Jadi, jangan lupa untuk memperhatikan poin ini sesuai dengan kebutuhan pemakaian Anda.

Periksalah volumenya

Periksa konten

Jika warna yang dibutuhkan tidak mencukupi di tengah proses melukis, hal ini tentu bisa menimbulkan masalah. Jika Anda menggunakan warna dengan mencampur warna-warna yang tersedia di awal, tentunya akan merepotkan jika ada warna yang habis saat Anda masih harus mencampur kombinasi warna untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. 

Cat akrilik kemasan tabung yang beredar di pasaran biasanya memiliki volume sekitar 10-11 ml. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mengetahui perkiraan gambar yang ingin Anda buat dan menyesuaikannya dengan berapa banyak cat yang Anda butuhkan. Ada beberapa kondisi di mana warna putih sering digunakan dalam jumlah yang banyak. Untuk kasus seperti itu, pilihlah set cat akrilik yang misalnya menyediakan warna putih lebih dari satu tabung.

10 Rekomendasi cat akrilik terbaik

Berikut ini kami akan merekomendasikan 10 cat akrilik terbaik berdasarkan perbandingan harga, kualitas, dan pertimbangan mereknya. Silakan pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan merek mana yang menjadi favorit Anda!

10. U.S. Art Supply Acrylic

10. U.S. Art Supply Acrylic

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 694.000

Untuk hasil lukisan yang cerah dan lebih hidup

Anda bisa memilih media apa saja untuk melukis dengan menggunakan cat akrilik yang satu ini, seperti pada kanvas, kayu, keramik, papan tulis, kain, dinding, bahkan pada kuku Anda! Produk ini tersedia 24 warna yang berkualitas, tahan lama, serta aman digunakan oleh anak-anak.

Setiap tabungnya berisi sebanyak 12 ml dengan warna-warna yang segar dan cerah untuk lebih mengekspresikan diri Anda dalam melukis. Di samping itu, warna-warna dari set cat akrilik ini juga mampu menghasilkan lukisan yang indah dan lebih hidup.

9. Colorona Acrylic

9. Colorona Acrylic

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 728.000

Aman digunakan oleh semua umur

Produk cat akrilik dari Colorona ini hadir dengan 12 warna yang terdiri dari warna-warna cerah dengan kontras yang tinggi sehingga mampu menghasilkan lukisan atau gambar dengan kesan dramatis dan ekspresif. Terlebih lagi, cat akrilik ini bisa diaplikasikan pada berbagai media, seperti kanvas, kain, keramik, tanah liat, kaca, dan lainnya.

Karena dibekali material yang berbahan dasar air dan tidak beracun, cat akrilik ini sangat cocok dan aman digunakan oleh siapa saja mulai dari anak-anak, remaja, bahkan pemula, termasuk untuk para profesional. Selain itu, cat akrilik ini juga mudah dibersihkan jika tanpa sengaja mengenai baju Anda.

8. Castle Art Supplies Acrylic

8. Castle Art Supplies Acrylic

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 877.000

24 Warna yang bisa digunakan oleh pemula

Cat akrilik ini dirancang agar dapat membantu Anda mengkreasikan lukisan atau gambar apa saja dengan didukung 24 warna vibrant yang tersedia dalam set cat ini. Cat akrilik ini sangat cocok untuk pemula karena tiap tabungnya berisi 12 ml, tergolong tidak terlalu banyak untuk yang baru memulai jenis cat akrilik.

Selain itu, Anda bisa mencampur warna sesuai selera dan menghasilkan warna yang memukau. Cat akrilik ini juga tidak kencang aromanya dan Anda bisa mengaplikasikannya pada berbagai media, seperti kertas, kanvas, kayu, bahkan pada kain. Catnya juga tergolong sangat cepat kering sehingga bisa menghemat waktu Anda. 

7. Golden Open Acrylic

7. Golden Open Acrylic

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.121.451

Menghasilkan lukisan yang cemerlang dengan warna-warna cerah

Cat akrilik merek Golden ini berisi 8 tabung dengan warna-warna cerah di mana volume tiap tabungnya adalah 30 ml, cukup memadai untuk kebutuhan melukis pada media yang lebar. Kelebihan dari cat akrilik ini adalah Anda bisa mencampur warna yang tersedia dan menghasilkan berbagai macam warna yang indah sesuai yang dibutuhkan.

Akan tetapi, kekurangannya adalah proses pengeringannya membutuhkan waktu sedikit lebih lama, menyerupai cat minyak. Meskipun demikian, cat akrilik ini mampu menghasilkan lukisan atau gambar yang indah dan juga ekspresif.

6. MyArtscape Acrylic Paint

6. MyArtscape Acrylic Paint

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.086.000

Warna lebih banyak untuk kebebasan berekspresi

Dibekali dengan 48 warna dalam satu set serta volume sebanyak 12 ml pada setiap tabungnya, Anda bisa memilih warna dengan puas dan bebas menuangkan kreativitas Anda saat menggunakan cat akrilik dari MyArtscape ini! Cat akrilik ini juga memiliki warna yang berpigmen tinggi, tahan lama, serta tidak mudah luntur jika terkena air.

Terlebih lagi, Anda juga bisa bebas mengekspresikan imajinasi pada berbagai media karena cat akrilik ini bisa diaplikasikan pada banyak media, seperti kertas, kain, kanvas, kayu, tanah liat, logam, dan lainnya. Selain itu, cat akrilik ini juga mampu memberikan hasil akhir dengan tekstur yang halus dan tidak mudah retak.

5. Colore Acrylic

5. Colore Acrylic

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.259.000

Warna-warna vibrant untuk lukisan di ruangan favorit Anda

Cat akrilik dari Colore ini menyediakan sebanyak 75 ml dalam setiap 12 warna yang kaya pigmen yang mampu memberikan hasil yang cerah dan tegas. Anda bisa menggunakannya pada media apa saja, seperti kanvas, kayu, tanah liat, kain, kuku dan bahkan keramik.

Material cat akrilik ini berbasis air dan tidak beracun sehingga aman untuk digunakan sehari-hari. Proses pengeringannya juga tergolong cepat dan sangat cocok untuk Anda yang menginginkan lukisan dengan finishing yang tahan lama.

4. Winsor & Newton Artists Acrylic

4. Winsor & Newton Artists Acrylic

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.236.111

Menampilkan warna yang  sama saat cat masih basah maupun sudah kering

Merek Winson & Newton sudah sangat populer di kalangan para pekerja seni berkat kualitasnya yang terpercaya. Produk serinya yang satu ini hadir dengan 6 warna berisi masing-masing 60 ml. Anda bisa mencampurnya untuk mendapatkan warna yang diinginkan, dan jumlahnya yang cukup banyak pun akan membantu Anda terhindar dari kehabisan warna ketika sedang melukis.

Di samping itu, warna-warnanya juga memberikan tampilan yang cemerlang sehingga sangat cocok untuk para seniman profesional untuk menghasilkan lukisan yang indah. Terlebih lagi, cat akrilik ini tidak menimbulkan efek perubahan warna ketika masih basah maupun setelah kering. 

3. Liquitex Professional Acrylic

3. Liquitex Professional Acrylic

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.724.000

Cocok untuk pemula maupun profesional

Cat akrilik merek Liquitex ini cocok untuk digunakan oleh pemula karena dilengkapi 12 warna dasar yang bisa diaplikasikan pada berbagai media. Anda juga bisa mencampur warna yang tersedia dengan hasil yang sempurna sehingga cocok juga digunakan oleh para profesional yang membutuhkan warna baru untuk mengekspresikan kreativitasnya.

Cat akrilik ini tergolong sangat berpigmen dengan hasil akhir yang memberikan goresan warna tebal dan juga fleksibel. Untuk Anda yang kebanyakan menggunakan warna putih dalam melukis atau menggambar, Anda tidak perlu khawatir kehabisan cat di tengah proses melukis karena cat akrilik ini dibekali dengan dua tabung untuk warna titanium putih.

2. Holbein Acrylic Colour

2. Holbein Acrylic Colour

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.335.000

Bertekstur unik dengan hasil lukisan yang menguarkan harum

Cat akrilik Holbein ini hadir dengan kemasan berbentuk tabung di mana setiap tabungnya berisi sebanyak 60 ml, sangat cocok untuk Anda yang ingin melukis dengan jumlah banyak. Produk ini dibekali dengan warna luminous yang tergolong warna-warna yang cukup terang.

Dengan menggunakan cat akrilik ini, Anda bisa menikmati lukisan yang cemerlang dan indah serta bertekstur unik yang mirip dengan cat minyak. Kelebihan lain dari cat akrilik ini adalah produk ini juga memberikan efek wangi pada lukisan Anda. 

1. Turner Colour Acrylic

1. Turner Colour Acrylic

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.065.999

36 warna untuk diaplikasikan pada berbagai media

Cat akrilik yang satu ini hadir dengan volume sebanyak 20 ml per tabungnya dan sangat cocok untuk Anda yang rutinitasnya setiap hari adalah melukis. Anda juga bebas memilih media apa saja yang akan digunakan karena cat akrilik ini bisa menempel dengan baik pada media kayu, batu, kain, tanah liat, logam, kaca, aluminium, kanvas, dan juga kertas.

Produk dari Turner ini dibekali dengan 36 jumlah warna yang memungkinkan Anda untuk bebas memilih dan mengekpresikan imajinasi Anda dalam sebuah lukisan. Terlebih lagi, proses pengeringannya juga tergolong cepat dengan hasil akhir berupa warna matte beludru yang indah dan juga tahan air.

Pilih juga palette yang mudah digunakan

Palette merupakan salah satu alat yang wajib dimiliki untuk melukis atau menggambar menggunakan cat akrilik. Palette sangat memudahkan Anda untuk memisahkan warna yang akan digunakan. Jika Anda tidak mempunyai palette khusus, Anda bisa menggantinya dengan piring yang tidak lagi Anda gunakan, seperti piring kecil atau cangkir plastik.

Bagi Anda yang ingin lebih berekspresi!

Bagi Anda yang ingin lebih berekspresi!

Untuk kegiatan melukis atau menggambar Anda, selain menggunakan cat akrilik, disarankan juga untuk melengkapi berbagai medium tambahan yang jenisnya beragam. Dengan menggunakan medium yang tepat, Anda bisa menggunakan cat akrilik tipe transparan untuk mendapatkan hasil seperti kaca, atau memberikan efek retak sesuai yang diinginkan pada cat tipe gouache.

Beberapa produsen juga menjual berbagai medium yang diproduksi dengan menyesuaikan cat akriliknya masing-masing. Anda bisa memilih medium dari merek yang sama dengan cat akrilik yang Anda gunakan untuk menghindari risiko ketidakcocokan. Namun, tentunya juga akan menarik jika Anda bisa bereksperimen dengan mencoba medium dari merek berbeda untuk lebih bebas mengekpresikan kreativitas Anda dalam melukis.

Kesimpulan

Bagaimana pemilihan 10 cat akrilik yang telah kami perkenalkan dalam artikel ini? Mungkin memang dibutuhkan waktu sebelum Anda terbiasa menggunakan cat akrilik yang memiliki karakteristik berbeda dengan cat tipe lainnya.

Namun jika sudah terbiasa, Anda akan merasa nyaman menggunakannya dan membantu Anda lebih bebas berekspresi. Jadi, silakan pilih cat akrilik mana yang cocok untuk kebutuhan dan kreativitas Anda!