10 Rekomendasi Cat Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Cat Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Kebanyakan orang menjadikan cat air atau cat minyak sebagai alat lukis favoritnya. Namun, sebenarnya saat ini cat akrilik mulai menjadi salah satu alat lukis alternatif. Apakah Anda sudah mengetahui cara memilih cat akrilik dan menemukan produk yang tepat untuk Anda?

Di pasaran, banyak beredar cat akrilik berbagai merek, seperti Liquitex, Faber Castell, atau Winsor & Newton. Untuk membantu Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai karakteristik cat akrilik. Tentu saja kami pun akan memberikan rekomendasi produk cat akrilik terbaik untuk Anda. Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Daftar isi

Apa itu cat akrilik?

Apa itu cat akrilik?

Cat akrilik adalah cat yang terdiri atas larutan pigmen dan resin akrilik. Resin sendiri adalah getah yang dikeluarkan oleh jenis tumbuhan tertentu. Larutan resin akrilik mengandung air yang akan menguap seiring berjalannya waktu. Setelah mengering, akan tersisa resin akrilik yang bercampur dengan pigmen warna. Teksturnya sendiri akan berubah menjadi keras dan kaku. Hal ini biasanya dijadikan acuan dalam memilih cat akrilik yang dikeluarkan oleh masing-masing produsen.

Ketika cat akrilik mengering, kebanyakan warnanya akan sedikit berbeda dengan warna awal saat dipoleskan (akan menjadi berwarna matte). Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan penggunaan warna di awal untuk mendapatkan hasil akhir sesuai keinginan Anda. Selain itu, berhubung cat akrilik cepat kering, Anda juga bisa dengan mudah melapisi cat dengan warna lain yang berbeda. Begitu lapisan cat pertama sudah mengering, Anda bisa menambahkan warna lain tanpa perlu khawatir akan tercampur dengan warna sebelumnya.

Cara memilih cat akrilik

Cat akrilik memiliki karakteristik cepat kering, tahan lama, serta tidak mudah luntur. Untuk bisa mendapatkan hasil terbaik menggunakan cat akrilik, mari pahami terlebih dahulu cara memilihnya berikut ini.

Periksalah jenis cat akriliknya

Secara garis besar, cat akrilik dibagi menjadi tiga jenis yang memiliki karakteristik berbeda-beda. Periksalah jenis dari tiap cat akrilik tersebut untuk memudahkan Anda mengetahui jenis lukisan yang bisa dihasilkan.

Jenis transparan untuk gambar dengan ekspresi mendalam

Jenis transparan untuk gambar dengan ekspresi mendalam

Cat akrilik jenis ini berciri sangat cepat kering dan dapat menghasilkan lukisan yang indah pada berbagai media lukis. Dengan memakai medium tambahan, Anda bisa menghasilkan karya layaknya menggunakan cat minyak. Apalagi, cat akrilik jenis ini memiliki kelenturan yang tinggi sehingga tidak mudah retak bahkan saat digunakan pada media kain.

Karena transparansinya tergolong tinggi, warna yang diaplikasikan di awal akan menjadi warna yang sangat transparan. Anda pun bisa menambahkan warna lain untuk hasil lebih bagus setelah proses overcoating selesai. Selain itu, jika Anda menggunakan berbagai jenis media, Anda bisa menghasilkan warna yang transparan seperti kaca. Anda juga bisa menciptakan tekstur kasar seperti lukisan pada dinding. Cat akrilik jenis ini paling populer di Indonesia dan banyak digunakan mulai dari pelajar hingga seniman.

Jenis opaque (gouache) cocok untuk para designer

Jenis opaque (gouache) cocok untuk para designer

Dibanding cat akrilik tipe transparan, cairan resin akrilik yang terkandung dalam tipe ini memang lebih sedikit, tetapi jumlah pigmennya lebih banyak. Di pasaran, produk jenis ini biasanya ditambahkan dengan kata “acrylic gouache” setelah nama mereknya sehingga mudah dibedakan dengan jenis lain. Selain itu, cat akrilik tipe ini tidak mudah meninggalkan bekas kuas dan tidak berisiko menimbulkan hasil polesan cat yang tidak rata. Jadi, jenis cat seperti ini sangat cocok untuk dipakai melukis pada media yang lebar. Anda juga dapat menambahkan cat minyak di atasnya setelah cat akrilik tipe gouache mengering. Dengan begitu, kreasi lukisan Anda pun jadi lebih luas.

Cat akrilik tipe gouache juga bisa menutupi warna dasar yang diaplikasikan di awal. Oleh karena itu, cat ini sering dipilih untuk keperluan menggambar desain seperti desain tekstil dengan hasil akhir matte. Hasil akhir yang matte juga membuat tipe ini banyak digunakan untuk mewarnai action figure dan mainan plastik. Namun, karena teksturnya kurang fleksibel dibanding cat jenis transparan, ada risiko terjadinya keretakan saat Anda gunakan pada media kain dan sejenisnya.

Jenis cair untuk diaplikasikan di permukaan yang luas

Jenis cair untuk diaplikasikan di permukaan yang luas

Cat akrilik menjadi tahan air setelah kering sehingga sering digunakan para seniman untuk menggambar dinding. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan airbrush untuk mengaplikasikan pada permukaan yang lebih luas. Namun, jika cat akrilik dalam kemasan tabung dicairkan dengan air dalam jumlah banyak, pigmennya bisa mengendap jika dibiarkan terlalu lama.

Untuk mencegah hal itu, dibuatlah cat akrilik yang sejak awal sudah berbentuk cairan, disebut cat akrilik tipe tinta atau cat akrilik cair. Karena mengandung banyak air, cat akrilik jenis ini bisa dipakai untuk menggambar karya layaknya menggunakan cat air. Cat akrilik tipe cair juga memiliki pigmen yang lembut dan daya tahan rendah terhadap cahaya. Jadi, sebaiknya cat jenis ini digunakan untuk membuat lukisan yang akan dipajang di dalam ruangan. Sayangnya, cat akrilik dengan jenis cair kurang populer dan jarang ditemukan di Indonesia.

Periksalah bahan dasar media gambar yang digunakan

Periksalah bahan dasar media gambar yang digunakan

Pada dasarnya, cat akrilik bisa digunakan dengan baik pada berbagai media, seperti kertas, kain, kanvas, papan, dan sebagainya. Bahkan, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengecat batu atau kulit, yang mana merupakan salah satu kelebihan cat akrilik. Penggunaan media berbeda dapat menonjolkan kesan yang ingin Anda angkat dengan cat akrilik tersebut. Tampilan lukisan layaknya cat minyak pun dapat dibuat dengan mudah tanpa waktu lama.

Di sisi lain, ada juga bahan dasar media gambar yang kurang cocok dipakai bersama cat akrilik. Contohnya, bahan yang dilapisi minyak atau bahan kanvas khusus cat minyak. Sebagian produk cat akrilik juga bagus digunakan pada media logam, tetapi agak sulit menempel pada media plastik. Oleh karena itu, ketika memilih cat akrilik, perhatikan kelebihan dan kekurangan dari media gambar yang hendak Anda gunakan.

Periksalah jumlah dan jenis warnanya

Periksalah jumlah dan jenis warnanya

Untuk Anda yang baru ingin menggunakan cat akrilik atau ingin mengganti merek cat akrilik, periksalah set warna yang tersedia. Kebanyakan produk cat akrilik memiliki jumlah warna beragam dalam satu setnya, mulai dari 12 warna, 24 warna, hingga 48 warna. Kebanyakan cat akrilik yang ditujukan bagi pelajar terdiri dari 12 warna dasar. Namun, bila Anda membeli cat akrilik yang ditujukan untuk penggunaan umum, belum tentu semua warna dasar tersedia.

Bahkan dalam satu set cat akrilik 12 warna, bisa terdapat perbedaan warna tergantung masing-masing produsennya. Misalnya, terkadang ada set cat akrilik yang membedakan warna merah menjadi “magenta” atau “carmine“. Maka dari itu, jangan lupa untuk memperhatikan poin ini agar Anda bisa mendapatkan warna sesuai keinginan Anda.

Periksalah volume dari cat akrilik tersebut

Periksalah volume dari cat akrilik tersebut

Cat akrilik mempunyai sifat cepat mengering. Jika warna yang dibutuhkan tidak mencukupi di tengah proses melukis, hal ini bisa menyulitkan. Tidak jadi masalah bila Anda hanya menggunakan warna dasar. Namun, lain halnya bila Anda mencampurkan berbagai jenis warna untuk menciptakan suatu warna. Tentu lukisan Anda akan keburu mengering saat Anda sedang menyiapkan cat akrilik baru. Selain itu, belum tentu hasil campuran warnanya akan sama seperti yang Anda buat sebelumnya.

Cat akrilik kemasan tabung yang beredar di pasaran biasanya memiliki volume sekitar 10-11 ml. Jadi, ada baiknya Anda mengetahui perkiraan gambar yang ingin dibuat dan menyesuaikan dengan banyaknya cat yang dibutuhkan. Warna putih juga merupakan salah satu warna yang paling sering dipakai. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menyiapkan warna ini lebih banyak sejak awal.

10 Rekomendasi cat akrilik terbaik

Berikut ini kami akan merekomendasikan produk cat akrilik terbaik berdasarkan berbagai perbandingan. Silakan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Joyko TiTi Acrylic Color AC-12ML-12 (12 Colors)

10. Joyko TiTi Acrylic Color AC-12ML-12 (12 Colors)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 47.300

Formula non-toxic yang aman untuk anak Anda

Jika anak Anda membutuhkan cat akrilik untuk kegiatan prakarya di sekolah, kami merekomendasikan produk yang satu ini! Produk ini mengeklaim tidak mengandung racun sehingga aman digunakan untuk anak-anak. Selain formulanya yang ramah anak, harga dari produk ini pun ramah di kantong!

Tipe Opaque (gouache)
Media lukis yang cocok Tidak disebutkan
Varian warna Tidak disebutkan
Isi satuan 12 ml

9. Sakura Acrylic Color

9. Sakura Acrylic Color

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.500

Kemasan tube transparannya memudahkan Anda untuk memilih warna

Biasanya, Anda akan merasa kesulitan bila tiba-tiba kehabisan warna tertentu saat melukis. Bisa juga Anda hanya membutuhkan beberapa warna tertentu di dalam satu set cat akrilik. Untuk kondisi-kondisi seperti itu, tentunya akan lebih boros apabila Anda membeli satu set warna sekaligus.

Nah, produk ini dapat menjadi solusi Anda ketika kehabisan warna tertentu atau hanya membutuhkan beberapa warna saja. Produk ini dijual satuan dan tersedia 57 varian warna yang bisa Anda pilih. Kemasannya berbentuk tube transparan sehingga memudahkan Anda untuk memilih warna.

Tipe Opaque (gouache) dan transparan
Media lukis yang cocok Kanvas dan kertas
Varian warna Yellow, Orange, Sap Green, Red, Pink, Light Blue, Carbon Black, Titanium White, dan sebagainya
Isi satuan 20 ml

8. Satiniq Luminos Acrylic Glow Paint

8. Satiniq Luminos Acrylic Glow Paint

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Perluas kreasi Anda dengan cat akrilik glow in the dark!

Berbeda dengan cat akrilik lainnya, produk rekomendasi kami satu ini dapat menyala dalam gelap. Jika diaplikasikan di atas media serap air, produk ini dapat menempel secara permanen. Tentunya, produk ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berkreasi lebih atau ingin menghadirkan kejutan pada karya Anda!

Tipe Transparan
Media lukis yang cocok Kanvas, kain, karton, kertas, kayu, dan media serap air lainnya
Varian warna Lemon Green, Aqua Blue, Sapphire Blue, Yellow
Isi satuan 13 gr

7. Faber Castell Acrylic Colours Set-12

7. Faber Castell Acrylic Colours Set-12

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 73.100

3-in-1 starter pack sempurna untuk pemula

Anda yang ingin berkenalan dengan cat akrilik, bisa memilih produk dari Faber Castell ini sebagai starter pack Anda. Selain mendapat 12 varian warna, Anda juga mendapatkan bonus palet serta kuas di dalam kemasannya. Tentunya ini dapat mengurangi budget Anda karena tidak perlu membeli palet dan kuas lagi secara terpisah.

Tipe Transparan
Media lukis yang cocok Kanvas, kayu, gelas, kaca, sepatu, kaos, tas, dan sebagainya
Varian warna Tidak disebutkan
Isi satuan 12 ml

6. FILA Giotto Decor Acrylic Matt

6. FILA Giotto Decor Acrylic Matt

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 80.000

Mudah dibersihkan dari tangan, tetapi menempel dengan rekat di media lukis

Cat akrilik dengan hasil akhir matte ini sangat mudah dibersihkan. Anda hanya perlu mencuci tangan dan kuas Anda dengan air dan sabun. Meski mudah dibersihkan, produk ini tetap menempel dengan rekat pada berbagai media lukis. Produk ini cocok bagi Anda yang ingin kepraktisan dalam membersihkan tanpa mengurangi kualitas karya.

Tipe Transparan
Media lukis yang cocok Kayu, kaca, kulit, keramik, plastik, batu, logam, dan sebagainya
Varian warna White, Primary Yellow, Vermillion Red, Olive Green, Cobalt Blue, Black, dan sebagainya
Isi satuan 25 ml

5. Marie’s Acrylic Colours

5. Marie's Acrylic Colours

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 70.000

Diproduksi secara sistematis sesuai dengan standar internasional

Produk ini dibuat secara sistematis oleh para ahli untuk memenuhi kebutuhan seniman sesuai dengan standar internasional. Karena dikerjakan secara sistematis, warna-warna yang dihasilkan pun cemerlang, cepat kering, serta tidak mudah pudar. Bila Anda mencari cat akrilik dengan kualitas berstandar internasional, produk ini cocok bagi Anda.

Tipe Transparan
Media lukis yang cocok Kanvas, kertas, kayu, kain, semen, dan sebagainya
Varian warna Titanium White, Lemon Yellow, Emerald Green, Cobalt Blue, Crimson Red, Black, dan sebagainya
Isi satuan 12 ml

4. Angelus Direct Acrylic Leather Paints

4. Angelus Direct Acrylic Leather Paints

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 108.000

Kreasikan fashion Anda dengan warna-warna cerahnya!

Bosan dengan pakaian lama Anda? Kini Anda dapat mengkreasikan pakaian Anda yang terbuat dari kulit dengan produk ini! Pastinya pakaian lama Anda yang monoton menjadi tampak seperti baru dan lebih menarik. Selain pakaian, Anda juga dapat menggunakannya pada tas atau sepatu berbahan kulit lainnya. Pilihlah varian warna yang Anda sukai!

Tipe Transparan
Media lukis yang cocok Kulit
Varian warna Autumn Red, Beige, Black, Blue, Brown, Burgundy, Dark Green, Grey, Metallic Gold, Petal Pink, Violet, White, Yellow, dan sebagainya
Isi satuan 29,5 ml

3. Reeves Gouache 24 Artist Color

3. Reeves Gouache 24 Artist Color

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 220.000

Produk berkualitas tinggi dengan hasil yang seragam

Reeves memberikan kualitas produk yang sama pada setiap warnanya sehingga menghasilkan hasil akhir yang halus dan seragam. Pigmentasi warnanya yang sangat tinggi dapat menutup permukaan media lukis dengan baik. Anda pun akan mendapatkan hasil akhir yang matte. Sangat cocok digunakan oleh Anda yang mengincar finishing halus di setiap karya Anda.

Tipe Opaque (gouache)
Media lukis yang cocok Tidak disebutkan
Varian warna White, Orange Yellow, Magenta, Brilliant Red, Blue Lake, Leaf Green, Emerald, dan sebagainya
Isi satuan 10 ml

2. Winsor & Newton Designers Gouache Primary Colour Set

2. Winsor & Newton Designers Gouache Primary Colour Set

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 365.000

Buat warna yang Anda inginkan dari campuran warna dasarnya

Bagi Anda yang suka bermain campuran warna, produk ini sangat cocok untuk Anda. Seperti nama produknya, produk ini terdiri dari enam warna dasar. Anda dapat membuat warna yang Anda inginkan dengan mencampur warna-warnanya. Tentu saja warna-warna hasil campuran akan tetap kuat dan terang, tidak menurunkan kualitas produk itu sendiri.

Tipe Opaque (gouache)
Media lukis yang cocok Tidak disebutkan
Varian warna Primary Yellow, Primary Red, Primary Blue, Permanent Green Middle, Ivory Black, dan Zinc White
Isi satuan 14 ml

1. Liquitex Basics Acrylic – Acrylic Starter Box

1. Liquitex Basics Acrylic - Acrylic Starter Box

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 594.000

Praktis, kuas dan cat di dalam satu paket!

Biasanya bila Anda membeli cat akrilik, Anda akan dibingungkan ukuran kuas mana yang cocok digunakan, bukan? Dengan membeli produk ini, Anda tidak lagi dipusingkan untuk membeli kuas karena sudah terdapat enam kuas dalam satu paket. Sangat praktis dan ekonomis!

Kualitas cat akrilik dari Liquitex ini bagus dan cocok digunakan untuk tugas sekolah sampai profesional. Selain itu, produk ini dapat digunakan secara fleksibel pada berbagai media lukis. Berbagai teknik pun dapat diaplikasikan menggunakan cat akrilik ini, seperti teknik watercolor, airbrush, dan seni grafis.

Tipe Transparan
Media lukis yang cocok Kayu, plester, timah, craft foam, styrofoam, dan sebagainya
Varian warna Primary Red, Primary Blue, Primary Yellow, Hookers Green, Burnt Umber, Yellow Oxide, Mars Black, Titanium White
Isi satuan 75 ml

Bagi Anda yang ingin lebih berekspresi!

Bagi Anda yang ingin lebih berekspresi!

Untuk kegiatan Anda melukis atau menggambar, selain menggunakan cat akrilik, disarankan juga untuk melengkapi berbagai medium tambahan yang jenisnya beragam. Dengan menggunakan medium yang tepat, Anda bisa menggunakan cat akrilik tipe transparan untuk mendapatkan hasil seperti kaca. Anda pun bisa memberikan efek retak sesuai yang diinginkan pada cat tipe gouache.

Beberapa produsen juga menjual berbagai medium yang diproduksi dengan menyesuaikan cat akriliknya masing-masing. Anda bisa memilih medium dari merek yang sama seperti cat akrilik pilihan Anda agar lebih yakin. Namun, tentunya juga akan menarik jika Anda bisa bereksperimen dengan mencoba medium dari merek berbeda. Dengan begitu, Anda bisa lebih bebas mengekpresikan kreativitas Anda dalam melukis.

Baca juga rekomendasi palet cat air dan cat air (water color) di sini

Palet merupakan salah satu alat yang wajib dimiliki bila Anda ingin melukis. Palet juga sangat memudahkan Anda untuk memisahkan warna yang akan digunakan. Di samping palet, pada artikel di bawah kami juga akan memberikan rekomendasi cat air terbaik. Mari simak lebih lanjut untuk mengetahui lebih jauh produknya!

Kesimpulan

Bagaimana pemilihan sepuluh cat akrilik yang telah kami perkenalkan dalam artikel ini? Mungkin memang dibutuhkan waktu sebelum Anda terbiasa menggunakan cat akrilik yang memiliki karakteristik berbeda dengan cat tipe lainnya.

Namun jika sudah terbiasa, Anda akan merasa nyaman menggunakannya dan membantu Anda lebih bebas berekspresi. Jadi, silakan pilih cat akrilik mana yang cocok untuk kebutuhan dan kreativitas Anda!