• 10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Multivitamin dan mineral yang terkandung dalam suplemen merupakan zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Dari banyaknya produk, seperti CDR, Enervon-C, Zevit Grow, dan sebagainya yang dijual bebas di pasaran, dapatkah Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda?

Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih multivitamin dan mineral yang baik berdasarkan harga, kandungan bahan, serta jenis produk yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Karena produk ini akan Anda konsumsi setiap hari, pilihlah produk yang paling sesuai, baik dari segi manfaat maupun anggaran!
  • Pembaharuan terakhir: 03 Desember 2019
  • 42.356 Views
Daftar isi

Cara memilih multivitamin & mineral

Setiap produk multivitamin dan mineral memiliki perbedaan bahan, isi, harga serta dosis konsumsi setiap harinya. Berikut adalah poin yang harus Anda perhatikan saat memilih produk multivitamin dan mineral. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Pilihlah yang memiliki kandungan sesuai asupan makanan dan gaya hidup Anda

Secara garis besar, multivitamin dan mineral dibagi menjadi tiga jenis. Karena setiap jenisnya memiliki kandungan yang berbeda, pilihlah jenis yang sesuai dengan asupan makanan dan gaya hidup Anda. Dengan begitu, tubuh Anda akan mendapatkan manfaat yang lebih optimal.

Untuk Anda yang kurang asupan sayuran, pilih yang banyak mengandung vitamin

Untuk Anda yang kurang asupan sayuran, pilih yang banyak mengandung vitamin
Jika Anda tergolong orang yang memiliki segudang aktivitas dan seringkali melewatkan sayuran dalam menu sehari-hari, pilihlah produk yang banyak mengandung vitamin. Produk dengan kandungan zat yang banyak terdapat pada sayuran hijau, seperti beta-karoten, vitamin C, vitamin E, lebih tepat untuk Anda konsumsi.
Untuk Anda yang lebih sering beraktivitas di malam hari, sebaiknya pilihlah produk yang banyak mengandung vitamin D. Hal ini disebabkan karena tubuh Anda mungkin akan kekurangan paparan sinar matahari yang mendukung pembentukan vitamin D.
Selanjutnya, bagi Anda yang lebih sering mengonsumsi sumber karbohidrat dan protein serta kekurangan asupan sayuran, pilihlah produk yang mengandung ekstrak sayuran yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Pastikan produk pilihan Anda banyak mengandung vitamin B1, B2, dan B6 yang berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh.
Bagi Anda yang ingin mendetoksifikasi zat-zat berbahaya akibat merokok berlebihan, pilihlah produk yang banyak mengandung vitamin C. Namun, vitamin akan bekerja efektif bila digabungkan dengan vitamin lainnya. Karena itu, pilihlah produk yang mengandung vitamin lengkap untuk hasil maksimal.
Sementara itu, beta-karoten adalah nutrisi yang banyak terdapat pada bahan makanan nabati. Banyak yang mengatakan bahwa beta-karoten adalah sumber vitamin A bagi tubuh. Meskipun hanya memiliki kemampuan 1/12 dari vitamin A, beta-karoten lebih aman dikonsumsi tanpa perlu khawatir akan adanya efek samping.

Untuk Anda yang sedang diet, pilih yang banyak mengandung mineral

Untuk Anda yang sedang diet, pilih yang banyak mengandung mineral
Jika Anda sedang diet atau mengurangi porsi makan, pilihlah multivitamin yang mengandung kalsium, zat besi, dan magnesium. Kalsium berfungsi menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sementara itu, zat besi membantu mencegah anemia. Ada juga kandungan magnesium yang membantu kinerja zat besi di dalam tubuh.
Jika Anda hanya mengonsumsi magnesium, kalsium akan sulit diserap tubuh. Karena itu, perhatikan campuran kalsium dan magnesium dalam asupan suplemen Anda. Pastikan kedua zat tersebut memiliki perbandingan 2:1 sampai 3:1. Bahan pangan sumber mineral lain yang baik bagi tubuh adalah rumput laut, jamur, produk susu, dan ikan. Tidak semua orang dapat mengonsumsi atau menyukai bahan pangan sumber mineral seperti yang telah disebutkan. Jika Anda adalah salah satunya, pilihlah produk yang kaya akan kandungan mineral.
Fosfor juga merupakan nutrisi yang penting bagi tubuh. Namun, ada kekhawatiran Anda terlalu banyak mengonsumsi fosfor karena zat tersebut banyak ditemukan pada produk makanan olahan. Bagi Anda yang senang mengonsumsi makanan olahan atau instan, sebaiknya menghindari suplemen yang mengandung fosfor.
Selain itu, ada juga suplemen yang mengandung zinc, tembaga, mangan, kromium, dan selenium. Makanan sehari-hari biasanya sudah banyak mengandung kandungan tersebut. Selain itu, zat-zat tersebut juga diproduksi di dalam tubuh sehingga Anda tak perlu khawatir akan kekurangan zat-zat tersebut.

Untuk Anda yang hobi berolahraga, pilih yang banyak mengandung asam amino

Untuk Anda yang hobi berolahraga, pilih yang banyak mengandung asam amino
Jika Anda rutin melakukan latihan atau olahraga khusus seperti gym atau fitness, sebaiknya pilih produk yang banyak mengandung asam amino. Asam amino esensial seperti valina, leusin, isoleusin, metionin, fenilalanin, lisin, treonin, histidin, dan triptofan, dipercaya mampu meningkatkan kinerja otot. Namun, sayangnya, asam amino esensial tidak dapat diproduksi oleh tubuh.
Untuk mendapatkan manfaat asam amino esensial, ada baiknya jika Anda mengonsumsi suplemen. Di antara asam amino esensial yang ada, valin, leusin, dan isoleusin, biasa disebut BCAA (branched-chain amino acid). BCAA ini sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta memperbaiki jaringan otot yang rusak. Performa Anda saat workout pun bisa semakin meningkat.
Kemudian, berbagai asam amino esensial lainnya, seperti isoleusin, treonin, histidin, dan lisin akan membantu pertumbuhan otot. Sedangkan, BCAA dan triptopan akan memberikan efek relaksasi serta tidur nyenyak di malam hari. Kelelahan setelah berolahraga akan hilang dengan efek sinergis dari multivitamin dan mineral.
Bagi Anda yang tidak memiliki rutinitas olahraga, tetapi sering merasa pegal-pegal sepulang bekerja, produk dengan kandungan asam amino esensial dapat menjadi solusi. Bila menu makan Anda berpusat pada karbohidrat, suplemen dengan dengan kandungan baik asam amino esensial maupun non esensial lebih dianjurkan.

Pilihlah produk berbahan sintetis untuk harga terjangkau dan bahan alami untuk hasil efektif

Pilihlah produk berbahan sintetis untuk harga terjangkau dan bahan alami untuk hasil efektif
Suplemen yang beredar di pasaran, biasanya terbuat dari bahan alami dan bahan sintetis. Meskipun tubuh cenderung sulit untuk menyerap suplemen berbahan sintetis, harga terjangkau membuatnya menjadi salah satu opsi yang ideal.
Di sisi lain, jika Anda ingin tetap mendapatkan hasil efektif, pilihlah produk berbahan alami karena kandungan nutrisinya akan lebih mudah diserap oleh tubuh. Namun, harganya yang lebih mahal menjadi salah satu kekurangan dari suplemen berbahan alami.
Beberapa orang memilih produk berbahan alami untuk mempertahankan dan meningkatkan daya tahan tubuh, terutama saat musim sibuk kerja atau sebelum dan sesudah mengikuti kompetisi olahraga. Namun, multivitamin berbahan alami cenderung memiliki khasiat jangka pendek. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi multivitamin berbahan sintetis.
Multivitamin dan mineral berbahan alami maupun sintetis dapat dibedakan dari kandungan yang tertera pada kemasannya. Multivitamin berbahan sintesis biasanya banyak mengandung vitamin A dan vitamin C. Sedangkan Multivitamin berbahan alami biasanya terbuat dari lemon, rosehip, dan kedelai. Selalu pastikan kandungannya sebelum Anda membeli, ya.

Gunakan panduan GMP untuk memastikan keamanan produk

Gunakan panduan GMP untuk memastikan keamanan produk
Sekarang ini, banyak suplemen yang mengandung bahan aditif atau tambahan bahan kimia. Jika Anda ingin memilih suplemen dengan sedikit bahan aditif, pilihlah produk yang diproduksi oleh produsen yang telah mengantongi sertifikat GMP.
GMP (good manufacturing practices) adalah sistem yang memuat persyaratan minimum yang harus dipenuhi oleh industri makanan serta kemasan, terkait dengan keamanan pangan, kualitas dan persyaratan hukum. Di Indonesia GMP ini dikenal dengan istilah CPMB (cara produksi makanan yang baik) yang diwujudkan dalam peraturan pemerintah.
Meskipun semua suplemen mengklaim aman untuk dikonsumsi, adanya GMP akan lebih menjamin keamanan produk pilihan Anda. Lebih jelasnya, kunjungi situs resmi produk favorit Anda untuk mengetahui apa saja yang terkandung di dalamnya.

10 Rekomendasi multivitamin & mineral terbaik

Berikutnya, kami akan memperkenalkan produk multivitamin dan mineral terbaik berdasarkan harga, bahan, fungsi, serta ulasan dari para penggunanya. Pilihlah multivitamin yang paling pas dengan kebutuhan tubuh dan gaya hidup Anda!
10
9
8

Zevit Grow Multivitamin & Mineral untuk Masa Pertumbuhan

Rp 13.700,00

7
6
5
4

Nature’s Way Complete Daily Multivitamin With Spirulina

Rp 220.000,00

3
2

Puritan’s Pride Ultra Mega Biotin 10,000 mcg

Rp 129.500,00

1

Tabel perbandingan produk multivitamin & mineral terbaik

Gambar produk
1
Healthy Care  Ultra Premium Propolis 3800 1

Healthy Care

2
Puritan’s Pride  Ultra Mega Biotin 10,000 mcg 1

Puritan’s Pride

3
Blackmores  Odourless Fish Oil 1000 1

Blackmores

4
Nature’s Way  Complete Daily Multivitamin With Spirulina 1

Nature’s Way

5
Vege Blend  21 Vegetable Extracts for Adult 1

Vege Blend

6
Hemaviton Stamina Plus 1

Hemaviton

7
Holisti Care EsterC Non-Acidic Vitamin C 1

Holisti Care

8
Zevit Grow  Multivitamin & Mineral untuk Masa Pertumbuhan 1

Zevit Grow

9
Enervon-C  Multivitamin 1

Enervon-C

10
Bayer  CDR Calcium-D-Redoxon 1

Bayer

Nama produk

Ultra Premium Propolis 3800

Ultra Mega Biotin 10,000 mcg

Odourless Fish Oil 1000

Complete Daily Multivitamin With Spirulina

21 Vegetable Extracts for Adult

Stamina Plus

EsterC Non-Acidic Vitamin C

Multivitamin & Mineral untuk Masa Pertumbuhan

Multivitamin

CDR Calcium-D-Redoxon

KeunggulanBantu tingkatkan sistem imu...Sahabat Anda saat sedang di...Sumber omega 3 yang turunka...Spirulina yang melengkapi n...Memenuhi kebutuhan asupan n...Konsentrasi tetap terjaga d...Aman di lambung dengan ting...Andalan para remaja untuk m...Cegah jerawat sekaligus men...Dengan rasa jeruk yang sega...
HargaRp 304.000,00Rp 129.500,00Rp 340.000,00Rp 220.000,00Rp 135.000,00Rp 29.900,00Rp 42.500,00Rp 13.700,00Rp 29.000,00Rp 39.600,00
Tautan produk

Konsumsilah multivitamin dan mineral sesuai dosis yang ditentukan

Konsumsilah multivitamin dan mineral sesuai dosis yang ditentukan
Kandungan vitamin pada suplemen dapat dibagi menjadi vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam lemak memiliki batasan untuk dikonsumsi. Jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan, akan timbul efek yang kurang baik bagi organ internal dan sistem syaraf Anda.
Selain itu, ada juga batas asupan yang ditentukan saat anda mengonsumsi suplemen yang mengandung kalsium. Berhati-hatilah jangan sampai Anda mengonsumsinya secara berlebihan hanya karena mengharapkan khasiat yang lebih. Pastikan Anda mengonsumsinya sesuai anjuran yang tertera pada kemasan.
Baru-baru ini, semakin marak aplikasi smartphone yang tidak hanya membantu Anda dalam menghitung kalori makanan, tetapi juga nutrisi pada makanan tersebut. Ketika Anda menuliskan makanan yang sudah Anda konsumsi, Anda bisa menghitung nutrisi yang telah Anda konsumsi, sekaligus mengetahui nutrisi yang belum terpenuhi.
Jangan memilih produk multivitamin dan mineral berdasarkan feeling saja. Sebaiknya gunakan aplikasi penghitung kebutuhan nutrisi sebelum membeli produk multivitamin dan mineral. Bisa jadi, khasiat multivitamin dan mineral yang Anda konsumsi akan lebih optimal dengan cara tersebut.

Kesimpulan

Sekarang ini, Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis suplemen di toko konvensional maupun online shop. Khususnya bagi Anda yang sibuk dan membutuhkan suplemen pelengkap nutrisi, Anda harus ingat bahwa suplemen bukanlah obat mujarab yang bisa mengatasi masalah kesehatan secara instan.
Mengonsumsi banyak multivitamin dan mineral dengan mengharapkan khasiat berlipat ganda, justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Konsumsilah multivitamin dan mineral sesuai dengan dosis yang dianjurkan agar manfaat yang diperoleh lebih optimal!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vapor atau rokok elektronik, sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS. Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan masih banyak lagi.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan merekomendasikan jenis vapor yang sebaiknya Anda beli sekaligus cara memilihnya. Hal ini juga termasuk merek-merek yang tersedia di pasaran. Maka, pilihlah sesuai selera Anda.
    Kosmetik & kesehatan
    63.981 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang sehingga pemilihan sabun muka pun tak boleh sembarangan.Kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai cara memilih sabun muka, serta merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih ada banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit Anda. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    76.171 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Apakah Anda juga tengah mengalaminya? Sebenarnya flek tersebut disebabkan oleh sengatan matahari. Sangat mungkin noda itu akan bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.Selain laser dan suplemen, sebenarnya Anda dapat menangani flek hitam dengan krim penghilang flek hitam, seperti produk dari Olay, Pond’s, Garnier, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan tips sekaligus memperkenalkan jajaran krim penghilang flek hitam agar Anda bisa memilih produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan.
    Kosmetik & kesehatan
    61.323 Views
  • 10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)
    Sekarang ini, parfum menjadi hal penting yang dapat menunjang penampilan pria. Banyak merek yang menjual parfum khusus untuk pria, sebut saja Chanel, Givenchy, Bvlgari, Calvin Klein, dan berbagai merek lainnya. Dengan hadirnya berbagai aroma, desain, dan harga, tentu membuat Anda jadi bingung menentukan pilihan, bukan?Anda tidak perlu khawatir! Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih parfum beserta tips cara pemakaian yang benar. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk terbaik untuk Anda. Jadi, untuk Anda yang ingin membeli parfum khusus untuk pria, baca artikel ini sampai selesai!
    Kosmetik & kesehatan
    51.071 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit untuk disembuhkan, hal ini bisa jadi disebabkan oleh pemakaian produk perawatan wajah, terutama pelembap, yang tidak sesuai dengan kulit Anda. Saat ini tersedia banyak merek pelembap seperti The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya yang memiliki kandungan untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat dan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Mari gunakan produk yang cocok dengan kondisi kulit untuk mengatasi jerawat di wajah secara maksimal!
    Kosmetik & kesehatan
    62.450 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Wajah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Wajah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kondisi kulit wajah akan berubah seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, ada kemungkinan perawatan wajah yang biasa Anda lakukan tidak lagi memberikan manfaat yang sama seperti sebelumnya. Jika ini termasuk salah satu permasalahan yang Anda alami, mungkin sudah saatnya untuk mengganti rangkaian produk kecantikan, terutama krim wajah yang Anda gunakan.Banyaknya krim wajah yang beredar di pasaran dengan berbagai fungsi yang ditawarkan, seperti melembapkan, memutihkan, anti-aging, dan sebagainya tentu akan membingungkan Anda. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara pemilihan krim wajah yang tepat dan memberikan rekomendasi produk untuk Anda. Mari dapatkan krim wajah yang efektif merawat kulit dengan baik!
    Kosmetik & kesehatan
    22.740 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori