mybest
Apron & celemek

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Aksesori dapur
  4. 10 Rekomendasi Apron Chef Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Apron Chef Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Apron Chef Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Apron Chef Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Apron Chef Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Apron Chef Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Apron Chef Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Apron chef sangat berguna untuk melindungi baju Anda dari cipratan noda. Untuk Anda yang hobi masak atau seorang chef, penggunaan apron atau celemek masak sangat dibutuhkan. Namun, Anda bisa saja kesulitan memilih karena bahan dan ukuran apron chef beragam.


Karena itu, jika Anda sedang mencari apron chef terbaik, pastikanlah untuk membaca artikel kami ini. Tips memilihnya akan kami jelaskan khusus untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek yang bagus. Anda bisa menemukan produk dari IKEA, Debellin, dan lainnya. Yuk, simak ulasan selengkapnya dari kami di bawah ini!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa itu apron chef?

Apa itu apron chef?

Apron chef atau celemek koki didesain untuk melindungi pakaian Anda agar tidak kotor saat memasak. Apron biasanya akan menutupi area dada hingga paha Anda. Meski begitu, Anda tetap perlu menyesuaikan ukurannya agar nyaman dikenakan.


Selain melindungi baju dari noda, apron chef bisa berfungsi sebagai lap darurat saat tangan Anda kotor. Apron juga dapat melindungi kulit Anda dari air panas atau minyak panas. Namun, pastikanlah lebih dahulu bahannya cukup tebal, ya.


Apron chef berkantong bahkan dapat dimanfaatkan untuk menyimpan alat memasak. Dengan demikian, proses memasak jadi lebih efisien. Nah, setelah memahami apa itu apron chef, kini saatnya bagi Anda untuk mengetahui tips memilihnya dari kami.

Cara memilih apron chef

Kebanyakan orang memilih apron berdasarkan warna dan desainnya saja. Akan tetapi, apron yang bagus tidak hanya harus dipilih dari dua kategori tersebut. Mari simak poin-poin lebih lengkapnya dari kami berikut.

1

Ketahui bahan-bahan apron chef dan sesuaikan dengan kebutuhan

Bahan yang biasa digunakan untuk apron chef adalah poliester, katun, dan kulit. Setiap material tentu memiliki karakteristiknya masing-masing. Pilihlah bahan apron yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar nyaman dikenakan.

Katun: Tidak mudah terbakar saat Anda berdekatan dengan api

Katun: Tidak mudah terbakar saat Anda berdekatan dengan api

Apron chef berbahan katun tidak mudah terbakar dan ideal digunakan untuk Anda yang kegiatannya sering berurusan dengan api. Karena memiliki daya serap yang tinggi terhadap air, bahan ini cocok digunakan oleh Anda yang mudah berkeringat. Tekstur permukaan celemek masak ini juga terasa lembut dan nyaman di kulit.


Bahan apron ini memang lebih mahal dari poliester, tetapi lebih awet digunakan dalam jangka waktu lama. Namun, akhir-akhir ini sudah banyak apron yang menggabungkan bahan poliester dan katun. Jadi, Anda bisa merasakan kelebihan keduanya. 

Poliester: Praktis untuk keperluan masak sehari-hari

Poliester: Praktis untuk keperluan masak sehari-hari

Poliester adalah salah satu bahan yang mudah dibuat sehingga desain dan fiturnya beragam. Bahan ini mudah dibersihkan, memiliki daya tahan tinggi, serta cepat kering. Meskipun begitu, karena apron merupakan item yang mudah terbakar, Anda perlu berhati-hati saat memasak.


Selain itu, kotoran membandel, seperti minyak dan kecap, mudah menempel di bahan apron chef ini. Jadi, produk berbahan poliester sebaiknya Anda gunakan saat memasak makanan yang mudah atau ringan.

Kulit sintetis dan suede: Awet untuk penggunaan jangka panjang

Kulit sintetis dan suede: Awet untuk penggunaan jangka panjang

Jika Anda mengutamakan apron chef yang awet dan tidak mudah rusak, bahan kulit sintetis dapat menjadi pilihan. Bahan ini tidak akan menyerap air dan minyak panas sehingga sangat cocok dikenakan di area dapur.


Di samping itu, apron dari kulit sintetis terlihat lebih fashionable sehingga cocok sebagai celemek barista di kafe. Warnanya juga dapat berubah seiring waktu. Anda pun bisa memilih apron berbahan suede yang teksturnya lebih lembut dan halus.

2

Sesuaikan ukuran apron chef dengan postur Anda

Sesuaikan ukuran apron chef dengan postur Anda

Kebanyakan ukuran apron chef di pasaran adalah all size. Maka dari itu, pastikanlah lebih dahulu ukuran produknya sesuai dengan postur Anda. Ukuran standar celemek koki yang umum dijual di Indonesia adalah 70–80 cm x 60–70 cm. Akan lebih mudah mengenakan apron yang panjangnya menutupi dada Anda hingga di atas lutut. 


Bila Anda berbadan ramping, pilihlah yang ukuran lebar bagian bawahnya di bawah 60 cm. Sementara itu, untuk Anda yang memiliki tinggi badan 170 cm, pilihlah apron yang panjangnya di atas 80 cm. Apabila panjang tali celemek koki bisa disesuaikan, produknya tentu akan lebih praktis dipakai.

3

Perhatikan cara mengikat bagian belakang apron chef

Perhatikan cara mengikat bagian belakang apron chef

Apron chef dibagi menjadi tiga tipe berdasarkan cara mengikatnya di bagian belakang. Setiap tipe memiliki cara pemasangan serta tampilan yang berbeda. Berikut kami akan menjelaskannya secara lebih rinci. Silakan pilih tipe yang paling nyaman untuk Anda.


  • Model tali H dilengkapi dengan kancing untuk mengencangkan tali. Dengan demikian, tipe ini sangat mudah dipasang dan dilepas. Sayangnya model tali ini masih jarang ditemukan di marketplace Indonesia.

  • Model tali X didesain dengan tali menyilang. Apron ini akan menyesuaikan dengan bentuk tubuh Anda.

  • Untuk mencegah bahu yang lelah atau tali pengikat terlepas, pilihlah model tali yang dikalungkan ke leher. Beberapa model ini memiliki tali yang bisa dililitkan ke pinggang bagian depan. Jadi, tubuh bagian belakang Anda bebas dari tali.
4

Periksa keunggulan apron chef

Periksa keunggulan apron chef

Hal yang tidak kalah penting adalah mengecek fitur atau keunggulan apron chef yang Anda beli. Karena dikenakan untuk memasak, kami menyarankan apron dengan fitur tahan air dan minyak, serta tidak mudah kotor. Jika ingin lebih aman di dapur, pilihlah yang berfitur antistatis dan tidak mudah terbakar.


Selain itu, pertimbangkanlah juga celemek koki yang dilengkapi kantong. Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, kantong ini bisa Anda fungsikan sebagai wadah untuk membawa alat memasak. Akan tetapi, perhatikanlah jumlah dan lebar kantong pada apron agar fungsinya optimal.

5

Pertimbangkan juga warna dan motif apron chef

Pertimbangkan juga warna dan motif apron chef

Apron chef di pasaran ditawarkan dalam beragam motif dan warna. Salah satu warna favorit banyak orang adalah hitam dengan motif polos. Apron dengan warna hitam memang dapat menyamarkan noda yang menempel sehingga tidak terlihat terlalu kotor.


Selain hitam atau warna gelap lain, ada banyak celemek koki dengan warna cerah yang membuat penampilan Anda lebih berwarna. Anda juga bisa memilih apron motif stripes yang cocok untuk pria maupun wanita. Jika Anda mementingkan penampilan dan ingin lebih modis, pilihlah produk dengan motif stripes yang timeless ini.


Terdapat pula apron chef dengan motif karakter-karakter yang lucu. Apron ini biasanya disukai ibu rumah tangga muda atau remaja yang baru belajar memasak. Saran kami, sebaiknya Anda memiliki beberapa koleksi celemek masak karena dapat dijadikan cadangan ketika kotor.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi apron chef terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk apron chef terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Hongzhuo

Waterproof Apron

Hongzhuo Waterproof Apron 1

Rp88.000

Agak Murah

Makin semangat memasak dengan pilihan motif dan warna!

2

Regashi

Adjustable Kitchen Apron

Regashi Adjustable Kitchen Apron 1

Rp41.914

Lebih Murah

Panjang tali lebih mudah diatur berkat kancing di bagian dada

3

Goto

Apron Barisca

Goto Apron Barisca 1

Rp94.750

Menengah

Warna enggak mudah luntur, dicuci berkali-kali pun bukan masalah

4

Monolog

Apron Barista Bartender Chef

Monolog Apron Barista Bartender Chef  1

Rp95.000

Menengah

Tali bisa dikenakan dengan dua cara, dijamin enggak akan terlepas

5

Armani

Apron Kulit

Armani Apron Kulit 1

Rp199.900

Agak Mahal

Desain elegan dan fungsional untuk berbagai pekerjaan

6

Chef Series

Basic Full Panjang Apron Plus

Chef Series Basic Full Panjang Apron Plus 1

Rp88.000

Agak Murah

Ukuran lebih panjang, Anda lebih terlindungi

7

Cook & Bake

Apron/Celemek Masak

Cook & Bake Apron/Celemek Masak 1

Rp118.800

Menengah

Memenuhi standar celemek koki untuk dapur profesional

8

IKEA

SANDVIVA Celemek Biru

IKEA SANDVIVA Celemek Biru 1

Rp149.000

Menengah

Apron chef berkualitas tinggi yang cocok untuk hadiah

9

Debellin

Debellin x Kami ApronKAMIAPRON-1

Debellin Debellin x Kami Apron 1

Rp295.000

Lebih Mahal

Tampil stylish di dapur berkat desain dan perpaduan warnanya

10

homLiv

Two Side Cooking Baking Apron

homLiv Two Side Cooking Baking Apron 1

Rp195.000

Agak Mahal

Dua warna dan motif berbeda dalam satu celemek masak!

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

HongzhuoWaterproof Apron

Waterproof Apron 1
Sumber: shopee.co.id
Waterproof Apron 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp88.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp88.000
Agak Murah

Makin semangat memasak dengan pilihan motif dan warna!

Apron yang satu ini khusus untuk Anda ibu rumah tangga yang memiliki kepribadian ceria dan aktif. Produk ini tersedia dalam lebih dari dua puluh pilihan warna dan motif yang menarik. Anda bisa memilih warna serta motif apron yang paling Anda sukai untuk meningkatkan semangat memasak.


Keunggulan lain celemek masak ini adalah adanya lap bulu handuk di kedua sisinya. Dengan begitu, Anda bisa langsung mengelap tangan Anda yang basah tanpa perlu repot membawa lap lagi.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

RegashiAdjustable Kitchen Apron

Harga referensi
Rp41.914
Lebih Murah

Panjang tali lebih mudah diatur berkat kancing di bagian dada

Apron chef ini dilengkapi kancing perekat di bagian sebelah kanan dada. Adanya kancing tersebut memudahkan penggunanya ketika mengatur ukuran panjang produk ini sesuai dengan postur. 


Jadi, jika Anda mencari apron untuk dipakai beberapa orang, produk ini adalah solusinya. Tiap penggunanya tidak perlu berkali-kali mengatur ulang panjang talinya. Tidak hanya itu, celemek masak ini dijual dengan harga yang ramah di kantong. Jangan salah, meski ekonomis, produk ini tahan air dan noda, lho.

No.3

GotoApron Barisca

Harga referensi
Rp94.750
Menengah

Warna enggak mudah luntur, dicuci berkali-kali pun bukan masalah

Bila proses memasak membuat apron cepat kotor dan mengharuskan Anda mencuci setiap hari, sebaiknya pilih produk ini. Meski dicuci berkali-kali pun, warna celemek ini tidak akan pudar karena bahan yang digunakan tidak mudah luntur. Permukaan apron ini juga halus dan tidak mudah berbulu sehingga sangat nyaman disentuh.

No.4

MonologApron Barista Bartender Chef

Harga referensi
Rp95.000
Menengah

Tali bisa dikenakan dengan dua cara, dijamin enggak akan terlepas

Apron dari brand asal Bandung ini sangat pas dikenakan oleh Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Berjalan ke sana kemari tidak akan membuat tali apron ini terlepas. Pasalnya, model tali produk ini bisa dikenakan dengan dua cara, yakni menyilang dan diikat biasa.


Di samping itu, produk MONOLOG ini dilengkapi tiga kantong yang multifungsi. Kantong bagian bawahnya dilengkapi sekat sehingga barang Anda bisa tersimpan rapi. Sementara itu, kantong bagian atas celemek ini dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan smartphone. Produk yang praktis, bukan?

No.5

ArmaniApron Kulit

Harga referensi
Rp199.900
Agak Mahal

Desain elegan dan fungsional untuk berbagai pekerjaan

Apron kulit dari bahan terbaik asal Garut ini terlihat modis. Tidak hanya tampil menarik, produk ini juga fungsional. Bagian depannya dilengkapi tiga saku di untuk menyimpan berbagai peralatan.


Selain itu, ada pula ring di bagian kanannya untuk mengaitkan atau menggantungkan benda, seperti handuk. Produk ini sangat cocok digunakan sebagai celemek barista di kafe atau koki di dapur.

No.6

Chef SeriesBasic Full Panjang Apron Plus

Harga referensi
Rp88.000
Agak Murah

Ukuran lebih panjang, Anda lebih terlindungi

Apron chef ini sangat cocok dikenakan oleh Anda yang bertubuh tinggi. Anda tidak perlu khawatir produk ini akan terlihat terlalu pendek. Pasalnya, produk ini memiliki ukuran yang cukup panjang, yakni 100 cm. 


Dengan begitu, bagian dada hingga paha Anda akan terlindungi dengan baik. Anda yang bertubuh lebih pendek pun tetap cocok memakainya karena justru akan melindungi kaki Anda pula. Selain itu, celemek koki ini berwarna hitam polos sehingga tidak mudah terlihat kotor.

No.7

Cook & BakeApron/Celemek Masak

Harga referensi
Rp118.800
Menengah

Memenuhi standar celemek koki untuk dapur profesional

Produk yang satu ini dibuat sesuai standar apron chef profesional. Karena itu, apron ini cocok untuk aktivitas masak yang berat dan panjang. Jika Anda bekerja di bidang kuliner, seperti restoran atau katering, produk ini adalah pilihannya.


Celemek koki ini memiliki tekstur permukaan yang sangat lembut. Pasalnya, produk ini dibuat dari jenis kanvas yang paling halus, yakni baby canvas. Tidak hanya itu, produk ini juga memiliki ukuran yang cukup panjang sehingga dapat melindungi bagian bawah tubuh Anda.

No.8

IKEASANDVIVA Celemek Biru

Harga referensi
Rp149.000
Menengah

Apron chef berkualitas tinggi yang cocok untuk hadiah

Anda bingung mencari kado untuk rekan yang seorang koki atau hobi masak? Kalau begitu, hadiahkanlah saja dengan apron chef ini. IKEA SANDVIVA terbuat dari bahan berkualitas yang lembut, berkilau, dan awet sehingga akan berkesan sebagai hadiah. 


IKEA merancang apronnya ini dengan saku depan yang praktis untuk memisahkan alat masak. Selain itu, masih ada simpul di depannya untuk menggantung serbet ataupun jepitan makanan. Celemek koki ini juga mudah digantung di samping lemari dapur. Penerimanya pasti akan makin semangat memasak!

No.9

DebellinDebellin x Kami ApronKAMIAPRON-1

Harga referensi
Rp295.000
Lebih Mahal

Tampil stylish di dapur berkat desain dan perpaduan warnanya

Debellin pasti sudah bersahabat di telinga Anda yang hobi masak. Brand peralatan masak premium ini menawarkan apron chef yang kualitasnya tentu tidak diragukan seperti produk Debellin lainnya.


Celemek masak ini terlihat elegan dengan kombinasi warna yang sedang mengetren saat ini. Jika Anda gemar membuat konten memasak, mungkin produk ini bisa melengkapi penampilan Anda agar terlihat lebih stylish.

No.10

homLivTwo Side Cooking Baking Apron

Harga referensi
Rp195.000
Agak Mahal

Dua warna dan motif berbeda dalam satu celemek masak!

Apakah Anda tetap ingin terlihat cute untuk suami, bahkan ketika memasak? Jika iya, kami menyarankan Anda untuk membeli produk ini. Apron chef ini diberi motif ilustrasi peralatan memasak yang terlihat lucu, lho. Siapa pun pasti akan tampil cute saat memakai produk ini.


Keistimewaan lain dari produk ini adalah memiliki dua sisi yang bisa ditunjukkan di depan. Kedua sisinya juga diberi warna dan motif yang berbeda. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot mencari sisi depannya saat akan memakai celemek masak ini.

Baca juga rekomendasi produk apron lainnya di sini

Selain apron chef, terdapat juga apron jenis lain untuk berbagai keperluan. Anda bisa menemukan celemek pinggang sampai yang khusus untuk anak. Produknya sudah kami ulas untuk Anda. Silakan klik tautan-tautan di bawah ini untuk lebih detail membacanya.

Kesimpulan

Beragam apron chef terbaik telah kami rekomendasikan untuk Anda di artikel ini, beserta cara memilihnya. Sudahkah Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan? Ingatlah bahwa bahan dan ukuran apron chef di pasaran berbeda-beda.


Kehadiran apron chef sangat penting, lho. Produknya dapat melindungi tubuh Anda dari cipratan minyak dan air panas, serta menjaga pakaian Anda tetap bersih. Selamat memilih apron chef terbaik untuk memudahkan hobi memasak dan waktu kerja Anda!

5 Rekomendasi Apron Chef terbaik

No. 1: HongzhuoWaterproof Apron

No. 2: RegashiAdjustable Kitchen Apron

No. 3: GotoApron Barisca

No. 4: MonologApron Barista Bartender Chef

No. 5: ArmaniApron Kulit

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Aksesori dapur
  4. 10 Rekomendasi Apron Chef Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.