• 10 Rekomendasi Apron Chef Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Apron Chef Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Apron Chef Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Apron Chef Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Apron Chef Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Apron Chef Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Apron chef sangat berguna untuk melindungi baju Anda dari cipratan noda. Untuk Anda yang hobi masak atau seorang chef, penggunaan apron atau celemek masak sangat dibutuhkan. Namun, Anda bisa saja kesulitan memilih karena bahan dan ukuran apron chef beragam.


Karena itu, jika Anda sedang mencari apron chef terbaik, pastikanlah untuk membaca artikel kami ini. Tips memilihnya akan kami jelaskan khusus untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek yang bagus. Anda bisa menemukan produk dari IKEA, Debellin, dan lainnya. Yuk, simak ulasan selengkapnya dari kami di bawah ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa itu apron chef?

Apa itu apron chef?

Apron chef atau celemek koki didesain untuk melindungi pakaian Anda agar tidak kotor saat memasak. Apron biasanya akan menutupi area dada hingga paha Anda. Meski begitu, Anda tetap perlu menyesuaikan ukurannya agar nyaman dikenakan.


Selain melindungi baju dari noda, apron chef bisa berfungsi sebagai lap darurat saat tangan Anda kotor. Apron juga dapat melindungi kulit Anda dari air panas atau minyak panas. Namun, pastikanlah lebih dahulu bahannya cukup tebal, ya.


Apron chef berkantong bahkan dapat dimanfaatkan untuk menyimpan alat memasak. Dengan demikian, proses memasak jadi lebih efisien. Nah, setelah memahami apa itu apron chef, kini saatnya bagi Anda untuk mengetahui tips memilihnya dari kami.

Cara memilih apron chef

Kebanyakan orang memilih apron berdasarkan warna dan desainnya saja. Akan tetapi, apron yang bagus tidak hanya harus dipilih dari dua kategori tersebut. Mari simak poin-poin lebih lengkapnya dari kami berikut.

Ketahui bahan-bahan apron chef dan sesuaikan dengan kebutuhan

Bahan yang biasa digunakan untuk apron chef adalah poliester, katun, dan kulit. Setiap material tentu memiliki karakteristiknya masing-masing. Pilihlah bahan apron yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar nyaman dikenakan.

Katun: Tidak mudah terbakar saat Anda berdekatan dengan api

Katun: Tidak mudah terbakar saat Anda berdekatan dengan api

Apron chef berbahan katun tidak mudah terbakar dan ideal digunakan untuk Anda yang kegiatannya sering berurusan dengan api. Karena memiliki daya serap yang tinggi terhadap air, bahan ini cocok digunakan oleh Anda yang mudah berkeringat. Tekstur permukaan celemek masak ini juga terasa lembut dan nyaman di kulit.


Bahan apron ini memang lebih mahal dari poliester, tetapi lebih awet digunakan dalam jangka waktu lama. Namun, akhir-akhir ini sudah banyak apron yang menggabungkan bahan poliester dan katun. Jadi, Anda bisa merasakan kelebihan keduanya. 

Poliester: Praktis untuk keperluan masak sehari-hari

Poliester: Praktis untuk keperluan masak sehari-hari

Poliester adalah salah satu bahan yang mudah dibuat sehingga desain dan fiturnya beragam. Bahan ini mudah dibersihkan, memiliki daya tahan tinggi, serta cepat kering. Meskipun begitu, karena apron merupakan item yang mudah terbakar, Anda perlu berhati-hati saat memasak.


Selain itu, kotoran membandel, seperti minyak dan kecap, mudah menempel di bahan apron chef ini. Jadi, produk berbahan poliester sebaiknya Anda gunakan saat memasak makanan yang mudah atau ringan.

Kulit sintetis dan suede: Awet untuk penggunaan jangka panjang

Kulit sintetis dan suede: Awet untuk penggunaan jangka panjang

Jika Anda mengutamakan apron chef yang awet dan tidak mudah rusak, bahan kulit sintetis dapat menjadi pilihan. Bahan ini tidak akan menyerap air dan minyak panas sehingga sangat cocok dikenakan di area dapur.


Di samping itu, apron dari kulit sintetis terlihat lebih fashionable sehingga cocok sebagai celemek barista di kafe. Warnanya juga dapat berubah seiring waktu. Anda pun bisa memilih apron berbahan suede yang teksturnya lebih lembut dan halus.

Sesuaikan ukuran apron chef dengan postur Anda

Sesuaikan ukuran apron chef dengan postur Anda

Kebanyakan ukuran apron chef di pasaran adalah all size. Maka dari itu, pastikanlah lebih dahulu ukuran produknya sesuai dengan postur Anda. Ukuran standar celemek koki yang umum dijual di Indonesia adalah 70–80 cm x 60–70 cm. Akan lebih mudah mengenakan apron yang panjangnya menutupi dada Anda hingga di atas lutut. 


Bila Anda berbadan ramping, pilihlah yang ukuran lebar bagian bawahnya di bawah 60 cm. Sementara itu, untuk Anda yang memiliki tinggi badan 170 cm, pilihlah apron yang panjangnya di atas 80 cm. Apabila panjang tali celemek koki bisa disesuaikan, produknya tentu akan lebih praktis dipakai.

Perhatikan cara mengikat bagian belakang apron chef

Perhatikan cara mengikat bagian belakang apron chef

Apron chef dibagi menjadi tiga tipe berdasarkan cara mengikatnya di bagian belakang. Setiap tipe memiliki cara pemasangan serta tampilan yang berbeda. Berikut kami akan menjelaskannya secara lebih rinci. Silakan pilih tipe yang paling nyaman untuk Anda.


  • Model tali H dilengkapi dengan kancing untuk mengencangkan tali. Dengan demikian, tipe ini sangat mudah dipasang dan dilepas. Sayangnya model tali ini masih jarang ditemukan di marketplace Indonesia.

  • Model tali X didesain dengan tali menyilang. Apron ini akan menyesuaikan dengan bentuk tubuh Anda.

  • Untuk mencegah bahu yang lelah atau tali pengikat terlepas, pilihlah model tali yang dikalungkan ke leher. Beberapa model ini memiliki tali yang bisa dililitkan ke pinggang bagian depan. Jadi, tubuh bagian belakang Anda bebas dari tali.

Periksa keunggulan apron chef

Periksa keunggulan apron chef

Hal yang tidak kalah penting adalah mengecek fitur atau keunggulan apron chef yang Anda beli. Karena dikenakan untuk memasak, kami menyarankan apron dengan fitur tahan air dan minyak, serta tidak mudah kotor. Jika ingin lebih aman di dapur, pilihlah yang berfitur antistatis dan tidak mudah terbakar.


Selain itu, pertimbangkanlah juga celemek koki yang dilengkapi kantong. Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, kantong ini bisa Anda fungsikan sebagai wadah untuk membawa alat memasak. Akan tetapi, perhatikanlah jumlah dan lebar kantong pada apron agar fungsinya optimal.

Pertimbangkan juga warna dan motif apron chef

Pertimbangkan juga warna dan motif apron chef

Apron chef di pasaran ditawarkan dalam beragam motif dan warna. Salah satu warna favorit banyak orang adalah hitam dengan motif polos. Apron dengan warna hitam memang dapat menyamarkan noda yang menempel sehingga tidak terlihat terlalu kotor.


Selain hitam atau warna gelap lain, ada banyak celemek koki dengan warna cerah yang membuat penampilan Anda lebih berwarna. Anda juga bisa memilih apron motif stripes yang cocok untuk pria maupun wanita. Jika Anda mementingkan penampilan dan ingin lebih modis, pilihlah produk dengan motif stripes yang timeless ini.


Terdapat pula apron chef dengan motif karakter-karakter yang lucu. Apron ini biasanya disukai ibu rumah tangga muda atau remaja yang baru belajar memasak. Saran kami, sebaiknya Anda memiliki beberapa koleksi celemek masak karena dapat dijadikan cadangan ketika kotor.

10 Rekomendasi apron chef terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk apron chef terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

homLivTwo Side Cooking Baking Apron

Mulai dari Rp 195.000,00

BahanAmerican drill
Ukuran74 cm x 53 cm
Model taliDikalungkan ke leher dan diikat ke belakang
KeunggulanDua sisi depan, 1 kantong depan
Pilihan warnaAbu-abu/hitam
9

DebellinDebellin x Kami Apron

KAMIAPRON-1

Mulai dari Rp 295.000,00

BahanCotton drill
UkuranTidak ada keterangan
Model taliBentuk X
KeunggulanPanjang tali leher bisa diatur, 1 kantong depan
Pilihan warnaMerah, cokelat
8
Bahan80% katun, 20% poliester
Ukuran85 cm x 69 cm
Model taliDikalungkan ke leher dan diikat ke belakang
KeunggulanPanjang tali leher bisa diatur, bisa digantung, 1 simpul untuk menggantung alat, 1 kantong depan dengan sekat
Pilihan warnaBiru
7

Cook & BakeApron/Celemek Masak

Mulai dari Rp 118.800,00

BahanBaby canvas
Ukuran92 cm x 70 cm x 1 cm
Model taliDikalungkan ke leher dan diikat ke belakang
Keunggulan1 kantong depan
Pilihan warnaBeige, brown, dark khaki, grey, olive
6

Chef SeriesBasic Full Panjang Apron Plus

Mulai dari Rp 88.000,00

BahanKatun oxford
Ukuran100 cm x 65 cm
Model taliDikalungkan ke leher dan diikat ke belakang
Keunggulan1 kantong depan, tali tebal
Pilihan warnaHitam
5
BahanKulit sintetis
Ukuran77 cm x 60 cm
Model taliBentuk X
Keunggulan3 kantong depan, 1 ring samping
Pilihan warnaCokelat tua, cokelat muda, hitam
4

MonologApron Barista Bartender Chef

Mulai dari Rp 95.000,00

BahanKanvas
Ukuran77 cm x 60 cm
Model taliBentuk X
Keunggulan3 kantong depan
Pilihan warnaAbu-abu gelap, hitam, coklat
3
BahanDrill
Ukuran78 cm x 59 cm
Model taliDikalungkan ke leher dan diikat ke belakang
KeunggulanPanjang tali leher bisa diatur, 1 ring samping, tahan air
Pilihan warnaMerah, coklat, biru, hitam
2
BahanPolyester cotton twill
Ukuran80 cm x 60 cm
Model taliDikalungkan ke leher dan diikat ke belakang
KeunggulanPanjang tali leher bisa diatur, 1 kantong besar, 1 kantong kecil, tahan air dan noda
Pilihan warnaHitam, coklat, merah, oranye
1
BahanKatun
Ukuran79 cm x 72 cm
Model taliDikalungkan ke leher dan diikat ke belakang
Keunggulan1 kantong depan, tahan air dan noda
Pilihan warnaBiru, pink, cokelat, kuning, merah, navy, ungu, hijau, hitam

Tabel perbandingan produk apron chef terbaik

Gambar produk
1
Hongzhuo Waterproof Apron 1

Hongzhuo

2
Regashi Adjustable Kitchen Apron 1

Regashi

3
Goto Apron Barisca 1

Goto

4
Monolog Apron Barista Bartender Chef  1

Monolog

5
Armani Apron Kulit 1

Armani

6
Chef Series Basic Full Panjang Apron Plus 1

Chef Series

7
Cook & Bake Apron/Celemek Masak 1

Cook & Bake

8
IKEA SANDVIVA Celemek Biru 1

IKEA

9
Debellin Debellin x Kami Apron 1

Debellin

10
homLiv Two Side Cooking Baking Apron 1

homLiv

Nama produk

Waterproof Apron

Adjustable Kitchen Apron

Apron Barisca

Apron Barista Bartender Chef

Apron Kulit

Basic Full Panjang Apron Plus

Apron/Celemek Masak

SANDVIVA Celemek Biru

Debellin x Kami Apron

Two Side Cooking Baking Apron

Keunggulan

Makin semangat memasak dengan pilihan motif dan warna!

Panjang tali lebih mudah diatur berkat kancing di bagian dada

Warna enggak mudah luntur, dicuci berkali-kali pun bukan masalah

Tali bisa dikenakan dengan dua cara, dijamin enggak akan terlepas

Desain elegan dan fungsional untuk berbagai pekerjaan

Ukuran lebih panjang, Anda lebih terlindungi

Memenuhi standar celemek koki untuk dapur profesional

Apron chef berkualitas tinggi yang cocok untuk hadiah

Tampil stylish di dapur berkat desain dan perpaduan warnanya

Dua warna dan motif berbeda dalam satu celemek masak!

Harga mulai dariRp 88.000,00Rp 41.914,00Rp 94.750,00Rp 95.000,00Rp 199.900,00Rp 88.000,00Rp 118.800,00Rp 149.000,00Rp 295.000,00Rp 195.000,00
BahanKatunPolyester cotton twillDrillKanvasKulit sintetisKatun oxfordBaby canvas80% katun, 20% poliesterCotton drillAmerican drill
Ukuran79 cm x 72 cm80 cm x 60 cm78 cm x 59 cm77 cm x 60 cm77 cm x 60 cm100 cm x 65 cm92 cm x 70 cm x 1 cm85 cm x 69 cmTidak ada keterangan74 cm x 53 cm
Model taliDikalungkan ke leher dan diikat ke belakangDikalungkan ke leher dan diikat ke belakangDikalungkan ke leher dan diikat ke belakangBentuk XBentuk XDikalungkan ke leher dan diikat ke belakangDikalungkan ke leher dan diikat ke belakangDikalungkan ke leher dan diikat ke belakangBentuk XDikalungkan ke leher dan diikat ke belakang
Keunggulan1 kantong depan, tahan air dan nodaPanjang tali leher bisa diatur, 1 kantong besar, 1 kantong kecil, tahan air dan nodaPanjang tali leher bisa diatur, 1 ring samping, tahan air3 kantong depan3 kantong depan, 1 ring samping1 kantong depan, tali tebal1 kantong depanPanjang tali leher bisa diatur, bisa digantung, 1 simpul untuk menggantung alat, 1 kantong depan dengan sekatPanjang tali leher bisa diatur, 1 kantong depanDua sisi depan, 1 kantong depan
Pilihan warnaBiru, pink, cokelat, kuning, merah, navy, ungu, hijau, hitamHitam, coklat, merah, oranyeMerah, coklat, biru, hitamAbu-abu gelap, hitam, coklatCokelat tua, cokelat muda, hitamHitamBeige, brown, dark khaki, grey, oliveBiruMerah, cokelatAbu-abu/hitam
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk apron lainnya di sini

Selain apron chef, terdapat juga apron jenis lain untuk berbagai keperluan. Anda bisa menemukan celemek pinggang sampai yang khusus untuk anak. Produknya sudah kami ulas untuk Anda. Silakan klik tautan-tautan di bawah ini untuk lebih detail membacanya.

Kesimpulan

Beragam apron chef terbaik telah kami rekomendasikan untuk Anda di artikel ini, beserta cara memilihnya. Sudahkah Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan? Ingatlah bahwa bahan dan ukuran apron chef di pasaran berbeda-beda.


Kehadiran apron chef sangat penting, lho. Produknya dapat melindungi tubuh Anda dari cipratan minyak dan air panas, serta menjaga pakaian Anda tetap bersih. Selamat memilih apron chef terbaik untuk memudahkan hobi memasak dan waktu kerja Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Blender biasa digunakan untuk membuat jus dan menghaluskan makanan. Alat ini cukup populer dan sering digunakan sebagai alat bantu memasak. Beragam merek dan model blender pun bisa ditemui dengan mudah di pasaran, mulai dari Cosmos, Philips, Oxone, Sharp, dan lainnya. Karena banyaknya pilihan, Anda harus lebih teliti ketika memilihnya.Untuk memudahkan Anda menentukan pilihan, kami akan menjelaskan cara memilih blender yang bagus, mengenal jenis-jenis blender, dan perbedaannya dengan produk serupa. Selain itu, kami juga akan mengulas beberapa rekomendasi blender terbaik yang dapat Anda pertimbangkan. Jadi, simak terus sampai akhir, ya!
    Aksesori dapur
  • 10 Rekomendasi Teko Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Teko Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Teko listrik bermanfaat saat Anda ingin merebus air dengan jumlah sedikit dalam waktu singkat. Penggunaan teko ini terbilang lebih aman dibandingkan memasak air menggunakan gas karena sumber energinya adalah listrik. Dewasa ini, teko listrik banyak dilirik tidak hanya karena fungsinya, tetapi juga karena desainnya yang menarik.Ada berbagai merek teko listrik yang bagus yang dapat Anda jumpai, seperti Maspion, Philips, Idealife, dan Cosmos. Nah, agar Anda tidak pusing menentukan, mari cari tahu cara memilih teko yang tepat melalui artikel ini. Tengok juga rekomendasi produknya untuk Anda jadikan referensi!
    Aksesori dapur
  • 10 Rekomendasi Mesin Pembuat Es Batu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Pembuat Es Batu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat cuaca panas, minuman dingin dengan es batu banyak dicari karena dapat menyegarkan tenggorokan. Namun, terkadang kulkas hanya dapat membuat es batu dengan jumlah terbatas. Apabila Anda menggunakan es batu dengan jumlah banyak setiap hari, saatnya mempertimbangkan membeli mesin pembuat es batu.Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih mesin pembuat es batu yang bagus untuk Anda. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk mesin pembuat es batu terbaik. Mulai dari merek GEA, Hicon, Tomori, dan lainnya. Simak baik-baik penjelasan selengkapnya, ya!
    Aksesori dapur
  • 10 Rekomendasi Termos Air Panas Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Termos Air Panas Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Hot water pot atau termos air panas mempunyai fungsi sebagai tempat penyimpanan air panas dan dingin. Ya, alat ini memiliki kemampuan untuk mempertahankan suhu air tanpa listrik. Di pasaran, Anda bisa menemukan beragam jenis termos air panas, mulai dari ukuran kecil hingga ukuran jumbo.Nah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih termos air panas yang bagus. Sepuluh rekomendasi termos air panas terbaik, seperti merek Lion Star, Delvonta, dan Thermos, juga telah kami siapkan. Artikel ini telah ditinjau oleh tea specialist kami, Bambang Laresolo. Selamat membaca!
    Aksesori dapur
  • 10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tempat beras berfungsi untuk menjaga beras agar tetap bersih serta bebas dari serangga dan debu. Namun, tahukah Anda bahwa tempat beras memiliki desain, material, dan ukuran yang berbeda-beda? Ada tempat beras merek IKEA, berbahan plastik, antikutu, dan sebagainya.Kali ini, kami akan menjelaskan tentang cara memilih tempat beras yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi dispenser/tempat terbaik merek Tupperware, Cosmos, Lion Star, dan Maspion. Mari simak secara saksama dan temukan tempat beras yang paling sesuai untuk Anda!
    Aksesori dapur
  • 10 Rekomendasi Toples Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Toples Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Toples atau stoples merupakan wadah penyimpanan favorit bagi kalangan ibu-ibu. Toples bisa digunakan untuk menyimpan kue, selai, kacang-kacangan, bumbu, bahkan manik-manik. Sekarang ini ada banyak model toples, mulai dari toples kue kering, toples plastik kotak, toples kue Lebaran, hingga toples kerupuk. Desainnya juga sangat beragam, lho!Sebelum membeli, ada baiknya Anda membaca berbagai tips memilih toples yang bagus dari kami. Dengan begitu, Anda bisa membeli toples yang sesuai dengan kebutuhan. Selain memberikan tips, kami juga akan memperkenalkan toples berkualitas dari berbagai merek, seperti Hario, IKEA, dan Tupperware.
    Aksesori dapur
  • 10 Rekomendasi Tempat Sampah Terbaik untuk Dapur, Dilengkapi dengan Tutup! (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tempat Sampah Terbaik untuk Dapur, Dilengkapi dengan Tutup! (Terbaru Tahun 2022)
    Tempat sampah digunakan untuk menjaga kebersihan setiap ruangan di rumah Anda. Jadi, Anda bisa meletakkan tempat sampat di toilet, teras, atau dapur. Di artikel kali ini kami akan fokus membahas tempat sampah terbaik untuk disimpan di dapur dan dilengkapi tutup. Tempat sampah dapur sangat bervariasi. Selain itu, ada pula tong sampah dapur yang dilengkapi dengan fitur sensor atau pijak kaki. Untuk membantu Anda menemukan tempat sampah terbaik, kami merekomendasikan beberapa merek yang bagus, seperti Shinpo, IKEA, dan Oxihom. Sebelum itu, simaklah pembahasan berikut ini terlebih dahulu.
    Aksesori dapur
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori