10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Anda senang pergi menjelajah alam? Tentunya Anda membutuhkan waktu lebih dari 1 hari untuk menjelajah alam ya, baik gunung, pantai, maupun dataran tinggi. Jika Anda harus bermalam di alam bebas, tentunya Anda membutuhkan kantong tidur atau sleeping bagSleeping bag memiliki banyak jenis dan fungsi berdasarkan materialnya.

Banyak brand yang menjual sleeping bag seperti Eiger, Deuter, Jack Wolfskin, dan masih banyak lagi. Nah, dalam artikel kali ini kami akan mengulas tentang sleeping bag, mulai dari cara memilih, rekomendasi, serta cara pemakaiannya. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih sleeping bag

Jika Anda mencari sleeping bag, mungkin Anda kebingungan dengan banyaknya jenis yang ditawarkan. Tetapi, yang terutama Anda harus memperhatikan material dan bentuk sleeping bag. Keduanya harus Anda sesuaikan dengan kondisi lingkungan Anda.

Pilih ukuran yang sesuai badan Anda

Pilih ukuran yang sesuai badan Anda

Sleeping bag memiliki beberapa pilihan ukuran. Jangan memilih sleeping bag dengan ukuran yang kebesaran karena akan mengurangi kehangatan dari sleeping bag. Jangan pula memilih ukuran yang terlalu sempit karena dapat membuat Anda tidak nyaman menggukanannya. Pastikan ukuran sleeping bag pilihan Anda pas dengan badan Anda.

Jika Anda mencari sleeping bag untuk anak-anak, sebaiknya pilih sleeping bag dengan ukuran yang dapat diatur. Hal ini perlu Anda perhatikan karena anak-anak akan cepat besar dan tidak akan muat jika ukurannya tidak dapat diatur.

Pilih tipe yang cocok dengan gaya Anda

Ada 3 jenis tipe sleeping bag, yaitu tipe mumi, amplop, dan badan manusia. Ketiganya memiliki insulasi panas yang berbeda. Berikut kami berikan ulasannya.

Tipe mumi yang sangat hangat

Tipe mumi yang sangat hangat

Tipe ini memiliki ukuran yang pas dengan tubuh Anda sehingga hampir tidak ada celah antara tubuh Anda dan sleeping bag. Karena itu, tipe ini dapat menciptakan kehangatan yang lebih untuk tubuh Anda. Tetapi, akan sulit untuk menggerakan tubuh Anda secara bebas dengan tipe mumi.

Bebas bergerak dengan tipe amplop

Bebas bergerak dengan tipe amplop

Tipe amplop berbentuk persegi panjang. Cocok bagi Anda yang ingin bergerak bebas di dalam sleeping bag. Jika Anda memiliki 2 produk sleeping bag tipe amplop dari brand yang sama, Anda dapat menggabungkannya sehingga menjadi lebih lebar dan dapat digunakan lebih dari 1 orang.

Tipe badan manusia

Tipe badan manusia

Tampilan sleeping bag ini mengikuti bentuk tubuh manusia yang membuat Anda lebih nyaman untuk bergerak. Anda dapat menggerakkan kaki dan tangan Anda ketika menggunakan sleeping bag. Anda dapat berjalan dan berdiri pula dengan menggunakan sleeping bag ini.

Harga, retensi panas, dan cara perwatan berbeda berdasarkan material

Pada umumnya ada 2 tipe material pengisi sleeping bag yaitu, down dan chemical fiber. Keduanya memiliki karakter yang berbeda sehingga akan mempengaruhi harga, cara perawatan, dan tingkat penyimpanan panas.

Down, ringan dan dapat menyimpan panas

Down, ringan dan dapat menyimpan panas

Down adalah material yang cukup mahal. Tetapi, down memiliki bobot yang ringan dan sempurna untuk menyimpan panas. Selain itu, material ini dapat dimampatkan sehingga dapat disimpan secara kompak.

Tetapi, jika dibandingkan dengan chemical fiber, perawatan down lebih sulit dilakukan. Dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk kering jika down terkena air. Ketika Anda mencuci sleeping bag dengan material ini, Anda harus meletakkannya pada tempat dengan ventilasi yang baik agar cepat kering seluruhnya.

Chemical fiber, murah dan perawatan yang mudah

Chemical fiber, murah dan perawatan yang mudah

Chemical fiber relatif lebih murah dan mudah dirawat karena tidak menyerap air. Tetapi, material ini tidak memiliki kemampuan menyimpan panas sekuat down. Jika Anda membutuhkan tingkat kehangatan yang setara down, diperlukan sleeping bag dengan chemical fiber yang lebih berat. Material ini cocok untuk para pemula dan aktivitas yang mudah dilakukan di outdoor.

Ketahui suhu penggunaan yang nyaman dan batas suhu operasi

Suhu operasi yang nyaman dan batas suhu operasi merupakan standar saat menggunakan sleeping bag. Jika Anda tidak memahami kedua suhu ini dengan tepat, Anda akan merasa terlalu dingin di dalam kantong tidur. Perhitungan tentang suhu pada sleeping bag tergantung dari masing-masing produsen. Untuk mengetahui suhu yang nyaman dan batas suhu operasi, Anda dapat menggunakan panduan berikut sebagai acuan.

Selalu cek suhu penggunaan yang nyaman saat memilih!

Selalu cek suhu penggunaan yang nyaman saat memilih!

Suhu penggunaan yang nyaman adalah suhu standar yang memungkinkan untuk menghabiskan waktu dengan nyaman pada suhu ini. Saat memilih sleeping bag, ada baiknya memilih suhu referensi untuk kenyamanan. Namun, setiap orang memiliki referensi kenyaman suhu yang berbeda. Sebaiknya Anda memilih sleeping bag dengan perbedaan suhu 5-10°C dari tempat pemakaian.

Pilih sesuai musim

Sleeping bag memiliki tingkat ketebalan yang berbeda. Ketebalan ini akan berpengaruh terhadap kehangatan sleeping bag. Pilihlah sleeping bag sesuai suhu lingkungan tempat Anda melakukan aktivitas termasuk musimnya dan iklimnya.

Musim panas

Musim panas

Jika Anda memilih sleeping bag untuk digunakan hanya saat musim panas, pilihlah sleeping bag dengan batas suhu 5-10°C untuk tetap menjaga kenyamanan tidur Anda di musim panas.

Sleeping bag 3 musim

Sleeping bag 3 musim

Jika Anda menginginkan sleeping bag yang dapat digunakan selama 3 musim, musim semi, musim panas, dan musim gugur, Anda sebaiknya memilih sleeping bag dengan suhu minimum -5 sampai 5°C. Kontrol suhu mudah dilakukan dengan membuka atau menutup ritsleting.

Musim dingin

Musim dingin

Jika Anda bertujuan untuk bermalam pada musim dingin atau suhu yang sangat rendah, pilihlah sleeping bag dengan suhu operasi minimum -5 °C atau kurang. Anda dapat tidur yang nyenyak meski dalam cuaca dingin.

Mudah disimpan

Mudah disimpan

Jika Anda pergi menjelajah alam tentunya barang bawaan Anda akan sangat banyak. Untuk menghemat tempat, sebaiknya pilihlah sleeping bag yang dapat dilipat dengan lebih padat dan ringan. Ukuran 15 x 30 cm sleeping bag yang terlipat sangat pas untuk dibawa di antara perlengkapan Anda maupun disimpan saat tidak dipakai.

Sleeping bag yang mudah dibersihkan

Sleeping bag yang mudah dibersihkan

Pastinya Anda akan membeli sleeping bag yang mudah dibersihkan ya. Sebaiknya Anda memastikan apakah sleeping bag yang Anda inginkan dapat dicuci. Jika dapat dicuci akan membantu Anda ketika sleeping bag Anda terkena noda dan menjaga sleeping bag tetap higienis. Cari tahu juga apakah sleeping bag tersebut dapat dicuci dengan mesin untuk mempermudah pencucian.

10 Rekomendasi sleeping bag terbaik

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui berbagai informasi tentang sleeping bag. Berikutnya untuk membantu Anda memilih, kami akan berikan rekomendasi sleeping bag untuk Anda yang tentunya dapat Anda beli secara online.

10. NATUREHIKE NH16S016-S Sleeping Bag Family

10. NATUREHIKE NH16S016-S Sleeping Bag Family 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.000.000

Barang bawaan lebih ringan, tidur lebih nyaman

Anda sudah belum punya rencana untuk liburan keluarga tahun ini? Pergi berkemah bersama pasangan dan anak Anda dapat menjadi ide yang menarik. Untuk melengkapi liburan Anda bersama keluarga, kami rekomendasikan NATUREHIKE NH16S016-S Sleeping Bag Family.

NATUREHIKE NH16S016-S Sleeping Bag Family dapat digunakan oleh 3-4 orang. Tentunya dengan membawa 1 satu kantong tidur untuk keluarga akan membantu Anda mengurangi barang bawaan. Sleeping bag ini cocok Anda gunakan pada musim panas atau suhu yang cukup hangat.

9. Onsight Extreem Peak 05

9. Onsight Extreem Peak 05

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 230.000

Lebih ekonomis untuk suhu dingin

Berpergian ke tempat dengan suhu rendah tentunya membutuhkan persiapan ekstra. Untuk melengkapi perlengkapan kegiatan outdoor Anda, kami rekomendasikan Onsight Extreem Peak 05. Dengan bentuk model mumi, sleeping bag ini mampu menciptakan kehangatan untuk Anda.

Kantong tidur ini memliki lapisan bulu pada bagian dalam sehingga dapat menjaga kehangatan Anda saat tidur menggunakan kantong tidur ini. Bentuk sleeping bag ini tidak terlalu bulky sehingga mudah Anda lipat. Tentunya kantong tidur ini dapat Anda beli dengan harga yang sangat ekonomis!

8. Jack Wolfskin Childrens Grow Up Star

8. Jack Wolfskin Childrens Grow Up Star

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.530.000

 Pas untuk si kecil yang terus bertumbuh

Anak-anak pasti senang sekali berpetualang ke alam bebas ya! Tentunya akan sangat boros jika Anda harus membeli sleeping bag setiap tahun karena anak Anda semakin besar. Jack Wolfskin Childrens Grow Up Star dapat menjadi pilihan bagi anak Anda yang sedang bertumbuh.

Dilengkapi dengan ritsleting pada bagian kaki untuk memperpanjang sleeping bag ketika tinggi anak Anda semakin bertambah. Ditambah dengan insulasi panas ganda pada bagian kaki dapat menjaga kaki si kecil tetap hangat. Warna biru yang cerah ditambah taburan bintang pasti sangat disukai anak Anda!

7. NATUREHIKE Sleeping Bag Mountain Mobile Spun Silk

7. NATUREHIKE Sleeping Bag Mountain Mobile Spun Silk

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 640.000

Satu sleeping bag, dua model

Anda menginginkan sleeping bag yang memiliki dua model? Nah, kami merekomendasikan NATUREHIKE Sleeping Bag Mountain Mobile Spun Silk untuk Anda! Dilengkapi dengan beberapa ritsleting, kantong tidur ini dapat Anda gunakan dengan model mumi atau humanoid.

Diisi dengan hollow fiber sehingga sangat nyaman dan empuk untuk tidur serta ringan. Kaki Anda pun akan tetap terasa hangat karena dilindungi bahan polar. Meskipun terlihat besar, Anda dapat melipat sleeping bag ini menjadi lebih kompak dengan ukuran 30 x 24 cm saja!

6. Sleeping Bag Hammock

6. Sleeping Bag Hammock

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 125.000

Pengalaman tidur unik dengan hammock

Anda menginginkan pengalaman tidur yang tidak biasa? Sleeping Bag Hammock dapat menjadi pilihan bagi Anda. Dilengkapi dengan webbing sepanjang 2.5 m, Anda dapat menggunakan kantong tidur ini dalam bentuk hammock. Tentunya menjadi lebih fun ya!

Di siang hari, Anda dapat membuka ritsletingnya hanya untuk bersantai. Di malam hari yang lebih dingin, dapat Anda gunakan menjadi sleeping bag dengan hoodie untuk menjaga kehangatan. Bagian luar Sleeping Bag Hammock merupakan nylon yang tahan air.

5. Jack Wolfskin 4-In-1 Blanket

5. Jack Wolfskin 4-In-1 Blanket

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.750.000

Cocok untuk musim panas

Anda berencana berpergian ke daerah tropis untuk liburan nanti? 4 in 1 Blanket adalah solusi tepat untuk setiap perjalanan Anda. Anda dapat membuka ritsleting dan menjadikannya selimut untuk 2 orang. Sangat pas untuk suhu yang hangat! Dilengkapi dengan teknologi MICROGUARD synthetic fibre insulation membuat kantong tidur ini lebih mudah dirawat.

Sleeping bag ini memiliki bagian bawah dan atas. Pada malam yang lebih hangat, Anda tinggal memutar bagian atas menjadi alas karena bagian alas sleeping bag ini lebih tipis. Selain itu, sleeping bag ini juga dilengkapi dengan thermal collar untuk melindungi Anda pada malam yang dingin. Thermal collar ini juga dapat berfungsi sebagai bantal.

4. Cedar Ridge Wolf Creek 0 Degree Sleeping Bag

4. Cedar Ridge Wolf Creek 0 Degree Sleeping Bag

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.358.000

Tidur lebih hangat dan nyaman pada daerah dingin

Anda berencana untuk pergi ke pegunungan dengan suhu di bawah 0°C? Tentunya Anda harus memiliki perlengkapan yang membuat Anda lebih hangat di sana termasuk sleeping bag. Cedar Ridge Wolf Creek 0 Degree Sleeping Bag dapat menjadi pilihan kantong tidur untuk Anda.

Memiliki 2 lapisan, Cedar Ridge Wolf Creek 0 Degree Sleeping Bag dapat menjaga tubuh Anda tetap hangat meski suhu sekitar Anda di bawah 0°C. Tentunya kantong tidur ini juga dilengkapi dengan material pengisi yang empuk. Dapatkan kenyamanan tidur maksimal dengan Cedar Ridge Wolf Creek 0 Degree Sleeping Bag!

3. Eiger Sleeping Bag Wander Rectangular

3. Eiger Sleeping Bag Wander Rectangular

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 395.000

Lebih mudah bergerak dengan model amplop

Tentunya Anda sudah tak asing lagi dengan Eiger ya. Eiger adalah brand asli Indonesia yang menyediakan perlengkapan kegiatan outdoor dan tentunya sudah terkenal secara internasional. Dengan kualitas yang mumpuni, Eiger dapat menjadi brand pilihan untuk Anda yang menyukai kegiatan outdoor.

Bagi Anda yang ingin berpergian ke daerah yang tidak terlalu dingin, Eiger Sleeping Bag Wander Rectangular sangat pas untuk Anda. Eiger Sleeping Bag Wander Rectangular pas untuk Anda pakai pada daerah dengan suhu 0-15°C. Bentuk persegi panjang tentunya membuat Anda lebih bebas bergerak.

2. Eiger Sleeping Bag Kid Zoo 250 US Yellow

2. Eiger Sleeping Bag Kid Zoo 250 US Yellow

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 310.000

Untuk si kecil yang aktif

Anak Anda gemar mengikuti aktivitas outdoor? Eiger Sleeping Bag Kid Zoo 250 US Yellow dapat menjadi hadiah yang menyenangkan untuk si kecil. Warna kuning yang cerah membuat si kecil semakin bersemangat melakukan aktivitasnya. Kid Zoo 250 merupakan kantong tidur berbentuk kotak yang membuat anak Anda lebih bebas bergerak dengan hoody yang bisa diatur dan dual puller penutup bersleting.

Pastinya anak Anda sangat aktif berkegiatan di alam bebas. Eiger Sleeping Bag Kid Zoo 250 US membuat suhu tubuh anak Anda tetap terjaga saat istirahat setelah melakukan aktivitas yang melelahkan sepanjang hari. Tentunya sleeping bag ini memiliki harga yang bersahabat untuk Anda.

1. Deuter Dreamlite 500L

1. Deuter Dreamlite 500L

Lihat produk ini dit Tokopedia

Harga : Rp 690.000

Ringan dan padat

Anda yang bertubuh tinggi mungkin kesulitan mencari sleeping bag yang pas. Deuter Dreamlite  500L memiliki ukuran untuk tubuh sampai 200 cm. Sleeping bag ini lebih pas jika Anda gunakan pada suhu yang cukup tinggi seperti pada musim panas. Mungkin Anda ingin bermalam di tepi pantai? Cocok sekali untuk Anda!

Kantong tidur ringan ini dapat dikemas menjadi sangat kecil dengan ukuran 13 x 25 cm sehingga sangat cocok jika Anda membawa banyak perlengkapan lain selama perjalanan. Polydown soft polyester fibre sebagai material pengisi sleeping bag tentunya membuat sleeping bag lebih ringan.

Cara menggunakan sleeping bag

Anda sudah tahu berbagai informasi tentang sleeping bag dan rekomendasinya. Berikutnya kami akan menjelaskan cara menggunakan sleeping bag untuk Anda.

Gunakan dengan alas

Gunakan dengan alas

Kantong tidur pada dasarnya digunakan dengan alas tidur untuk pemakaian di luar ruangan. Alas tidur seperti tikar atau bahan lainnya digunakan untuk meningkatkan kenyamanan tidur Anda di atas permukaan yang keras atau tidak rata. Selain meningkatkan kenyamanan tidur, alas tidur atau sleeping mat ini dapat menjadi penahan suhu dingin yang menjaga Anda tetap hangat.

Cara melipat

Cara melipat katong tidur berbeda-beda tergantung dari bahan dan modelnya. Cara melipat yang benar akan membuat kantong tidur Anda awet digunakan bertahun-tahun.

Tipe mumi: lipat menjadi persegi panjang

Tipe mumi: lipat menjadi persegi panjang

Untuk melipat sleeping bag, Anda harus menutup ritsleting dan lipat bentuk menjadi persegi panjang sesuai dengan lebar kaki. Gulung dari arah kepala ke arah kaki. Usahakan gulungan Anda serapat mungkin agar tidak ada udara.

TIpe persegi panjang: satukan ujungnya

TIpe persegi panjang: satukan ujungnya
Lipat kantong tidur Anda menjadi dua secara vertikal. Selanjutnya Anda harus melipatnya menjadi seperempat bagian agar menjadi lebih kompak.

Kempiskan terlebih dahulu untuk material down

Kempiskan terlebih dahulu untuk material down
Jika Anda memiliki sleeping bag dengan bahan down, Anda harus mengempiskannya terlebih dahulu dengan menekan seluruh bagian. Selanjutnya Anda dapat menggulungnya tergantung dari model kantong tidur Anda.

Gunakan sesuai kebutuhan

Anda sudah mengetahui kegunaan dasar dari sleeping bag. Pemakaiannya dapat berbeda-beda tergantung dari suhu lingkungan Anda. Berikut kami berikan cara lain penggunaan sleeping bag.

Sesuaikan dengan musim dan iklim

Sesuaikan dengan musim dan iklim
Jika suhunya sangat tinggi dan panas di musim panas, Anda tak perlu masuk ke dalam kantong tidur. Gunakan model amplop sebagai selimut atau alas tidur Anda. Pada musim dingin atau suhu yang lebih rendah, sebaiknya gunakan 2 lembar kantong tidur serta gunakan baju hangat untuk menjaga suhu.

Gabungkan dan gunakan bersama

Gabungkan dan gunakan bersama

Beberapa kantong tidur model amplop dapat disatukan jika berasal dari brand yang sama dengan ukuran yang sama pula. Anda dapat menggunakannya bersama anak atau pasangan Anda. Tentunya Anda akan merasa lebih hangat.

Kesimpulan

Wah banyak sekali ya informasi tentang kantong tidur, mulai dari modelnya, material, serta cara penggunaannya. Tentunya semua ini kami informasikan untuk membantu Anda mencari sleeping bag yang tepat menemani kegiatan outdoor Anda yang pasti akan menyenangkan. Apakah Anda puas?

Pilihlah sleeping bag yang sesuai dengan lingkungan serta budget Anda. Jangan sampai Anda tidak dapat tidur dengan nyaman karena dapat mengganggu aktivitas Anda selanjutnya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Selamat menjelajah!