• 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Anda senang pergi menjelajah alam? Tentunya Anda membutuhkan waktu lebih dari 1 hari untuk menjelajah alam ya, baik gunung, pantai, maupun dataran tinggi. Jika Anda harus bermalam di alam bebas, tentunya Anda membutuhkan kantong tidur atau sleeping bag. Sleeping bag memiliki banyak jenis dan fungsi berdasarkan materialnya.

Banyak brand yang menjual sleeping bag seperti Eiger, Deuter, Jack Wolfskin, dan masih banyak lagi. Nah, dalam artikel kali ini kami akan mengulas tentang sleeping bag, mulai dari cara memilih, rekomendasi, serta cara pemakaiannya. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 7.878 Views
Daftar isi

Cara memilih sleeping bag

Jika Anda mencari sleeping bag, mungkin Anda kebingungan dengan banyaknya jenis yang ditawarkan. Tetapi, yang terutama Anda harus memperhatikan material dan bentuk sleeping bag. Keduanya harus Anda sesuaikan dengan kondisi lingkungan Anda.

Pilih ukuran yang sesuai badan Anda

Pilih ukuran yang sesuai badan Anda
Sleeping bag memiliki beberapa pilihan ukuran. Jangan memilih sleeping bag dengan ukuran yang kebesaran karena akan mengurangi kehangatan dari sleeping bag. Jangan pula memilih ukuran yang terlalu sempit karena dapat membuat Anda tidak nyaman menggukanannya. Pastikan ukuran sleeping bag pilihan Anda pas dengan badan Anda.
Jika Anda mencari sleeping bag untuk anak-anak, sebaiknya pilih sleeping bag dengan ukuran yang dapat diatur. Hal ini perlu Anda perhatikan karena anak-anak akan cepat besar dan tidak akan muat jika ukurannya tidak dapat diatur.

Pilih tipe yang cocok dengan gaya Anda

Ada 3 jenis tipe sleeping bag, yaitu tipe mumi, amplop, dan badan manusia. Ketiganya memiliki insulasi panas yang berbeda. Berikut kami berikan ulasannya.

Tipe mumi yang sangat hangat

Tipe mumi yang sangat hangat
Tipe ini memiliki ukuran yang pas dengan tubuh Anda sehingga hampir tidak ada celah antara tubuh Anda dan sleeping bag. Karena itu, tipe ini dapat menciptakan kehangatan yang lebih untuk tubuh Anda. Tetapi, akan sulit untuk menggerakan tubuh Anda secara bebas dengan tipe mumi.

Bebas bergerak dengan tipe amplop

Bebas bergerak dengan tipe amplop
Tipe amplop berbentuk persegi panjang. Cocok bagi Anda yang ingin bergerak bebas di dalam sleeping bag. Jika Anda memiliki 2 produk sleeping bag tipe amplop dari brand yang sama, Anda dapat menggabungkannya sehingga menjadi lebih lebar dan dapat digunakan lebih dari 1 orang.

Tipe badan manusia

Tipe badan manusia
Tampilan sleeping bag ini mengikuti bentuk tubuh manusia yang membuat Anda lebih nyaman untuk bergerak. Anda dapat menggerakkan kaki dan tangan Anda ketika menggunakan sleeping bag. Anda dapat berjalan dan berdiri pula dengan menggunakan sleeping bag ini.

Harga, retensi panas, dan cara perwatan berbeda berdasarkan material

Pada umumnya ada 2 tipe material pengisi sleeping bag yaitu, down dan chemical fiber. Keduanya memiliki karakter yang berbeda sehingga akan mempengaruhi harga, cara perawatan, dan tingkat penyimpanan panas.

Down, ringan dan dapat menyimpan panas

Down, ringan dan dapat menyimpan panas
Down adalah material yang cukup mahal. Tetapi, down memiliki bobot yang ringan dan sempurna untuk menyimpan panas. Selain itu, material ini dapat dimampatkan sehingga dapat disimpan secara kompak.
Tetapi, jika dibandingkan dengan chemical fiber, perawatan down lebih sulit dilakukan. Dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk kering jika down terkena air. Ketika Anda mencuci sleeping bag dengan material ini, Anda harus meletakkannya pada tempat dengan ventilasi yang baik agar cepat kering seluruhnya.

Chemical fiber, murah dan perawatan yang mudah

Chemical fiber, murah dan perawatan yang mudah
Chemical fiber relatif lebih murah dan mudah dirawat karena tidak menyerap air. Tetapi, material ini tidak memiliki kemampuan menyimpan panas sekuat down. Jika Anda membutuhkan tingkat kehangatan yang setara down, diperlukan sleeping bag dengan chemical fiber yang lebih berat. Material ini cocok untuk para pemula dan aktivitas yang mudah dilakukan di outdoor.

Ketahui suhu penggunaan yang nyaman dan batas suhu operasi

Suhu operasi yang nyaman dan batas suhu operasi merupakan standar saat menggunakan sleeping bag. Jika Anda tidak memahami kedua suhu ini dengan tepat, Anda akan merasa terlalu dingin di dalam kantong tidur. Perhitungan tentang suhu pada sleeping bag tergantung dari masing-masing produsen. Untuk mengetahui suhu yang nyaman dan batas suhu operasi, Anda dapat menggunakan panduan berikut sebagai acuan.

Selalu cek suhu penggunaan yang nyaman saat memilih!

Selalu cek suhu penggunaan yang nyaman saat memilih!
Suhu penggunaan yang nyaman adalah suhu standar yang memungkinkan untuk menghabiskan waktu dengan nyaman pada suhu ini. Saat memilih sleeping bag, ada baiknya memilih suhu referensi untuk kenyamanan. Namun, setiap orang memiliki referensi kenyaman suhu yang berbeda. Sebaiknya Anda memilih sleeping bag dengan perbedaan suhu 5-10°C dari tempat pemakaian.

Pilih sesuai musim

Sleeping bag memiliki tingkat ketebalan yang berbeda. Ketebalan ini akan berpengaruh terhadap kehangatan sleeping bag. Pilihlah sleeping bag sesuai suhu lingkungan tempat Anda melakukan aktivitas termasuk musimnya dan iklimnya.

Musim panas

Musim panas
Jika Anda memilih sleeping bag untuk digunakan hanya saat musim panas, pilihlah sleeping bag dengan batas suhu 5-10°C untuk tetap menjaga kenyamanan tidur Anda di musim panas.

Sleeping bag 3 musim

Sleeping bag 3 musim
Jika Anda menginginkan sleeping bag yang dapat digunakan selama 3 musim, musim semi, musim panas, dan musim gugur, Anda sebaiknya memilih sleeping bag dengan suhu minimum -5 sampai 5°C. Kontrol suhu mudah dilakukan dengan membuka atau menutup ritsleting.

Musim dingin

Musim dingin
Jika Anda bertujuan untuk bermalam pada musim dingin atau suhu yang sangat rendah, pilihlah sleeping bag dengan suhu operasi minimum -5 °C atau kurang. Anda dapat tidur yang nyenyak meski dalam cuaca dingin.

Mudah disimpan

Mudah disimpan
Jika Anda pergi menjelajah alam tentunya barang bawaan Anda akan sangat banyak. Untuk menghemat tempat, sebaiknya pilihlah sleeping bag yang dapat dilipat dengan lebih padat dan ringan. Ukuran 15 x 30 cm sleeping bag yang terlipat sangat pas untuk dibawa di antara perlengkapan Anda maupun disimpan saat tidak dipakai.

Sleeping bag yang mudah dibersihkan

Sleeping bag yang mudah dibersihkan
Pastinya Anda akan membeli sleeping bag yang mudah dibersihkan ya. Sebaiknya Anda memastikan apakah sleeping bag yang Anda inginkan dapat dicuci. Jika dapat dicuci akan membantu Anda ketika sleeping bag Anda terkena noda dan menjaga sleeping bag tetap higienis. Cari tahu juga apakah sleeping bag tersebut dapat dicuci dengan mesin untuk mempermudah pencucian.

10 Rekomendasi sleeping bag terbaik

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui berbagai informasi tentang sleeping bag. Berikutnya untuk membantu Anda memilih, kami akan berikan rekomendasi sleeping bag untuk Anda yang tentunya dapat Anda beli secara online.

10. NATUREHIKE NH16S016-S Sleeping Bag Family

Rp 1.000.000,00

9. Onsight Extreem Peak 05

Rp 230.000,00

8. Jack Wolfskin Childrens Grow Up Star

Rp 3.530.000,00

7. NATUREHIKE Sleeping Bag Mountain Mobile Spun Silk

Rp 640.000,00

6. Sleeping Bag Hammock

Rp 125.000,00

5. Jack Wolfskin 4-In-1 Blanket

Rp 2.750.000,00

4. Cedar Ridge Wolf Creek 0 Degree Sleeping Bag

Rp 2.358.000,00

3. Eiger Sleeping Bag Wander Rectangular

Rp 395.000,00

2. Eiger Sleeping Bag Kid Zoo 250 US Yellow

Rp 310.000,00

Cara menggunakan sleeping bag

Anda sudah tahu berbagai informasi tentang sleeping bag dan rekomendasinya. Berikutnya kami akan menjelaskan cara menggunakan sleeping bag untuk Anda.

Gunakan dengan alas

Gunakan dengan alas
Kantong tidur pada dasarnya digunakan dengan alas tidur untuk pemakaian di luar ruangan. Alas tidur seperti tikar atau bahan lainnya digunakan untuk meningkatkan kenyamanan tidur Anda di atas permukaan yang keras atau tidak rata. Selain meningkatkan kenyamanan tidur, alas tidur atau sleeping mat ini dapat menjadi penahan suhu dingin yang menjaga Anda tetap hangat.

Cara melipat

Cara melipat katong tidur berbeda-beda tergantung dari bahan dan modelnya. Cara melipat yang benar akan membuat kantong tidur Anda awet digunakan bertahun-tahun.

Tipe mumi: lipat menjadi persegi panjang

Tipe mumi: lipat menjadi persegi panjang
Untuk melipat sleeping bag, Anda harus menutup ritsleting dan lipat bentuk menjadi persegi panjang sesuai dengan lebar kaki. Gulung dari arah kepala ke arah kaki. Usahakan gulungan Anda serapat mungkin agar tidak ada udara.

TIpe persegi panjang: satukan ujungnya

Lipat kantong tidur Anda menjadi dua secara vertikal. Selanjutnya Anda harus melipatnya menjadi seperempat bagian agar menjadi lebih kompak.

Kempiskan terlebih dahulu untuk material down

Jika Anda memiliki sleeping bag dengan bahan down, Anda harus mengempiskannya terlebih dahulu dengan menekan seluruh bagian. Selanjutnya Anda dapat menggulungnya tergantung dari model kantong tidur Anda.

Gunakan sesuai kebutuhan

Anda sudah mengetahui kegunaan dasar dari sleeping bag. Pemakaiannya dapat berbeda-beda tergantung dari suhu lingkungan Anda. Berikut kami berikan cara lain penggunaan sleeping bag.

Sesuaikan dengan musim dan iklim

Gabungkan dan gunakan bersama

Gabungkan dan gunakan bersama
Beberapa kantong tidur model amplop dapat disatukan jika berasal dari brand yang sama dengan ukuran yang sama pula. Anda dapat menggunakannya bersama anak atau pasangan Anda. Tentunya Anda akan merasa lebih hangat.

Kesimpulan

Wah banyak sekali ya informasi tentang kantong tidur, mulai dari modelnya, material, serta cara penggunaannya. Tentunya semua ini kami informasikan untuk membantu Anda mencari sleeping bag yang tepat menemani kegiatan outdoor Anda yang pasti akan menyenangkan. Apakah Anda puas?
Pilihlah sleeping bag yang sesuai dengan lingkungan serta budget Anda. Jangan sampai Anda tidak dapat tidur dengan nyaman karena dapat mengganggu aktivitas Anda selanjutnya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Selamat menjelajah!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan sepuluh sepeda gunung terbaik untuk pemula. Pilihlah yang paling Anda sukai dan sesuai dengan kebutuhan!
    Outdoor & sports
    86.224 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda lipat adalah sepeda yang dapat dilipat sehingga mudah dibawa kemana-mana. Saat ini sudah banyak produsen sepeda lipat, seperti Apollo, Evergreen, United Trifold, dan lainnya. Masing-masing produk memiliki karakteristiknya sendiri, sehingga seringkali membuat kita bingung saat memilih.Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih sepeda lipat. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepeda lipat terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat membantu Anda!
    Outdoor & sports
    113.971 Views
  • 10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Olahraga bulu tangkis adalah salah satu dari sekian banyak olahraga yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, dapat memainkan olahraga ini. Raket, menjadi hal yang sangat penting dalam olahraga ini. Untuk mendukung permainan yang berkualitas, dibutuhkan raket yang bagus dan nyaman digunakan.Kali ini, kami akan memperkenalkan produk raket bulu tangkis yang bagus dan berkualitas seperti Yonex, Adidas, Li-Ning, dan sebagainya, yang dapat digunakan untuk pemula atau untuk Anda yang sudah profesional. Namun, sebelum itu kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih raket bulu tangkis. Silakan disimak!
    Outdoor & sports
    55.007 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda balap atau road bike merupakan salah satu moda transportasi yang simple dan digunakan tidak hanya oleh para pesepeda. Road bike yang saat ini beredar di pasaran memiliki banyak jenis, antara lain road bike keluaran merek-merek ternama seperti Polygon, United, Element, dan sebagainya. Selain itu, komponen-komponennya pun tergolong banyak sehingga sering kali membuat para pemula menjadi bingung.Nah, di artikel ini kami akan menjelaskan mengenai poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih road bike. Kemudian kami akan memperkenalkan rekomendasi produk road bike dalam format ranking. Produk road bike yang akan kami perkenalkan di sini memiliki banyak variasi untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan bersepeda Anda.
    Outdoor & sports
    40.133 Views
  • 10 Rekomendasi Treadmill Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Treadmill Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda ingin bugar dengan berolahraga setiap hari? Atau mungkin Anda ingin menurunkan berat badan? Tidak perlu pergi ke gym, Anda bisa berolahraga jalan cepat, berlari, ataupun jogging dengan alat treadmill kapan pun Anda mau.Meski bukan merupakan alat olahraga yang murah, membeli treadmill bisa menjadi investasi yang baik untuk Anda. Kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang cara memilih treadmill terbaik. Lalu, kami juga memberikan rekomendasi treadmill dari merek Idachi, OB FIT, Jaco, Total Fitness, dan lainnya yang bisa Anda miliki di rumah.
    Outdoor & sports
    26.031 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk Anda yang berencana membeli sepeda hybrid, apakah saat ini Anda sedang bingung dalam memilihnya? Sekarang sudah banyak sepeda hybrid yang dijual di pasaran keluaran merek ternama, misalnya Polygon, United, Pacific, dan sebagainya. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri sehingga tidak sedikit pemula yang bingung soal patokan seperti apa yang sebaiknya diperhatikan saat memilih sepeda hybrid.Kali ini kami akan mengulas tentang sepeda hybrid yang direkomendasikan untuk pemula dengan harga cukup terjangkau namun berkualitas, dan mengurutkannya dalam format ranking. Kami akan membandingkan segi harga, kemampuan produk, dan ulasan dari pengguna yang sudah membelinya. Tentu saja kami juga akan menjelaskan tentang cara memilih sepeda hybrid yang tepat. Jadikanlah ulasan kami ini sebagai step awal serta referensi dalam menemukan sepeda hybrid yang paling cocok untuk Anda!
    Outdoor & sports
    20.655 Views
  • 10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Kegiatan Outdoor (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Kegiatan Outdoor (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda berencana untuk berkegiatan di dataran tinggi atau daerah bersalju? Jika iya, maka Anda membutuhkan baju hangat atau jaket yang sesuai. Namun, seperti apakah jaket yang Anda butuhkan? Dengan down jacket, jaket berisikan bulu angsa atau bebek, Anda akan tetap hangat dan nyaman.Ada berbagai merek yang menawarkan down jacket. Ada yang ringan, bisa dilipat menjadi sangat ringkas, dan banyak lagi. Anda tidak perlu bingung, dalam artikel ini kami akan memberitahu Anda apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih down jacket. Selamat membaca!
    Outdoor & sports
    9.040 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori