• 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Jika Anda gemar camping di alam terbuka, sleeping bag adalah salah satu perlengkapan yang tak boleh dilupakan. Sleeping bag dapat menjaga tubuh Anda agar tetap hangat. Tidur Anda akan lebih lelap bila menggunakan sleeping bag yang nyaman. Ada bermacam merek sleeping bag yang bagus, seperti Eiger, Consina, Naturehike, dan sebagainya.

Karena itu, ketahuilah cara memilih sleeping bag untuk mendapatkan produk yang tepat. Di samping itu, kami juga memberikan rekomendasi sleeping bag terbaik dengan harga bervariasi. Ada sleeping bag ultralight, sleeping bag polar, sleeping bag untuk anak, dan masih banyak lagi.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 25 Mei 2022
Daftar isi

Sleeping bag memberi kenyamanan saat beraktivitas outdoor

Sleeping bag memberi kenyamanan saat beraktivitas outdoor

Sleeping bag berpengaruh pada kualitas tidur selama camping atau aktivitas outdoor lainnya. Perlengkapan ini memberikan kenyamanan saat tidur. Apabila Anda memilih sleeping bag yang kualitasnya kurang baik, Anda tidak dapat tidur dengan nyaman. Alhasil, aktivitas dan stamina Anda pada hari berikutnya pun ikut terganggu.


Untuk itu, pilihlah sleeping bag yang tepat. Pemilihan sleeping bag yang baik bergantung pada penggunanya, serta cara dan tempat pemakaian. Ikutilah poin-poin kami selanjutnya agar Anda mendapatkan sleeping bag yang paling pas.

Cara memilih sleeping bag

Selanjutnya, kami akan memberikan poin-poin penting yang harus Anda perhatikan ketika memilih sleeping bag. Perhatikan ukuran, bahan, dan tempat Anda menggunakannya.

Ketahui jenis sleeping bag yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Jenis-jenis sleeping bag yang banyak dijual di pasaran di antaranya mummy dan envelope. Perhatikan karakteristik masing-masing tipe dan temukanlah yang paling pas untuk Anda.

Tipe mummy: Ringan, compact, dan menahan panas lebih baik

Sleeping bag tipe mummy sangat baik untuk menahan panas karena pas dengan bentuk tubuh. Tipe ini menutupi area bahu sampai kepala dengan erat. Ketiadaan celah antara badan dan sleeping bag membuat Anda mendapat kehangatan ekstra. Lalu, sleeping bag tipe mummy lebih ringan, compact, dan mudah disimpan. 


Tipe mummy memang membatasi gerak Anda di dalam sleeping bag. Untuk Anda yang belum terbiasa, mungkin akan merasa tidak nyaman dengan kompresinya. Namun, jika Anda mengutamakan kehangatan, terutama pada suhu dingin yang ekstrem, sleeping bag mummy layak Anda coba.

Tipe envelope: Nyaman dan mudah bergerak saat tidur

Tipe envelope atau amplop merupakan sleeping bag berbentuk persegi panjang. Bentuknya menyerupai selimut tebal yang dilipat. Kami rekomendasikan tipe ini untuk Anda yang banyak bergerak ketika tidur.

Ada juga sleeping bag tipe ini yang memang didesain untuk menampung dua orang sehingga sangat pas digunakan bersama keluarga. Hanya saja, dibandingkan tipe mummy, tipe envelope memiliki kekurangan dalam hal menahan panas, bobot, dan penyimpanannya.

Tentukan ukuran yang sesuai dengan badan Anda

Tentukan ukuran yang sesuai dengan badan Anda
Tersedia beberapa macam ukuran sleeping bag. Sebelum Anda memilih suatu produk, pastikan dahulu bahwa ukurannya pas dengan ukuran badan Anda. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mempertimbangkan ukuran sleeping bag:

  1. Pada tipe mummy dan envelope, lebar 75 cm merupakan ukuran yang pas untuk anak-anak dan Anda yang bertubuh mungil.
  2. Jika Anda memiliki tinggi badan 170–175 cm, sleeping bag dengan lebar 75–80 cm kurang lebih akan pas untuk Anda.
  3. Untuk tinggi badan 175–180 cm, pilihlah sleeping bag dengan lebar 80 cm atau lebih agar lebih nyaman. Ukuran tersebut juga pas untuk Anda yang memiliki postur tubuh atletis, serta banyak bergerak saat tertidur.
  4. Hindari memilih sleeping bag dengan ukuran yang kebesaran karena akan mengurangi kehangatan dari sleeping bag. Jangan pula memilih ukuran yang terlalu sempit karena dapat membuat Anda tidak nyaman menggukanannya.
  5. Ketika memilih sleeping bag untuk anak, pastikan ukurannya dapat diatur. Model sleeping bag seperti ini dapat disesuaikan dengan pertumbuhan anak sehingga lebih pas.

Pertimbangkan tingkat retensi panas dan cara perawatan bahannya

Pada umumnya, ada tiga tipe material pengisi sleeping bag, yaitu down, chemical fiber, dan dakron. Bahan-bahan tersebut memiliki karakter yang berbeda sehingga akan memengaruhi harga, cara perawatan, dan tingkat penyimpanan panas.

Down: Ringan dan memberikan kehangatan sempurna

Down: Ringan dan memberikan kehangatan sempurna
Down adalah material yang cukup mahal, tetapi berbobot ringan dan dapat memberikan kehangatan sempurna. Selain itu, material ini memungkinkan untuk dipadatkan sehingga bisa disimpan dengan mudah. Banyak merek yang menggunakan bahan down untuk memberikan kenyamanan saat tidur di area outdoor.

Namun, jika dibandingkan chemical fiber, perawatan down lebih sulit dilakukan. Down sangat tidak tahan air sehingga membutuhkan waktu untuk kering. Selain sulit dicuci, down harus dijemur di tempat berventilasi baik agar cepat kering menyeluruh. Harganya yang lebih tinggi membuat sleeping bag berbahan down lebih cocok untuk pengguna intermediate sampai advanced.

Chemical fiber: Harga terjangkau dan mudah dirawat

Chemical fiber: Harga terjangkau dan mudah dirawat
Selain relatif lebih murah, perawatan chemical fiber pun mudah karena tidak menyerap air serta mudah dicuci. Namun, material ini tidak dapat menahan panas sekuat down. Untuk tingkat kehangatan yang setara down, diperlukan chemical fiber yang lebih berat dan besar. Bahan ini memang sulit dipadatkan sehingga membutuhkan tempat penyimpanan yang lebih besar.

Material ini cocok untuk para pemula dan penyuka aktivitas yang mudah dilakukan di outdoor. Untuk menunjang aktivitas Anda, lengkapi juga kebutuhan outdoor Anda dengan produk lain. Kami telah mengulas dan memberikan rekomendasi ransel dan sandal outdoor terbaik. Baca artikelnya melalui tautan berikut ini.

Dakron: Empuk, mengembang, dan tahan lama

Dakron: Empuk, mengembang, dan tahan lama

Dakron merupakan serat sintetis yang banyak digunakan untuk isian bantal, sleeping bag, dan lain-lain. Dacron atau dakron sendiri adalah merek dagang polister fiber sintetis yang diproduksi oleh perusahaan Du-Pont asal Inggris. Bahan ini unggul dari sisi fleksibilitas dan kemampuan mengembang sehingga terasa empuk saat dipakai. Selain itu, dakron juga tergolong material yang tidak mudah rusak.


Dengan perawatan yang mudah, bahan ini relatif mampu menghasilkan kehangatan meski tidak sebagus down. Anda bisa mencucinya menggunakan mesin cuci dan air hangat. Sebaiknya Anda tidak memeras dakron terlalu kuat agar tidak kempis atau cukup gunakan pengering pada mesin cuci. 

Cermati suhu yang disediakan sleeping bag

Cermati suhu yang disediakan sleeping bag
Setiap sleeping bag memiliki nilai suhu operasi yang nyaman, serta batas suhu operasi. Perhitungan tentang suhu sleeping bag berbeda-beda pada setiap produk. Namun, Anda bisa menggunakan poin-poin di bawah ini sebagai panduan.

  1. Ketahui suhu operasi yang nyaman yakni suhu standar yang membuat Anda merasa nyaman di dalam sleeping bag. Suhu ini 5–10℃ lebih tinggi atau lebih hangat daripada suhu lingkungan. Karena itu, Anda perlu memperhitungkan suhu di lingkungan tempat Anda akan memakai sleeping bag.
  2. Pilih batas suhu operasi yang sesuai dengan suhu lingkungan. Batas suhu operasi adalah rentang suhu lingkungan yang kompatibel dengan suatu produk sleeping bag. Artinya, sleeping bag dengan batas suhu operasi sebesar 5℃ akan terasa nyaman dipakai di lingkungan yang suhunya 5℃.
  3. Untuk daerah tropis atau yang suhunya hangat, pilihlah sleeping bag dengan batas suhu 5–10℃. Ingat bahwa penggunaan sleeping bag di luar batas suhunya akan membuat Anda kedinginan atau kegerahan.
  4. Sleeping bag dengan batas suhu -5℃ sampai 5℃ dapat Anda gunakan di beberapa musim. Di daerah yang sedang mengalami musim semi, panas, atau gugur, Anda akan cocok menggunakan sleeping bag ini.
  5. Jika Anda berencana camping di tempat yang bersuhu sangat rendah, pilihlah sleeping bag dengan batas suhu operasi kurang dari -5℃.

Indonesia merupakan negara tropis sehingga Anda dapat memilih batas suhu operasi sleeping bag sesuai dengan medan yang Anda tempuh. Lakukan riset tentang cuaca dan curah hujan untuk membawa sleeping bag yang tepat. Beberapa produk hanya mencantumkan satu suhu. Karena itu, ketika Anda memilih produk ini, cukup perhatikan batas suhu operasinya saja.

Cek ukuran penyimpanannya

Jika Anda akan pergi camping dengan mengendarai sepeda motor, pilihlah sleeping bag yang dapat dilipat kecil sehingga mudah disimpan. Supaya lebih ringkas, Anda sebaiknya memilih produk yang bisa dilipat hingga berukuran 15 cm x 30 cm. Ukuran sleeping bag juga berpengaruh terhadap bobotnya. Jadi, perhatikan hal tersebut jika Anda ingin mengurangi bobot barang bawaan.

Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini jika pergi camping dengan mobil. Namun, produk yang ringkas dapat menghemat tempat penyimpanan di rumah. Sleeping bag dengan chemical fiber dapat dilipat hingga kecil. Namun, untuk sleeping bag dengan bahan down dan dakron, Anda membutuhkan usaha ekstra saat melipatnya.

Pilihlah sleeping bag yang mudah dibersihkan

Pilihlah sleeping bag yang mudah dibersihkan
Anda tentu menginginkan sleeping bag yang mudah dibersihkan. Karena itu, sebaiknya Anda memilih sleeping bag yang dapat dicuci dengan mesin cuci. Jika Anda keberatan untuk mencucinya sendiri, Anda dapat membawanya ke laundry. Namun, hindari mencuci sleeping bag yang berbobot berat dengan menggunakan mesin cuci. Hal tersebut bisa merusak mesin cuci Anda.

Perhatikan karakteristik setiap produsen

Perhatikan karakteristik setiap produsen

Jika Anda mengutamakan kualitas dan desain, pilihlah sleeping bag dari merek tepercaya serta bereputasi bagus. Snugpak merupakan merek asal Inggris yang didirikan pada 1977. Merek ini mengeluarkan banyak lini sehingga dapat digunakan oleh pemula sampai advanced.


Ada juga merek lokal yang banyak diminati misalnya Eiger dan Consina. Eiger memosisikan diri sebagai merek premium dengan kualitas produk yang sangat baik. Sementara itu, Consina menawarkan harga yang lebih bersahabat di kantong, tetapi tetap berkualitas. Di samping itu, masih banyak merek lokal lainnya yang dapat menjadi pilihan Anda.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

KlymitKSB 20 Down Sleeping Bag

Mulai dari Rp 3.080.000,00

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi sleeping bag terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sleeping bag terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
TipeEnvelope
Ukuran saat terbuka220 cm x 80 cm
Bahan100% polister
Ukuran saat terlipat18 cm x 15 cm
Batas suhu operasi2 – 7℃
Berat900 gr
9

AcecampGlow-In-The-Dark Kids & Youth Sleeping Bag Mummy

Mulai dari Rp 952.197,00

TipeMummy
Ukuran saat terbukaKids: 162,5 cm x 66 cm・Youth: 177,8 cm x 73,6 cm
BahanPolister
Ukuran saat terlipatKids: 28 cm x 20,3 cm・Youth: 33 cm x 20,3 cm
Batas suhu operasi-1℃
BeratKids: 879 gr・Youth: 1134 gr
8

ConsinaExtreme Comfort Lite Sleeping Bag

Mulai dari Rp 950.000,00

TipeEnvelope
Ukuran saat terbuka210 cm x 72 cm
BahanInner: duck down 90%
Ukuran saat terlipat25 cm x 15 cm
Batas suhu operasi5℃
Berat800 gr
7

CozmeedSleeping Bag Camping Ultralight Bulang Down

13KHOR00C

Mulai dari Rp 725.000,00

TipeMummy
Ukuran saat terbuka190 cm x 75 cm
BahanInner: down・Outer: nilon
Ukuran saat terlipat17 cm x 15 cm
Batas suhu operasi0 – 5℃
Berat500 gr
6

NaturehikeDouble Sleeping Bag

SD15M030-J

Mulai dari Rp 615.000,00

TipeEnvelope
Ukuran saat terbuka(185+30) cm x 145 cm
BahanPolister, katun
Ukuran saat terlipat41 cm x 28 cm
Batas suhu operasi8 – 12℃
Berat2.360 gr
5
TipeMummy
Ukuran saat terbuka215 cm x 75 cm
BahanPolister
Ukuran saat terlipatTidak disebutkan
Batas suhu operasi5 – 15℃
BeratTidak disebutkan
4

DS Adventure Sleeping Bag Mummy Dacron Utralight Seri Gelada

Mulai dari Rp 155.000,00

TipeMummy
Ukuran saat terbuka210 cm x 75 cm
BahanInner: dakron・Outer: ripstop
Ukuran saat terlipat30 cm x 15 cm
Batas suhu operasi5℃
Berat572 gr
3

AntarestarSleeping Bag Cabin Polar

Mulai dari Rp 198.000,00

TipeEnvelope
Ukuran saat terbuka210 cm x 75 cm
BahanInner: polypongee, fiber・Outer: nilon
Ukuran saat terlipat32 cm x 20 cm
Batas suhu operasi0 – -15℃
Berat990 gr
2

AreiSleeping Bag Tikar Polar Guard

Mulai dari Rp 199.000,00

TipeEnvelope
Ukuran saat terbuka175 cm x 60 cm
BahanInner: dakron, polar・Outer: polister
Ukuran saat terlipatTidak disebutkan
Batas suhu operasiTidak disebutkan
Berat800 gr
1

CANIFERSleeping Bag Polar Bulu Extra Tebal

Mulai dari Rp 69.000,00

TipeEnvelope
Ukuran saat terbuka200 cm x 75 cm x 48 cm
BahanInner: polar bulu・Outer: parasut
Ukuran saat terlipatTidak disebutkan
Batas suhu operasi0℃
Berat1.300 gr

Tabel perbandingan produk sleeping bag terbaik

Gambar produk
1
CANIFER Sleeping Bag Polar Bulu Extra Tebal 1

CANIFER

2
Arei Sleeping Bag Tikar Polar Guard 1

Arei

3
Antarestar Sleeping Bag Cabin Polar 1

Antarestar

4
DS Adventure  Sleeping Bag Mummy Dacron Utralight Seri Gelada 1

DS Adventure

5
Eiger Sleep Sack 600 1

Eiger

6
Naturehike Double Sleeping Bag 1

Naturehike

7
Cozmeed Sleeping Bag Camping Ultralight Bulang Down 1

Cozmeed

8
Consina Extreme Comfort Lite Sleeping Bag 1

Consina

9
Acecamp Glow-In-The-Dark Kids & Youth Sleeping Bag Mummy 1

Acecamp

10
Snugpak Travelpak Traveller 1

Snugpak

Nama produk

Sleeping Bag Polar Bulu Extra Tebal

Sleeping Bag Tikar Polar Guard

Sleeping Bag Cabin Polar

Sleeping Bag Mummy Dacron Utralight Seri Gelada

Sleep Sack 600

Double Sleeping Bag

Sleeping Bag Camping Ultralight Bulang Down

Extreme Comfort Lite Sleeping Bag

Glow-In-The-Dark Kids & Youth Sleeping Bag Mummy

Travelpak Traveller

Keunggulan

Pilihan sleeping bag bulu yang hangat dengan harga hemat

Kombinasi dakron dan polar fleece, cocok untuk camping di pantai

Menghangatkan badan pada suhu dingin yang ekstrem sekalipun

Lebih terlindungi dengan kantong tidur waterproof

Teknologi tropic insulation menjaga tubuh tetap hangat

Waktu berlibur bersama pasangan jadi makin seru

Camping di gunung yang dingin? Gunakan sleeping bag ultralight yang hangat dan ringan

Sleeping bag hangat, ringan, dan empuk karena berbahan 90% down

Bisa menyala dalam gelap, anak-anak pasti suka!

Dilengkapi kelambu untuk menjaga Anda dari gigitan serangga saat camping di hutan

Harga mulai dariRp 69.000,00Rp 199.000,00Rp 198.000,00Rp 155.000,00Rp 559.000,00Rp 615.000,00Rp 725.000,00Rp 950.000,00Rp 952.197,00Rp 973.007,00
TipeEnvelopeEnvelopeEnvelopeMummyMummyEnvelopeMummyEnvelopeMummyEnvelope
Ukuran saat terbuka200 cm x 75 cm x 48 cm175 cm x 60 cm210 cm x 75 cm210 cm x 75 cm215 cm x 75 cm(185+30) cm x 145 cm190 cm x 75 cm210 cm x 72 cmKids: 162,5 cm x 66 cm・Youth: 177,8 cm x 73,6 cm 220 cm x 80 cm
BahanInner: polar bulu・Outer: parasutInner: dakron, polar・Outer: polisterInner: polypongee, fiber・Outer: nilon Inner: dakron・Outer: ripstopPolisterPolister, katunInner: down・Outer: nilonInner: duck down 90%Polister100% polister
Ukuran saat terlipatTidak disebutkanTidak disebutkan32 cm x 20 cm30 cm x 15 cmTidak disebutkan41 cm x 28 cm17 cm x 15 cm25 cm x 15 cmKids: 28 cm x 20,3 cm・Youth: 33 cm x 20,3 cm18 cm x 15 cm
Batas suhu operasi0℃Tidak disebutkan0 – -15℃5℃5 – 15℃8 – 12℃0 – 5℃5℃-1℃2 – 7℃
Berat1.300 gr800 gr990 gr572 grTidak disebutkan2.360 gr500 gr800 grKids: 879 gr・Youth: 1134 gr900 gr
Tautan produk

Cara menggunakan sleeping bag

Cara menggunakan sleeping bag
Kenyamanan sleeping bag bergantung dari cara menggunakannya. Ketika Anda berada pada suhu yang hangat, gunakanlah tipe envelope agar tidak kepanasan. Sebaliknya, gunakan dua lapis sleeping bag atau tambahkan cover untuk menjaga kehangatan di daerah yang dingin.

Anda juga bisa menggabungkan sleeping bag tipe envelope dari merek yang sama. Model ini cocok untuk Anda yang membawa anak atau camping bersama pasangan. Dua orang di dalam sleeping bag akan membuat Anda merasa lebih hangat.

Gunakan alas untuk meningkatkan insulasi panas

Gunakan alas untuk meningkatkan insulasi panas

Jika Anda ingin meningkatkan insulasi panas, tambahkan alas atau sleeping mat di bawah sleeping bag. Di samping membuat permukaan tanah lebih nyaman ditempati, sleeping mat juga menghambat udara dingin dari tanah. Panas tubuh akan lebih terjaga dengan tambahan sleeping mat.


Memasukkan udara ke dalam sleeping bag juga bisa membantu menjaga kehangatan. Setelah Anda membangun tenda di campsite, bukalah sleeping bag, lalu sleeping bag akan terisi udara secara otomatis. Hal ini dapat meningkatkan fungsi sleeping bag.

Tips melipat sleeping bag

Melipat sleeping bag mungkin terlihat sepele. Namun, cara melipat yang kurang tepat membuat sleeping bag kurang ringkas sehingga makan tempat di dalam ransel. Simak tips melipat sleeping bag berikut ini.

  1. Bentangkan sleeping bag, lalu lipat separuh bagian dengan menyatukan kedua ujung atas dan bawah.
  2. Lipat kedua sisi samping masing-masing satu kali sehingga membentuk persegi panjang. Pastikan juga posisi tali sleeping bag berada di tengah. 
  3. Tekan-tekan permukaannya sampai rapi dan kempis.
  4. Gulung sleeping bag dari ujung yang tidak bertali.
  5. Lilitkan tali ke sekeliling sleeping bag lalu masukkan ke dalam tas. 

Baca juga rekomendasi perlengkapan camping lainnya di sini

Selain sleeping bag, perlengkapan camping lainnya juga perlu Anda siapkan. Kami telah membagikan ulasan dan rekomendasi produknya untuk Anda. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Kesimpulan

Sekian pembahasan kami tentang sleeping bag. Pemilihan sleeping bag yang tepat membuat Anda merasa lebih nyaman saat tidur di alam bebas. Hal ini membantu Anda agar lebih fit dan segar untuk melanjutkan perjalanan atau kegiatan.


Jangan sampai memilih sleeping bag yang tidak sesuai dengan medan perjalanan karena dapat membuat Anda merasa tidak nyaman. Semoga artikel ini dapat menjadi acuan ketika Anda memilih sleeping bag. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu barang yang wajib dimiliki pencinta kegiatan outdoor adalah tenda dome. Eiger, Consina, dan Naturehike adalah sederet merek yang menjual beragam jenis tenda dome yang bagus. Anda akan menemukan tenda pop up untuk satu orang hingga tenda dome 4 orang/8 orang. Bahkan, ada juga tenda dome double layer.Setiap tenda memiliki perbedaan dari segi daya tahan dan tingkat waterproof-nya. Di artikel ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih tenda dome. Kami juga akan merekomendasikan berbagai macam tenda dome berkualitas berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, ada banyak merek tenda camping yang bagus tersedia di pasaran, seperti Eiger, Arei, Consina, dan lainnya. Tenda camping ini memiliki kapasitas yang bervariasi. Ada tenda camping untuk 2 orang, 4 orang, 6 orang. Ada juga tenda berkapasitas besar untuk camping keluarga.Harga tenda camping juga beragam, ada tenda yang memiliki harga yang mahal, ada yang murah. Hal ini tergantung dari kapasitas, material, hingga fitur yang tersedia. Untuk Anda yang mencari rekomendasi tenda camping terbaik, Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai panduan. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2022)
    Jam tangan pendaki gunung menjadi alat penting dalam mendukung kegiatan outdoor Anda. Ada beberapa fitur penting dari jam tangan untuk mendaki gunung, seperti GPS, altimeter, barometer, dan termometer. Produknya pun kukuh dan kedap air sehingga aman untuk kegiatan outdoor.Ada banyak merek jam tangan gunung yang bagus, seperti Suunto dan Casio. Eiger, Arei, dan Consina yang merupakan merek lokal juga tak kalah berkualitas. Jika Anda mencari jam tangan outdoor terbaik, simaklah artikel ini karena kami akan membagikan cara memilihnya. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda seorang pemula yang sedang mencari sepatu trekking terbaik? Saat ini, ada banyak merek lokal dan internasional, seperti Eiger dan adidas, yang memproduksi sepatu trekking yang bagus. Bahan, desain, fitur, dan harga sepatu trekking ini beragam. Salah satu yang paling populer adalah sepatu waterproof yang tahan air.Ada juga sepatu jenis low cut yang didesain agar kaki leluasa bergerak. Kali ini kami akan membahas tips cara memilih sepatu trekking dan merekomendasikan sepuluh produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Saat melakukan kegiatan outdoor seperti trekking atau hiking, Anda membutuhkan sepatu hiking. Sepatu hiking adalah sepatu yang aman digunakan ketika Anda harus melalui medan pegunungan yang terjal dan curam. Ada banyak sepatu hiking dari berbagai merek di pasaran, seperti EIGER, Arei, dan lainnya.Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih sepatu hiking yang bagus untuk pemula. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk sepatu hiking yang bisa Anda pertimbangkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Temukan sepatu hiking yang Anda butuhkan di sini!
    Camping & hiking
  • 10 Tenda EIGER Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tenda EIGER Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Tenda EIGER cocok dipilih untuk menemani kegiatan outdoor Anda, seperti camping, hiking, atau mendaki gunung. Tidak hanya fungsional, produknya pun terjangkau. Kapasitas tenda EIGER bahkan beragam, mulai dari tenda untuk 2 orang, 4 orang, 6 orang, hingga 8 orang.Kali ini kami akan mengulas tips memilih tenda EIGER terbaik untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk yang bagus dari merek ini, seperti Flash 2P, Rendezvous 6P, dan Guardian 8P. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Bacalah dengan saksama agar Anda dapat menemukan tenda EIGER yang tepat!
    Camping & hiking
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori