1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Camping & hiking
  6. >
  7. 10 Sleeping Bag Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Sleeping Bag Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Sleeping Bag Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Sleeping Bag Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Sleeping Bag Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Sleeping Bag Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Sleeping Bag Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)

Jika Anda gemar camping di alam terbuka, sleeping bag adalah salah satu perlengkapan yang tak boleh terlewat. Sleeping bag dapat menjaga tubuh Anda tetap hangat selama tidur. Ada bermacam merek sleeping bag yang bagus, seperti Eiger, Consina, Naturehike, dan sebagainya.

 

Jenisnya pun beragam, ada sleeping bag ultralight, sleeping bag polar, sleeping bag untuk anak, dan masih banyak lagi. Supaya Anda menemukan produk yang tepat, kami akan membagikan cara memilih dan rekomendasi sleeping bag terbaik dengan harga bervariasi. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat menyimak!
Diperbaharui 12-31-2022
Pakar
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo). Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Profil Adlai Yulianus
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Sleeping bag, istirahat nyaman dan aman setelah beraktivitas outdoor

Sleeping bag, istirahat nyaman dan aman setelah beraktivitas outdoor

Setelah melakukan aktivitas outdoor, istirahat yang baik sangat penting, terutama saat tidur. Tidur berkualitas selama 2–3 jam lebih bermanfaat dibandingkan dengan tidur tidak nyenyak dalam waktu 5–6 jam. Tidur nyenyak akan memberi kesempatan otak beristirahat dan melakukan regenerasi sel secara efisien. Nah, sleeping bag berpengaruh pada kualitas tidur selama camping atau aktivitas outdoor lainnya.


Perlengkapan ini memberikan kenyamanan saat tidur. Fungsi utama sleeping bag memang menahan suhu dingin, tetapi sleeping juga berguna untuk melindungi Anda, misalnya dari serangga. Jadi, sleeping bag yang berkualitas akan menjaga tubuh Anda tetap hangat agar tubuh tidak terus-menerus mengeluarkan kalori untuk menghangatkan diri. 


Tentunya, Anda tidak ingin mengalami hypothermia (tubuh kehilangan panas lebih cepat daripada panas yang dihasilkan), padahal sedang menggunakan sleeping bag. Untuk itu, pilihlah sleeping bag yang tepat. Pemilihan sleeping bag yang baik bergantung pada penggunanya, serta cara dan tempat pemakaian. 


Berbagai jenis sleeping bag memang secara spesifik ditujukan untuk kondisi alam atau cuaca saat Anda berkegiatan outdoor. Tidak heran bila bahan serta bentuk sleeping bag bervariasi. Ikutilah poin-poin tips memilih dari kami agar Anda mendapatkan sleeping bag yang paling pas.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sleeping bag

Selanjutnya, kami akan memberikan poin-poin penting yang harus Anda perhatikan ketika memilih sleeping bag. Perhatikan ukuran, bahan, dan tempat Anda menggunakannya.

① Ketahui jenis sleeping bag yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Jenis-jenis sleeping bag yang banyak dijual di pasaran di antaranya mummy dan envelope. Perhatikan karakteristik masing-masing tipe dan temukanlah yang paling pas untuk Anda.

Tipe mummy: Ringan, compact, dan menahan panas lebih baik

Tipe mummy: Ringan, compact, dan menahan panas lebih baik
Sumber: cozmeed.com

Sleeping bag tipe mummy lebih praktis dikemas dan dibawa sehingga banyak digunakan untuk aktivitas outdoor yang memerlukan waktu beberapa hari. Selain itu, bentuknya mengikuti lekuk badan dan kepala, maka tak ada ruang di sekitar badan sehingga sangat baik untuk menahan panas tubuh. Tipe ini menutupi area bahu sampai kepala dengan erat. Pada suhu dingin, bagian kepala memang sangat perlu dijaga agar tetap hangat, terutama bagian kuping dan hidung.


Tipe mummy memang membatasi gerak Anda di dalam sleeping bag. Untuk Anda yang belum terbiasa, mungkin akan merasa tidak nyaman dengan kompresinya. Namun, jika Anda mengutamakan kehangatan, terutama pada suhu dingin yang ekstrem, sleeping bag mummy layak Anda coba.

Tipe envelope: Nyaman dan mudah bergerak saat tidur

Tipe envelope atau amplop adalah sleeping bag berbentuk persegi panjang dan merupakan desain awal dari sleeping bag. Bentuknya menyerupai selimut tebal yang dilipat. Modifikasi lanjutannya, terdapat bagian kepala yang mengadopsi tipe mummy supaya kepala hangat, tetapi badan masih leluasa bergerak di dalam sleeping bag. Kami rekomendasikan tipe ini untuk Anda yang banyak bergerak ketika tidur.

Banyak juga sleeping bag tipe amplop yang bisa dibuka secara keseluruhan sehingga dapat dijadikan alas berbaring atau selimut. Dengan bentuk persegi panjang, ukuran sleeping bag tipe ini biasanya lebih besar. Bahkan, ada sleeping bag tipe amplop yang memang didesain untuk menampung dua orang sehingga sangat pas digunakan bersama keluarga. 


Hanya saja, dibandingkan tipe mummy, tipe envelope memiliki kekurangan dalam hal menahan panas, bobot, dan penyimpanannya. Umumnya, sleeping bag tipe envelope lebih berat dibandingkan dengan tipe mummy. Namun, bahan sleeping juga menjadi faktor penentu utama.

② Tentukan ukuran yang sesuai dengan badan Anda

Tentukan ukuran yang sesuai dengan badan Anda
Tersedia beberapa macam ukuran sleeping bag. Sebelum Anda memilih suatu produk, pastikan dahulu bahwa ukurannya pas dengan ukuran badan Anda. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mempertimbangkan ukuran sleeping bag:

  1. Pada tipe mummy dan envelope, lebar 75 cm merupakan ukuran yang pas untuk anak-anak dan Anda yang bertubuh mungil.
  2. Jika Anda memiliki tinggi badan 170–175 cm, sleeping bag dengan lebar 75–80 cm kurang lebih akan pas untuk Anda.
  3. Untuk tinggi badan 175–180 cm, pilihlah sleeping bag dengan lebar 80 cm atau lebih agar lebih nyaman. Ukuran tersebut juga pas untuk Anda yang memiliki postur tubuh atletis, serta banyak bergerak saat tertidur.
  4. Hindari memilih sleeping bag dengan ukuran yang kebesaran karena akan mengurangi kehangatan dari sleeping bag. Jangan pula memilih ukuran yang terlalu sempit karena dapat membuat Anda tidak nyaman menggukanannya.
  5. Ketika memilih sleeping bag untuk anak, pastikan ukurannya dapat diatur. Model sleeping bag seperti ini dapat disesuaikan dengan pertumbuhan anak sehingga lebih pas.

Di samping poin-poin di atas, Anda juga perlu memperhitungkan ukuran sleeping bag dengan cermat saat beraktivitas di cuaca dingin atau suhu beku. Pasalnya, Anda pasti menggunakan jaket atau baju berlapis sehingga perlu sleeping bag yang ukurannya jauh lebih besar dari badan. Terutama, bila Anda memilih sleeping bag tipe mummy.

③ Pertimbangkan tingkat retensi panas dan cara perawatan bahannya

Pada umumnya, ada tiga tipe material pengisi sleeping bag, yaitu down, chemical fiber, dan dakron. Bahan-bahan tersebut memiliki karakter yang berbeda sehingga akan memengaruhi harga, cara perawatan, dan tingkat penyimpanan panas.

Down: Ringan dan memberikan kehangatan sempurna

Down: Ringan dan memberikan kehangatan sempurna
Bahan down dikenal juga dengan sebutan bahan bulu angsa. Down merupakan material yang cukup mahal, tetapi berbobot ringan dan dapat memberikan kehangatan sempurna. Bahan ini pada dasarnya memiliki kantong-kantong udara kecil yang bisa menahan panas agar tidak cepat hilang. 

Selain itu, material ini memungkinkan untuk dipadatkan sehingga bisa disimpan dengan mudah. Terlebih, Bahan down banyak digunakan untuk sleeping bag tipe mummy. Meskipun begitu, kini mulai banyak sleeping bag tipe nonmummy yang menggunakan bahan down.


Sayangnya, jika dibandingkan chemical fiber, perawatan down lebih sulit dilakukan. Down sangat tidak tahan air sehingga membutuhkan waktu untuk kering. Selain sulit dicuci, down harus dijemur di tempat berventilasi baik agar cepat kering menyeluruh. Harganya yang lebih tinggi membuat sleeping bag berbahan down lebih cocok untuk pengguna intermediate sampai advanced.

Chemical fiber: Harga terjangkau dan mudah dirawat

Chemical fiber: Harga terjangkau dan mudah dirawat
Chemical fiber biasa juga disebut fiber sintetis atau poliester. Karena dibuat oleh manusia, bahan ini dapat diproduksi secara massal sehingga harganya lebih ekonomis daripada bahan bulu angsa.

Selain relatif lebih murah, perawatan chemical fiber pun mudah karena tidak menyerap air serta mudah dicuci. Namun, material ini tidak dapat menahan panas sekuat down. Untuk tingkat kehangatan yang setara down, diperlukan chemical fiber yang lebih berat dan besar. Bahan ini memang sulit dipadatkan sehingga membutuhkan tempat penyimpanan yang lebih besar.


Untuk menunjang aktivitas Anda, lengkapi juga kebutuhan outdoor Anda dengan produk lain. Kami telah mengulas dan memberikan rekomendasi ransel dan sandal outdoor terbaik. Baca artikelnya melalui tautan berikut ini.

Dakron: Empuk, mengembang, dan tahan lama

Dakron: Empuk, mengembang, dan tahan lama

Dakron merupakan serat sintetis yang banyak digunakan untuk isian bantal, sleeping bag, dan lain-lain. Dacron atau dakron sendiri adalah merek dagang polister fiber sintetis yang diproduksi oleh perusahaan Du-Pont asal Inggris. Bahan dakron merupakan pengembangan lebih lanjut dari poliester sebab memiliki kantong-kantong udara seperti bulu angsa.


Bisa dikatakan, dakron berada di posisi tengah antara bulu angsa dan fiber sintetis. Tidak heran bila bahan ini unggul dari sisi fleksibilitas dan kemampuan mengembang sehingga terasa empuk saat dipakai. 


Selain itu, dakron juga tergolong material yang tidak mudah rusak. Anda bisa mencucinya menggunakan mesin cuci dan air hangat. Sebaiknya Anda tidak memeras dakron terlalu kuat agar tidak kempis atau cukup gunakan pengering pada mesin cuci.

④ Cermati suhu yang disediakan sleeping bag

Cermati suhu yang disediakan sleeping bag
Setiap sleeping bag memiliki nilai suhu operasi yang nyaman serta batas suhu operasi. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui suhu atau cuaca daerah tujuan. Sebagai contoh, di gunung yang jarang hujan, kering, dan tinggi tentu Anda perlu sleeping bag yang berbeda dengan di gunung yang 'basah'.  

Perhitungan tentang suhu sleeping bag berbeda-beda pada setiap produk. Namun, Anda bisa menggunakan poin-poin di bawah ini sebagai panduan.


  1. Ketahui suhu operasi yang nyaman yakni suhu standar yang membuat Anda merasa nyaman di dalam sleeping bag. Suhu ini 5–10℃ lebih tinggi atau lebih hangat daripada suhu lingkungan. Karena itu, Anda perlu memperhitungkan suhu di lingkungan tempat Anda akan memakai sleeping bag.
  2. Pilih batas suhu operasi yang sesuai dengan suhu lingkungan. Batas suhu operasi adalah rentang suhu lingkungan yang kompatibel dengan suatu produk sleeping bag. Artinya, sleeping bag dengan batas suhu operasi sebesar 5℃ akan terasa nyaman dipakai di lingkungan yang suhunya 5℃.
  3. Untuk daerah tropis atau yang suhunya hangat, pilihlah sleeping bag dengan batas suhu 5–10℃. Ingat bahwa penggunaan sleeping bag di luar batas suhunya akan membuat Anda kedinginan atau kegerahan.
  4. Sleeping bag dengan batas suhu -5℃ sampai 5℃ dapat Anda gunakan di beberapa musim. Di daerah yang sedang mengalami musim semi, panas, atau gugur, Anda akan cocok menggunakan sleeping bag ini.
  5. Jika Anda berencana camping di tempat yang bersuhu sangat rendah, pilihlah sleeping bag dengan batas suhu operasi kurang dari -5℃.

Indonesia merupakan negara tropis sehingga Anda dapat memilih batas suhu operasi sleeping bag sesuai dengan medan yang Anda tempuh. Lakukan riset tentang cuaca dan curah hujan untuk membawa sleeping bag yang tepat. Beberapa produk hanya mencantumkan satu suhu. Karena itu, ketika Anda memilih produk ini, cukup perhatikan batas suhu operasinya saja.


Selain memperhatikan kesesuain sleeping bag dengan suhu, Anda juga perlu mempertimbangkan bahan isi dan bagian luar sleeping bag. Ketebalan, bobot, dan sifat antiair pun perlu dipertimbangkan karena sangat berpengaruh pada kenyamanan, kehangatan, kepraktisan, dan beratnya.

⑤ Cek ukuran penyimpanannya

Jika Anda akan pergi camping dengan mengendarai sepeda motor, pilihlah sleeping bag yang dapat dilipat kecil sehingga mudah disimpan. Supaya lebih ringkas, Anda sebaiknya memilih produk yang bisa dilipat hingga berukuran 15 cm x 30 cm. Ukuran sleeping bag juga berpengaruh terhadap bobotnya. Jadi, perhatikan hal tersebut jika Anda ingin mengurangi bobot barang bawaan.

Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini jika pergi camping dengan mobil. Namun, produk yang ringkas dapat menghemat tempat penyimpanan di rumah. Sleeping bag dengan chemical fiber dapat dilipat hingga kecil. Namun, untuk sleeping bag dengan bahan down dan dakron, Anda membutuhkan usaha ekstra saat melipatnya.


Namun, ada kalanya mobil atau motor tak bisa mengantar Anda sampai ke lokasi karena medan yang tak memungkinkan. Nah, lepas dari kendaraan, apa yang akan Anda gunakan untuk pergi ke lokasi tujuan? Jika Anda menempuh perjalanan dengan berjalan kaki, ukuran, berat, dan kemudahan pengemasan sleeping bag dalam carrier perlu menjadi perhatian. Mungkin ukuran sleeping bag tak terlalu masalah bila Anda menggunakan jasa porter.

⑥ Pilihlah sleeping bag yang mudah dibersihkan

Pilihlah sleeping bag yang mudah dibersihkan
Anda tentu menginginkan sleeping bag yang mudah dibersihkan. Karena itu, sebaiknya Anda memilih sleeping bag yang dapat dicuci dengan mesin cuci. Jika Anda keberatan untuk mencucinya sendiri, Anda dapat membawanya ke laundry. Namun, hindari mencuci sleeping bag yang berbobot berat dengan menggunakan mesin cuci. Hal tersebut bisa merusak mesin cuci Anda.

Selain itu, pastikan sleeping bag telah kering saat Anda gunakan. Jangan lupa keringkan sleeping bag sesuai dengan petunjuk perawatannya. Biasanya, cara membersihkan dan mengeringkan sleeping bag telah tercantum di label produk. Beberapa sleeping bag tidak dianjurkan untuk dikeringkan secara langsung di bawah sinar matahari.

⑦ Perhatikan karakteristik setiap produsen

Perhatikan karakteristik setiap produsen

Jika Anda mengutamakan kualitas dan desain, pilihlah sleeping bag dari merek tepercaya serta bereputasi bagus. Snugpak merupakan merek asal Inggris yang didirikan pada 1977. Merek ini mengeluarkan banyak lini sehingga dapat digunakan oleh pemula sampai advanced.


Ada juga merek lokal yang banyak diminati misalnya Eiger dan Consina. Eiger memosisikan diri sebagai merek premium dengan kualitas produk yang sangat baik. Sementara itu, Consina menawarkan harga yang lebih bersahabat di kantong, tetapi tetap berkualitas. Di samping itu, masih banyak merek lokal lainnya yang dapat menjadi pilihan Anda.


Produsen sleeping bag premium biasanya mencantumkan detail spesifikasi produk, mulai dari bahan, isi, suhu, berat, cara perawatan, dan sebagainya.

10 Rekomendasi sleeping bag terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sleeping bag terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adlai Yulianus.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

CANIFER

Sleeping Bag Polar Bulu Extra Tebal

CANIFER Sleeping Bag Polar Bulu Extra Tebal 1枚目

Pilihan sleeping bag bulu yang hangat dengan harga hemat

2

Arei

Sleeping Bag Tikar Polar Guard

Arei Sleeping Bag Tikar Polar Guard 1枚目

Kombinasi dakron dan polar fleece, cocok untuk camping di pantai

3

Antarestar

Sleeping Bag Cabin Polar

Antarestar Sleeping Bag Cabin Polar 1枚目

Menghangatkan badan pada suhu dingin yang ekstrem sekalipun

4

DS Adventure

Sleeping Bag Mummy Dacron Utralight Seri Gelada

DS Adventure  Sleeping Bag Mummy Dacron Utralight Seri Gelada 1枚目

Lebih terlindungi dengan kantong tidur waterproof

5

Eiger

Sleep Sack 600

Eiger Sleep Sack 600 1枚目

Teknologi tropic insulation menjaga tubuh tetap hangat

6

Naturehike

Double Sleeping Bag

Naturehike Double Sleeping Bag 1枚目

Waktu berlibur bersama pasangan jadi makin seru

7

Cozmeed

Sleeping Bag Camping Ultralight Bulang Down

Cozmeed Sleeping Bag Camping Ultralight Bulang Down 1枚目

Camping di gunung yang dingin? Gunakan sleeping bag ultralight yang hangat dan ringan

8

Consina

Extreme Comfort Lite Sleeping Bag

Consina Extreme Comfort Lite Sleeping Bag 1枚目

Sleeping bag hangat, ringan, dan empuk karena berbahan 90% down

9

Acecamp

Glow-In-The-Dark Kids & Youth Sleeping Bag Mummy

Acecamp Glow-In-The-Dark Kids & Youth Sleeping Bag Mummy 1枚目

Bisa menyala dalam gelap, anak-anak pasti suka!

10

Snugpak

Travelpak Traveller

Snugpak Travelpak Traveller 1枚目

Dilengkapi kelambu untuk menjaga Anda dari gigitan serangga saat camping di hutan

Perincian produk
Close
No.1

CANIFERSleeping Bag Polar Bulu Extra Tebal

Mulai dari Rp69.000,00

Pilihan sleeping bag bulu yang hangat dengan harga hemat

Sleeping bag CANIFER memiliki lapisan bulu polar pada bagian dalam untuk memberikan kehangatan ekstra ketika tidur. Dengan comfort range hingga 0℃, artinya sleeping bag ini tetap nyaman digunakan dalam suhu sedingin itu. Kabar baiknya, harga produk ini sangat ramah di kantong. Untuk Anda yang ingin menghemat bujet, sleeping bag ini bisa menjadi pilihan menarik! 

No.2

AreiSleeping Bag Tikar Polar Guard

Mulai dari Rp199.000,00

Kombinasi dakron dan polar fleece, cocok untuk camping di pantai

Jika Anda membutuhkan sleeping bag untuk camping di pantai, Anda bisa memilih produk ini. Sleeping Bag Tikar Polar Guard dari Arei memiliki inner yang terbuat dari dakron dan polar fleece


Dakron menjadikan sleeping bag ini nyaman karena terasa empuk sehingga cocok digunakan di pantai yang berpasir. Sementara itu, polar fleece membuat Anda merasa hangat meski diterpa dinginnya angin malam di pantai. Camping di pantai jadi makin seru dan asyik!

No.3

AntarestarSleeping Bag Cabin Polar

Mulai dari Rp198.000,00

Menghangatkan badan pada suhu dingin yang ekstrem sekalipun

Apabila Anda gemar bertualang di alam terbuka dengan suhu dingin yang ekstrem, sleeping bag ini pas untuk Anda pilih. Produk ini terbuat dari bahan yang lebih tebal untuk menciptakan kehangatan yang maksimal bahkan pada suhu hingga -15℃.


Untuk ukuran sleeping bag sehangat ini, Sleeping Bag Cabin Polar lebih praktis dan mudah dibawa berkat packaging yang ringkas. Masukkan sleeping bag dari Antarestar ini ke dalam daftar perlengkapan traveling Anda.

No.4

DS Adventure Sleeping Bag Mummy Dacron Utralight Seri Gelada

Mulai dari Rp155.000,00

Lebih terlindungi dengan kantong tidur waterproof

Memilih sleeping bag yang waterproof dapat memudahkan Anda saat camping. Selain dapat terlindung dari hujan atau gerimis, Anda juga tak perlu khawatir jika sleeping bag terkena tumpahan air. Untuk pilihan sleeping bag yang waterproof, kami merekomendasikan produk dari DS Adventure. 


Selain waterproof, sleeping bag ini juga relatif ringan dengan berat 570 gram sehingga bobotnya tidak akan membebani Anda. Di samping itu, ada empat pilihan warna keren yang dapat Anda pilih sesuai selera! 

No.5

Teknologi tropic insulation menjaga tubuh tetap hangat

Hawa dingin makin terasa jika Anda tidur di alam terbuka. Karena itu, gunakan sleeping bag yang membantu menjaga tubuh Anda tetap hangat. Kami merekomendasikan Eiger Sleep Sack 600 yang dilengkapi teknologi tropic insulation.


Dengan teknologi ini, tubuh Anda akan tetap hangat walaupun udara mendingin, terutama di daerah tropis. Terbuat dari bahan polister, sleeping bag ini memiliki daya tahan yang kuat dan tetap ringan saat dibawa.

No.6

NaturehikeDouble Sleeping Bag SD15M030-J

Mulai dari Rp615.000,00

Waktu berlibur bersama pasangan jadi makin seru

Ada berbagai cara seru untuk berlibur bersama pasangan, salah satunya adalah dengan camping. Jika Anda mencari sleeping bag untuk dua orang, pilih saja sleeping bag dari Naturehike. Selain didesain untuk digunakan oleh dua orang, sleeping bag ini juga dilengkapi dua buah bantal.


Anda dapat melepaskan ritsletingnya sampai full sehingga bagian atasnya lebih nyaman untuk dijadikan selimut. Dengan sleeping bag ini, liburan Anda bersama pasangan jadi makin nyaman dan menyenangkan!

No.7

CozmeedSleeping Bag Camping Ultralight Bulang Down13KHOR00C

Mulai dari Rp725.000,00

Camping di gunung yang dingin? Gunakan sleeping bag ultralight yang hangat dan ringan

Jangan ragu untuk pergi mendaki ke gunung yang cukup dingin. Anda dapat mengandalkan sleeping bag dari Cozmeed ini untuk membuat Anda merasa hangat. Down sebagai bahan inner-nya memberi kehangatan dan kenyamanan saat digunakan dalam suhu dingin hingga 0℃.  


Sementara itu, outer-nya berbahan nilon membuatnya ringan, kuat, dan elastis sehingga Anda bisa leluasa bergerak. Dengan berat hanya 500 gram, sleeping bag ultralight ini sangat sayang Anda lewatkan.

No.8

ConsinaExtreme Comfort Lite Sleeping Bag

Mulai dari Rp950.000,00

Sleeping bag hangat, ringan, dan empuk karena berbahan 90% down

Extreme Comfort Lite Sleeping Bag memiliki bobot yang sangat ringan karena terbuat dari 90% duck down atau bulu bebek. Bahan ini mampu memberikan kehangatan yang sempurna. Pilihan warnanya pun cerah serta meriah yaitu merah dan oranye.


Namun, karena produk ini berbahan down, Anda perlu melakukan perawatan khusus saat mencuci dan mengeringkannya. Jika Anda termasuk pengguna intermediate atau advanced, sleeping bag ini cocok untuk Anda.

No.9

AcecampGlow-In-The-Dark Kids & Youth Sleeping Bag Mummy

Mulai dari Rp952.197,00

Bisa menyala dalam gelap, anak-anak pasti suka!

Saat liburan sekolah atau akhir pekan, ajak anak Anda beraktivitas di luar ruangan dengan melakukan camping. Glow-In-The-Dark Kids & Youth Sleeping Bag Mummy menjadi pilihan terbaik untuk Anda berikan kepada anak-anak. Terlebih lagi, tersedia pula ukuran youth untuk anak-anak yang telah menginjak remaja.


Kantong tidur yang dapat menyala dalam gelap ini tentu menarik perhatian sehingga mereka makin excited. Selain itu, desainnya juga disesuaikan dengan tubuh-tubuh anak-anak agar mereka tetap nyaman bergerak. Yuk, camping seru bersama anak-anak!

No.10

SnugpakTravelpak Traveller

Mulai dari Rp973.007,00

Dilengkapi kelambu untuk menjaga Anda dari gigitan serangga saat camping di hutan

Asyiknya camping di hutan terkadang menjadi terganggu oleh gigitan serangga. Karena itu, lengkapi diri Anda dengan sleeping bag dari Snugpak. Adanya built-in kelambu pada bagian hoodie membuat Anda terhindar dari gigitan serangga.


Snugpak Travelpak Traveller menggunakan bahan antibakteri. Anda pun tak perlu khawatir sleeping bag menjadi bau ketika digunakan di daerah yang cukup lembap. Produk ini pun pas sekali untuk Anda yang mengutamakan kebersihan sleeping bag.

Cara menggunakan sleeping bag

Cara menggunakan sleeping bag
Kenyamanan sleeping bag bergantung dari cara menggunakannya. Ketika Anda berada pada suhu yang hangat, gunakanlah tipe envelope agar tidak kepanasan. Sebaliknya, gunakan dua lapis sleeping bag atau tambahkan cover untuk menjaga kehangatan di daerah yang dingin.

Anda juga bisa menggabungkan sleeping bag tipe envelope dari merek yang sama. Model ini cocok untuk Anda yang membawa anak atau camping bersama pasangan. Dua orang di dalam sleeping bag akan membuat Anda merasa lebih hangat.


Intinya, sesuaikan tujuan perjalanan Anda dengan sleeping bag yang dibutuhkan. Tentunya, Anda tidak mungkin menggunakan sleeping bag yang dikhususkan untuk di gunung saat berkemah di pantai. Beberapa jenis sleeping bag dibuat antiair. Penggunaannya, misalnya untuk penelusuran gua yang memerlukan waktu beberapa hari.

Gunakan alas untuk meningkatkan insulasi panas

Gunakan alas untuk meningkatkan insulasi panas

Jika Anda ingin meningkatkan insulasi panas, tambahkan alas atau sleeping mat di bawah sleeping bag. Di samping membuat permukaan tanah lebih nyaman ditempati, sleeping mat juga menghambat udara dingin dari tanah. Panas tubuh akan lebih terjaga dengan tambahan sleeping mat. Selain itu, sleeping bag pun tak mudah kotor dan rusak bila tak kontak langsung dengan tanah.


Memasukkan udara ke dalam sleeping bag juga bisa membantu menjaga kehangatan. Setelah Anda membangun tenda di campsite, bukalah sleeping bag, lalu sleeping bag akan terisi udara secara otomatis. Hal ini dapat meningkatkan fungsi sleeping bag.

Tips melipat sleeping bag

Tips melipat sleeping bag
Sumber: cozmeed.com
Melipat sleeping bag mungkin terlihat sepele. Namun, cara melipat yang kurang tepat membuat sleeping bag kurang ringkas sehingga makan tempat di dalam ransel. Simak tips melipat sleeping bag berikut ini.

  1. Bentangkan sleeping bag, lalu lipat separuh bagian dengan menyatukan kedua ujung atas dan bawah.
  2. Lipat kedua sisi samping masing-masing satu kali sehingga membentuk persegi panjang. Pastikan juga posisi tali sleeping bag berada di tengah. 
  3. Tekan-tekan permukaannya sampai rapi dan kempis.
  4. Gulung sleeping bag dari ujung yang tidak bertali.
  5. Lilitkan tali ke sekeliling sleeping bag lalu masukkan ke dalam tas.

Tips dari outdoor activits kami, Adlai Yulianus

Tips dari outdoor activits kami, Adlai Yulianus

Cara membersihkan sleeping bag

Hal utama yang perlu Anda perhatikan saat membersihkan sleeping bag adalah membaca petunjuk dari pabriknya. Berikut ini tips membersihkan sleeping bag.


  • Untuk sleeping bag yang sangat kotor, rendam sleeping bag terlebih dahulu selama 30 menit. Lebih baik lagi bila Anda merendamnya dalam air hangat.
  • Gunakan deterjen cair untuk mencucinya. 
  • Peras sleeping secara perlahan.
  • Bilas beberapa kali sampai sabun benar-benar hilang.
  • Sebaiknya, sleeping bagi tidak dikeringkan dalam posisi digantung, tetapi diletakkan di lantai.
  • Jangan jemur langsung di bawah matahari.

Ada banyak juga sleeping bag yang bisa dicuci dengan mesin-cuci, termasuk diperas (spin) di mesin cuci. Namun, Anda perlu memperhatikan tingkat kekuatannya, baik saat proses mencuci maupun memeras.

Tips memilih sleeping bag untuk camping di gunung bagi pemula

Di bawah ini tips memilih sleeping bag untuk camping bagi para pemula.


  • Pastikan sleeping bag sesuai dengan ukuran tubuh Anda, baik dari sisi lebar maupun tinggi. 
  • Tanyakan pula terkait suhu atau cuaca lokasi tujuan kepada sesama rekan perjalanan Anda yang lebih berpengalaman. Jika Anda bepergian sendiri (sangat tidak disarankan), cari tahu sebanyak mungkin informasi terkait tempat tujuan.
  • Bedakan penggunaan sleeping bag untuk lokasi dataran tinggi seperti gunung dengan pantai, pulau, atau gua.
  • Sesuaikan bujet pembelian sleeping bag dengan pertimbangan pemakaian kembali di kemudian hari.

Baca juga rekomendasi perlengkapan camping lainnya di sini

Selain sleeping bag, perlengkapan camping lainnya juga perlu Anda siapkan. Kami telah membagikan ulasan dan rekomendasi produknya untuk Anda. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Kesimpulan

Sekian pembahasan kami tentang sleeping bag. Pemilihan sleeping bag yang tepat membuat Anda merasa lebih nyaman saat tidur di alam bebas. Hal ini membantu Anda agar lebih fit dan segar untuk melanjutkan perjalanan atau kegiatan.


Jangan sampai memilih sleeping bag yang tidak sesuai dengan medan perjalanan karena dapat membuat Anda merasa tidak nyaman. Semoga artikel ini dapat menjadi acuan ketika Anda memilih sleeping bag. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer