1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Perlengkapan outdoor
  6. >
  7. 10 Kapak Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Kapak Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Kapak Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Kapak Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Kapak Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Kapak Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Kapak Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)

Bila Anda suka berkemah, keberadaan kapak adalah hal yang krusial. Anda bisa menggunakan kapak untuk memotong kayu bakar, menebang pohon, dan sebagainya. Namun, banyaknya jenis kapak yang berbeda ukuran, desain, harga, dan sebagainya bisa membuat Anda bingung saat memilih.

Sekarang kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi kapak terbaik dari berbagai merek, misalnya EIGER. Mulai dari kapak kayu, kapak survival, dan kapak tulang yang bagus ada dalam artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya.

Diperbaharui 01-31-2023
Pakar
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo). Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Profil Adlai Yulianus
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih kapak

Harga dan model kapak berbeda satu sama lain. Sekarang, kami akan menjelaskan cara memilihnya agar Anda makin mudah menemukan produk yang tepat.

① Kenali jenis-jenis kapak

Secara umum, kapak dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yakni kapak kayu, kapak survival, dan kapak tulang. Silakan disimak karakteristik dari kapak-kapak tersebut.

Kapak kayu, memotong kayu menjadi bagian yang lebih kecil

Kapak kayu, memotong kayu menjadi bagian yang lebih kecil

Kapak kayu merupakan jenis kapak yang paling umum digunakan untuk memotong kayu. Kapak jenis ini memudahkan Anda memotong kayu menjadi bagian yang lebih kecil. Anda bisa memilih pegangan kapak kayu sesuai dengan kenyamanan. Bahan pegangan kapak kayu bisa terbuat dari logam, kayu, atau fiber. Ada juga pegangan kayu yang dilapisi karet agar tidak mudah selip saat digunakan.


Berbeda jenis kayu yang akan dipotong, berbeda pula model kapak yang dibutuhkan. Berikut adalah penjelasan singkatnya:

  • Kapak untuk kayu lunak memiliki sudut bilah di bawah 30 derajat dengan cembung sekitar 20 derajat.
  • Kapak untuk kayu keras memiliki sudut 35 derajat dan 27–30 derajat.
  • Kapak kujang memiliki sudut 22 derajat.
  • Kapak untuk kayu bakar memiliki sudut 40 derajat dengan cembung hanya 10 derajat.

Makin pendek bilahnya, makin baik jika digunakan untuk kayu keras. Begitu pula sebaliknya, bilah yang panjang cocok untuk memotong kayu lunak. Kapak yang dirancang untuk memotong cabang dari batang memiliki bilah terpanjang agar lebih mudah untuk menjangkau cabang tipis.

Kapak survival, dilengkapi berbagai fungsi lain untuk aktivitas outdoor

Kapak survival, dilengkapi berbagai fungsi lain untuk aktivitas outdoor

Selain kapak kayu, kapak survival juga cukup banyak ditemui di pasaran. Kapak ini banyak digunakan untuk kegiatan outdoor, seperti camping, hiking, dan aktivitas lainnya. Ciri khas kapak ini terdapat pada fungsinya yang beragam. Oleh karena itu, kapak ini juga disebut kapak multifungsi. Anda bisa menggunakan kapak ini sebagai palu, tang, obeng, dan lain sebagainya.


Di pasaran, Anda juga bisa menemukan kapak survival yang dijual berupa set. Produk ini biasanya dijual sepaket dengan perlengkapan seperti pacul, pisau, mata kail, dan lain-lain.

Kapak tulang, bahan lebih tebal untuk memotong tulang yang keras

Kapak tulang, bahan lebih tebal untuk memotong tulang yang keras

Sesuai dengan namanya, kapak ini digunakan untuk memotong tulang. Karena fungsinya tersebut, bahan yang digunakan untuk pembuatan kapak tulang dibuat lebih tebal. Dengan begitu, semua ukuran tulang bisa dipotong dengan mudah. Tentu saja Anda bisa menggunakan kapak ini untuk memotong benda lainnya. Akan tetapi, hal tersebut tidak disarankan agar mata kapak tidak cepat tumpul.

② Ketahui ukurannya

Kapak untuk kegiatan outdoor bisa memiliki keunggulan yang berbeda tergantung pada ukurannya. Berikut ini akan kami jelaskan lebih jauh.

Kapak >40 cm, mempermudah Anda membelah kayu tebal

Kapak >40 cm, mempermudah Anda membelah kayu tebal

Bila Anda berencana menggunakan kapak untuk memotong kayu tebal, semisal kayu bakar, kapak berukuran 40 cm tidak akan mencukupi. Karena itu, Anda perlu memilih kapak yang ujung mata pisaunya cukup tebal untuk memotong kayu tebal. Karakteristik seperti ini biasanya dimiliki oleh kapak besar.


Meski begitu, kapak besar tidaklah mudah digunakan. Terlebih lagi, umumnya kapak besar memiliki bobot cukup berat. Anda mungkin bisa mengayunkan kapaknya dengan cepat, tetapi butuh waktu dan tenaga lebih untuk mencabutnya saat tersangkut. 


Kapak dengan ukuran ini juga biasanya dirancang untuk digunakan dengan 2 tangan karena besar dan berat. Pada umumnya, kapak ini digunakan untuk membelah kayu bulat. Sebagai tambahan informasi, harga kapak ukuran 40 cm ini lebih tinggi dibandingkan kapak yang compact.

Kapak 30–40 cm, versatile untuk pemula

Kapak 30–40 cm, versatile untuk pemula

Kapak outdoor yang ukurannya sekitar 30–40 cm tergolong populer karena mudah dibawa dan digunakan. Kapak dengan ukuran ini sangat cocok untuk membelah kayu yang lebih kecil atau sudah dipotong menjadi ukuran kecil. Anda juga bisa memakainya untuk membuang ranting besar pada kayu-kayu tersebut. Bisa dikatakan bahwa produk seperti ini cocok untuk digunakan pemula.

Kapak <30 cm, hemat tempat dan mudah diayun

Kapak <30 cm, hemat tempat dan mudah diayun

Untuk para wanita atau Anda yang merasa ukuran 40 cm masih terlalu besar, pilihlah produk berukuran <30 cm. Kapak dengan ukuran tersebut sudah cukup untuk digunakan memotong ranting kecil atau tanaman liar. Selain itu, ukuran tersebut juga membuat kapak jenis ini tidak sulit diayunkan sekaligus dapat diselipkan di dalam tas.

③ Pilih berdasarkan bobotnya

Pilih berdasarkan bobotnya
Bobot kapak juga tergantung pada bobot mata pisaunya. Jadi, kapak outdoor berukuran compact belum tentu berbobot ringan. Makin berat kapaknya, maka makin besar energi yang perlu Anda keluarkan untuk mengayunkannya. Tidak hanya itu, bila Anda mengayunkannya dengan teknik yang salah, bisa-bisa otot tubuh Anda malah cedera.

Oleh karena itu, kapak yang berukuran besar dan berbobot berat lebih cocok digunakan oleh orang yang sudah berpengalaman. Bila Anda baru mulai melakukan kegiatan outdoor, mulailah dengan menggunakan kapak yang compact dan mudah digunakan. Rata-rata kapak dengan bobot tidak sampai 1 kg mudah digerakkan, bahkan oleh orang yang baru pertama kali menggunakannya.


Penting untuk memilih produk yang mudah digunakan sesuai kekuatan fisik Anda. Anda bisa mencari informasi tambahan melalui review pengguna sembari mengecek bobot dan ukurannya.


Di samping itu, pertimbangkan juga kebutuhan dan perjalanan Anda, terutama jika Anda akan membawanya untuk perjalanan yang cukup jauh. Tentu sangat merepotkan jika Anda membawa kapak yang terlalu besar, tetapi sebenarnya tidak tepat guna.

④ Pertimbangkan keamanan penggunaannya

Saat memilih kapak outdoor, aspek keamanan penggunaan juga merupakan hal yang tidak boleh luput dari perhatian Anda. Berikut ini akan kami jelaskan lebih lanjut.

Struktur sambungan mata kapak yang menyatu, untuk meminimalkan risiko

Struktur sambungan mata kapak yang menyatu, untuk meminimalkan risiko
Hal paling menyeramkan yang mungkin terjadi saat menggunakan kapak adalah terlepasnya mata pisau secara mendadak. Bila mata pisaunya tiba-tiba terlepas saat Anda ayunkan, Anda tidak akan tahu arah terlemparnya mata pisau tersebut. Tidak hanya membahayakan Anda, hal tersebut juga membahayakan orang-orang di sekitar. Untuk mencegah hal tersebut, periksalah struktur sambungan mata pisaunya.

Anda bisa mencari informasi tambahan melalui review pengguna dan menghindari produk yang mata pisaunya mudah terlepas. Untuk meminimalkan kemungkinan lepasnya mata pisau, Anda juga bisa memilih produk yang mata pisau dan handle-nya menyatu. Namun, produk yang seperti ini tidak bisa diganti mata pisaunya jika telah rusak.


Sebaliknya, kapak yang handle dan mata pisaunya terpisah memungkinkan Anda memilih mata kapak yang sesuai kebutuhan. Kapak yang seperti ini biasanya adalah kapak-kapak besar dengan handle dari kayu agar lebih ringan.


Jadi, penting untuk mengecek struktur sambungan mata pisaunya. Selain itu, pastikan mata pisaunya tidak longgar saat digunakan.

Keberadaan cover, untuk memberi keamanan lebih

Mata pisau kapak yang terekspos tentu dapat menimbulkan bahaya, baik saat disimpan maupun dibawa. Dibutuhkan cover khusus agar kapaknya bisa disimpan atau dibawa dengan aman. Tidak semua produk sudah satu paket dengan cover sehingga Anda perlu memastikannya terlebih dahulu.


Cover untuk kapak juga tersedia dalam beragam model. Ada cover yang menutupi seluruh mata pisaunya, ada juga yang hanya menutupi ujung mata pisaunya saja. Bila cover yang langsung Anda dapatkan terasa kurang memadai, Anda bisa menggunakan handuk atau cover tambahan.

⑤ Cek keunggulan tambahan yang ditawarkan

Cek keunggulan tambahan yang ditawarkan
Mungkin Anda membawa kapak outdoor untuk tujuan berjaga-jaga, membabat tanaman, memotong ranting, atau kegiatan sejenisnya. Bila hanya digunakan untuk hal-hal tersebut, bisa saja kapaknya jadi jarang terpakai, bukan?

Dalam kondisi tersebut, Anda bisa mempertimbangkan multitools yang terdiri dari beragam alat dengan fungsi berbeda. Dengan membawa multitools, bobot dan barang bawaan Anda pun berkurang.


Selain itu, untuk meningkatkan fungsionalitasnya, kapak outdoor juga banyak yang dilengkapi tali atau lubang gantungan. Dengan begitu, kapak dapat Anda gantungkan di tas atau pinggang saat Anda bawa bertualang. Pastikan untuk mengecek keunggulan tambahan yang ditawarkan produk incaran, ya!

10 Rekomendasi kapak terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kapak terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adlai Yulianus.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

JEEP

Kapak Pemotong Kayu

JEEP Kapak Pemotong Kayu 1枚目

Desainnya unik, bisa dijadikan pajangan di ruang tamu

2

Kapak Tulang

 Kapak Tulang 1枚目

Kapak tulang berbahan forged steel untuk memotong tulang dan daging

3

EDC Kapak Multifungsi 18 in 1

 EDC Kapak Multifungsi 18 in 1 1枚目

Fungsi melimpah dengan harga yang ekonomis

4

SOG

Kapak Palu 2 in 1

SOG Kapak Palu 2 in 1 1枚目

Dapat digunakan juga sebagai palu, lho!

5

Camel

Axe

Camel Axe 1枚目

Gagang fiber plus karet, sangat nyaman digenggam!

6

CK CAVRA

Kapak Outdoor

CK CAVRA Kapak Outdoor 1枚目

Perlengkapi diri Anda dengan kapak ini saat berburu

7

EIGER

Bushcraft Axe 1.0 Knives

EIGER Bushcraft Axe 1.0 Knives 1枚目

Baja karbon plus sonokeling tawarkan ketahanan jempolan

8

KICA

Kapak Kayu

KICA Kapak Kayu 1枚目

Hadir dengan 3 pilihan warna yang menarik

9

JH Polar Bear

Kampak Outdoor

JH Polar Bear Kampak Outdoor 1枚目

Menawan berkat matte silver, antikarat pula!

10

Columbia

Kapak Survival

Columbia Kapak Survival 1枚目

Kapak survival yang portabilitasnya mumpuni

Perincian produk
Close
No.1

JEEPKapak Pemotong KayuJP57

Mulai dari Rp105.000,00

Desainnya unik, bisa dijadikan pajangan di ruang tamu

Kelebihan:
  • Desain yang keren, cocok dipajang di ruang tamu

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu ukuran saja

Jika Anda sedang mencari kapak dengan dengan desain yang unik dan keren, pilih saja produk ini. Selain digunakan untuk membelah kayu, kapak ini juga dapat Anda jadikan pajangan di dinding ruang tamu. Karena ukurannya yang cukup compact, produk ini juga cocok dibawa untuk menemani Anda camping atau aktivitas outdoor lainnya.

No.2

Kapak tulang berbahan forged steel untuk memotong tulang dan daging

Kelebihan:
  • Selain kayu, bisa juga digunakan untuk memotong tulang dan daging

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi dengan sarung kapak

Umumnya, kapak digunakan untuk memotong kayu. Jika Anda sedang mencari kapak untuk memotong tulang dan daging, kami merekomendasikan kapak yang satu ini. Dengan material besi tempa atau forged steel, kapak ini diyakini awet digunakan.


Selain itu, grip dengan lapisan karet terasa nyaman saat digenggam dan tentunya antiselip. Sayangnya, produk ini tidak dilengkapi dengan sarung sehingga Anda perlu lebih berhati-hati saat menyimpannya.

No.3

EDC Kapak Multifungsi 18 in 1

Mulai dari Rp61.000,00

Fungsi melimpah dengan harga yang ekonomis

Kelebihan:
  • Multifungsi, bisa digunakan untuk berbagai hal

Kekurangan:

  • Ukurannya yang relatif kecil kurang pas untuk yang bertangan besar

Agar kegiatan outdoor Anda makin menyenangkan, tentu Anda harus mempersiapkan seluruh peralatan yang harus dibawa. Nah, dengan adanya produk ini, Anda tidak perlu lagi memenuhi tas Anda dengan banyak peralatan. Ukurannya kecil, tetapi kapak steel alloy ini memiliki segudang fungsi yang akan sangat membantu Anda.


Anda bisa menggunakan produk ini sebagai palu, pisau, gergaji mini, tang, obeng, bahkan pembuka botol! Gagangnya juga didesain khusus agar tidak licin dan tetap nyaman saat Anda gunakan. Begitu serbaguna dan praktis sehingga produk dengan harga terjangkau ini wajib masuk dalam daftar belanja Anda.
No.4

SOGKapak Palu 2 in 1JHD-A018

Mulai dari Rp119.000,00

Dapat digunakan juga sebagai palu, lho!

Kelebihan:
  • Bisa juga difungsikan sebagai palu

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan kapak kurang tajam meski sudah diasah

Kebanyakan palu memakan tempat saat dibawa dan tentunya memperberat bobot barang bawaan Anda. Nah, kapak outdoor ini adalah solusi tepat untuk Anda yang ingin mengatasi permasalahan tersebut. Kepala produk ini terdiri dari dua sisi, yaitu kapak yang tajam serta palu.


Adanya sisi berbentuk palu memungkinkan Anda untuk memalu pancang tenda, paku, atau memecahkan berbagai benda. Apalagi, gagang produk ini juga panjang dan bisa digenggam, bahkan dengan dua tangan. Anda pun bisa lebih mudah memukul atau memotong sekuat tenaga menggunakan produk ini.
No.5

Gagang fiber plus karet, sangat nyaman digenggam!

Kelebihan:
  • Tersedia 2 pilihan handle, yakni kayu dan fiber

Kekurangan:

  • Penutup yang tersedia tidak menutup kapak secara keseluruhan

Memiliki panjang sekitar 36 cm, kapak ini tidak makan tempat dan mudah Anda ayunkan. Gagangnya tersedia dalam dua pilihan bahan, yakni kayu dan fiber yang bisa dipilih sesuai kenyamanan. Jadi, Anda pun dapat memegangnya dengan erat dan nyaman. Produk ini layak dipertimbangkan jika Anda mencari kapak outdoor yang terasa firm saat digenggam dan diayunkan.

No.6

CK CAVRAKapak OutdoorF05

Mulai dari Rp85.000,00

Perlengkapi diri Anda dengan kapak ini saat berburu

Kelebihan:
  • Bisa digunakan untuk memotong daging

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu ukuran kapak saja

Jika Anda mencari kapak yang mata pisaunya sangat tajam, produk ini patut diperhitungkan. Mata pisaunya yang tajam dapat Anda gunakan juga untuk memotong daging saat berhasil menangkap binatang buruan. Selain itu, kapak ini dilengkapi tali pada gagangnya sehingga dapat digantung. Sarungnya juga akan memastikan kapak dalam posisi aman agar tidak mengenai Anda atau barang bawaan.

No.7

EIGERBushcraft Axe 1.0 Knives

Mulai dari Rp1.329.000,00

Baja karbon plus sonokeling tawarkan ketahanan jempolan

Kelebihan:

  • Gagang tidak mudah patah karena menggunakan kayu sonokeling

Kekurangan:

  • Bobotnya hampir 1 kg sehingga menambah beban barang bawaan

Penggunaan kayu sonokeling sebagai gagang menjadikan kapak outdoor terbaik ini sangat sulit patah. Selain itu, mata pisaunya berbahan baja karbon yang memiliki ketajaman dan keawetan jempolan. Ditambah dengan sarung kulit bertali, produk ini pun makin aman dan mudah dibawa bepergian. Bagi Anda yang mengutamakan durability, Bushcraft Axe ini wajib dijadikan opsi.

No.8

Hadir dengan 3 pilihan warna yang menarik

Kelebihan:

  • Tersedia tiga pilihan warna yang menarik

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi penutup kapak

Jika Anda bosan dengan warna kapak yang itu-itu saja, produk ini bisa menjadi alternatif untuk dipilih. Kapak ini hadir dengan tiga pilihan warna yang menarik, seperti hijau, kuning, dan jingga. Selain itu, bagian pegangannya tidak mudah selip karena dilapisi karet dengan tekstur lubang-lubang kecil. Anda juga dapat menyimpannya dengan cara digantung berkat adanya lubang di ujung handle.

No.9

JH Polar BearKampak OutdoorP517

Mulai dari Rp125.000,00

Menawan berkat matte silver, antikarat pula!

Kelebihan:
  • Dilengkapi cover, kapak lebih awet

Kekurangan:

  • Mata kapak terdapat dua lubang sehingga terkesan kurang kokoh

Anda yang menyukai barang dengan tampilan simpel dan elegan pasti akan menyukai produk ini. Hadir dengan warna hitam matte, kapak ini terlihat begitu menawan. Sementara itu, ujung bilah yang berwarna silver terlihat kontras dengan bodi keseluruhan kapak ini. Menariknya lagi, kapak ini dibuat dari stainless steel berkualitas tinggi sehingga siap Anda bawa ke medan berat sekalipun.

No.10

ColumbiaKapak SurvivalP1006

Mulai dari Rp80.000,00

Kapak survival yang portabilitasnya mumpuni

Kelebihan:
  • Bentuknya relatif kecil, mudah dibawa

Kekurangan:

  • Tidak tersedia ukuran yang lebih besar

Memiliki panjang 28 cm, produk ini tergolong relatif kecil. Selain itu, kapak ini sudah satu paket dengan cover yang menutupi seluruh mata pisaunya. Dengan begitu, produk ini makin aman dibawa. Bila Anda mencari kapak outdoor berukuran compact yang juga aman disimpan dan dibawa ke mana pun, produk ini jawabannya! Di samping itu, kapak ini terbilang serbaguna karena memiliki beberapa fungsi tambahan.

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Tips memilih panjang dan berat kapak yang sesuai dengan Anda:

  • Genggam atau pegang pangkal mata kapak terhadap pegangan kapak. Setelah itu, ukur panjang pegangan kapak sesuai dengan panjang lengan Anda sampai ke pangkal lengan. Pastikan pegangan kapak kurang dari panjang lengan Anda atau setidaknya sama.

  • Luruskan tangan Anda ke bawah saat memegang ujung pegangan kapak. Selanjutnya, naikkan kapak ke atas dengan hanya menggunakan lengan bawah Anda (mulai dari bagian siku) sampai ke atas. Berat kapak sesuai dengan kemampuan Anda jika Anda tidak merasa kesulitan atau merasa terlalu berat

Baca juga rekomendasi berbagai perlengkapan outdoor lainnya di sini

Tidak hanya kapak, pisau, kursi, dan speaker outdoor pun sangat fungsional untuk digunakan saat berkegiatan di luar ruangan. Ketahui cara memilih dan rekomendasi seluruh produk tersebut dengan membacanya di sini.

Kesimpulan

Kapak sangat fungsional untuk digunakan saat Anda melakukan kegiatan outdoor. Karena itu, pilihlah produk sesuai dengan tujuan pemakaiannya. Pastikan juga ukurannya tepat dan cocok untuk Anda.

Selain itu, cek keberadaan cover agar kapak tersebut lebih aman untuk dibawa dan disimpan. Jangan lewatkan juga untuk memeriksa gagangnya karena akan sangat memengaruhi kemudahan penggunaannya. Pilihlah kapak yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer