• 10 BB Cream Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 BB Cream Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 BB Cream Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 BB Cream Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 BB Cream Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 BB Cream Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)

BB cream adalah salah satu produk kecantikan asal Korea yang booming di seluruh dunia. Coverage BB cream yang apik sekaligus tidak berlebihan membuatnya dapat menghasilkan riasan natural. Karena itu, banyak orang menggunakan BB cream sebagai pengganti foundation.


Ada beragam merek BB cream yang bagus, seperti Wardah, Emina, hingga Y.O.U. Kami akan membagikan tips memilih BB cream terbaik serta merekomendasi beberapa produknya. Ada yang produksi lokal hingga asli dari Korea. BB cream untuk remaja dan untuk kulit berminyak pun ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Renata Aprianti
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 08 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Makeup artist, Renata Aprianti

Profil pakar: Makeup artist, Renata Aprianti
Renata Aprianti
Makeup artist
Renata Aprianti

Renata Aprianti merupakan seorang makeup artist dan beauty enthusiast yang aktif membagikan video review produk beauty. Selain itu, Renata senang membagikan tutorial makeup dan skincare di YouTube dan Instagram miliknya.


Wanita yang suka menulis ini pernah menerbitkan tiga novel remaja dan telah berkecimpung di dunia blogger selama 10 tahun. Penulis dan penggemar dunia beauty ini fokus menjadi makeup artist (MUA) dan vlogger sejak 2017.

Apa kelebihan BB cream?

Apa kelebihan BB cream?

BB cream merupakan singkatan dari Blemish Balm. Blemish sendiri memiliki arti noda. Pada awalnya, produk ini dibuat untuk menutupi noda, misalnya pada kulit yang mengalami pengelupasan. Seiring waktu, BB cream terus dikembangkan dan diberi tambahan bahan pelembap serta bahan-bahan kecantikan lainnya.


Selain fungsi dasarnya untuk menutupi noda dan meratakan warna kulit, BB cream memiliki banyak manfaat. Tidak hanya untuk makeup, tetapi juga skincare, seperti serum, tabir surya, dan base makeup. Jadi, Anda hanya membutuhkan satu produk saja untuk makeup dan perawatan kulit!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih BB cream

Di bawah ini, kami akan menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memilih BB cream. Pastikan Anda membacanya sebelum membeli, ya!

Pilih BB cream berdasarkan tekstur dan coverage-nya

Pilih BB cream berdasarkan tekstur dan coverage-nya

Tahukah Anda bahwa tiap-tiap BB cream memiliki coverage yang beragam? Sama halnya seperti foundation, produk BB cream juga memiliki formula yang berbeda-beda. Ada BB cream yang daya coverage-nya tinggi dan ada juga yang rendah. Berikut penjelasannya:


  • BB cream bertekstur ringan (light coverage)

Jika Anda menyukai tampilan makeup natural, pilihlah BB cream dengan light coverage. Teksturnya yang ringan akan lebih mudah menyatu dengan kulit wajah. Tekstur tersebut biasanya sebanding dengan daya cover-nya yang sheer atau ringan. Dengan begitu, BB cream tipe ini tidak bisa diandalkan untuk menutupi jerawat atau bekas noda yang membandel di wajah.


Anda bisa mengandalkannya untuk pemakaian sehari-hari. Para pemula di bidang makeup atau baru akan mencoba BB cream juga sebaiknya memilih produk bertekstur ringan. Jika Anda memilih produk yang teksturnya terlalu tebal, Anda bisa kurang nyaman akibat belum terbiasa.


  • BB cream bertekstur kental (high coverage)

Bagi Anda yang ingin menutupi masalah kulit kemerahan dan warna kulit tidak merata, BB cream high coverage lebih direkomendasikan. BB cream bertekstur kental memiliki daya coverage tinggi yang dapat menutupi kekurangan wajah dengan baik. Tipe BB cream ini cocok digunakan pada occasion yang membutuhkan tampilan makeup paripurna.

Sesuaikan dengan kondisi kulit Anda

Poin yang sangat penting dalam memilih BB cream adalah menyesuaikannya dengan kondisi kulit. Hal tersebut bertujuan agar complexion Anda lebih awet dan terasa nyaman. Kami akan menjelaskannya secara lebih lengkap di bawah ini.

Kulit berminyak membutuhkan produk yang dapat menekan produksi sebum

Kulit berminyak membutuhkan produk yang dapat menekan produksi sebum

Untuk kulit berminyak, pilihlah BB cream yang mengandung oil control. Oil control pada BB cream berfungsi untuk menekan produksi sebum pada kulit wajah. Anda juga bisa memilih BB cream yang bebas minyak untuk mencegah kulit memproduksi minyak berlebih.


Hindari pula BB cream yang mengandung minyak (oil based) karena akan membuat kulit makin berminyak dan makeup cepat luntur. Selain itu, pilihlah produk non-comedogenic untuk mencegah terjadinya penyumbatan pori-pori kulit yang berujung pada terjadinya komedo dan jerawat.


Cara paling mudah untuk mengidentifikasi BB cream untuk kulit berminyak adalah dengan melihat label pada kemasan produk. Produk BB cream biasanya mencantumkan keterangan "for oily skin" atau semacamnya pada kemasannya. Anda juga bisa melihat peruntukan tersebut di situs resmi produk untuk memastikannya lebih lanjut.

Kulit kering membutuhkan produk dengan kandungan pelembap tinggi

Kulit kering membutuhkan produk dengan kandungan pelembap tinggi

Kekeringan pada kulit dapat menyebabkan wajah terasa kasar. Makeup pun tidak bisa menyatu secara optimal. Anda sebaiknya memilih BB cream dengan kandungan pelembap untuk membantu merawat kulit kering. Banyak BB cream yang menambahkan bahan pelembap di dalamnya. Namun, takarannya bervariasi.


Untuk mengeceknya, periksalah tabel komposisi yang tercantum di produk. Kandungan pada tabel komposisi biasanya ditulis berurutan dari yang terbanyak ke yang paling sedikit. Pilihlah BB cream yang bahan pelembapnya ditulis di urutan awal.


Ada beberapa bahan pelembap yang sering digunakan dalam BB cream. Misalnya saja ceramide, asam amino, hyaluronic acid, glycerin, squalane, collagen, vitamin C derivatif, dipropylene glycol, butylene glycol, dan fullerene.

Kulit sensitif dan iritasi membutuhkan produk yang kaya bahan alami

Kulit sensitif dan iritasi membutuhkan produk yang kaya bahan alami

Bagi pemilik kulit sensitif dan mudah iritasi, hindarilah BB cream yang mengandung zat aditif. Kenalilah kulit Anda dan hindari bahan-bahan kimia yang memiliki reaksi tidak baik pada kulit Anda. 


BB cream yang tidak mengandung alkohol dan nonfragrance akan terasa lebih gentle untuk kulit sensitif. Anda juga bisa memilih BB cream dari brand yang terkenal akan produk-produk naturalnya.


Produk-produk yang menggunakan bahan-bahan natural, seperti shea butter, Aloe vera, cokelat, kelapa, tea tree, dan semacamnya, dapat Anda coba. Jadi, pastikan Anda membaca ingredients dan peruntukan dari setiap produk yang hendak Anda beli, ya.

Kulit kombinasi membutuhkan produk dengan formula ringan dan noncomedogenic

Kulit kombinasi membutuhkan produk dengan formula ringan dan noncomedogenic

Kulit kombinasi umumnya ditandai dengan keberadaan wajah yang berminyak di area T-zone, yakni dahi, hidung, dan dagu. Sementara itu, area wajah lainnya biasanya cenderung kering.


Pada jenis kulit kombinasi, Anda memerlukan BB cream yang dapat menyeimbangkan kedua kebutuhan kulit tersebut. Sebisa mungkin pilihlah BB cream yang dapat melembapkan sekaligus mencegah produksi sebum berlebih. BB cream dengan formula ringan serta noncomedogenic juga bisa menjadi pilihan.

Pastikan hasil akhirnya sesuai keinginan

Pastikan hasil akhirnya sesuai keinginan

Selain mengetahui jenis kulit, penting juga untuk memilih BB cream dengan hasil akhir yang diinginkan. Secara umum, ada dua tipe hasil akhir BB cream yang biasa ditemukan di pasaran yaitu glossy dan matte. Kami akan menjelaskan perbedaan keduanya di bawah ini:


  • Glossy: BB cream dengan hasil akhir glossy memberikan kesan basah pada wajah. Kulit akan tampak lebih berkilau, sehat, lembap, sekaligus kenyal. BB cream ini sangat pas bagi Anda yang ingin memberikan kesan awet muda. Anda yang sudah mempunyai kerutan atau garis halus juga bisa mempertimbangkan jenis BB cream ini. 

  • Matte: BB cream dengan hasil akhir matte membuat kulit terlihat lebih halus, lembut, serta tanpa kilap. Tak heran jika BB cream ini disukai oleh pemilik kulit berminyak. Anda yang tidak menyukai kesan lengket setelah pengaplikasian BB cream juga sebaiknya menggunakan tipe ini.

Temukan BB cream yang mengandung UV protection

Temukan BB cream yang mengandung UV protection

Untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet, pilihlah BB cream yang mengandung UV protection. Perlindungan ini tak hanya wajib untuk Anda yang beraktivitas di luar ruangan saja, lho. UV protection juga perlu digunakan oleh Anda yang berkegiatan di dalam ruangan. Hal ini disebabkan paparan sinar UV bisa menembus jendela dan celah ruangan lainnya.


Indikator UV protection pada skincare ditunjukkan dengan keberadaan SPF dan PA. Keduanya mempunyai fungsi yang berbeda. Berikut penjelasannya:


  • SPF (Sun Protector Factor): SPF merupakan indikator yang berfungsi untuk mencegah sinar UVB. Sinar UVB biasanya menyebabkan kemerahan dan peradangan pada kulit dalam waktu singkat. SPF ditunjukkan dalam angka, mulai dari 1 hingga 50. Makin besar nilai angkanya, makin tinggi efek pencegahan sinar UVB-nya.

  • PA (Protection Grade of UVA): Sementara itu, PA adalah indikator yang menunjukkan kemampuan skincare dalam mencegah pengaruh buruk sinar UVA. Sinar UVA dapat menyebabkan flek, kerutan, dan kekenduran dalam jangka waktu yang lama. PA ditunjukkan dengan simbol "+". Makin banyak jumlah "+", makin tinggi pula efek pertahanannya.

Keberadaan UV protection dalam produk BB cream membawa kepraktisan tersendiri. Cukup dengan mengaplikasikan satu produk, Anda mendapatkan dua manfaat sekaligus.

10 Rekomendasi BB cream terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk BB cream terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Renata Aprianti.

Gambar produk
1
Wardah Lightening BB Cream 1

Wardah

2
Maybelline Super BB Ultra Cover 1

Maybelline

3
PIXY UVW BB Cream 1

PIXY

4
Unilever Fair & Lovely BB Cream 1

Unilever

5
Missha M Perfect Cover BB Cream SPF42/PA+++ 1

Missha

6
Emina Daily Matte BB Cream 1

Emina

7
Y.O.U Radiance White BB Cream 1

Y.O.U

8
Marina Glow Ready BB Cream 1

Marina

9
Gloria Origita Cosmetics Purbasari Brightening Cool BB Cream 1

Gloria Origita Cosmetics

10
Etude House Precious Mineral Beautifying Block Cream Moist SPF50+/PA+++ 1

Etude House

Nama produk

Lightening BB Cream

Super BB Ultra Cover

UVW BB Cream

Fair & Lovely BB Cream

M Perfect Cover BB Cream SPF42/PA+++

Daily Matte BB Cream

Radiance White BB Cream

Glow Ready BB Cream

Purbasari Brightening Cool BB Cream

Precious Mineral Beautifying Block Cream Moist SPF50+/PA+++

Keunggulan

BB cream lokal yang bagus sekaligus terlaris

Oil control-nya mantap untuk kulit berminyak

Teksturnya super ringan untuk berikan kesan alami

BB cream murah dengan kualitas siap bersaing

BB cream Korea terbaik untuk kosmetik dan perawatan kulit

Formulanya pas untuk remaja yang mulai puber

Warnanya pas untuk kulit sawo matang

Samarkan garis halus di wajah secara instan

Berikan sensasi dingin pada wajah saat diaplikasikan

Berikan perlindungan maksimal saat di luar ruangan

Harga mulai dariRp 33.500,00Rp 105.000,00Rp 40.000,00Rp 25.750,00Rp 99.000,00Rp 29.000,00Rp 58.000,00Rp 32.492,00Rp 60.500,00Rp 135.000,00
Isi15 ml, 30 ml30 ml30 ml15 gr, 30 gr20 ml, 50 ml16 gr25 ml20 ml35 ml45 gr
TeksturKentalAgak kentalRinganKentalAgak kentalAgak kentalRinganRinganKentalRingan
Hasil akhirGlossyMatteGlossyMatteGlossyMatteMatteGlossyMatteGlossy
Kandungan UV protection✔️ (SPF 32/PA+++)✔︎ (SPF 50/PA ++++)✔︎ (SPF 30/PA+++)✔︎ (SPF 15)✔︎ (SPF42/PA+++)✔︎ (SPF 25/PA++)✔︎ (SPF 40/PA+++)✔︎ (SPF 30/PA+++)✔︎ (SPF 15)✔️ (SPF 50/PA+++)
Bahan pelembapButylene glycol, cyclomethicone, Aloe vera leaf extract, glycerin, sodium hyaluronateGlycerin, tocopherolButylene glycol, glycerinGlycerinHydrolyzed collagen, macadamia seed oil, squalane, beeswax, algae extract, Rosa canina fruit oil, jojoba seed oil, ceramide, sodium hyaluronateTochoperyl acetate, trehaloseSnow mushroomVitamin EButylene glycolButylene glycol, dipropylene glycol, glycerin, panthenol, tocopheryl acetate, isopropyl palmitate, pentylene glycol, caprylyl glycol
Varian warna2 warna (Light, Natural)2 warna (Medium, Natural)5 warna (Ochre, Cream, Beige, Almond Milk, Warm Mocca)1 warna3 warna (Light Beige, Natural Beige, Honey Beige)3 warna (Light, Caramel, Natural)3 warna (Vanilla, Almond, Mocha)2 warna (Light Ivory, Natural Beige)2 warna (Natural, Honey Beige)5 warna (Vanilla, Petal, Beige, Sand, Tan)
Tautan produk
10

Etude HousePrecious Mineral Beautifying Block Cream Moist SPF50+/PA+++

Mulai dari Rp 135.000,00

Isi45 gr
TeksturRingan
Hasil akhirGlossy
Kandungan UV protection✔️ (SPF 50/PA+++)
Bahan pelembapButylene glycol, dipropylene glycol, glycerin, panthenol, tocopheryl acetate, isopropyl palmitate, pentylene glycol, caprylyl glycol
Varian warna5 warna (Vanilla, Petal, Beige, Sand, Tan)
9

Gloria Origita CosmeticsPurbasari Brightening Cool BB Cream

Mulai dari Rp 60.500,00

Isi35 ml
TeksturKental
Hasil akhirMatte
Kandungan UV protection✔︎ (SPF 15)
Bahan pelembapButylene glycol
Varian warna2 warna (Natural, Honey Beige)
8
Isi20 ml
TeksturRingan
Hasil akhirGlossy
Kandungan UV protection✔︎ (SPF 30/PA+++)
Bahan pelembapVitamin E
Varian warna2 warna (Light Ivory, Natural Beige)
7
Isi25 ml
TeksturRingan
Hasil akhirMatte
Kandungan UV protection✔︎ (SPF 40/PA+++)
Bahan pelembapSnow mushroom
Varian warna3 warna (Vanilla, Almond, Mocha)
6
Isi16 gr
TeksturAgak kental
Hasil akhirMatte
Kandungan UV protection✔︎ (SPF 25/PA++)
Bahan pelembapTochoperyl acetate, trehalose
Varian warna3 warna (Light, Caramel, Natural)
5

MisshaM Perfect Cover BB Cream SPF42/PA+++

Mulai dari Rp 99.000,00

Isi20 ml, 50 ml
TeksturAgak kental
Hasil akhirGlossy
Kandungan UV protection✔︎ (SPF42/PA+++)
Bahan pelembapHydrolyzed collagen, macadamia seed oil, squalane, beeswax, algae extract, Rosa canina fruit oil, jojoba seed oil, ceramide, sodium hyaluronate
Varian warna3 warna (Light Beige, Natural Beige, Honey Beige)
4
Isi15 gr, 30 gr
TeksturKental
Hasil akhirMatte
Kandungan UV protection✔︎ (SPF 15)
Bahan pelembapGlycerin
Varian warna1 warna
3
Isi30 ml
TeksturRingan
Hasil akhirGlossy
Kandungan UV protection✔︎ (SPF 30/PA+++)
Bahan pelembapButylene glycol, glycerin
Varian warna5 warna (Ochre, Cream, Beige, Almond Milk, Warm Mocca)
2
Isi30 ml
TeksturAgak kental
Hasil akhirMatte
Kandungan UV protection✔︎ (SPF 50/PA ++++)
Bahan pelembapGlycerin, tocopherol
Varian warna2 warna (Medium, Natural)
1
Isi15 ml, 30 ml
TeksturKental
Hasil akhirGlossy
Kandungan UV protection✔️ (SPF 32/PA+++)
Bahan pelembapButylene glycol, cyclomethicone, Aloe vera leaf extract, glycerin, sodium hyaluronate
Varian warna2 warna (Light, Natural)

Tips tambahan seputar penggunaan BB cream

Di bawah ini, kami akan menjelaskan beberapa informasi tambahan seputar BB cream yang perlu Anda ketahui. Disimak, ya.

Kenali perbedaan BB cream dengan CC cream

Kenali perbedaan BB cream dengan CC cream

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa bedanya BB dan CC cream? Seperti halnya BB cream, CC cream juga merupakan produk base makeup dengan manfaat perawatan kulit. Perbedaan utamanya adalah CC cream memainkan peran yang lebih kuat dalam perawatan kulit dan kontrol warna. Sementara itu, BB cream lebih baik dalam fungsinya sebagai foundation.


BB cream memiliki tingkat coverage yang tinggi dan hampir sama dengan foundation. Hanya saja formulanya lebih ringan. BB cream diperuntukan bagi yang ingin menutupi noda di wajah.


Sementara itu, CC cream merupakan base makeup yang memiliki kandungan skincare yang lebih banyak. CC cream memiliki sedikit minyak dan pelembap sehingga lebih cocok digunakan bagi pemilik kulit berminyak.


Selain itu, kebanyakan produk CC cream cenderung lebih ringan dibandingkan BB cream. BB cream diperuntukkan bagi Anda yang mementingkan coverage. Untuk Anda yang ingin makeup terlihat alami, CC cream lebih direkomendasikan.

Tips menggunakan BB cream

Tips menggunakan BB cream

Layaknya foundation, peran utama BB cream adalah meratakan permukaan kulit. Anda tidak bisa berharap banyak akan kemampuannya dalam menutupi kekurangan tertentu di wajah. Misalnya jerawat, noda hitam, dan kantong mata. Namun, jangan khawatir! Kami punya beberapa tips yang dapat memaksimalkan pemakaian BB cream


  • Hindari pemakaian tebal untuk menyamarkan noda di wajah
Jika Anda ingin menyembunyikan jerawat dan kantong mata, gunakan concealer. Untuk menutupi area wajah yang kusam dan kemerahan, serta warna kulit yang tidak merata, color corrective lebih sesuai.

Sementara itu, pori-pori yang besar dapat di-cover oleh pore primer. Gunakan sponge untuk meratakan pore primer karena daya coverage-nya cenderung tinggi. Dengan menggunakan produk yang sesuai permasalahan kulit, wajah Anda akan terlihat mulus tanpa perlu mengaplikasikan BB cream secara tebal.

  • Pemakaian kuas atau brush
Jika Anda ingin menggunakan brush ketika memakai BB cream, pakailah oval brush. Brush ini berfungsi seperti sponge yang akan menyerap kelebihan krim sehingga hasilnya lebih rata. Oleskan BB cream pada area segitiga di bawah mata, lalu ratakan dari arah dalam ke luar. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya di area rahang dekat leher supaya tidak belang, ya.

  • Aplikasikan face powder setelah BB cream
Bubuhkan face powder setelah memakai BB cream di bagian wajah yang mengilap. Tak hanya menyerap sebum, face powder juga efektif dalam mencegah makeup luntur.

Baca juga rekomendasi peralatan makeup lainnya di sini

Supaya BB cream dapat menempel dengan sempurna di wajah, Anda perlu menggunakan bantuan beauty blender ataupun kuas. Penggunaan peralatan makeup tersebut juga dinilai lebih higienis karena BB cream tidak akan bersentuhan langsung dengan tangan. Jika Anda sedang mempertimbangkan pembelian makeup sponge atau brush, silakan kunjungi artikel kami di bawah ini!

Kesimpulan

Nah, bagaimana dengan artikel yang telah kami sajikan? Semoga artikel ini cukup informatif dalam memberikan gambaran tentang apa itu BB cream beserta kegunaannya.


Jangan lupa untuk selalu memeriksa kandungan bahan dalam BB cream pilihan Anda. Selain itu, pilihlah BB cream yang sesuai dengan warna, jenis kulit, serta hasil akhir yang diinginkan. Dengan begitu, BB cream akan tampak menyatu secara apik di wajah Anda. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, popularitas cushion makin menanjak di kalangan pengguna makeup. Merek lokal pun tak ingin ketinggalan tren dengan turut memproduksi cushion yang bagus. Selain berkualitas internasional, cushion lokal juga disesuaikan dengan jenis kulit dan warna kulit orang Indonesia. Ada cushion untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif.Kami akan memberikan tips untuk memilih cushion lokal beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan produk dari Pixy Cosmetics, Somethinc, dan Make Over. Tentu semua produk rekomendasi sudah mengantongi izin BPOM sehingga pasti aman digunakan. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Loose powder atau bedak tabur dapat digunakan untuk menyempurnakan riasan Anda. Wajah akan tampak glowing dan makeup pun lebih tahan lama. Bedak tabur juga bisa mengontrol sebum pada kulit berminyak. Namun, banyaknya produk bedak tabur yang beredar mungkin akan membingungkan Anda. Karena itu, kami akan bagikan tips memilih bedak tabur yang bagus beserta produk-produk terbaiknya. Terdapat sepuluh bedak tabur dari berbagai merek, seperti Wardah, Emina, Make Over, dan Focallure. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, temukan bedak tabur yang tepat untuk tampil flawless!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda pemilik kulit berminyak, harus jeli dalam memilih bedak. Bedak yang salah akan membuat wajah makin berminyak sehingga rentan menimbulkan beruntusan, komedo, dan jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih bedak untuk kulit berminyak? Tenang, Anda akan menemukan bedak yang cocok untuk kulit berminyak di artikel ini.  Kami akan memaparkan cara memilih bedak yang bagus. Selain itu, ada juga rekomendasi bedak untuk kulit berminyak dari berbagai merek, seperti Make Over, Wardah, hingga Focallure. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola. Yuk, temukan bedak terbaik Anda di sini!
    Makeup wajah
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer makeup adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat makeup lebih tahan lama. Selain itu, primer juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahasnya secara detail di artikel ini. Anda pun dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi primer terbaik dari berbagai merek, seperti Pixy, Maybelline, Heimish, dan lainnya. Langsung saja, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi BB Cushion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi BB Cushion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, BB cushion menjadi salah satu produk yang populer di kalangan penggemar makeup. Hasilnya yang natural saat digunakan sangat pas untuk memberikan tampilan cantik alami. Selain itu, BB cushion banyak dipilih dengan alasan praktis karena sudah dilengkapi aplikator. Banyaknya merek BB cushion yang bagus mungkin membuat Anda bingung.Pada artikel kali ini, kami akan membantu Anda untuk memilih BB cushion terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa rekomendasi merek cushion terbaik juga dapat Anda temukan, seperti Wardah, Make Over, SOMETHINC, dan Luxcrime. Selamat membaca!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Powder foundation (bedak foundation) adalah salah satu complexion yang banyak disukai saat ini. Umumnya, powder foundation memiliki hasil akhir matte. Namun, saat ini sudah banyak powder foundation yang dilengkapi moisturizer agar kulit wajah tidak kering.Banyak brand kecantikan mengeluarkan bedak foundation yang bagus, seperti Maybelline, Revlon, dan Y.O.U. Beauty product lokal, seperti Wardah, Make Over, dan ESQA juga tak ketinggalan. K ali ini, kami akan me-review produk powder foundation terbaik beserta tips cara memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Highlight Powder Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Highlight Powder Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Highlight powder berfungsi untuk memberi sentuhan cerah dan kilau pada wajah Anda setelah menggunakan makeup. Tampilan makeup Anda akan jauh berbeda jika menggunakan highlight powder dibandingkan tidak memakainya. Namun, banyaknya variasi highlighter dengan tingkat kilau berbeda mungkin membuat Anda bingung memilih. Nah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih highlight powder yang bagus untuk Anda. Setelahnya, ada rekomendasi produk dari merek Focallure, MAC, Madame Gie, hingga HOJO Highlighter yang dapat digunakan sebagai referensi. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Miss Insan. Selamat membaca!
    Makeup wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori