1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan menyusui
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Apron Menyusui (Nursing Cover) Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Apron Menyusui (Nursing Cover) Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Apron Menyusui (Nursing Cover) Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Apron Menyusui (Nursing Cover) Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Apron Menyusui (Nursing Cover) Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Apron Menyusui (Nursing Cover) Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Apron Menyusui (Nursing Cover) Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Saat moms berada di tempat umum, ada kalanya bayi tiba-tiba ingin menyusu. Jika sedang tidak menemukan nursery room, pasti moms akan kebingungan memberikan ASI. Kini moms tidak perlu repot lagi karena sudah banyak dijual beragam apron menyusui atau nursing cover yang nyaman.


Jika masih bingung apron menyusui seperti apa yang bagus untuk kebutuhan Anda, jangan lewatkan artikel kami. Kami akan membagikan tips memilih apron menyusui beserta produk-produk rekomendasi terbaiknya, seperti merek Mooimom dan Baa Baa Sheepz. Yuk, disimak penjelasan lengkapnya!

Diperbaharui 09-22-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa itu apron menyusui?

Apa itu apron menyusui?

Apron menyusui atau nursing cover merupakan salah satu perlengkapan menyusui yang praktis digunakan saat bepergian. Jika Anda memiliki apron menyusui, Anda bisa bebas menyusui di mana pun tanpa perlu khawatir payudara akan terlihat. Saat proses menyusui, bayi akan tertutup apron sehingga Anda akan merasa lebih nyaman. 


Kelebihan apron ini adalah tipis dan compact. Ketika dimasukkan ke dalam tas pun tidak akan memakan banyak tempat. Beberapa produk didesain multifungsi sehingga bisa digunakan sebagai alas tidur dan juga selimut bayi. Pilihlah produk berdesain stylish dan mudah digunakan sehingga Anda bisa lebih nyaman dan percaya diri saat jalan-jalan dengan bayi! 

Cara memilih apron menyusui (nursing cover)

Lalu, apron menyusui seperti apakah yang baik untuk ibu dan bayi? Apakah paling tepat memilih desain sesuai yang diinginkan? Tentu banyak dari Anda terutama para ibu baru yang kebingungan saat memilih apron menyusui. Oleh karena itu, mari kita simak cara memilih di bawah ini.

① Tentukan tipe apron yang sesuai dengan pemakaian

Terdapat tiga tipe apron menyusui, yaitu tipe apron, tipe ponco, dan tipe scarf. Yuk, kita lihat perbedaannya masing-masing!

Tipe apron, bisa melihat wajah bayi saat menyusui

Tipe apron, bisa melihat wajah bayi saat menyusui

Tipe ini merupakan tipe yang memungkinkan Anda menyusui seperti layaknya di rumah. Kelebihan tipe ini yaitu Anda bisa menyusui sambil melihat wajah si kecil karena pemakaiannya yang digantungkan di leher Anda. Jadi, Anda dan bayi akan merasa lebih tenang dan aman.


Sebelum membeli tipe ini, sebaiknya Anda mengecek apakah panjang tali leher bisa diatur atau tidak. Karena digantung di bagian depan, dikhawatirkan dada akan terlihat disebabkan adanya celah. Saran kami, Anda bisa memilih produk yang dilengkapi dengan tali atau karet di bagian belakang. Pastikan tali tersebut terikat dengan erat agar dada Anda tidak terlihat.

Tipe ponco, dapat menutup 360 derajat dengan sempurna

Bagi Anda yang ingin terlihat natural seperti tidak memakai apron menyusui, tipe ponco recommended untuk Anda. Tipe ponco dapat melindungi tubuh bagian atas ibu hingga 360 derajat hingga sama sekali tidak terlihat. Banyak produk yang dijual dari bahan elastis. Jadi, Anda tidak perlu khawatir bayi akan terluka atau pergerakan Anda terganggu.


Tipe ponco tidak hanya berfungsi sebagai penutup saat menyusui, tetapi juga dapat digunakan sebagai mantel ringan dan selimut bayi. Tipe ini sangat praktis karena berbentuk compact ketika dilipat. Namun, Anda tidak akan bisa melihat wajah bayi karena tipe ponco ini tidak memberikan celah. Jika Anda ingin menyusui sembari melihat bayi, pilihlah tipe ponco berkerah lebar atau tipe sejenis lainnya.

Tipe scarf/stall, tidak mudah terselip dan fashionable

Apabila moms ingin terlihat stylish saat mengenakan apron menyusui, tipe selendang seperti scarf atau stall ini cocok untuk Anda. Meskipun bayi bergerak, model ini tidak mudah terselip atau bergeser sehingga Anda bisa memakainya dengan percaya diri.


Tipe ini dapat digunakan sebagai fashion item. Anda bisa melingkarkannya di bahu atau di leher, serta bisa diubah menjadi apron menyusui ketika dibutuhkan. Berbagai macam desain dengan bahan tebal telah dijual di pasaran, Anda bisa memilih sesuai selera dan cuaca. 


Jika Anda belum terbiasa, bagian punggung mungkin bisa terlihat. Jadi, sebaiknya Anda berlatih terlebih dahulu ketika memilih apron menyusui tipe ini. Bentuknya yang compact membuat apron tipe ini mudah dibawa ke mana-mana. Anda pun bisa menggunakan apron ini untuk menggendong bayi, sebagai alas tidur, penutup dari sinar matahari, dan lain-lain.

② Pastikan bahannya nyaman baik untuk Anda maupun bayi

Pastikan bahannya nyaman baik untuk Anda maupun bayi

Apron menyusui merupakan benda yang akan bersentuhan langsung dengan kulit bayi. Jadi, kami sarankan Anda memilih apron menyusui dengan bahan yang aman dan nyaman untuk kulit bayi. Berikut ini adalah bahan apron yang bisa Anda pertimbangkan. 


  • Katun

Katun sangat lembut dan dapat menyerap keringat, serta nyaman digunakan saat cuaca panas. Namun, untuk tipe scarf  biasanya bahan yang digunakan tidak 100% katun. Biasanya akan ada campuran bahan spandeks yang membuatnya cukup elastis.


  • Bahan bambu

Bahan ini juga dikenal dengan sebutan katun bambu. Hal ini karena bahan bambu merupakan campuran dari bahan katun dan serat bambu. Bahan bambu ini dikenal antibakteri, memiliki sirkulasi udara yang baik, dan tidak menimbulkan alergi. Jadi bahan ini sangat cocok untuk kulit bayi, khususnya kulit bayi yang sensitif. 


  • Silky spandex

Bahan ini merupakan bahan kombinasi antara sutra dan serat sintetis. Bahan ini memiliki elastisitas yang tinggi, lembut, ringan, dan terasa sejuk. 

③ Pilih desain sesuai selera dan style Anda

Pilih desain sesuai selera dan style Anda
Sumber: mooimom.id

Desain apron yang cute dan menarik akan membuat moms makin lebih percaya diri. Selain itu, jalan-jalan dengan si kecil pun akan makin seru. Meskipun hanya apron menyusui, bermacam-macam desain dengan jahitan dan motif menarik banyak dijual. Selain itu, apron berdesain simpel dengan satu warna juga banyak tersedia. Pilihlah desain yang sesuai dengan selera dan gaya berpakaian Anda sehari-hari.


Jika Anda menyukai desainnya, pasti Anda semangat menggunakan produk tersebut hingga Anda menyapih bayi. Seiring dengan pertumbuhan si kecil, akan banyak momen menyusui yang bisa Anda kenang.

10 Rekomendasi apron menyusui (nursing cover) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk apron menyusui (nursing cover) terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. 
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

MOMOGII

Nursing Cover

MOMOGII Nursing Cover 1枚目

Apron dengan tali belakang, lebih aman

2

Mooimom

BreastFeeding Nursing Cover - Apron Celemek Menyusui

Mooimom BreastFeeding Nursing Cover - Apron Celemek Menyusui 1枚目

Tampil modis dan percaya diri meskipun menyusui di tempat umum

3

CuddleMe

Nursing Cape

CuddleMe Nursing Cape 1枚目

MengASIhi di mana saja dan tetap fashionable

4

Cottonseeds

Nursing Cover

Cottonseeds Nursing Cover 1枚目

Atur panjang tali bahu senyaman mungkin sesuka Anda!

5

Mama's Choice

Multipurpose Nursing Cover

Mama's Choice Multipurpose Nursing Cover 1枚目

Tanpa pewarna buatan, aman untuk kulit si kecil

6

Malilkids

Nola Premium

Malilkids Nola Premium 1枚目

Sirkulasi udara lebih baik dengan kain jala

7

Mooimom

Multi-Use Nursing Scarf

Mooimom Multi-Use Nursing Scarf 1枚目

Apron serbaguna yang menjawab segala kebutuhan Anda!

8

Bebitza

Textured Knit Nursing Cover

Bebitza Textured Knit Nursing Cover 1枚目

Memberikan kehangatan buat Anda dan si kecil

9

NÜROO

Nursing Scarf

NÜROO  Nursing Scarf 1枚目

Tetap tampil gaya dengan nursing scarf ini

10

Baa Baa Sheepz

Doodoomooky Bamboo Nursing Cover Poncho

Baa Baa Sheepz Doodoomooky Bamboo Nursing Cover Poncho 1枚目

Apron berbahan alami yang aman untuk kulit bayi

Perincian produk
Close
No.1

Apron dengan tali belakang, lebih aman

Kelebihan:

  • Ada tali belakang, lebih aman

Kekurangan:

  • Pilihan motifnya terbatas

Apron menyusui dari MOMOGII ini hadir dengan fitur tali belakang. Tali belakang ini akan sangat berperan menjaga apron agar tidak mudah bergeser atau terbuka. Tentunya hal ini akan memberikan rasa aman pada ibu saat menyusui di ruang terbuka.


Di sisi lain, apron ini juga hadir dengan motif-motif yang lucu. Sang buah hati tentu akan sangat suka dengan karakter-karakter yang ditampilkan. 

No.2

MooimomBreastFeeding Nursing Cover - Apron Celemek MenyusuiG7001

Mulai dari Rp199.000,00

Tampil modis dan percaya diri meskipun menyusui di tempat umum

Kelebihan:

  • Ada kantong untuk menaruh barang-barang kecil
  • Adjustable strap
  • Hadir dengan motif dan warna yang menarik

Kekurangan:

  • Ketika bayi banyak bergerak, ada kemungkinan apron akan terbuka atau bergeser

Jika Anda merasa enggan menyusui di tempat umum meskipun sudah mengenakan apron, produk ini solusinya. Anda akan merasa percaya diri jika memakai produk ini berkat motif dan pilihan warna yang modis. Selain itu, produk ini sudah dilengkapi tas penyimpanan yang praktis sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

No.3

MengASIhi di mana saja dan tetap fashionable

Kelebihan:

  • Desain fashionable
  • Banyak pilihan warna

Kekurangan:

  • Bahan silky spandex memerlukan perhatian khusus

Produk dari Cuddleme ini dilengkapi boning pengeras di bagian leher untuk memudahkan kontak dengan bayi saat menyusui. Selain itu, bagian kerahnya didesain melingkar dengan garis leher lebar sehingga mudah dipakai. 


Aksen kerah dan kancing pada ponco ini juga memperindah tampilannya. Anda pun tetap bisa terlihat fashionable saat menggunakannya. 

No.4

CottonseedsNursing Cover

Mulai dari Rp175.000,00

Atur panjang tali bahu senyaman mungkin sesuka Anda!

Kelebihan:

  • Ada adjustable strap

Kekurangan:

  • Ketika bayi banyak bergerak, akan ada celah yang memungkinkan tubuh Anda terekspos

Apron berkerah oval ini kami rekomendasikan untuk Anda yang mencari produk aman dan nyaman. Dilengkapi dengan tali bahu yang bisa diatur sesuai kebutuhan, Anda bisa merasa lebih aman saat menyusui. Anda dan si kecil pun juga akan merasa nyaman karena bahan yang digunakan bersifat breathable dan tidak membuat gerah.

No.5

Mama's ChoiceMultipurpose Nursing Cover

Mulai dari Rp189.000,00

Tanpa pewarna buatan, aman untuk kulit si kecil

Kelebihan:

  • Nursing cover multifungsi
  • Bebas pewarna buatan

Kekurangan:

  • Pilihan warna dan motif yang terbatas

Sesuai nama brand-nya, produk nursing scarf yang satu ini merupakan pilihannya para ibu. Bahannya yang lembut, nyaman, dan mudah merenggang membuatnya mudah digunakan untuk berbagai keperluan. 


Selain itu, materialnya yang bebas pewarna buatan tentunya aman untuk si kecil. Para ibu dapat dengan tenang dan yakin untuk menggunakan produk ini. 

No.6

Sirkulasi udara lebih baik dengan kain jala

Kelebihan:

  • Sirkulasi udara lebih baik dengan kombinasi kain jala

Kekurangan:

  • Motifnya cukup ramai, mungkin kurang cocok bagi Anda yang mencari model minimalis

Selain menggunakan bahan katun Jepang, apron ini juga mengombinasikannya dengan kain jala. Seperti pada gambar, kain jala ini terdapat pada bagian atas apron. Kain jala ini berfungsi memberikan sirkulasi udara yang lebih baik bagi bayi Anda. Bayi Anda pun bisa menyusu dengan lebih nyaman di mana saja. 

No.7

MooimomMulti-Use Nursing ScarfG7003

Mulai dari Rp249.000,00

Apron serbaguna yang menjawab segala kebutuhan Anda!

Kelebihan:

  • Apron multifungsi
  • Desain trendi

Kekurangan:

  • Perlu perhatian khusus dalam perawatannya

Bepergian dengan bayi memang sedikit merepotkan. Jadi, gunakanlah satu apron untuk segala keperluan saat bepergian. Selain sebagai cover menyusui, produk multifungsi ini bisa digunakan sebagai syal ibu, penutup stroller, alas duduk bayi, dan lain-lain. Jika Anda tidak ingin kerepotan bepergian berdua dengan si kecil, pilih produk ini.

No.8

BebitzaTextured Knit Nursing Cover

Mulai dari Rp519.000,00

Memberikan kehangatan buat Anda dan si kecil

Kelebihan:

  • Lebih hangat, cocok untuk cuaca dingin
  • Cukup lebar, bahkan bisa untuk menyusui anak kembar

Kekurangan:

  • Perlu perhatian khusus dalam perawatannya

Apakah Anda khawatir anak masuk angin jika harus menyusui saat cuaca dingin? Pakailah selendang apron ini! Textured Knit Nursing Cover bertekstur rajut yang indah layaknya selimut. Produk ini akan menutupi bagian tubuh Anda, mulai dari dada, perut, hingga punggung dengan nyaman. Anda dan si kecil pun akan merasa lebih hangat.

No.9

Tetap tampil gaya dengan nursing scarf ini

Kelebihan:

  • Desainnya stylish, bisa untuk beragam gaya

Kekurangan:

  • Harganya terbilang cukup mahal dibandingkan produk serupa lainnya

Melihat gambar yang ada, tentunya Anda tidak akan menyangka kalau ini adalah nursing cover. Bagaimana tidak? Desainnya sangat stylish dengan tambahan kancing yang membuat Anda bisa membuat beragam gaya. 


Selanjutnya, nursing cover ini juga menggunakan bahan khusus dari NüRoo®. Bahan ini sangat lembut, nyaman, tidak mudah kusut, dan sangat mudah dalam perawatannya. Silakan coba dan buktikan sendiri!

No.10

Baa Baa SheepzDoodoomooky Bamboo Nursing Cover Poncho

Mulai dari Rp469.000,00

Apron berbahan alami yang aman untuk kulit bayi

Kelebihan:

  • Bahannya antibakteri

Kekurangan:

  • Harganya terbilang cukup mahal dibandingkan produk serupa lainnya

Ponco dari Baa Baa Sheepz ini dibuat dari bahan alami yaitu serat bambu. Bambu memiliki fitur antibakteri yang tentu aman untuk kulit bayi. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki bayi dengan riwayat alergi dan berkulit sensitif. Rasakan sensasi dinginnya meskipun digunakan saat cuaca panas. 

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan menyusui lainnya di sini

Menyusui merupakan momen untuk menjalin bonding dengan bayi. Untuk melengkapi momen tersebut, Anda memerlukan perlengkapan lain selain apron menyusui. Pompa ASI, bantal menyusui, kantong ASI dan juga breast pad merupakan item yang tak kalah penting. Anda bisa membaca artikel kami mengenai produk-produk terbaik untuk melengkapi kebutuhan menyusui Anda di sini. 

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda tentang rekomendasi apron menyusui ulasan kami di atas? Begitu banyak warna dan desain yang menarik, bukan? Terutama untuk Anda yang baru memiliki bayi, tentu bayi harus sering diberi ASI di mana pun dan kapan pun.


Pilihlah apron sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan juga produk yang Anda pilih tidak hanya nyaman, tetapi juga membuat penampilan Anda lebih fashionable.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer