10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Tempat beras merupakan salah satu alat rumah tangga yang diperlukan oleh sebagian besar keluarga di Indonesia. Tempat beras yang baik akan menjaga beras tetap dalam kondisi bagus sehingga Anda dapat selalu menikmati nasi yang nikmat setiap kali Anda makan.

Tempat beras sendiri telah mengalami banyak perubahan, baik dari segi desain, model, dan juga ketahanan terhadap serangga. Dalam artikel ini kami akan membahas kriteria tempat beras yang baik dan bagaimana cara memilihnya. Kami juga merekomendasikan 10 tempat beras terbaik yang dapat Anda gunakan dalam rumah Anda.

Daftar isi

Keuntungan menggunakan tempat beras

Keuntungan menggunakan tempat beras

Sebagian orang biasa membeli beras dalam kemasan yang cukup besar, seperti 10 kg atau 25 kg. Tentu akan lebih hemat jika beras tersebut tetap diletakkan dalam kemasan awalnya, hanya saja biasanya rasa nasi akan berubah.

Hal ini disebabkan karena kemasan tersebut memiliki lubang kecil yang membuat udara dapat masuk ke dalam. Ketika udara masuk, beras dapat teroksidasi sehingga beras menjadi kering dan retak. Juga ketika kelembapan cukup tinggi, jamur yang masuk bersama udara yang mengandung uap air dapat tumbuh pada beras tersebut.

Tempat beras yang baik dapat menghambat hal-hal tersebut terjadi. Beras Anda pun akan terjaga baik dari segi rasa maupun kualitasnya.

Cara memilih tempat beras

Setiap rumah tangga tentu membeli beras dalam jumlah yang berbeda-beda, oleh karenanya tempat beras yang diperlukan masing-masing keluarga tentu berbeda juga. Berikut poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih tempat beras.

Pilihlah berdasarkan lokasi tempat penyimpanan

Pilihlah berdasarkan lokasi tempat penyimpanan

Hal pertama yang harus dipikirkan adalah lokasi penyimpanan tempat beras. Tempat tersebut haruslah terhindar dari sinar matahari, karena ketika tekena sinar matahari langsung, beras dapat rusak. Tempat yang harus dihindari juga adalah tempat dengan kelembapan tinggi, seperti di bawah wastafel.

Ketika Anda sudah memutuskan lokasi penyimpanan tempat beras, ukurlah luas ruangan yang tersedia. Kami menganjurkan agar Anda membeli ukuran yang lebih kecil dari luas ruang yang tersedia. Juga, jika ruang yang tersedia berada di sudut-sudut yang sulit dicapai, Anda dapat membeli tempat beras yang dilengkapi dengan gagang atau pegangan.

Pilihlah yang ukurannya paling sesuai

Pilihlah yang ukurannya paling sesuai

Pilihlah tempat beras dengan ukuran yang dapat memuat semua beras dalam jumlah yang biasa Anda beli. Misalnya, jika Anda biasa membeli beras sebanyak 10 kg, maka Anda dapat membeli tempat beras yang dapat memuat 10 kg atau lebih. Atau Anda juga dapat membeli dua tempat beras yang masing-masing dapat memuat 5 kg.

Perhatikanlah karakteristik bahan yang digunakan

Jika Anda ingin meletakkan tempat beras di lokasi yang sering dilihat orang, maka Anda dapat memilih tempat beras yang memiliki bahan dan desain yang sesuai dengan interior dapur Anda. Misalnya, tempat beras dari bahan kaca yang mengkilap, akan sesuai dengan dapur bergaya Barat. Sedangkan tempat beras dari bahan timah akan sesuai untuk dapur bergaya vintage atau shabby chic.

Namun, jika Anda meletakkan tempat beras pada lokasi yang tidak terlihat atau yang tidak terlalu memperhatikan desain, maka Anda dapat memilih tempat beras dari segi manfaat bahan yang digunakan.

Karakteristik tempat beras dari plastik

Karakteristik tempat beras dari plastik

Tempat beras dari plastik memiliki karakteristik ringan dan sulit untuk pecah. Selain itu keuntungan lain tempat beras dari plastik adalah harganya murah, wadahnya mudah dibersihkan dan dapat dicuci, juga Anda dapat memantau berapa jumlah beras yang tersisa.

Namun bahan plastik ini memiliki kekurangan dimana desainnya biasanya kurang menarik. Selain itu, Anda tidak dapat meletakkannya pada tempat dengan kelembapan tingi karena tempat beras dari plastik umumnya tidak terlalu rapat.

Karakteristik tempat beras dari bahan kayu paulownia

Karakteristik tempat beras dari bahan kayu paulownia

Tempat beras dari bahan kayu paulownia memberikan kesan mewah ketika diletakkan pada interior dapur yang sesuai. Selain itu, ketika menggunakan bahan ini, bagian dalam tempat beras akan lebih terjaga kelembapannya. Efek anti serangganya pun cukup tinggi karena kayu paulownia bersifat basa.

Namun, tempat beras dari bahan ini lebih berat dan juga relatif lebih mahal dibanding tempat beras dari bahan plastik. Kekurangan lainnya adalah tempatnya tidak bisa dicuci, dan Anda dapat mengetahui jumlah beras yang tersisa hanya jika Anda membuka tempat beras tersebut.

Karakteristik tempat beras dari bahan gelas

Karakteristik tempat beras dari bahan gelas

Bahan kaca sangatlah padat, sehingga tempat beras yang terbuat dari bahan ini aman jika diletakkan di tempat yang lembap. Selain itu, modelnya yang unik akan membuat interior dapur Anda semakin cantik. Keuntungan lainnya adalah tempatnya mudah dibersihkan, dapat dicuci, dan Anda dapat memantau jumlah beras yang tersisa.

Hanya saja jika tempat beras Anda dari bahan kaca maka Anda harus meletakkannya di tempat yang stabil dan tidak mudah goyang, karena jika jatuh maka tempat beras tersebut dapat retak atau pecah.

Karakteristik tempat beras dari bahan enamel

Karakteristik tempat beras dari bahan enamel

Bahan enamel merupakan logam atau besi yang dilapisi dengan lapisan porselen. Tempat beras yang terbuat dari bahan ini kedap udara, sehingga dapat juga diletakkan di tempat yang lembap. Penggunaan bahan ini juga memungkinkan tempat beras untuk dibersihkan dan dicuci.

Sedangkan kekurangan dari bahan ini adalah harganya yang relatif mahal dan agak sulit untuk memantau jumlah beras yang tersisa. Selain itu, jika tempat beras sempat terjatuh maka lapisan porselennya dapat terkelupas dan lapisan yang terkelupasnya dapat berkarat jika terkena air.

Karakteristik tempat beras dari bahan timah

Karakteristik tempat beras dari bahan timah

Tempat beras dari timah sudah mengalami banyak modifikasi sehingga memungkinkan untuk diletakkan di tempat yang lembap. Tempat beras dengan bahan timah juga umumnya dilengkapi dengan pegangan sehingga mudah untuk dipindah-pindahkan.

Namun, bahan ini biasanya lemah terhadap benturan yang kuat yang dapat menyebabkan tempat beras mengalami deformasi atau berubah bentuk.

10 Rekomendasi tempat beras terbaik

Berikut kami rekomendasikan 10 tempat beras terbaik yang dapat Anda pilih untuk digunakan di rumah Anda. Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan dekorasi rumah Anda.

10. Rice Tin Box

10. Rice Tin Box

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 350.000

Warna pink yang cocok untuk dekorasi ala shabby chic

Pencinta dekorasi rumah shabby chic pasti akan sangat menyukai tempat beras ini. Bentuknya yang imut-imut dan warnanya yang lembut, pasti akan menambah keindahan dapur Anda. Sendok untuk menakar berasnya pun sudah disediakan dengan warna yang sama.

Bahan yang digunakan cukup tebal, dan kapasitas tempatnya pun cukup besar. Anda dapat menyimpan hingga 5 kg beras di dalamnya. Pegangan yang ada pada pinggir kanan kiri dan bagian tutupnya memudahkan Anda untuk memindahkan tempat beras sesuai keinginan. Namun karena tidak ada bagiannya yang transparan, Anda hanya bisa mengetahui berapa stok beras yang masih tersisa dengan melihat ke dalamnya saja.

9. Lock & Lock HPL500

9. Lock & Lock HPL500

 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 175.000

Tempat beras yang cocok untuk dibawa ketika berkemah

Tempat beras berkapasitas 5 kg ini sangat cocok untuk dibawa ketika Anda ingin berkemah. Bisa juga digunakan ketika Anda akan menginap sekeluarga di villa selama 2-3 hari dan ingin memasak nasi sendiri, tempat beras ini akan sangat membantu. Tempatnya yang kecil dan juga dilengkapi dengan roda, memudahkan untuk mobilisasi ketika dibawa kemana-mana.

Ketika Anda ingin mengambil beras dengan gelas takar yang sudah disediakan, tutupnya dapat Anda buka semua sehingga ruang gerak lebih luas. Selain itu, karet segel penguncinya dapat menutup tempat penyimpanan dengan rapat, sehingga beras tetap bersih terhindar dari debu dan serangga.

8. Loloky LRB-28

8. Loloky LRB-28

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 504.000

Si biru yang tahan hama dan serangga

Produk ini sangat berbeda dengan tempat beras kebanyakan karena mengusung warna biru pada bagian depannya. Bagi Anda yang menyukai warna biru, pasti akan langsung jatuh cinta ketika melihat produk ini. Produk ini cocok diletakkan pada dapur Anda yang bernuansa laut atau mayoritas barang lainnya berwarna biru.

Si biru ini juga memiliki desain yang kokoh, sehingga tahan terhadap karat dan juga anti penyok. Selain itu, tikus dan serangga lainnya pun sudah pasti tidak dapat menjangkau beras Anda. Beras Anda akan aman, tahan lama, dan juga terjaga rasanya ketika diletakkan dalam tempat beras ini.

 7. Lock & Lock HPL 510

7. Lock & Lock HPL 510

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 390.000

Tempat beras transparan bersegel silikon

Tempat beras ini menggunakan bahan polypropilene yang telah teruji keamanannya karena bebas BPA (Bisphenol A). Penggunaan bahan polypropilene menjadikan produk ini transparan di setiap bagiannya, sangat unik dan cantik, cocok untuk ditempatkan di dapur rumah Anda yang bergaya modern. Desainnya yang transparan juga membuat Anda dapat selalu memantau ketersediaan beras.

Bagian tutupnya disegel menggunakan segel silikon, sehingga tempat penyimpanan akan selalu terjaga dari serangga dan juga udara lembap. Tutupnya yang dapat dilepas semuanya, membuat Anda dapat menuangkan beras dengan mudah. Hanya saja Anda harus memastikan stok beras sebelumnya sudah habis, karena jika tidak, beras yang lama akan tertimpa oleh stok yang baru dan beras yang lama tersebut dapat berkurang kualitasnya.

 6. Cosmos Rice Box Bio 12

 6. Cosmos Rice Box Bio 12

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 350.000

Desain modern dengan daya tampung 12 kg

Jika Anda biasa membeli beras sebanyak 10 kg untuk membuat stok yang cukup untuk keperluan selama 2 minggu bagi keluarga Anda, maka tempat beras berikut ini cocok untuk Anda. Tempat beras ini memiliki daya tampung sebesar 12 kg. Sehingga, jika masih ada sisa sedikit dari stok sebelumnya, Anda tetap dapat menuang beras yang baru ke dalam.

Selain kapasitasnya yang sesuai, desainnya pun cukup modern. Dengan menggunakan teknologi pelapisan serbuk (powder coating), produk ini menjadi lebih halus dan tahan karat. Tutupnya yang sangat rapat pun membuat tempat beras ini menjadi kedap udara, dan membuat beras menjadi lebih tahan lama.

5. Tupperware Rice Smart Dispenser

5. Tupperware Rice Smart Dispenser

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 413.000

Si cantik yang simple dan praktis

Merek kesayangan para Ibu ini memiliki produk tempat beras yang sangat cantik. Dengan warna putih yang dominan pada bagian badan serta warna merah pada bagian tutup dan tempat penarikan berasnya, membuat tempat beras ini dapat mempercantik penampilan dapur Anda.

Tempat beras dari bahan plastik ini cocok untuk para Ibu muda yang serba simple dan praktis. Desainnya yang ramping dan modern membuat tempat beras ini dapat diletakkan di mana saja bahkan di tempat yang sempit sekalipun. Namun, meski ramping, tempat beras ini dapat menyimpan hingga 10 kg beras, persediaan yang cukup untuk 2-3 minggu.

4. Saga Lunar Rice Box SRB 28

4. Saga Lunar Rice Box SRB 28

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 229.000

Tempat beras yang dilengkapi dengan pengukur waktu

Seringkali orang suka lupa kapan terkahir kali mereka membeli beras, apakah Anda salah satunya? Dengan menggunakan tempat beras ini, masalah tersebut kini dapat diatasi. Pada bagian tengah, terdapat lingkaran yang mencantumkan angka 1-12 yang menandakan bulan dan masing-masing angka diberikan 4 strip yang menandakan minggu. Anda dapat memutar lingkaran tersebut tepat pada saat Anda membeli beras yang baru.

Dengan adanya pengukur waktu tersebut, Anda juga dapat mengetahui berapa lama habisnya stok beras Anda. Jika terlalu cepat, maka Anda dapat menambahkan jumlah beras yang harus dibeli, atau jika terlalu lama, maka Anda perlu mengurangi jumlah beras yang dijadikan stok agar beras tetap terjaga dari segi rasa dan kualitasnya.

3. Miyako Rice Box TB-38

3. Miyako Rice Box TB-38

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 260.000

Tempat beras yang dapat dikunci dengan 3 pilihan takaran beras

Produk tempat beras dari Miyako ini memiliki keunggulan sistem lock pada bagian bawahnya. Hal ini cukup membantu untuk Anda yang memiliki anak kecil. Karena Anda tidak perlu khawatir anak Anda akan menelan beras yang masih mentah, atau beras akan tumpah ke lantai karena dimainkan si kecil ketika Anda tidak berada di dekat mereka.

Tempat beras dengan kapasitas 40 kg ini dilengkapi dengan 3 pilihan tombol takaran. Ketika ada acara di rumah dan Anda ingin memasak nasi dalam jumlah yang banyak, maka takaran yang besar akan menghemat waktu Anda ketika mengambil beras. Ketika Anda hanya ingin memasak sedikit nasi, takaran yang kecil akan sangat membantu.

2. Maspion Rice Box MRD 12

2. Maspion Rice Box MRD 12

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 189.000

Harga ekonomis, beras higienis

Produk yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang sedang mencari tempat beras dengan harga yang relatif murah. Dengan harga kurang dari dua ratus ribu, Anda sudah mendapatkan tempat beras yang bahkan dapat menampung hingga 12 kg. Hal ini tentu akan sangat membantu untuk para keluarga muda yang baru mulai berumah tangga.

Meskipun harganya murah, tapi kualitasnya tetap terjamin. Bahannya yang tebal dan tutupnya yang rapat dapat menahan serangga dan hama untuk masuk. Selain itu, dengan sistem first in first out yang diusung, beras yang akan keluar lebih dulu adalah beras yang sudah tersimpan lebih lama, sehingga rasa dan kualitas beras akan selalu terjaga.

1. Cosmos Rice Box Fifo 38

1. Cosmos Rice Box Fifo 38

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 370.000

Tempat beras berkapasitas besar untuk keluarga besar

Apakah keluarga Anda merupakan keluarga besar yang terdiri dari 6-7 orang anggota keluarga? Tentu Anda perlu untuk membuat stok beras dengan jumlah yang cukup banyak agar Anda tidak perlu membeli beras setiap 3-4 hari sekali. Stok beras yang banyak tentu membutuhkan tempat beras yang juga besar. Cosmos Rice Box yang berkapasitas 38 kg ini akan sangat cocok untuk keluarga Anda.

Tempat beras ini juga dilengkapi dengan roda, sehingga meski isinya banyak dan berat, tempat beras ini tetap dapat dipindahkan dengan mudah. Materialnya pun terbuat dari bahan plastik ABS (Akrilonitril butadiena stiren) yang aman dan telah teruji baik kualitas maupun kekuatannya.

Kesimpulan

Cukup banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika ingin membeli tempat beras, seperti tempat beras yang sesuai dengan dekorasi rumah Anda, atau berapa stok beras yang ingin disimpan.

Tempat beras yang baik akan menunjang rasa dari nasi yang akan Anda konsumsi. Selain itu, tempat beras yang tepat juga dapat mempercantik rumah Anda. Jadi, tempat beras yang mana yang menjadi pilihan Anda?