10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Tempat beras berfungsi untuk menjaga beras agar tetap bersih serta bebas dari serangga dan debu. Namun, tahukah Anda bahwa tempat beras memiliki desain, material, dan ukuran yang berbeda-beda? Hal ini tentu akan membingungkan saat Anda hendak memilih produk yang pas untuk rumah Anda.

Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih tempat beras yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik dari merek ternama, seperti Tupperware, Cosmos, Lock & Lock, dan sebagainya. Mari simak secara saksama!

Daftar isi

Keuntungan memakai tempat beras

Keuntungan memakai tempat beras

Tempat beras sangat bermanfaat untuk menyimpan beras segera setelah Anda membelinya. Mungkin masih ada sebagian orang yang tidak menggunakan tempat penyimpanan beras secara khusus dan hanya meletakkannya di plastik atau karung beras. Hal tersebut tidaklah salah, tetapi beras akan lebih mudah tercecer dan ada kemungkinan rasanya akan berubah.

Lubang kecil yang terdapat pada plastik atau karung beras membuat udara lebih mudah masuk ke dalam. Ketika udara masuk, beras akan teroksidasi sehingga menjadi kering dan retak. Di sisi lain, bila kelembapan ruangan cukup tinggi, jamur juga dapat tumbuh pada beras.

Dengan memakai tempat beras, Anda dapat menyimpan beras tanpa khawatir hal-hal di atas terjadi. Jadi, silakan gunakan tempat beras untuk menjaga kualitas dan rasa beras Anda.

Cara memilih tempat beras

Setiap rumah tangga memiliki kebutuhan beras dalam jumlah yang beragam sehingga tempat beras yang diperlukan tentu berbeda. Kami akan memperkenalkan beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam memilih tempat beras, mulai dari ukuran hingga material.

Pilih berdasarkan tempat penyimpanannya, paling ideal adalah di dalam kulkas

Pilih berdasarkan tempat penyimpanannya, paling ideal adalah di dalam kulkas

Hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam memilih tempat beras adalah lokasi penyimpanan. Lokasi tersebut haruslah terhindar dari sinar matahari dan sejuk dengan suhu sekitar 15°C. Untuk itu, lokasi penyimpanan di dalam kulkas merupakan tempat yang paling ideal. Namun, jika suhu di rumah Anda tidak terlalu tinggi, Anda tidak harus menyimpannya di dalam kulkas.

Namun, perhatikanlah agar Anda tidak menyimpan tempat beras di bawah wastafel karena tempat tersebut selalu lembap. Anda juga tidak harus menyimpan beras di area dapur selama lokasi penyimpanannya adalah tempat yang terhindar dari sinar matahari, suhu tinggi, dan kelembapan tinggi. Untuk itu, Anda bisa memilih tempat beras yang memiliki gagang atau roda agar Anda mudah memindahkan atau membawanya ke dapur.

Pilih kapasitas sesuai jumlah kebutuhan beras

Pilih kapasitas sesuai jumlah kebutuhan beras

Ada berbagai macam ukuran beras mulai dari 2 kg hingga 30 kg sehingga penting untuk menyesuaikan tempat beras dengan jumlah beras yang biasanya Anda beli. Jika Anda biasanya membeli beras berukuran 5 kg, tempat penyimpanan beras dengan ukuran 2 kg tentu tidak akan cukup.

Jika Anda biasa membeli beras lebih dari 10 kg dan ingin menyimpannya di kulkas, disarankan untuk membeli beberapa tempat beras yang masing-masing dapat memuat 2-3 kg. Dengan begitu, Anda dapat menyimpannya secara terpisah.

Pilih bahan sesuai tujuan penggunaannya

Tempat penyimpanan beras terbuat dari bahan yang bervariasi. Jika Anda meletakkannya di luar kulkas, Anda dapat memilih tempat beras yang menggunakan bahan dan memiliki desain sesuai dengan interior dapur Anda. Silakan perhatikan keunggulan material yang digunakan, lalu pilih yang paling sesuai untuk Anda.

Bahan plastik : Praktis dan mudah dibersihkan

Bahan plastik : Praktis dan mudah dibersihkan

Tempat beras berbahan plastik memiliki karakteristik ringan dan tingkat keawetan sedang. Material ini mudah dibersihkan serta Anda dapat memantau jumlah beras yang tersisa. Tempat beras berbahan plastik sangat cocok untuk Anda yang mementingkan kepraktisan dan kemudahan penggunaan.

Namun, bahan plastik memiliki desain yang kurang menarik sehingga lebih baik diletakkan pada tempat yang tidak terlihat, seperti di dalam lemari dapur. Anda juga tidak dapat meletakkannya pada tempat dengan kelembapan tinggi karena tempat beras dari plastik umumnya tidak terlalu rapat.

Bahan kayu Paulownia : Bahan alami untuk mengontrol kelembapan dan antiserangga

Bahan kayu Paulownia : Bahan alami untuk mengontrol kelembapan dan antiserangga

Tempat beras dari bahan kayu Paulownia memanfaatkan karakteristik kayu alami, yaitu dapat menjaga kelembapan secara konstan. Bahan ini bekerja dengan menghilangkan kelembapan yang tidak diperlukan di dalam kotak sehingga kualitas beras tetap terjaga dengan baik dan mencegah munculnya jamur.

Bahan kayu Paulownia memiliki efek insektisida yang dapat mencegah menempelnya serangga pada beras. Selain itu, bahan ini juga dapat memberikan kesan mewah saat diletakkan pada dapur Anda. Namun, tempat beras dari bahan ini lebih berat, sulit dibersihkan, serta lebih sulit untuk mengetahui jumlah beras yang tersisa.

Bahan kaca : Desain seperti tabung, berkerapatan tinggi, dan modis

Bahan kaca : Desain seperti tabung, berkerapatan tinggi, dan modis

Tempat beras berbahan kaca sangat rapat sehingga dapat diletakkan pada tempat dengan kelembapan tinggi, seperti di bawah wastafel. Bahan kaca juga dapat memudahkan Anda dalam membersihkan, mencuci, dan melihat jumlah beras yang tersisa. Modelnya yang menarik menjadikan tempat beras berbahan kaca dapat diletakkan di mana saja untuk mempercantik ruangan dapur Anda.

Hanya saja, tempat beras dari bahan kaca mudah retak atau pecah jika terjatuh sehingga Anda harus menyimpannya dengan hati-hati. Berhubung produk seperti ini tidak cocok untuk dipindah-pindah, kami merekomendasikannya untuk Anda yang suka menyimpan beras di area dapur. Meski demikian, produk berbahan ini masih cukup sulit ditemui di pasaran karena orang Indonesia jarang menyimpan beras dalam wadah kaca.

Bahan enamel : Tahan goresan, berdesain cantik, dan tidak mentransfer bau

Bahan enamel : Tahan goresan, berdesain cantik, dan tidak mentransfer bau

Tempat beras dari enamel memiliki karakteristik tahan terhadap goresan, kotoran, dan tidak menyebarkan bau. Selain itu, tempat beras berbahan enamel mampu menahan sinar matahari dengan baik sehingga dapat diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari tanpa khawatir beras akan rusak. Bahan ini juga termasuk tipe serbaguna karena modis, tahan lama, dan mudah dibersihkan meski sayangnya produk seperti ini masih jarang ditemui di Indonesia.

Jika ingin mencegah kelembapan, Anda dapat memasang penutup yang tersedia pada bagian dalam tempat beras. Namun, hal ini sangat bergantung pada produsen masing-masing karena ada juga produk yang tidak dilengkapi penutup bagian dalam. Jadi, silakan periksa mengenai hal ini dengan saksama.

Bahan timah : Dapat menahan sinar matahari sehingga bisa diletakkan di mana saja

Bahan timah : Dapat menahan sinar matahari sehingga bisa diletakkan di mana saja

Tempat beras dari bahan timah sudah mengalami banyak modifikasi, seperti lebih rapat dan mampu menahan sinar matahari. Biasanya tempat beras dari bahan ini cukup praktis sehingga memungkinkan untuk diletakkan di mana saja. Tempat beras dengan bahan timah juga umumnya dilengkapi dengan pegangan atau roda untuk memudahkan saat dipindah-pindah. Namun, bahan ini lemah terhadap benturan dan mudah berubah bentuk saat terbentur, jadi berhati-hatilah terhadap hal ini.

Pilih yang memiliki skala ukur agar mudah dipakai tanpa gelas takar

Pilih yang memiliki skala ukur agar mudah dipakai tanpa gelas takar

Banyak orang yang menggunakan gelas takar saat mengambil beras dari tempat penyimpanan beras. Namun, tidak semua tempat beras dilengkapi dengan gelas takar. Untuk itu, kami sarankan Anda memilih tempat beras yang sudah dilengkapi dengan gelas takar. Namun, jika tempat beras Anda telah memiliki skala ukur, Anda bisa mengetahui sisa beras dalam sekejap dan dapat mengambil jumlah beras yang diinginkan tanpa menggunakan gelas ukur.

Pilih yang memiliki takaran otomatis agar mudah dipakai tanpa repot

Pilih yang memiliki takaran otomatis agar mudah dipakai tanpa repot

Jenis ini merupakan salah satu tempat beras yang nyaman digunakan karena dapat mengeluarkan jumlah beras yang diinginkan hanya dengan menekan sebuah tombol. Anda tidak akan kesulitan menakar jumlah beras, jadi siapapun dapat menggunakannya dengan mudah.

Namun, tempat beras dengan jenis ini biasanya memiliki desain yang praktis sehingga Anda akan cukup sulit menemukan produk dengan tampilan cantik. Anda bisa meletakkannya di tempat yang tidak mencolok. Di sisi lain, bila Anda hendak menyimpannya di tempat yang mungkin dapat terlihat oleh tamu, Anda bisa meletakkan tempat beras tersebut di lemari karena desainnya yang praktis.

10 Rekomendasi tempat beras terbaik

Berikut kami rekomendasikan 10 tempat beras terbaik yang dapat Anda pilih untuk digunakan di rumah. Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan dekorasi rumah Anda.

10. Rice Tin Box

10. Rice Tin Box

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 300.000

Warna pink yang cocok untuk dekorasi ala shabby chic

Bagi Anda pencinta dekorasi rumah shabby chic, pasti akan sangat menyukai tempat beras pilihan kami satu ini! Dengan bentuk imut dan warna yang lembut, produk ini akan menambah keindahan dapur Anda. Adanya gelas takar dan gagang pada sisi produk juga akan semakin memudahkan Anda dalam memakai tempat beras ini.

Material Timah
Kapasitas ± 6 kg
Ukuran 23,5 x 26 cm

9. Tempat Beras Kayu

9. Tempat Beras Kayu

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 369.600

Produk ramah lingkungan yang ampuh atasi hama dan serangga

Untuk Anda yang menyukai dekorasi bertema natural, produk berbahan kayu ini adalah pilihan tepat! Selain ramah lingkungan, penggunaan kayu Paulownia secara alami dapat mencegah hama dan serangga agar tidak menempel pada beras. Apalagi, tempat beras ini telah dilengkapi gelas takar mungil berbahan kayu yang akan menambah keunikannya.

Material Kayu Paulownia
Kapasitas 5 kg, 10 kg, dan 15 kg
Ukuran 5 kg = 29 x 24 x 20 cm; 10 kg = 36 x 28,5 x 24; 15 kg = 42 x 33 x 26 cm

8. Loloky LRB-28

8. Loloky LRB-28

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 325.000

Desainnya kokoh, antikarat, dan mudah dipindah-pindah!

Meski terbuat dari plastik, produk ini memiliki desain yang kokoh sehingga tahan terhadap karat dan tidak mudah penyok. Tentunya pas untuk Anda yang mencari tempat beras berbobot ringan, tetapi tidak ingin mengabaikan kualitas. Kemudian, adanya roda juga akan semakin memudahkan Anda saat hendak memindahkan tempat beras ini.

Material Plastik
Kapasitas 28 kg
Ukuran Tidak disebutkan

7. Lock & Lock Classic Food Container HPL510

7. Lock & Lock Classic Food Container HPL510

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 378.000

Segel silikon untuk menjaga kelembapan tempat beras

Penggunaan bahan polypropylene yang tahan terhadap suhu dingin menjadikan produk ini sangat pas untuk Anda yang menyimpan beras di dalam kulkas. Desainnya yang transparan juga memudahkan Anda dalam memantau ketersediaan beras di rumah.

Bagian tutupnya disegel menggunakan silikon sehingga tempat beras kedap udara serta selalu terjaga dari serangga dan suhu lembap. Produk ini juga dilengkapi dengan gelas takar berukuran 200 ml untuk memudahkan Anda saat menakar beras yang dibutuhkan.

Material Polypropylene
Kapasitas ± 9 kg / 12 liter
Ukuran 22 cm x 33,4 cm x 26,5 cm

6. Cosmos Rice Box Bio 12

6. Cosmos Rice Box Bio 12

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 245.500

Desain modern dengan daya tampung 12 kg

Dengan desain yang modern dan menggunakan sistem first in first out, produk ini memungkinkan Anda untuk mengonsumsi beras dari stok awal sehingga kualitas beras lebih terjaga. Produk ini pas untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu atau tidak ingin repot memilah beras baru dan lama.

Penggunaan teknologi pelapisan serbuk (powder coating), membuat produk ini menjadi lebih halus dan tahan karat sehingga akan memiliki masa pakai lebih panjang. Tutupnya yang rapat pun membuat tempat beras ini menjadi kedap udara dan beras lebih tahan lama.

Material Besi
Kapasitas 12 kg
Ukuran 22,5 x 37 x 46 cm

5. Tupperware Rice Smart

5. Tupperware Rice Smart

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 315.000

Tampilkan kesan modern dan bersih pada dapur

Dengan warna teduh dan tampilan sleek, tempat beras dari Tupperware ini sangat cocok untuk memberi kesan modern dan bersih pada dapur Anda. Selain itu, desainnya yang ramping membuat produk ini dapat diletakkan di mana saja, bahkan di tempat yang sempit sekalipun.

Tidak seperti produk lain yang menggunakan gelas takar, produk ini memanfaatkan slider yang secara otomatis dapat menakar beras sebanyak 150 gram pada setiap tarikannya. Sangat pas untuk Anda yang menginginkan segalanya serba simple dan praktis, bukan?

Material Plastik
Kapasitas 10 kg
Ukuran 39,2 cm x 18,8 cm x 37,8 cm

4. Saga Lunar Rice Box SRB 28

4. Saga Lunar Rice Box SRB 28

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 246.000

Sudah dilengkapi pengukur waktu, tidak lupa lagi waktu terakhir kali membeli beras

Jika Anda termasuk orang yang sering lupa kapan terakhir kali membeli beras, produk ini adalah solusinya! Lingkaran pada bagian tengah yang menunjukkan bulan dan minggu dapat Anda putar dan atur saat baru saja membeli beras. Selain itu, ruangan yang kedap udara menjadikan produk ini dapat melindungi beras agar bebas dari jamur dan bau apek.

Material Tidak disebutkan
Kapasitas ± 25 kg / 28 liter
Ukuran 36 x 28 x 70 cm

3. Miyako Rice Box TB-38

3. Miyako Rice Box TB-38

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 265.000

3 pilihan takaran beras untuk berbagai kebutuhan

Tempat beras dari Miyako ini memiliki sistem lock pada bagian bawahnya untuk menghindari beras tumpah ke lantai. Sangat cocok untuk Anda yang memiliki balita usia aktif dan sering bermain di area dapur! Tentunya Anda tidak perlu khawatir lagi anak Anda akan menumpahkan beras secara tidak sengaja.

Tempat beras ini juga dilengkapi dengan 3 pilihan tombol takaran yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan. Jadi, Anda dapat menghemat waktu dan tidak perlu kerepotan untuk mengambil beras saat ingin memasak nasi, baik untuk jumlah banyak maupun sedikit.

Material Plastik
Kapasitas 38 kg
Ukuran 37 x 31,7 x 34,8 cm

2. Maspion Rice Box MRD 12

2. Maspion Rice Box MRD 12

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 153.500

Harga ekonomis dengan kapasitas besar

Jika Anda membutuhkan tempat beras berkapasitas lebih dari 10 kg dengan harga terjangkau, produk ini adalah jawabannya! Produk ini tentu akan sangat membantu untuk para keluarga muda yang baru mulai berumah tangga. Dengan lubang entry beras yang lebar, Anda pun akan lebih mudah dan nyaman saat memasukkan beras ke dalam tempat ini.

Material Plastik
Kapasitas 12 kg
Ukuran 28 x 21 x 43 cm

1. Cosmos Rice Box FIFO-38

1. Cosmos Rice Box FIFO-38

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 400.000

Kapasitas besar untuk menjaga kebutuhan beras seluruh keluarga

Jika jumlah anggota keluarga Anda tergolong banyak, berkisar 6-8 orang, tempat beras berkapasitas besar ini merupakan opsi yang tepat! Meski tampilannya terlihat berat dan besar, produk ini dilengkapi dengan roda sehingga mudah untuk dipindahkan. Lalu, penggunaan besi sebagai material pun menjadikan produk ini kokoh dan efektif untuk menghalau tikus.

Material Besi
Kapasitas 38 kg
Ukuran 110 x 60 x 85 cm

Baca juga rekomendasi beras organik di sini

Setelah memiliki tempat beras yang tepat, Anda pasti juga ingin mengisinya dengan beras berkualitas demi kesehatan Anda dan keluarga. Bila Anda ingin kualitas beras lebih terjaga, Anda bisa memilih beras organik. Ingin tahu lebih jauh? Anda bisa membacanya pada artikel berikut ini.

Kesimpulan

Cukup banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika ingin membeli tempat beras, seperti tempat beras yang sesuai dengan dekorasi rumah Anda atau jumlah stok beras yang ingin disimpan.

Tempat beras yang baik akan menunjang rasa dari nasi yang akan Anda konsumsi. Selain itu, tempat beras yang tepat juga dapat mempercantik rumah Anda. Jadi, tempat beras yang mana yang menjadi pilihan Anda?