• 10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Tempat beras berfungsi untuk menjaga beras agar tetap bersih serta bebas dari serangga dan debu. Namun, tahukah Anda bahwa tempat beras memiliki desain, material, dan ukuran yang berbeda-beda? Hal ini tentu akan membingungkan saat Anda hendak memilih produk yang pas untuk rumah Anda.

Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih tempat beras yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik dari merek ternama, seperti Tupperware, Cosmos, Lock & Lock, dan sebagainya. Mari simak secara saksama!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 7.642 Views
Daftar isi

Keuntungan memakai tempat beras

Keuntungan memakai tempat beras
Tempat beras sangat bermanfaat untuk menyimpan beras segera setelah Anda membelinya. Mungkin masih ada sebagian orang yang tidak menggunakan tempat penyimpanan beras secara khusus dan hanya meletakkannya di plastik atau karung beras. Hal tersebut tidaklah salah, tetapi beras akan lebih mudah tercecer dan ada kemungkinan rasanya akan berubah.
Lubang kecil yang terdapat pada plastik atau karung beras membuat udara lebih mudah masuk ke dalam. Ketika udara masuk, beras akan teroksidasi sehingga menjadi kering dan retak. Di sisi lain, bila kelembapan ruangan cukup tinggi, jamur juga dapat tumbuh pada beras.
Dengan memakai tempat beras, Anda dapat menyimpan beras tanpa khawatir hal-hal di atas terjadi. Jadi, silakan gunakan tempat beras untuk menjaga kualitas dan rasa beras Anda.

Cara memilih tempat beras

Setiap rumah tangga memiliki kebutuhan beras dalam jumlah yang beragam sehingga tempat beras yang diperlukan tentu berbeda. Kami akan memperkenalkan beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam memilih tempat beras, mulai dari ukuran hingga material.

Pilih berdasarkan tempat penyimpanannya, paling ideal adalah di dalam kulkas

Pilih berdasarkan tempat penyimpanannya, paling ideal adalah di dalam kulkas
Hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam memilih tempat beras adalah lokasi penyimpanan. Lokasi tersebut haruslah terhindar dari sinar matahari dan sejuk dengan suhu sekitar 15°C. Untuk itu, lokasi penyimpanan di dalam kulkas merupakan tempat yang paling ideal. Namun, jika suhu di rumah Anda tidak terlalu tinggi, Anda tidak harus menyimpannya di dalam kulkas.
Namun, perhatikanlah agar Anda tidak menyimpan tempat beras di bawah wastafel karena tempat tersebut selalu lembap. Anda juga tidak harus menyimpan beras di area dapur selama lokasi penyimpanannya adalah tempat yang terhindar dari sinar matahari, suhu tinggi, dan kelembapan tinggi. Untuk itu, Anda bisa memilih tempat beras yang memiliki gagang atau roda agar Anda mudah memindahkan atau membawanya ke dapur.

Pilih kapasitas sesuai jumlah kebutuhan beras

Pilih kapasitas sesuai jumlah kebutuhan beras
Ada berbagai macam ukuran beras mulai dari 2 kg hingga 30 kg sehingga penting untuk menyesuaikan tempat beras dengan jumlah beras yang biasanya Anda beli. Jika Anda biasanya membeli beras berukuran 5 kg, tempat penyimpanan beras dengan ukuran 2 kg tentu tidak akan cukup.
Jika Anda biasa membeli beras lebih dari 10 kg dan ingin menyimpannya di kulkas, disarankan untuk membeli beberapa tempat beras yang masing-masing dapat memuat 2-3 kg. Dengan begitu, Anda dapat menyimpannya secara terpisah.

Pilih bahan sesuai tujuan penggunaannya

Tempat penyimpanan beras terbuat dari bahan yang bervariasi. Jika Anda meletakkannya di luar kulkas, Anda dapat memilih tempat beras yang menggunakan bahan dan memiliki desain sesuai dengan interior dapur Anda. Silakan perhatikan keunggulan material yang digunakan, lalu pilih yang paling sesuai untuk Anda.

Bahan plastik : Praktis dan mudah dibersihkan

Bahan plastik : Praktis dan mudah dibersihkan
Tempat beras berbahan plastik memiliki karakteristik ringan dan tingkat keawetan sedang. Material ini mudah dibersihkan serta Anda dapat memantau jumlah beras yang tersisa. Tempat beras berbahan plastik sangat cocok untuk Anda yang mementingkan kepraktisan dan kemudahan penggunaan.
Namun, bahan plastik memiliki desain yang kurang menarik sehingga lebih baik diletakkan pada tempat yang tidak terlihat, seperti di dalam lemari dapur. Anda juga tidak dapat meletakkannya pada tempat dengan kelembapan tinggi karena tempat beras dari plastik umumnya tidak terlalu rapat.

Bahan kayu Paulownia : Bahan alami untuk mengontrol kelembapan dan antiserangga

Bahan kayu Paulownia : Bahan alami untuk mengontrol kelembapan dan antiserangga
Tempat beras dari bahan kayu Paulownia memanfaatkan karakteristik kayu alami, yaitu dapat menjaga kelembapan secara konstan. Bahan ini bekerja dengan menghilangkan kelembapan yang tidak diperlukan di dalam kotak sehingga kualitas beras tetap terjaga dengan baik dan mencegah munculnya jamur.
Bahan kayu Paulownia memiliki efek insektisida yang dapat mencegah menempelnya serangga pada beras. Selain itu, bahan ini juga dapat memberikan kesan mewah saat diletakkan pada dapur Anda. Namun, tempat beras dari bahan ini lebih berat, sulit dibersihkan, serta lebih sulit untuk mengetahui jumlah beras yang tersisa.

Bahan kaca : Desain seperti tabung, berkerapatan tinggi, dan modis

Bahan kaca : Desain seperti tabung, berkerapatan tinggi, dan modis
Tempat beras berbahan kaca sangat rapat sehingga dapat diletakkan pada tempat dengan kelembapan tinggi, seperti di bawah wastafel. Bahan kaca juga dapat memudahkan Anda dalam membersihkan, mencuci, dan melihat jumlah beras yang tersisa. Modelnya yang menarik menjadikan tempat beras berbahan kaca dapat diletakkan di mana saja untuk mempercantik ruangan dapur Anda.
Hanya saja, tempat beras dari bahan kaca mudah retak atau pecah jika terjatuh sehingga Anda harus menyimpannya dengan hati-hati. Berhubung produk seperti ini tidak cocok untuk dipindah-pindah, kami merekomendasikannya untuk Anda yang suka menyimpan beras di area dapur. Meski demikian, produk berbahan ini masih cukup sulit ditemui di pasaran karena orang Indonesia jarang menyimpan beras dalam wadah kaca.

Bahan enamel : Tahan goresan, berdesain cantik, dan tidak mentransfer bau

Bahan enamel : Tahan goresan, berdesain cantik, dan tidak mentransfer bau
Tempat beras dari enamel memiliki karakteristik tahan terhadap goresan, kotoran, dan tidak menyebarkan bau. Selain itu, tempat beras berbahan enamel mampu menahan sinar matahari dengan baik sehingga dapat diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari tanpa khawatir beras akan rusak. Bahan ini juga termasuk tipe serbaguna karena modis, tahan lama, dan mudah dibersihkan meski sayangnya produk seperti ini masih jarang ditemui di Indonesia.
Jika ingin mencegah kelembapan, Anda dapat memasang penutup yang tersedia pada bagian dalam tempat beras. Namun, hal ini sangat bergantung pada produsen masing-masing karena ada juga produk yang tidak dilengkapi penutup bagian dalam. Jadi, silakan periksa mengenai hal ini dengan saksama.

Bahan timah : Dapat menahan sinar matahari sehingga bisa diletakkan di mana saja

Bahan timah : Dapat menahan sinar matahari sehingga bisa diletakkan di mana saja
Tempat beras dari bahan timah sudah mengalami banyak modifikasi, seperti lebih rapat dan mampu menahan sinar matahari. Biasanya tempat beras dari bahan ini cukup praktis sehingga memungkinkan untuk diletakkan di mana saja. Tempat beras dengan bahan timah juga umumnya dilengkapi dengan pegangan atau roda untuk memudahkan saat dipindah-pindah. Namun, bahan ini lemah terhadap benturan dan mudah berubah bentuk saat terbentur, jadi berhati-hatilah terhadap hal ini.

Pilih yang memiliki skala ukur agar mudah dipakai tanpa gelas takar

Pilih yang memiliki skala ukur agar mudah dipakai tanpa gelas takar
Banyak orang yang menggunakan gelas takar saat mengambil beras dari tempat penyimpanan beras. Namun, tidak semua tempat beras dilengkapi dengan gelas takar. Untuk itu, kami sarankan Anda memilih tempat beras yang sudah dilengkapi dengan gelas takar. Namun, jika tempat beras Anda telah memiliki skala ukur, Anda bisa mengetahui sisa beras dalam sekejap dan dapat mengambil jumlah beras yang diinginkan tanpa menggunakan gelas ukur.

Pilih yang memiliki takaran otomatis agar mudah dipakai tanpa repot

Pilih yang memiliki takaran otomatis agar mudah dipakai tanpa repot
Jenis ini merupakan salah satu tempat beras yang nyaman digunakan karena dapat mengeluarkan jumlah beras yang diinginkan hanya dengan menekan sebuah tombol. Anda tidak akan kesulitan menakar jumlah beras, jadi siapapun dapat menggunakannya dengan mudah.
Namun, tempat beras dengan jenis ini biasanya memiliki desain yang praktis sehingga Anda akan cukup sulit menemukan produk dengan tampilan cantik. Anda bisa meletakkannya di tempat yang tidak mencolok. Di sisi lain, bila Anda hendak menyimpannya di tempat yang mungkin dapat terlihat oleh tamu, Anda bisa meletakkan tempat beras tersebut di lemari karena desainnya yang praktis.

10 Rekomendasi tempat beras terbaik

Berikut kami rekomendasikan 10 tempat beras terbaik yang dapat Anda pilih untuk digunakan di rumah. Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan dekorasi rumah Anda.
MaterialTimah
Kapasitas± 6 kg
Ukuran23,5 x 26 cm

9. Tempat Beras Kayu

Rp 369.600,00

MaterialKayu Paulownia
Kapasitas5 kg, 10 kg, dan 15 kg
Ukuran5 kg = 29 x 24 x 20 cm; 10 kg = 36 x 28,5 x 24; 15 kg = 42 x 33 x 26 cm
MaterialPlastik
Kapasitas28 kg
UkuranTidak disebutkan
MaterialPolypropylene
Kapasitas± 9 kg / 12 liter
Ukuran22 cm x 33,4 cm x 26,5 cm
MaterialBesi
Kapasitas12 kg
Ukuran22,5 x 37 x 46 cm
MaterialPlastik
Kapasitas10 kg
Ukuran39,2 cm x 18,8 cm x 37,8 cm
MaterialTidak disebutkan
Kapasitas± 25 kg / 28 liter
Ukuran36 x 28 x 70 cm
MaterialPlastik
Kapasitas38 kg
Ukuran37 x 31,7 x 34,8 cm
MaterialPlastik
Kapasitas12 kg
Ukuran28 x 21 x 43 cm
MaterialBesi
Kapasitas38 kg
Ukuran110 x 60 x 85 cm

Baca juga rekomendasi beras organik di sini

Setelah memiliki tempat beras yang tepat, Anda pasti juga ingin mengisinya dengan beras berkualitas demi kesehatan Anda dan keluarga. Bila Anda ingin kualitas beras lebih terjaga, Anda bisa memilih beras organik. Ingin tahu lebih jauh? Anda bisa membacanya pada artikel berikut ini.

Kesimpulan

Cukup banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika ingin membeli tempat beras, seperti tempat beras yang sesuai dengan dekorasi rumah Anda atau jumlah stok beras yang ingin disimpan.
Tempat beras yang baik akan menunjang rasa dari nasi yang akan Anda konsumsi. Selain itu, tempat beras yang tepat juga dapat mempercantik rumah Anda. Jadi, tempat beras yang mana yang menjadi pilihan Anda?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Jenis wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.Kali ini kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik bagi Anda. Namun, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan dapur
    31.106 Views
  • 10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Hand mixer merupakan salah satu peralatan dapur yang memberi kemudahan untuk mengaduk adonan. Bahkan, banyak ibu yang menggunakannya untuk membuat MPASI si kecil. Berbagai produsen seperti Philips, KitchenAid, Kenwood, dan lainnya meluncurkan produk andalannya masing-masing dengan bermacam harga. Bingung harus pilih yang mana?Kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih hand mixer yang tepat. Lalu, tidak lupa kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Jangan sampai lewatkan ulasan tentang pemakaian hand mixer yang efektif di bagian akhir artikel. Simak selengkapnya dan berkreasilah dengan resep Anda!
    Peralatan dapur
    14.706 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Microwave oven merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membuat roti, kue, toast maupun kue kering. Berbeda dengan oven biasa, pemanasan makanan dengan microwave oven menggunakan gelombang mikro sehingga masakan matang lebih merata. Jika menggunakan oven biasa, masakan lebih matang di bagian pinggirnya.Beberapa merek microwave oven yang terkenal adalah Hitachi, Sharp dan Panasonic. Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa microwave oven dari berbagai merek ternama untuk dibandingkan kualitasnya. Simak ulasan berikut ini dan jadikan pertimbangan Anda sebelum membeli microwave oven.
    Peralatan dapur
    18.523 Views
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Food processor merupakan perkakas dapur multifungsi yang akan mempermudah tugas Anda saat menyiapkan makanan. Tak hanya untuk memotong sayuran dan buah, alat ini juga dapat menggiling daging, menumbuk aneka biji-bijian dan rempah, hingga menguleni adonan.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips tentang cara memilih food processor yang tepat untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan kegunaan food processor secara komprehensif, serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Philips, Oxone, Panasonic, dan merek lainnya. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    15.004 Views
  • 10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan adalah barang penting yang wajib ada di dapur untuk memasak. Oleh karena itu, di pasaran banyak tersedia set frying pan yang menjual beberapa buah sekaligus dalam satu setnya. Namun, banyaknya jenis frying pan dan harga yang ditawarkan dari berbagai merek, seperti IKEA, Oxone, atau Maxim mungkin membuat Anda bingung memilih yang terbaik.Pada kesempatan ini, kami akan memberikan Anda rekomendasi produk frying pan terbaik serta penjelasan mengenai jenis dan fungsi frying pan untuk membantu Anda memilih produk yang sesuai kebutuhan. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    13.271 Views
  • 10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Blender biasa digunakan untuk membuat jus dan menghaluskan makanan. Alat ini termasuk cukup sering digunakan di rumah. Model dan mereknya pun beragam, mulai dari Sharp, Philips, Oxone, dan merek lainnya. Anda mungkin bingung memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, artikel ini akan membahas cara memilih blender dan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Kami juga akan menjelaskan perbedaannya dengan juicer dan food processor. Langsung saja, ya!
    Peralatan dapur
    19.450 Views
  • 10 Rekomendasi Mangkuk Tahan Panas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mangkuk Tahan Panas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mangkuk mungkin bukanlah perlengkapan masak yang asing. Namun, tidak semua mangkuk bisa digunakan untuk makanan panas. Untuk memasak menggunakan pemanas seperti microwave atau oven, Anda memerlukan mangkuk tahan panas. Untungnya kini sudah tidak asing lagi menemukan mangkuk tahan panas di pasaran. Mangkuk tahan panas yang dijual oleh Pyrex atau Luminarc umumnya terbuat dari kaca yang stabil. Namun, ada juga yang berbahan dasar plastik dengan bobot ringan seperti produk milik IKEA. Kali ini kami akan memperkenalkan produk mangkuk tahan panas terbaik beserta cara memilihnya. Jadikan artikel ini referensi pilihan Anda, ya!
    Peralatan dapur
    119 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori