• 10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Tempat beras berfungsi untuk menjaga beras agar tetap bersih serta bebas dari serangga dan debu. Namun, tahukah Anda bahwa tempat beras memiliki desain, material, dan ukuran yang berbeda-beda? Ada tempat beras merek IKEA, berbahan plastik, antikutu, dan sebagainya.

Kali ini, kami akan menjelaskan tentang cara memilih tempat beras yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi dispenser/tempat terbaik merek Tupperware, Cosmos, Lion Star, dan Maspion. Mari simak secara saksama dan temukan tempat beras yang paling sesuai untuk Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 25 Juli 2022
Daftar isi

Keuntungan memakai tempat beras

Apakah Anda masih menggunakan kantung plastik atau karung sebagai wadah beras? Jika ya, sebaiknya Anda mengetahui bahwa lubang kecil pada kantung plastik dan karung dapat menurunkan kualitas beras. Lubang plastik atau karung dapat menjadi jalan masuk udara yang mengoksidasi beras serta membuatnya menjadi kering dan retak. Jika sudah demikian, tentu rasa nasinya juga akan berubah.


Selain itu, beras yang terpapar udara lembap juga mudah berjamur sehingga tidak awet. Hewan kecil, seperti semut dan kutu beras pun bisa dengan mudah masuk dan merusak beras Anda. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya beralih ke tempat menyimpan beras yang aman dan tertutup rapat.


Saat ini berbagai pilihan tempat penyimpanan beras tersedia di banyak toko. Ada tempat beras yang berupa dispenser hingga tempat beras anti kutu. Dengan menggunakan wadah khusus untuk menyimpan beras, kualitas beras untuk keluarga Anda pun dapat lebih terjaga.

Cara memilih tempat beras

Setiap rumah tangga memiliki kebutuhan beras dalam jumlah yang beragam sehingga tempat beras yang diperlukan tentu berbeda. Kami akan memperkenalkan beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam memilih tempat beras, mulai dari material hingga kapasitasnya.

Sesuaikan bahan dengan tujuan penggunaan

Tempat beras terbuat dari bahan yang bervariasi. Karena itu, perhatikan keunggulan material yang digunakan dan pilihlah yang sesuai dengan interior dapur Anda.

Bahan plastik, praktis dan mudah dibersihkan

Bahan plastik, praktis dan mudah dibersihkan

Tempat beras plastik memiliki karakteristik ringan dan tingkat keawetan sedang. Material ini tidak hanya mudah dibersihkan, tetapi Anda juga dapat memantau jumlah beras yang tersisa. Dahulu, wadah beras berbahan plastik didesain dengan kurang menarik. Namun, kini modelnya sudah berkembang dan banyak yang cocok untuk melengkapi interior dapur bergaya modern ataupun minimalis.


Anda juga tidak dapat menyimpannya di tempat dengan kelembapan tinggi. Hal tersebut dikarenakan tempat beras plastik umumnya tidak terlalu rapat. Kami merekomendasikan tempat beras plastik untuk Anda yang mementingkan kepraktisan dan kemudahan penggunaan.

Bahan kayu Paulownia, mengontrol kelembapan dan antiserangga

Bahan kayu Paulownia, mengontrol kelembapan dan antiserangga
Jika Anda mencari tempat beras anti kutu, pilihlah produk yang menggunakan kayu Paulownia. Tempat beras dari kayu Paulownia memiliki efek insektisida yang dapat mencegah menempelnya serangga pada beras. Bahan ini juga menghilangkan kelembapan di dalam kotak sehingga jamur tidak akan tumbuh.

Tempat beras berbahan kayu memberi kesan mewah saat diletakkan pada dapur Anda. Namun, tipe ini lebih berat, sulit dibersihkan, serta lebih sulit untuk mengetahui jumlah beras yang tersisa. Oleh karena itu, tidak heran tempat beras berbahan kayu jarang ditemukan di Indonesia.

Bahan kaca, modis dan kerapatannya tinggi

Bahan kaca, modis dan kerapatannya tinggi

Tempat beras kaca rapat sehingga dapat diletakkan pada tempat dengan kelembapan tinggi, seperti di bawah wastafel. Bahan kaca juga memudahkan Anda dalam membersihkan, mencuci, dan melihat jumlah beras yang tersisa. Berkat modelnya yang menarik dan aesthetic, Anda bisa meletakkannya di mana saja untuk mempercantik ruangan dapur.


Produk tipe ini juga mudah retak atau pecah jika terjatuh sehingga Anda harus menyimpannya dengan hati-hati. Berhubung produk ini tidak cocok untuk dipindah-pindah, kami merekomendasikannya untuk Anda yang suka menyimpan beras di dapur. Meskipun demikian, tipe ini sulit ditemui di pasaran karena orang Indonesia jarang menyimpan beras dalam wadah kaca.

Pastikan kapasitasnya sesuai jumlah kebutuhan beras

Pastikan kapasitasnya sesuai jumlah kebutuhan beras

Untuk memilih tempat penyimpanan beras yang pas, Anda perlu menyesuaikannya dengan kebiasaan berbelanja Anda. Pilih tempat menyimpan beras yang kapasitasnya mencukupi untuk menyimpan stok beras yang biasanya Anda beli. Umumnya, wadah beras di pasaran memiliki kapasitas bervariasi, mulai dari 2 kg hingga di atas 30 kg.


Wadah berkapasitas kecil cocok untuk Anda yang tinggal sendiri atau jarang memasak nasi di rumah. Sebaliknya, untuk keluarga besar dan gemar makan masakan rumah, tempat menyimpan beras yang besar tentu lebih pas. Yang pasti, pilihlah wadah yang mampu menampung stok beras dalam waktu yang lama tanpa mengurangi kualitasnya.

Pertimbangkan tempat penyimpanannya, paling ideal adalah di dalam kulkas

Pertimbangkan tempat penyimpanannya, paling ideal adalah di dalam kulkas

Hal lain yang harus dipertimbangkan dalam memilih tempat beras adalah lokasi penyimpanan. Lokasi penyimpanan tempat beras harus terlindung dari sinar matahari dan sejuk dengan suhu sekitar 15°C. Untuk itu, kulkas merupakan tempat yang paling ideal. Namun, jika suhu di rumah Anda tidak terlalu tinggi, Anda dapat menyimpannya di tempat lain.


Anda juga tidak harus menyimpan tempat beras di dapur. Anda dapat menyimpannya di ruangan lain selama ruangan tersebut sejuk, kering, dan teduh. Nah, jika Anda tidak menyimpan beras di dapur, ada baiknya memilih wadah penyimpanan beras yang memiliki roda agar lebih mudah untuk dipindahkan.

Cek keberadaan skala ukur atau takar otomatis agar mudah dipakai

Cek keberadaan skala ukur atau takar otomatis agar mudah dipakai

Anda pasti sudah biasa menakar sendiri beras yang akan Anda masak. Namun, memiliki dispenser beras dengan sistem takar otomatis tentu lebih praktis. Beberapa produk dispenser beras bahkan memiliki lebih dari satu ukuran takar. Dengan begitu, Anda lebih mudah menyesuaikan takaran beras dengan kebutuhan memasak yang berbeda.


Ada pula wadah beras yang konvensional dan dilengkapi gelas takar. Pilih saja produk dengan sistem takaran otomatis atau konvensional sesuai kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi tempat beras terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tempat beras terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 22 Juli 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Sunxin Dispenser Beras 8259 memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Miyako Rice Box TB-38 yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 5 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

10

LocknLockFlip-Top Rice Caddy for 10kg Rice

HPL510

Mulai dari Rp 239.900,00

MaterialPolypropylene
Kapasitas10 kg (12 L)
Ukuran22 cm x 33,4 cm x 26,5 cm
Metode takarGelas takar
9

CosmosSarana Penyimpan Beras 38 kg

38-FIFO

Mulai dari Rp 364.900,00

MaterialBesi
Kapasitas38 kg
Ukuran110 cm x 60 cm x 85 cm
Metode takarTidak ada
8
MaterialPlastik
Kapasitas10 kg
Ukuran39,2 cm x 18,8 cm x 37,8 cm
Metode takarSlider 150 g
7
MaterialPlastik
Kapasitas12 kg
Ukuran28 cm x 21 cm x 43 cm
Metode takarSlider 150 g
6

ALOBONRotating Rice & Grain Dispenser

ARD-1210

Mulai dari Rp 499.000,00

MaterialPlastik PP
Kapasitas±9,6 kg (12 L)
Ukuran24 cm x 27 cm
Metode takarSlider dengan skala ukur
5
MaterialPlastik
Kapasitas38 kg
Ukuran37 cm x 31,7 cm x 34,8 cm
Metode takarTombol pengaturan
4

KatoMultipurpose Food Container

Mulai dari Rp 62.000,00

MaterialPlastik
Kapasitas0,88 kg, 1,4 kg, dan 1,8 kg
Ukuran0,88 kg: 12,6 cm x 7,7 cm x 17,5 cm・1,4 kg: 12,6 cm x 7,7 cm x 24 cm・1,8 kg: 12,6 cm x 7,7 cm x 29,6 cm
Metode takarGelas takar
3
MaterialTidak disebutkan
Kapasitas28 kg
UkuranTidak disebutkan
Metode takarTombol pengaturan
2

Lion StarOriza Rice Box 6.5 kg

RB-16

Mulai dari Rp 50.900,00

MaterialTidak disebutkan
Kapasitas6,5 kg
Ukuran30,5 cm x 19,5 cm x 21 cm
Metode takarGelas takar
1
MaterialPlastik ABS, PP
Kapasitas5 kg dan 10 kg
Ukuran5 kg: 27,5 cm x 22,5 cm x 20,5 cm・10 kg: 39,5 cm x 19,5 cm x 26,5 cm
Metode takarGelas takar

Tabel perbandingan produk tempat beras terbaik

Gambar produk
1
Sunxin Dispenser Beras 1

Sunxin

2
Lion Star Oriza Rice Box 6.5 kg 1

Lion Star

3
Maspion Rice Box 1

Maspion

4
Kato Multipurpose Food Container 1

Kato

5
Miyako  Rice Box 1

Miyako

6
ALOBON Rotating Rice & Grain Dispenser 1

ALOBON

7
Maspion Rice Box (12 kg) 1

Maspion

8
Tupperware Rice Smart 1

Tupperware

9
Cosmos Sarana Penyimpan Beras 38 kg 1

Cosmos

10
LocknLock Flip-Top Rice Caddy for 10kg Rice 1

LocknLock

Nama produk

Dispenser Beras

Oriza Rice Box 6.5 kg

Rice Box

Multipurpose Food Container

Rice Box

Rotating Rice & Grain Dispenser

Rice Box (12 kg)

Rice Smart

Sarana Penyimpan Beras 38 kg

Flip-Top Rice Caddy for 10kg Rice

Keunggulan

Ada anti insect box, makin ampuh atasi serangga

Ramah kantong dan berkapasitas kecil

Ada roda, bisa dengan cepat Anda geser

Desainnya kukuh dan mudah dipindah!

Tiga pilihan takaran otomatis dan antitumpah, kurang apa lagi?

Bisa menampung enam jenis bahan makanan!

Harga ekonomis dengan kapasitas besar

Tampilkan kesan modern dan bersih pada dapur

Berbahan besi, tikus tak akan datang lagi

Segel silikon untuk melindungi beras dari kelembapan

Harga mulai dariRp 180.000,00Rp 50.900,00Rp 319.000,00Rp 62.000,00Rp 297.000,00Rp 499.000,00Rp 217.000,00Rp 715.000,00Rp 364.900,00Rp 239.900,00
MaterialPlastik ABS, PPTidak disebutkanTidak disebutkanPlastikPlastikPlastik PPPlastikPlastikBesiPolypropylene
Kapasitas5 kg dan 10 kg6,5 kg28 kg0,88 kg, 1,4 kg, dan 1,8 kg38 kg±9,6 kg (12 L)12 kg10 kg38 kg10 kg (12 L)
Ukuran5 kg: 27,5 cm x 22,5 cm x 20,5 cm・10 kg: 39,5 cm x 19,5 cm x 26,5 cm30,5 cm x 19,5 cm x 21 cmTidak disebutkan0,88 kg: 12,6 cm x 7,7 cm x 17,5 cm・1,4 kg: 12,6 cm x 7,7 cm x 24 cm・1,8 kg: 12,6 cm x 7,7 cm x 29,6 cm37 cm x 31,7 cm x 34,8 cm24 cm x 27 cm28 cm x 21 cm x 43 cm39,2 cm x 18,8 cm x 37,8 cm110 cm x 60 cm x 85 cm22 cm x 33,4 cm x 26,5 cm
Metode takarGelas takarGelas takarTombol pengaturanGelas takarTombol pengaturanSlider dengan skala ukurSlider 150 gSlider 150 gTidak adaGelas takar
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk wadah lainnya untuk mempercantik dapur di sini

Dapur yang berantakan tentu akan mengganggu konsentrasi Anda saat memasak dan menyiapkan makanan. Karena itu, simak rangkaian produk kami di bawah ini untuk membuat dapur Anda lebih rapi dan indah. Selamat membaca!

Kesimpulan

Cukup banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika ingin membeli tempat beras. Contohnya, Anda perlu menyesuaikannya dengan dekorasi rumah Anda serta jumlah stok beras yang ingin disimpan.


Tempat beras yang baik akan menunjang rasa dari nasi yang akan Anda konsumsi. Selain itu, tempat beras yang tepat juga dapat mempercantik rumah Anda. Jadi, tempat beras manakah yang menjadi pilihan Anda?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Blender biasa digunakan untuk membuat jus dan menghaluskan makanan. Alat ini cukup populer dan sering digunakan sebagai alat bantu memasak. Beragam merek dan model blender pun bisa ditemui dengan mudah di pasaran, mulai dari Cosmos, Philips, Oxone, Sharp, dan lainnya. Karena banyaknya pilihan, Anda harus lebih teliti ketika memilihnya.Untuk memudahkan Anda menentukan pilihan, kami akan menjelaskan cara memilih blender yang bagus, mengenal jenis-jenis blender, dan perbedaannya dengan produk serupa. Selain itu, kami juga akan mengulas beberapa rekomendasi blender terbaik yang dapat Anda pertimbangkan. Jadi, simak terus sampai akhir, ya!
    Aksesori dapur
  • 10 Rekomendasi Teko Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Teko Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Teko listrik bermanfaat saat Anda ingin merebus air dengan jumlah sedikit dalam waktu singkat. Penggunaan teko ini terbilang lebih aman dibandingkan memasak air menggunakan gas karena sumber energinya adalah listrik. Dewasa ini, teko listrik banyak dilirik tidak hanya karena fungsinya, tetapi juga karena desainnya yang menarik.Ada berbagai merek teko listrik yang bagus dapat Anda jumpai, seperti Maspion, Philips, Idealife, dan Cosmos. Nah, agar Anda tidak pusing menentukan, mari cari tahu cara memilih teko yang tepat melalui artikel ini. Tengok juga rekomendasi produknya untuk Anda jadikan referensi!
    Aksesori dapur
  • 10 Rekomendasi Termos Air Panas Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Termos Air Panas Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Hot water pot atau termos air panas mempunyai fungsi sebagai tempat penyimpanan air panas dan dingin. Ya, alat ini memiliki kemampuan untuk mempertahankan suhu air tanpa listrik. Di pasaran, Anda bisa menemukan beragam jenis termos air panas, mulai dari ukuran kecil hingga ukuran jumbo.Nah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih termos air panas yang bagus. Sepuluh rekomendasi termos air panas terbaik, seperti merek Lion Star, Delvonta, dan Thermos, juga telah kami siapkan. Artikel ini telah ditinjau oleh tea specialist kami, Bambang Laresolo. Selamat membaca!
    Aksesori dapur
  • 10 Rekomendasi Mesin Pembuat Es Batu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Pembuat Es Batu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat cuaca panas, minuman dingin dengan es batu banyak dicari karena dapat menyegarkan tenggorokan. Namun, terkadang kulkas hanya dapat membuat es batu dengan jumlah terbatas. Apabila Anda menggunakan es batu dengan jumlah banyak setiap hari, saatnya mempertimbangkan membeli mesin pembuat es batu.Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih mesin pembuat es batu yang bagus untuk Anda. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk mesin pembuat es batu terbaik. Ada mesin pembuat es batu merek Iceler, Hicon, Tomori, dan lainnya. Simak baik-baik penjelasan selengkapnya, ya!
    Aksesori dapur
  • 10 Rekomendasi Toples Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Toples Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Toples atau stoples merupakan wadah penyimpanan favorit bagi kalangan ibu-ibu. Toples bisa digunakan untuk menyimpan kue, selai, kacang-kacangan, bumbu, bahkan manik-manik. Sekarang ini ada banyak model toples, mulai dari toples kue kering, toples plastik kotak, toples kue Lebaran, hingga toples kerupuk. Desainnya juga sangat beragam, lho!Sebelum membeli, ada baiknya Anda membaca berbagai tips memilih toples yang bagus dari kami. Dengan begitu, Anda bisa membeli toples yang sesuai dengan kebutuhan. Selain memberikan tips, kami juga akan memperkenalkan toples berkualitas dari berbagai merek, seperti Hario, IKEA, dan Tupperware.
    Aksesori dapur
  • 10 Rekomendasi Keset Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Keset Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meski sepele, sebenarnya keberadaan keset di dapur Anda sangat penting. Keset dapur dari bahan yang bagus dapat melindungi lantai, memberi kenyamanan pada kaki, dan mempercantik dapur Anda. Terdapat beragam fitur lainnya pada keset dapur seperti antiselip, antibau, antigores, waterproof, dan lainnya. Keset dapur mana yang sebaiknya Anda pilih?Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih dan memberikan sepuluh rekomendasi produk keset yang sesuai untuk dapur Anda. Berbagai merek ternama, seperti IKEA, Mizu Home, dan sebagainya banyak memproduksi keset yang akan membuat dapur terlihat modis. Jangan sampai ketinggalan informasinya!
    Aksesori dapur
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori