• 10 Rekomendasi Seat Cushion Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Seat Cushion Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Seat Cushion Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Seat Cushion Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Seat Cushion Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Seat Cushion Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Seat cushion adalah bantalan yang dipakai oleh pengemudi. Keberadaannya dapat meminimalkan sakit pinggang, leher atau bahu yang kaku selama mengemudi. Saat ini, telah banyak dijual beragam produk seat cushion, baik yang berfitur sarat teknologi maupun yang berdesain fashionable.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih seat cushion yang tepat. Kami juga akan memperkenalkan beberapa merek seat cushion seperti Coccyx dan Longlife. Simaklah artikel kami sampai tuntas!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 53 Views
Daftar isi

Seat cushion mobil membuat berkendara menjadi nyaman dan menyenangkan

Seat cushion mobil membuat berkendara menjadi nyaman dan menyenangkan
Aktivitas mengemudikan mobil baik itu bersama teman maupun sendirian merupakan kegiatan menyenangkan. Namun, rasa lelah mungkin saja timbul saat berkendara jarak jauh karena Anda berada dalam posisi duduk yang sama dalam waktu lama. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan seat cushion mobil.
Seat cushion mobil akan menyangga leher, bahu, dan pinggang sehingga membantu Anda untuk duduk dengan posisi benar. Selain itu, ada juga produk yang dilengkapi fungsi pemanas atau kipas pendingin. Di samping meminimalisir kelelahan, fungsi-fungsi tersebut membuat Anda nyaman untuk mengemudi saat cuaca panas atau dingin.

Cara memilih seat cushion mobil untuk pengemudi

Di bagian ini kami akan menjelaskan mengenai cara memilih seat cushion mobil yang tepat. Temukan dan pilihlah seat cushion mobil yang dapat mengoptimalkan kenyamanan mengemudi Anda.

Pilihlah sesuai dengan bagian tubuh yang ingin ditopang

Terdapat dua jenis seat cushion mobil yang umum digunakan oleh pengemudi. Pertama, seat cushion tipe seat yang menyangga seluruh tubuh. Kedua, seat cushion tipe spesifik yang menopang bagian tubuh secara khusus, seperti pinggang, punggung, dan leher. Pilihlah seat cushion mobil sesuai dengan bagian tubuh yang ingin Anda topang pada saat menyetir.

Seat type yang menyangga seluruh bagian tubuh

Seat type yang menyangga seluruh bagian tubuh
Kami merekomendasikan seat cushion tipe seat jika Anda ingin meminimalkan rasa lelah di seluruh tubuh. Bantalan seat type melapisi seluruh bagian jok pengemudi. Dengan demikian, seat cushion tipe ini akan menyangga seluruh bagian pinggang, punggung, dan leher. Tubuh bagian belakang Anda pun tidak akan terasa pegal.
Seat cushion tipe seat juga menjaga posisi duduk Anda saat mobil bergerak dan berbelok. Seat cushion ini akan menahan tubuh tertarik gaya gravitasi saat memasuki tikungan sehingga dapat meminimalkan rasa lelah.

Seat cushion yang menopang bagian tubuh secara spesifik

Seat cushion yang menopang bagian tubuh secara spesifik
Bagi Anda yang sering merasa pegal pada bagian tubuh spesifik, pilihlah tipe ini. Contohnya, belilah back type seat cushion untuk menyangga bagian punggung dan pinggang. Tipe ini memiliki ketebalan beragam yang dapat membantu Anda untuk menegakkan pinggang serta memperbaiki posisi duduk. Apabila bantalan diletakkan pada posisi sejajar dengan tulang ekor, Anda bisa mengurangi beban di pinggang.
Back type direkomendasikan bagi Anda yang sering mengalami sakit pinggang dan posisi punggung membungkuk saat menyetir. Tipe ini mengurangi beban di pinggang dengan menopang punggung tetap berada di posisi natural berbentuk huruf S. Neck type cocok bagi Anda yang sering mengalami leher kaku dan lelah saat mengemudi. Bantalan seat cushion tipe ini akan mencengkam leher dengan lembut agar rasa lelah dapat diminimalkan.

Pilihlah yang bertekstur ideal dengan bahan bersirkulasi udara baik

Pilihlah yang bertekstur ideal dengan bahan bersirkulasi udara baik
Seat cushion umumnya terdiri dari dua jenis tekstur, yaitu keras dan lembut, yang dapat Anda pilih sesuai selera. Seat cushion bertekstur keras memiliki resistansi terhadap tekanan sehingga sulit kempis. Bantalannya akan kempis perlahan dan mengikuti lekuk tubuh Anda. Anda pun dapat mengatur posisi duduk Anda untuk mengemudikan mobil secara benar dan dengan aman. Seat cushion jenis ini memang tidak terlalu empuk seperti seat cushion bertekstur lembut. Namun, kami merekomendasikan jenis ini jika Anda ingin duduk dengan postur tubuh baik tanpa membungkuk.
Selain itu, mengemudi dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan rasa gerah. Cuaca panas mengakibatkan temperatur di bagian punggung dan pinggang tetap meninggi meski Anda sudah menyalakan air conditioner (AC). Seat cushion dengan sirkulasi udara yang buruk mengakibatkan ketidaknyamanan saat Anda duduk. Oleh sebab itu, bacalah review dan pilihlah seat cushion bersirkulasi udara baik.

Pilihlah produk yang mudah dipasang sesuai dengan selera

Pilihlah produk yang mudah dipasang sesuai dengan selera
Seat cushion secara umum memiliki dua tipe tali pengait yaitu one touch type dan ring type. One touch type atau tipe gesper lebih mudah dipasang hanya dengan mengaitkannya di kedua gespernya sehingga dapat menghemat waktu.
Di sisi lain, seat cushion bertali pengait ring type lebih mantap mencengkam jok karena menggunakan ring. Ring type seat cushion juga lebih awet karena tidak mudah rusak akibat goncangan ataupun getaran mobil.
Baik one touch type maupun ring type seat cushion memiliki keungulan masing-masing. Di samping kedua tipe tersebut, tipe dengan karet elastis juga banyak beredar di pasaran.

Periksa juga kegunaan lainnya, seperti fungsi pemanas atau pendingin

Periksa juga kegunaan lainnya, seperti fungsi pemanas atau pendingin
Seat cushion berkipas pendingin yang mendinginkan punggung ataupun pinggang adalah solusi bagi Anda yang berkeringat saat mengemudi. Kedua tipe seat cushion tersebut cocok digunakan di dataran rendah yang bersuhu udara panas.
Sementara itu, seat cushion yang memiliki fungsi pemanas direkomendasikan bagi Anda yang tinggal di dataran tinggi atau bersuhu udara dingin. Karena produk ini umumnya cepat menghangat, Anda dapat segera mengemudi tanpa harus menunggu udara panas dari AC berpengaruh di mobil. Apabila Anda tipe orang yang mudah merasa kedinginan, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli seat cushion tipe ini.

10 Rekomendasi seat cushion mobil terbaik

Sepuluh produk di bawah ini terpilih karena fitur, desain, kenyamanan, dan kemudahan penggunaannya. Pilihlah produk sesuai dengan yang Anda butuhkan!
TipeBack type (penyangga pinggang dan punggung)
Tektstur bantalanTidak disebutkan
Tipe tali pengaitKaret elastis
Fungsi tambahan×
TipeNeck type (penyangga leher)
Tektstur bantalanLembut (soft pillow)
Tipe tali pengaitKaret elastis
Fungsi tambahan×
TipeAlas duduk
Tektstur bantalanLembut (empuk)
Tipe tali pengait×
Fungsi tambahanFungsi penghangat
TipeSeat type (alas duduk, penyangga pinggang, dan punggung)
Tektstur bantalanLembut
Tipe tali pengaitKaret elastis
Fungsi tambahanTidak disebutkan
TipeBack and neck type (penyangga leher, pinggang, dan punggung)
Tektstur bantalanTidak disebutkan
Tipe tali pengaitTidak disebutkan
Fungsi tambahanMemijat kepala dan leher
TipeSeat type (alas duduk, penyangga pinggang dan punggung)
Tektstur bantalanLembut
Tipe tali pengaitRing type
Fungsi tambahanBerkipas pendingin
TipeBack type (penyangga pinggang)
Tektstur bantalan×
Tipe tali pengait×
Fungsi tambahanMemijat shiatsu

3. Tirol Front Car Seat Cover PU Leather for Crossovers SUV Sedans

Rp405.034,00

TipeSeat type (alas duduk, penyangga pinggang, punggung, leher, dan kepala)
Tektstur bantalanTidak disebutkan
Tipe tali pengaitOne touch type / gesper
Fungsi tambahanTidak disebutkan
TipeNeck type (penyangga leher dan kepala)
Tektstur bantalanKeras (high density, squeeze does not deform, soft slow rebound)
Tipe tali pengaitKaret elastis
Fungsi tambahanDapat berfungsi sebagai penyangga pinggang dan punggung
TipeAlas duduk
Tektstur bantalanKeras (tebal dan padat)
Tipe tali pengait×
Fungsi tambahanTidak disebutkan

Cara duduk yang benar di kursi pengemudi

Selain berbekal seat cushion, sebaiknya Anda juga memasang postur tubuh mengemudi yang benar. Meski sudah pernah mempelajari cara duduk yang benar, terkadang Anda cenderung melupakannya ketika terlalu asyik mengemudi. Padahal, penyebab nyeri punggung atau pusing mungkin saja disebabkan oleh cara duduk yang salah.

Pastikan kaki mudah menginjak pedal rem kapan pun dibutuhkan

Pastikan kaki mudah menginjak pedal rem kapan pun dibutuhkan
Duduklah secara tegak serta nyaman dengan cara bersandar tanpa menyisakan celah di antara pinggang dan jok. Postur duduk yang salah bukan hanya akan menyebabkan sakit punggung, tetapi juga berbahaya. Postur tersebut mengakibatkan posisi kaki Anda sulit untuk menginjak pedal rem saat darurat. Kami merekomendasikan seat cushion jika posisi duduk salah karena adanya celah antara bokong dan jok.
Pengendara mobil tipe manual menginjak pedal kopling dengan kaki kiri, sementara kaki kanan menginjak pedal rem. Aturlah posisi duduk agar Anda nyaman menekuk lutut dan kaki bisa cepat menjangkau rem. Jangan lupa untuk menambahkan seat cushion agar Anda dapat duduk dengan nyaman.

Cek juga fungsi tilt dan telescopic yang ada di setir

Cek juga fungsi tilt dan telescopic yang ada di setir
Supaya nyaman memegang kemudi, atur posisi duduk Anda agar dapat bersandar, lalu genggam setir dengan siku yang sedikit bertekuk. Posisi duduk yang terlalu merebah akan berbahaya karena pandangan terhadap keadaan sekitar menjadi terhalang. Selain itu, posisi ini menyulitkan Anda untuk mengendalikan setir sehingga respons untuk menghindari kecelakaan lalu lintas berkurang.
Apabila posisi setir mobil dapat diatur, Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan posisi mengemudi yang paling tepat. Aturlah tilt (fungsi naik dan turun) dan telescopic (fungsi maju dan mundur) setir untuk mencegah bahu terasa kaku.

Perhatikanlah posisi sandaran kepala atau headrest

Perhatikanlah posisi sandaran kepala atau headrest
Headrest diatur dengan menyesuaikan ketinggian duduk. Apabila tingginya tidak sejajar dengan kepala, Anda tidak bisa menyandarkan leher di posisi yang benar. Aturlah ketinggian headrest agar bagian belakang dan tengah kepala dapat bersandar secara tepat di bantalan. Dengan mengatur headrest di posisi yang benar, kepala Anda akan terlindung dari benturan saat terjadi kecelakaan.
Posisi sandaran kepala yang tepat dapat mengurangi risiko sakit leher dan pusing. Sebaliknya, posisi sandaran kepala yang salah kurang melindungi kepala dan leher Anda dari benturan. Demi kenyamanan dan keamanan, aturlah posisi sandaran kepala Anda dengan tepat.

Kiat mengurangi kelelahan saat berkendara dalam waktu lama

Kiat mengurangi kelelahan saat berkendara dalam waktu lama
Pasanglah seat cushion dan perhatikanlah postur duduk saat harus mengemudi dalam waktu lama. Di samping itu, sering-seringlah menyempatkan waktu untuk beristirahat dan melemaskan otot tubuh.
Idealnya, seorang pengemudi berhenti menyetir setiap jam dan beristirahat setidaknya dua jam sebelum berangkat. Penting juga untuk menyegarkan tubuh dengan mengonsumsi makanan dan minuman ringan seperti cokelat atau permen selama perjalanan.

Baca juga rekomendasi aksesori mobil lainnya di sini!

Selain seat cushion mobil yang telah kami bahas, Anda juga dapat mempertimbangkan penggunaan aksesori mobil lainnya. Silakan baca penjelasan lebih lanjut mengenai produk-produk tersebut di artikel-artikel ini!

Kesimpulan

Kita pasti ingin mengemudi senyaman mungkin sepanjang hari, tanpa mengeluh sakit leher atau pegal di pinggang. Dengan mempraktikkan posisi mengemudi yang benar dan memasang seat cushion, momen berkendara Anda akan lebih nyaman.
Apakah Anda sudah berhasil menemukan seat cushion yang sesuai dengan kebutuhan? Jika belum, Anda dapat membaca kembali artikel kami untuk menentukan produk yang tepat. Selamat memilih dan berkendaralah dengan aman serta nyaman!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Fungsi oli sangatlah penting bagi motor. Selain untuk mengoptimalkan kinerja mesin, oli juga berfungsi untuk mengurangi gesekan, pendingin, dan mengendalikan kotoran di dalam mesin. Oleh karena itu, oli perlu diganti secara rutin untuk menjaga kualitas dan memperpanjang umur mesin motor.Namun, masih banyak yang kebingungan dalam memilih oli yang tepat untuk motor. Apakah Anda termasuk salah satunya? Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih oli motor yang baik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan oli dari berbagai merek terkenal, seperti Yamalube, Shell, maupun Enduro. Selamat membaca!
    Mobil & motor
    2.293 Views
  • 10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Pengendara sepeda motor tidak memandang usia dan jenis kelamin. Saat mengendarai motor, peran helm sangat penting supaya kita bisa berkendara dengan aman. Helm juga melindungi kepala kita dari benturan dan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.Beragam produsen helm seperti NHK, GM, Shoei, ZEUS, dan INK mengeluarkan helm terbaik dan juga stylish. Di artikel ini, kami akan membagikan informasi untuk Anda tentang cara memilih helm yang tepat, berikut rekomendasi sepuluh produk terbaiknya!
    Mobil & motor
    2.539 Views
  • 10 Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Tidak hanya disebabkan oleh kecelakaan atau terserempet, goresan pada mobil juga bisa muncul akibat debu. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan penghilang goresan mobil. Namun, banyaknya produk penghilang goresan mobil berkualitas di pasaran seperti merek Meguiar’s, Turtle Wax, atau Mother’s bisa membuat Anda bingung saat memilih, bukan?Pada artikel ini, Anda akan kami perkenalkan dengan beberapa produk penghilang goresan mobil yang beredar di Indonesia, dari jenis compound, wax, dan touch pen. Kami juga akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi produk penghilang goresan mobil terbaik agar Anda bisa memilih produk yang paling sesuai. Selamat membaca!
    Mobil & motor
    2.078 Views
  • 10 Rekomendasi Kunci Pengaman Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Kunci Pengaman Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Kunci pengaman merupakan hal penting yang harus dibawa ketika Anda berkendaraan menggunakan motor. Xena, Kryptonite, Masterlock dan Griplock menyediakan berbagai jenis kunci pengaman motor agar Anda tenang ketika meninggalkan motor di tempat parkir.Kali ini kami akan mengulas kunci pengaman motor yang akan membuat pencuri mengurungkan niat jahatnya untuk mencuri motor Anda. Amankan motor Anda dengan memakai kunci pengaman motor yang tepat sebelum Anda menyesal ! Mari ikuti ulasan berikut ini.
    Mobil & motor
    813 Views
  • 10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Pengharum mobil bisa membuat suasana di dalam mobil Anda menjadi lebih nyaman. Berbagai produk pengharum mobil seperti Glade, Little Trees, Ambi Pur, dan sebagainya dapat Anda pilih untuk mengharumkan mobil Anda. Selain itu, bentuknya pun beragam, mulai dari tipe padat, tipe cair, tipe gel, tipe gantung, hingga tipe yang dipasang pada AC mobil.Saking banyaknya jenis pengharum mobil, bisa-bisa Anda bingung memilih yang cocok untuk Anda. Karena itu, kami akan membahas jenis-jenis pengharum mobil dengan lebih detail dan memberikan tips dalam memilihnya. Kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Baca sampai habis, ya!
    Mobil & motor
    964 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Shampo Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Shampo mobil adalah produk yang sangat esensial jika Anda ingin menjaga mobil tetap bersih dan terawat. Berbagai jenis produk sudah dihasilkan oleh merek-merek ternama, seperti Meguiar’s dan 3M. Beberapa produk shampo mobil mengandung wax yang mencegah noda air menempel di mobil. Ada juga yang memberikan kilau ekstra pada cat mobil Anda.Hal ini tentunya membuat konsumen bingung dalam memilih shampo mobil yang paling sesuai. Jadi kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih shampo mobil yang tepat untuk Anda. Kemudian, kami akan merekomendasikan berdasarkan harga, cara pemakaian, review pengguna, dan lain sebagainya. Mari temukan shampo mobil yang tepat agar membuat mobil Anda semakin cantik.
    Mobil & motor
    784 Views
  • 10 Rekomendasi Sarung Tangan Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Sarung Tangan Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Bagi pengendara sepeda motor, penggunaan sarung tangan digunakan untuk melindungi tangan dari udara panas dan dingin. Pemakaian sarung tangan memang tidak diwajibkan seperti helm, tetapi penggunaan sarung tangan sangat dianjurkan untuk berkendara jarak jauh dan dalam intensitas tinggi.Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan kepada Anda mengapa sarung tangan motor itu penting, apa saja yang harus diperhatikan saat memilih sarung tangan motor, dan tidak ketinggalan kami juga akan memberikan rekomendasi sarung tangan motor terbaik untuk membantu Anda memilih sarung tangan yang nyaman dan aman.
    Mobil & motor
    624 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori