10 Rekomendasi Seat Cushion Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Seat Cushion Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Seat cushion adalah bantalan yang dipakai oleh pengemudi. Keberadaannya dapat meminimalkan sakit pinggang, dan leher atau bahu yang kaku selama mengemudi.

Berbagai macam seat cushion telah menjamur saat ini. Ada yang dirancang dengan gaya sporty yang menyesuaikan interior mobil, ada juga yang memiliki fungsi pijat dan pemanas. Simak artikel dari kami dan dapatkan bantalan duduk favorit Anda di mobil!

Daftar isi

Cara memilih seat cushion mobil

Saat mengendarai mobil, pasti Anda sering mengalami kelelahan. Biasanya hal ini disebabkan karena bentuk kursi pengemudi yang tidak leluasa dan bantalan duduk yang keras. Mengganti jok kursi tentu akan menimbulkan biaya yang besar. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membeli bantalan kursi yang nyaman. Bagaimana cara memilih bantalan yang tepat bagi pengemudi?

Ada tiga jenis seat cushion pada umumnya, yaitu bantalan duduk untuk bokong, bantalan pinggang sekaligus punggung, dan bantalan untuk menyangga leher. Ada juga seat cushion yang sudah mencakup seluruhnya.

Di bawah ini, kami akan menjelaskan apa saja ketiga bentuk seat cushion tersebut.

Seat cushion sebagai alas duduk

Seat cushion sebagai alas duduk

Seat cushion sebagai alas duduk bukan hanya akan meningkatkan kenyamanan pengemudi, melainkan dapat mengatur postur tubuh Anda secara benar. Bantalan ini mengisi celah antara bokong dan jok kursi sehingga dapat menyangga bobot tubuh yang terpusat pada tulang ekor. Menggunakan seat cushion ini, dijamin akan mengurangi pegal akibat duduk terlalu lama.

Akibat dari terlalu sering duduk lama akan berkembang menjadi nyeri pinggang. Untuk Anda yang sering merasa nyeri pada bagian bokong, bantalan ini sangat direkomendasikan. Memilih bantalan yang tegas juga dapat menjaga paha Anda dari bergeser saat kendaraan berbelok.

Seat cushion untuk pinggang dan punggung

Seat cushion untuk pinggang dan punggung

Bantalan ini mampu menopang pinggang dan punggung, sangat direkomendasikan untuk pengemudi yang sering mengalami nyeri punggung. Apabila diletakkan pada posisi sejajar dengan tulang ekor, Anda bisa mengurangi beban pada seluruh tubuh saat mengemudi.

Jok mobil umumnya memiliki celah antara punggung dan pinggang. Celah inilah yang sering menyebabkan pegal dan sakit pada bagian tubuh belakang. Saat punggung terbebani, bahu dan pinggang juga ikut merasa lelah. Oleh karena itu, penting untuk mengisi celah tersebut dengan seat cushion yang dirancang untuk menopang pinggang dan punggung Anda.

Seat cushion untuk menyangga leher

Seat cushion untuk menyangga leher

Sikap duduk pengemudi sering kali kaku. Saat berkonsentrasi mengemudi, mata selalu memandang ke depan dalam waktu yang lama sehingga pundak dan leher Anda menjadi kaku. Untuk menjaga postur yang santai, sebaiknya Anda memasang seat cushion untuk menjadi sandaran bagi leher dan bahu.

Perjalanan panjang dengan mobil akan membebani fisik maupun mental, tetapi dengan menyandarkan leher dan kepala Anda pada bantalan yang empuk, perjalanan panjang yang membuat lelah baik secara fisik maupun mental ini menjadi lebih nyaman. Seat cushion dapat dengan lembut memegang leher dengan bantalan pengemudi, Anda pun tidak akan terlalu merasa lelah saat berkendara.

10 Rekomendasi seat cushion mobil terbaik

Sepuluh produk di bawah ini terpilih karena fitur, desain, kenyamanan, dan kemudahan penggunaannya. Pilihlah produk sesuai dengan yang Anda butuhkan!

10. OEM Back Massage Mesh Cushion

10. OEM Back Massage Mesh Cushion

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 759.000

Seat cushion jaring untuk pinggang, dengan fungsi pijat

Seat cushion berukuran 38 x 37 cm ini terbuat dari rangka kawat baja dengan elastisitas tinggi. Bahannya terbuat dari kain jaring bersirkulasi udara dan dirancang menyesuaikan kontur pinggang bawah pengemudi. Seat cushion ini juga dilengkapi karet elastis yang mudah dipasang ke jok kursi.

Selain untuk menyangga punggung, pada bagian tengahnya terdapat massage beads yang dapat memijat otot pinggang dan punggung bawah Anda sehingga terhindar dari kekakuan. Untuk Anda yang mengemudi sehari-hari, cushion ini akan memberikan kenyamanan ekstra pada pinggang Anda.

9. OEM Car Headrest Cushion

9. OEM Car Headrest Cushion

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 759.000

Bantalan leher dengan sistem proteksi

Butuh bantalan leher yang bukan hanya nyaman, tetapi juga bergaya? Cushion berukuran 25 x 19 x 8 cm untuk headrest ini akan membantu merelaksasikan otot leher Anda saat berkendara. Terbuat dari kulit sintetis dan katun, produk ini berbobot ringan dan mudah dipasang di jok kemudi Anda.

Selain itu, cushion ini juga dirancang dengan fitur proteksi yang bekerja melindungi kepala dan leher apabila terjadi kecelakaan lalu lintas. Anda juga dapat memilih beberapa warna sesuai interior mobil Anda, seperti hitam, oranye, abu-abu, dan krem.

8. Zone Tech Heated Car Seat Cushion

8. Zone Tech Heated Car Seat Cushion

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 858.000

Alas duduk empuk dengan fitur pemanas!

Zone Tech Heat Car Seat Cushion cocok Anda gunakan pada saat cuaca dingin sebab memiliki fitur pemanas berlapis kain yang nyaman. Fitur pemanasnya akan melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan metabolisme. Anda dapat mengontrol suhunya, baik tinggi maupun rendah, yang cepat aktif dalam hitungan menit.

Produk dari Zone Tech ini bukan hanya akan menghangatkan, tetapi juga mampu memulihkan kelelahan otot Anda dengan teknologi inframerahnya. Dengan bobot yang ringan, dan dilengkapi tali elastis hitam serta pengait di bagian bawahnya, produk ini portable dapat Anda bawa ke mana pun.

7. Magnetic Car Seat Cushion Pad

7. Magnetic Car Seat Cushion Pad

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.094.600

Seat cushion dua warna yang stylish dan wearproof

Untuk Anda yang menyukai seat cushion yang stylish! Produk ini terbuat dari kain poliester dan spons 6 mm berfitur wearproof, antikerut, dan nyaman untuk diduduki. Fitur lainnya adalah gelembung dengan delapan magnetic beads, yang bekerja meringankan kelelahan mengemudi dalam waktu lama.

Produk ini hadir dalam paduan warna favorit Anda yang stylish, yaitu merah-hitam, abu-merah, hitam-abu, dan merah-biru. Dengan tinggi 70 cm, seat cushion ini mendukung fitur headrest yang dinamis. Selain itu, terdapat tali elastis yang mudah dipasang pada sandaran kursi untuk kebanyakan mobil, dari van hingga truk. Bisa juga Anda pakai untuk kursi kantor!

6. Amooca Car Seat Cushion for Back and Neck

6. Amooca Car Seat Cushion for Back and Neck

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.309.100

Satu set cushion untuk menjaga postur punggung dan leher

Produk dari Amooca ini terdiri dari bantalan yang dirancang menyesuaikan lekuk punggung dan leher Anda. Bahannya terbuat dari lapisan kain katun dan memory foam yang diklaim ramah di kulit dan awet. Berkendara dalam waktu lama tidak akan terasa pegal.

Cushion ini memiliki fitur ergonomis yang akan memberikan Anda kenyamanan duduk berkendara, melancarkan sirkulasi darah, meringankan sakit pada punggung, dan menjaga postur Anda tetap tegak. Apabila Anda membutuhkan seat cushion yang dapat menjaga postur Anda tetap baik selama mengemudi, Anda bisa memilih produk ini.

5. Zone Tech Heated Seat Cover

5. Zone Tech Heated Seat Cover

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.383.000

Seat cushion untuk bokong dan punggung dengan fitur pemanas

Ini adalah peningkatan dari produk Zone Tech Heat Car Seat Cushion! Zone Tech Heated Seat Cover terdiri dari bantalan empuk yang akan merelaksasikan bokong dan punggung Anda dengan pad pemanas yang empuk.

Seat cushion ini sangat sempurna digunakan pada saat cuaca dingin atau ketika Anda berkendara dalam waktu lama. Cukup mencolokkan warmer plug ke lubang pemantik rokok, dan fitur pemanasnya akan bekerja menghangatkan badan Anda selama berkendara. Sistem inframerahnya berkerja mengurangi nyeri otot, melancarkan aliran darah, dan memperbaiki metabolisme Anda.

4. Sojoy Universal 12V Heated Car Seat Cushion

4. Sojoy Universal 12V Heated Car Seat Cushion

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.388.000

Seat cushion pemanas terbaik!

Di urutan pertama ada seat cushion untuk alas duduk dan punggung dari Sojoy! Produk ini terbuat dari serat polyurethane berkualitas premium yang akan memaksimalkan kenyamanan berkendara Anda. Fitur produk ini adalah fungsi pemanas dengan sistem heating control yang bisa Anda atur mulai dari suhu tinggi, sedang, dan rendah.

Anda dapat mengatur pemanasannya secara berjangka, tergantung selama apa Anda mengemudi, mulai dari satu jam hingga tiga jam! Bantalan ramah lingkungan ini juga dapat diisi untuk extra comfort. Selain itu, dilengkapi juga dengan buku manual dan car plug dengan sistem input dan output sebesar 12V dan 2.6A. Kami merekomendasikannya untuk Anda yang menginginkan seat cushion dengan pemanas terbaik untuk di mobil.

3. Tirol PU Leather Universal Front Seat Cushion

3. Tirol PU Leather Universal Front Seat Cushion

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 591.000

Seat cushion komplet yang dilengkapi dengan kantong penyimpanan!

Untuk Anda yang membutuhkan seat cushion komplet yang terdiri dari bantalan leher, pinggang, dan bokong, Anda bisa memilih produk ini. Selain harganya yang cukup terjangkau, produk ini terbuat dari bahan kulit dan spons berkualitas tinggi yang mudah dibersihkan.

Seat cushion ini memiliki desain warna merah-hitam yang dapat disesuaikan dengan interior mobil Anda. Di bagian belakang lututnya, terdapat built-in pocket yang untuk penyimpanan barang. Produk ini dirancang cocok untuk semua jok kursi bagian depan, baik untuk mobil biasa maupun truk.

2. Zatooto Orthopedic Car Neck Rest Cushion

2. Zatooto Orthopedic Car Neck Rest Cushion

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.633.500

Bantalan untuk leher terbaik!

Apakah headrest cushion biasa masih belum bisa mengatasi rasa kaku pada leher Anda setiap harinya? Anda akan menyukai produk ortopedi yang satu ini. Produk dari Zatooto ini dirancang untuk menyesuaikan anatomi leher dan kepala, mendukung postur duduk yang optimal dalam mengemudi.

Untuk Anda yang mencintai kebersihan, tidak perlu khawatir. Penutup bantalnya juga bisa dilepas dan dicuci, sehingga sirkulasi udara tetap terjaga. Dengan bahan kulit dan memory foam berkualitas tinggi, produk ini ramah lingkungan dan berdaya tahan lama. Anda juga mendapat karet elastis untuk kemudahan pemasangannya.

1. Obus Forme Ergonomic Lowback Backrest Support

1. Obus Forme Ergonomic Lowback Backrest Support

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.994.000

Seat cushion punggung terbaik yang memenangkan penghargaan!

Berbeda dari cushion punggung kebanyakan yang berbentuk “L”, produk dari Obus Forme ini berbentuk “S” dengan bahan polycarbonate dan busa polyurethane yang menyangga tulang belakang dan membenarkan postur Anda sesuai anatomi. Produk ini dibuat untuk Anda yang ingin memperbaiki postur punggung saat duduk berkendara.

Oleh karena punggung setiap orang berbeda, cushion ini juga dilengkapi dengan lumbar pad yang bisa dibongkar pasang untuk menyesuaikan tinggi dan rendahnya punggung Anda. Berbobot ringan, Anda bisa membawanya ke mana pun selama bepergian atau untuk di kantor. Selain itu, produk ini memenangkan penghargaan sebagai cushion punggung ergonomis terbaik di kelasnya.

Cara duduk yang benar di kursi pengemudi

Tidak hanya berbekal seat cushion terbaik saja! Ketika mengemudi, sebaiknya Anda selalu memasang postur tubuh dengan benar. Meskipun sudah mengetahui postur yang benar, biasanya ketika terlalu asyik mengemudi, kita akan melupakannya. Padahal mungkin saja ada bagian tertentu di tubuh kita yang tidak beres, dan menjadi penyebab utama nyeri punggung dan pusing kepala.

Duduklah dengan menumpukan bobot Anda sepenuhnya

Duduklah dengan menumpukan bobot Anda sepenuhnya

Duduklah secara tegak, tetapi senyaman mungkin dengan cara bersandar tanpa menyisakan celah di antara pinggang dan tempat duduk. Duduk dengan postur yang tidak benar bukan hanya menyebabkan sakit punggung, tetapi juga posisi kaki Anda tidak dapat menginjak rem secara cepat dalam keadaan darurat. Seat cushion bisa digunakan untuk membenarkan postur duduk.

Aturlah posisi duduk Anda senyaman mungkin

Aturlah posisi duduk Anda senyaman mungkin

Pengendara mobil manual biasanya akan menginjak pedal kopling dengan kaki kiri, sementara kaki kanan menekan pedal rem. Pada saat Anda duduk, aturlah posisi agar kedua kaki dapat diletakkan di tempat yang benar. Buat ruang yang cukup agar Anda bisa menekuk lutut secara nyaman dan kaki Anda bisa menjangkau rem secara tepat. Selain tempat duduk yang nyaman, posisi duduk pun harus disesuaikan.

Genggamlah setir kemudi dengan nyaman

Genggamlah setir kemudi dengan nyaman

Untuk memegang setir secara nyaman, atur posisi tempat duduk agar Anda dapat bersandar, lalu genggam setir kemudi dengan siku yang sedikit tertekuk. Posisi ini akan memudahkan Anda untuk mengendalikan setir ke kanan dan ke kiri, serta memutarnya dengan lebih leluasa. Apabila cara memegang setir Anda sudah benar, maka akan mengurangi risiko bahu yang pegal dan kaku.

Perhatikanlah posisi sandaran kepala

Perhatikanlah posisi sandaran kepala

Headrest umumnya menyesuaikan dengan ketinggian duduk. Apabila tingginya tidak sejajar dengan kepala, maka Anda tidak bisa menyandarkan leher pada posisi yang benar. Aturlah ketinggian headrest agar bagian belakang dan tengah kepala Anda dapat bersandar secara tepat di bantalannya yang empuk.

Posisi sandaran kepala yang tepat sangat berpengaruh bagi pengemudi karena dapat mengurangi sakit leher dan pusing kepala. Selain itu, posisi ini juga membuat pengemudi nyaman melihat ke depan dan dapat bereaksi cepat dalam keadaan darurat. Demi keamanan, mulai sekarang perhatikanlah posisi sandaran kepala Anda.

Kiat mengurangi kelelahan ketika berkendara dalam waktu lama

Kiat mengurangi kelelahan ketika berkendara dalam waktu lama

Ketika Anda harus menyetir dalam waktu lama, misalnya perjalanan ke luar kota, sangat dianjurkan untuk memasang seat cushion dan memperhatikan postur duduk Anda.

Sebisa mungkin beberapa jam sekali, sempatkanlah waktu untuk meregangkan badan, menyegarkan kepala dengan secangkir kopi, dan tidur sejenak.

Idealnya, seorang pengemudi dapat beristirahat setiap jam, tetapi yang lebih baik adalah beristirahat setidaknya dua jam sebelum berangkat. Penting juga untuk menyegarkan tubuh dengan mengonsumsi makanan dan minuman ringan seperti permen di perjalanan. Camilan manis seperti cokelat memiliki efek untuk mengusir kantuk. Dengan demikian, mengonsumsi camilan juga bisa menjaga konsentrasi Anda dalam mengemudi.

Kesimpulan

Bagaimana? Kita pasti ingin mengemudi senyaman mungkin sepanjang hari, tanpa mengeluh sakit leher atau pegal di pinggang. Dengan mempraktikkan posisi mengemudi yang benar dan memasang seat cushion, momen berkendara Anda akan lebih nyaman. Silakan merujuk pada artikel ini dalam memilih seat cushion terbaik sesuai kebutuhan dan berkendaralah dengan nyaman, serta aman!