10 Rekomendasi Sepatu Trekking Terbaik Model Low Cut (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sepatu Trekking Terbaik Model Low Cut (Terbaru Tahun 2018)

Sepatu yang ringan dan kuat seperti sepatu trekking yang low cut, sangatlah penting sebagai alat pendukung untuk kegiatan mendaki gunung. Banyak pilihan sepatu trekking seperti merek Eiger, Salomon, The North Face, sepatu untuk  wanita dan juga sepatu yang waterproof, tentunya dapat menyulitkan Anda dalam memilih sepatu yang tepat.

Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan tips cara memilih sepatu trekking model low cut dan memperkenalkan rekomendasi sepatu trekking terbaik berdasarkan kelebihannya masing-masing. Mari temukan sepatu trekking impian Anda di sini!

Daftar isi

Cara memilih sepatu trekking

Pertama-tama kami akan menjelaskan bagaimana memilih sepatu trekking yang baik. Mari disimak!

Pilih yang cocok dengan medan yang akan Anda tempuh

Pada dasarnya, ada tiga jenis sepatu gunung dengan kelebihannya masing-masing. Pilihlah jenis yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sepatu trekking, cocok untuk medan yang berat

Sepatu trekking, cocok untuk medan yang berat

Sepatu trekking dirancang sedikit kaku dan kuat secara keseluruhan sehingga bagian atas dan sol sepatu sangat sesuai digunakan pada medan berbatu dan keras. Sepatu jenis ini memiliki beberapa jenis bagian pelindung yang biasa disebut middle cut dan high cut, yang berfungsi untuk melindungi mata kaki, dan lebih cocok digunakan untuk mendaki gunung daripada untuk hiking. Misalnya saat Anda berencana untuk melakukan pendakian selama dua malam maka lebih baik Anda mempersiapkan sepatu jenis sepatu trekking sebagai alat pendukung Anda.

Namun, sepatu trekking lebih berat dari sepatu jenis lainnya. Karenanya, sepatu jenis ini dapat membuat kaki Anda lebih mudah lelah. Berikutnya, kami akan memperkenalkan jenis sepatu gunung yang lebih cocok digunakan pada medan yang lebih ringan.

Sepatu hikingcocok untuk medan yang lebih ringan

Sepatu hiking, cocok untuk medan yang lebih ringan

Jika sepatu trekking memiliki struktur yang keras dan juga berat, sepatu hiking cenderung lebih empuk dan ringan. Biasanya sepatu trekking model low cut juga sering disebut sebagai sepatu hikingdan dalam artikel ini juga akan direkomendasikan beberapa sepatu hiking.

Karena memiliki sol sepatu yang lebih lunak, sepatu hiking cenderung lemah saat digunakan pada medan bebatuan, bahkan kaki Anda bisa terluka saat melewati jalan bebatuan. Namun, hal itu akan membuat pendakian Anda lebih nyaman dan ringan, jika Anda menggunakannya untuk medan jalan yang tidak berbatu. Jadi, sebaiknya pastikan Anda mengenali medan jalan yang akan Anda lalui sebelum menentukan jenis sepatu yang akan Anda gunakan.

Trail running shoes, cocok untuk berlari di pegunungan

Trail running shoes, cocok untuk berlari di pegunungan

Trail running shoes adalah jenis sepatu gunung yang memiliki performa bantalan sepatu yang cukup aman dengan berat yang lebih ringan daripada sepatu hiking. Meskipun sepatu jenis ini juga dapat digunakan pada medan pendakian yang ringan, produk sepatu jenis ini kurang ideal untuk medan berat atau medan menengah keatas.

Pilihlah yang bentuknya sesuai dengan kaki Anda

Pilihlah yang bentuknya sesuai dengan kaki Anda

Pada dasarnya, setiap produsen dan merek akan selalu mengembangkan produk sepatu berdasarkan bentuk kaki tertentu. Jika produk tersebut memiliki desain bentuk yang tidak sesuai dengan kaki Anda, sebaiknya Anda mencari sepatu dengan merek yang berbeda. Pastikan Anda mengenali karakteristik desain sepatu tiap merek, dan pilihlah sepatu dari merek yang memiliki desain yang sesuai dengan bentuk kaki Anda.

Pilih ukuran 1 cm lebih besar dan lebar

Pilih ukuran 1 cm lebih besar dan lebar supaya kaki tidak mudah lelah

Saat mencoba sepatu untuk mengetahui ukuran sepatu gunung yang pas untuk Anda, sebaiknya gunakan kaus kaki yang tebal. Selain itu, gunakan satu jari untuk memastikan seberapa pas ukuran sepatu tersebut. Ukuran sepatu dapat dikatakan ideal jika masih ada cukup ruang untuk satu jari Anda masuk di bagian tumit. Jika Anda tidak dapat melakukan pengukuran tersebut, Anda dapat menentukan ukuran 1 cm lebih besar dari ukuran yang seharusnya, sebagai patokan.

Lebar sepatu sangatlah penting, terutama untuk pendakian di gunung yang pijakannya tidak stabil. Untuk pendakian gunung yang medannya tidak rata, pada dasarnya sepatu yang lebih lebar cenderung dapat memudahkan dan menstabilkan pijakan Anda.

Memilih bahan sepatu yang tahan air

Memilih berdasarkan bahan sepatu yang tahan air

Untuk Anda yang akan menempuh medan dengan cuaca yang tidak stabil, sebaiknya pilihlah sepatu dengan bahan yang memiliki kemampuan tinggi untuk menahan air/anti air dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Biasanya, sepatu gunung dengan harga yang terlalu rendah cenderung memiliki kualitas bahan, daya tahan, dan kenyamanan yang kurang baik.

Karena sering terjadi badai dan hujan di gunung, sebaiknya Anda memilih sepatu gunung dengan bahan yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan juga memiliki ketahanan terhadap air (waterproof).

10 Rekomendasi sepatu trekking model low cut terbaik

Selanjutnya akan kami perkenalkan 10 rekomendasi sepatu trekking model low cut terbaik berdasarkan kelebihannya masing-masing. Pastikan Anda mempertimbangkan setiap kelebihan dan menyesuaikannya dengan kondisi medan yang akan Anda hadapi.

10. Altra Women’s Lone Peak 3

10. Altra Women's Lone Peak 3

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.824.000

Trail running shoes wanita dengan sol yang ringan dan lentur

Altra Women’s Lone Peak 3 adalah sepatu khusus wanita dengan desain sol yang memiliki perpaduan sempurna antara fashion dan fungsi pijakan. Cocok untuk Anda para wanita yang menginginkan trail running shoes yang fungsional sekaligus fashionable. Sepatu ini dilapisi dengan quick-dry air mesh yang membuat permukaan sepatu cepat kering saat terkena air.

Untuk kenyamanan dan stabilitas, sepatu ini dilengkapi dengan EVA A-bound pada bagian midsole-nya sehingga bantalannya nyaman dan stabil saat digunakan untuk berlari. Selain itu, sepatu ini juga dilengkapi dengan keunggulan lain seperti stoneguard yang dapat melindungi kaki dari bebatuan dan desain no-slip sockliner yang dapat menjaga Anda supaya tidak mudah tergelincir saat berlari.

9. Eiger Tiger Claw

9. Eiger Tiger Claw

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 545.000

Dilengkapi dengan heel shield system untuk mengurangi resiko kaki terkilir

Eiger Tiger Claw adalah sepatu trekking yang terbuat dari perpaduan bahan genuine leather dan polyster yang kuat. Sepatu ini dilengkapi dengan struktur permukaan outsole yang kasar dan kuat sehingga aman digunakan untuk permukaan lunak seperti rumput, lumpur, hingga permukaan keras seperti bebatuan.

Untuk Anda yang menginginkan sepatu yang lebih aman, Anda juga bisa mencoba sepatu ini untuk digunakan selama pendakian. Eiger Tiger Claw dapat membuat pijakan Anda lebih stabil karena dilengkapi dengan heel shield, yang mampu melindungi kaki dari permukaan yang keras dan membuat kaki tidak mudah terkilir.

8. Eiger Anaconda Vibram

8. Eiger Anaconda Vibram

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 925.000

Tumit tetap nyaman dan tidak mudah lelah dengan vibram outsole

Eiger Anaconda Vibram dibuat dari perpaduan bahan kulit suede, polyester, dan kain nilon yang membuat sepatu ini kuat dan tahan terhadap air. Sepatu ini juga cocok dipakai untuk segala kegiatan outdoor baik hiking maupun climbing. Tentunya sangat berguna bagi Anda yang menyukai beragam kegiatan outdoor.

Sepatu ini dilengkapi dengan vibram outsole pada bagian bawahnya yang dapat membuat tumit Anda merasa nyaman dan tidak mudah lelah. Desain sol sepatunya disesuaikan dengan berbagai medan jalan seperti rumput, lumpur, aspal, hingga bebatuan. Desainnya pun sangat fashionable dan cocok digunakan segala usia.

7. Magnum Low Boots

7. Magnum Low Boots

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 450.000

Perlindungan di bagian depan dan samping untuk keamanan ekstra

Sepatu trekking Magnum Low Boots memiliki perlindungan ekstra di bagian depan dan samping. Hal ini membuat kaki Anda lebih aman dan terhindar dari cedera saat tersandung atau terhantam bebatuan yang keras dan tajam. Cocok untuk kegiatan trekking, hiking, hingga kegiatan ekstrim seperti climbing.

Selain memiliki perlindungan yang baik terhadap medan keras, sepatu ini juga memiliki ketahanan terhadap air dan juga memiliki rubber outsole yang tidak licin dan anti slip. Tanpa mengabaikan sisi kenyamanan, sepatu ini memiliki fitur compact insole yang akan membuat sepatu ini terasa nyaman saat dipakai.

6. Salomon X Ultra 2 GTX

6. Salomon X Ultra 2 GTX

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.722.000

Stabil untuk medan yang berat dan berbatu

Salomon X Ultra 2 GTX adalah sepatu yang mempunyai tingkat kenyamanan yang tinggi dan beban yang cukup ringan seperti trail running shoes. Namun, sepatu ini memiliki ketahanan, kualitas, dan daya cengkram yang optimal selayaknya sepatu hiking pada umumnya. Selain itu, sepatu ini lebih stabil digunakan di berbagai medan yang keras seperti medan bebatuan.

Materialnya sangat ringan dan terdapat fitur anti slip agar Anda tidak mudah tergelincir saat menggunakannya.  Sepatu ini terbuat dari bahan Gore-Tex sehingga lebih tahan air dan awet. Bahan sepatu ini juga breatheable agar kaki tidak mudah lembap dan kulit tetap bisa bernapas di dalamnya. Hiking lalu turun hujan? Tak khawatir lagi dengan sepatu ini!

5. La Sportiva Primer Low GTX

5. La Sportiva Primer Low GTX

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.392.000

Kaki tidak mudah gerah dengan teknologi nano-cell

La Sportiva Primer Low GTX Sepatu hiking ini dilengkapi dengan bahan Gore-Tex surround technology yang dapat memberikan perlindungan 360 derajat terhadap air dan memberikan perlindungan maksimal saat medan sedang basah karena hujan ataupun genangan air.  Bahan lain yang digunakan yaitu kain mesh agar kulit kaki tetap bisa bernapas.

Teknologi nano-cell pada sepatu ini membuat kaki tidak mudah gerah saat cuaca panas. Selain itu, bahannya juga ringan dan nyaman digunakan. Dengan keunggulan tersebut, kaki Anda tidak akan mudah lelah dan panas meskipun melakukan pendakian dalam waktu yang lama. Menginap berhari-hari di gunung? Inilah sepatu yang sesuai untuk Anda!

4. The North Face Ultra 109 GTX

4. The Nort Face Ultra 109 GTX

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.142.000

Sepatu khusus pria dengan ketahanan dan perlindungan optimal

Apakah Anda menginginkan sepatu yang memiliki keunggulan jenis hiking dengan tingkat ketahanan dan perlindungan sebaik sepatu trekkingJika iya, maka The North Face Ultra 109 GTX dapat menjawab keinginan Anda. Dengan Gore-Tex extended comfort range membrane, sepatu ini memiliki ketahanan terhadap air tetapi tidak membuat kaki mudah gerah saat cuaca panas.

Sepatu ini memang memiliki beban yang ringan, tetapi daya tahannya sangat kuat. Selain itu, sepatu ini juga dilengkapi dengan double ultraTAC rubber sole yang membuat pijakan lebih stabil dan kuat di permukaan basah dan kering. Dari segi perlindungan, sepatu ini dilengkapi dengan snake plate pada solnya yang dapat melindungi kaki Anda dari bebatuan yang keras dan tajam.

3. Karrimor Hot Route Sn00

3. Karrimor Hot Route Sn00

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 799.000

Nyaman digunakan dan memiliki berbagai pilihan warna yang trendi

Karrimor Hot Route Sn00 adalah sepatu trekking yang diciptakan dengan berbagai pilihan kombinasi warna. Desainnya trendi, dan memiliki tingkat perlindungan dan kenyamanan yang optimal. Untuk Anda yang ingin memiliki sepatu trekking yang fashinable dan kuat dengan warna yang dapat dipilih sesuai selera, maka sepatu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Sepatu ini dibuat dengan bahan suede dan sintetis yang tahan air dan kuat dibagian atasnya sehingga sepatu ini sangat aman untuk digunakan pada medan yang basah. Bantalan pada bagian bawah pergelangan kaki dan tumit didesain cukup lembut dan empuk, hal itu akan membuat kaki Anda nyaman dan tidak mudah lelah saat berjalan.

2. HI-TEC Sequoia Low I WP

2. HI-TEC Sequoia Low I WP

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 936.000

Sepatu antibau dan antibakteri yang menjaga kesegaran kaki Anda

Jika Anda menginginkan sepatu gunung yang nyaman dan juga memiliki perlindungan terhadap bakteri, HI-TEC Sequoia Low I WP bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk Anda. Sepatu ini dilengkapi dengan ortholite shockliner yang menghasilkan bantalan yang nyaman, dapat mencegah bakteri yang menyebabkan kaki mudah lembap dan bau.

Permukaan sepatu ini terbuat dari bahan suede leather tahan air dan dilengkapi dengan dri-tec yang membuat kaki tidak mudah gerah dan tetap kering lebih lama. Selain itu, sepatu ini juga dilengkapi dengan i-shield yang dapat menolak air dan noda. Sepatu ini memiliki sol bagian luar berbahan MTD rubber dengan tekstur kasar yang memiliki perpaduan antara stabilitas dan fleksibilitas untuk mengatasi perubahan medan.

1. HI-TEC Altitude Trek Low I WP

1. HI-TEC Altitude Trek Low I WP

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 850.000

Langkah lebih ringan dengan treklite EVA midsole

HI-TEC Altitude Trek Low I WP dapat menjadi pilihan untuk Anda yang menginginkan sepatu trekking yang kuat dan ringan. Dilengkapi dengan treklite EVA midsole ringan dan bantalan yang baik sehingga langkah Anda akan lebih ringan, nyaman, dan kaki Anda tidak mudah lelah. Bahan full-grain leather dan moisture-wicking lining-nya membuat sepatu ini tahan air.

Sepatu ini dilengkapi dengan sol bagian luar berbahan MTD carbon rubber yang kuat dan dirancang kusus untuk meningkatkan daya cengkram pada pijakan sehingga membuat sepatu ini lebih stabil dan anti slip. Dengan menggunakan sepatu ini, kaki Anda akan terlindungi dan nyaman meskipun melangkah di atas permukaan yang keras dan kasar.

Cara merawat sepatu gunung

Cara merawat sepatu gunung

Jangan melakukan perawatan pada sepatu gunung yang memiliki bahan berkualitas tinggi seperti Gore-Tex seperti merawat sepatu biasa, karena hal itu dapat menyebabkan sepatu tersebut kehilangan performa dan ketahanannya terhadap air. Sebaiknya gunakanlah semprotan tahan air untuk membuat sepatu lebih tahan lama.

Setelah menggunakannya, sebaiknya bersihkan sepatu dengan hati-hati. Jangan gunakan sikat yang kasar, tetapi gunakanlah spons yang lembut untuk membersihkannya. Jika sol dan tali sepatu terlalu kotor, maka lepaslah dari sepatu dan cuci secara menyeluruh dengan menggunakan deterjen yang ringan. Jangan lupa untuk memeriksa bagian bawah sol pada sepatu, bersihkan dan lepaslah jika ada kerikil yang tersangkut pada bagian bawah sol.

Sebaiknya, jangan merendam sepatu dengan deterjen dalam waktu yang terlalu lama. Hal itu memang dapat merontokkan kotoran, tetapi juga akan merontokkan lapisan tahan air yang ada pada sepatu. Jadi, berhati-hatilah saat merawat sepatu gunung Anda.

Kesimpulan

Demikian tips dari kami dalam memilih dan merawat sepatu trekking dengan baik serta 10 rekomendasi sepatu trekking model low cut terbaik yang kami pilih berdasarkan kelebihannya masing-masing. Pastikan Anda memilih yang sesuai dengan fungsi dan medan yang akan Anda tempuh. Bagi Anda para pendaki, pasti sangat penting untuk memilih sepatu trekking yang tepat untuk melindungi kaki Anda. Dengan sepatu trekkingkini Anda dapat mendaki lebih aman dan nyaman.