10 Rekomendasi Webcam Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Webcam Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Dulunya, webcam hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan menggunakan aplikasi chatting di Internet seperti Skype, Yahoo! Messenger, dan lainnya. Namun seiring perkembangan zaman, saat ini cukup banyak produk yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan fungsi yang sangat membantu kehidupan penggunanya, seperti webcam yang mampu menghasilkan gambar atau video dengan resolusi tinggi, yang dilengkapi fungsi pengawasan atau perekaman, dan lainnya.

Banyaknya produsen dan pilihan webcam di pasaran tentu akan membingungkan bagi Anda. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan tentang poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih webcam kemudian memperkenalkan produk rekomendasi yang dapat Anda jadikan referensi untuk menemukan webcam terbaik yang Anda butuhkan.

Daftar isi

Cara memilih webcam

Jika Anda pergi ke toko kamera untuk membeli webcam, Anda akan ditawarkan berbagai jenis produk dengan fungsi yang beragam dan mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih webcam yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan beberapa poin yang perlu dipertimbangkan dalam memilih webcam.

Kualitas gambar

Kualitas gambar adalah poin terpenting yang harus Anda perhatikan dalam memilih webcam. Berikut beberapa poin yang harus Anda perhatikan agar bisa mendapatkan kualitas gambar yang maksimal pada webcam.

Jumlah piksel

Jumlah piksel

Salah satu poin penting untuk menentukan kualitas gambar pada webcam adalah jumlah pikselnya. Sama seperti pada kamera digital dan smartphone, semakin tinggi jumlah pikselnya, semakin indah gambar yang ditampilkan.

Jika biasanya Anda memperhatikan detail elemen suatu produk, seperti ukuran sensor, saat memilih kamera digital, Anda mungkin bisa mendapatkan kamera dengan kualitas gambar yang bagus. Namun pada webcam, biasanya tidak tertulis informasi terlalu detail mengenai elemen-elemennya. Oleh karena itu, cara terbaik dalam menentukan kualitas gambar adalah menggunakan jumlah piksel sebagai panduan.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa semakin indah gambarnya, semakin besar jumlah data yang dikirim melalui jaringan. Jadi, belum bisa dikatakan bahwa sebuah webcam merupakan yang terbaik hanya karena jumlah pikselnya tinggi. Karena kita berkomunikasi dengan orang lain menggunakan webcam, tidak hanya spesifikasi dan lingkungan komputer pribadi Anda, tetapi spesifikasi dari komputer di sisi lain juga berpengaruh.

Sebagai panduan, ekspresi wajah yang diperlukan untuk percakapan melalui Skype dan lain-lain dapat ditransmisikan dengan adanya lebih dari 1 juta piksel. Jika suatu webcam memiliki 2 juta piksel atau lebih, Anda bisa menampilkan huruf dan informasi lain dengan lebih terperinci.

Resolusi maksimal

Resolusi maksimal

Layar monitor LCD terdiri dari titik kecil yang disebut dots (piksel). Masing-masing titik ini menampilkan warna untuk menghasilkan output gambar pada layar komputer Anda. Dengan kata lain, semakin besar jumlah resolusi maksimal, semakin halus gambar dan video yang ditampilkan di layar.

Frame rate

Frame rate

Unit yang digunakan untuk menunjukkan seberapa halus suatu gambar disebut frame rate. Semakin besar nilai frame rate-nya, video yang ditampilkan juga semakin halus dan indah. Namun, sama seperti jumlah piksel, kehalusan dan kualitas gambar tergantung pada spesifikasi komputer, internet, dan lainnya.

Sebagai perkiraan kasar, saat Anda mengekspresikan wajah lewat video call, Anda memerlukan setidaknya 15 fps (frame per second) atau lebih, sedangkan untuk berbagi informasi terperinci melalui pengiriman internet dan lainnya, Anda memerlukan frame rate sekitar 30 fps atau lebih.

Sudut pandang

Sudut pandang

Sudut pandang menunjukkan jarak jangkauan yang bisa Anda tangkap dengan lensa. Semakin luas sudutnya, semakin luas area yang bisa tertangkap. Akan lebih baik jika webcam dipasang secara menyebar jika Anda menggunakannya untuk mengawasi hewan peliharaan atau sejenisnya.

Fitur yang tersedia

Mungkin Anda merasa cukup jika fungsi dasar sudah tersedia pada webcam yang Anda pilih. Namun saat ini, produk webcam terbaru yang dijual di pasaran telah dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan. Karena itu, penting untuk memahami fungsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk Skype atau video call

Untuk Skype atau video call

Jika Anda ingin menikmati pelajaran atau misalnya latihan percakapan bahasa Inggris lewat video call atau berkomunikasi dengan Skype menggunakan webcam, Anda perlu memastikan apakah perangkat mikrofon dan speaker terpasang atau tidak.

Fungsi mikrofon dan speaker juga sangat penting bagi orang-orang yang ingin melakukan percakapan dengan orang terkasih, seperti teman, orang tua, dan lainnya menggunakan Skype atau layanan lainnya. Tentu saja Anda dapat menambahakn headset sendiri secara terpisah. Akan tetapi, akan lebih mudah dan lebih nyaman jika fungsi tersebut telah tersedia pada bodi webcam yang Anda gunakan.

Fitur pengawas anak atau hewan peliharaan

Fitur pengawas anak atau hewan peliharaan

Webcam bisa berguna untuk mengawasi hewan peliharaan saat Anda pergi dan mereka ditinggalkan di rumah. Pemasangan webcam juga dapat digunakan untuk mengawasi bayi dan anak kecil yang tidur di kamar terpisah dengan menggunakan mode malam (night mode). Webcam dengan fungsi seperti ini memungkinkan Anda untuk memeriksa gambar yang diambil di ruangan yang cukup gelap.

Yang harus Anda perhatikan pada mode malam adalah jenis pemotretan seperti apa yang Anda bidik, dan Anda juga harus memeriksa banyaknya cahaya yang bisa ditangkap oleh webcam.

Untuk kamera pengintai

Untuk kamera pengintai

Jika Anda ingin menggunakan webcam sebagai kamera pengintai, pilihlah webcam yang dilengkapi fungsi perekaman. Hal ini bisa menjadi bukti jika ada orang yang mencurigakan.

Selain itu, jika webcam tersebut dapat disinkronisasi dengan smartphone, hal ini akan lebih efektif dalam pencegahan kejahatan. Misalnya, bila ada fungsi yang memberi tahu Anda saat ada gerakan pada layar yang Anda lihat, ini akan mempermudah Anda menyadari keberadaan orang yang mencurigakan. Untuk Anda yang terutama ingin mencegah kemalingan saat tidak ada di rumah, pertimbangkanlah webcam yang memiliki fitur ini.

Saat memasang webcam di luar ruangan, Anda juga harus memperhatikan apakah webcam itu tahan debu dan anti air. Akan tetapi, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut untuk webcam yang digunakan sehari-hari di dalam ruangan.

Perhatikan kisaran harga

Perhatikan kisaran harga

Saat memilih webcam, Anda perlu memperhatikan kisaran harga dengan hati-hati. Untuk model yang murah biasanya memiliki kisaran harga di bawah 1 juta rupiah, dari 1 juta sampai 3 juta untuk model menengah, dan lebih tinggi dari 3 juta merupakan model lanjutan. Penawaran harga mempengaruhi fungsi dan fitur suatu webcam. Jadi, Anda perlu memperhatikan kebutuhan webcam Anda.

Jika Anda hanya memerlukan webcam untuk mengobrol, Anda tidak perlu membeli model yang sangat mahal. Jika Anda menggunakannya untuk keamanan, Anda harus memilih model dengan kisaran harga yang sesuai dengan fitur yang Anda harapkan dari webcam untuk keamanan.

Fleksibilitas dalam pengaturan dan pemasangan

4. Fleksibilitas dalam pengaturan dan pemasangan

Pada dasarnya banyak orang menggunakan webcam dengan melekatkannya pada PC. Akan tetapi, ada juga orang yang ingin memasangnya selain pada PC. Dalam hal ini, ukuran bodi webcam menjadi hal penting penting yang harus diperhatikan. Jadi Anda harus memastikan penempatan webcam sebelum membeli.

Saat ini juga sudah banyak webcam yang pemasangannya sangat praktis dan Anda bisa memasangnya langsung tanpa memerlukan peralatan tambahan seperti obeng atau lainnya. Tentunya akan lebih praktis lagi jika webcam yang Anda pilih bisa tersambung lewat koneksi nirkabel sehingga pemilihan tempat pemasangan bisa lebih fleksibel tanpa perlu mempertimbangkan penggunaan kabel. Oleh karena itu, perhatikan juga apakah webcam yang akan Anda beli kompatibel dengan LAN nirkabel atau tidak.

10 Rekomendasi webcam terbaik

Setelah mengetahui cara memilih webcam secara rinci, sekarang kami akan merekomendasikan 10 produk terbaik. Anda dapat menggunakan referensi ini dalam memilih webcam yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Stopmotion Explosion Widescreen Video Webcam

10. Stopmotion Explosion Widescreen Video Webcam

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.920.000

Webcam dengan mikrofon internal dan clip multifungsi

Stopmotion Explosion Widescreen Video Webcam adalah webcam yang kompatibel baik dengan Windows dan OS X. Dengan lensa optik berkualitas, fokus manual dan kepala kamera yang dapat berputar hingga 360°, webcam ini mampu menghasilkan gambar atau video high definition beresolusi 1080 piksel.

Bodi kamera yang terbuat dari logam aluminium membuat webcam ini kuat dan kokoh. Selain itu, mikrofon internal dan clip multifungsi yang melengkapi webcam dari Stopmotion Explosion mampu menghasilkan suara yang jelas, cocok bagi Anda yang sering melakukan video call lewat Skype atau aplikasi chatting lainnya.

9. Inkerscoop Indoor & Outdoor IP Camera

9. Inkerscoop Indoor & Outdoor IP Camera

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.252.313

Kamera keamanan dengan night vision dan motion detection

Inkerscoop Indoor & Outdoor IP Camera adalah salah satu pilihan kamera pengamanan rumah yang dapat dipasang di dalam maupun luar rumah. Webcam ini memiliki housing yang waterproof, tahan cuaca, dan tahan debu sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila memasang produk ini di luar rumah.

Webcam dari Inkerscoop ini dilengkapi dengan night vision yang dapat menangkap gambar pada malam hari saat kurang cahaya. Sebagai kamera pengamanan, produk ini juga dilengkapi dengan motion detection untuk mengawasi jika ada pergerakan yang mencurigakan. Hanya dengan mengunduh aplikasi iSmartViewPro pada smartphone, Anda dapat melihat keadaan rumah, anak, hewan peliharaan, kapan saja dan di mana saja.

8. HP 2100 Webcam

8. HP 2100 Webcam

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.256.000

Webcam mungil dengan frame dan filter lucu

Meski mungil karena bobotnya hanya 181 gram, HP 2100 Webcam merupakan webcam yang mampu memenuhi kebutuhan komunikasi Anda dengan berbagai aplikasi chatting seperti Skype, Yahoo Messenger, dan lainnya. Lensa 1.3 megapiksel yang terpasang pada webcam ini mampu menghasilkan video dengan kualitas yang cukup memadai pada resolusi 640 x 480 dan 30 fps.

Mikrofon yang terintegrasi dan koneksi USB ‘Plug and Play’ memudahkan Anda untuk memasang dan menggunakan webcam dari HP ini. Webcam ini juga dilengkapi dengan beberapa frame dan filter lucu yang dapat Anda manfaatkan untuk menghasilkan gambar atau video yang unik.

7. D-Link DCS-930L Wireless N Network Camera

7. D-Link DCS-930L Wireless N Network Camera

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.067.000

Dilengkapi software khusus untuk sistem keamanan terpusat

D-Link DCS-930L Wireless N Network Camera didesain untuk bisa terhubung lewat koneksi Wi-Fi untuk menjadi solusi terbaik dalam mengawasi rumah atau kantor Anda. Kamera pengamanan ini dapat mendeteksi suara dan gerakan serta menghubungkannya kepada Anda melalui Wi-Fi sehingga Anda dapat memeriksa gambar atau videonya kapan pun dan di mana pun.

Produk ini juga dilengkapi dengan software D-ViewCam yang dapat Anda tambahkan jika Anda menginginkan sistem keamanan yang penuh. Software tersebut mampu mengelola beberapa jaringan kamera beresolusi 640 x 480 pada 20 fps ini secara terpusat hingga 32 network camera dan 64 pengguna. Dengan sistem pengawasan yang lengkap dan terpusat, Anda dapat mengawasi rumah atau kantor Anda dengan lebih maksimal.

6. Ausdom Webcam AW615

6. Ausdom Webcam AW615

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.147.080

Webcam yang bisa diputar hingga 360° sesuai keinginan Anda

Salah satu webcam yang menawarkan resolusi tinggi untuk gambar yang lebih jelas adalah Ausdom Webcam AW615, dengan resolusi 1920 x 1080 pada 30fps. Built-in microphone pada webcam ini juga membuat Anda mampu berbicara saat merekam gambar pada saat yang bersamaan yang tentu saja menghasilkan suara yang lebih jelas pada video Anda.

Anda dapat menyesuaikan posisi webcam dari Ausdom ini sesuai dengan selera Anda karena bagian kepalanya bisa diputar hingga 360°, sedangkan bagian handle-nya dapat berputar 180°. Dengan aperture yang luas, lensa 12 megapiksel, dan fokus yang dapat disesuaikan secara manual, webcam ini dapat digunakan pada malam dan siang hari secara maksimal.

5. Panasonic BL-C1A Network Camera

5. Panasonic Network Camera

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 9.954.000

Webcam dengan lensa hingga 10x digital zoom

Jika Anda sering meninggalkan rumah dan tetap ingin mengawasi kondisi hewan peliharaan Anda, Panasonic BL-C1A Network Camera ini bisa menjadi pilihan! Dengan lensa berfokus tetap pada rentang 0,3 m hingga tak terhingga, webcam ini dapat menghasilkan gambar atau video hewan kesayangan Anda dengan lebih jelas tanpa blur.

Lensa digital zoom yang melengkapi webcam ini mampu memperbesar gambar hingga 10 kali untuk mencapai jarak jangkauan yang maksimal. Webcam dari Panasonic ini juga dapat disinkronisasi dengan smartphone sehingga Anda dapat mengontrol webcam dan melihat rekamannya langsung pada smartphone Anda.

4. LG AN-VC500 Video Call Camera

4. LG AN-VC500 Video Call Camera

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 7.480.000

Webcam dengan resolusi hingga 1920 x 1280

LG AN-VC500 Video Call Camera memiliki kemampuan untuk melakukan panggilan video dan suara melalui internet dengan resolusi gambar full HD 1080p pada 15-30 fps di layar LG Smart TV Anda. Webcam ini bahkan masih mampu memaksimalkan resolusi hingga 1920 x 1280 yang akan menghasilkan kualitas video yang jelas dan jernih.

Dua mikrofon built-in yang terpasang pada webcam ini dapat meningkatkan kualitas suara sehingga suara terdengar lebih jelas. Webcam ini juga dilengkapi dengan fungsi zoom cerdas yang memungkinkan Anda untuk melakukan zoom pada lokasi yang Anda inginkan. Namun sayangnya, produk ini hanya kompatibel pada LG Smart TV yang diproduksi pada tahun tertentu. Jadi, pastikan untuk terlebih dahulu mengecek apakah webcam ini bisa digunakan pada TV Anda.

3. Papalook 720p Webcam PA150

3. Papalook 720p Webcam PA150

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 756.000

Webcam yang mudah dipasang dengan tegak pada komputer

Papalook 720p Webcam PA150 merupakan webcam dengan layar lebar yang menawarkan kualitas gambar dan video yang tinggi hingga 720 p pada 30 fps. Dengan slogan “Plug and Go”, webcam ini mudah dihubungkan pada komputer dan Anda langsung bisa menggunakannya untuk menghubungi orang-orang terdekat Anda.

Built-in microphone yang terpasang pada webcam dari Papalook ini mampu mengurangi kebisingan pada background sehingga menghasilkan suara yang lebih jernih dan jelas. Webcam dengan fokus 30 cm hingga tak terhingga ini bisa menangkap gambar lebih luas untuk sudut pandang yang lebih memuaskan. Skidproof camera mount pada webcam ini juga memudahkan Anda memasangnya dengan tegak pada komputer, laptop atau notebook Anda.

2. Logitech C922 Pro Stream Webcam

2. Logitech C922 Pro Stream Webcam

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.390.000

Webcam dengan fitur automatic low light correction

Logitech C922 Pro Stream Webcam ini didesain dengan fitur yang mampu memaksimalkan proses streaming dan perekaman. Dengan kejernihan gambar beresolusi tinggi, yaitu 1080 p pada 30 fps atau 720 p pada 60 fps, Anda dapat mengirimkan video secara langsung dengan kualitas full HD. Dua mikrofon yang menempel pada webcam ini mampu menangkap suara dari berbagai arah dengan kejernihan tinggi.

Selain itu, webcam dari Logitech ini juga dilengkapi dengan automatic low light correction yang berfungsi mengatur proses pengambilan gambar secara otomatis dengan menyesuaikan kondisi cahaya di dalam ruangan. Dengan fitur tersebut, webcam keluaran Logitech ini akan tetap menghasilkan video yang jernih meski Anda berada pada ruangan dengan cahaya yang minim.

1. Microsoft LifeCam Studio

1. Microsoft LifeCam Studio

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.208.000

Webcam dengan kualitas warna dan resolusi video yang tinggi

Microsoft LifeCam Studio merupakan webcam yang memiliki sertifikat resmi dari Skype sehingga sangat cocok untuk Anda para pengguna aktif Skype. Dengan resolusi video VGA yang melebihi 1080 p, Anda akan mendapatkan video dengan kualitas yang sangat tinggi.

Webcam dari Microsoft ini dilengkapi dengan teknologi TrueColor sehingga mampu menampilkan warna-warna cerah dan cantik pada video Anda dalam semua kondisi cahaya. Webcam ini juga mampu mengunci subjek dengan fokus otomatis untuk hasil video yang stabil. Selain itu, produk ini juga memiliki mikrofon built-in dengan hasil suara premium.

Kesimpulan

Webcam telah menjadi barang yang wajar dimiliki di zaman digital seperti saat ini. Keberadaannya membuat jarak tidak lagi menjadi penghalang untuk berkomunikasi dengan orang terkasih. Bahkan pengawasan kantor, rumah, anak, hingga hewan peliharaan pun dapat dilakukan secara jarak jauh dengan bantuan webcam.

Jika Anda memerlukan webcam hanya untuk mengobrol, Anda tidak perlu membeli model dengan harga yang mahal. Namun, jika Anda akan menggunakannya sebagai sistem keamanan, Anda harus memilih model yang menawarkan fitur yang maksimal. Semoga artikel rekomendasi kami kali ini dapat membantu Anda menemukan webcam yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!