• 10 Rekomendasi Webcam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Webcam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Webcam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Webcam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Webcam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Webcam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Saat ini, kebutuhan akan penggunaan webcam makin meningkat. Hal tersebut karena meningkatnya aktivitas pertemuan virtual, seperti kelas, meeting, dan konferensi online. Banyak produk webcam bagus yang dikeluarkan berbagai perusahaan elektronik yang kompatibel baik di laptop maupun PC.

Kali ini, kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikan saat hendak membeli webcam. Ada berbagai kriteria yang perlu Anda perhatikan, mulai dari resolusi, frame per second, dan lainnya. Selanjutnya, kami juga akan merekomendasi produk yang bisa menjadi pertimbangan Anda, seperti merk Logitech, Microsoft, dan lainnya. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Alison Juniansyah
Clausie
  • Pembaharuan terakhir: 17 Agustus 2021
  • 80.200 Views
Daftar isi

Cara memilih webcam

Ada beberapa poin yang perlu Anda pastikan saat memilih webcam. Mulai dari kualitas hasil gambar, fitur, hingga karakteristik produsennya. Kami akan menjelaskannya satu per satu untuk Anda.

Periksa kualitas gambar yang dihasilkan

Saat memilih webcam, hal yang paling penting untuk dipertimbangkan pertama kali adalah kualitas hasil gambar kameranya. Inilah beberapa poin penting untuk memilih produk dengan hasil gambar yang bersih dan jernih!

Resolusi mencukupi untuk menghasilkan gambar yang jernih

Resolusi mencukupi untuk menghasilkan gambar yang jernih

Kualitas gambar pada webcam ditentukan dari jumlah piksel dan resolusi maksimum dari kameranya. Makin besar jumlah piksel serta resolusi maksimumnya, gambar yang dihasilkan juga akan makin halus dan jernih. Kami menyarankan Anda memilih webcam dengan resolusi setidaknya 720p atau 1080p. Resolusi tersebut menghasilkan tampilan yang jernih untuk dilihat. 


Namun, ada juga faktor lain yang memengaruhi kualitas gambar, seperti koneksi internet, spesifikasi PC, serta aplikasi yang digunakan. Jadi, jangan lupa pertimbangkan pula faktor-faktor tersebut.


Anda pun perlu mengetahui jika resolusi maksimum yang dapat digunakan pada tiap-tiap aplikasi juga berbeda. Contohnya, resolusi maksimum pada aplikasi Zoom adalah 720p dengan kualitas HD. Sementara itu, resolusi maksimum Skype mencapai 1080p di full HD.

FPS memadai untuk mendukung hasil video yang halus

FPS memadai untuk mendukung hasil video yang halus

Tidak hanya kualitas gambarnya, webcam yang bagus juga harus dapat menghasilkan video yang terlihat halus. Tingkat kehalusan video dalam webcam ini dipengaruhi oleh nilai frame rate per second (FPS).

Jika Anda menginginkan video dengan gerak gambar yang halus, pilihlah webcam dengan frame rate tinggi. Untuk kebutuhan video call atau pertemuan virtual, pilihlah webcam dengan 15 fps atau lebih. 


Bila Anda menginkan gambar yang lebih jernih dan halus lagi, gunakanlah webcam dengan frame rate 30 fps. Selain itu, untuk kebutuhan konten di Youtube atau media sosial lainnya, sebaiknya Anda memilih webcam dengan frame rate 60 fps. 


Sama seperti poin sebelumnya, ada faktor eksternal yang memengaruhi kualitas video, seperti spesifikasi PC, koneksi internet dan lainnya. Maka dari itu, Anda juga perlu memeriksa aplikasi yang digunakan dan spesifikasi PC Anda.

Cek besaran bidang pandang dan jenis penempatan webcam

Cek besaran bidang pandang dan jenis penempatan webcam

Bidang pandang menunjukkan luas yang dapat dijangkau oleh lensa webcam. Makin besar angkanya, maka makin luas juga jangkauan yang dapat ditangkap oleh lensa.


Apabila Anda menggunakan webcam untuk diri sendiri, Anda tidak memerlukan bidang pandang yang terlalu luas. Namun jika bidang pandang webcam terlalu sempit, Anda pun akan kesulitan saat menyesuaikan tampilan Anda di layar. Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati sebelum memilih.


Jika Anda ingin menampilkan banyak orang dalam konferensi web, pilihlah produk dengan sudut pandang yang luas. Ada juga produk yang bagian lehernya dapat berputar hingga 360 derajat. Webcam tipe ini mampu memproyeksikan area perekaman yang luas.


Perhatikan juga jenis instalasi webcam-nya, apakah mode klip atau dudukan. Untuk webcam mode klip, Anda dapat menjepitkan webcam di bagian atas monitor Anda. Sementara itu, untuk mode dudukan, Anda membutuhkan area datar agar webcam dapat berdiri. Sebagian webcam juga mendukung pemakaian dengan menggunakan tripod.

Pilih yang dapat menunjang aktivitas Anda

Selain fungsi normal kamera, ada banyak webcam yang dilengkapi dengan berbagai fungsi tambahan. Pilihlah produk dengan fungsi dan fitur yang sesuai dengan tujuan pemakaian Anda.

Video call dan konferensi web, perhatikan sudut pandang sesuai jumlah pengguna

Video call dan konferensi web, perhatikan sudut pandang sesuai jumlah pengguna

Pada umumnya, webcam digunakan untuk melakukan video call atau meeting online dengan menggunakan apps tertentu. Selain itu, webcam juga digunakan untuk menghadiri konferensi jarak jauh. Anda pun perlu memperhatikan angle of view yang ditangkap oleh webcam dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. 


Hal ini karena spesifikasi yang dibutuhkan untuk meeting online dan konferensi web akan berbeda tergantung jumlah penggunanya. Jika Anda menggunakan webcam untuk menampilkan banyak orang, pilihlah produk dengan sudut pandang (angle of view) yang luas.

Membuat konten, perhatikan resolusi dan frame rate untuk hasilkan video yang jernih

Membuat konten, perhatikan resolusi dan frame rate untuk hasilkan video yang jernih

Akhir-akhir ini, mengunggah konten video di media sosial seperti Youtube, TikTok, Facebook, dan lainnya makin populer. Jika Anda hendak membuat video menggunakan webcam, pilihlah produk dengan spesifikasi tinggi. 


Sekarang ini, banyak perusahaan memproduksi webcam dengan kualitas tinggi, seperti resolusi 4K dan frame rate 60 fps. Selain itu, ada tipe webcam dengan spesifikasi tinggi yang memiliki fungsi perekaman pada bodi kameranya. Jenis ini menjadi menjadi salah satu produk yang populer untuk content creator.

Memantau keadaan, gunakan webcam yang dilengkapi fitur mode malam

Memantau keadaan, gunakan webcam yang dilengkapi fitur mode malam

Beberapa webcam digunakan untuk memantau keadaan, seperti memastikan kondisi bayi yang tidur, anak kecil, serta hewan peliharaan. Jika Anda menggunakan webcam untuk tujuan ini, akan lebih efektif untuk memilih produk yang memiliki mode malam. 


Dengan fitur tersebut, Anda dapat memastikan keadaan, bahkan dalam keadaan gelap. Selain itu, ada juga produk yang memiliki fungsi mesin penjawab. Anda dapat berbicara melalui kamera layaknya menggunakan alat komunikasi sehingga sangat berguna dalam keadaan darurat. Sayangnya, jenis ini masih cukup sulit ditemukan di Indonesia.

Pilih webcam yang mempunyai mikrofon internal

Pilih webcam yang mempunyai mikrofon internal

Sebagian besar webcam dilengkapi dengan mikrofon internal. Namun, ada juga beberapa produk yang tidak memiliki mikrofon internal. Maka dari itu, pastikan untuk mengeceknya juga, ya. 


Jika digunakan bersama-sama, sebaiknya pilihlah webcam dengan dual stereo microphone. Jangkauan suara yang ditangkap oleh jenis mikrofon ini lebih luas. Dengan demikian, suara Anda dan rekan Anda akan sama-sama terdengar jelas.


Selain itu, ada juga webcam yang memiliki fitur noice reduction pada mikrofonnya. Fitur ini berfungsi mengurangi kebisingan sehingga suara yang ditangkap pun jadi lebih jernih. Jika Anda mengutamakan kualitas suara pada mikrofon, periksa juga fitur ini.

Periksa karakteristik webcam dari setiap produsen

Jika masih belum tahu ingin pilih yang mana, Anda juga bisa memilih produk dari produsen populer. Ada beberapa produsen yang sudah cukup terkenal seperti Logitech, Microsoft, dan lainnya. 

Logitech, desain stylish dan modis sehingga sangat populer

Logitech, desain stylish dan modis sehingga sangat populer

Logitech menjadi salah satu perusahaan yang menyediakan berbagai perlengkapan komputer dengan berbagai tipe. Produk-produk keluaran Logitech pun populer di banyak negara, salah satunya Indonesia. Hal ini karena Logitech terkenal dengan tampilan produknya yang modern dan modis.


Produk-produk Logitech ini dibuat sesuai dengan tujuan penggunaannya. Ada yang ringkas, dapat dilipat, dan nyaman untuk dibawa. Ada juga webcam untuk membuat konten video yang telah didukung resolusi 4K dengan refresh rate 60 fps. Anda pun dapat memilih webcam yang menunjang kegiatan Anda.

Razer, video berkualitas tinggi di kondisi cahaya apa pun

Razer memproduksi webcam tidak hanya untuk sebatas streaming tapi juga konferensi web. Jenis webcam dari Razer ini direkomendasikan untuk Anda para gamers atau profesional yang selalu melakukan rapat online


Webcam Razer memiliki fitur adaptive light sensor, ultra-sensitive CMOS, dan teknologi Starvis. Fitur-fitur tersebut mendukung hasil gambar yang jernih meskipun di kondisi minim pencahayaan. Webcam dari Razer ini mampu menyajikan video dengan kualitas full HD 1080p di 60 fps. Selain itu, ada juga pilihan kualitas video dan fps yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

NYK Nemesis, webcam kelas entry level dengan kualitas tinggi

NYK Nemesis, webcam kelas entry level dengan kualitas tinggi

Webcam dari NYK Nemesis ini direkomendasikan untuk para pemula, baik untuk kebutuhan profesional atau sekadar streaming gaming. Meskipun tergolong dalam entry level, webcam NYK Nemesis ini sudah menghasilkan video beresolusi tinggi. Hal ini berkat fitur yang dimilikinya, seperti auto focus, auto exposure white balance, full HD glass lens, dan lainnya. 


Tidak hanya itu, mic dari webcam ini juga sudah didukung dengan noice reducing. Dengan demikian, suara Anda pun akan terdengar jelas tanpa ada gangguan yang berarti.

Microsoft, siap untuk berbagai kebutuhan, personal hingga meeting virtual

Microsoft menawarkan webcam untuk berbagai kebutuhan, mulai dari chit-chat bersama sahabat hingga rapat yang serius. Microsoft setidaknya memproduksi tiga jenis webcam, yakni Microsoft LifeCam Studio, Microsoft LifeCam Cinema, Microsoft LifeCam HD-3000. 


Webcam tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi TrueColor dan ClearFrame. Maka dari itu, webcam mampu menghasilkan video dengan tampilan warna yang tajam. Karena video tetap tampak cerah di berbagai kondisi pencahayaan, Anda lebih bebas menggunakannya baik saat siang maupun malam hari. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

LogitechPlug and Play HD 720p Video Calling

C270

Mulai dari Rp 600.000,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi webcam terbaik

Setelah mengetahui cara memilih webcam secara rinci, sekarang kami akan merekomendasikan sepuluh produk webcam terbaik. Anda dapat menggunakan referensi ini dalam memilih webcam yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan.
10
Resolusi/FPS1080p/30 fps
Bidang pandangTidak disebutkan
Mikrofon internalAda
Mode instalasiTidak disebutkan
OS yang kompatibelTidak disebutkan
Panjang kabel1,5 meter
9
Resolusi/FPS1080p/30 fps
Bidang pandang69 derajat
Mikrofon internalAda (digital)
Mode instalasiKlip, dudukan
OS yang kompatibelTidak disebutkan
Panjang kabel1,8 meter
8
Resolusi/FPS1080p/30 fps
Bidang pandangTidak disebutkan
Mikrofon internalAda
Mode instalasiTidak disebutkan
OS yang kompatibelTidak disebutkan
Panjang kabelTidak disebutkan
7
Resolusi/FPS 720p/30 fps
Bidang pandang60 derajat
Mikrofon internalAda (mono)
Mode instalasiKlip
OS yang kompatibelWindows® 10 atau versi terbaru, Windows 8, Windows 7
Panjang kabel1,5 meter
6

MicrosoftLifeCam HD-3000

T3H-00014

Mulai dari Rp 715.000,00

Resolusi/FPS720p/30 fps
Bidang pandangTidak disebutkan
Mikrofon internalAda (unidirectional)
Mode instalasiDudukan
OS yang kompatibelTidak disebutkan
Panjang kabelTidak disebutkan
5
Resolusi/FPS1080p/30 fps
Bidang pandangTidak disebutkan
Mikrofon internalAda (omnidirectional)
Mode instalasiKlip, dudukan
OS yang kompatibelWindows XP, Windows 7 (32 bits or 64 bits), Windows 8, Windows 10, Mac OS 10.6 ke atas, Android V5.0 atau di atasnya
Panjang kabel1,5 meter
4
Resolusi/FPS1080p
Bidang pandang120 derajat, 90 derajat
Mikrofon internalAda
Mode instalasiKlip, dudukan, tripod
OS yang kompatibelTidak disebutkan
Panjang kabel1,4 meter
3
Resolusi/FPS1080p/30 fps・720p/60 fps
Bidang pandang78 derajat
Mikrofon internalAda (dual stereo)
Mode instalasiKlip, dudukan, tripod
OS yang kompatibelWindows® 10 atau versi terbaru, Windows 8, Windows 7
Panjang kabel1,5 m
2
Resolusi/FPS1080p/30 fps・720p/60 fps・480p/30 fps・360p/30 fps
Bidang pandang81,6 derajat
Mikrofon internalAda (omnidirectional)
Mode instalasiKlip, dudukan
OS yang kompatibelWindows® 7 (or higher)
Panjang kabel1,5 meter
1

LogitechBrio Ultra HD Pro Business Webcam

Mulai dari Rp 3.699.000,00

Resolusi/FPS4K/30 fps・1080p/30 fps atau 60 fps・720p/30 fps, 60 fps, atau 90 fps
Bidang pandang 90 derajat, 78 derajat, 65 derajat
Mikrofon internalAda (stereo, dual omnidirectional)
Mode instalasiKlip, dudukan
OS yang kompatibelWindows 7 atau versi terbaru, macOS 10.10 ke atas, Chrome OS™ Versi 29.0.1547.70 ke atas.
Panjang kabel2,2 meter

Tabel perbandingan produk webcam terbaik

Gambar produk
1
Logitech Brio Ultra HD Pro Business Webcam 1

Logitech

2
Razer Kiyo 1

Razer

3
Logitech C922 1

Logitech

4
Jete W7 1

Jete

5
AUSDOM AW635 1

AUSDOM

6
Microsoft LifeCam HD-3000 1

Microsoft

7
Logitech C310 1

Logitech

8
NYK Nemesis A-90 Everest 1

NYK Nemesis

9
M-Tech WB500 1

M-Tech

10
SPC  WC02 1

SPC

Nama produk

Brio Ultra HD Pro Business Webcam

Kiyo

C922

W7

AW635

LifeCam HD-3000

C310

A-90 Everest

WB500

WC02

Keunggulan

Rekam gambar lebih jernih dengan resolusi tinggi 4K

Siap lakukan streaming malam hari dengan ring light

Gambar jernih dengan suara lebih jelas!

Bidang pandang luas untuk lakukan video call beramai-ramai

Kompatibilitas tinggi! Nyaman lakukan streaming di berbagai platform

Hadirkan video yang selalu cerah dan berwarna dengan fitur TrueColor

Si kecil yang elegan dengan klip kukuh

Desain unik fold and go, praktis dibawa bepergian

Live streaming dengan video berkualitas untuk gamers pemula

Pilihan harga terjangkau untuk pertemuan virtual harian Anda

Harga mulai dariRp 3.699.000,00Rp 2.105.000,00Rp 1.999.000,00Rp 1.065.000,00Rp 800.000,00Rp 715.000,00Rp 695.000,00Rp 430.000,00Rp 225.000,00Rp 195.000,00
Resolusi/FPS4K/30 fps・1080p/30 fps atau 60 fps・720p/30 fps, 60 fps, atau 90 fps1080p/30 fps・720p/60 fps・480p/30 fps・360p/30 fps1080p/30 fps・720p/60 fps1080p1080p/30 fps720p/30 fps 720p/30 fps1080p/30 fps1080p/30 fps1080p/30 fps
Bidang pandang 90 derajat, 78 derajat, 65 derajat81,6 derajat78 derajat120 derajat, 90 derajatTidak disebutkanTidak disebutkan60 derajatTidak disebutkan69 derajatTidak disebutkan
Mikrofon internalAda (stereo, dual omnidirectional)Ada (omnidirectional)Ada (dual stereo)AdaAda (omnidirectional)Ada (unidirectional)Ada (mono)AdaAda (digital)Ada
Mode instalasiKlip, dudukanKlip, dudukanKlip, dudukan, tripodKlip, dudukan, tripodKlip, dudukanDudukanKlipTidak disebutkanKlip, dudukanTidak disebutkan
OS yang kompatibelWindows 7 atau versi terbaru, macOS 10.10 ke atas, Chrome OS™ Versi 29.0.1547.70 ke atas.Windows® 7 (or higher)Windows® 10 atau versi terbaru, Windows 8, Windows 7Tidak disebutkanWindows XP, Windows 7 (32 bits or 64 bits), Windows 8, Windows 10, Mac OS 10.6 ke atas, Android V5.0 atau di atasnyaTidak disebutkanWindows® 10 atau versi terbaru, Windows 8, Windows 7Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Panjang kabel2,2 meter1,5 meter1,5 m1,4 meter1,5 meterTidak disebutkan1,5 meterTidak disebutkan1,8 meter1,5 meter
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan komputer lainnya di sini

Kini, saatnya Anda melihat rekomendasi produk pelengkapan komputer lainnya yang juga menunjang aktivitas Anda. Ada berbagai perlengkapan komputer yang telah kami ulas, seperti mouse, monitor, dan lainnya. Bacalah artikel yang Anda butuhkan pada link di bawah ini.

Kesimpulan

Keberadaan webcam kini menunjang berbagai aktivitas Anda, mulai dari pertemuan, rapat, hingga sekolah. Maka dari itu, penting untuk memilih produk yang berkualitas sehingga interaksi virtual Anda tidak terganggu.


Jika penggunaannya hanya untuk mengobrol, Anda tidak perlu membeli model dengan harga yang mahal. Namun, jika Anda menggunakan webcam untuk kebutuhan pekerjaan, pilihlah produk dengan fitur yang menunjang aktivitas Anda. Semoga artikel kami dapat membantu Anda menemukan webcam terbaik sesuai kebutuhan, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan nama kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam, seperti ANKER, AUKEY, dan ENERGEA.Pada artikel ini, kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih dan membeli kabel data iPhone. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang dapat Anda pesan secara online. Simak artikelnya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
    154.463 Views
  • 10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat bermain games di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Samsung, AOC, dan Xiaomi memiliki monitor dengan kualitas yang baik.Lalu, faktor apa yang mempengaruhi kualitas monitor? Anda tentu bingung saat ingin memilihnya. Karena itu, kami akan merekomendasikan sepuluh merek gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Sebelumnya, kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
    113.139 Views
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ketika ingin mencetak foto atau dokumen di rumah, printer sangat diperlukan. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga semakin mudah, karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan ulasan untuk memilih printer berdasarkan fungsinya, mulai dari printer dengan fungsi tunggal hingga yang multifungsi. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan HP. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
    136.524 Views
  • 10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Wireless mouse menjadi perlengkapan komputer pilihan karena dikenal kepraktisannya. Terlebih jika Anda sering terganggu dengan mouse kabel, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan wireless mouse. Saat ini ada banyak jenis mouse dengan spesifikasi yang beragam, seperti sistem koneksi, sumber daya, hingga bentuknya. Hal ini mungkin akan membingungkan Anda.Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih wireless mouse. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan referensi dari Microsoft, Logitech, HP, dan lainnya. Bacalah dengan teliti dan pilih wireless mouse dengan spesifikasi yang Anda butuhkan.
    Aksesori komputer & laptop
    76.818 Views
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Cooling pad menjadi perlengkapan yang berfungsi menurunkan suhu saat laptop panas. Biasanya, laptop sudah mempunyai sistem pendinginnya sendiri. Meskipun demikian, terkadang laptop tidak mampu membuat mesinnya dingin sehingga harus diatasi dengan menggunakan cooling pad.Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih cooling pad yang bagus. Setelah itu, kami juga akan mengulas beberapa merk yang bisa jadi referensi pilihan, seperti Cooler Master, Havit, dan lainnya. Kami juga berkolaborasi dengan software engineer, Yosua Surojo dalam artikel ini. Silakan baca dengan teliti dan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Aksesori komputer & laptop
    51.147 Views
  • 10 Rekomendasi Mouse Logitech Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mouse Logitech Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mouse Logitech sudah diakui kenyamanannya. Merk ini memiliki deretan mouse yang bagus untuk berbagai keperluan. Wireless mouse dan wired mouse dari Logitech sama-sama nyaman di genggaman. Ada yang produknya terhubung via kabel, ada yang via Bluetooth.Kali ini, kami akan membahas cara memilih mouse Logitech yang tepat untuk Anda. Butuh mouse untuk pekerjaan? Logitech b100, m170, m331, dan m185 bisa dipilih. Sementara itu, Logitech G102 dan G3014 pas untuk Anda yang mencari gaming mouse. Untuk memudahkan Anda, kami telah menyiapkan rekomendasi produk terbaik beserta ulasannya. Yuk, dimulai saja!
    Aksesori komputer & laptop
    4.383 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori