mybest
Trekking pole

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Perlengkapan outdoor
  4. 10 Rekomendasi Trekking Poles Terbaik [Ditinjau oleh Outdoor Activist]
  • 10 Rekomendasi Trekking Poles Terbaik  [Ditinjau oleh Outdoor Activist] 1
  • 10 Rekomendasi Trekking Poles Terbaik  [Ditinjau oleh Outdoor Activist] 2
  • 10 Rekomendasi Trekking Poles Terbaik  [Ditinjau oleh Outdoor Activist] 3
  • 10 Rekomendasi Trekking Poles Terbaik  [Ditinjau oleh Outdoor Activist] 4
  • 10 Rekomendasi Trekking Poles Terbaik  [Ditinjau oleh Outdoor Activist] 5

10 Rekomendasi Trekking Poles Terbaik [Ditinjau oleh Outdoor Activist]

Trekking poles adalah peralatan hiking berbentuk tongkat yang berfungsi membagi beban tumpuan kaki dan membantu memberikan pijakan. Modelnya bermacam-macam, mulai dari yang pegangannya berbentuk I-shape atau T-shape, hingga produk dengan teknologi anti-shock.


Kami akan mengenalkan lebih jauh tentang cara memilih trekking poles dan merekomendasikan produk yang bagus. Ada berbagai produk keluaran merek terkenal, seperti Black Diamond, EIGER, dan MATOUGUI. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Jadikan artikel ini referensi Anda saat mencari trekking poles yang bagus, ya!

Diperbaharui 31/10/2023
Adlai Yulianus
Pakar
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo). Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Profil Adlai Yulianus
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Trekking poles membuat Anda tidak mudah lelah saat trekking!

Trekking poles membuat Anda tidak mudah lelah saat trekking!

Trekking poles dapat mengurangi beban yang dirasakan kaki dan mencegah Anda terjatuh saat berjalan serta melewati jalan menurun. Dengan menumpu pada trekking poles, Anda akan lebih mantap saat melangkah. Kaki mendapat penopang dari trekking poles yang Anda gunakan. Alat ini sangat membantu orang yang jarang hiking atau kurang percaya diri dengan kondisi fisiknya.


Empat titik tumpu dapat menyokong berat tubuh dan barang bawaan Anda dengan lebih baik sehingga hiking jadi lebih nyaman. Trekking poles tentunya juga sangat berguna untuk Anda yang rutin mendaki gunung.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih trekking poles

Setelah mengetahui manfaat dari tongkat gunung, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilihnya. Ada enam hal yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan produk terbaik. Simak penjelasannya, ya!

1

Sesuaikan bentuk pegangan dengan kekuatan fisik Anda

Bentuk pegangan pada trekking poles terbagi menjadi dua, yakni I-shape dan T-shape. Ketahui kelebihan dan kekurangannya masing-masing, lalu pilihlah yang sesuai dengan fisik Anda.

I-shape, dapat mengurangi rasa lelah saat mendaki

I-shape, dapat mengurangi rasa lelah saat mendaki

Trekking poles dengan pegangan tipe I-shape memiliki bentuk yang mirip dengan tongkat ski. Model ini cocok untuk permukaan trek yang keras atau jalanan mendatar karena mampu menyokong tubuh dengan baik. Namun, Anda harus membiasakan diri memakainya agar tangan tidak mudah lelah.


Untuk para pemula atau orang yang ragu akan kondisi fisiknya, sebaiknya gunakan sepasang tongkat gunung. Namun, hal ini terkadang dirasa merepotkan bagi orang yang sudah sering hiking. Jika cukup percaya diri dengan kekuatan fisik Anda, tak masalah untuk menggunakan satu tongkat saja.

T-shape, memudahkan Anda saat turun

T-shape, memudahkan Anda saat turun

Cara pemakaian tongkat hiking model T-shape adalah dengan memberikan tekanan atau menumpu pada bagian atas pegangannya. Trekking poles tipe ini cocok dipakai saat turun gunung atau berjalan di permukaan datar. Model T-shape ini juga direkomendasikan bagi pemula yang tangannya mudah lelah saat memegang trekking poles. Ditambah lagi, model ini cukup mudah digunakan.


Kebanyakan trekking poles tipe ini dijual secara satuan. Namun, ada juga yang membeli sepasang dan menggunakan keduanya. Sesuaikanlah jumlah trekking poles dengan kondisi fisik Anda.

2

Periksa panjang bagian shaft pada trekking poles

Periksa panjang bagian shaft pada trekking poles

Bagian penting yang harus Anda perhatikan saat membeli trekking poles adalah panjang bagian batang atau shaft-nya. Saat memilih, panjangkan trekking poles hingga maksimal terlebih dahulu, lalu cek apakah ukurannya sesuai dengan tubuh Anda. Panjang shaft yang tepat untuk medan trek datar, menanjak, atau saat turun gunung tentunya berbeda. Baca poin berikut ini untuk mengetahui poin-poin pentingnya.


  • Pada trek datar, tinggi idealnya adalah ketika Anda bisa menekuk siku 90 derajat

  • Pastikan trekking poles bisa dipanjangkan hingga setinggi pinggang saat mendaki dan setinggi dada saat turun. 

  • Ketika dipanjangkan secara maksimal, tinggi trekking poles yang ideal adalah setinggi dada.

  • Tinggi tongkat gunung berpengaruh saat kita melangkah atau berjalan dan harus disesuaikan dengan tinggi badan atau tangan Anda


  • Trekking poles harus disesuaikan dengan kondisi kontur tujuan perjalanan Anda. 

  • Jika ingin lebih praktis, Anda bisa memilih tongkat gunung yang bisa diatur pada bagian shaft-nya (telescopic). Jenis ini dapat disesuaikan dengan postur dan kebutuhan pemakainya.
3

Perhatikan material utama shaft-nya

Pada umumnya, material utama shaft terbuat dari aluminium dan karbon. Nah, cari tahu perbedaan keduanya sebelum memutuskan untuk membeli, ya!

Aluminium, untuk Anda yang mementingkan faktor harga

Aluminium, untuk Anda yang mementingkan faktor harga

Shaft berbahan aluminium memiliki harga yang lebih terjangkau. Karakteristiknya adalah tidak mudah patah serta bisa diperbaiki jika bengkok. Produk ini ideal jika Anda ingin menggunakan trekking poles sebagai percobaan sementara terlebih dahulu.


Hanya saja, tongkat hiking dari aluminium relatif lebih berat dibandingkan karbon. Seiring berjalannya waktu penggunaan, beban yang dirasakan akan lebih berat. Trekking poles aluminium lebih baik digunakan pada perjalanan atau trekking yang memiliki kontur datar, seperti di padang rumput.

Karbon, untuk Anda yang mementingkan kekuatan produk

Karbon, untuk Anda yang mementingkan kekuatan produk

Karakteristik bahan karbon adalah ringan, lentur, dan memiliki kekuatan yang sangat baik. Bahan ini juga sering digunakan oleh produsen ternama. Kelebihan trekking poles berbahan karbon adalah kekuatannya dalam menumpu beban. Untuk Anda yang ingin menjelajah gunung, material karbon adalah pilihan tepat.


Kelebihan dari bahan ini memang terbilang kuat dengan bobot yang lebih ringan dari aluminium. Namun, harganya lebih tinggi dibandingkan aluminium. Jumlah produk yang beredar di pasaran juga lebih sedikit. Meski begitu, trekking poles ini sangat cocok bagi Anda yang mementingkan daya tahan untuk penggunaan jangka panjang.

4

Pilih yang paling mudah dibawa berdasarkan cara menyimpannya

Trekking poles umumnya bisa dipendekkan agar mudah dibawa. Kemudahan penyimpanannya tergantung pada cara memendekkan trekking poles tersebut. Jadi, pilihlah produk yang seringkas mungkin, ya!

Tipe lipat: Lebih ringkas dan ringan

Tipe lipat: Lebih ringkas dan ringan

Trekking poles tipe lipat memiliki shaft yang bisa dipisahkan menjadi beberapa bagian. Bagian-bagian ini akan tetap tersambung dengan adanya tali atau kawat di dalam shaft tersebut. Karena lebih ringan dan berukuran kecil, pilihlah tipe ini jika Anda ingin mengurangi barang bawaan. 


Tipe ini cocok untuk hiking santai ke gunung yang landai atau yang tidak memerlukan banyak bantuan trekking poles. Namun, kekurangannya adalah tipe ini tidak terlalu kuat dan harganya cukup tinggi. Untuk kondisi jalan menurun, tipe ini kurang direkomendasikan karena mudah patah

Tipe telescoping: Panjangnya bisa diatur dengan lebih cepat

Tipe telescoping: Panjangnya bisa diatur dengan lebih cepat
Tongkat hiking jenis telescoping sudah digunakan sejak zaman dahulu. Produk ini terdiri atas serangkaian poros dengan ketebalan berbeda seperti halnya sebuah teleskop. Daya tarik tipe ini adalah ukuran panjangnya dapat diatur dengan cepat. Karena sangat kuat, Anda bisa mengandalkannya di gunung dengan medan yang terjal atau sulit

Pengaturan tinggi rendah trekking poles telescopic yang bisa dilakukan dengan cepat adalah keunggulan tipe ini. Alhasil, kita dapat langsung menyesuaikannya saat melalui jalan atau kontur tanah yang bervariasi.


Akan tetapi, tipe ini kurang ringkas sehingga Anda perlu menyimpannya di bagian luar backpack. Meski cukup menyulitkan saat dibawa, tipe telescoping lebih mudah digunakan, bahkan oleh pemula sekalipun.

5

Ketahui cara mengunci trekking poles

Trekking poles yang panjangnya bisa diubah-ubah umumnya memiliki empat cara untuk mengunci shaft-nya. Ada tipe screw lock, lever lock, pin lock, dan hybrid. Yuk, baca penjelasannya!

Tipe screw lock: Mudah digunakan, awet, dan jenisnya beragam

Tipe screw lock: Mudah digunakan, awet, dan jenisnya beragam

Cara mengunci shaft pada tipe screw lock adalah dengan memutarnya. Metode penguncian ini sudah lama digunakan, harganya murah, serta tidak mudah rusak. Tipe ini cocok untuk Anda yang mementingkan kemudahan pemakaian. Namun, mungkin ada di antara pengguna yang tidak kuat memutarnya sehingga justru menguras tenaga. Jadi, pilihlah jenis screw lock sesuai dengan kekuatan fisik Anda.

Tipe lever lock: Bisa mengunci dengan sekali tekan

Tipe lever lock: Bisa mengunci dengan sekali tekan

Tipe lever-lock lebih mudah digunakan dibandingkan tipe screw lock. Anda hanya membutuhkan satu sentuhan untuk mengunci dan membukanya. Keuntungan ini membuat trekking poles jenis lever-lock banyak digunakan oleh wanita atau mereka yang fisiknya kurang kuat


Terlebih, Anda bisa menggunakannya tanpa harus melepas sarung tangan. Jenis ini sangat ideal untuk pendakian gunung yang memerlukan banyak penyesuaian panjang trekking poles. Namun, Anda perlu berhati-hati saat berada di area yang pohonnya rimbun agar lever-nya tidak tersangkut.

Tipe pin lock: Ringan dan ringkas, cocok untuk dibawa-bawa

Tipe pin lock: Ringan dan ringkas, cocok untuk dibawa-bawa

Trekking poles tipe pin lock atau push button lock bisa diatur panjangnya dengan cara menekan tombolnya. Setelah itu, Anda tinggal mengatur panjang trekking poles sampai pin-nya keluar dan menyangga shaft.


Bobotnya ringan dan bentuknya ringkas sehingga memudahkan saat dibawa. Namun, jika Anda kurang kuat saat mengunci atau kunciannya kendur, trekking poles bisa melorot. Pastikan kunciannya sudah kencang sebelum digunakan untuk berjalan.

Tipe hybrid: Kombinasi beberapa jenis metode penguncian

Tipe hybrid: Kombinasi beberapa jenis metode penguncian

Tipe hybrid merupakan kombinasi dari beberapa jenis metode kuncian lainnya, misalnya perpaduan antara screw lock dan lever lock. Strukturnya mungkin lebih rumit, tetapi lebih mudah ditangani. Sayangnya, harganya cukup tinggi dan jenisnya tidak banyak. Tipe ini pun direkomendasikan untuk Anda yang mementingkan kemudahan penggunaan dan cocok digunakan di berbagai medan.

6

Pertimbangkan kelebihan lainnya

Last but not least, sekarang sudah banyak produsen yang menawarkan tongkat gunung dengan beragam kelebihan. Dengan mengetahui kelebihan yang ada, Anda pun dapat menggunakan trekking poles secara maksimal.

Bagian tip yang bisa diganti

Bagian tip yang bisa diganti

Bagian paling ujung dari trekking poles yang biasanya bersentuhan dengan tanah disebut tip. Karena sering bertumbukan dengan tanah, bagian tip sering kali rusak. Karena itu, pilihlah trekking poles yang bagian tip-nya bisa diganti.


Tip juga harus sering diasah agar tidak licin saat berada di trek bebatuan. Saat berada di trek berkayu atau tanah yang lunak, bagian tip bisa merusak permukaan atau tanaman. Pilih trekking poles yang tip-nya dilengkapi kepala atau pembungkus agar tidak merusak alam.

Fitur anti-shock atau basket

Fitur anti-shock atau basket

Anti-shock adalah sistem untuk meredam tekanan menggunakan pegas yang terpasang pada bagian shaft. Kelebihan ini dapat memperkecil tekanan yang dirasakan tangan dan akan mengurangi rasa sakit pada pergelangan tangan Anda. Anti-shock akan sangat berguna pada medan yang terjal sehingga cocok untuk pendakian dengan tingkat kesulitan tinggi.


Di bagian atas tip juga terdapat basket. Adanya basket dapat mencegah trekking poles menancap terlalu dalam ke permukaan tanah gembur ataupun salju. Jika Anda menancapkan trekking poles terlalu dalam, bisa saja Anda tersangkut lalu terjatuh. Karena itu, lebih aman jika menggunakan trekking poles yang dilengkapi basket.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Trekking Poles Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Trekking Poles terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 31 Oktober 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Bentuk pegangan
Material utama shaft
Cara penyimpanannya
Sistem penguncian
Kelebihan lainnya
Ukuran
Berat
1

Naturehike

Trekking Pole NH17D001-Z ST01

Naturehike  Trekking Pole NH17D001-Z  1

Rp270.000

Menengah

Pilihan ukurannya beragam, hiking keluarga jadi menyenangkan

I-shape

Aluminum alloy

Tipe telescoping

Tipe lever lock

Anti-shock, tip bisa diganti

50-100 cm, 61-135 cm, 56-120 cm

190 gram, 220 gram, 235 gram

2

EIGER

Trail Enduro Trekking Pole

EIGER  Trail Enduro Trekking Pole 1

Rp219.000

Menengah

Ujungnya tangguh untuk hadapi medan apa pun

I-shape

Aluminium 7075

Tipe telescoping

Tipe screw lock

Anti-shock, tip bisa diganti

63-135 cm

Tidak diketahui

3

Arei Outdoogear

Tongkat Hiking Hightrack 02

Arei Outdoogear Tongkat Hiking Hightrack 02  1

Rp139.000

Agak Murah

Ada senter LED untuk penerangan saat mendaki di malam hari

T-shape

Aluminum alloy

Tipe telecoping

Tipe screw lock

Anti-shock, senter, tip bisa diganti

53-110 cm

365 gram

4

MATOUGUI

Trekking Pole TP8101

MATOUGUI  Trekking Pole TP8101 1

Rp95.500

Lebih Murah

Budget friendly dengan pilihan warna-warni

T-shape

Aluminum alloy

Tipe telescoping

Tipe screw lock

Anti-shock, tip bisa diganti

54-120 cm

Tidak diketahui

5

Dhaulagiri

Trekking Pole 105

Dhaulagiri  Trekking Pole 105 1

Rp195.000

Menengah

Ada ekstra grip untuk berpegangan dengan dua tangan

I-shape

Duralumin 7075

Tipe telescoping

Tipe lever lock

Anti-shock, tip bisa diganti

62-135 cm

235 gram

6

Consina

Stretching Trekking Pole

Consina Stretching Trekking Pole 1

Rp225.000

Menengah

Multiguna! Bisa jadi tiang kecil untuk shelter darurat

I-shape

Aluminium

Tipe telescoping

Tipe lever lock

Tip bisa diganti

62-136 cm

190 gram

7

AONIJIE

Cross-country Running PoleE4202

AONIJIE  Cross-country Running Pole 1

Rp315.000

Menengah

Trekking pole ultra ringan untuk trail runner profesional

I-shape

Aluminium

Tipe lipat

Tipe pin lock

Tip bisa diganti

36,5 cm-110 cm, 36,5-120 cm

187 gram, 200 gram

8

OneTwoFit

Trekking Pole 3 Ruas

OneTwoFit  Trekking Pole 3 Ruas 1

Rp299.000

Menengah

Lebih kuat dengan penguncian ganda

I-shape

Aluminium

Telescoping

Tipe hybrid

Tip bisa diganti

64-135 cm

250 gram

9

MERAPI MOUNTAIN

Karakoram Trekking Pole 1500010

MERAPI MOUNTAIN  Karakoram Trekking Pole  1

Rp297.000

Menengah

Material premium dengan cover bag pembungkus

I-shape

Carbon fiber

Tipe lipat

Tipe pin lock

Tidak diketahui

35-125 cm

252 gram

10

Black Diamond

Distance FLZ Trekking Poles

Black Diamond  Distance FLZ Trekking Poles 1

Rp2.760.000

Lebih Mahal

Kualitas high-end untuk berbagai kebutuhan

I-shape

Aluminium

Tipe lipat

Tipe pin lock

Tip bisa diganti

34-110 cm, 37-125 cm, 41-140 cm

195 gram, 210 gram, 225 gram

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Naturehike Trekking Pole NH17D001-Z ST01

Trekking Pole NH17D001-Z  1
Sumber: shopee.co.id
Trekking Pole NH17D001-Z  2
Sumber: shopee.co.id
Trekking Pole NH17D001-Z  3
Sumber: shopee.co.id
Trekking Pole NH17D001-Z  4
Sumber: shopee.co.id
Trekking Pole NH17D001-Z  5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp270.000
Menengah
Harga referensi
Rp270.000
Menengah

Pilihan ukurannya beragam, hiking keluarga jadi menyenangkan

Naturehike menghadirkan seri trekking pole dengan beragam ukuran yang cocok untuk Anda dan anggota keluarga. Ada beberapa pilihan ukuran yang tersedia, trekking pole 135 cm untuk pria, 120 cm untuk wanita, dan 100 cm untuk anak. Anda dapat membelikan trekking pole yang ukurannya ideal dengan tinggi anggota keluarga Anda.


Fitur-fitur yang dimiliki trekking pole-nya juga banyak, lho! Pertama, trekking pole terbuat dari bahan aluminium alloy yang kuat, tahan lama, dan antikarat. Dengan begitu, penggunaan trekking pole bisa lebih lama. Kemudian, ada fitur Quick Lock yang memudahkan Anda mengatur panjang yang nyaman untuk Anda. Handle EVA-nya juga membuat trekking pole nyaman digenggam lama.

Bentuk peganganI-shape
Material utama shaftAluminum alloy
Cara penyimpanannyaTipe telescoping
Sistem penguncianTipe lever lock
Kelebihan lainnyaAnti-shock, tip bisa diganti
Ukuran50-100 cm, 61-135 cm, 56-120 cm
Berat190 gram, 220 gram, 235 gram
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

EIGER Trail Enduro Trekking Pole

Harga referensi
Rp219.000
Menengah

Ujungnya tangguh untuk hadapi medan apa pun

Trekking pole Trail Enduro adalah perlengkapan wajib untuk Anda yang ingin menaklukkan berbagai jenis medan. Dengan ujung yang terbuat dari bahan tungsten, trekking pole EIGER ini tangguh menghadapi medan apa pun. Kemudian, ada basket yang mencegah trekking pole tersangkut saat melewati medan berlumpur.


Anda juga tidak perlu khawatir jika harus melewati area yang kering, keras, dan berbatu karena trekking pole sudah dilengkapi dengan fitur anti-shock. Selain itu, pegangan trekking pole tidak licin karena ada bahan EVA yang melapisi handle-nya. Jika tangan Anda mudah berkeringat, trekking pole ini bisa jadi prioritas pilihan Anda.

Bentuk peganganI-shape
Material utama shaftAluminium 7075
Cara penyimpanannyaTipe telescoping
Sistem penguncianTipe screw lock
Kelebihan lainnyaAnti-shock, tip bisa diganti
Ukuran63-135 cm
BeratTidak diketahui
View all
No.3

Arei OutdoogearTongkat Hiking Hightrack 02

Harga referensi
Rp139.000
Agak Murah

Ada senter LED untuk penerangan saat mendaki di malam hari

Jika Anda sering melakukan pendakian panjang, kami merekomendasikan produk ini. Tongkat Hiking Hightrack 02 memiliki fitur unik yakni senter dengan 9 LED. Saat melakukan pendakian di malam hari, trek yang hendak Anda lalui pun terlihat lebih jelas.


Trekking pole-nya juga dilengkapi dengan anti-shock untuk meredam getaran saat mendaki. Kemudian, pada bagian bawahnya terdapat snow mud basket agar tidak menancap terlalu dalam saat melewati area tanah lembut, pasir, dan lumpur

Bentuk peganganT-shape
Material utama shaftAluminum alloy
Cara penyimpanannyaTipe telecoping
Sistem penguncianTipe screw lock
Kelebihan lainnyaAnti-shock, senter, tip bisa diganti
Ukuran53-110 cm
Berat365 gram
View all
No.4

MATOUGUI Trekking Pole TP8101

Harga referensi
Rp95.500
Lebih Murah

Budget friendly dengan pilihan warna-warni

Apakah Anda mencari produk yang berkualitas dengan harga terjangkau? MATOUGUI Trekking Pole TP8101 bisa menjadi jawabannya. Ini merupakan treking pole budget friendly agar Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam untuk bisa memilikinya.


Untuk kenyamanan penggunaannya, trekking pole ini sudah dilengkapi dengan fitur anti-shock. Kemudian, pilihan warna trekking pole yang disediakan MATOGUI pun beragam. Ada warna hitam, hijau, biru, dan merah tersedia. Anda bisa memilih trekking pole yang warnanya match dengan outfit pendakian Anda.

Bentuk peganganT-shape
Material utama shaftAluminum alloy
Cara penyimpanannyaTipe telescoping
Sistem penguncianTipe screw lock
Kelebihan lainnyaAnti-shock, tip bisa diganti
Ukuran54-120 cm
BeratTidak diketahui
View all
No.5

Dhaulagiri Trekking Pole 105

Harga referensi
Rp195.000
Menengah

Ada ekstra grip untuk berpegangan dengan dua tangan

Bagi beberapa orang, saat melintasi medan yang curam berpegangan pada trekking pole dengan dua tangannya. Jika Anda tipe hiker yang seperti itu, kami sarankan untuk mempertimbangkan produk ini. Pasalnya, trekking pole ini punya grip tambahan untuk tangan Anda. Fitur ini akan membantu Anda melewati medan yang curam.


Selain itu, TP 105 ini terbuat dari material duralumin 7075 yang dikenal sangat kuat untuk menahan beban. Dengan begitu, menumpu beban yang berat pun tidak masalah dengan trekking pole ini.

Bentuk peganganI-shape
Material utama shaftDuralumin 7075
Cara penyimpanannyaTipe telescoping
Sistem penguncianTipe lever lock
Kelebihan lainnyaAnti-shock, tip bisa diganti
Ukuran62-135 cm
Berat235 gram
View all
No.6

ConsinaStretching Trekking Pole

Harga referensi
Rp225.000
Menengah

Multiguna! Bisa jadi tiang kecil untuk shelter darurat

Stretching Trekking Pole menjadi jawaban untuk Anda yang mencari trekking pole multifungsi. Selain untuk membantu meringankan beban lutut saat hiking, trekking pole ini juga memiliki fungsi lain, lho! Anda bisa menjadikan trekking pole sebagai tiang saat mendirikan shelter darurat.

Sistem penguncian pin lock-nya memudahkan Anda memanjangkan trekking pole dalam waktu singkat. Bahan aluminium yang digunakan juga dikenal ringan dan kuat sehingga tidak mudah bengkok saat terkena angin.

Bentuk peganganI-shape
Material utama shaftAluminium
Cara penyimpanannyaTipe telescoping
Sistem penguncianTipe lever lock
Kelebihan lainnyaTip bisa diganti
Ukuran62-136 cm
Berat190 gram
View all
No.7

AONIJIE Cross-country Running PoleE4202

Harga referensi
Rp315.000
Menengah

Trekking pole ultra ringan untuk trail runner profesional

Sesuai dengan namanya, AONIJIE Cross-country Running Pole didesain untuk Anda yang senang melakukan trail run. Fitur yang disediakan memudahkan Anda memakai trekking pole dalam keadaan berlari. Salah satunya adalah sistem penguncian pin lock. Anda cukup menekan tombolnya, trekking pole pun bisa memanjang dengan sendirinya. Kemudian, ada pegangan anti-selip yang breathable membuatnya tetap solid meski tangan Anda berkeringat.

Bentuk peganganI-shape
Material utama shaftAluminium
Cara penyimpanannyaTipe lipat
Sistem penguncianTipe pin lock
Kelebihan lainnyaTip bisa diganti
Ukuran36,5 cm-110 cm, 36,5-120 cm
Berat187 gram, 200 gram
View all
No.8

OneTwoFit Trekking Pole 3 Ruas

Harga referensi
Rp299.000
Menengah

Lebih kuat dengan penguncian ganda

Jika Anda khawatir trekking pole akan memendek sewaktu menerima tekanan kuat, kami merekomendasikan produk ini. OneTwoFit Trekking Pole 3 Ruas ini hadir dengan sistem penguncian ganda perpaduan screw lock dan lever lock. Panjang trekking pole pun sesuai dengan Anda inginkan.


Agar makin nyaman dipakai, OneTwoFit menyediakan beberapa fitur pada trekking pole ini. Pegangan non-slip EVA-nya hadir untuk memberikan feel yang nyaman meski dipegang lama. Kemudian, tali untuk pergelangan tangannya dobel agar trekking pole tidak mudah terlepas. Talinya juga bisa disesuaikan dengan tangan Anda. Menarik, bukan?

Bentuk peganganI-shape
Material utama shaftAluminium
Cara penyimpanannyaTelescoping
Sistem penguncianTipe hybrid
Kelebihan lainnyaTip bisa diganti
Ukuran64-135 cm
Berat250 gram
View all
No.9

MERAPI MOUNTAIN Karakoram Trekking Pole 1500010

Harga referensi
Rp297.000
Menengah

Material premium dengan cover bag pembungkus

Apakah Anda mencari trekking pole buatan lokal dengan material premium? Jika iya, kami merekomendasikan produk ini. MERAPI MOUNTAIN Karakoram Trekking Pole diketahui terbuat dari carbon fiber yang dikenal kuat dan ringan. Kemudian, ukuran saat terlipat trekking pole ini cukup pendek, hanya 35 cm. Anda juga akan mendapatkan cover bag sebagai pembungkus untuk penyimpanan trekking pole saat tidak digunakan.
Bentuk peganganI-shape
Material utama shaftCarbon fiber
Cara penyimpanannyaTipe lipat
Sistem penguncianTipe pin lock
Kelebihan lainnyaTidak diketahui
Ukuran35-125 cm
Berat252 gram
View all
No.10

Black Diamond Distance FLZ Trekking Poles

Harga referensi
Rp2.760.000
Lebih Mahal

Kualitas high-end untuk berbagai kebutuhan

Trekking pole Black Diamond merupakan produk high-end yang dirancang untuk berbagai kegiatan. Jika Anda suka melakukan aktivitas outdoor, seperti hiking, scrambling, dan trail running, ini produk yang cocok. Ini merupakan trekking pole yang ringan sehingga praktis dibawa meski Anda hanya membawa vest


Material yang dipakai pun kuat, tongkatnya tidak mudah bengkok saat menopang permukaan yang keras seperti bebatuan. Kemudian, trekking pole ini menggunakan sistem Z-pole dengan penguncian Flicklock. Saat hendak dipakai, Anda bisa langsung memanjangkan trekking pole dalam waktu singkat. 

Bentuk peganganI-shape
Material utama shaftAluminium
Cara penyimpanannyaTipe lipat
Sistem penguncianTipe pin lock
Kelebihan lainnyaTip bisa diganti
Ukuran34-110 cm, 37-125 cm, 41-140 cm
Berat195 gram, 210 gram, 225 gram
View all

Cara menggunakan trekking poles

Berikut ini kami akan menjelaskan beberapa cara untuk memakai trekking poles dan cara berjalan yang tepat saat menggunakannya. Yuk, langsung disimak dengan saksama!

Sesuaikan panjang trekking poles dengan medan yang ditempuh

Sesuaikan panjang trekking poles dengan medan yang ditempuh

Saat Anda berdiri tegak di medan datar, panjang trekking poles yang ideal adalah ketika siku Anda bisa ditekuk membentuk sudut 90 derajat. Ketika Anda mulai mendaki gunung, pendekkan trekking poles 15 cm dari tinggi ideal. Sementara saat berada di tanah datar, usahakan pegangan trekking poles setinggi pinggang Anda.


Ketika turun gunung, sesuaikan panjang trekking poles menjadi 15 cm lebih tinggi dari ukuran ideal. Usahakan pegangannya berada setinggi dada Anda, lalu pegang bagian kepala trekking poles saat berjalan.

Perhatikan cara membagi beban dan cara berjalan yang baik

Perhatikan cara membagi beban dan cara berjalan yang baik

Cara berjalan menggunakan trekking poles tentunya berbeda saat di trek datar, mendaki, ataupun turun gunung. Lalu, bagaimana cara yang tepat agar aktivitas Anda makin nyaman dan aman? Bacalah poin di bawah ini.


  • Saat berada di trek datar, gerakkan tongkat secara berlawanan dengan kaki yang berada di depan.

  • Saat mendaki, pegang gagang trekking poles dengan kuat dan gerakkan berlawanan dengan kaki yang berada di depan. Anda dapat mendaki dengan mudah jika memfokuskan tumpuan beban pada trekking poles dan kaki yang berada di depan. Kemudian, Anda bisa mengangkat kaki yang di belakang untuk maju.

  • Ketika turun gunung, letakkan trekking poles tepat di sebelah kaki yang Anda majukan. Jika Anda ingin melangkahkan kaki kanan, majukan terlebih dahulu tongkat sebelah kanan. Dengan begitu, beban tidak hanya bertumpu pada kaki, tetapi juga pada trekking poles.

5 Rekomendasi Trekking Poles terbaik

No. 1: Naturehike Trekking Pole NH17D001-Z ST01

No. 2: EIGER Trail Enduro Trekking Pole

No. 3: Arei OutdoogearTongkat Hiking Hightrack 02

No. 4: MATOUGUI Trekking Pole TP8101

No. 5: Dhaulagiri Trekking Pole 105

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Perlengkapan outdoor
  4. 10 Rekomendasi Trekking Poles Terbaik [Ditinjau oleh Outdoor Activist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.