10 Rekomendasi Trekking Poles Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Trekking Poles Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Aktivitas mendaki gunung saat ini jadi makin mudah dilakukan dengan adanya alat bantu pendakian, salah satunya adalah trekking poles. Trekking poles berfungsi untuk membantu mengurangi beban kaki Anda saat mendaki. 

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih trekking poles yang baik untuk pemula maupun yang sudah terbiasa mendaki. Kami juga akan merekomendasikan beberapa trekking poles yang memiliki spesifikasi menguntungkan seperti bobotnya yang ringan, mudah disimpan, bahkan dapat mengurangi rasa lelah saat mendaki. Simak artikel ini sampai selesai ya!

Daftar isi

Cara memilih trekking poles

Dalam bagian berikut, kami akan menjelaskan poin-poin penting bagaimana cara memilih trekking poles kepada Anda. Silahkan simak penjelasan ini sampai akhir.

Pilihlah bentuk pegangan yang sesuai dengan kekuatan fisik Anda

Bentuk pegangan pada trekking poles terbagi menjadi dua yakni I-shape dan T-shape. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Pilihlah bentuk pegangan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

I-shape, dapat mengurangi rasa lelah saat mendaki

I-shape, dapat mengurangi rasa lelah saat mendaki

Pegangan berbentuk I pada trekking poles mirip dengan pegangan pada tongkat yang digunakan untuk bermain ski. Cocok untuk digunakan di medan yang kasar. Pemakaiannya dapat membuat kerja kaki menjadi makin ringan sehingga perasaan lelah atau capai dapat ditekan. Namun, Anda harus memperhatikan cara pemakaiannya karena jika tidak terbiasa menggunakan trekking poles jenis berikut, Anda akan mengalami kelelahan di bagian lengan.

Kebanyakan orang akan menggunakan dua buah trekking poles ini saat mendaki. Namun, untuk sebagian orang lainnya, khususnya yang sudah terbiasa mendaki, penggunaan dua buah trekking poles malah dirasa kurang nyaman dan sedikit mengganggu. Maka dari itu, penggunaan dua buah trekking poles lebih disarankan untuk pendaki pemula maupun yang belum terbiasa mendaki. Sedangkan untuk orang yang sudah terbiasa mendaki, bisa menggunakan satu trekking poles saja.

T-shape, memudahkan Anda saat turun

T-shape, memudahkan Anda saat turun 

Kita membutuhkan tumpuan yang kuat pada kaki saat menuruni gunung, terlebih jika trek yang dilalui memiliki tingkat kemiringan curam. Bagi para pendaki pemula yang memiliki daya tahan kaki kurang baik, trekking poles dengan pegangan berbentuk T bisa jadi alat bantu yang sangat baik. Saat melalui turunan, Anda akan merasa sedikit lebih ringan karena beban tubuh dan bawaan Anda tidak sepenuhnya bertumpu pada kaki, tetapi juga terbagi dengan lengan lewat penggunaan trekking poles.

Trekking poles jenis berikut kurang umum digunakan di Indonesia. Jika menemukannya, Anda akan lebih sering melihat trekking poles ini dijual satuan daripada paket berisi dua tongkat sekaligus. Lebih nyaman menggunakan satu tongkat mendaki jenis ini daripada dua sekaligus karena membuat kerja lengan Anda lebih berat ketika pendakian berlangsung.

Periksalah panjang poros trekking poles

Periksalah panjang poros trekking poles

Setelah memeriksa bentuk pegangannya, kini saatnya mengecek panjang poros dari trekking poles. Anda perlu menyesuaikan apakah panjang poros dari trekking poles yang Anda minati dapat meng-cover kebutuhan Anda saat mendaki atau tidak.

Panjang poros trekking poles yang dibutuhkan bervariasi, tergantung dari medan yang Anda lalui. Saat Anda melalui medan yang datar, Anda perlu mengatur tinggi poros hingga setinggi siku tangan, setinggi pinggang saat mendaki, dan setinggi dada saat melewati turunan. Maka dari itu, sebelum membeli pastikanlah terlebih dahulu apakah trekking poles tersebut paling tidak bisa dipanjangkan hingga setinggi dada Anda atau tidak.

Pilih trekking pole berdasarkan material utama yang digunakan pada porosnya

Material utama yang digunakan pada poros berpengaruh pada ketahanan serta bobot dari trekking pole. Anda akan menemui dua tipe material yang lazim digunakan pada trekking pole, masing-masing punya keunggulan dan kekurangan. Tentu, Anda harus memilih sesuai dengan preferensi masing-masing.

Aluminium, memiliki harga yang cenderung miring

Alumunium, memiliki harga yang cenderung miring

Trekking poles dengan poros berbahan aluminium cocok untuk Anda yang ingin menghemat pengeluaran. Selain persoalan harga, trekking poles ini memiliki kelebihan tidak mudah patah, serta dapat diperbaiki seperti semula jika ada bagian yang penyok karena menabrak sesuatu. Namun, jenis trekking poles ini memiliki kekurangan yaitu memiliki bobot yang lebih berat dari trekking poles berbahan karbon sehingga bisa membuat Anda lelah jika Anda menggunakannya dalam waktu yang lama. Untuk Anda yang masih pemula, Anda bisa mencoba trekking poles ini sebagai latihan.

Karbon, untuk Anda yang menginginkan trekking pole kuat

Karbon, cocok untuk Anda yang menginginkan trekking pole kuat

Trekking poles berbahan dasar karbon memiliki bobot yang ringan, lebih lentur dan lebih kuat daripada aluminium. Sangat cocok untuk menopang Anda yang membawa beban berat saat hiking. Namun, produk ini memiliki harga yang lebih tinggi daripada trekking poles berbahan dasar aluminium. Jenis produknya juga terhitung sedikit jika dibanding dengan trekking poles aluminium.

Trekking poles lipat atau telescoping?

Untuk memudahkan packing ketika hendak melakukan perjalanan, ada baiknya memilih trekking poles yang dapat diringkas menjadi lebih pendek. Berdasarkan metode peringkasannya, trekking poles dibagi menjadi dua jenis yakni trekking poles lipat serta trekking poles telescoping. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tipe lipat, ringkas dan ringan

Tipe lipat, ringkas dan ringan

Trekking poles lipat terdiri atas potongan-potongan poros yang jika disatukan dapat menjadi tongkat panjang yang mampu digunakan sebagai alat bantu ketika mendaki. Karena sangat ringan dan kecil, jenis ini dapat mengurangi bobot barang bawaan pada waktu pendakian.

Trekking poles lipat memiliki diameter batang yang lebih kecil daripada tipe telescoping, namun harganya lebih tinggi. Kami tidak menyarankan pemakaian produk ini untuk pendakian gunung dengan trek berat atau penggunaan pada medan yang kasar. Trekking poles ini lebih lentur daripada trekking poles telescoping. Sangat cocok untuk pendakian gunung yang tidak terlalu tinggi, atau untuk digunakan dengan cara yang wajar (tidak terlalu memaksakan kerja dari trekking poles).

Tipe telescoping, trekking poles yang kokoh

Tipe telescoping, trekking poles yang kokoh

Tipe telescoping merupakan trekking poles yang terdiri atas serangkaian poros dengan ketebalan berbeda seperti halnya sebuah teleskop. Yang menjadi daya tarik dari trekking poles berikut adalah ukuran panjangnya yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena sangat kuat, jenis ini sempurna untuk digunakan di gunung yang memiliki medan curam.

Sayangnya, produk berikut kurang minimalis karena ketika diringkas menjadi kecil masih memiliki ukuran yang cukup panjang sehingga memakan tempat bahkan tidak cukup jika dimasukkan ke dalam backpack. Meskipun sedikit kurang portable, trekking poles jenis ini cukup baik digunakan untuk Anda yang masih pemula. 

Mekanisme penguncian trekking poles

Mekanisme penguncian trekking poles

Ada empat mekanisme penguncian pada trekking poles tipe telescoping. Pertama ada tipe twist lock. Tipe ini mengunci panjang-pendek sebuah trekking poles dengan cara memutar bagian seperti cincin yang ada pada batang utama trekking poles. Sistem penguncian berikut kuat dan punya daya tahan yang baik.

Kedua, tipe external lever lock. Trekking poles berikut memiliki bagian seperti penjepit khusus yang berfungsi mengatur panjang pendek batang utama tongkat. Mudah dan cepat saat digunakan karena tidak membutuhkan tenaga lebih ketika mengunci, bahkan ketika menggunakan sarung tangan di mana pergerakan tangan lebih terbatasAlat pengunci trekking poles berikut mempunyai bobot yang lebih berat daripada jenis lainnya sehingga hal ini juga memberi pengaruh terhadap berat tongkat.

Ketiga, tipe push button lock. Trekking poles berikut memiliki mekanisme penguncian yang terpasang di dalam batang utama. Ketika ingin memanjangkannya, Anda tinggal menekan tombol push saja. Khusus untuk jenis berikut, ada beberapa produk trekking poles yang tidak dapat diatur ukuran panjangnya.

Terakhir, tipe hybrid. Trekking poles berikut menggunakan mekanisme penguncian kombinasi yakni berupa twist lock dan lever lock. Desain berikut dibuat khusus untuk mendapatkan keseimbangan kekuatan, bobot yang ringan, serta penggunaan yang mudah. Contoh untuk trekking poles tipe hybrid berikut yakni menggunakan tuas kunci penjepit pada poros atas dan pengunci model sekrup di bagian poros bawah.

Bagian kaki trekking poles

Bagian kaki trekking pole

Di bagian paling bawah atau kaki trekking poles ada sebuah bagian yang umumnya terbuat dari bahan karet. Pada permukaan karet tersebut terukir garis-garis yang menyerupai ukiran pada alas sol sepatu juga ban kendaraan. Hal tersebut berfungsi agar pijakan trekking poles Anda tetap stabil saat menapak pada daerah berbatu atau pun permukaan licin yang lain. Bagian karet tersebut juga mampu menyingkirkan kerikil-kerikil yang menghalangi jalan Anda.

Trekking poles dengan anti-shock lebih aman

Trekking poles dengan anti-shock lebih aman

Anti-shock merupakan sistem penyarap getaran lewat pegas yang ditanamkan pada bagian poros. Adanya bagian berikut dapat mengurangi rasa sakit pada pergelangan tangan Anda. Bila anti-shock terpasang, panjang dan bobot trekking poles juga akan bertambah. Meskipun demikian, dengan adanya anti-shock ini, Anda dapat melewati jalanan curam dengan lebih mudah.

Selain anti-shock, ada bagian tambahan pada trekking poles yang berguna saat kondisi khusus. Bagian tersebut adalah penyangga berbentuk bulat seperti mangkuk kecil yang biasa disebut dengan basket. Adanya basket dapat membuat trekking poles stabil saat didaratkan pada medan berlumpur atau pun bersalju.

10 Rekomendasi trekking poles terbaik

Di bawah ini, kami akan memperkenalkan trekking poles pilihan untuk Anda. Karena di Indonesia lebih umum digunakan produk trekking poles dengan handle berbentuk I daripada T, maka hanya ada satu rekomendasi produk berbentuk T pada artikel berikut ini. Pilihlah produk yang sesuai dengan karakter dan kenyamanan yang Anda inginkan.

10. Baiter E-sticks-0513

10. Baiter E-sticks-0513

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 845.000

Anti-shock yang aman untuk lutut, pundak dan punggung

Baiter E-sticks-0513 merupakan trekking poles tipe telescoping dengan sistem penguncian twist lock. Untuk ukuran, trekking poles berbahan aluminium ini dapat diperpanjang hingga 110 cm. Dengan pegangan yang terbuat dari material cork (kulit pohon) yang tidak licin dan empuk, Anda akan tetap merasa nyaman selama perjalanan.

Dalam paketnya, trekking poles ini juga sudah dilengkapi dengan basket berukuran medium serta karet pada bagian kaki yang membuatnya dapat menapak sempurna di tanah. Dilengkapi juga dengan sistem anti-shock, produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang mencari keamanan untuk lutut, pundak, dan punggung saat melewati medan yang menurun.

9. EarthTrek Pole Women’s and Short Size

9. EarthTrek Pole Women's and Short Size

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 891.000

Didesain khusus untuk Anda yang membutuhkan trekking poles berukuran pendek

Bahan utama trekking poles ini adalah aluminium berbobot ringan tapi kuat dan tahan banting untuk melibas turunan curam maupun tanjakan. Adanya tambahan wrist strap, low profile basket hingga karet grip di bagian kakinya, akan menambah kenyamanan Anda saat melewati medan yang terjal maupun berlumpur.

Selain itu, trekking poles ini juga dapat diringkas seukuran frame tenda sehingga tidak makan tempat penyimpanan dalam tas carrier Anda. Trekking poles ini bisa dipanjangkan hingga 108 cm, termasuk pendek jika dibandingkan dengan trekking poles lainnya. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang membutuhkan trekking poles berukuran pendek.

8. Quechua Arpenaz 100

8. Quechua Arpenaz 100

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 165.000

Trekking poles I-shape dengan push button lock system

Quechua Arpenaz 100 merupakan trekking poles yang terdiri atas 3 potongan poros. Tiap batang dipisahkan oleh push button lock yang dapat dengan mudah dipencet untuk mengatur panjang tongkat. Trekking poles ini bisa dipanjangkan hingga panjang maksimal 130 cm sehingga dapat digunakan oleh siapapun, dengan tinggi badan beragam. Tongkat berikut terbilang ringan, beratnya hanya 200 gr. Anda tidak akan merasa terbebani dengan membawa tongkat ini selama perjalanan.

Bagian handle dari trekking poles berikut didesain ergonomis, dengan balutan kain empuk dan kesat berbahan polyurethane. Sebagai tambahan, di bagian kakinya ada penyangga berupa low profile basket yang akan mempermudah Anda untuk melewati jalanan lumpur. Produk ini dikhususkan bagi Anda yang membutuhkan trekking poles untuk berjalan di medan-medan yang tidak terlalu terjal.

7. Eiger Trekking Pole 3 Section

7. Eiger Trekking Pole 3 Section

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 135.000

Trekking poles telescoping dengan anti-shock nan ekonomis

Produsen outdoor gear Eiger mengeluarkan sebuah trekking poles telescoping yang terbuat dari bahan aluminium. Eiger Trekking Pole 3 Section dapat diperpanjang hingga 135 sentimeter dengan sistem penguncian twist lock. Sistem penguncian seperti ini akan memudahkan Anda saat pendakian karena panjang tongkat dapat disesuaikan dengan medan yang akan ditempuh.

Untuk pegangan, trekking poles ini terbuat dari bahan EVA grip, yaitu bahan foam berkualitas yang kuat dan nyaman digenggam sehingga dijamin produk ini tidak akan mudah rusak meski sering dipakai. Selain itu, trekking pole ini juga sudah menggunakan sistem anti-shock serta dilengkapi dengan wrist strap di bagian handle-nya. Produk ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang mencari trekking pole dengan spesifikasi lengkap dengan harga yang cukup miring.

6. NatureHike NH80A016-Z

6. NatureHike NH80A016-Z

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 304.000

Ringkas, ringan, kuat

Termasuk tipe lipat, trekking poles berikut terbuat dari bahan aluminium yang ringan, kuat dan tahan lama. Bentuknya yang mirip dengan frame tenda, memudahkan Anda saat menyimpannya. Produk ini tersedia dalam dua ukuran yakni 120 cm (berat 190 gram) serta 130 cm (berat 210 gram). Handle dari trekking poles yang sangat ringan ini dilapisi dengan grip berbahan EVA foam yang dapat menyerap keringat sehingga pengguna akan merasa tetap nyaman selama pendakian.

Bagian kakinya terbuat dari bahan tungsten steel yaitu campuran bahan steel yang sangat kuat, dijamin tongkat Anda tidak akan mudah rusak meski digunakan di medan yang sangat terjal sekalipun. Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang mencari trekking poles ringkas dan ringan, serta  kemampuan yang baik untuk melewati segala medan. 

5. Quechua Forclaz 500

5. Quechua Forclaz 500

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 370.000

Trekking poles lengkap dengan harga bersahabat

Quechua Forclaz 500 merupakan trekking poles yang terbuat dari bahan aluminium dengan berat 265 gram yang memiliki bantalan khusus untuk menerjang trek-trek kurang bersahabat. Menggunakan sistem penguncian twist lock, panjang dari trekking poles ini dapat diatur dari 63 cm hingga 130 cm. Produk ini didesain ergonomis dengan busa berkualitas sebagai bahan yang membalut handle-nya sehingga pengguna akan merasa nyaman.

Trekking poles berikut juga dilengkapi dengan basket serta karet di bagian kakinya agar dapat melewati medan yang licin dengan lebih mudah. Sistem anti-shock yang ada dapat dipasang atau dilepas sesuai dengan kebutuhan pengguna. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang mencari barang dengan spesifikasi lengkap tapi ramah di kantong.

4. NatureHike DS15Z001-F

4. NatureHike DS15Z001-F

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 225.000

Daya tahan baik, harga ekonomis!

Salah satu keunggulan yang dimiliki trekking pole berikut adalah adanya sistem lever lock yang praktis sehingga memudahkan Anda saat mengatur panjang tongkat. Bagian kaki produk ini terbuat dari material tungsten alloy yang kuat, dijamin trekking pole ini akan awet dipakai dalam jangka lama.

Keunggulan lain yang dimiliki produk ini adalah bagian kaki trekking poles yang desain agar tidak mudah selip dan tidak mudah rusak ketika melewati jalan yang sangat terjal. Selain itu, bagian strap produk ini juga dapat disesuaikan dengan tangan pengguna. Mudah dan praktis. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang menginginkan trekking pole dengan daya tahan baik dan harga terjangkau.

3. York Nordic Bamboo & Carbon Fiber Ultralight Trekking Poles

3. York Nordic Bamboo & Carbon Fiber Ultralight Trekking Poles

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.000.000

Trekking poles dengan sentuhan vintage

Terbuat dari serat karbon dengan prosentase sebesar 80%, York Nordic memberikan sentuhan vintage pada tampilan trekking poles berikut lewat tekstur bambu yang digunakan sebagai material di bagian atas tongkat. Untuk sistem pengunciannya, terpasang flip lock yang mudah untuk digunakan. Trekking pole ini dapat diatur panjang pendeknya, dari 60 cm hingga 135 cm.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan karet pada bagian kaki tongkat yang nyaman untuk berjalan di medan yang datar, tambahan basket yang dapat menyeimbangkan tongkat ketika melintasi medan berlumpur, serta anti-shock yang berfungsi untuk menahan getaran. Anda akan mendapatkan 2 tongkat dalam pembelian satu produk ini. Produk ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan trekking pole berkualitas dengan tampilan yang menarik.

2. ASOLO Implus QL Quick Lock Trekking Poles

2. ASOLO Implus QL Quick Lock Trekking Poles

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.000.000

Trekking poles dengan Quick Lock System

Produk yang berisi 2 trekking poles ini terbuat dari bahan aluminium 7075, yaitu bahan yang juga digunakan untuk membuat alat transportasi semacam kapal laut dan sebagainya sehingga bisa dipastikan tongkat ini kuat dan tahan lama. Produk ini juga dilengkapi dengan Long EVA Grip di bagian pegangannya. Desain pegangan tersebut membuatnya tetap nyaman digenggam meskipun licin karena terkena keringat ataupun hujan.

Telescoping trekking poles ini telah menggunakan Quick Lock System sehingga lebih menghemat waktu saat perakitan. Bagian kakinya dilengkapi dengan karet khusus yang tidak mudah selip serta tambahan basket berukuran 32 milimeter. Produk ini adalah pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan trekking pole yang nyaman untuk digenggam dan cepat untuk dirakit.

1. Black Diamond Trail Sport 3

1. Black Diamond Trail Sport 3

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.150.000

Trekking poles kokoh dengan sistem penguncian flick lock

Keunggulan utama produk ini adalah adanya sistem penguncian Dual FlickLock, produk ini mudah untuk dirangkai sehingga lebih menghemat waktu Anda. Termasuk dalam Trail Series, bagian kaki dari produk ini dilengkapi dengan karet ukiran khusus yang membuat tongkat lebih empuk saat menapak pada bebatuan serta tidak mudah selip saat digunakan pada medan yang licin. Produk ini juga dapat dipanjangkan hingga 140 cm sehingga cocok untuk Anda yang memiliki badan tinggi.

Produk ini dilengkapi pula dengan webbing strap yang nyaman untuk pergelangan tangan Anda. Selain itu, ada low profile basket untuk keperluan pendakian saat melewati medan berlumpur, serta sistem anti-shock yang dapat menahan getaran. Untuk Anda yang sudah sering mendaki dan terbiasa dengan medan yang terjal dan berat, produk ini adalah pilihan terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda.

Kesimpulan

Trekking poles hadir sebagai alat bantu para pendaki ketika menjelajah trek di gunung. Dengan adanya trekking poles dalam pendakian sudah dapat dipastikan jika pendakian yang Anda lakukan akan semakin mudah. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah trekking poles seperti apa yang Anda butuhkan. Pilihlah trekking poles sesuai dengan bentuk tubuh serta kebiasaan mendaki Anda. Selamat memilih!