• 10 Rekomendasi Bronzer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Bronzer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Bronzer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Bronzer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Bronzer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Bronzer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Bronzer merupakan salah satu produk kosmetik yang berfungsi untuk memberi efek warna hangat pada wajah. Anda hanya perlu menambahkan bronzer untuk menghasilkan tampilan sun kissed pada riasan Anda. Selain itu, bronzer juga dapat digunakan sebagai shading dan menampilkan kesan kulit tan yang eksotis.

Apabila Anda baru pertama kali memakai bronzer, Anda perlu tahu cara memilih bronzer yang bagus. Kali ini kami juga akan merekomendasikan merek bronzer terbaik, seperti ESQA, Focallure, SOMETHINC, Physicians Formula, dan lainnya. Yuk, simak terus artikel di bawah ini!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Annisa Kasih Pertiwi
  • Pembaharuan terakhir: 12 Januari 2022
Daftar isi

Apa itu bronzer?

Banyak orang yang masih sulit membedakan antara bronzer dan contourBronzer adalah produk makeup yang diaplikasikan pada wajah untuk memberi tampilan berwarna perunggu atau bronze.


Sementara itu, contour adalah produk makeup yang digunakan untuk membentuk dan mendefinisikan struktur wajah. Contouring juga dapat menciptakan dimensi dan merampingkan fitur wajah.


Berbeda halnya dengan contour, bronzer mampu menciptakan kesan hangat, berkilau, dan bercahaya. Hasil riasan pun mirip seperti sun tan tanpa harus melakukan sunbath. Tampilan Anda akan terlihat berbeda saat bronzer dipulaskan pada wajah. Selain itu, pemakaian bronzer juga mampu menambah kesan berkilau seperti terkena cahaya matahari secara alami pada kulit wajah. 

Cara memilih bronzer

Ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih bronzer. Misalnya tentang cara pakai, hasil tampilan, tekstur, warna, dan efek kilau dari bronzer yang Anda pilih. Berikut ini akan kami jelaskan secara lebih detail agar Anda dapat menemukan bronzer yang bagus dan sesuai.

Pilih berdasarkan cara pakai dan hasil tampilan

Cara memakai bronzer yang Anda lakukan dapat memberi tampilan berbeda. Anda juga dapat memilih bronzer untuk memberi efek sesuai dengan riasan makeup yang Anda inginkan. Selanjutnya, kami akan menjelaskan dua cara pemakaian bronzer untuk menciptakan tampilan yang berbeda.

Tampilan dengan style kasual, memberi kesan kulit sehat dan fresh

Tampilan dengan style kasual, memberi kesan kulit sehat dan fresh

Apabila Anda ingin mendapatkan tampilan kasual, Anda dapat memulaskan sedikit bronzer di atas tulang pipi dan dahi. Dengan cara seperti ini, hasil riasan akan terlihat fresh.


Kulit wajah Anda pun akan tampak sehat dan bercahaya. Pemakaian bronzer dengan cara seperti ini juga mampu menghasilkan kesan warna kulit tan yang eksotis. Apabila Anda memiliki kulit cerah, wajah Anda pun akan terlihat berbeda dari biasanya.

Tampilan dengan shading atau gradasi warna, riasan wajah tampak lebih hidup

Tampilan dengan shading atau gradasi warna, riasan wajah tampak lebih hidup

Efek shading atau bayangan bisa didapatkan dengan memulaskan bronzer di bawah tulang pipi. Memberikan gradasi gradasi membuat riasan tampak lebih hidup.


Anda juga dapat menggunakan bronzer untuk memberi kesan hidung yang lebih mancung dan pipi yang lebih tirus. Jadi, pemakaian bronzer juga cocok untuk Anda yang ingin meminimalkan kesan pipi chubby. Bahkan, hanya dengan menggunakan bronzer, badan Anda bisa terlihat lebih ramping.


Jika kulit Anda tergolong terang dan cerah, bronzer dapat dimanfaatkan sebagai contour. Sementara untuk kulit yang cenderung medium dan warm-toned, bronzer juga bisa menjadi contour. Hanya saja, untuk tone kulit medium, bronzer diaplikasikan dengan lebih samar.


Pada dasarnya, memilih perona pipi, bronzer, dan contour memanglah berlawanan dengan tone alami kulit Anda. Pemilihan warna ketiga makeup tersebut akan sangat berpadu dengan apik bila Anda bisa membaurkannya dengan halus.

Periksa tekstur bronzer untuk memudahkan penggunaan

Periksa tekstur bronzer untuk memudahkan penggunaan
Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai macam tekstur bronzer. Masing-masing tekstur bronzer menawarkan keunggulan tersendiri. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa tekstur bronzer yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit, dan tampilan yang Anda inginkan.

  • Powder. Bronzer dengan tekstur powder terasa ringan dan mudah disesuaikan tingkat ketebalannya sesuai keinginan Anda. Dengan menggunakan brush, Anda dapat mengaplikasikan bronzer sesuai kebutuhan. Apabila Anda belum mahir memulas bronzer, sebaiknya pilih tipe ini. Produk ini juga cocok untuk semua jenis kulit.

  • Gel atau cream. Kedua tekstur ini mudah diaplikasikan dan cocok untuk jenis kulit kering dan normal. Untuk cream bronzer dalam bentuk compact, gunakanlah spons rias atau beauty blender. Sementara untuk stick bronzer, Anda dapat mengaplikasikannya langsung dari kemasan tube. Setelah itu, Anda dapat membaurkannya hingga merata. Sebagai saran, poleskan gel atau cream bronzer sebelum produk berbentuk powder lain agar tidak lengket dan menimbulkan noda.

  • Liquid. Tekstur liquid cocok untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering atau ingin finishing dewy dan silky. Anda hanya perlu mengoleskan liquid bronzer pada pipi, pelipis, dan bridge of nose. Lalu, gunakan spons atau liquid foundation brush untuk merapikannya. Aplikasikan dengan gerakan melingkar untuk menciptakan gradasi yang halus. Sayangnya, liquid bronzer kurang cocok untuk pemula karena perlu pengalaman agar menghasilkan shading yang bagus.

Perhatikan warna bronzer agar sesuai dengan riasan

Perhatikan warna bronzer agar sesuai dengan riasan

Saat memilih bronzer, Anda juga perlu memperhatikan warna bronzer agar sesuai dengan warna kulit wajah. Dengan demikian, hasil riasan Anda akan tampak segar. Kali ini, kami akan menjelaskan cara untuk memilih warna bronzer agar sesuai dengan warna kulit Anda.


  • Kulit putih. Bagi Anda yang memiliki warna kulit putih, fair atau terang, Anda disarankan menggunakan bronzer dengan nuansa warna pink. Bila memakai warna bronzer ini, Anda akan tampak seperti memakai blush on. Namun, masih ada kesan berwarna cokelat yang tampak pada wajah. Hindari menggunakan bronzer terlalu tebal atau warna cokelat karena hanya akan menciptakan kesan wajah yang kusam.

  • Kulit kuning langsat. Bronzer dengan warna pink hangat cocok untuk Anda. Warna pink bronzer yang dimaksud di sini adalah warna pink yang sedikit lebih gelap. Bila Anda menggunakan warna pink terang, hal ini akan terlihat kontras dengan warna kulit alami Anda. 

  • Kulit sawo matang. Bronzer dengan nuansa cokelat dan cenderung peach cocok untuk Anda. Selain itu, Anda juga dapat memilih warna bronzer dengan tone warna oranye atau pink dengan dominasi warna cokelat. Anda juga disarankan memilih bronzer dengan warna yang lebih gelap dari warna kulit. Anda hanya perlu memulaskan sedikit bronzer untuk menambah kesan hangat di wajah.

  • Kulit gelap. Apabila Anda memiliki warna kulit wajah gelap, Anda dapat memilih bronzer dengan nuansa golden atau oranye. Penggunaan bronzer dapat membantu menegaskan dimensi pada wajah. Untuk hasil maksimal, Anda dapat memadukannya bersama blush on dengan nuansa warna oranye atau peach. Dengan demikian, tampilan wajah pun akan tampak natural. 

Pertimbangkan bronzer dengan efek kilau atau shimmer

Pertimbangkan bronzer dengan efek kilau atau shimmer
Bronzer dengan efek shimmer dapat membuat kulit Anda terlihat berkilau alami. Kilau tersebut akan memberi kesan kulit lembap, cantik, dan sehat. Akan tetapi, kesan kilau pada kulit bisa berbeda tergantung pada ukuran partikel shimmer. Makin kecil partikel shimmer, hasil riasan pun makin terlihat natural.


Bronzer dengan partikel shimmer besar sebenarnya jarang ditemukan. Apabila ingin memberikan efek shading pada riasan, Anda tetap perlu memperhatikan besar dan kecilnya ukuran partikel shimmer. Sebagian orang memilih bronzer tanpa shimmer saat ingin menggunakannya untuk shading. Jadi, sesuaikanlah dengan selera Anda.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi bronzer terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bronzer terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
10

Rollover ReactionHALOLIGHT Luminizing Stick Sun Gleam

Mulai dari Rp 92.250,00

PemakaianEfek tampilan kulit sehat, efek shading
TeksturKrim
Efek shimmer
Varian3 warna
9

BenefitHoola Liquid Bronzer Mini

Mulai dari Rp 129.000,00

PemakaianEfek tampilan kulit sehat
TeksturLiquid
Efek shimmerx
VarianTidak disebutkan
8
PemakaianEfek tampilan kulit sehat, efek shading
TeksturKrim
Efek shimmer×
Varian3 warna
7

SOMETHINC EGGO 3D Contour/Bronzer

Mulai dari Rp 59.000,00

PemakaianEfek tampilan kulit sehat, efek shading
TeksturPowder
Efek shimmerx
Varian3 warna
6
PemakaianEfek tampilan kulit sehat
TeksturPowder
Efek shimmerx
Varian2 warna
5
PemakaianEfek tampilan kulit sehat
TeksturPowder
Efek shimmerx
Varian2 warna
4

Physicians FormulaMurumuru Butter Bronzer

Mulai dari Rp 163.000,00

PemakaianEfek tampilan kulit sehat, efek shading
TeksturPowder
Efek shimmer
Varian8 warna
3

Catrice Sun Glow Matt Bronzing Powder

Mulai dari Rp 80.000,00

PemakaianEfek tampilan kulit sehat, efek shading
TeksturPowder
Efek shimmerx
Varian2 warna
2
PemakaianEfek tampilan kulit sehat, efek shading
TeksturPowder
Efek shimmerx
Varian4 warna
1

FocallureHighlighter & Contour Duo Powder Cake

Mulai dari Rp 144.000,00

PemakaianEfek shading
TeksturPowder
Efek shimmer
Varian3 warna

Tabel perbandingan produk bronzer terbaik

Gambar produk
1
Focallure Highlighter & Contour Duo Powder Cake 1

Focallure

2
ESQA  Bronzer 1

ESQA

3
Catrice  Sun Glow Matt Bronzing Powder 1

Catrice

4
Physicians Formula Murumuru Butter Bronzer 1

Physicians Formula

5
Luxcrime  Warm-It-Up Bronzer 1

Luxcrime

6
Goban Sunkissed Matte Bronzing Powder 1

Goban

7
SOMETHINC  EGGO 3D Contour/Bronzer 1

SOMETHINC

8
L.A. Girl Velvet Contour Stick 1

L.A. Girl

9
Benefit Hoola Liquid Bronzer Mini 1

Benefit

10
Rollover Reaction HALOLIGHT Luminizing Stick Sun Gleam 1

Rollover Reaction

Nama produk

Highlighter & Contour Duo Powder Cake

Bronzer

Sun Glow Matt Bronzing Powder

Murumuru Butter Bronzer

Warm-It-Up Bronzer

Sunkissed Matte Bronzing Powder

EGGO 3D Contour/Bronzer

Velvet Contour Stick

Hoola Liquid Bronzer Mini

HALOLIGHT Luminizing Stick Sun Gleam

Keunggulan

Bronzer plus highlighter untuk mendukung mobilitas Anda

Produk lokal dengan kualitas yang highly pigmented

Menghasilkan tampilan tan alami yang waterproof dan tahan lama

Produk hypoallergenic dan non-comedogenic, dijamin aman untuk kulit

Dengan sun kissed look, riasan wajah tampak lebih natural

Sukses ciptakan tampilan natural hingga dramatic bronze

Dengan indikator high sweatproof membuat hasil riasan menjadi long-lasting

Tampil alami tak berlebihan, kapan pun dan di mana pun!

Memiliki tekstur liquid yang menyatu dengan mudah di kulit Anda

Atur layer-nya sesuai tampilan yang Anda inginkan!

Harga mulai dariRp 144.000,00Rp 135.000,00Rp 80.000,00Rp 163.000,00Rp 79.000,00Rp 130.000,00Rp 59.000,00Rp 120.000,00Rp 129.000,00Rp 92.250,00
PemakaianEfek shadingEfek tampilan kulit sehat, efek shadingEfek tampilan kulit sehat, efek shadingEfek tampilan kulit sehat, efek shadingEfek tampilan kulit sehatEfek tampilan kulit sehatEfek tampilan kulit sehat, efek shadingEfek tampilan kulit sehat, efek shadingEfek tampilan kulit sehatEfek tampilan kulit sehat, efek shading
TeksturPowderPowderPowderPowderPowderPowderPowderKrimLiquidKrim
Efek shimmerxxxxx×x
Varian3 warna4 warna2 warna8 warna2 warna2 warna3 warna3 warnaTidak disebutkan3 warna
Tautan produk

Tips menggunakan bronzer untuk hasil maksimal

Tips menggunakan bronzer untuk hasil maksimal

Agar dapat menciptakan hasil riasan yang optimal, Anda perlu tahu bagaimana cara menggunakan bronzer. Anda dapat mengikuti tips menggunakan bronzer yang praktis berikut ini. 


  • Mulailah dengan membersihkan wajah. Ikuti rutinitas memakai makeup seperti biasa. Misalnya dengan membersihkan wajah, memakai pelembap, primer, concealer, dan foundation. Set riasan dengan bedak transparan atau translucent powder. Dengan demikian, riasan wajah akan lebih awet sepanjang hari.

  • Gunakan brush makeup. Gunakan brush dan sapukan ke dalam wadah yang berisi bronzer. Ketuk brush untuk mengurangi kelebihan bronzer. Selanjutnya, aplikasikan bronzer pada pelipis dan garis rambut secara lembut dengan gerakan melingkar.

  • Bronzing pada bagian pipi. Sapukan lagi brush ke dalam wadah berisi bronzer lalu ketuk brush untuk mengurangi kelebihan bronzer. Kemudian, pulaskan di atas tulang pipi. Mulailah dari bagian telinga menuju ke bagian pipi. Anda dapat membaurkannya dengan gerakan memutar. Lakukan hal yang sama pada pipi sebelah kiri.

  • Gunakan bronzer pada bagian wajah lain. Aplikasikan sedikit bronzer di sepanjang garis rahang menuju ke dagu, turun ke bawah hingga leher. Sebagai langkah akhir, Anda dapat memulaskan bronzer pada bagian atas hidung dan kedua sisi hidung untuk shading.

Baca juga rekomendasi produk shading lainnya di sini

Selain bronzer, mungkin Anda juga sedang mencari produk makeup lainnya agar hasil makeup Anda tidak pucat. Karena itu, kami juga sudah menyiapkan artikel mengenai shading, blush on, dan lainnya. Simak informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Kami telah membahas secara lengkap tentang cara memilih dan merekomendasikan bronzer terbaik untuk Anda. Apakah Anda sudah menentukan akan memilih produk yang mana? Bagi Anda yang belum pernah menggunakan bronzer, kini waktunya untuk mencoba. 

Pilihlah bronzer berdasarkan cara pemakaian, tekstur, tampilan, dan efek yang dihasilkan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memilih bronzer untuk riasan lebih sempurna. Tampilkanlah kesan rona kulit sehat dan hangat dengan menggunakan bronzer.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2021)
    10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki kulit wajah yang tampak segar sepanjang hari akan sulit dicapai jika kulit berminyak dan berjerawat. Untuk mengatasinya, Anda perlu berhati-hati memilih kosmetik, termasuk dalam memilih cushion. Pastikan Anda memilih cushion yang diformulasi khusus untuk kulit berminyak.Di artikel ini Anda akan menemukan rekomendasi produk cushion yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga akan mengulas cushion dari berbagai merk, seperti Make Over, Maybelline, Laneige, hingga Wardah. Baca juga tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan cushion terbaik untuk Anda dan nikmati tampilan flawless setiap harinya! 
    Makeup wajah
  • 10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2021)
    10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah makeup Anda cepat luntur? Jika ya, Anda wajib tahu tentang setting spray. Setting spray berguna untuk mencegah lunturnya makeup karena keringat ataupun minyak di wajah. Saat ini sudah tersedia berbagai setting spray untuk berbagai jenis kulit, seperti kulit berminyak, berjerawat, kombinasi, dan kering.Di artikel ini Anda akan menemukan berbagai rekomendasi setting spray dari merk yang bagus, seperti PIXY, Wardah, dan Studio Tropik. Baca juga tips memilih tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Yuk, temukan setting spray terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulit Anda di sini!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2021)
    Loose powder atau bedak tabur dapat digunakan untuk menyempurnakan riasan Anda. Wajah akan tampak glowing dan makeup pun lebih tahan lama. Bedak tabur juga bisa mengontrol sebum pada kulit berminyak. Namun, banyaknya produk bedak tabur yang beredar mungkin akan membingungkan Anda. Di artikel ini, Anda akan menemukan tips memilih beserta rekomendasi produk bedak tabur yang bagus. Di dalamnya terdapat sepuluh merek bedak tabur terbaik, seperti Wardah, Emina, Make Over, dan Marcks. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, temukan bedak tabur yang tepat untuk tampil flawless!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi BB Cushion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi BB Cushion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Belakangan ini, BB cushion menjadi salah satu produk yang populer di kalangan penggemar makeup. Hasilnya yang natural saat digunakan sangat pas untuk memberikan tampilan cantik alami ala wanita Korea. Selain itu, produk ini banyak dipilih dengan alasan praktis karena sudah dilengkapi aplikator. Meskipun mirip, BB cushion tidaklah sama dengan foundation.Pada artikel kali ini, kami akan membantu Anda untuk memilih BB cushion yang bagus sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa merk BB cushion juga dapat Anda temukan poin rekomendasi produk, seperti Wardah, Bioaqua, Laneige, dan Maybelline. Selamat membaca!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi pemilik kulit berminyak, menemukan foundation dengan hasil yang halus dan tahan lama tentu menjadi idaman. Namun, memilih foundation yang tepat untuk kulit berminyak membutuhkan tips tersendiri. Anda dapat memilih produk yang memiliki beberapa keunggulan, seperti mampu menutup pori-pori, tahan lama, hasil akhirnya smooth, dan lainnya.Supaya Anda tidak bingung, kali ini kami akan memberikan informasi cara memilih foundation yang bagus bagi kulit berminyak. Setelahnya, kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi foundation terbaik dari merk terkenal, seperti Revlon, Maybelline, Make Over, dan sebagainya. Mari simak ulasan berikut ini sampai akhir!
    Makeup wajah
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2021)
    Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer makeup adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat makeup lebih tahan lama. Selain itu, primer juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahasnya secara detail di artikel ini. Anda pun dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi primer terbaik dari berbagai merek, seperti Pixy, Maybelline, Heimish, dan lainnya. Langsung saja, ya!
    Makeup wajah
  • Review: 10 Rekomendasi Foundation Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Review: 10 Rekomendasi Foundation Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Foundation cair adalah salah satu jenis alas bedak yang bertekstur cair. Banyaknya pilihan produk, mulai dari yang memiliki full coverage sampai yang memberikan kelembapan, membuat foundation tipe ini digemari banyak orang. Di antara sekian banyak merk yang bagus, seperti Shiseido, Revlon, dan lainnya, tentu tidak semuanya bisa Anda coba langsung, bukan?Kali ini tim editorial mybest di Jepang akan memverifikasi liquid foundation yang populer di pasaran. Dibantu oleh seorang makeup artist profesional, kami akan memverifikasi dua poin berikut.1. Keawetan2. Hasil akhir / finishingSelain itu, kami juga akan menyertakan trik memakai foundation di akhir artikel. Nah, produk manakah yang benar-benar layak untuk Anda pertimbangkan? Semoga artikel mybest original review ini bisa membantu Anda dalam memilih foundation cair terbaik!
    Makeup wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori