10 Rekomendasi Kacamata Baca Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kacamata Baca Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Presbiopi atau rabun dekat adalah ketidakmampuan mata untuk melihat atau membaca dengan jelas tulisan yang berada dalam jarak dekat. Biasanya presbiopi menyerang lansia, tetapi kini anak muda pun sudah ada yang mengalami presbiopi. Penderita biasanya harus menggunakan kacamata baca plus untuk bisa melihat dengan jelas.

Kacamata baca kini tersedia dalam beragam jenis, harga, dan desain frame yang bervariasi. Saat ini kami akan memperkenalkan 10 produk kacamata baca yang populer. Selain itu, kami juga akan menjelaskan bagaimana cara memilih kacamata baca dengan tepat. Simak informasinya ya!

Daftar isi

Cara memilih kacamata baca

Saat ini kacamata baca juga dijual bebas di pertokoan biasa, namun jika Anda tidak memilih kacamata baca dengan benar, tentu akan membuat Anda mudah pusing. Mari kita simak tips memilih kacamata yang tepat ya!

Periksa frekuensi presbiopi pada mata Anda

Periksa frekuensi presbiopi pada mata Anda

Tentu Anda mengetahui bahwa kacamata digunakan untuk mempermudah melihat secara tajam, bahkan jika Anda tidak  sedang membaca. Kacamata baca juga memiliki parameter frekuensi yang disebut “Presbyopia Degree.” Berikut perkiraan frekuensi presbiopi berdasarkan usia:

  • 40 sampai 45 tahun : +1,0
  • 45 sampai 50 tahun : +1,5
  • 50 sampai 55 tahun : +2,0
  • 55 sampai 60 tahun : + 2,5
  • 60 sampai 65 tahun : + 3,0
  • 65 tahun : +3,50
  • 70 tahun : +4,0
  • 75 tahun : +4,5

Jika Anda merasa tidak nyaman saat melihat, atau membaca, maka penting untuk memeriksa mata terlebih dulu. Untuk itu, kami menganjurkan agar Anda memeriksa secara khusus ke dokter spesialis atau optik mata.

Bobot kacamata bergantung pada jenis frame

Setelah Anda mengetahui frekuensi yang dibutuhkan, mari tentukan frame yang akan digunakan. Bobot kacamata bila tidak pas untuk Anda cenderung menyebabkan sakit kepala. Pastikan memeriksa bahan frame serta berat bersih kacamata. Bahan frame kacamata kira-kira dibagi menjadi tiga, yaitu logam, plastik, bahan kelas tinggi. Berikut ini penjelasaan dari fitur masing-masing.

Bahan metal, memberikan kesan tajam pada penggunanya

Bahan metal, memberikan kesan tajam pada penggunanya

Metal dipilih karena kekuatannya, menimbulkan kesan tajam, dan karenanya dipilih oleh orang yang menggunakan kacamata setiap hari. Bagi Anda yang alergi pada logam, maka pilihlah kacamata dari bahan yang lain. Kami akan memberi sedikit penjelasaan lebih detail mengenai bahan yang terbuat dari logam serta perpaduannya.

Salah satu bahan logam yang sering dipakai adalah titanium murni karena sifatnya yang sangat ringan, dan kuat. Ada juga bahan dari titanium alloy, pengunaan paduan ini lebih ke bentuk rangka dan sedikit lebih berat daripada titanium murni. Sedangkan untuk alloy lebih sering digunakan untuk bingkai logam dan dari tiga jenis di atas maka alloy lah yang paling berat.

Bahan plastik, lebih ringan daripada bahan lainnya

Bahan plastik, lebih ringan daripada bahan lainnya

Ada empat jenis bahan plastik yang digunakan untuk bingkai kacamata. Yang pertama adalah asetat. Bahan ini paling sering digunakan dalam bingkai plastik karena sangat ringan, namun sangat mudah terbakar. Yang kedua adalah optil yang lebih ringan daripada asetat dan sering digunakan pada bingkai transparan. Kelemahannya adalah rentan terhadap panas.

Jenis yang ketiga adalah seluloid, yakni bahan utama bingkai plastik pada satu dekade yang lalu. Yang terahkir adalah tipe TR, di mana memang paling ringan di antara jenis lainnya serta tidak akan menimbulkan alergi. Anda bisa menjumpainya di rumah sakit, karena banyak digunakan untuk kateter dan alat medis lainnya.

Bahan bermutu tinggi, sangat stylish untuk asesori Anda

Bahan bermutu tinggi, seperti tortoiseshell dan emas

Bahan bermutu tinggi seperti tortoiseshell dan emas selain digunakan sebagai aksesori, ternyata juga digunakan sebagai bingkai kacamata. Tortoiseshell dipiih karena ternyata tidak menyebabkan alergi karena termasuk dalam bahan alami. Harga yang ditawarkan sepadan dengan awetnya bahan ini, dan Anda bisa memakainya dalam jangka waktu lama.

Sedangkan emas yang digunakan sebagai bingkai kacamata tentu mempunyai kadar khusus yaitu 18 atau 12. Hanya saja meski bisa digunakan untuk waktu yang lama namun kadar, harga, bobotnya tentu berkurang, dan akhirnya kurang menguntungkan. Bahan lain yang juga digunakan sebagai bingkai adalah platinum, perak, dan berlian.

Perkirakan kenyamanan berdasarkan ukuran

Perkirakan kenyamanan berdasarkan ukuran

Saat memilih kacamata baca, hal yang penting untuk diperhatikan adalah panjang temple dan panjang bridge. Temple adalah bagian kacamata yang dimulai ujung gagang yang melengkung sampai pada bagian yang bisa dilipat. Bridge adalah bagian frame yang menyatukan lensa kanan dengan lensa kiri.

Jika Anda baru pertama kali menggunakan kacamata, cobalah sesuaikan juga bantalan hidung pada kacamata dengan hidung Anda. Saat membeli kacamata secara online, Anda harus terlebih dahulu memeriksa detil ukuran dengan tepat, misalnya: “55-18-140”.  Angka 55 adalah lebar lensa maksimal (mm), 18 adalah panjang bridge (mm) sedangkan angka 140 adalah panjang temple (mm).

Untuk mendapatkan kacamata yang nyaman ketika digunakan, Anda harus dapat memastikan panjang bagian bridge dan temple itu konsisten. Bagi Anda yang baru dalam menggunakan kacamata, pilihlah bantalan hidung yang nyaman ketika digunakan. Selain itu, penting untuk memastikan bagian bridge berbahan ringan dan tipis sehingga membuat Anda tidak pegal ketika memakainya.

Sesuaikan desain kacamata agar Anda tampil lebih stylish!

Anda bisa mencocokkan kacamata yang Anda beli di toko, tapi Anda tidak bisa mencobanya saat membelinya secara online. Oleh karena itu, sebaiknya sesuaikan kacamata dengan bentuk wajah. Pada dasarnya jika Anda mengatur ukuran vertikal kacamata sampai sepertiga, atau kurang dari panjang dari alis sampai ujung dagu, maka dipastikan sesuai. Di sini, kami akan menjelaskan desain kacamata sesuai bentuk wajah:

Frame oval : berbentuk telur dan memberikan aura yang lembut

Frame oval : berbentuk telur dan memberikan aura yang lembut

Bentuk bingkainya yang seperti bentuk cangkang telur membuat bentuk ini disukai oleh semua jenis kelamin, dan usia. Cocok juga bila dihadiahkan untuk anak-anak karena desain telur ini populer terutama dalam beberapa tahun terakhir. Memang bingkai telur mudah dipadukan dengan segala macam gaya pakaian, dan bentuk rambut.

Jika Anda memliki tiga tipe wajah berikut maka segeralah memasukan frame oval ini ke daftar belanja bulan ini. Adapun tipe wajah yang kami rekomendasikan memakai bingkai kacamata ini adalah tipe telur, segitiga terbalik, dan tipe persegi. Bentuk frame ini membuat Anda terlihat lebih muda pastinya.

Frame bulat : menunjukkan penekanan pada jati diri Anda sesungguhnya

Frame bulat : menunjukkan penekanan pada jati diri Anda sesungguhnya

Tipe bingkai kacamata bulat ini juga sering disebut Lloyd Glasses. Hal ini dikarenakan jenis frame ini menjadi koleksi oleh Harold-Lloyd, seorang komedian Amerika. Jika Anda mengenal penyanyi John Lennon maka tidak akan heran merasa pernah melihat frame ini, yang memang mulai tenar ketika digunakan oleh John Lennon.

Dijamin Anda akan sangat menarik perhatian bila menggunakan kacamata jenis ini, karena bentuknya yang menonjol. Kami merekomendasikan semua tipe wajah memakai frame bulat ini, baik tipe panjang, bulat, segitiga terbalik, persegi, telur, dan sebagainya. Yang terpenting adalah Anda percaya diri saat memakai bingkai kacamata bulat.

Frame kotak : memberikan kesan cool dan cerdas

Frame kotak : memberikan kesan cool dan cerdas

Bingkai kacamata tipe persegi ini bisa Anda pilih bila ingin merasa berpenampillan cerdas, terpelajar atau keren. Kacamata ini juga mempunyai beberapa efek lain yaitu mengencangkan bentuk, dan memperkuat ekspresi wajah saat memakainya. Anda akan terlihat tenang sekaligus tegas di tempat kerja ataupun tempat lainnya, walau tetep bisa terkesan santai.

Kacamata dengan bingkai kotak sebenarnya bisa dipakai untuk semua tipe wajah jika Anda percaya diri. Kami sendiri merekomendasikan dua tipe wajah yang cocok saat memakai bingkai kacamata kotak ini. Adapun tipe wajahnya adalah tipe telur, dan wajah bulat karena akan merubah kesan wajah tersebut menjadi lebih tirus serta tegas.

Frame Boston : desain bergaya urban

Frame Boston : desain bergaya urban

Bingkai kacamata segitiga terbalik terbalik juga sering disebut Boston. Jenis bingkai kacamata yang lazim digunakan seiring dengan berkembangnya Ivy Fashion, yang mulai populer lagi dalam beberapa tahun terakhir. Tentu saja citra gaya urban akan Anda dapatkan saat mulai memakai bingkai kacamata Boston ini.

Kami merekomendasikan dua tipe wajah yang cocok memakai bingkai kacamata tersebut. Untuk Anda yang mempunyai tipe wajah bentuk telur, dan segitiga terbalik maka frame ini cocok dipakai. Jika Anda memiliki tipe wajah yang lain, tentu Anda tetap boleh memakainya sepanjang percaya diri dengan memakai frame Boston.

Frame Wellington : desain populer untuk penderita presbiopi

Frame Wellington : desain populer untuk penderita presbiopi

Bingkai seperti gambar di atas disebut frame Wellington, dan termasuk desain klasik dari bingkai kacamata selain model Boston. Desain frame ini memberi kesan tenang pada wajah, dan cocok bagi Anda berusia 40-an. Awalnya bingkai model ini hanya sebatas untuk mode, namun sekarang sudah menjadi desain populer bingkai untuk kacamata baca.

Bagi Anda yang mempunyai tipe wajah telur, dan tipe panjang maka frame Wellington kami rekomendasikan. Wajah telur yang meruncing di bagian dagu akan terkesan lebih tirus pada bagian pipi bila memakai frame ini. Demikian juga sebaliknya pada tipe wajah panjang, maka bentuk pipinya akan terlihat lebih berisi bila memilih bingkai ini.

Frame Fox : memberikan kesan fashionable dan wanita populer

Frame Fox : memberikan kesan fashionable dan wanita populer

Jika Anda menginginkan desain kacamata baca yang tetap mengikuti mode, maka bingkai tipe Fox perlu Anda beli. Frame ini juga sering disebut tipe Monroe, yang selain fashionable juga cocok dipilih sebagai kacamata baca di tempat Anda bekerja. Awalnya bingkai kacamata ini khusus diproduksi bagi kaum hawa untuk menunjang penampilan.

Adapun tipe wajah yang kami rekomendasikan untuk memakai frame Fox ini ada tiga. Tipe wajah tersebut antara lain jenis telur, wajah bundar, dan tipe panjang. Pada masing-masing tipe wajah tentu akan memberikan kesan yang berbeda saat memakainya, misalnya pada tipe panjang akan membuat wajah pemakai menjadi lebih berisi.

Rimless-Half rim-Under rim : memberikan kesan natural

Rimless-Half rim-Under rim

Pada masing-masing bentuk bingkai seperti oval, serta bulat, mungkin ada perbedaan kesan frame saat digunakan. Sebagai contoh pada dua kacamata bentuk oval yang sama, kesannya akan berubah dalam tipe dengan desain memakai, atau desain tanpa bingkai. Pemilihan kacamata berdasarkan pertimbangan desain ini perlu Anda perhatikan saat akan membeli.

Umumnya, desain tanpa bingkai disebut rimless, yang cocok untuk tipe telur, wajah bulat, dan tipe persegi. Bingkai kacamata hanya di bagian atas atau bawah saja disebut half rim, dan cocok bila digunakan pemilik wajah tipe telur, wajah bulat, dan tipe segitiga terbalik. Bagi bertipe wajahnya telur maka cocok bila menggunakan kacamata dengan frame berada dibagian bawahnya saja atau disebut under rim.

10 Rekomendasi kacamata terbaik

Sekarang sudah tiba waktunya kami akan memberikan informasi mengenai 10 rekomendasi kacamata terbaik. Untuk para pemakai kacamata baca pemula silakan simak ya!

10. OEM Occhiali Da Vista Lettura Prebiopi

10. OEM Occhiali Da Vista Lettura Prebiopi

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 49.000

Lensa resin dengan frame Wellington hitam

Selain harga beli yang murah, maka keunggulan lain dari kacamata berlensa optik bahan resin adalah lensa yang lebih berkualitas  daripada lensa kaca. Lensa resin tidak akan pecah walau jatuh saat beraktivitas, serta mudah digunakan pada berbagai bentuk frame. Dengan berat bersih 0,02 Kg maka frame hitam full frim ini lebih ringan daripada yang terlihat.

Jika Anda alergi material logam, maka kacamata presbiopi berbingkai plastik, dan hitam berikut tepat dibeli. Kacamata berfrekuensi +3 berikut bersifat unisex walaupun frame Wellington biasanya disukai oleh kaum pria. Segmen awal yang dibidik adalah konsumen berusia 60-65 tahun, walau lensa bisa diganti sesuai hasil pemeriksaan ukuran frekuensi.

9. OEM Iska Global Trading Limited

9. OEM Iska Global Trading Limited

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 58.500

Bride frame bahan magnet dan bercorak kulit Leopard

Bagian tengah bridge frame yang terbuat dari magnet memudahkan saat melepaskan atau mengenakannya dari depan. Produk ini juga tepat bila Anda sering lupa meletakan kacamata saat selesai dipakai, karena kedua gagang tersambung sehingga bisa digantungkan di leher. Dengan lensa resin, maka Anda juga tidak perlu khawatir bila kacamata tidak sengaja terlepas.

Jika Anda pernah melihat Leopard atau Macan Tutul, tentu tidak asing dengan corak frame kacamata berikut. Anda tetap bisa tampil modis sekaligus mengenakannya sebagai kacamata baca dengan frekuensi presbiopi +1 sampai +3,5. Dengan frame Wellington maka bingkai ini akan membuat Anda yang memiliki tipe wajah panjang akan lebih berisi.

8. Moonar 037 Presbiopi

8. Moonar 037 Presbiopi

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp  62.000

Lensa transitions dengan frame kristal

Kacamata berlensa warna coklat berikut termasuk produk populer yang tepat bagi konsumen yang sering beraktivitas di luar ruangan. Lensa yang dipakai termasuk lensa transitions yang akan berubah warna bila terkena sinar UV. Photochromic yang terdapat pada lensa tersebut akan menghindarkan mata dari paparan sinar UV yang mengakibatkan peradangan.

Frame yang terbuat dari perpaduan kristal, dan stainlees stell membuat kacamata tidak mudah berkarat walau sering terkena air. Dengan lensa serta frame berbentuk kotak, maka cocok untuk tipe wajah telur ataupun bulat sehingga akan membuat pipi Anda tirus. Dengan frekuensi +1 sampai +3,5 maka produk ini menjangkau konsumen berumur 40-65 tahun.

7. OEM Lama Boy TR90

7. OEM Lama Boy TR90

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 118.000

Frame under rim dengan bahan titanium

Produk populer berikut cocok digunakan oleh pemilik wajah tipe telur, wajah bulat, dan tipe segitiga terbalik. Wajah juga akan terkesan tegas karena bingkai kacamata terletak hanya di bagian bawah saja atau under rim. Adapun segmen yang dibidik adalah konsumen dengan usia 40 sampai 45 tahun karena frekuensi presbiopi pada lensa adalah +1.

Dengan material Titanium, maka frame berbobot 12 gram berikut terhitung lebih ringan dibandingkan kacamata berbingkai plastik. Gagang kacamata juga dijamin tidak patah bila terjatuh, demikian juga saat terkena air tidak akan mengalami korosi atau berkarat. Karena diproduksi awal bersifat unisex sehingga bisa dikenakan oleh pria maupun wanita.

6. OEM Folding Glasses RD8016

6. OEM Folding Glasses RD8016

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 121.000

Kacamata lipat rimless

Dengan sistem folding glasses atau kacamata lipat maka produk populer berikut dapat digantungkan pada kalung ataupun dimasukan dalam saku kemeja. Ada enam pilihan warna case kacamata yang bentuknya unik yaitu coklat, biru, hitam, orange, abu-abu dan putih. Warna bantalan hidung atau nosepad sendiri sesuai dengan warna case yang dipilih.

Kacamata rimless bahkan tak bergagang ini tepat untuk Anda yang ingin tampil beda serta alergi terhadap material logam. Anda juga tidak perlu kuatir batang hidung akan terluka ataupun kacamata terlepas karena bantalan hidung terbuat dari bahan plastik, dan silikon yang akan menjepit sempurna saat dipakai.

5. OEM Retro Round Magnifying Presbyopic

5. OEM Retro Round Magnifying Presbyopic

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 121.000

Bingkai bulat khas John Lennon

Frame bulat pada kacamata ini mungkin mengingatkan Anda pada film Harry Potter dan John Lennon The Beatles. Kami merekomendasikan semua tipe wajah memakai frame bulat ini, baik tipe panjang, bulat, segitiga terbalik, persegi, dan telur. Kesan yang Anda dapatkan saat memakai frame jenis ini adalah melembutkan bentuk raut wajah Anda.

Lensa resin yang dibingkai frame berbahan besi ini, dijamin tidak akan pecah bila terjatuh. Dengan pilihan fullrim atau bingkai penuh berwarna hitam mengkilat serta gagang kacamata perak, maka kesan mewah juga Anda dapatkan selain fashionable. Produk ini mempunyai frekuensi presbiopi dari +1 sampai +4 sehingga bisa dipakai konsumen berusia 40-70 tahun.

4. Yellowrock Glasses G200 Reading Glasses

4. Yellowrock Glasses G200 Reading Glasses

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 139.000

Rimless, dan lensa polikarbonat

Anda dijamin akan menyukai kacamata baca tanpa bingkai berikut karena memakai bahan polikarbonat. Di samping lebih tipis, kacamata dengan lensa polikarbonat juga mampu menghindarkan mata Anda dari sinar UV serta sinar biru alat elektronik. Selain itu dengan berat 0,03 Kg maka kacamata unisex ini terhitung lebih ringan dipakai.

Dengan lebar lensa 52 mm, serta berbahan polikarbonat yang tahan retak maka Anda tidak khawatir saat jatuh. Dengan gagang berbahan asetat yang diproduksi dari serat katun serta pulp kayu membuat Anda akan aman dari alergi logam. Bahan ini juga tidak mudah memuai dalam suhu panas sehingga Anda tetap bisa nyaman saat memakainya di luar ruangan.

3. OEM WSmall Crystal Presbyopic

3. OEM WSmall Crystal Presbyopic

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 139.000

Lensa density coklat transparan

Lensa density pada dasarnya berfungsi untuk meredam sinar UV. Berbeda dengan kacamata rayban yang hanya berfungsi melindungi mata, maka kacamata baca dengan lensa density ini tetap bisa digunakan untuk membaca. Lensa akan berubah menjadi coklat transparan jika terkena sinar matahari, namun tetap jernih saat di berada di ruangan.

Dengan model halfrim atau setengah bingkai maka produk populer ini cocok Anda yang bertipe wajah telur, wajah bulat, dan tipe segitiga terbalik. Postur wajah akan terkesan lebih seimbang antara bagian kanan, dan kiri. Dengan frekuensi presbiopi +1.0, maka kacamata berikut diproduksi untuk konsumen dengan segmen 40 sampai 45 tahun.

2. Phillipe Jourdan 187 Gun Matte

2. Phillipe Jourdan 187 Gun Matte

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 950.000

Berbahan titanium murni

Dengan frame berbahan Titanium asli, maka produk kacamata baca dari Phillipe Jourdan berikut kami rekomendasikan pada peringkat kedua. Bahan Titanium menjadi jaminan bagi Anda dari kemungkinan frame patah. Berat dari kacamata dengan lensa persegi panjang ini di kisaran 10 gram, menjadikannya ringan dipakai sekalipun terlihat berat.

Harga yang dibanderol tentu sepadan dengan kualitas produk yang cocok untuk tipe wajah telur serta tipe wajah bulat. Dengan lebar lensa sebesar 58 mm, dan bingkai persegi panjang menjadikan wajah dua tipe di atas akan terlihat lebih tirus. Kacamata yang diproduksi khusus untuk konsumen pria ini termasuk produk populer, maka perlu Anda segera beli!

1. Kallestroy Danisvara Kingsman Mapple

1. Kallestroy Danisvara Kingsman Mapple

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.750.000

Frame Boston dengan bahan kayu Mapple

Jenis frame Boston sendiri mulai mendunia kembali sejak meledaknya film Kingsman Secret Service. Kacamata dengan tinggi frame 55 mm ini cocok dipakai untuk tipe wajah panjang serta tipe telur. Bila Anda termasuk pribadi yang mempunyai alergi terhadap bahan logam ataupun perpaduan, maka produk populer ini kami rekomendasikan sebagai alternatif.

Bingkai, dan gagang kacamata terbuat dari kayu Mapple yang dikenal sebagai kayu elastis namun teruji ketahanannya. Kayu Maple sendiri sudah sering digunakan sebagai bahan papan skateboard karena ketahanannya. Saat Anda membeli produk populer ini, maka akan mendapat surat garansi selama satu tahun dari pihak produsen.

Kesimpulan 

Kacamata baca dewasa ini bukan hanya berfungsi sebagai alat baca semata namun juga menunjukkan selera pribadi maupun karakter pemakai. Berbagai perkembangan yang terjadi baik di material frame maupun lensa kacamata menjadi hal penting untuk Anda  ketahui sebelum memilih kacamata baca. Demikian juga keunggulan dari tiap jenis yang ada.

Oleh karena itu kami memberikan informasi detail baik mengenai material, dan bentuk kacamata tanpa melupakan sisi fashionable. Jadi apakah Anda sudah menentukan pilihan dari 10 kacamata terbaik yang sudah kami jabarkan, dan siap berbelanja?