10 Rekomendasi Selimut Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Selimut Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bayi adalah anugerah yang memberikan keceriaan baru, iya kan bunda? Untuk menyambut kedatangan buah hati, Anda perlu menyiapkan beberapa perlengkapan bayi, misalnya selimut. Beberapa produsen selimut bayi seperti SweedleDesigns, Mooi dan Woombie telah membuat selimut bayi kualitas terbaik untuk menjaga si kecil tetap nyaman.

Mau tahu cara memilih selimut bayi yang baik? Ayo simak terus artikel berikuti ini yang membahas cara memilih selimut bayi terbaik. Selain itu kami akan memberikan 10 rekomendasi selimut bayi terbaik dari segi kualitas, bahan, dan harganya. Selamat menyambut kedatangan buah hati yang selalu Anda dambakan.

Daftar isi

Cara memilih selimut bayi

Bayi yang baru lahir masih sangat bergantung pada asuhan orang tuanya, terutama Ibu. Namun tak jarang bayi juga memiliki benda-benda favorit seperti dot ataupun selimut. Semakin familiar dengan benda-benda di sekitarnya, bayi akan merasa nyaman dan tidak rewel. Beberapa selimut bayi dibuat dengan bahan yang semakin lembut ketika di cuci berulang kali. Semakin lembut selimut akan membuat bayi lebih nyaman dan mudah tertidur. Selain sifat yang lembut, Anda harus memperhatikan bahan selimut bayi.

Bahan yang baik akan mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi yang sensitif. Bayi juga terbiasa memegang benda yang berada di dekatnya seperti selimut sehingga Anda perlu memperhatikan kebersihan selimut, karena itu pilihlah selimut yang mudah dibersihkan. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih selimut bayi!

Pilih bahan dari serat alami

Pilih bahan dari serat alami

Kulit orang dewasa berbeda dengan kulit bayi yang lembut. Oleh karena itu, dalam memilih selimut sebaiknya Anda memilih bahan yang aman di kulit bayi. Bahan yang paling bisa diandalkan sebagai selimut bayi adalah bahan yang terbuat dari katun organik. Bahan yang terbuat 100% dari katun sangat baik digunakan sebagai selimut bayi. Bahan katun mudah dicuci dan kelembutannya terjaga bahkan untuk waktu yang lama.

Hindari selimut dengan aksesori kecil

Hindari selimut dengan aksesori kecil

Bayi hingga balita cenderung usil dengan benda-benda di sekitarnya. Karenanya, Anda harus menghindari selimut bayi dari aksesori sekecil apapun seperti kancing atau pita yang bisa menyebabkan iritasi pada bayi atau tertelan jika aksesori ini terlepas. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka pilihlah model selimut bayi sederhana tanpa aksesori apapun juga.

Pastikan bentuk dan ukuran pas

Pastikan bentuk dan ukuran pas

Menurut data kurva pertama pertumbuhan anak WHO, panjang bayi normal adalah 50 cm saat lahir hingga 68 cm untuk usia 6 bulan. Kurva selanjutnya menunjukkan panjang bayi normal adalah 68 cm pada usia 6 bulan sampai 88 cm pada usia 2 tahun. Jika Anda ingin membeli selimut bayi, Anda bisa menyesuaikan ukuran selimut berdasarkan data WHO tersebut. Jika Anda sudah memiliki bayi, Anda bisa mengukur panjang bayi lebih akurat dan bisa memilih ukuran selimut bayi yang menurut Anda pas pada bayi Anda.

Jika Anda memakai selimut bayi untuk menghangatkan hingga ujung kaki maka selimut yang berbentuk persegi panjang sudah cukup Anda gunakan. Jika Anda ingin membedung bayi Anda perlu selimut bayi dengan bentuk persegi karena teknik membedung bayi ala origami membutuhkan teknik lipatan tertentu yang hanya bisa dilakukan dengan bentuk selimut bayi persegi. Jika Anda ingin membedung bayi dengan lebih mudah, kini sudah tersedia model bedung bayi dengan desain modifikasi yang membuat Anda lebih cepat menyelimuti bayi.

10 Rekomendasi selimut bayi terbaik

Berikut ini adalah 10 produk terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Silakan cek dengan saksama dan pilih yang paling sesuai untuk Anda dan bayi Anda.

10. SwaddleMe 1-PK-Ivory

10. SwaddleMe 1-PK-Ivory

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 600.000

Bahan 100% katun untuk kenyamanan bayi

Produk ini dibuat agar mudah melakukan bedong pada bayi Anda. Desain produk ini cocok untuk Anda yang baru memiliki bayi pertama kali karena dibuat dengan rancangan yang memudahkan Anda saat membedong. Desain yang aman akan memberikan kenyamanan saat tidur seperti berada di rahim ibu serta akan mencegah refleks kejut yang bisa membangunkan bayi.

SwaddleMe 1-PK-Ivory terbuat dari bahan 100% katun organik yang sangat lembut pada kulit bayi yang sensitif. Produk ini akan pas di tubuh mungil si kecil serta tidak akan membatasi pergerakan dengan adanya desain pengait penghubung yang akan mengencangkan dan menyesuaikan dengan badan bayi. Kini Anda bisa tidur dengan pulas saat si kecil terlelap dengan produk ini.

9. Kaydee Baby Hearts and Stars

9. Kaydee Baby Hearts and Stars

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.120.000

Multiguna dengan desain sederhana

Selimut ini terbuat dari katun organik terbaik yang sangat lembut untuk mencegah kulit bayi tergores oleh selimut. Produk ini ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana dan cocok sebagai bedung bayi, selimut stroller, alas kursi mobil, penutup saat menyusui atau selimut untuk tidur.

Selimut ini akan semakin lembut setiap kali dicuci. Bahan kualitas tinggi dengan metode print penuh gaya, membuat produk ini cocok dipakai dengan busana atau aksesori apapun juga. Bingung mencari hadiah untuk kerabat yang baru melahirkan? Produk ini cocok untuk hadiah dengan warna netral tanpa terpengaruh jenis kelamin bayi.

8. Aden + Anais Muslin Stroller Blanket

8. Aden + Anais Muslin Stroller Blanket

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 489.000

Teman hangat si kecil saat menjelajah di stroller

Produk ini cocok dipakai untuk memberikan kehangatan saat Anda mengajak bayi Anda berjalan-jalan di stroller. Terbuat dari bahan 100% katun muslin ringan dan rongga tenun terbuka sehingga mampu menjaga perputaran udara yang baik dan menghasilkan material yang tidak sesak ketika dipakai. Material muslin juga tergolong awet, cocok untuk Anda yang mencari selimut yang tahan lama.

Selain itu bahan muslin pada selimut ini mudah meregang sehingga bayi Anda bisa meringkuk dengan bebas. Jika tidak dipakai di stroller Anda bisa memakai selimut ini di kursi bayi pada mobil ketika bepergian atau bisa dipakai bayi untuk menghangatkan badan saat meringkuk di tempat tidur. Jadikan selimut ini memberikan kenyamanan pada bayi saat si kecil menjelajah dunia luar.

7. Wonder Wee Swaddle Blanket

7. Wonder Wee Swaddle Blanket

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.022.000

Lebih lembut di kulit bayi dengan 2 lapisan bahan

Wonder Wee Swaddle Blanket merupakan produk yang cocok untuk Anda yang sedang mencari selimut bayi dengan kelembutan ekstra. Selimut ini mudah dipakai dengan hanya 6 langkah mudah. Produk ini terbuat dari bahan 100% katun Mulmul yang terdiri dari 2 lapisan sehingga lebih lembut di kulit bayi. Bahan pilihan juga membuat produk ini ringan, lembut, dan tidak menyebabkan sesak pada bayi.

Anda bisa menggunakan produk ini untuk berbagai penggunaan seperti bedung atau selimut yang menghangatkan bayi saat di stroller. Produk ini terdiri dari 3 selimut dalam 1 paket dengan warna yang bervariasi, cocok untuk Anda yang membutuhkan selimut cadangan jika salah satu selimut terkotori. Miliki produk ini segera!

6. IKEA Charmtroll Quilt

6. IKEA Charmtroll Quilt

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 484.500

Ramah lingkungan namun tetap nyaman di bayi

Produk ini terbuat dari 100% bahan katun yang lembut dan nyaman di kulit bayi. Bagian luar selimut ini berwarna krem yang lembut di mata dengan bagian dalam berwarna putih. Bagian dalam selimut ini diisi dengan kapas untuk membuat selimut ini semakin nyaman digunakan. Produk ini cocok dipakai untuk Anda yang ingin menjaga bayi tetap nyaman namun tetap menjaga kestabilan lingkungan.

Selimut ini adalah salah satu produk yang dibuat dari sumber ramah lingkungan yang berkelanjutan dengan menggunakan bahan katun yang didaur ulang atau mengurangi penggunaan air, pupuk kimia dan pestisida yang bertujuan mengurangi dampak buruk dari industri katun namun tetap menjaga keuntungan petani. Milikilah produk ini untuk menjaga lingkungan ramah yang berkelanjutan.

5. Ubbi Muslin Blanket Buddy

5. Ubbi Muslin Blanket Buddy

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.025.000

Selimut bisa, mainan juga ok!

Ubbi Muslin Blanket Buddy terdiri dari selimut dan mainan dalam 1 produk yang cocok dipakai untuk bermain, menemani tidur dan saat pergi jalan-jalan. Selimut ini terbuat dari bahan 100 % katun yang tidak membuat sesak, lembut dan ringan. Produk ini bisa dipakai sebagai selimut yang nyaman saat si kecil tidur dan sebagai mainan saat anak Anda terbangun dan rewel.

Terdiri dari 2 set produk berupa berang-berang dan serigala membuat Anda bisa lebih berhemat dan cocok untuk Anda yang mencari selimut sekaligus mainan. Jika selimut sudah tidak dibutuhkan, Anda bisa segera memasukan selimut dan mengubahnnya ke bentuk mainan sehingga mencegah selimut cepat kotor. Miliki produk ini untuk kenyamanan dan kebahagiaan anak Anda.

4. Lulu Love Baby Swaddle Blanket

4. Lulu Love Baby Swaddle Blanket

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp. 980.000

Ukuran ekstra besar yang bisa dipakai lama

Apakah Anda bingung dengan variasi produk selimut bayi yang ada di pasaran saat ini? Apakah Anda menginginkan selimut bayi dengan kualitas bagus yang tahan lama namun trendi? Jika ya, maka produk ini adalah jawaban yang cocok bagi kebutuhan Anda. Terbuat dari bahan 100% katun, produk ini berwarna netral putih yang cocok untuk bayi perempuan atau bayi laki-laki.

Produk ini terbuat dengan ukuran besar 120 x 120 cm sehingga cocok untuk Anda yang mencari selimut yang bisa dipakai hingga bayi Anda beranjak menuju batita. Selain itu, produk ini akan membuat si kecil tidak mudah berkeringat saat dipakai. Warna klasik yang natural juga cocok untuk Anda yang memiliki selera sederhana namun tetap mewah tanpa melupakan kenyamanan si kecil.

3. Mooi Selimut Topi Summer Navy Kapal

3. Mooi Selimut Topi Summer Navy Kapal

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 237.500

Selimut spesial dengan desain buatan tangan

Selimut bayi ini memiliki model topi yang berfungsi menjaga kepala bayi tetap hangat. Desain kapal terbuat dari lukisan tangan manusia untuk menambahkan detail khusus serta menciptakan motif yang tidak bisa Anda temukan di selimut bayi lain. Produk ini terbuat dari katun yang nyaman untuk mencegah terjadinya iritasi dan alergi saat menghangatkan tubuh buah hati Anda.

Mooi Selimut Topi Summer Navy cocok Anda pakai sebagai selimut untuk menggendong bayi saat keluar rumah atau selimut stroller. Desain selimut yang menyerupai desain kertas kado premium pas menggambarkan kondisi Anda yang mendapat hadiah terbesar dalam hidup. Packaging yang menarik membuat produk ini cocok dijadikan hadiah.

2. SwaddleDesigns Baby Lovie Tiny Triangles

2. SwaddleDesigns Baby Lovie Tiny Triangles

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.278.000

Desain selimut yang dianjurkan oleh dokter anak

Selimut yang lembut ini terbuat dari bahan 100% katun dengan desain border di setiap sisi selimut yang berukuran pas di tangan si kecil sehingga menstimulasi bayi untuk menyentuh dan menjelajah berkali-kali dengan tangan kecilnya. Produk ini menjawab rekomendasi dokter anak sebagai benda yang memungkinkan si kecil merasa nyaman untuk usia 6 bulan ke atas.

Produk ini berwarna pink ceria yang cocok untuk bayi perempuan Anda. Material yang unik membuat produk ini semakin lembut setiap kali dicuci. Produk ini berbentuk kotak yang berukuran 36 x 36 cm yang mudah Anda bawa sehingga cocok untuk Anda jadikan selimut khusus saat bepergian. Jadikan perasaan nyaman dimulai sejak bayi dengan produk ini.

1. Woombie Convertible Swaddle

1. Woombie Convertible Swaddle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.970.000

Nominasi favorit para ibu dengan segudang penghargaan

Selimut ini memiliki desain ergonomis yang membuat posisi bayi saat dibedung lebih alamiah. Dengan 1 langkah mudah, Anda tidak perlu keahlian origami saat membedung. Desain inovatif membuat selimut tidak mudah terbuka seperti selimut persegi yang biasa dipakai untuk membedung. Produk ini juga memungkinkan bayi menyentuh dan memegang tangan secara bebas saat dibedung.

Porduk ini didesain untuk membuat pinggang dan bahu lebih sehat dengan tidak membatasi pergerakan bayi. Desain unik produk ini menyerupai rahim ibu sehingga membuat bayi lebih nyaman. Selimut ini hanya terbuat dari 1 lapis material sehingga ringan dan tidak membuat sesak pada bayi. Miliki selimut dengan 14 penghargaan ini untuk menjaga kenyamanan buah hati Anda.

Cara menggunakan selimut bayi

Tidak seperti selimut biasa, selimut bayi bisa dipakai untuk beberapa hal lain. Memastikan penggunaan yang benar dan bervariasi akan membuat pekerjaan mengasuh anak menjadi lebih efektif dan efisien. Berikut ini kami paparkan beberapa metoda penggunaan selimut bayi.

Gunakan untuk menyesuaikan temperatur

Gunakan untuk menyesuaikan temperatur

Tidak seperti tubuh orang dewasa, tubuh bayi masih rentan terhadap perubahan suhu karena itu Anda perlu memastikan tubuh bayi Anda tetap hangat terutama jika berada di luar rumah. Selimut bisa digunakan untuk menjaga tubuh bayi tetap hangat, jika diperlukan Anda bisa memasangkan topi pada kepala agar tidak dingin. Beberapa selimut bayi memiliki desain topi untuk memudahkan Anda menghangatkan kepala bayi. Pastikan Anda tidak membedung bayi Anda terlalu ketat atau terlalu tebal yang menyebabkan bayi Anda sulit bergerak atau kesulitan bernafas.

Gunakan perlak untuk menjaga selimut tetap bersih

Gunakan perlak untuk menjaga selimut tetap bersih

Rutinitas yang biasa dilakukan terhadap bayi adalah mengganti popok. Pada saat mengganti popok, Anda bisa saja tak sengaja mengotori selimut bayi sehingga membuat bayi tidak nyaman atau bisa menimbulkan iritasi pada kulit mereka. Hindari menggunakan selimut bayi ketika mengganti popok untuk menjaga selimut bayi tetap bersih. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan perlak yang memang dirancang khusus untuk dipakai saat mengganti popok.

Gunakan sebagai ganti dekapan ibu saat berada di luar rumah

Gunakan sebagai ganti dekapan ibu saat berada di luar rumah

Dekapan ibu membuat bayi merasa nyaman dan tenang.  Ada baiknya selimut yang Anda pilih bisa dipakai sebagai pengganti dekapan ibu. Jika bayi Anda memiliki selimut favorit, bayi Anda akan mengingat sensasi bersentuhan dengan selimut tersebut sehingga akan memberikan kenyamanan. Kenyamanan yang diberikan oleh selimut favorit akan berguna ketika bayi berada di tempat yang tidak senyaman rumah seperti saat bepergian.

Kesimpulan

Setelah kami mengulas tentang selimut bayi, bagaimana pendapat bunda? Apa sudah menemukan selimut yang akan Anda pakai untuk buah hati Anda? Bayi lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur sehingga Anda perlu memilih selimut dengan tepat untuk dipakai bayi Anda.

Selain untuk dipakai sebagai selimut untuk tidur, selimut bisa juga dipakai untuk berbagai hal. Silakan Anda pilih selimut yang membuat bayi Anda nyaman serta membuat Anda tenang berdasarkan ulasan kami.