• 10 Rekomendasi Selimut Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Selimut Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Selimut Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Selimut Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Selimut Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Selimut Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Bayi adalah anugerah yang memberikan keceriaan baru. Iya kan, Bunda? Untuk menyambut kedatangan buah hati, Anda perlu menyiapkan beberapa perlengkapan bayi, salah satunya selimut. Beberapa produsen selimut bayi telah membuat selimut bayi dengan kualitas terbaik untuk menjaga si kecil tetap nyaman.

Mau tahu cara memilih selimut bayi yang baik? Ayo simak terus artikel kami kali ini yang membahas cara memilih selimut bayi. Kami juga memberikan rekomendasi produk selimut bayi terbaik dari Baa Baa Sheepz, Baby Bee, dan merek lainnya untuk Anda. Temukanlah produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Nabilla DP
Rhily Zoro
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 15.313 Views
Daftar isi

Cara memilih selimut bayi

Selimut bayi biasanya berbentuk persegi atau persegi panjang dan terbuat dari berbagai bahan, seperti katun, poliester, maupun serat sintetis. Ukurannya kira-kira adalah 70 cm hingga 120 cm. Selimut bayi cocok dijadikan pilihan hadiah untuk rekan atau kerabat Anda yang baru melahirkan. Namun, berhati-hatilah dalam memilih selimut yang akan digunakan oleh bayi.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih selimut bayi!

Pilih selimut dari bahan serat alami

Pilih selimut dari bahan serat alami

Kulit bayi masih sangat sensitif. Oleh karena itu, Anda perlu memilih selimut dari bahan yang lembut dan aman untuk kulit bayi. Akhir-akhir ini, banyak dijual selimut berbahan microfiber yang lembut. Namun, bahan ini tidak kami rekomendasikan karena sifatnya yang dapat mengalirkan listrik statis. Bagi orang dewasa, rangsangan yang dirasakan pada kulit mungkin hanya sedikit, tetapi bagi bayi dapat berbahaya ketika menyentuh kulit.


Pilihlah selimut dari serat alami yang dapat mengurangi efek listrik statis. Lebih aman jika selimut tersebut dibuat dari katun organik. Anda juga sebaiknya memilih yang berbahan katun 100%. Katun mudah dibersihkan dan tetap lembut meskipun beberapa kali dicuci. Hal ini membuat selimut dari katun bisa awet dalam waktu lama. Beberapa produk dari katun menggunakan bahan kimia untuk membuatnya tampak lembut. Jadi, cucilah terlebih dahulu sebelum digunakan.

Hindari selimut dengan aksesori kecil dan dekorasi

Hindari selimut dengan aksesori kecil dan dekorasi

Dekorasi kecil, seperti pita atau kancing di selimut bayi dapat membahayakan karena bisa tertelan secara tidak sengaja oleh bayi. Ada juga kemungkinan selimut yang berdesain rumbai-rumbai tersangkut di jari bayi dan menyebabkannya terluka. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pilihlah selimut sederhana tanpa dekorasi apa pun yang mudah terlepas. 

Pastikan bentuk dan ukurannya pas

Pastikan bentuk dan ukurannya pas

Berbeda dengan pakaian bayi, selimut bayi tidak memiliki perbedaan ukuran menurut usia. Akan tetapi, kebanyakan produk umumnya berukuran 70 cm hingga 120 cm. Tidak masalah jika Anda menggunakan selimut untuk di rumah. Namun, Anda harus memperhatikan bentuk dan ukurannya jika dipakai untuk membedung bayi atau untuk jalan-jalan di luar rumah. 


Tipe selimut yang berbentuk persegi panjang tidak masalah untuk bayi berukuran kecil. Namun, kemungkinan tipe seperti ini akan terlalu kecil untuk membungkus badan bayi dengan tinggi 70 cm. Untuk menyelimuti kaki dan badan bayi, gunakanlah tipe persegi panjang. Sementara itu, untuk membungkus badan bayi, lebih mudah menggunakan tipe persegi.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi selimut bayi terbaik

Berikut ini adalah produk-produk terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda berdasarkan cara memilih di atas. Periksalah dengan saksama dan pilihlah yang paling sesuai untuk Anda dan bayi Anda.

10
BahanKain boa (fleece)
Ukuran92 cm x 83 cm
9
BahanKatun
Ukuran85 cm x75 cm
8

MothercareCot/Cot Bed Cellular Cotton Blanket - Pink

055120120-X3717

Rp 236.000,00

BahanKatun
Ukuran120 cm x 155 cm
7
BahanViskose lembut, serat bambu
Ukuran68 cm x 68 cm
6
BahanKain twill PE 30s, kaos
Ukuran70 cm x 40 cm
5

Dialogue BabySelimut Bayi Milky Series

DGB3109

Rp 135.000,00

BahanKain TR, kaos
Ukuran63 cm x 35 cm
4
BahanTidak disebutkan
Ukuran76 cm x 101,5 cm
3
BahanKain boa (fleece)
Ukuran85 cm x 105 cm
2
BahanKatun, velour
Ukuran78 cm x 96 cm
1
BahanSerat bambu, spandeks
Ukuran140 cm x 210 cm

Tabel perbandingan produk selimut bayi terbaik

Gambar produk
1
Baa Baa Sheepz  Double Layer Blanket 1

Baa Baa Sheepz

2
Baby Bee Cuddle Blanket Polkadot 1

Baby Bee

3
Dr.Bebe Basic Soft Blanket 1

Dr.Bebe

4
Skip Hop Zoo Travel Blanket 1

Skip Hop

5
Dialogue Baby Selimut Bayi Milky Series 1

Dialogue Baby

6
Baby Joy Selimut Bayi Kokoa Series 1

Baby Joy

7
Aden + Anais  Stroller Blanket 1

Aden + Anais

8
Mothercare Cot/Cot Bed Cellular Cotton Blanket - Pink 1

Mothercare

9
Cribcot  Travel Blanket  1

Cribcot

10
Marveila Fleece Baby Blanket 1

Marveila

Nama produk

Double Layer Blanket

Cuddle Blanket Polkadot

Basic Soft Blanket

Zoo Travel Blanket

Selimut Bayi Milky Series

Selimut Bayi Kokoa Series

Stroller Blanket

Cot/Cot Bed Cellular Cotton Blanket - Pink

Travel Blanket

Fleece Baby Blanket

Keunggulan

Cukup satu selimut saat cuaca panas atau dingin!

Teksturnya bantu perkembangan indra peraba bayi

Desain simpel tanpa hiasan yang membahayakan bayi

Sahabat travelling Anda bersama si kecil

Si kecil makin imut terbungkus selimut sapi imut

Lengkap dengan lubang kaki dan topinya, selimut jadi tak mudah lepas

Teman hangat si kecil saat menjelajah di stroller

Supernyaman dan breathable, bayi enggak bakal gerah!

Buat penampilan baby boy Anda makin tampan menggemaskan

Ekonomis dan punya banyak pilihan karakter lucu

HargaRp 539.000,00Rp 130.000,00Rp 94.000,00Rp 379.700,00Rp 135.000,00Rp 102.000,00Rp 450.000,00Rp 236.000,00Rp 292.200,00Rp 80.100,00
BahanSerat bambu, spandeksKatun, velourKain boa (fleece)Tidak disebutkanKain TR, kaosKain twill PE 30s, kaosViskose lembut, serat bambuKatunKatunKain boa (fleece)
Ukuran140 cm x 210 cm78 cm x 96 cm85 cm x 105 cm76 cm x 101,5 cm63 cm x 35 cm70 cm x 40 cm68 cm x 68 cm120 cm x 155 cm85 cm x75 cm 92 cm x 83 cm
Tautan produk

Cara menggunakan selimut bayi

Tidak seperti selimut biasa, selimut bayi bisa dipakai untuk beberapa hal lain. Gunakanlah produk terbaik dan pastikan bayi Anda nyaman. Berikut ini kami paparkan beberapa cara menggunakan selimut bayi yang benar.

Gunakan selimut untuk menyesuaikan suhu tubuh bayi

Gunakan selimut untuk menyesuaikan suhu tubuh bayi

Tidak seperti tubuh orang dewasa, tubuh bayi tidak mampu menyesuaikan suhu badannya sendiri meskipun sebenarnya mereka kepanasan atau kedinginan. Namun, saat cuaca panas atau dingin, suhu di dalam rumah tentu berbeda dengan di luar rumah tergantung dari pengaturan AC Anda. Jadi, saat merasakan perubahan suhu ketika keluar rumah, sebaiknya Anda membawa selimut untuk melindungi bayi Anda. Anda juga bisa memasangkan selimut untuk menutupi bagian kaki bayi saat berada di stroller untuk melindunginya dari terpaan angin.


Bayi yang susah tidur saat cuaca panas biasanya tidak suka menggunakan selimut tebal. Namun, Anda tetap bisa menutup perutnya agar tidak kedinginan menggunakan selimut bayi dengan ketebalan yang tepat.

Gunakan perlak untuk menjaga selimut tetap bersih

Gunakan perlak untuk menjaga selimut tetap bersih
Bayi memang sering mengotori selimut dengan tumpahan susu atau saat buang air besar dan kecil. Anda tentu tidak dapat mencucinya setiap hari ketika Anda sibuk. Jika demikian, Anda bisa menggunakan perlak sebagai alas tempat tidur. Anda bisa langsung membersihkan dan mengeringkan perlak saat terkena kotoran. 

Gunakan sebagai ganti dekapan ibu saat berada di luar rumah

Gunakan sebagai ganti dekapan ibu saat berada di luar rumah

Tubuh bayi yang mungil akan terasa nyaman saat terbungkus sesuatu. Anda bisa menggunakan kain bedung untuk membungkus tubuh bayi. Kain bedung biasanya berbentuk persegi dan dilengkapi dengan penutup kepala. Selimut bayi pun bisa digunakan untuk membungkus tubuh bayi.


Dengan memiliki satu selimut favoritnya, bayi akan mengingat sentuhan dari selimut tersebut. Anda pun bisa istirahat dan tidak perlu terus-menerus memeluknya. Selimut bayi bisa memberikan kenyamanan kepada bayi, misalnya saat naik kendaraan umum dan sebagainya.

 

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan lainnya untuk membuat bayi hangat dan nyaman di sini

Salah satu cara yang dilakukan ibu untuk membuat tubuh bayi tetap hangat adalah dengan menggunakan selimut. Selain selimut, perlengkapan tidur yang nyaman juga dibutuhkan. Agar bayi merasa hangat dan nyaman, beberapa perlengkapan, seperti alas tidur, bantal, baju, bahkan kaos kaki juga perlu diperhatikan. Di bawah ini, kami telah menyiapkan beberapa artikel rekomendasi produk perlengkapan bayi tersebut. Yuk, disimak!

Kesimpulan

Setelah kami mengulas tentang selimut bayi, bagaimana pendapat Bunda? Apa sudah menemukan selimut yang akan Anda pakai untuk buah hati? Bayi lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur sehingga Anda perlu memilih selimut dengan tepat.

Selain untuk dipakai tidur, selimut bayi bisa juga dipakai untuk berbagai hal. Silakan pilih selimut yang akan membuat bayi Anda nyaman serta membuat Anda tenang berdasarkan ulasan kami.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream pada kulit bayi Anda. Ada berbagai merek baby cream yang seringkali membuat Anda bingung dalam memilih produk yang tepat. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih baby cream terbaik untuk bayi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produknya, mulai dari Zwitsal, Cussons, hingga Mustela. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk yang terbaik!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    204.270 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan sembarangan. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit membuat ibu kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    215.267 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    164.819 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya (Terbaru Tahun 2020)
    Mulai dari bayi yang baru lahir hingga bayi yang sudah mulai belajar bermain di luar ruangan, mandi merupakan hal yang sangat penting. Berhubung sabun bersentuhan langsung dengan kulit bayi, Anda perlu memilih produk yang aman bagi kulitnya. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang aman dan tepercaya. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda dari berbagai merek populer, seperti Pigeon, Zwitsal, Johnson’s, dan lainnya. Mari simak terus artikel ini!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    126.189 Views
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulit kering adalah musuh besar bagi kulit bayi yang lembut. Untuk itu, diperlukan baby lotion yang dapat memberikan kelembapan pada wajah dan tubuh bayi. Bahkan, jika diperlukan, Anda perlu memilih baby lotion yang dapat mengatasi ruam dan jerawat pada bayi. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merek baby lotion, seperti Zwitsal, Pigeon, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan simak artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    95.411 Views
  • 10 Rekomendasi Baju Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Baju Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sejak lahir hingga berusia dua tahun, bayi belum bisa mengontrol suhu tubuhnya dengan baik. Karena itu, baju dipakai untuk menyelimuti tubuh bayi agar tetap hangat. Ada beragam jenis baju bayi yang dijual di pasaran, seperti baju pendek, panjang, terusan, dan bodysuit. Bahannya pun beragam, contohnya katun dan gauze. Lalu, baju bayi pun dijual dengan banyak ukuran. Kami akan memberikan beberapa tips untuk memilih baju bayi yang tepat. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk dari berbagai produsen terkenal, seperti Palmerhaus dan Hey!Baby. Jadi, pastikan membaca artikel ini sampai habis, ya.
    Perlengkapan & perawatan bayi
    99.402 Views
  • 10 Rekomendasi Kikir Kuku Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kikir Kuku Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Perawatan kuku bayi adalah hal yang harus segera dilakukan setelah bayi lahir. Namun, banyak ibu khawatir menggunakan gunting kuku karena kuku jari bayi masih begitu kecil. Itulah sebabnya Anda memerlukan kikir kuku yang bisa merapikan dan menghaluskan ujung kuku bayi. Ada dua jenis kikir kuku bayi yang bisa Anda gunakan yaitu kikir kuku elektrik dan kikir kuku manual. Berikut ini kami akan membahas sepuluh urutan kikir kuku terbaik, seperti Oonew, Chicco, Baby Safe, dan Zo-li. Pilihlah kikir kuku yang sesuai dan ramah untuk bayi demi memperlancar perawatan Anda.
    Perlengkapan & perawatan bayi
    1.469 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori