1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Selimut Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Selimut Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Selimut Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Selimut Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Selimut Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Selimut Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Selimut Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Saat menyambut kelahiran buah hati, tentunya Anda akan menyiapkan beberapa perlengkapan bayi, salah satunya adalah selimut. Namun, pastikan selimut yang Anda pilih memiliki bahan yang berkualitas dan nyaman karena bayi yang baru lahir memiliki kulit sensitif. Di pasaran, ada banyak sekali merek selimut bayi yang bagus untuk dimiliki. 

Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih selimut untuk bayi terbaik yang dapat dibeli secara online. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi selimut bayi terbaru yang lembut dan halus, seperti Kintakun, Malilkids, dan Carter's. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!

Diperbaharui 09-26-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Manfaat penggunaan selimut pada bayi

Manfaat penggunaan selimut pada bayi

Tidak seperti tubuh orang dewasa, bayi khususnya yang baru lahir sangat rentan terhadap suhu dan udara luar. Untuk itu, penggunaan selimut pada bayi sangat dianjurkan supaya tubuhnya tetap hangat. Selain itu, selimut juga dapat melindungi tubuh bayi dari gigitan nyamuk ataupun serangga.


Saat Anda bepergian menggunakan stroller atau sepeda motor, selimut dapat melindungi bagian kaki si kecil dari terpaan angin. Di sisi lain, bayi yang susah tidur saat cuaca panas biasanya tidak suka menggunakan selimut tebal. Namun, Anda tetap bisa menutup perutnya menggunakan selimut bayi dengan ketebalan yang tepat supaya tidak kedinginan.

Cara memilih selimut bayi

Saat ingin membeli selimut bayi, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Selain jenis bahan yang digunakan, Anda juga perlu memperhatikan ukurannya. Untuk itu, simak penjelasan tips memilih selimut bayi berikut ini. 

① Pilih selimut dari bahan serat alami

Tahukah Anda bahwa kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif dibandingkan kulit orang dewasa? Untuk itu, hindari penggunaan selimut orang dewasa pada bayi, terlebih jika bahannya kurang lembut dan nyaman. Umumnya, terdapat dua jenis bahan kain yang sering digunakan dalam pembuatan selimut bayi, yakni fleece dan katun. 

Fleece: Elastis dan lembut di kulit

Fleece: Elastis dan lembut di kulit

Fleece merupakan jenis kain yang kerap digunakan sebagai bahan baku pembuatan pakaian. Karakteristik kain fleece adalah lembut, halus, dan hangat. Saat diraba, Anda akan merasakan adanya sedikit bulu pada bagian permukaannya. Pilihan warna kain fleece juga cukup beragam. Anda bisa dengan mudah mendapatkan warna-warna cerah, seperti kuning, pink, dan biru. 


Kain fleece juga aman untuk kulit sehingga sering digunakan dalam pembuatan selimut ataupun bagian dalam jaket outdoor. Saat mencucinya, Anda disarankan untuk tidak menggunakan pelembut pakaian agar lebih awet. Jika Anda menggunakan mesin cuci, pastikan juga untuk menggunakan mode pencucian yang pelan.

Katun: Adem dan menyerap keringat dengan baik

Katun: Adem dan menyerap keringat dengan baik

Sama halnya dengan kain fleece, katun juga menjadi salah satu jenis kain yang paling sering digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian. Karakteristik kain katun sendiri adalah mudah menyerap keringat, antigerah, dan mudah disablon. Saat dikenakan di cuaca dingin, katun mampu memberikan rasa hangat. 


Dari segi bahannya, terdapat jenis katun yang terbuat dari 100% serat kapas dan ada juga yang terbuat dari bahan campuran. Supaya tetap awet, pisahkan proses pencucian selimut berbahan katun dengan pakaian yang mudah luntur. Anda juga disarankan untuk mengatur suhu setrika agar tidak terlalu panas dan warna selimut tidak berubah.

② Hindari selimut dengan aksesori kecil dan dekorasi

Hindari selimut dengan aksesori kecil dan dekorasi

Aksesori kecil, seperti rumbai, pita, dan kancing pada selimut bayi memang terlihat menggemaskan. Namun, bisa saja aksesori tersebut membahayakan bayi karena dapat melukai kulit atau tertelan secara tidak sengaja. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pilihlah selimut yang tidak memiliki aksesori atau dekorasi yang mudah terlepas. 


Jika Anda menginginkan selimut bayi yang lucu dan unik, Anda bisa memilih selimut bayi dengan warna yang cerah. Di samping itu, ada banyak produk selimut bayi dengan desain yang lucu, seperti gambar hewan, tata surya, dan lainnya. 

③ Sesuaikan bentuk dan ukurannya dengan tujuan penggunaan selimut

Sesuaikan bentuk dan ukurannya dengan tujuan penggunaan selimut

Umumnya, selimut bayi yang dijual di pasaran berbentuk persegi panjang dan persegi. Ukurannya pun cukup beragam, mulai dari 70 cm hingga 120 cm. Jika Anda membutuhkan selimut bayi untuk penggunaan di rumah, bentuk produk tentu tak jadi masalah. Namun, pastikan kembali ukurannya telah disesuaikan dengan usia dan tinggi badan buah hati. 


Selimut yang berbentuk persegi panjang dapat dikenakan untuk bayi yang baru lahir. Untuk menyelimuti kaki dan badan bayi, gunakanlah tipe persegi panjang. Namun, ada juga kemungkinan tipe seperti ini akan terlalu kecil untuk membedung badan bayi dengan panjang badan 70 cm.  


Nah, mungkin saat ini Anda juga membutuhkan kain bedung untuk bayi newborn. Untuk itu, silakan baca juga artikel kami berikut ini untuk mendapatkan rekomendasi produk yang tepat. 

10 Rekomendasi selimut bayi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk selimut bayi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Carter's

Selimut Bayi Dot Bahan Fleece

Carter's  Selimut Bayi Dot Bahan Fleece 1枚目

Menjaga newborn tetap hangat tanpa gerah

2

Selimut Bayi Topi Boneka/Karakter Fleece

 Selimut Bayi Topi Boneka/Karakter Fleece 1枚目

Hoodie karakternya buat wajah makin menggemaskan

3

Kintakun

Selimut Bayi Needle

Kintakun Selimut Bayi Needle 1枚目

Aman bagi kulit bayi berkat bahan hypoallergenic

4

Gugu Gaga

Selimut Bayi Custom

Gugu Gaga  Selimut Bayi Custom 1枚目

Kelengkapan sesi foto bayi yang spesial

5

Carrol Baby

Double Sided Minky Blanket Cream - Dark Brown

Carrol Baby  Double Sided Minky Blanket Cream - Dark Brown 1枚目

Satu selimut untuk dua tampilan simpel dan kalem

6

Hongzhuo

Selimut Bayi Lembut Karakter/Selimut Bayi Bulu Halus

Hongzhuo Selimut Bayi Lembut Karakter/Selimut Bayi Bulu Halus 1枚目

Desain karakter lucu bikin selimut makin imut

7

Malilkids

Blanket Clip & Go 3in1

Malilkids Blanket Clip & Go 3in1 1枚目

Ibu dan bayi tetap nyaman saat bepergian

8

Cribcot

Knit Blanket (Selimut Bayi Rajut)

Cribcot Knit Blanket (Selimut Bayi Rajut) 1枚目

Bahan klasik membuat kamar makin estetik

9

Leleoncare

Selimut Muslin Bayi Newborn

Leleoncare Selimut Muslin Bayi Newborn 1枚目

Bahan menyerap air, jadi handuk pun bisa

10

Sumimo

Blanket Cotton On Minky

Sumimo Blanket Cotton On Minky 1枚目

Selimut bayi premium dengan perlindungan maksimal

Perincian produk
Close
No.1

Carter's Selimut Bayi Dot Bahan Fleece

Mulai dari Rp45.500,00

Menjaga newborn tetap hangat tanpa gerah

Kelebihan:

  • Tekstur kain lembut sehingga nyaman untuk kulit bayi

Kekurangan:

  • Bagian bulu pada lapisan belakang rawan rontok sehingga tak bisa dicuci menggunakan mesin

Jika bayi Anda lahir saat musim kemarau atau musim panas, pertimbangkanlah untuk memilih produk ini. Tekstur kain pada selimut ini terasa lembut dan nyaman untuk kulit bayi. Selain itu, bahannya cukup tipis sehingga pas digunakan untuk newborn saat cuaca panas.


Menariknya lagi, bagian depan selimut memiliki tekstur dot atau bulat-bulat. Hal tersebut membuat desainnya menjadi lebih spesial ketimbang selimut polos. Selimut ini tentu cocok digunakan untuk anak Anda, tetapi pantas juga jika dijadikan hadiah.

No.2

Selimut Bayi Topi Boneka/Karakter Fleece

Mulai dari Rp33.500,00

Hoodie karakternya buat wajah makin menggemaskan

Kelebihan:

  • Banyak pilihan warna dan karakter, baik untuk baby boy, girl, maupun unisex

Kekurangan:

  • Tidak terdapat pengait sehingga mudah lepas jika dibawa bepergian

Produk ini pasti akan membuat Anda bingung memilih. Hal tersebut dikarenakan produk ini tersedia dalam banyak pilihan warna dan karakter. Anda tak usah khawatir karena harganya affordable sehingga tidak perlu ragu jika ingin membeli lebih dari satu.


Bagi Anda berencana membeli selimut ganti untuk si kecil, produk ini dapat dipertimbangkan. Saat dikenakan, hoodie berbentuk karakter hewan yang didesain 3D-nya akan membuat wajah si kecil makin terlihat menggemaskan.

No.3

KintakunSelimut Bayi Needle

Mulai dari Rp190.500,00

Aman bagi kulit bayi berkat bahan hypoallergenic

Kelebihan:

  • Ukurannya cukup lebar sehingga bisa digunakan dalam waktu lama

Kekurangan:

  • Bahannya rentan rusak jika dicuci menggunakan mesin cuci

Baby Needle Blanket atau selimut bayi ini menggunakan bahan super lembut yang nyaman. Tekstur bahannya berbulu dengan pola garis-garis. Pada bagian bawahnya, terdapat dekorasi karakter hewan yang didesain 3D.


Jika si kecil memiliki kulit sensitif atau mudah alergi, produk ini adalah pilihan tepat. Selimut berbahan hypoallergenic ini sudah mengantongi sertifikat SNI dan OEKO-TEX International Standard 100. Jadi, produk ini sudah terjamin keamanannya bagi kulit bayi.

No.4

Gugu Gaga Selimut Bayi Custom

Mulai dari Rp150.000,00

Kelengkapan sesi foto bayi yang spesial

Kelebihan:

  • Desain custom yang spesial karena tak sama dengan orang lain

Kekurangan:

  • Varian yang tersedia hanya polos, tidak ada selimut bermotif

Apakah Anda memiliki rencana untuk melakukan sesi foto bayi? Nah, produk ini akan menjadi salah satu properti yang membuat foto makin menarik. Selimut dengan tulisan nama si kecil akan membuat hasil dokumentasi makin spesial.


Selain dapat dipesan sebagai selimut nama bayi, Anda juga bisa memilih bahan yang disukai. Jika ingin selimut yang empuk, pilihlah bahan katun microfiber berisi silicone. Namun, bila ingin selimut yang terasa lembut di kulit, pilihlah bahan bulu.

No.5

Carrol Baby Double Sided Minky Blanket Cream - Dark Brown

Mulai dari Rp160.000,00

Satu selimut untuk dua tampilan simpel dan kalem

Kelebihan:

  • Tekstur dot bolak-balik yang nyaman digenggam

Kekurangan:

  • Ukuran selimut kurang lebar untuk digunakan sampai usia besar

Bagi Anda yang tak menyukai perlengkapan bayi dengan banyak motif, produk ini adalah solusinya. Selimut ini tampil polos dengan tekstur dot dan warna berbeda pada kedua sisinya. Anda pun dapat menggunakannya secara bolak-balik supaya tak cepat bosan.


Perpaduan warna cream dan dark brown tampak kalem dan menghangatkan suasana. Bahannya soft, tetapi bertekstur sehingga dapat merangsang motorik halus bayi saat sedang menggenggam selimut. Selain itu, warna selimut agak glossy sehingga tampak elegan.

No.6

HongzhuoSelimut Bayi Lembut Karakter/Selimut Bayi Bulu Halus

Mulai dari Rp150.000,00

Desain karakter lucu bikin selimut makin imut

Kelebihan:

  • Bahan bulu tidak mudah rontok walaupun dicuci menggunakan mesin

Kekurangan:

  • Ukuran selimut kurang besar untuk digunakan jangka panjang

Kami rekomendasikan produk ini untuk dijadikan hadiah bagi teman yang baru melahirkan. Produk ini tersedia dalam beragam motif dan gambar karakter hewan yang lucu. Untuk dijadikan kado, karakter ditampilkan pada sisi depan.


Selimut yang pas ukurannya untuk bayi usia newborn ini cukup untuk menghangatkan saat tidur. Perawatan menggunakan mesin cuci pun aman karena bulu-bulu halusnya tak mudah rontok. Warna selimut juga tidak luntur saat dicuci sehingga bisa lebih awet.

No.7

MalilkidsBlanket Clip & Go 3in1

Mulai dari Rp219.000,00

Ibu dan bayi tetap nyaman saat bepergian

Kelebihan:

  • Dilengkapi clip penjepit sehingga memudahkan selimut bayi untuk dibawa bepergian

Kekurangan:

  • Ukuran selimut bayi cenderung kecil, pas dipakai newborn saja

Selimut multifungsi ini dapat digunakan juga sebagai penutup stroller dan nursing cover. Jika Anda masih memberikan ASI eksklusif dan ingin bepergian bersama bayi, produk ini adalah pilihan tepat. Jadi, Anda tak perlu repot membawa banyak barang dengan fungsi berbeda-beda.


Selimut bayi ini dilengkapi dengan clip premium untuk dijepitkan pada gendongan ataupun stroller. Saat digunakan, selimut dapat menempel dengan kencang dan tak terjatuh. Lalu, terdapat hoodie untuk melindungi kepala bayi saat berada dalam gendongan.

No.8

CribcotKnit Blanket (Selimut Bayi Rajut)

Mulai dari Rp347.000,00

Bahan klasik membuat kamar makin estetik

Kelebihan:

  • Bahan breathable sehingga mencegah gerah

Kekurangan:

  • Selimut kurang tebal 

Untuk si kecil yang tidur dalam baby box berdesain klasik, produk ini patut dijadikan pelengkap. Tampilan bahan rajut yang khas dengan pilihan warna lembut akan membuat kamar makin estetik. Packaging-nya pun menggunakan box cantik sehingga dapat dijadikan hadiah tanpa perlu repot dibungkus kertas kado.


Dari segi bahan, selimut bayi ini breathable atau memiliki sirkulasi udara yang baik. Tekstur bahannya pun lembut sehingga tetap nyaman saat menyentuh kulit. Bahan ini juga menjaga suhu stabil pada tubuh bayi sehingga tak kegerahan ataupun kedinginan.

No.9

LeleoncareSelimut Muslin Bayi Newborn

Mulai dari Rp299.000,00

Bahan menyerap air, jadi handuk pun bisa

Kelebihan:

  • Ukuran selimut sangat lebar dan awet dipakai sampai anak berusia besar

Kekurangan:

  • Pilihan motif untuk baby girl kurang variatif

Selimut bayi biasanya berukuran agak kecil dengan panjang kurang dari satu meter. Namun, selimut ini memiliki ukuran yang besar sehingga masih bisa digunakan saat anak sudah besar. Dengan enam lapisan katun muslin bamboo, permukaan selimut terasa lebih halus dan lembut.


Jika Anda sedang mencari selimut yang multifungsi dalam keadaan darurat, produk ini adalah pilihan pas. Selain dapat digunakan untuk alas tidur bayi, selimut ini juga bisa dijadikan handuk karena bahannya menyerap air. Jadi, Anda bisa bepergian dengan santai dan siap menghadapi kondisi si kecil.

No.10

SumimoBlanket Cotton On Minky

Mulai dari Rp331.000,00

Selimut bayi premium dengan perlindungan maksimal

Kelebihan:

  • Bagian tengahnya merupakan filling empuk sehingga bisa juga dijadikan alas tidur

Kekurangan:

  • Bagian depan berwarna dasar putih sehingga saat kotor sedikit saja langsung terlihat jelas

Sumimo merupakan salah satu merek bed cover bayi yang bagus karena berbahan premium. Saat dijadikan alas tidur, bahannya terasa empuk berkat adanya filling di bagian tengah. Dengan bahan full katun pada bagian dalam, tentunya mudah menyerap keringat.


Untuk Anda yang ingin memberikan perlindungan maksimal bagi buah hati, produk ini adalah pilihan tepat. Dengan bahan hypoallergenic, selimut ini dapat mencegah kulit si kecil dari gatal dan ruam. Selain itu, produk ini juga telah teruji dan tersertifikasi K3L (Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan Lingkungan).

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan bayi lainnya di sini

Selain selimut, perlengkapan tidur yang nyaman juga dibutuhkan. Supaya bayi merasa hangat dan nyaman, beberapa perlengkapan, seperti alas tidur, matras, dan sarung tangan juga perlu dikenakan. Di bawah ini, kami telah menyiapkan beberapa artikel rekomendasi produk perlengkapan bayi tersebut. Klik tautan di bawah ini untuk membacanya lebih lanjut. 

Kesimpulan

Tuntas sudah ulasan kami mengenai rekomendasi merk selimut bayi terbaik yang dapat dibeli secara online. Harga selimut bayi yang bagus biasanya dipengaruhi oleh kualitas kain dan mereknya. Apakah Anda sudah mendapatkan selimut bayi yang diinginkan? 

Bayi yang baru lahir akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur sehingga Anda perlu memiliki selimut yang tepat. Di samping itu, perhatikan juga desain dan warnanya supaya si buah hati terlihat menggemaskan saat mengenakannya. 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer