10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Gantungan jemuran adalah benda yang pasti selalu tersedia di semua rumah. Alat ini digunakan untuk membantu mengeringkan pakaian Anda setelah dicuci. Meskipun alat ini sederhana, Anda bisa saja kebingungan saat memilihnya karena banyaknya jenis yang tersedia.

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara memilih dan memberikan rekomendasi gantungan jemuran terbaik. Semua produk rekomendasi telah kami pilih dengan seksama berdasarkan fitur dan manfaatnya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih gantungan jemuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Daftar isi

Cara memilih gantungan jemuran

Berikut kami akan memperkenalkan poin-poin yang harus diperhatikan ketika memilih gantungan jemuran.

Pilih berdasarkan jenis jemuran Anda

Terdapat 2 tipe gantungan jemuran, yaitu untuk pakaian dan benda kecil.

Gantungan untuk pakaian

Gantungan untuk pakaian

Gantungan tipe ini adalah gantungan jemuran yang sering kita lihat di rumah. Gantungan ini dapat digunakan untuk menjemur T-shirt, kemeja, handuk, dan lain-lain. Ada juga model gantungan ini yang dilengkapi jepitan di bagian bawahnya.

Untuk mencegah terbentuknya bekas gantungan di bagian bahu, kami merekomendasikan Anda untuk mennggunakan gantungan dengan panjang 1 cm lebih pendek dari ukuran lebar bahu baju Anda.

Gantungan jepit untuk jemuran berukuran kecil

Gantungan jepit untuk jemuran berukuran kecil

Gantungan tipe ini digunakan untuk mengeringkan jemuran berukuran kecil seperti kaos kaki, saputangan, dan sebagainya. Anda cukup menjepit pakaian Anda dengan jepitan yang tersedia, sehingga lebih praktis.

Pilih bahan berdasarkan harga dan daya tahannya

Gantungan jemuran terbuat dari berbagai jenis bahan. Mari kita lihat satu persatu.

Bahan plastik yang terjangkau harganya

Bahan plastik yang terjangkau harganya

Bahan yang paling sering digunakan untuk gantungan jemuran adalah plastik. Gantungan jemuran ini sangat ringan dibandingkan bahan lain dan sulit menyerap air. Sifat bahannya membuat gantungan jemuran dari bahan ini cocok untuk mengeringkan pakaian. Hanya saja, bahan plastik ini gampang keropos karena paparan sinar matahari langsung. Anda pun harus membelinya secara berkala.

Bahan stainless steel yang tahan lama

Bahan stainless steel yang tahan lama

Gantungan jemuran yang terbuat dari stainless steel memiliki karakteristik kuat, tidak mudah lapuk, dan anti karat. Akan tetapi, harga gantungan jemuran ini tentunya lebih mahal dibandingkan bahan plastik.

Gantungan jemuran stainless steel juga cukup berat, sehingga Anda harus berhati-hati ketika menjemur pakaian dalam jumlah banyak.

Bahan besi dengan lapisan warna yang menarik

Bahan besi dengan lapisan warna yang menarik

Gantungan jemuran dari besi biasanya dilapisi juga dengan lapisan vinil. Warna lapisan vinilnya pun beragam sehingga menarik untuk dipandang.

Meskipun gantungan jemuran ini lebih mudah berkarat dibandingkan bahan stainless steel, bahan besi ini masih cukup banyak digunakan.

Periksalah fitur tambahan yang berguna

Beberapa produk memiliki fitur tambahan untuk membantu Anda ketika menjemur pakaian. Berikut adalah fitur tambahan yang terdapat pada gantungan jemuran.

Bisa dilipat

Bisa dilipat

Gantungan jemuran yang bisa dilipat membuatnya mudah untuk disimpan dan dibawa kemana-mana. Selain bisa dilipat, ada juga model gantungan jemuran yang dapat disusun secara vertikal untuk menghemat tempat ketika menjemur pakaian.

Fitur ini akan sangat berguna ketika Anda memiliki banyak anggota keluarga di rumah sehingga jemuran menjadi banyak, tetapi Anda hanya memiliki sedikit space untuk menjemur.

Ada tidaknya lekukan di bagian bahu gantungan jemuran

Ada tidaknya lekukan di bagian bahu gantungan jemuran

Ketika pakaian mengering, daya gesek pakaian dan gantungan akan berkurang sehingga lebih mudah terjatuh, apalagi dengan ditambah adanya angin. Lekukan di bagian pundak pada gantungan jemuran berfungsi untuk mencegah pakaian terjatuh dari tempatnya.

Leher gantungan jemuran yang bisa diputar

Leher gantungan jemuran yang bisa diputar

Gantungan jemuran dengan bagian leher yang bisa diputar 360° akan berguna karena Anda tidak perlu memikirkan arah ketika menggantung pakaian. Fitur ini biasanya terdapat pada gantungan jepit, tetapi ada pula gantungan model biasa yang juga memiki fitur ini.

Gantungan jemuran dengan bagian bahu yang melebar

Gantungan jemuran dengan bagian bahu yang melebar

Ketika baju dijemur, baju yang tebal akan sulit kering karena tidak memiliki aliran udara yang baik. Gantungan jemuran yang menciptakan ruangan lebih untuk aliran udara dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Desain bahu gantungan yang melebar ke samping memungkinkan baju berbahan tebal Anda lebih cepat kering. Gantungan dengan fitur ini cocok juga untuk Anda yang memiliki banyak cucian dengan tempat menjemur yang terbatas.

10 Rekomendasi gantungan jemuran

Berikut kami akan memperkenalkan rekomendasi gantungan jemuran terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga dapat berguna bagi Anda!

10. Hanger Laundry Plastik Hitam

10. Hanger Laundry Plastik Hitam

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 900

Sederhana dengan fungsi optimal

Gantungan jemuran ini terbuat dari bahan plastik berwarna hitam. Gantungan jemuran ini cocok digunakan untuk menjemur pakaian yang basah karena tidak menyerap air, tetapi pastikanlah untuk menghindari paparan sinar matahari langsung karena akan membuat gantungan ini cepat rusak.

Gantungan jemuran dengan model ini adalah yang paling sering digunakan, karena harganya yang murah dan cenderung awet. Cocok digunakan untuk Anda yang ingin membuka butik atau memiliki banyak pakaian untuk dijemur.

9. Marks and Spencer Hanger

9. Marks and Spencer Hanger

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.100

Dapat disusun secara vertikal untuk menghemat tempat

Gantungan jemuran ini memiliki desain yang sederhana dan terbuat dari bahan yang kuat sehingga tidak mudah patah. Harganya yang murah dan kuat membuat gantungan jemuran ini patut Anda miliki.

Bentuk gantungan jemuran ini telah didesain sedemikian rupa agar dapat disusun secara vertikal. Sehingga Anda dapat menghemat tempat ketika menjemur pakaian. Gantungan jemuran ini cocok untuk Anda yang sering mencuci pakaian dalam jumlah banyak, tetapi tidak memiliki tempat menjemur yng cukup luas.

8. Indoprosper Gantungan Jemuran Kawat

8. Indoprosper Gantungan Jemuran Kawat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.500

Gantungan jemuran dengan warna yang beragam

Gantungan jemuran ini terbuat dari bahan kawat besi yang ringan dan kuat. Gantungan jemuran ini diberikan lapisan vinil dengan warna yang beraneka ragam, seperti merah, kuning, hitam, dan lain-lain. Menjemur pakaian pun jadi lebih menyenangkan, karena warna gantungan yang beragam.

Gantungan jemuran ini dijual dalam bentuk paket. Satu paket akan mendapatkan 10 buah gantungan jemuran, jadi sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda. Gantungan jemuran ini cocok untuk berbagai jenis baju dan pakaian, terutama Anda yang memiliki banyak pakaian berbahan tipis.

7. Mark and Spencer Gantungan Jemuran Jepit

 7. Mark and Spencer Gantungan Jemuran Jepit

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.500

Terdapat jepitan agar jemuran tidak terjatuh

Gantungan jemuran ini terbuat dari bahan plastik berwarna hitam yang ringan dan kuat. Pada gantungan jemuran ini terdapat jepitan yang kuat untuk membantu Anda menggantung pakaian Anda ketika menjemur. Jemuran pun akan tetap pada tempatnya hingga kering tanpa terjatuh.

Gantungan jemuran ini sangat cocok digunakan ketika menjemur celana jeans maupun celana bahan. Bagian jepitannya bisa digeser untuk menyesuaikan ukuran pakaian yang akan dijemur, sehingga cocok untuk berbagai jenis pakaian. Pas juga untuk Anda yang ingin menjemur pakaian ketika cuaca sedang berangin.

6. Gantungan Jemuran Plastik 8 in 1

6. Gantungan Jemuran Plastik 8 in 1

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 11.400

Dilengkapi 8 jepitan yang serbaguna

Gantungan jemuran ini memiliki 8 jepitan baju yang tersebar merata di bagian kiri dan kanan. Jepitan bajunya memiliki gerigi halus dan daya cengekeram yang kuat sehingga jemuran Anda tidak mudah terbang meski tertiup oleh angin.

Bagian leher gantungan jemuran ini dapat diputar 360° sehingga Anda tidak perlu memusingkan arah ketika menjemur. Gantungan baju ini cocok digunakan ketika Anda menjemur banyak kaos kaki, pakaian dalam, pakaian bayi, dan jemuran berukuran kecil lainnya.

5. Hanger Lipat Portable

5. Hanger Lipat Portable

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.750

Bisa dilipat dan tidak makan tempat

Gantungan jemuran ini terbuat dari bahan plastik yang ringan dan kuat. Gantungan jemuran yang hemat tempat penyimpanan ini tersedia dalam berbagai warna yang terang dan menyenangkan. Selain itu, desainnya yang unik membuat gantungan jemuran ini enak dilihat.

Kelebihan gantungan jemuran ini adalah bagian tengahnya yang dapat dilipat sehingga mudah dibawa kemana-mana. Gantungan jemuran ini kami rekoemendasikan untuk Anda yang sering bepergian ke luar kota dan membutuhkan gantungan jemuran yang siap digunakan kapan saja.

4. IKEA Pressa Hanger

4. IKEA Pressa Hanger

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 69.900

Bahan plastik dengan pelindung dari sinar UV

Gantungan jemuran yang dilengkapi jepitan ini tersedia dalam 3 varian warna, yaitu putih, merah, dan hitam. Gantungan jemuran ini memiliki total 20 jepitan sehingga Anda dapat menjemur pakaian kecil dalam jumlah banyak sekaligus.

Gantungan jemuran ini terbuat dari bahan plastik yang kuat. Bahan dari plastik dikenal mudah rusak ketika terpapar sinar matahari terus menerus, tetapi lain halnya dengan produk ini. Bahan plastik produk ini dilapisi dengan pelindung dari sinar UV sehingga bisa tahan lama untuk digunakan.

3. Gantungan Jemuran Batik

 3. Gantungan Jemuran Batik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.800

Desain batik yang menambah nilai estetika

Gantungan jemuran ini terbuat dari bahan plastik berwarna putih yang kuat dan ringan. Lebar gantungan ini adalah 40 cm dan cocok untuk ukurang baju orang dewasa. Pada bagian bawah juga terdapat kait untuk menggantung pakaian yang bertali.

Keunikan dari gantungan jemuran ini adalah desain batiknya yang menambah nilai estetikanya. Gantungan jemuran yang cantik ini tentunya akan membuat kegiatan mencuci pakaian Anda menjadi lebih bersemangat. Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang menyukai desain unik dan tidak biasa.

2. Gantungan Jemuran Stainless Steel Bentuk Lingkaran

2. Gantungan Jemuran Stainless Steel Bentuk Lingkaran

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 69.900

Gantungan jepit untuk pakaian si kecil

Gantungan jemuran ini terbuat dari bahan stainless steel yang anti karat dan kuat. Gantungan jepit ini memiliki 20 penjepit pakaian yang disusun berkeliling dalam bentuk lingkaran sehingga lebih hemat tempat dan memudahkan Anda ketika hendak mengambilnya.

Jepitan yang ada pada gantungan ini berfungsi untuk mencegah jemuran Anda diterbangkan oleh angin. Gantungan jemuran ini sangat sesuai untuk Anda yang memiliki bayi kecil di rumah dan ingin menjemur barang berukuran kecil seperti kaus kaki dan pakaian dalam.

1. Smart Frog Portable Electric Dryer

1. Smart Frog Portable Electric Dryer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 405.500

Mengeringkan pakaian Anda dengan cepat

Gantungan jemuran ini memiliki teknologi pengeringan yang canggih. Anda dapat mengeringkan pakaian Anda dalam waktu singkat tanpa perlu menunggu sinar matahari mengeringkannya. Produk ini sesuai untuk Anda yang ingin mengeringkan pakaian dengan cepat.

Produk ini menggunakan aliran udara panas/dingin yang dihasilkan untuk mengeringkan pakaian Anda dengan cepat. Dengan produk ini, Anda tidak perlu khawatir lagi pakaian kerja atau seragam sekolah tidak kering meskipun sedang musim hujan.

Membuang gantungan jemuran bekas berdasarkan bahannya

Membuang gantungan jemuran bekas berdasarkan bahannya

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, gantungan jemuran terbuat dari berbagai macam bahan seperti besi, plastik, dan stainless steel. Namun, beberapa gantungan jemuran ada juga yang terbuat dari 2 bahan berbeda yang dicampur, sehingga sulit menentukan kategori jenis sampahnya ketika Anda hendak membuangnya.

Untuk Anda yang tidak terbiasa memisahkan sampah berdasarkan jenisnya, tentunya tidak perlu terlalu memikirkannya. Akan tetapi untuk Anda yang suka memisahkan jenis sampah ketika membuangnya, mengetahui dari apa bahan pembuat gantungan jemuran adalah hal yang penting.

Jadi, jelilah ketika membeli dan membuang gantungan jemuran yang sudah rusak agar tetap ramah terhadap lingkungan!

Kesimpulan

Menjemur pakaian adalah kegiatan rutin yang dilakukan setiap harinya, sehingga sebaiknya Anda tidak mengalami kesulitan sama sekali ketika melakukannya. Dengan memilih gantungan jemuran yang sesuai untuk kebutuhan Anda, kegiatan menjemur baju Anda akan menjadi lebih efisien dan hasilnya pun memuaskan.

Semoga dengan artikel ini, Anda dapat terbantu dan terinspirasi sehingga memperoleh produk yang paling sesuai untuk rumah Anda. Sekian artikel ini dan terima kasih sudah membaca!