• 10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Gantungan jemuran adalah benda yang pasti selalu tersedia di semua rumah. Gantungan ini digunakan untuk mengeringkan pakaian setelah dicuci. Di pasaran, Anda akan menemukan berbagai jenis gantungan jemuran, seperti gantungan jepit, lipat, gantungan jemuran bulat, dan lainnya.

 
Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai cara memilih dan memberikan rekomendasi gantungan jemuran kepada Anda. Semua produk rekomendasi yang bagus telah kami pilih dengan saksama berdasarkan fitur dan manfaatnya. Hanger jemuran dari merek IKEA, Cooger, dan Lion Star juga tak lupa kami ulas. Silakan simak artikel ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 29 September 2022
Daftar isi

Cara memilih gantungan jemuran

Terdapat berbagai tipe gantungan jemuran yang beredar di pasaran. Di bawah ini, kami akan menjelaskan poin yang perlu Anda perhatikan ketika hendak memilih gantungan jemuran. 

Tentukan berdasarkan jenis jemuran Anda

Gantungan jemuran dapat dibedakan menjadi dua tipe, yaitu tipe gantungan untuk pakaian (hanger) dan gantungan jepit. Mari simak masing-masing penjelasan dari kedua tipe tersebut.

Gantungan pakaian (hanger), cocok untuk menggantung berbagai jenis pakaian

Gantungan pakaian (hanger), cocok untuk menggantung berbagai jenis pakaian
Tipe ini adalah gantungan jemuran yang sering dijumpai di rumah. Gantungan ini dapat digunakan untuk menjemur pakaian, seperti T-shirt, kemeja, dan lain-lain. Ada juga hanger yang dilengkapi jepitan di bagian bawahnya sehingga tidak perlu menggantung di bagian bahu pakaian. Anda pun jadi lebih mudah menyesuaikannya dengan jenis pakaian. 

Untuk mencegah terbentuknya bekas gantungan di bagian bahu, kami punya solusinya. Anda dapat menggunakan gantungan 1 cm lebih pendek dari ukuran lebar bahu baju Anda. Selain itu, cobalah memilih gantungan jemuran yang tidak memiliki terlalu banyak lekukan.  

Gantungan jepit, untuk jemuran ukuran kecil agar lebih cepat kering

Gantungan jepit, untuk jemuran ukuran kecil agar lebih cepat kering
Gantungan jepit biasa digunakan untuk mengeringkan jemuran berukuran kecil, seperti pakaian dalam, kaus kaki, atau saputangan. Biasanya, ada juga yang sudah termasuk set hanger. Anda cukup menjepit pakaian dengan jepitan yang tersedia sehingga lebih praktis.

Ukuran gantungan jepit juga berbeda-beda. Apabila gantungannya berukuran kecil, tentu makin sedikit pula jemuran yang bisa Anda jepit. Lalu, ada gantungan yang berukuran besar sehingga Anda bisa lebih banyak menjepit cucian berukuran kecil. Banyak juga gantungan jepit berukuran besar yang memiliki engsel di bagian tengah sehingga mudah dilipat dan disimpan.

Pilihlah bahan berdasarkan harga dan daya tahannya

Gantungan jemuran terbuat dari berbagai jenis bahan. Pilihlah bahan gantungan jemuran yang sesuai dengan harga dan daya tahan yang Anda inginkan. 

Bahan plastik: Harganya terjangkau

Bahan plastik: Harganya terjangkau
Plastik merupakan bahan yang paling sering digunakan untuk gantungan jemuran. Tidak hanya gantungan pakaian, gantungan jepit juga banyak yang terbuat dari bahan plastik. Gantungan berbahan plastik lebih mudah diproduksi sehingga harganya pun ekonomis. 

Gantungan jemuran ini sangat ringan dibanding bahan lain serta tidak menyerap air. Karena itu, tipe ini cocok untuk menggantung jemuran basah dan untuk mengeringkan pakaian. Hanya saja, bahan plastik lebih mudah rusak akibat paparan sinar matahari langsung

Bahan stainless steel: Awet dan tahan karat

Bahan stainless steel: Awet dan tahan karat
Gantungan jemuran yang terbuat dari stainless steel memiliki karakteristik kuat, tidak mudah lapuk, dan antikarat. Selain itu, gantungan jemuran yang keseluruhannya terbuat dari bahan stainless steel pun dapat digunakan hingga waktu lama.

Akan tetapi, harga gantungan jemuran ini tentunya lebih mahal dibandingkan bahan plastik. Gantungan jemuran stainless steel juga cukup berat. Anda harus berhati-hati ketika menjemur pakaian dalam jumlah banyak di tali jemuran.

Bahan besi: Tahan lama dengan harga terjangkau

Bahan besi: Tahan lama dengan harga terjangkau
Gantungan jemuran dari besi biasanya dilapisi lagi dengan vinil. Bahan besi memang lebih mudah berkarat ketimbang stainless steel. Namun, harganya masih lebih terjangkau serta berdaya tahan cukup kuat. Warna lapisan vinilnya pun beragam sehingga menarik untuk dipandang. Selain itu, Anda jadi lebih mudah menemukan warna gantungan yang sesuai dengan selera.

Bahan kayu: Kokoh dan memberi kesan estetik

Bahan kayu: Kokoh dan memberi kesan estetik

Keunggulan gantungan jemuran yang terbuat dari kayu adalah lebih kokoh dari material lain. Gantungan kayu dapat menahan bobot pakaian yang berat sekalipun, seperti jas, coat, dan jeans. Kayu juga tahan terhadap karat yang dapat merusak pakaian. 


Materialnya yang sukar bengkok membuat desain pakaian bertahan sesuai bentuknya saat digantung. Selain itu, gantungan jemuran kayu menghadirkan kesan estetik bila dipandang. Keunggulan menarik lainnya, gantungan kayu dengan kualitas premium dapat mencegah serangga atau ngengat yang merusak pakaian.

Periksalah fitur tambahan lainnya yang bermanfaat

Setelah memilih bentuk dan bahan, periksa juga fitur tambahan lainnya yang mungkin dimiliki gantungan tersebut. Di bawah ini, terdapat fitur-fitur tambahan lainnya yang lebih memudahkan Anda ketika menjemur pakaian. 

Lekukan di bagian bahu hanger, pakaian tidak mudah jatuh

Lekukan di bagian bahu hanger, pakaian tidak mudah jatuh

Ketika pakaian mengering, daya geseknya di gantungan akan berkurang sehingga lebih mudah selip dan terjatuh, terutama jika ada angin. Lekukan di bagian pundak hanger berfungsi untuk mencegah pakaian terjatuh dari tempatnya. Dengan begitu, pakaian yang digantung dan dijemur pun cepat kering dan tidak akan kotor. 

Leher gantungan jemuran yang bisa berputar, menjemur lebih fleksibel

Leher gantungan jemuran yang bisa berputar, menjemur lebih fleksibel

Gantungan jemuran dengan bagian leher yang bisa diputar 360°akan memudahkan Anda saat menjemur pakaian. Anda tidak perlu memikirkan arah ketika menggantung pakaian. Saat digantung di tali jemuran, gantungan ini akan berputar mengikuti tiupan angin dan tidak akan membebani leher gantungan


Fitur ini biasanya terdapat pada gantungan jepit, tetapi ada pula hanger yang juga memiliki fitur ini. Untuk kenyamanan lebih dalam menjemur, Anda bisa memilih gantungan yang memiliki fitur ini.

Gantungan dengan bagian bahu melebar, cucian lebih cepat kering

Gantungan dengan bagian bahu melebar, cucian lebih cepat kering
Gantungan jemuran didesain agar pakaian yang dijemur dapat kering dengan cepat. Ketika baju yang dijemur berbahan tebal, tentunya akan sulit kering karena tidak memiliki aliran udara yang baik. Gantungan jemuran yang menciptakan ruang untuk masuknya aliran udara dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Desain bahu gantungan yang melebar ke samping memungkinkan baju berbahan tebal Anda lebih cepat kering. Gantungan dengan fitur ini cocok juga untuk Anda yang memiliki banyak cucian dengan tempat menjemur terbatas.

Pertimbangkan gantungan jemuran yang dapat dilipat

Pertimbangkan gantungan jemuran yang dapat dilipat

Gantungan jemuran yang bisa dilipat membuatnya mudah disimpan dan portabel. Selain bisa dilipat, ada juga model gantungan jemuran yang dapat disusun secara vertikal untuk menghemat tempat ketika menjemur pakaian. Fitur ini akan sangat berguna jika Anda memiliki banyak anggota keluarga sehingga membutuhkan lebih banyak tempat untuk menjemur. 


Gantungan jepit biasanya tersedia dalam berbagai model yang bisa dilipat. Namun, makin banyak jemuran kecil yang bisa dijepit, makin besar pula kemungkinannya terbelit satu sama lain. Jadi, akan lebih aman jika Anda memilih gantungan yang dapat disusun sehingga jemuran yang dijepit tidak mudah terbelit.

10 Rekomendasi gantungan jemuran terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gantungan jemuran terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
10

Gantungan Jemuran Stainless Steel Bentuk Lingkaran

Mulai dari Rp 69.900,00

BahanStainless steel
Ukuran36 cm x 30 cm
Jumlah set1 pcs (terdapat 20 jepit)
Fitur tambahanLeher gantungan bisa berputar
Bisa dilipatx
9
BahanKayu solid, lacquer akrilik bening
Ukuran43 cm x 1,4 cm
Jumlah set8 pcs
Fitur tambahanLekukan di bahu leher
Bisa dilipatx
8
BahanPlastik
Ukuran16 cm x 17,5 cm x 2,5 cm
Jumlah set1 pcs
Fitur tambahanLeher gantungan bisa berputar
Bisa dilipat
7
BahanPlastik polipropilena tebal
Ukuran52,5 cm x 42 cm x 29 cm
Jumlah set8 pcs
Fitur tambahanLeher gantungan bisa berputar
Bisa dilipat
6
BahanPlastik ABS
UkuranTidak disebutkan
Jumlah set1 pcs
Fitur tambahanTidak ada
Bisa dilipatx
5
BahanPlastik
Ukuran81 cm x 43 cm
Jumlah set1 set: 24 stick
Fitur tambahanLeher gantungan bisa berputar
Bisa dilipat
4
BahanPlastik
UkuranPanjang 28 cm
Jumlah set1 pcs (2 jepit)
Fitur tambahanJepitan bisa digeser
Bisa dilipatx
3
BahanPlastik
Ukuran42 cm x 21 cm
Jumlah set1 pcs (8 jepit)
Fitur tambahanLeher gantungan bisa berputar
Bisa dilipatx
2
BahanPlastik polipropilena
UkuranPanjang saat dibentangkan: 42 cm, panjang saat dilipat: 7,5 cm x 13 cm
Jumlah set10 pcs
Fitur tambahanLekukan di bahu leher
Bisa dilipat
1
BahanPlastik
UkuranDewasa: 42 cm ・Anak-anak: 32 cm
Jumlah set1 pcs
Fitur tambahanBagian bahu melebar
Bisa dilipatx

Tabel perbandingan produk gantungan jemuran terbaik

Gambar produk
1
Gantungan Jemuran Jas 1

2
Hanger Lipat Portable 1

3
Gantungan Jemuran Jepit 8 in 1 1

4
Hanger Pants 1

5
Lion Star Folding Hanger 1

Lion Star

6
Gantungan Jemuran 5 Ring 1

7
Cooger Hanger 8 in 1 1

Cooger

8
Hayylife Hanger Sepatu 4 in 1 1

Hayylife

9
IKEA BUMERANG Gantungan 1

IKEA

10
Gantungan Jemuran Stainless Steel Bentuk Lingkaran 1

Nama produk

Gantungan Jemuran Jas

Hanger Lipat Portable

Gantungan Jemuran Jepit 8 in 1

Hanger Pants

Folding Hanger

Gantungan Jemuran 5 Ring

Hanger 8 in 1

Hanger Sepatu 4 in 1

BUMERANG Gantungan

Gantungan Jemuran Stainless Steel Bentuk Lingkaran

Keunggulan

Kuat menahan bobot mantel, jaket, dan sweater

Gantungan jemuran portabel, tinggal lipat and go!

Mudah menyesuaikan arah angin dengan leher yang fleksibel

Jepitan kuat! Baju akan tetap aman meski angin menerjang!

Jemuran baju bayi, muat banyak dan menghemat tempat

Terdapat ring bulat, mudah menggantung jemuran hijab atau syal

Mencari gantungan dengan model kekinian? Ini dia pilihannya

Menjemur sepatu lebih praktis, dijadikan tempat penyimpanan juga oke

Makin estetik dengan gantungan baju kayu dari IKEA

Jepitannya banyak, menjemur makin mudah dan hemat tempat

Harga mulai dariRp 2.600,00Rp 2.300,00Rp 7.500,00Rp 2.350,00Rp 52.900,00Rp 12.000,00Rp 84.000,00Rp 20.000,00Rp 79.900,00Rp 69.900,00
BahanPlastikPlastik polipropilenaPlastikPlastikPlastikPlastik ABSPlastik polipropilena tebalPlastikKayu solid, lacquer akrilik beningStainless steel
UkuranDewasa: 42 cm ・Anak-anak: 32 cmPanjang saat dibentangkan: 42 cm, panjang saat dilipat: 7,5 cm x 13 cm42 cm x 21 cmPanjang 28 cm81 cm x 43 cmTidak disebutkan52,5 cm x 42 cm x 29 cm16 cm x 17,5 cm x 2,5 cm43 cm x 1,4 cm36 cm x 30 cm
Jumlah set1 pcs10 pcs1 pcs (8 jepit)1 pcs (2 jepit)1 set: 24 stick1 pcs8 pcs 1 pcs8 pcs1 pcs (terdapat 20 jepit)
Fitur tambahanBagian bahu melebarLekukan di bahu leherLeher gantungan bisa berputarJepitan bisa digeserLeher gantungan bisa berputarTidak adaLeher gantungan bisa berputarLeher gantungan bisa berputarLekukan di bahu leherLeher gantungan bisa berputar
Bisa dilipatxxxxxx
Tautan produk

Perhatikan bahan gantungan jemuran bekas saat hendak membuangnya

Perhatikan bahan gantungan jemuran bekas saat hendak membuangnya
Seperti yang sudah dibahas, gantungan jemuran terbuat dari berbagai macam bahan, seperti plastik, besi, dan stainless steel. Jika gantungan berbahan besi atau stainless steel, Anda bisa langsung membuangnya ke tempat sampah khusus bahan logam

Namun, beberapa gantungan jemuran ada juga yang terbuat dari bahan berbeda yang dicampur. Hal ini mungkin akan membuat Anda sulit menentukan jenis sampahnya ketika hendak dibuang. Jika Anda ingin memisahkan jenis sampah ketika membuangnya, mengetahui bahan pembuat gantungan jemuran adalah hal yang penting. Jadi, telitilah sebelum membeli, lalu buanglah gantungan jemuran yang sudah rusak pada tempatnya agar tetap ramah lingkungan!

Baca juga rekomendasi gantungan lainnya di sini

Selain gantungan jemuran, mungkin Anda juga sedang mencari gantungan lainnya untuk melengkapi kebutuhan rumah tangga. Karena itu, kami juga sudah menyiapkan artikel lain mengenai gantungan dasi, handuk, dan gantungan baju kayu. Simak informasi selengkapnya dari artikel di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Kami sudah merekomendasikan sepuluh gantungan jemuran terbaik kepada Anda. Sudahkah Anda menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan? Menjemur pakaian merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap harinya. 

Dengan memilih gantungan jemuran yang sesuai dengan kebutuhan, kegiatan menjemur baju pun akan menjadi lebih efisien. Semoga artikel ini membantu Anda menemukan gantungan jemuran yang paling tepat. Selamat memilih!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Pot Tanaman Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pot Tanaman Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Penggunaan pot tanaman gantung akan membuat bunga dan tanaman hias Anda terkesan lebih rapi dan stylish. Selain itu, suasana di ruangan pun bisa terasa menjadi makin cozy. Penggunaan pot tanaman gantung juga akan membantu Anda memajang bermacam-macam bunga dan tanaman.Saat ini, macam-macam pot gantung yang unik dan cantik sudah banyak tersedia di pasaran. Guna membantu Anda memilih pot tanaman gantung yang pas untuk rumah Anda, simaklah artikel berikut ini sampai tuntas. Kami juga akan merekomendasikan pot tanaman gantung yang bagus, salah satunya dari merek IKEA. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Nyamuk adalah serangga yang sering mengganggu manusia. Serangga ini bisa membawa penyakit berbahaya seperti malaria dan demam berdarah. Jika Anda ingin melindungi diri dengan cara yang alami, tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi salah satu solusi. Lavender, neem, dan geranium merupakan beberapa tanaman yang bagus untuk mengusir nyamuk. Setiap tanaman memiliki keistimewaannya tersendiri. Nah, mana yang cocok dengan lingkungan Anda? Kali ini kami akan memberikan tips memilih tanaman pengusir nyamuk sekaligus beberapa rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Silakan pilih yang paling sesuai!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Kursi Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kursi Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tingginya aktivitas sehari-hari tentu bisa dengan mudah membuat Anda stres. Dengan berayun santai menggunakan kursi gantung atau hammock chair, pikiran Anda pun dapat disegarkan kembali. Saat ini tersedia berbagai jenis kursi hammock untuk indoor ataupun outdoor yang dapat dinikmati bersama keluarga.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus memberikan rekomendasi hammock chair yang bagus. Ada beragam merek kursi gantung santai yang bisa ditemukan di pasaran, misalnya Ace Hardware. Ada juga yang terbuat dari besi atau rotan sintetis dengan harga bervariasi. Yuk, disimak!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Payung Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Payung Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat bepergian ke luar, payung lipat sangat praktis untuk melindungi diri Anda dari hujan atau teriknya sinar matahari. Ukuran payung lipat pun beragam, mulai dari yang mini hingga yang jumbo. Dilihat dari desainnya, ada payung lucu menggemaskan, ada pula payung transparan nan elegan.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih payung lipat yang bagus dan merekomendasikan sepuluh produk terbaik beserta harganya. Mulai dari payung anti-UV sampai yang tahan terhadap terpaan angin, semuanya ada, lho! Beberapa merek kesayangan Anda, seperti Xiaomi dan Tabasa, juga akan kami sertakan. Mari simak artikel berikut!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Tanaman Merambat Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tanaman Merambat Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    Popularitas tanaman merambat terus meningkat saat hunian bergaya minimalis muncul. Selain dijadikan hiasan, tanaman merambat biasanya difungsikan sebagai penyaring udara dan penghalang sinar matahari. Beberapa jenis tanaman merambat bahkan dapat berfungsi sebagai apotek hidup, lho!Sirih, dolar rambat, dan Syngonium wendlandii merupakan beberapa contoh tanaman merambat yang disukai banyak orang. Jenisnya pun banyak, mulai dari tanaman rambat gantung, rambat dinding, dan rambat hias. Namun, sebelum memutuskan membeli tanaman rambat, ketahui cara memilih tanaman merambat yang bagus, yuk! Simak juga komentar dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora, untuk menambah wawasan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Tanaman Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tanaman Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022)
    Tampilan akuarium yang sama dari tahun ke tahun pasti membuat Anda bosan. Jika demikian, kami sarankan Anda untuk mendekorasi ulang akuarium menggunakan tanaman aquascape. Tanaman ini pasti akan memberikan suasana baru bagi akuarium di rumah Anda.Anubias barteri dan Hemianthus callitrichoides merupakan beberapa jenis tanaman aquascape yang bagus untuk dipilih. Tak ketinggalan, ada tanaman merah aquascape yaitu Ludwigia sp. 'Super Red'. Selain itu, kami juga merekomendasikan beberapa tanaman aquascape lainnya untuk mempercantik akuarium Anda. Pembahasan di artikel ini telah ditinjau oleh aquascaper kami, Alfitrah Hanif Saragih. Mari simak informasi selengkapnya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. Kami akan mengulas pupuk organik, mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti EM4, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Padi masih menjadi makanan pokok bagi mayoritas rakyat Indonesia. Tak heran jika penelitian untuk mengembangkan varietas padi unggulan terus berlangsung. Dengan lahirnya varietas benih padi baru, diharapkan hasil panen padi meningkat secara signifikan.  Banyaknya varietas padi mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya. Dalam artikel kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi terbaik. Kami juga akan merekomendasikan benih padi yang bagus dari varietas unggul seperti INPARA, INPARI, dan lainnya. Dalam menuliskan artikel ini, kami bekerja sama dengan penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP. 
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Tanaman Hidroponik Rumahan Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tanaman Hidroponik Rumahan Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini tanaman hidroponik sangat populer. Hidroponik adalah sistem berkebun yang menggunakan air sebagai media tanamnya sehingga memungkinkan untuk ditanam di rumah. Anda juga tidak perlu khawatir akan boros air karena air yang tidak terserap oleh tanaman akan diputar kembali.Dengan menanam tanaman hidroponik, Anda bisa mengolah bahan masakan dari kebun sendiri. Di artikel ini kami akan mengulas rekomendasi tanaman hidroponik rumahan yang bagus, seperti selada, strawberry, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Yuk, simak artikelnya sampai tuntas!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Padi masih menjadi makanan pokok bagi mayoritas rakyat Indonesia. Tak heran jika penelitian untuk mengembangkan varietas padi unggulan terus berlangsung. Dengan lahirnya varietas benih padi baru, diharapkan hasil panen padi meningkat secara signifikan.  Banyaknya varietas padi mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya. Dalam artikel kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi terbaik. Kami juga akan merekomendasikan benih padi yang bagus dari varietas unggul seperti INPARA, INPARI, dan lainnya. Dalam menuliskan artikel ini, kami bekerja sama dengan penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP. 
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk NPK Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk NPK Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Kegiatan berkebun, baik itu menanam buah, bunga, maupun sayur, tidak bisa terlepas dari kebutuhan akan pupuk. Salah satu pupuk yang bisa digunakan adalah pupuk NPK. Dengan memberikan pupuk NPK secara teratur, tanaman akan subur, cepat berbunga, dan berbuah lebat.Kami akan membahas cara memilih pupuk NPK yang bagus untuk semua jenis tanaman. Beberapa merek juga akan kami rekomendasikan, seperti pupuk merek Pak Tani, Mutiara, DGW, Meroke, dan yang lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Temukan pupuk NPK terbaik untuk tanaman Anda!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar mulai dari 500 liter, 1000 liter, hingga 5000 liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air yang bagus. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merek ternama, seperti MPOIN, PENNYU, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan tangki air yang sesuai untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebelum halaman belakang bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin dengan mesin mini 4 tak dan 2 tak. Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merek Krisbow, BOSCH, Tasco, dan Black Decker yang terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai bujet. Simak artikelnya sampai tuntas dan dapatkan mesin potong rumput terbaik versi Anda!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Lampu Sorot Taman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lampu Sorot Taman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    Selain memberikan penerangan, lampu sorot outdoor juga dapat memperindah visual taman saat malam hari. Anda bisa menyesuaikan tingkat penerangan dengan besarnya daya, seperti 5 watt, 20 watt, atau 50 watt. Pilih juga warna lampu sorot taman yang diinginkan, seperti warna kuning, putih, atau warna-warni. Kami menyarankan untuk memilih lampu LED yang antiair atau waterproof.Selain tips memilih, kami juga akan berikan rekomendasi produk dari merek yang bagus, seperti Philips, Hannochs, dan Luxmenn. Simak juga komentar dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori