1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Aksesori dapur
  4. 10 Rekomendasi Tempat Sampah Terbaik untuk Dapur, Dilengkapi dengan Tutup! (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tempat Sampah Terbaik untuk Dapur, Dilengkapi dengan Tutup! (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tempat Sampah Terbaik untuk Dapur, Dilengkapi dengan Tutup! (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tempat Sampah Terbaik untuk Dapur, Dilengkapi dengan Tutup! (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tempat Sampah Terbaik untuk Dapur, Dilengkapi dengan Tutup! (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tempat Sampah Terbaik untuk Dapur, Dilengkapi dengan Tutup! (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tempat Sampah Terbaik untuk Dapur, Dilengkapi dengan Tutup! (Terbaru Tahun 2023)

Tempat sampah digunakan untuk menjaga kebersihan setiap ruangan di rumah Anda. Jadi, Anda bisa meletakkan tempat sampat di toilet, teras, atau dapur. Di artikel kali ini kami akan fokus membahas tempat sampah terbaik untuk disimpan di dapur dan dilengkapi tutup. 


Tempat sampah dapur sangat bervariasi. Selain itu, ada pula tong sampah dapur yang dilengkapi dengan fitur sensor atau pijak kaki. Untuk membantu Anda menemukan tempat sampah terbaik, kami merekomendasikan beberapa merek yang bagus, seperti ShinpoIKEA, dan Oxihom. Sebelum itu, simaklah pembahasan berikut ini terlebih dahulu.

Diperbaharui 04-04-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Mengapa tempat sampah perlu ada tutupnya?

Mengapa tempat sampah perlu ada tutupnya?

Sampah akan mengalami pembusukan dan mengeluarkan bau tidak sedap. Karena itu, tempat sampah di dapur sebaiknya dilengkapi penutup supaya bau tak sedap yang dikeluarkan sampah tidak menyebar. Anda pasti tidak ingin bau tidak sedap keluar dari dapur yang merupakan area tempat menyimpan dan mengolah makanan, bukan?


Sampah sisa makanan mungkin akan mengundang kecoak dan tikus untuk masuk ke dalam dapur. Kedua hewan tersebut terkenal sebagai hewan pembawa penyakit, seperti demam tifoid dan diare. Salah satu cara untuk mencegah tikus dan kecoak masuk ke dapur adalah menggunakan tempat sampah yang dilengkapi penutup. 


Karena itu, bak sampah harus selalu ditutup agar kecoak, tikus, dan hewan lain tidak bisa masuk ke dalamnya. Di pihak lain, tempat sampah bertutup juga dapat menjaga sampah agar tidak berserakan.

Cara memilih tempat sampah untuk dapur, dilengkapi dengan tutup

Ketika membeli tempat sampah, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan, seperti bentuk dan ukuran tempat sampah. Di samping itu, desain tempat sampah juga menjadi faktor yang harus dipertimbangkan. Agar Anda tak salah memilih, kami telah menyusun poin-poin yang sebaiknya diperhatikan saat memilih tempat sampah untuk dapur. 

① Sesuaikan ukuran tempat sampah dengan dapur Anda

Sesuaikan ukuran tempat sampah dengan dapur Anda

Ketika memilih tong sampah untuk disimpan di dapur, Anda harus memilih ukuran tong sampah yang sesuai dengan luas dapur. Selain itu, pastikan tempat sampahnya mudah dibuka dan ditutup. Supaya tidak salah pilih ukuran, Anda sebaiknya menentukan posisi peletakannya terlebih dahulu.


Ukuran tinggi yang pas adalah sekitar 50 cm. Ukuran ini memudahkan Anda membuang sampah dengan posisi berdiri. Apabila Anda meletakkannya di bawah tempat mencuci piring, pastikan untuk memeriksa lebar, kedalaman, dan tinggi saat tutupnya terbuka.

② Perhatikan volume sampah dalam sekali pembuangan

Perhatikan volume sampah dalam sekali pembuangan
Menurut data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), setiap penduduk Indonesia menghasilkan sekitar 0,68 kg sampah per harinya. Data tersebut memang tidak bisa dijadikan patokan utama karena volume sampah yang dihasilkan setiap rumah pasti berbeda-beda. Namun, Anda dapat menggunakan data tersebut untuk memperkirakan ukuran tempat sampah yang sebaiknya dipilih.

Jika Anda tinggal berdua bersama pasangan, tempat sampah yang bisa menampung 2 kg sampah sepertinya sudah cukup. Akan tetapi, apabila rumah dihuni oleh empat anggota keluarga, Anda mungkin harus memilih ukuran bak sampah yang lebih besar. Daya tampung tempat sampah biasanya disebutkan dalam satuan liter. Nah, 1 kg sampah dapat ditampung di tempat sampah berukuran 3 liter.


Anda juga harus memperhatikan frekuensi pembuangannya. Jika sampahnya dibuang tiap hari, tempat sampah yang mampu menampung jumlah sampah dalam sehari sepertinya sudah cukup. Namun, jika sampahnya dibuang tiap tiga atau tujuh hari sekali, Anda sebaiknya memilih tempat sampah yang dapat menampung tiga atau tujuh kali jumlah sampah harian. 

③ Cari tahu materialnya

Tempat sampah dengan penutup untuk dapur umumnya terbuat dari material plastik dan stainless steel. Nah, kami akan membandingkan kelebihan dari kedua material tersebut. 

Plastik, ringan dan mudah dibersihkan

Plastik, ringan dan mudah dibersihkan
Material plastik terkenal ringan, bahkan tempat sampah plastik berkapasitas 20 liter pun beratnya hanya sekitar 1 kg. Selain itu, material plastik juga mudah dibersihkan. Hal lain yang menjadi kelebihan tempat sampah plastik adalah bahannya tahan terhadap air dan cairan kimia.


Akan tetapi, beberapa plastik memiliki daya tahan yang kurang baik. Plastik bisa pecah saat terbentur benda keras atau tidak sengaja terjatuh. Anda juga harus berhati-hatilah ketika meletakkan tempat sampah plastik di dekat area panas karena plastik cenderung tidak tahan panas.

Stainless steel, awet dan kokoh

Stainless steel, awet dan kokoh
Anda menginginkan tempat sampah yang awet dan bisa digunakan dalam waktu lama? Produk yang terbuat dari stainless steel bisa menjadi pilihan tepat. Material stainless steel tahan terhadap karat dan kokoh. Di pihak lain, tempat sampah stainless steel terlihat lebih indah berkat bahannya yang mengilap.


Namun, tong sampah yang terlihat mewah ini memiliki material yang lebih berat dibandingkan plastik. Hal tersebut membuat tempat sampah stainless steel ideal untuk dijadikan tempat sampah permanen. 

④ Periksa fitur keunggulan lainnya dari tempat sampah

Tempat sampah yang bagus memang bisa memaksimalkan tampilan dapur. Akan tetapi, tempat sampah yang baik bukan hanya indah dilihat, melainkan mudah digunakan. Ada beberapa hal yang bisa memengaruhi kemudahan ketika menggunakan tempat sampah, contohnya fitur tambahan. Berikut adalah beberapa fitur yang biasanya ada pada tempat sampah.

Pedal, membuang sampah tanpa perlu menyentuh tutup

Pedal, membuang sampah tanpa perlu menyentuh tutup

Fitur pedal membuat tong sampah yang tertutup bisa dibuka dengan cara menginjak pedal yang ada di bagian bawah. Dengan demikian, kebersihan lebih terjaga karena Anda tidak perlu menyentuh tutupnya dengan tangan. Hal tersebut tentu sangat berguna ketika Anda harus membuka tempat sampah di tengah kegiatan memasak.

Roda, mudah dipindahkan kapan saja

Roda, mudah dipindahkan kapan saja

Keberadaan roda memudahkan Anda saat memindahkan tempat sampah. Anda bisa memindahkan tempat sampah beroda ke area yang leluasa untuk mengeluarkan sampah atau memasang plastik di dalamnya. Jika ingin diletakkan di sebelah Anda saat memasak, Anda hanya perlu menariknya.

Bag stopper, kantong plastik tak mudah lepas

Bag stopper, kantong plastik tak mudah lepas
Anda mungkin selalu memasang kantong plastik di dalam tempat sampah agar sampah mudah dikeluarkan. Jika demikian, kami menyarankan Anda memilih tempat sampah yang dilengkapi bag stopper. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengaitkan kantong plastik di bodi tempat sampah. Pinggiran kantong plastik sampahnya pun tidak akan menyembul keluar sehingga membuatnya terlihat rapi.


Selain itu, Anda juga perlu mengecek kemudahan pemakaian bag stopper tersebut. Setelah memasang kantong plastik, akan lebih mudah jika terdapat holder. Anda hanya perlu melepas kantong plastik setiap kali Anda membuang sampah yang sudah penuh.

Sekat dan tempat sampah susun, memisahkan jenis sampah

Sekat dan tempat sampah susun, memisahkan jenis sampah

Jenis sampah yang dibuang di tempat sampah dapur bukan hanya sisa makanan, melainkan juga plastik, botol, dan lainnya. Jadi, pilihlah tempat sampah yang memudahkan Anda memilah sampah berdasarkan jenisnya.


Bagi Anda yang ingin lebih efektif memanfaatkan ruang di dapur, kami menyarankan tempat sampah susun. Anda juga bisa mempertimbangkan tempat sampah yang dilengkapi dengan sekat pemisah di dalamnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu membeli beberapa buah tempat sampah.

Sensor, otomatis terbuka saat menangkap sinyal

Sensor, otomatis terbuka saat menangkap sinyal

Fitur selanjutnya yang akan memudahkan Anda saat menggunakan tempat sampah adalah sensor. Fitur ini memungkinkan tempat sampah bisa terbuka otomatis ketika mendeteksi gerakan atau suara. Dengan demikian, Anda tidak perlu menyentuh atau menginjak bagian tertentu untuk membuka tutup tempat sampah. Kemungkinan kuman untuk menempel ke tangan pun jadi lebih kecil.


Anda mungkin harus mengeluarkan biaya lebih banyak untuk mendapatkan tempat sampah yang memiliki fitur sensor. Tempat sampah ini juga membutuhkan energi listrik supaya bisa dioperasikan. Meskipun demikian, tempat sampah jenis ini sangat praktis dan memudahkan Anda membuang sampah sekaligus menjaga kebersihan.

10 Rekomendasi tempat sampah terbaik untuk dapur, dilengkapi dengan tutup!

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tempat sampah terbaik untuk dapur dilengkapi dengan tutup yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Regashi

Smart Trash Can

Regashi Smart Trash Can 1枚目

Tutup terbuka saat mendeteksi gerakan atau diketuk

2

Claris

Dustbin VINEETA

Claris Dustbin VINEETA 1枚目

Beri kesan ceria dengan warna yang tak mudah pudar

3

Oxihom

Tempat Sampah 2 Lubang dengan Tutup Recycling bin

Oxihom Tempat Sampah 2 Lubang dengan Tutup Recycling bin 1枚目

Dilengkapi sekat, pisahkan sampah sesuai jenisnya

4

Shinpo

Chic

Shinpo Chic 1枚目

Lebih hemat plastik karena sudah dilengkapi ember

5

Oxihom

Tempat Kotak Keranjang Sampah Plastik Trash Bin

Oxihom Tempat Kotak Keranjang Sampah Plastik Trash Bin 1枚目

Bisa ditempel di dinding dan mudah dipindahkan

6

Green Leaf

BIO Dustbin

Green Leaf BIO Dustbin 1枚目

Ada rodanya! Mengangkut sampah jadi lebih mudah

7

Banmal

Tempat Sampah Sensor Otomatis

Banmal Tempat Sampah Sensor Otomatis 1枚目

Isi selama 3 jam, baterai bisa bertahan hingga 3 bulan

8

Selma

Tempat Sampah Stainless Fingerprint Slow Close

Selma Tempat Sampah Stainless Fingerprint Slow Close 1枚目

Tidak berisik dan tidak mudah kotor karena sidik jari

9

IKEA

SORTERA

IKEA SORTERA 1枚目

Tidak memakan banyak tempat karena bisa ditumpuk

10

Shinpo

Trident

Shinpo Trident 1枚目

Bentuknya unik! Cocok diletakkan di sudut dapur

Perincian produk
Close
No.1

Tutup terbuka saat mendeteksi gerakan atau diketuk

Tong sampah merek Regashi ini cocok untuk Anda yang menyukai kepraktisan. Sensor inframerah membuat tutupnya dapat terbuka otomatis ketika mendeteksi gerakan dan menutup sendiri setelah lima detik. Jika tangan Anda menggenggam banyak sampah, Anda hanya perlu mengetuk bagian mana saja secara perlahan menggunakan kaki. Tutup tong sampah pun akan otomatis terbuka.


Produk ini cocok dijadikan tempat sampah indoor karena memerlukan baterai. Namun, Anda bisa menyimpannya di teras rumah tanpa perlu khawatir dengan cipratan air hujan karena tempat sampah ini water resistant IPX3.

No.2

ClarisDustbin VINEETA1167

Mulai dari Rp192.780,00

Beri kesan ceria dengan warna yang tak mudah pudar

Produk ini cocok untuk Anda yang ingin mendekor dapur dengan warna-warna terang. Simpan tempat sampah ini di salah satu sudut dapur Anda. Warnanya yang terang menimbulkan kesan ceria, apalagi warnanya diklaim tidak mudah pudar. Meskipun terbuat dari plastik, bahannya termasuk tahan lama dan juga ramah lingkungan, lho!

No.3

OxihomTempat Sampah 2 Lubang dengan Tutup Recycling binCZS886

Mulai dari Rp224.750,00

Dilengkapi sekat, pisahkan sampah sesuai jenisnya

Kelebihan:
  • Sangat ramah lingkungan karena mempermudah pemilahan sampah
  • Warnanya cukup elegan sehingga cocok untuk estetika dapur 
  • Ada bag stopper yang dapat memudahkan Anda memasang plastik 

Kekurangan:

  • Tidak bisa digantung dan ukurannya cukup besar sehingga kurang cocok untuk ruang terbatas

Jangan biarkan segala jenis sampah di rumah Anda menumpuk hingga terlihat menjijikkan. Pilah sampah sesuai jenisnya dan buang di tempat sampah yang satu ini. Tong sampah ini memiliki dua lubang dan dipisahkan oleh sekat. Untuk memudahkan Anda ketika hendak membuang sampah, Oxihom merancang tutupnya agar bisa terbuka dengan sebuah tekanan.

No.4

Lebih hemat plastik karena sudah dilengkapi ember

Memasang kantong plastik di bagian dalam tempat sampah bisa memudahkan Anda ketika mengambil sampah. Namun, Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli plastik sampah. Jika Anda menggunakan produk ini, Anda tidak perlu lagi membeli plastik sampah karena di dalamnya sudah ada ember yang bisa dilepaskan.

Jika sampah sudah menumpuk, Anda tinggal membuka tutupnya dan mengeluarkan embernya. Shinpo juga melengkapi embernya dengan handle agar Anda dapat menarik embernya dengan mudah. Di pihak lain, ukuran tong sampah plastik ini juga tidak terlalu besar sehingga cocok disimpan di dapur yang luasnya terbatas.

No.5

OxihomTempat Kotak Keranjang Sampah Plastik Trash BinC7315

Mulai dari Rp169.750,00

Bisa ditempel di dinding dan mudah dipindahkan

Kelebihan:

  • Cocok untuk Anda yang memiliki dapur dengan luas terbatas karena bisa digantung 
  • Ada dua pilihan warna yang cantik dan menarik sehingga pas untuk estetika dapur
  • Tersedia dua ukuran, yakni besar dan kecil 

Kekurangan:

  • Pemasangan mungkin akan merepotkan beberapa orang, terutama yang tidak terbiasa menggunakan perkakas

Keberadaan tong sampah sering kali menghambat kegiatan menyapu atau mengepel. Agar kegiatan membersihkan dapur tidak terhambat, kami merekomendasikan produk ini. Anda dapat meletakkannya di lantai atau menempelnya di dinding. Selain itu, Anda juga bisa memindahkannya dengan mudah karena bodinya dilengkapi handle. Kegiatan beres-beres dapur pun dapat dilakukan lebih cepat.

No.6

Ada rodanya! Mengangkut sampah jadi lebih mudah

Anda sering merasa kelelahan saat membuang tumpukan kantong plastik yang berisi sampah? Mungkin sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk memiliki produk ini. Bagian bawahnya dilengkapi roda supaya Anda dapat membuang sampah sekaligus dengan lebih mudah. 


Ukuran tempat sampah ini juga sangat besar. Dengan demikian, produk ini cocok untuk menampung sampah yang dihasilkan dalam beberapa hari ataupun untuk pengguna berjumlah banyak.

No.7

BanmalTempat Sampah Sensor Otomatis

Mulai dari Rp235.000,00

Isi selama 3 jam, baterai bisa bertahan hingga 3 bulan

Sebenarnya, produk ini hampir sama dengan tempat sampah yang dilengkapi sensor pada umumnya. Hal yang membuat produk ini spesial adalah daya tahan baterainya. Anda hanya perlu mengisi daya baterai selama 3 jam dan baterainya dapat digunakan selama 1–3 bulan. Anda yang ingin menggunakan tempat sampah dapur elektrik dan tetap hemat energi sepertinya akan menyukai produk ini.

No.8

SelmaTempat Sampah Stainless Fingerprint Slow Close10178314

Mulai dari Rp399.000,00

Tidak berisik dan tidak mudah kotor karena sidik jari

Tempat sampah berbahan stainless biasanya mengeluarkan suara yang cukup nyaring ketika menutup, tetapi produk yang satu ini berbeda. Informa melengkapinya dengan fitur soft close (pintu menutup secara perlahan). Alhasil, tidak ada lagi bunyi yang tidak nyaman saat tutupnya menutup.


Bahan stainless steel juga membuat tempat sampah ini cocok untuk rumah minimalis. Supaya kebersihan bodi luar tempat sampah selalu terjaga, tempat sampah ini dilengkapi dengan finger print resistant. Anda tidak perlu khawatir bekas sidik jari membuat tempat sampah terlihat kotor.

No.9

Tidak memakan banyak tempat karena bisa ditumpuk

Space dapur yang terbatas menyulitkan Anda untuk menyortir sampah? Masalah tersebut dapat diatasi dengan tempat sampah susun. Produk dari IKEA ini dapat ditumpuk ke atas dan akses ke tempat sampah pun mudah karena tutupnya bisa dilipat. Dengan begitu, Anda bisa memilah sampah dengan mudah serta tidak perlu khawatir tempat sampah akan memakan banyak area dapur.
No.10

Bentuknya unik! Cocok diletakkan di sudut dapur

Bentuk tempat sampah yang tidak simetris cenderung menyisakan tempat saat diletakkan di sudut dapur. Kalau Anda tidak ingin ada space yang tersisa, pilihlah produk ini. Desain bagian belakangnya dirancang supaya pas ketika diletakkan di sudut dapur. 


Pedal yang diletakkan di tengah akan memudahkan Anda ketika membuang sampah. Anda tidak perlu memosisikan badan ke salah satu sisi hanya untuk menginjak pedal. Sementara itu, tutup yang terbuka ke kedua sisi akan meminimalkan risiko tong sampah bergeser saat tutupnya terbuka. 

Baca juga rekomendasi tempat sampah lainnya di sini

Sebelumnya, kami juga pernah membahas tempat sampah khusus mobil, tempat sampah plastik, serta tempat sampah dari merek tertentu. Kalau Anda tertarik untuk membaca artikelnya, silakan Anda buka tautan di bawah ini. Di samping itu, ada artikel tentang trash bag juga, lho!

Kesimpulan

Selesai sudah pembahasan tentang tempat sampah untuk dapur yang dilengkapi dengan penutup. Sebelum membeli tempat sampah, jangan lupa memperhatikan material, kapasitas, dan fitur tambahannya. Frekuensi Anda membuang sampah juga tidak boleh dilupakan.

Anda yang menginginkan tempat sampah bernuansa minimalis dapat memilih produk berbahan stainless steel. Sementara itu, Anda yang mengutamakan kepraktisan bisa mempertimbangkan tempat sampah yang dilengkapi sensor. Selamat berbelanja!

5 Rekomendasi Tempat Sampah untuk Dapur yang Dilengkapi Dengan Tutup terbaik

No. 1RegashiSmart Trash Can

No. 2ClarisDustbin VINEETA1167

No. 3OxihomTempat Sampah 2 Lubang dengan Tutup Recycling binCZS886

No. 4ShinpoChicSIP 840 S

No. 5OxihomTempat Kotak Keranjang Sampah Plastik Trash BinC7315

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer