10 Rekomendasi Nesting Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Nesting Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2018)

Jika Anda seorang petualang atau penggemar kegiatan outdoor yang suka mendaki gunung dan camping, Anda pasti tahu peralatan yang harus ada saat Anda melakukan kegiatan tersebut. Ya, salah satunya adalah nesting atau cooking set. Peralatan ini penting untuk kebutuhan makanan Anda saat mendaki gunung.

Mendaki gunung memakan waktu lebih dari satu hari atau malah sampai berhari-hari. Tentu saja Anda harus memasak saat mendaki gunung. Dengan artikel ini, kami akan membantu Anda mengetahui cara memilih nesting dan juga memberikan 10 rekomendasi nesting terbaik. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih nesting terbaik untuk mendaki gunung

Ada berbagai nesting yang tersedia di pasaran. Semua alat itu bisa digunakan saat Anda mendaki gunung. Namun, seperti apa nesting yang terbaik itu? Bagaimana memilihnya? Simak tips kami berikut ini agar Anda bisa mendapatkan nesting terbaik untuk kegiatan Anda.

Pilih yang sesuai dengan apa yang akan dimasak

Saat mendaki gunung Anda akan membutuhkan tenaga, karenanya Anda harus makan. Peralatan memasak lapangan atau nesting akan membantu Anda menyiapkan makanan. Dari bentuknya, Anda dapat menentukan tipe nesting seperti apa yang Anda perlukan untuk memasak.

Tipe panci yang dalam untuk memasak nasi atau mie instan

Tipe panci yang dalam untuk memasak nasi atau mie instan

Tipe panci ini memiliki bentuk tabung yang dalam atau tinggi. Panci seperti ini sangat cocok untuk memasak nasi atau mie instan. Ukurannya yang dalam tidak akan membuat air yang digunakan untuk memasak meluap keluar saat mendidih.

Namun, memasak dengan panci yang dalam seperti ini cukup membutuhkan waktu yang lama karena panas menyebar dalam waktu yang lama pula. Panci ini akan cukup mudah dibawa di dalam ransel Anda, bagian dalamnya bisa digunakan untuk menyimpan benda lain seperti tabung gas misalnya.

Tipe panci ceper untuk menumis dan menggoreng

Tipe panci ceper untuk menumis dan menggoreng

Panci jenis ini memiliki bentuk tabung yang lebar dengan bagian sisi yang rendah. Sangat cocok digunakan untuk menggoreng atau menumis makanan. Permukaannya yang lebar membuat panas tersebar dengan cukup merata, cukup untuk menggoreng atau menumis.

Pada beberapa jenis, sisinya cukup tinggi sehingga Anda bisa menggunakannya untuk memasak nasi atau mie instan dalam jumlah sedikit. Selain itu, Anda juga bisa memasak sop dengan panci tipe ini. Bentuknya yang lebar membuat panci tipe ini agak sulit untuk disimpan dalam ransel. Anda harus memperhatikan diameternya dan menyesuaikannya dengan ransel Anda.

Tipe panci kotak yang mudah disimpan

Tipe panci kotak yang mudah disimpan

Panci berbentuk kotak ini cukup ergonomis. Anda bisa menggunakannya untuk memasak mie instan, nasi, atau bahkan menggoreng dengannya. Alat ini juga tidak terlalu menyulitkan saat disimpan dalam ransel karena bentuknya tidak memakan tempat dan meminimalisir celah. Selain itu, bagian dalamnya bisa diisi dengan benda lainnya.

Tipe wajan, jika Anda akan menggoreng

Tipe wajan, jika Anda akan menggoreng

Bentuk nesting ini sangat mirip dengan wajan, lengkap dengan pegangan wajan yang bisa dilipat. Alat ini tidak akan memakan tempat saat disimpan di dalam ransel. Namun, sebenarnya Anda masih bisa menggunakan tipe panci ceper sebagai penggorengan. Jika Anda banyak menggoreng saat memasak di lapangan, mungkin Anda memerlukan nesting khusus untuk menggoreng ini.

Set alat memasak yang lengkap

Set alat memasak yang lengkap

Anda mungkin akan membutuhkan set alat memasak yang lengkap jika Anda sering mendaki gunung dan camping bersama teman-teman Anda. Tipe nesting lengkap ini biasanya terdiri dari kompor, beberapa jenis panci, penggorengan, teko, bahkan mug dan piring.

Nesting lengkap ini sangat berguna saat harus memasak dalam jumlah banyak. Tipe nesting ini biasanya bisa disusun dengan cara tertentu sehingga ringkas. Alat ini tidak akan memakan tempat pada ransel dan Anda tidak perlu membawa banyak jenis nesting atau alat masak.

Pilih ukuran sesuai jumlah orang

Biasanya nesting memiliki ukuran tertentu yang akan optimal dengan jumlah porsi tertentu. Tentu saja nesting yang digunakan akan memiliki ukuran yang berbeda jika Anda mendaki gunung bersama rombongan kecil atau besar. Pilihlah nesting dengan ukuran yang sesuai dengan jumlah orang yang mendaki gunung bersama Anda.

500 – 900 ml untuk satu orang

500 – 900 ml untuk satu orang

Ukuran nesting yang optimal untuk satu orang adalah panci dengan ukuran 500 hingga 900 ml. Anda bisa memasak air, nasi, atau mie instan dengan panci tersebut. Dengan ukuran ini, memasak juga tidak akan membutuhkan waktu yang lama karena ukuran kecil membuat masakan di dalamnya lebih cepat matang.

1 liter untuk 2 orang atau lebih

1 liter untuk 2 orang atau lebih

Jika Anda mendaki gunung dengan satu atau beberapa teman, maka Anda membutuhkan lebih banyak makanan dan nesting. Gunakan nesting berukuran 1 liter untuk dua orang. Anda bisa membawa beberapa nesting atau set lengkap dengan beberapa kompor agar kegiatan memasak bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Pilih material yang sesuai

Anda bisa memilih nesting berdasarkan materialnya. Material pada nesting tentu saja mempengaruhi sifat konduktivitas panas dan bobot alat ini. Ada empat material yang umum digunakan untuk nesting, yaitu stainless steel, aluminium, titanium, dan silikon.

Stainless steel yang kuat

Stainless steel yang kuat

Nesting dengan bahan stainless steel adalah nesting yang tahan lama. Bahan ini kuat dan memiliki daya hantar panas yang baik. Masakan akan matang dalam waktu yang cepat karena panas api tersebar dengan cepat dan merata. Bahan stainless steel juga anti gores dan anti karat. Kelemahan dari nesting berbahan stainless steel adalah tidak anti lengket dan bobotnya cukup berat.

Aluminium yang ringan

Aluminium yang ringan

Nesting aluminium sangat ringan dan memiliki sifat konduktivitas yang bagus. Panas menyebar dengan cepat dan merata, membuat masakan matang dengan sempurna. Aluminium merupakan bahan yang umum digunakan untuk nesting. Namun, kelemahan dari nesting aluminium adalah mudah rusak dan penyok, serta tidak anti karat.

Titanium yang ringan dan tangguh

Titanium yang ringan dan tangguh

Nesting berbahan titanium adalah nesting yang tahan lama dan tidak mudah rusak. Bahan titanium adalah logam yang tahan karat, tahan korosi air laut, kuat, ringan, dan berkilau. Titanium biasanya digunakan untuk pesawat terbang, jadi nesting berbahan titanium tentu saja akan awet. Namun, nesting berbahan titanium biasanya mahal dan memiliki daya hantar panas yang rendah.

Silikon yang bisa dilipat dan mudah disimpan

Silikon yang bisa dilipat dan mudah disimpan

Nesting dengan bahan silikon cukup sulit ditemukan di pasaran. Silikon bersifat fleksibel sehingga dapat dilipat. Ini akan memudahkan Anda dalam penyimpanannya di dalam tas ransel. Bahan ini tahan panas, tetapi daya hantar panasnya tidak begitu bagus. Anda akan agak kesulitan saat memasak dengan alat ini. Jika Anda menggunakan nesting silikon, pastikan alat itu memiliki sertifikat food grade sehingga aman untuk makanan.

Pilih bahan dengan lapisan pelindung

Kebanyakan nesting berbahan dasar logam. Meskipun logam relatif bersifat kuat dan awet, biasanya nesting diberi lapisan untuk meningkatkan performa dan kualitasnya.

Lapisan anti lengket

Lapisan anti lengket

Ada dua jenis lapisan anti lengket, yaitu lapisan keramik dan lapisan fluorine. Keduanya diolah sedemikian rupa sehingga membentuk lapisan tipis atau lapisan film pada nesting. Lapisan anti lengket pada nesting membantu melindungi permukaan nesting agar makanan yang dimasak tidak lengket.

Lapisan anti lengket biasanya gampang tergerus oleh gosokan yang kuat. Pastikan Anda tidak menggunakan alat masak logam atau sendok logam untuk mengaduk masakan pada nesting dengan lapisan anti lengket. Saat mencucinya pun Anda harus berhati-hati agar lapisan anti lengket tidak tergores. Lapisan keramik biasanya lebih tahan lama daripada lapisan fluorine.

Lapisan hard anodized atau hard alumite untuk aluminium

Lapisan hard anodized atau hard alumite untuk aluminium

Pelapisan hard anodizing, yang dikenal juga dengan alumite, dilakukan khusus untuk logam aluminium. Logam aluminium merupakan logam yang tebal tapi memiliki pori-pori yang besar. Logam hard anodized aluminium bersifat anti air dan anti korosi. Ini membuat nesting aluminium lebih awet dan kuat.

Lapisan TSA untuk titanium

Lapisan TSA untuk titanium

Lapisan TSA adalah lapisan thermal spray aluminium, yang biasanya digunakan untuk mencegah korosi pada logam. Namun, pada nesting berbahan titanium, TSA dilakukan untuk membantu menghantarkan panas karena logam titanium merupakan konduktor panas yang buruk. Biasanya bagian nesting titanium yang dilapisi adalah bagian bawah pancinya sehingga panas bisa dihantarkan dengan baik.

Lapisan anti licin

 Lapisan anti licin

Beberapa nesting memiliki alur-alur melingkar pada bagian bawah luarnya. Jika Anda pernah melihat ini dan bingung dengan fungsinya, alur-alur tersebut memiliki fungsi anti licin. Dengan alur-alur tersebut, panci akan lebih stabil saat digunakan di atas kompor atau pun saat ditaruh di mana pun.

Pilih yang mudah disimpan

Pilih yang mudah disimpan

Saat mendaki gunung, Anda tentu tidak ingin membawa terlalu banyak barang. Nesting dengan bentuk ergonomis yang dapat disusun bertumpuk atau satu nesting di dalam yang lainnya akan sangat berguna bagi Anda. Alat ini tidak memakan tempat dalam ransel. Jika nesting memiliki kantong penyimpanan atau kotak, tentunya akan lebih baik.

Fitur lain yang berguna

Selain fitur-fitur di atas, ada beberapa fitur lainnya pada nesting yang bisa Anda pilih. Semua fitur ini membantu memudahkan pemakaian nesting saat Anda berada di lapangan, camping, atau mendaki gunung.

Handle yang stabil

 Handle yang stabil

Nesting tipe panci biasanya disertai dengan gagang pegangan. Pastikan pegangan atau handle panci nesting Anda bisa dilipat atau dilepas. Ini akan memudahkan saat penyimpanan di dalam tas ransel. Selain itu, adanya gagang pegangan akan membantu saat Anda mengaduk masakan di atas kompor, gagang ini akan membuat panci stabil di atas kompor.

Jika gagang pegangan berbahan logam, maka akan lebih baik jika gagang tersebut bisa dilepaskan. Gagang pegangan yang menempel pada panci lama kelamaan akan panas saat Anda memasak. Jika gagang tersebut menempel pada panci, pastikan gagang itu memiliki lapisan karet anti panas.

Penutup dengan pegangan

Penutup dengan pegangan

Saat memilih nesting, perhatikan juga tutup pancinya. Pilihlah tutup panci dengan pegangan yang memudahkan Anda untuk mengangkatnya sambil memasak. Dengan tutup panci berpegangan, Anda tidak perlu membawa kain cempal untuk menahan panas saat Anda mau memindahkan nesting dari atas kompor.

Lubang untuk menuang

Lubang untuk menuang

Pada beberapa panci, terdapat pinggiran berbentuk lubang untuk menuangkan air. Hal ini menguntungkan karena Anda dapat dengan mudah menuangkan air saat memasak air dan menyiapkan minuman panas dengan cepat. Dengan panci ini Anda tidak perlu membawa teko air untuk memasak air.

Dengan penanda ukuran

Dengan penanda ukuran

Panci dengan penanda ukuran atau skala sangat berguna untuk memasak nasi. Anda bisa dengan mudah memasak nasi untuk beberapa orang berdasarkan skala tersebut. Jika Anda seorang pemasak pemula, maka penanda ukuran pada panci akan sangat membantu.

Tutup dengan lubang penyaring

Tutup dengan lubang penyaring

Mie instan adalah salah satu masakan yang paling banyak dimasak saat mendaki gunung. Memasaknya cepat dan mudah. Panci dengan lubang penyaring, yaitu lubang-lubang pembuangan air pada tutupnya akan sangat membantu Anda saat memasak mie instan. Anda tidak perlu mengeluarkan mie dari pancinya untuk memisahkannya dengan air rebusannya.

10 Rekomendasi nesting terbaik untuk mendaki gunung

Peralatan masak atau nesting yang baik akan membantu Anda memenuhi kebutuhan makanan saat camping dan mendaki gunung. Di bawah ini, kami akan memberikan 10 rekomendasi nesting terbaik untuk mendaki gunung. Selamat memilih!

10. Army Nesting Set

10. Army Nesting Set

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 199.000

Alat memasak praktis yang digunakan para tentara

Army Nesting Set adalah alat memasak sederhana yang mudah ditemukan di toko-toko perlengkapan kegiatan outdoor di Indonesia. Alat ini terbuat dari aluminium, ringan, kuat dan simpel. Nesting ini dibuat sesuai standar tentara (TNI) dan polisi, sangat sesuai dengan kegiatan luar ruangan.

Set ini terdiri dari dua panci kotak (besar dan kecil) dengan pegangan yang dapat dilipat, alat makan (sendok, garpu, pisau) masing-masing satu, kompor parafin, dan kantung penyimpanan yang tebal. Kekurangan nesting ini adalah perlu waktu lama untuk memasak dengan kompor parafin dan panci aluminiumnya tidak dilapisi dengan anti lengket. Namun, harga set nesting ini sangat terjangkau. Mau yang lengkap dan murah? Inilah jawabannya!

9. MagiDeal Portable Frying Pan

9. MagiDeal Portable Frying Pan

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 303.000

Wajan penggorengan portabel yang kuat dan tahan lama

Jika Anda suka menggoreng makanan, tidak ada alasan untuk tidak melakukannya saat Anda mendaki gunung. MagiDeal Portable Frying Pan adalah nesting yang dapat membantu Anda menggoreng makanan di lapangan. Alat ini terbuat dari hard anodized aluminium yang kuat dan tahan lama. Bagian bawah wajan ini memiliki desain anti licin sehingga tetap stabil saat digunakan.

Nesting ini memiliki pegangan yang berlapis silikon dan bisa dilipat. Anda tinggal melipat pegangan dan memasukkannya ke kantung jalanya untuk memudahkan penyimpanan di dalam ransel. Wajan ini juga dilengkapi dengan tutup yang mempunyai lubang penyaring dan pegangan sehingga Anda mudah membukanya.

8. Dhaulagiri Silicone Kettle

8. Dhaulagiri Silicone Kettle

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 225.000

Nesting berbentuk teko silikon yang dapat dilipat

Alat masak berbentuk teko ini membantu Anda menyiapkan minuman panas atau mie instan seduh saat Anda mendaki gunung. Berkapasitas 1,2 liter, teko ini terbuat dari bahan silikon yang aman untuk makanan dan bebas BPA (Bysphenol A). Teko ini bisa dilipat, sangat ringkas dan mudah disimpan dalam tas ransel Anda.

Bagian bawah teko ini berbahan stainless steel sehingga cepat panas dan mampu menghantarkan panas dengan baik. Anda bisa menggunakan teko ini langsung di atas api, maupun di atas kompor listrik. Namun, perhatikan saat memasak, jangan sampai api mengenai bagian silikon agar tidak meleleh. Alat ini tahan dari suhu -40oC hingga suhu 230oC.

7. Universal Camping Cook Ware

7. Universal Camping Cook Ware

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 875.874

Set nesting besar yang dapat dipakai bersama

Universal Camping Cook Ware terdiri dari dua panci (1,2 dan 2,2 liter), satu wajan penggorengan (diameter 19 cm), teko berukuran 0,8 liter, dua tutup panci, dan satu kain pembersih. Terbuat dari bahan aluminium dengan lapisan hard anodized, alat ini tahan lama dan memiliki daya hantar panas yang baik. Bagian bawah panci dan wajan memiliki desain anti licin.

Set alat masak ini memiliki kapasitas untuk 3 sampai 4 orang. Dilengkapi pegangan berlapis silikon yang bisa dilipat, alat ini dapat disimpan secara bersusun dan masuk ke dalam satu kantung penyimpanan. Anda akan dengan mudah menyimpannya di dalam tas ransel. Yuk, ramai-ramai naik gunung dan makan bersama!

6. Quechua Hiking Cook Set

6. Quechua Hiking Cook Set

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 270.000

Asiknya camping dan masak berdua di alam bebas

Peralatan memasak Quechua Hiking Cook Set tidak dijual bersama kompor. Set ini cocok digunakan dengan kompor jenis apa pun, bahkan api unggun. Berbahan aluminium, nesting ini sangat ringan dan tahan lama serta efisien dalam menghantarkan panas. Sayangnya, nesting ini tidak disertai lapisan anti gores sehingga sebaiknya Anda tidak menggunakan alat masak logam.

Set ini terdiri dari satu panci, satu panci ceper atau wajan yang berfungsi juga sebagai tutup panci, dua garpu, dua sendok, dan dua gelas. Set ini memang ditujukan untuk digunakan oleh dua orang. Setiap panci dilengkapi dengan pegangan yang berlapiskan silikon. Alat ini sangat nyaman digunakan untuk kegiatan outdoor.

5. Fire Maple Nesting FMC-217

5. Fire Maple Nesting FMC-217

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 375.000

Panci aluminium yang hemat bahan bakar

Nesting dari Fire Maple ini memiliki kapasitas masakan untuk 1 – 2 orang. Terdiri dari dua buah panci, besar dan kecil, panci kecil bisa digunakan sebagai tutup panci besar. Nesting ini terbuat dari aluminium dengan lapisan hard anodized, ringan, tahan panas dan tahan goresan. Kedua panci ini disusun bertumpuk dan bagian dalamnya bisa dipakai untuk menyimpan sebuah kompor kecil dan tabung gas 220 gram.

Pada bagian bawah panci besar terdapat lubang-lubang di bagian sisinya, berfungsi sebagai heat exchanger yang meningkatkan efisiensi penyebaran panas pada panci dan membantu mengirit bahan bakar. Baik panci besar dan kecil dilengkapi pegangan yang bisa dilipat, pegangan ini dilapisi silikon yang tahan panas.

4. Keith 3-in-1 Pot Set

4. Keith 3-in-1 Pot Set

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.028.500

Panci titanium yang kuat digunakan di gunung salju sekalipun

Nesting ini terdiri dari 3 panci dengan kapasitas isi yang berbeda-beda. Panci terbesarnya berukuran 1,2 liter sangat sesuai untuk memasak nasi, panci berukuran sedang berukuran 800 ml sesuai untuk rebusan, dan panci terkecil berukuran 400 ml sesuai untuk dijadikan penggorengan. Ketiga panci dilengkapi dengan pegangan berlapis silikon yang dapat dilipat.

Terbuat dari bahan titanium, set 3-in-1 ini sangat ringan dan kuat, juga bersifat anti karat. Anda bisa menggunakan nesting ini di daerah dataran rendah dan juga dataran tinggi sampai gunung dengan salju abadi. Nesting ini mampu beradaptasi dengan temperatur ekstrim. Ketiga panci ini bisa disusun bertumpuk sehingga ringkas dan mudah disimpan dalam ransel Anda.

3. Trangia 25-6 UL

3. Trangia 25-6 UL

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 2.936.000

Set nesting yang lengkap, membuat memasak jadi mudah

Trangia 25-6 UL merupakan set nesting yang lengkap. Terdiri dari kompor, dua panci (1,75 dan 1,5 liter), satu wajan yang juga berfungsi sebagai tutup panci (diameter 22 cm), pelindung kompor dari angin (bagian atas dan bawah), pegangan panci, teko, dan strap. Alat ini ringkas dalam ransel Anda karena bisa disusun bertumpuk dan mudah digunakan. Praktis kan?

Nesting ini terbuat dari aluminium ultraweight dan dilapisi dengan lapisan anti lengket (fluorine). Tidak perlu khawatir dengan gangguan angin terhadap kompor, pelindung kompor melindungi api kompor serta membuat dudukan kompor stabil. Bahan bakar kompor adalah etanol, efisien dan relatif murah. Anda bisa memasak berbagai makanan untuk 1 hingga 4 orang dengan kompor ini.

2. Alocs Fast Heating Pot

2. Alocs Fast Heating Pot

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 322.245

Panci nesting dengan tutup transparan, mudah memantau masakan

Alocs Fast Heating Pot sangat ideal digunakan untuk 1 -2 orang. Set nesting ini terdiri dari satu panci besar berukuran 1,3 liter, mangkuk 200 ml, dan gelas 175 ml. Panci besar dilengkapi tutup panci berbahan polyester yang memiliki pegangan, berlubang, tahan panas dan aman untuk makanan. Tutup panci ini transparan sehingga Anda bisa dengan mudah memeriksa masakan Anda.

Pegangan panci terbuat dari plastik, bisa dilipat dan sekaligus berfungsi sebagai pengunci saat panci tidak digunakan. Alat ini disusun secara bertumpuk, mangkuk dan gelas bisa dimasukkan ke dalam panci dan Anda bisa menyimpannya dalam kantung penyimpanan. Panci nesting terbuat dari bahan hard anodized aluminium sehingga kuat, tahan lama, dan anti karat.

1. GSI Outdoors Pinnacle Soloist

1. GSI Outdoors Pinnacle Soloist

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.123.000

Masak sendiri pun OK, apalagi nestingnya keren dan berkualitas!

GSI Outdoors Pinnacle Soloist merupakan nesting yang berbahan hard anodized aluminium. Permukaan bagian dalam nesting ini dilapisi dengan tiga lapis Teflon (fluorine) dengan teknologi radiance sehingga tahan gores, anti lengket, panas lebih cepat dan merata. Sesuai namanya, Pinnacle Soloist, nesting ini cocok untuk 1 orang.

Terdiri dari panci 1,1 liter, tutup dengan lubang penyaring, mangkuk terinsulasi 400 ml, sebuah foon (fork & spoon) garpu dan sendok yang disatukan, dan kantung penyimpan tahan air yang bisa berfungsi sebagai wadah pencuci. Alat ini dapat disusun bertumpuk dan mudah dibersihkan setelah digunakan. Desainnya keren, tak kalah trendy untuk digunakan di alam bebas.

Cara menggunakan nesting untuk mendaki gunung

Peralatan memasak untuk kegiatan outdoor merupakan peralatan yang sederhana dan mudah digunakan. Banyak jenis makanan yang bisa dimasak dengan peralatan tersebut. Berikut kami berikan tips untuk masak saat melakukan kegiatan outdoor.

Susun bahan makanan dengan baik

Susun bahan makanan dengan baik

Set nesting lengkap biasanya bisa disusun dengan cara ditumpuk. Dengan peralatan seperti ini Anda akan mudah mengepak tas ransel Anda. Jika Anda tidak menggunakan peralatan set nesting lengkap, Anda akan membutuhkan beberapa nesting. Mulai dari panci, wajan, teko, hingga kompor. Anda akan perlu mengepak beberapa jenis nesting dengan bentuk yang berbeda-beda.

Jika ini yang terjadi, Anda perlu mengepak tas ransel Anda dengan baik dan hati-hati agar barang-barang Anda tertata rapi dan ringan. Begitu pula dengan bahan bakar dan bahan makanan. Anda perlu mengatur bahan makanan dengan baik sehingga tidak banyak memakan tempat dalam tas ransel Anda.

Pilih bahan makanan yang ringan, tahan lama, dan cepat dimasak

Hal yang perlu diperhatikan saat akan mendaki gunung adalah Anda harus membawa bahan makanan yang tepat. Bahan makanan tersebut harus ringan sehingga langkah Anda tidak terbebani saat mendaki gunung. Selain itu, bahan makanan juga harus tahan diletakkan di suhu luar dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dimasak.

Makanan kering

Makanan kering

Makanan kering adalah bahan masakan yang sempurna untuk dibawa pada kegiatan outdoor. Biasanya makanan kering hanya perlu ditambahkan air panas. Makanan kering seperti ini memiliki bentuk yang ringkas dan juga ringan. Ini merupakan suatu keuntungan dalam melakukan kegiatan outdoor.

Makanan dalam kantung vakum dan makanan kaleng

Makanan dalam kantung vakum dan makanan kaleng

Jenis makanan lain yang mudah untuk dibawa dan dimasak pada saat mendaki gunung adalah makanan dalam kantung vakum seperti abon, kentang kering; juga makanan kaleng seperti sarden dan kornet. Makanan kaleng akan lebih berat dibawa dalam ransel Anda, tetapi dengan penyusunan yang baik, hal ini tidak akan merepotkan.

Bahan masakan untuk pendaki pemula

Biasanya para pemula dalam kegiatan mendaki gunung tidak mengetahui makanan apa yang bisa dimasak saat sedang mendaki. Di bawah ini adalah tips kami untuk jenis makanan yang biasanya dimasak oleh pendaki pemula.

Nasi

Nasi

Anda membutuhkan karbohidrat saat mendaki gunung. Anda bisa mendapatkan karbohidrat dengan memakan nasi. Bagaimana memasak nasi dengan nesting? Anda akan membutuhkan satu cup beras (sekitar 150 gram) dengan air sebanyak 180 – 190 ml. Rendam beras selama 30 menit di dalam panci nesting. Setelah itu, masak beras hingga air mendidih dan panaskan selama 20 menit hingga menjadi nasi.

Mie instan

Mie instan

Memasak mie instan saat mendaki gunung tidaklah sulit. Sama seperti memasak mie instan saat di dapur di rumah Anda, ikuti cara memasak yang tertera di kemasan. Anda bisa menambahkan apa saja yang Anda suka seperti sayuran, baso, telur, dan lain-lain saat memasaknya dengan nesting Anda.

Pasta

Pasta

Memasak pasta tidak sulit dan tidak jauh berbeda dengan memasak mie instan. Akan lebih mudah jika Anda menggunakan nesting dengan lubang penyaring pada penutupnya. Anda bisa menambahkan saus pasta yang sudah disiapkan dari rumah atau memasaknya dengan set nesting Anda.

Kesimpulan

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat ingin memilih nesting untuk kegiatan outdoor. Bentuk, berat, bahan, dan banyak hal yang bisa dijadikan pertimbangan. Apakah Anda sudah menemukan nesting terbaik untuk digunakan saat mendaki gunung? Kami harap tips kami di atas bisa membantu Anda memilihnya. Selamat menikmati masakan di alam bebas!