10 Rekomendasi Buah Kering Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Buah Kering Terbaik (Terbaru Tahun 2018)


Beberapa dari kita sering malas mengonsumsi buah-buahan. Padahal, buah adalah sumber nutrisi bagi kesehatan dan kecantikan. Terlebih lagi untuk Anda yang sibuk bekerja, biasanya lebih suka membawa camilan atau jus berbahan pengawet di tas. Nah, bagaimana jika menukar camilan kurang sehat tersebut dengan buah kering?

Dengan khasiat yang tetap menyehatkan, buah kering bisa dijadikan alternatif dari camilan buah segar. Saat ini, telah banyak produsen organik menjual buah-buahan segar yang dikeringkan. Ada apel, kurma, aprikot, cranberry, plum, kelapa, kismis, dan buah kering lezat lainnya. Simak artikel dari kami untuk mengetahui rekomendasi sepuluh buah kering terbaik!

Daftar isi

Cara memilih buah kering

Buah kering dapat dimakan sebagai camilan sehat atau dinikmati sebagai infused water. Khasiatnya sangat baik bukan hanya untuk kesehatan, tetapi juga kecantikan. Kalorinya yang rendah juga sangat cocok untuk mendukung program diet Anda.

Namun, apakah buah kering yang Anda konsumsi sudah bebas dari gula, minyak, dan bahan kimia? Perhatikanlah sebelum membeli! Beberapa produsen sengaja memperkaya rasa buah kering dengan zat aditif berlebih sehingga mengurangi efek baiknya. Sebelum membeli buah kering, simaklah beberapa poin di bawah ini.

Organik dan alami adalah yang terbaik

Organik dan alami adalah yang terbaik

Seperti namanya, buah kering dibuat dengan proses mengeringkan buah-buahan. Namun, ada beberapa cara mengeringkannya. Ada yang dikeringkan dengan minyak dan gula, dikeringkan dengan proses kimiawi, dan dikeringkan alami dengan bantuan sinar matahari.

Karena banyak metode pengeringannya, beberapa buah kering mendapat bahan ekstra seperti gula dan minyak goreng yang kurang baik bagi tubuh. Bahan-bahan ini tidak disarankan karena akan membebankan ekstra kalori yang akan mengganggu program diet Anda. Apabila Anda membeli buah kering yang dikemas dan dijual secara komersial, sebisa mungkin Anda memilih jenis buah kering organik yang dikeringkan alami, dengan hanya sedikit atau tanpa tambahan bahan aditif. Anda bisa memilih buah kering komersial yang tertulis “terbuat dari 100% buah alami” atau “tanpa tambahan zat aditif”.

Buah kering organik yang dikeringkan alami adalah yang terbaik bagi tubuh. Daripada membeli buah kering yang dijual di dalam kemasan komersial, belilah buah kering dari produsen rumahan yang sudah tepercaya.

Periksalah apakah buah kering mengandung bahan yang tidak perlu

Mengonsumsi buah kering sebagai camilan tentu saja menyehatkan! Namun, perhatikanlah terlebih dahulu. Apakah ada bahan-bahan ekstra seperti gula dan aditif yang disertakan di dalam buah kering?

Umumnya, produsen akan meyakinkan Anda bahwa buah kering hanya berbahan buah. Akan tetapi, jika tidak dijelaskan pada kemasannya, kemungkinan ada bahan-bahan ekstra yang ditambahkan.

Di bawah ini, kami mencantumkan beberapa bahan yang biasanya terkandung dalam buah kering yang dijual secara komersial. Sebelum membeli, perhatikanlah komposisi yang tercatat pada kemasannya.

Kandungan gula

Kandungan gula

Buah kering yang mengandung jus, air gula, pemanis buatan, dan lain-lain sangat banyak dijual. Meskipun beberapa produsen tidak menyebut “gula” secara gamblang, semua bahan tersebut adalah pemanis, yang berarti adalah gula.

Beberapa produsen menggunakan gula sebagai metode untuk mengawetkan buah kering. Gula juga digunakan sebagai bumbu untuk meringankan rasa asam buah, atau untuk melapisi buah kering dengan tekstur gula pasir yang membuat Anda ingin menjilati jari saat memakannya.

Namun, buah kering dengan kandungan gula yang terlalu banyak tidak bisa disebut sebagai camilan sehat. Terutama untuk Anda yang berdiet, sebaiknya menghindari buah kering yang mengandung tambahan pemanis.

Kandungan minyak

Kandungan minyak

Yang biasanya paling banyak tercantum pada kemasan buah kering adalah minyak sayur. Tampilannya terlihat seperti buah keripik kering yang digoreng dengan minyak. Apabila minyak terkandung dalam buah kering, kalorinya pun menjadi tinggi. Terlebih lagi minyak yang digunakan adalah minyak jenuh maka dapat berdampak buruk bagi tubuh.

Minyak biasa digunakan untuk melapisi daging buah yang lengket seperti plum. Dengan cara itu, buah kering dalam kemasan menjadi tidak menggumpal. Namun, sayangnya sebagian besar minyak yang digunakan tidak tercantum dalam kemasan. Supaya aman, Anda bisa memilih produk buah kering yang dijual dengan label “Bebas Minyak”.

Bahan pemutih

Bahan pemutih

Bahan kimia seperti sulfur dioksida dan sejenisnya adalah bahan pemutih. Beberapa produsen menjual buah keringnya dengan warna-warni menarik untuk membangkitkan selera.

Namun, umumnya buah kering cenderung berwarna kusam dan kecokelatan saat dikeringkan apabila tidak diberi bahan tambahan. Untuk mengatasinya, produsen menambahkan bahan pemutih ke dalamnya.

Zat aditif yang satu ini dapat dikatakan memiliki efek berbahaya bagi kesehatan, jadi sebaiknya dihindari.

Bahan pewarna kimia

Bahan pewarna kimia

Sama halnya dengan bahan pemutih, bahan pewarna kimia digunakan untuk mewarnai buah kering dengan warna-warna yang membangkitkan selera. Makanan dengan kandungan bahan pewarna kimia berlebihan, tentu saja, mengandung zat yang bersifat karsinogenik dan sangat berbahaya bagi tubuh.

Bahan pengawet kimia

Bahan pengawet kimia

Bahan pengawet paling banyak dipakai untuk produk makanan, terutama makanan seperti buah kering yang tidak bisa disimpan dalam waktu lama. Untuk menjaga produknya tetap awet, produsen menambahkan bahan pengawet dan mencantumkan tanggal kedaluwarsa yang panjang.

Namun, penting diketahui bahwa zat aditif ini dapat berpengaruh buruk bagi sistem pencernaan dan mengandung zat karsinogenik.

10 Rekomendasi buah kering terbaik

Setelah mengetahui cara memilih buah kering yang terbaik, di bawah ini ada sepuluh rekomendasi buah kering yang bisa Anda beli dari toko online seperti Tokopedia.

10. TrooNature Troo Freeze Dried Apple

10. TrooNature Troo Freeze Dried Apple

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 74.000

Buah kering dari produsen terpercaya di Korea!

TrooNature adalah produsen paling kompetitif di Korea sejak tahun 2003. Perusahaan ini telah bersertifikasi US FDA, produk yang mereka jual sudah melewati proses seleksi yang ketat sehingga mutu produknya dijamin aman untuk dikonsumsi siapa saja.

Troo Freeze Dried Apple terbuat dari 100% apel segar seberat 240 gram, dan diproduksi dengan teknologi freeze dried sehingga nutrisinya tetap terjaga. Produk ini merupakan salah satu buah kering komersial yang tidak menggunakan bahan pengawet, pewarna, maupun pemanis tambahan sehingga Anda tak perlu khawatir untuk mengonsumsinya setiap hari.

9. Food Organic Natural Coconut Flakes

9. Food Organic Natural Coconut Flakes

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 34.000

Buah kelapa kering yang renyah

Food Organic menjadi salah satu produsen buah kering organik yang terpopuler di toko online seperti Tokopedia. Coconut flakes dari mereka dikemas penuh rasa untuk Anda jadikan camilan sehat tanpa gula.

Parutan kelapa kering ini dibentuk tipis menyerupai serpihan, yang juga cocok sebagai pelengkap dekorasi kue atau cake. Selain itu, Anda juga dapat menyantapnya bersama muesli, granola, dan campuran sereal.

8. Buah Murbei Kering

8. Buah Murbei Kering

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 22.000

Buah kering yang bisa dijadikan teh

Buah murbei terkenal ampuh menghalau beberapa penyakit, seperti flu, darah tinggi, diabetes, dan juga efektif mengurangi kadar kolesterol dalam darah sehingga baik untuk dikonsumsi setiap hari. Produk ini merupakan camilan sehat yang kaya antioksidan sehingga bisa Anda jadikan makanan tambahan untuk meningkatkan kesehatan.

Selain dikonsumsi langsung, Anda bisa merendamnya di dalam termos infus untuk dijadikan minuman segar, atau merebusnya dengan air panas dan dinikmati sebagai secangkir teh murbei. Pas dinikmati saat teatime di kantor.

7. Food Organic Dried Apricot

7. Food Organic Dried Apricot

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Buah kering antioksidan yang bagus untuk mata dan kulit

Buah aprikot, atau buah persik, mungkin adalah jenis buah kering paling populer karena rasa lezatnya. Aprikot baik untuk Anda konsumsi karena memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti vitamin C dan lycopene untuk mencegah kanker dan penyakit jantung. Aprikot juga mengandung beta karoten yang meningkatkan kesehatan mata, serta hemoglobin untuk anemia.

Aprikot kering dapat Anda jadikan alternatif camilan manis yang sehat setiap harinya. Anda dapat memakannya secara langsung atau mencampurkannya ke semangkuk granola dan muesli. Untuk Anda yang memiliki masalah kulit seperti eksim, aprikot juga dikenal mampu mendetoksifikasi tubuh dan efektif menyehatkan kulit.

6. Tunas Organic Dried Plum

6. Tunas Organic Dried Plum

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 88.800

Camilan buah kering kaya antioksidan

Jika Anda menginginkan cemilan yang juga bisa melengkapi kebutuhan nutrisi harian, Anda perlu mencoba produk ini. Plum kering, yang sering disebut plum hitam atau prune, mengandung vitamin, mineral, serat, dan senyawa antioksidan. Buah ini dikenal efektif dalam mencegah sembelit, obesitas, dan juga osteoporosis. Plum juga merupakan sumber zat besi yang baik.

Plum kering dari toko online Tunas Organik dikeringkan secara alami dan dapat Anda makan secara langsung sebagai camilan sehat harian. Plum kering juga cocok dicampurkan ke dalam olahan kue seperti muffin dan lapis legit. Produknya dikemas dengan plastik food grade yang aman dan mudah Anda bawa ke dalam tas kantor.

5. Food Organic Dried Cranberry

5. Food Organic Dried Cranberry

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 23.000

Sehat dan lezat, sebagai camilan sehat maupun bahan memasak

Selain karena rasanya enak, cranberry juga dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, di antara lain mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan gusi, mampu memperlambat pertumbuhan tumor, dan mencegah berbagai macam kanker. Buah cranberry kering dapat Anda nikmati sebagai camilan harian yang manis alami.

Selain itu, cranberry juga cocok dinikmati bersama oatmeal gandum. Sebagai bahan membuat minuman, Anda bisa memasukkan segenggam cranberry kering untuk secangkir smoothie nikmat, atau mencampurkannya ke dalam adonan kue muffin favorit Anda. Jika Anda adalah pencinta aneka jenis beri, Anda wajib mencoba produk ini.

4. FitJoy Golden Raisin Jumbo

4. FitJoy Golden Raisin Jumbo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Camilan tinggi gizi

Raisin atau kismis adalah buah anggur yang dikeringkan. Meski dinilai tinggi kalori, secangkir kismis setara dengan delapan cangkir anggur segar dan merupakan superfood yang menjadi sumber terbaik untuk zat besi, kalsium, serat, dan vitamin. Kandungan antioksidannya dinilai lebih tinggi dari buah plum sehingga banyak orang yang mengonsumsi raisin untuk meningkatkan kesehatan mereka.

Golden raisin terdiri dari gula murni, fruktosa, dan glukosa. Anda dapat mengonsumsinya sebagai camilan sehat, tetapi perhatikan kalorinya untuk menyeimbangkan program diet Anda. Selain itu, kismis juga baik untuk penderita darah tinggi dan membantu Anda dalam mencegah konstipasi.

3. Food Organic Dried Fig

3. Food Organic Dried Fig

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 40.000

Buah kering ajaib yang kaya vitamin

Fig, dengan nama lain buah tin atau buah ara, dianggap sebagai buah ajaib yang mengandung kalium, omega 3, dan omega 6 untuk menstabilkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung koroner. Buah ini juga mampu menurunkan kolesterol, risiko kanker payudara, serta kaya serat sehingga cocok untuk Anda yang sedang dalam proses menurunkan berat badan.

Untuk Anda yang alergi susu sapi, Anda dapat menjadikan buah ara kering sebagai asupan kalsium harian. Buah ara kering juga efektif melancarkan BAB apabila dikonsumsi setiap hari. Karena tinggi karbohidrat, Anda juga bisa membawanya ke kantor sebagai camilan berenergi. Ini adalah buah kering serbabisa yang akan mendukung gaya hidup sehat Anda!

2. Food Organic Degleet Noor Pitted Dates

2. Food Organic Degleet Noor Pitted Dates

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 45.000

Buah kering yang sangat tinggi vitamin dan mineral

Kurma dikenal sebagai buah sakral yang memiliki beragam vitamin dan mineral yang sangat baik bagi tubuh. Di dalam kurma juga terdapat sumber energi, serat, gula alami terbaik sehingga sangat baik untuk Anda konsumsi sebagai makanan kesehatan tambahan.

Food Organic Deglet Noor Pitted Dates adalah kurma kering dengan rasa manis lezat yang cocok untuk Anda jadikan camilan, bahan memasak, dan infused water. Kurma kering baik untuk melancarkan pencernaan, mengurangi anemia, meningkatkan energi, menyehatkan saraf, mengurangi risiko kanker, dan mencegah penyakit jantung.

1. Food Organic Super Fruit Mix

1. Food Organic Super Fruit Mix

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Kombinasi buah kering tersehat!

Super Fruit Mix dari Food Organic diklaim sebagai campuran buah kering tersehat yang bisa Anda temukan di toko online. Per bungkusnya, Anda mendapat potongan buah kering organik yang terdiri dari cranberry, kismis, gojiberry, dan blueberry! Di antara keempat buah beri, gojiberry dikenal sebagai superfood paling tinggi antioksidan untuk melawan kanker, dan telah populer sebagai bahan baku suplemen kesehatan terbaik di seluruh dunia.

Dipadu tiga buah beri tinggi antioksidan lainnya, Food Organic Super Fruit Mix adalah kombinasi camilan supersehat guna meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kecantikan kulit. Campuran buah kering ini juga sangat cocok dinikmati di dalam semangkuk sereal, muesli, atau granola sebagai menu sarapan sehat harian.

Kesimpulan

Buah kering adalah camilan rendah kalori untuk mendukung gaya hidup sehat Anda. Untuk mendukung hari-hari yang sibuk, Anda bisa membawa buah kering di dalam tas, atau mencampurkannya ke dalam termos sebagai infused water yang menyehatkan. Disarankan untuk membeli buah kering melalui produsen rumahan organik. Namun, apabila Anda membeli buah kering di swalayan, jangan lupa untuk memperhatikan komposisi buah keringnya. Semoga artikel dari kami dapat membantu Anda!