• 10 Rekomendasi Buah Kering Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Buah Kering Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Buah Kering Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Buah Kering Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Buah Kering Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Buah Kering Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Buah adalah sumber nutrisi bagi kesehatan dan kecantikan. Selain itu, mengonsumsi buah kering konon baik untuk diet. Pisang, berry, kurma, anggur, dan aprikot adalah beberapa contoh buah kering yang banyak dijual di pasaran. Kemasan buah kering pun dibuat menarik dan praktis sehingga lebih mudah dikonsumsi.

Dengan manfaat buah kering yang beragam, banyak orang tertarik untuk mengonsumsinya. Namun, sebelum membelinya, simaklah dahulu tips memilih dan rekomendasi produk di bawah ini. Produk-produk dried fruit yang enak dari merek Granology, Castle Farms, dan Genki Plant pun ada dalam daftar rekomendasi kami. Simak, yuk!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 16 Juni 2022
Daftar isi

Apakah buah kering termasuk makanan sehat?

Apakah buah kering termasuk makanan sehat?

Buah kering yang diolah secara alami tanpa tambahan gula, pengawet, atau zat aditif lainnya, dapat dikategorikan sebagai makanan sehat. Dried fruit bahkan bisa membantu diet Anda dengan kandungan seratnya. Dengan mengonsumsinya, Anda bisa merasa kenyang lebih lama. Meski begitu, buah kering tetaplah mengandung kalori sehingga tidak boleh dikonsumsi berlebihan.


Di samping serat, kandungan nutrisi lain buah kering juga dapat melengkapi kebutuhan gizi harian Anda. Vitamin, antioksidan, mineral, zat besi, dan lainnya, adalah sebagian nutrisi yang ada di dalam buah kering. Karena itu, Anda bisa menambahkan buah kering ke dalam menu harian sebagai camilan, dibuat infused water, atau campuran kudapan lainnya. 


Dibandingkan dengan buah segar, nutrisi di dalam buah kering terkondensasi. Dengan ukuran buah yang menjadi makin kecil, nutrisi buah bisa lebih mudah dikonsumsi. Terlebih lagi Anda tak perlu lagi memotong atau mengupas buah untuk sekadar menikmati manfaat dan nutrisi buah.

Cara memilih buah kering

Buah kering seperti apakah yang nutrisinya dibutuhkan oleh tubuh Anda? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut ini.

Pilih sesuai nutrisi yang terkandung pada buah

Berbeda bahan baku, maka berbeda pula nutrisi yang terkandung dalam buah kering. Karena itu, ketahuilah berbagai nutrisi yang terkandung dalam buah yang umum diolah menjadi buah kering.

Buah pisang: Kaya akan karoten dan magnesium

Buah pisang: Kaya akan karoten dan magnesium

Buah pisang kering merupakan pilihan pas saat Anda membutuhkan karoten. Karoten adalah zat yang nantinya akan berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Sebagian besar kandungan vitamin C pada buah hilang pada proses pengolahan, tetapi tidak dengan karoten. Sebaliknya, karoten malah semakin terpadatkan sehingga khasiatnya bisa lebih terasa. 


Selain itu, kandungan magnesium juga bisa didapat dari buah pisang kering. Anda yang kerap mengalami sembelit pun bisa mengandalkan dried banana sebagai solusi. Hal itu karena buah yang sebenarnya termasuk dalam kelompok berry ini mengandung serat larut dan tak larut.

Buah berry: Kaya akan polifenol, seperti antosianin

Buah berry: Kaya akan polifenol, seperti antosianin

Antosianin merupakan sejenis polifenol yang berkhasiat mendukung pemulihan kemampuan penglihatan. Di antara buah dari keluarga berry, kandungan ini banyak terdapat dalam cranberry dan blueberry. Anda yang kerap bekerja di depan layar komputer dan mengalami mata lelah, ada baiknya mengonsumsi buah berry ini.


Buah-buahan berry juga kaya akan berbagai jenis polifenol yang bermanfaat untuk kecantikan kulit. Kandungan tersebut juga banyak terdapat dalam minuman anggur (wine) dan cokelat. Namun, buah berry kering adalah pilihan terbaik karena tidak mengandung alkohol dan lebih rendah kandungan gula.

Buah kurma, aprikot, dan apel: Sebagai tambahan asupan serat pangan

Bila Anda sering kali mengalami sembelit, buah aprikot atau apel kering barangkali bisa menjadi solusi. Buah aprikot bahkan mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Sementara itu, buah apel kaya akan vitamin C.


Selain itu, buah kurma kering juga dapat diandalkan untuk memperlancar pencernaan. Buah kurma mengandung serat larut dan serat tidak larut dalam kuantitas seimbang. Rasanya pun tentu sudah akrab di lidah orang Indonesia.

Buah prune dan anggur: Memenuhi kebutuhan zat besi harian

Buah prune dan anggur: Memenuhi kebutuhan zat besi harian

Buah prune dan anggur kering (raisin), direkomendasikan khususnya bagi para wanita. Keduanya banyak mengandung polifenol dan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir.


Selain bisa dimakan langsung, kedua jenis buah kering ini lezat untuk dicampurkan ke dalam makanan penutup atau selada Anda. Bila Anda mengalami masalah perut pasca mengonsumsi suplemen zat besi, bagaimana kalau penuhi saja kebutuhan zat besi dengan buah kering ini?

Buah kesemek, tin, dan ceri: Sebagai sumber mineral

Buah kesemek, tin, dan ceri: Sebagai sumber mineral

Selain kandungan zat besi, ada pula buah kering dengan kandungan kalsium, natrium, dan berbagai jenis mineral lainnya. Konsumsilah buah kesemek, tin, atau ceri kering, maka Anda bisa memenuhi kebutuhan mineral dengan cara yang lezat.


Bila Anda ingin memaksimalkan penyerapan zat besi, lengkapilah konsumsi buah kering tersebut dengan vitamin C. Vitamin C yang jarang terkandung pada buah kering dapat Anda nikmati manfaatnya pada buah apel kering. Dimakan begitu saja pun nikmat, dicampurkan ke dalam açaí bowl juga cocok!

Ketahui proses pengeringan dan bahan tambahannya

Dried fruit yang dikeringkan dengan cara tepat dan dikonsumsi sesuai porsi, akan memberikan manfaat optimal. Namun, proses pengeringan dan bahan tambahan dalam sebuah produk akan memengaruhi kandungan nutrisi buah kering. Karena itu, perhatikanlah hal-hal berikut sebelum membeli buah kering.

Produk dengan proses pengeringan alami lebih rendah kalori

Produk dengan proses pengeringan alami lebih rendah kalori

Tahukah Anda bila sebenarnya buah-buahan itu berkalori tinggi? Bila Anda ingin menekan jumlah asupan kalori, pilihlah produk yang dikeringkan secara alami. Proses pengeringan alami dengan bantuan sinar matahari tentu lebih preferable.


Selain pengeringan secara alami, buah kering banyak diolah dengan menambahkan gula agar kandungan airnya keluar. Bahkan, ada pula yang diolah dengan cara digoreng menggunakan minyak. Hal ini tentu saja membuat kalorinya meningkat. Karena itu, buah kering yang dikeringkan dengan cara alami lebih direkomendasikan.

Produk organik dan tanpa bahan aditif lebih aman

Produk organik dan tanpa bahan aditif lebih aman

Agar lebih aman bagi tubuh, sebisa mungkin pilihlah produk tanpa zat aditif. Tidak jarang produk buah kering dicampur dengan minyak nabati, gula, bahan pemutih, dan pewarna makanan agar tampilannya semakin menggoda. Pastikan juga buah kering pilihan Anda tidak mengandung bahan pengawet buatan. Cek hal tersebut melalui label komposisi produk atau tanyakan langsung pada penjualnya.


Untuk keamanan yang lebih meyakinkan, produk organik dapat dipilih. Produk yang tersertifikasi organik menggunakan buah yang bebas dari pestisida, herbisida, dan pupuk kimia. Selain sehat, rasanya pun tentu lebih nikmat.

Pertimbangkan buah kering campur untuk membuat kue dan camilan

Pertimbangkan buah kering campur untuk membuat kue dan camilan

Berniat membuat kue, roti, atau camilan lainnya dengan campuran buah kering? Kalau begitu, pilih saja buah kering campur. Dalam satu bungkus, Anda bisa merasakan berbagai varian buah kering. Aroma dan teksturnya tidak akan membuat Anda bosan. Tampilan warna-warninya yang menarik juga akan membuat yoghurt Anda terlihat cantik dan semakin lezat!

10 Rekomendasi buah kering terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk buah kering terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Pangan Kreasi MakmurFrancis Organic Dried Blueberries

Mulai dari Rp 62.900,00

Jenis buahBlueberry
Kandungan nutrisiTidak disebutkan
Organik✔︎
KemasanPlastic standing pouch dengan zipper
9
Jenis buahApel
Kandungan nutrisiSerat
Organik×
KemasanPlastik
8
Jenis buahTin
Kandungan nutrisiKarbohidrat, serat, vitamin, mineral, antioksidan
Organik✔︎
KemasanPlastik
7

Tong GardenSungift Dried Cranberries

Mulai dari Rp 40.000,00

Jenis buahCranberry
Kandungan nutrisiSerat, protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi
Organik×
KemasanPlastic standing pouch dengan zipper
6
Jenis buahMix (raisins, golden raisins, gojiberry, cranberry, blueberry)
Kandungan nutrisiVitamin, serat, antioksidan
Organik×
KemasanPlastic standing pouch dengan zipper
5
Jenis buahKurma
Kandungan nutrisiVitamin, magnesium, kalium, garam dan mineral, asam lemak, asam amino, serat
Organik✔︎
KemasanKotak kardus
4

Bakul SaudiGolden Raisins

Mulai dari Rp 38.000,00

Jenis buahAnggur
Kandungan nutrisiTidak disebutkan
Organik✔︎
KemasanStoples plastik
3

FrootifulFreeze Dried Fruit Mango Banana

Mulai dari Rp 34.000,00

Jenis buahMix (pisang, mangga)
Kandungan nutrisiTidak disebutkan
Organik×
KemasanPlastik standing pouch
2

GranologyDried Apricot

Mulai dari Rp 16.800,00

Jenis buahAprikot
Kandungan nutrisiSerat, vitamin A, vitamin C, fitonutrien, antioksidan (karotenoid), kalsium, zat besi, tembaga, mangan, fosfor, potasium, sodium
Organik×
KemasanPlastic standing pouch dengan zipper
1
Jenis buahPlum
Kandungan nutrisiAntioksidan, vitamin C, vitamin A (beta carotene), vitamin K, potasium, zat besi
Organik×
KemasanPlastic standing pouch dengan zipper

Tabel perbandingan produk buah kering terbaik

Gambar produk
1
ASA Dried Pitted Prunes 1

ASA

2
Granology Dried Apricot 1

Granology

3
Frootiful Freeze Dried Fruit Mango Banana 1

Frootiful

4
Bakul Saudi Golden Raisins 1

Bakul Saudi

5
Castle Farms Kurma Ajwa Premium 1

Castle Farms

6
Genki Plant Mix Dried Fruit 1

Genki Plant

7
Tong Garden Sungift Dried Cranberries 1

Tong Garden

8
House of Organix Dried Fig's 1

House of Organix

9
Trio Natural Apple Dried 1

Trio Natural

10
Pangan Kreasi Makmur Francis Organic Dried Blueberries 1

Pangan Kreasi Makmur

Nama produk

Dried Pitted Prunes

Dried Apricot

Freeze Dried Fruit Mango Banana

Golden Raisins

Kurma Ajwa Premium

Mix Dried Fruit

Sungift Dried Cranberries

Dried Fig's

Apple Dried

Francis Organic Dried Blueberries

Keunggulan

Rasa asam manis yang menyegarkan mulut

Camilan manis dan enak yang kaya antioksidan

Nutrisi tetap utuh bagaikan mengonsumsi buah segar

Buah lebih besar, lebih mantap dikunyah

Seluruh kebaikan alami buah padang pasir dalam satu kemasan

Kombinasi buah kering tersehat untuk tubuh Anda!

Lezat dan sehat sebagai asupan saat menjalani program diet

Tambah asupan energi Anda dengan buah kering ajaib ini!

Potongan buah tebal bertekstur empuk dan nikmat dikunyah

Kemasan pocket size untuk ngemil sehat setiap saat

Harga mulai dariRp 19.000,00Rp 16.800,00Rp 34.000,00Rp 38.000,00Rp 16.500,00Rp 27.000,00Rp 40.000,00Rp 31.000,00Rp 73.000,00Rp 62.900,00
Jenis buahPlumAprikotMix (pisang, mangga)AnggurKurmaMix (raisins, golden raisins, gojiberry, cranberry, blueberry)CranberryTinApelBlueberry
Kandungan nutrisiAntioksidan, vitamin C, vitamin A (beta carotene), vitamin K, potasium, zat besiSerat, vitamin A, vitamin C, fitonutrien, antioksidan (karotenoid), kalsium, zat besi, tembaga, mangan, fosfor, potasium, sodiumTidak disebutkanTidak disebutkanVitamin, magnesium, kalium, garam dan mineral, asam lemak, asam amino, seratVitamin, serat, antioksidanSerat, protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besiKarbohidrat, serat, vitamin, mineral, antioksidanSeratTidak disebutkan
Organik×××✔︎✔︎××✔︎×✔︎
KemasanPlastic standing pouch dengan zipperPlastic standing pouch dengan zipperPlastik standing pouchStoples plastikKotak kardusPlastic standing pouch dengan zipperPlastic standing pouch dengan zipperPlastikPlastikPlastic standing pouch dengan zipper
Tautan produk

Membuat buah kering sendiri di rumah, yuk!

Membuat buah kering sendiri di rumah, yuk!

Membeli buah kering memang lebih praktis, tetapi kita tidak pernah tahu apa saja bahan-bahan yang terlibat dalam proses pembuatannya. Agar lebih sehat dan yakin dalam mengonsumsi buah kering, mengapa tidak membuatnya sendiri di rumah? Berikut cara sederhana membuat buah kering.


  • Siapkan dan pilih buah yang dapat dikeringkan karena tidak semua buah bisa diolah menjadi dried fruit. Cuci buah dan potong-potong dalam ukuran yang seragam.

  • Panaskan oven hingga 62°C. Sembari menunggu, celupkan potongan buah ke dalam campuran sari lemon dan air. Tujuannya adalah agar warna buah tetap cantik meski dikeringkan.

  • Alasi loyang dengan kain katun tipis, lalu tata potongan buah di atasnya. Masukan ke dalam oven, tetapi jangan menutupnya terlalu rapat agar uap dari buah bisa keluar.

  • Panggang selama 4–12 jam atau tergantung ketebalan potongan dan jenis buah. Ganti posisi loyang setiap beberapa saat agar buah kering merata. Setelah cukup kering, angkat, dan biarkan dingin. Home made dried fruit siap dinikmati.

Baca juga rekomendasi camilan dan snack pilihan di sini

Buah kering sebagai camilan memang nikmat! Nah, sebagai selingan, barangkali Anda juga perlu menyediakan camilan dan snack lezat lainnya di rumah. Tak perlu bingung karena kami telah menyediakan rekomendasinya dalam artikel-artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Buah kering adalah camilan sehat yang bisa dijadikan sebagai pengganti buah untuk mendukung gaya hidup sehat. Pada hari-hari yang sibuk, Anda bisa membawa buah kering di dalam tas, atau mencampurkannya ke dalam termos sebagai infused water yang menyehatkan.

Disarankan untuk membeli buah kering melalui produsen rumahan organik. Namun, apabila Anda membeli buah kering di swalayan, jangan lupa untuk memperhatikan komposisi buah keringnya. Semoga artikel dari kami dapat membantu Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sereal Gandum yang Bagus - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sereal Gandum yang Bagus - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Sereal gandum merupakan makanan alternatif yang disukai, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Tak hanya mengenyangkan, sereal gandum, terutama yang terbuat dari gandum utuh, memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Sereal gandum dapat menjadi sumber karbohidrat, protein, mineral, bahkan antioksidan.  Dalam artikel ini kami berkolaborasi dengan nutritionist untuk memberikan tips memilih sereal gandum yang bagus. Tak hanya itu, Anda juga dapat menemukan rekomendasi produk sereal gandum. Merek sereal ternama seperti Koko Krunch, Honey Stars, dan Energen, dapat Anda temukan dalam artikel ini. Jadi, baca sampai selesai, ya.
    Makanan olahan kering
  • 10 Produk Makanan Terbaik yang Bebas Gluten - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Makanan Terbaik yang Bebas Gluten - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Akhir-akhir ini makanan bebas gluten makin populer di kalangan pegiat gaya hidup sehat. Awalnya, makanan bebas gluten dibuat untuk penderita celiac (coeliac) atau orang yang sensitif terhadap gluten. Namun, kini makanan tersebut banyak diminati oleh orang yang ingin menjaga pola makannya.Di pasaran, produk makanan bebas gluten juga makin banyak, mulai dari cemilan, roti, hingga pasta. Merek-merek yang memproduksi makanan bebas gluten di antaranya Javara, Ladang Lima, dan Nourish Kitchen. Simaklah tips memilih produk makanan gluten-free dan intiplah rekomendasi produknya. Cek juga komentar ahli gizi, Leona Victoria di artikel ini!
    Makanan olahan kering
  • 10 Merk Baso Aci Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Baso Aci Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda penggemar bakso, jangan lewatkan untuk mencoba baso aci. Makanan khas Garut ini terbuat dari campuran tepung aci dan tepung terigu sehingga teksturnya terasa kenyal. Ditambah varian topping, seperti ceker, cuanki, dan pilus membuat baso aci makin sedap dinikmati dengan kuah pedas.Anda tidak perlu jauh-jauh ke Garut untuk menikmati baso aci tulang rangu terenak. Berkat baso aci instan, Anda kini bisa membuatnya sendiri di rumah. Di artikel ini kami akan mengulas baso aci instan yang enak dan recommended dari berbagai merk, seperti Bapper, 69, Kylafood, dan Mak Igun.
    Makanan olahan kering
  • 10 Rekomendasi Kismis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kismis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pencinta makanan manis pasti sudah tidak asing lagi dengan kismis. Anda sering menemuinya sebagai topping untuk roti, cookies, dessert, dan masih banyak lagi. Kismis terbuat dari buah anggur yang dikeringkan sehingga kandungan nutrisinya mirip dengan buah anggur. Selain rasanya manis, kismis ternyata juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan.Kami akan memaparkan cara memilih kismis yang bagus. Merek kismis terbaik, Foodmall, Asba Food, Greenara akan ada dalam rekomendasi kami. Ada juga jenis kismis hitam, kismis kuning, dan kismis sultana yang bisa Anda pilih. Silakan simak artikel ini sampai habis.
    Makanan olahan kering
  • 10 Merk Abon Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Abon Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Abon atau beef floss merupakan olahan daging sapi yang berasal dari Tiongkok. Rasanya yang gurih membuat abon menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Abon sapi kini makin enak karena varian rasanya banyak, termasuk rasa bawang dan rasa pedas. Apakah Anda termasuk penggemar abon sapi? Jika iya, Anda sudah tepat membaca artikel ini karena kami akan membahas bagaimana cara memilih abon sapi yang enak. Berbagai merek, seperti Gloria, Mesran Solo, Pronas, Patma, dan lainnya ada dalam rekomendasi kami. Ayo baca artikelnya sampai habis untuk mengetahui produk-produk tersebut!
    Makanan olahan kering
  • 10 Rekomendasi Kurma Terbaik sebagai Hidangan Buka Puasa (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kurma Terbaik sebagai Hidangan Buka Puasa (Terbaru Tahun 2022)
    Menjelang bulan Ramadan, banyak toko dan usaha perorangan yang menjual kurma. Buah kurma tumbuh di wilayah gurun, seperti Timur Tengah, Afrika, dan beberapa wilayah di Amerika. Buah ini menjadi menu berbuka wajib bagi sebagian umat muslim di Indonesia. Selain sebagai santapan berbuka, kurma juga bermanfaat untuk kesehatan.Banyaknya jenis kurma yang bagus, seperti kurma Ajwa, Sukari, atau Medjool, pasti membuat Anda kesulitan memilih. Jadi, kami akan membahas cara memilih kurma terbaik beserta rekomendasi produknya. Anda bisa menemukan bermacam merek kurma yang enak, seperti Sultan Al Tamoor, Palm'Frutt, dan Crown.
    Makanan olahan kering
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori