1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Alat Cukur Jenggot Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Jenggot Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Jenggot Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Jenggot Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Jenggot Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Jenggot Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Alat Cukur Jenggot Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Sebagian pria mungkin tidak menyukai jenggot dan kumis yang terlalu tebal. Untuk mencukur dan merapikannya, Anda bisa menggunakan mesin cukur jenggot elektrik. Dengan alat ini, Anda akan makin mudah merapikan dan mencukur habis jenggot plus kumis. 


Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih alat cukur jenggot yang bagus untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi merek beard trimmer atau alat cukur jenggot terbaik, seperti Kemei, Philips, dan Panasonic. Yuk, segera dapatkan alat cukur jenggot dan kumis elektrik yang tepat dengan membaca artikel ini sampai tuntas. 

Diperbaharui 08-07-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Keunggulan alat cukur jenggot elektrik

Keunggulan alat cukur jenggot elektrik

Dibanding alat cukur jenggot manual, mesin cukur jenggot tentu memiliki banyak keunggulan. Berikut adalah beberapa keunggulan mesin cukur jenggot. 

  • Lebih aman karena tidak menggunakan pisau cukur berupa silet

  • Lebih hemat karena tidak terlalu sering mengganti pisau cukur

  • Lebih praktis dan efisien karena dapat bekerja dengan cepat

  • Memungkinkan untuk mengatur panjang atau pendeknya jenggot yang akan dipangkas

  • Dapat dibawa masuk dan disimpan ke dalam kabin pesawat

Selanjutnya, mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana cara mencukur jenggot yang benar? Jika Anda menggunakan alat cukur manual, mungkin Anda dapat membasahi dan mengoles krim cukur di area jenggot. Namun, untuk alat cukur jenggot elektrik, Anda tidak membutuhkan krim cukur.


Untuk mendapatkan hasil yang bersih, pastikan Anda mencukur jenggot dan kumis dengan sedikit menarik bagian kulit wajah. Nah, kapan sebaiknya Anda mengganti pisau alat cukur jenggot? Selain mengecek dari ketajamannya, penggantian pisau cukur ada baiknya dilakukan maksimal satu tahun sekali.

Cara memilih alat cukur jenggot

Setelah Anda mengetahui keunggulan penggunaan alat cukur jenggot elektrik, mungkin Anda mulai tertarik untuk segera membelinya. Nah, bagaimana cara memilih mesin cukur jenggot terbaik? Simak penjelasan berikut ini, ya!

① Pilih berdasarkan jenisnya

Umumnya, terdapat tiga jenis alat cukur jenggot yang sering digunakan, yaitu hair trimmer, rotary shaver, dan foil shaver. Untuk membedakannya, Anda bisa melihat bagian kepala atau pisau cukurnya. Selain itu, cara kerja dan kualitas yang dihasilkan tentu saja berbeda.

Hair trimmer, bisa digunakan untuk memangkas rambut

Hair trimmer, bisa digunakan untuk memangkas rambut

Umumnya, hair trimmer digunakan oleh penyedia jasa barbershop. Hal ini karena hair trimmer bisa difungsikan untuk mencukur rambut, cambang, hingga bagian kumis dan jenggot. Anda hanya perlu menyesuaikan bagian kaki atau sepatu hair trimmer untuk mendapatkan style cukur yang diinginkan. Selain hair trimmer, tersedia juga hair clipping yang secara umum memiliki fungsi sama. 

Rotary shaver, dapat mencukur ke daerah yang sulit dijangkau

Rotary shaver, dapat mencukur ke daerah yang sulit dijangkau

Rotary shaver merupakan jenis alat cukur jenggot dengan pisau cukur yang berputar. Umumnya, jumlah pisau pada rotary shaver adalah 2–3 buah sehingga memungkinkan untuk mendapatkan hasil cukur yang bersih.


Karena desain kepala pisaunya melingkar, alat cukur jenggot ini mampu mengikuti kontur wajah Anda. Gerakan melingkar kepala pisau ini membuat mesin cukur dapat bermanuver di area yang sulit dijangkau seperti leher dan dagu.

Foil shaver, lebih cepat mencukur jenggot dan kumis

Foil shaver, lebih cepat mencukur jenggot dan kumis

Jika desain kepala pisau rotary shaver adalah melingkar, mesin cukur foil shaver memiliki desain kepala pisau yang lurus. Foil shaver biasanya dilengkapi 3–4 buah pisau cukur yang dilapisi lapisan logam berlubang. 


Lapisan logam pada foil shaver berfungsi untuk menangkap dan memotong rambut yang masuk ke dalam pisau cukur. Sayangnya, foil shaver kurang bisa menangkap rambut yang panjang sehingga lebih cocok digunakan untuk jenggot dan kumis yang tipis. Namun, proses mencukur jenggot dan kumis saat menggunakan foil shaver lebih cepat dibanding rotary shaver

② Perhatikan panjang sepatu atau kaki pada alat cukur

Perhatikan panjang sepatu atau kaki pada alat cukur

Jika Anda tidak ingin mencukur habis jenggot dan kumis, tentunya Anda membutuhkan aksesori kaki yang dipasang pada pisau cukur. Aksesori kaki atau sepatu pada mesin cukur digunakan untuk mengukur ketebalan dan tipisnya rambut saat dipangkas


Umumnya, pembelian alat cukur elektrik jenis hair trimmer sudah dilengkapi dengan aksesori kaki atau sepatu. Namun, Anda tetap bisa melakukan pembelian secara terpisah menyesuaikan merek produknya. Berikut ini adalah ukuran kaki atau sepatu alat cukur yang akan Anda butuhkan saat ingin memangkas rambut ataupun jenggot.


  • 1,5 mm: Menghasilkan ketebalan rambut 0,5 cm

  • 3 mm: Menghasilkan ketebalan rambut 1 cm

  • 4,5 mm: Menghasilan ketebalan rambut 1,5 cm

  • 6 mm: Menghasilkan ketebalan rambut 2 cm

  • 10 mm: Menghasilkan ketebalan rambut 3 cm

③ Ketahui jenis baterai dan cara pengisian dayanya

Ketahui jenis baterai dan cara pengisian dayanya

Jenggot dan kumis akan tumbuh setiap harinya sehingga Anda perlu meluangkan waktu untuk mencukurnya. Umumnya, alat cukur jenggot dan kumis elektrik menggunakan sumber daya yang berasal dari baterai. Untuk pengisian baterai pada mesin cukur jenggot pun berbeda-beda tergantung jenis baterai yang digunakan. 


Jika Anda sering mencukur jenggot dan kumis, pilihlah alat cukur yang dapat di-charge langsung tanpa harus melepas baterainya. Namun, jika Anda sering bepergian, tentu Anda tidak akan memiliki banyak waktu untuk mengisi daya baterai, bukan? Untuk itu, pertimbangkan memilih alat cukur jenggot elektrik yang dapat dilepas baterainya. Jika daya baterai habis, Anda hanya perlu menggantinya dengan baterai baru. 

④ Pertimbangkan memilih produk yang tahan air

Pertimbangkan memilih produk yang tahan air

Jika Anda ingin membersihkan rambut halus yang menempel di mesin cukur jenggot, Anda bisa menggunakan kuas. Namun, cara itu tentu tidak praktis karena mungkin saja banyak rambut halus yang masih menempel. Untuk itu, pertimbangkan alat cukur jenggot yang tahan air. Dengan begitu, Anda bisa langsung membersihkannya menggunakan air yang mengalir tanpa khawatir mesin cukur jenggot menjadi rusak.


Membersihkan mesin cukur jenggot menggunakan air tentu akan menjamin kebersihannya. Terlebih lagi, jika alat cukur jenggot digunakan secara bergantian oleh banyak orang. Selain itu, pastikan Anda menyimpan alat cukur jenggot dalam keadaan kering supaya tidak mudah berkarat. 

⑤ Periksa ketersediaan pisau cukur cadangan

Periksa ketersediaan pisau cukur cadangan

Meski sering dibersihkan, ketajaman pisau cukur pada akhirnya akan berkurang. Terlebih lagi, jika Anda sering mencucinya, risiko munculnya karat mungkin saja terjadi. Usia pisau cukur pada alat cukur jenggot elektrik rata-rata adalah 1–3 tahun. Makin sering digunakan, usia penggunaannya tentu makin pendek. 


Jika Anda sering menggunakan alat cukur jenggot, Anda harus memeriksa ada tidaknya pisau cukur cadangan. Jadi, Anda bisa segera mengganti pisau cukur tanpa harus mengeluarkan dana lagi. Namun, apabila Anda membeli produk dari produsen terkenal seperti Panasonic dan Kemei, Anda bisa membeli pisau cukur cadangan secara terpisah.

⑥ Cek ketersedian fungsi tambahan

Cek ketersedian fungsi tambahan

Meski secara fungsi digunakan untuk mencukur bagian jenggot dan kumis, beberapa produk ada yang dilengkapi fitur tambahan. Sebagai contoh, ada produk yang mampu mencabut bulu hidung, memotong bagian cambang, hingga mengasah pisau cukur otomatis.


Dengan banyaknya fungsi yang ditawarkan, Anda bisa menggunakan alat cukur jenggot secara maksimal. Namun, tentu saja harganya akan lebih mahal dibanding mesin cukur jenggot biasa. Jadi, pastikan budget Anda mencukupi untuk membeli alat cukur jenggot yang menawarkan banyak fungsi. 

10 Rekomendasi alat cukur jenggot terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk alat cukur jenggot terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Kemei

Professional Personal Care Product

Kemei Professional Personal Care Product  1枚目

Dapat diandalkan untuk merapikan cambang

2

NOVA

Professional Trimmer

NOVA Professional Trimmer 1枚目

Paket lengkap dengan harga ramah kantong

3

Perfin

Shaver

Perfin Shaver 1枚目

Pisau cukur 3D dengan mesin powerful

4

Han River

HRTXD02

Han River HRTXD02  1枚目

Baterai kapasitas besar, waktu stand by lebih lama

5

Panasonic

Shaver

Panasonic Shaver 1枚目

Shaver berdesain retro yang simpel dan portabel

6

Philips

Electric Shaver

Philips  Electric Shaver 1枚目

Bebas iritasi berkat kepala cukur independen

7

Kemei

Appliances Electric Shaver

Kemei Appliances Electric Shaver 1枚目

Dibekali hair trimmer untuk cukur plontos

8

Kemei

Electric Hair & Beard Trimmer

Kemei Electric Hair & Beard Trimmer  1枚目

Multifungsi untuk jenggot dan rambut panjang

9

Shengfa

RSCW-2055

Shengfa RSCW-2055 1枚目

Desain stylish dengan cara pengoperasian praktis

10

Solo River

Electric Hair Clipper

Solo River Electric Hair Clipper 1枚目

Perawatan praktis berkat fungsi waterproof IPX7

Perincian produk
Close
No.1

KemeiProfessional Personal Care Product KM-6631

Mulai dari Rp74.000,00

Dapat diandalkan untuk merapikan cambang

Kelebihan:

  • Desainnya stylish
  • Suara mesin tidak terlalu bising

Kekurangan:

  • Protective cap atau cover untuk pencukur bulu hidung tidak bisa menutup rapat
  • Material ABS pada bagian bodi cenderung terasa kurang kokoh

Jika Anda merasa terganggu dengan bulu hidung dan cambang yang memanjang, produk ini adalah pilihan tepat. Selain berfungsi sebagai hair trimmer, produk ini dibekali dengan pisau cukur khusus untuk lubang hidung dan rambut di bagian cambang. Bahkan, Anda juga dapat merapikan alis menggunakan razor khusus alis.


Tak hanya itu, produk ini juga mendukung fungsi waterproof sehingga lebih mudah dibersihkan. Namun, pastikan bagian yang dicuci hanyalah kepala pisau cukurnya, bukan seluruh mesin cukur. Daya listrik yang dibutuhkan pun sangat hemat, yakni 2 watt saja.

No.2

NOVAProfessional TrimmerNS-216

Mulai dari Rp28.500,00

Paket lengkap dengan harga ramah kantong

Kelebihan:

  • Harga ekonomis dengan isi kit yang lengkap
  • Bisa menggunakan baterai rechargeble dan non-rechargeble

Kekurangan:

  • Hasil cukuran untuk kumis dan jenggot kurang mulus sehingga harus di-finishing dengan pisau cukur manual

Ingin memiliki alat cukur elektrik, tetapi budget Anda terbatas? Kami sarankan Anda untuk memilih produk dengan harga ramah kantong ini. Dengan harga ekonomis, Anda akan mendapatkan kit yang lengkap, mulai dari mesin cukur hingga oil untuk perawatan.


Produk ini juga menawarkan kemudahan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sistem catu dayanya dapat menggunakan baterai rechargeble ataupun baterai AA biasa. Dengan daya listrik 3 watt, produk ini juga terbilang hemat energi.

No.3

Pisau cukur 3D dengan mesin powerful

Kelebihan:

  • Hasil cukuran mulus tanpa perlu finishing lagi
  • Dapat dibersihkan menggunakan air mengalir

Kekurangan:

  • Suara mesin cukup nyaring

Produk ini dapat melakukan tiga jenis pencukuran, yaitu untuk kumis dan jenggot, bulu hidung, serta cambang. Razor atau pisau cukur yang dibutuhkan tentunya berbeda-beda, tetapi sudah termasuk ke dalam kit. Untuk mencukur jenggot, pisau cukur 3D dengan rotasi ganda akan bekerja secara bertenaga demi hasil yang halus.


Menariknya lagi, produk ini sudah mendukung fungsi waterproof. Jadi, Anda dapat membersihkan sisa-sisa bulu yang menempel di pisau cukur menggunakan air mengalir. Jika Anda lebih suka wet shaving dengan foam, produk ini adalah partner tepat.

No.4

Baterai kapasitas besar, waktu stand by lebih lama

Kelebihan:

  • Kapasitas baterai besar, yaitu 1.200 mAh sehingga dapat bertahan hingga 60 menit pemakaian

Kekurangan:

  • Daya listrik yang dibutuhkan 5 watt dan lebih besar dibanding produk lain

Bagi Anda yang tak ingin terlalu sering mengisi daya baterai, produk ini dapat dijadikan opsi. Han River sendiri merupakan produk pencukur jenggot dan kumis terbaik yang ada di pasaran. Dengan kapasitas baterai 1.200 mAh, alat cukur ini dapat bekerja selama 60 menit. Kinerja tersebut dinilai dua kali lebih kuat dari baterai biasa.


Produk ini bekerja melalui tiga kepala pisau yang berotasi secara bersamaan dan menyesuaikan dengan kontur wajah. Setelah selesai digunakan, Anda hanya perlu membuka lipatan kepala pisau, lalu membersihkannya dengan air. Berkat fungsi waterproof IPX7, bodi mesin cukur bisa juga terkena air tanpa khawatir rusak.

No.5

PanasonicShaverES-534-DP527

Mulai dari Rp154.900,00

Shaver berdesain retro yang simpel dan portabel

Kelebihan:

  • Desain unik dan compact, mudah dibawa ke mana saja

Kekurangan:

  • Hasil cukuran kurang optimal sehingga harus di-finishing dengan pisau cukur manual

Produk ini hadir dengan desain yang dinamakan Spinet Model. Bagian kepalanya merupakan tiga mata pisau cukur yang dibuat melingkar. Tampilannya terlihat unik layaknya barang retro yang antik. Kelengkapan kit pada kemasannya juga sangat sedikit sehingga terkesan simpel. 


Untuk Anda yang memiliki hobi traveling, silakan pilih produk ini untuk menemani perjalanan Anda. Produk ini hanya membutuhkan baterai biasa sehingga Anda tak perlu membawa kabel charge ke mana-mana.

No.6

Philips Electric ShaverPQ206/18

Mulai dari Rp178.000,00

Bebas iritasi berkat kepala cukur independen

Kelebihan:

  • Pisau cukur dapat mengikuti kontur wajah
  • Dilengkapi dengan pengasah yang bekerja secara otomatis

Kekurangan:

  • Baterai cepat habis karena mencukur dan mengasah pisau secara bersamaan
  • Mengeluarkan suara berisik

Bagi Anda yang butuh bercukur setiap hari, pertimbangkanlah untuk memilih produk ini. Produk ini dibekali dengan dua buah kepala cukur yang didesain secara terpisah. Saat digunakan, pisau cukurnya dapat mengikuti kontur wajah Anda sehingga terhindar dari iritasi karena tak melukai kulit.


Menariknya lagi, alat cukur ini telah dilengkapi pengasah di bagian dalam. Aksesori tersebut bekerja menajamkan mata pisau cukur secara otomatis saat mesin cukur dinyalakan. Untuk perawaratannya, bersihkanlah alat cukur menggunakan kuas secara rutin tepat setelah bercukur.

No.7

KemeiAppliances Electric ShaverKM-1102

Mulai dari Rp104.900,00

Dibekali hair trimmer untuk cukur plontos

Kelebihan:

  • Multifungsi karena bisa juga digunakan untuk mencukur rambut

Kekurangan:

  • Suara mesin kurang halus

Produk ini mendukung setelan plug and play sehingga Anda tak akan khawatir jika kehabisan daya baterai. Anda hanya perlu menyambungkan kabel pengisi daya ke colokan listrik untuk mengoperasikan alat cukur. Selain mencukur kumis dan jenggot, produk ini juga mampu mencukur rambut.


Alat cukur ini dibekali dengan pisau cukur pop-up yang berfungsi sebagai hair trimmer. Bagian tersebut dapat digunakan untuk mencukur plontos ataupun style lainnya. Bagi Anda yang memiliki bisnis barbershop, produk ini wajib ada dalam daftar perlengkapan Anda.

No.8

KemeiElectric Hair & Beard Trimmer KM-666

Mulai dari Rp170.774,00

Multifungsi untuk jenggot dan rambut panjang

Kelebihan:

  • Mesin tidak berisik
  • Bobotnya ringan dan berukuran mini sehingga sangat portabel

Kekurangan:

  • Hanya menggunakan satu buah baterai sehingga daya cepat habis

Beberapa kelengkapan yang dimiliki kit mesin cukur ini ialah limited comb dan oil. Limited comb dengan ukuran kaki yang berbeda berfungsi untuk menyesuaikan panjang rambut yang ingin dipangkas. Sementara itu, oil disediakan untuk membersihkan alat cukur selepas digunakan.


Bagi Anda yang memelihara jenggot panjang, kami rekomendasikan membeli alat cukur jenggot dan kumis elektrik ini. Selain jenggot, alat cukur yang juga hair trimmer ini dapat digunakan untuk memangkas rambut bayi, bahkan wanita. Anda juga dapat merapikan rambut di sekitar telinga dengan aman dan bebas luka berkat mata pisau yang menonjol ke luar.

No.9

Desain stylish dengan cara pengoperasian praktis

Kelebihan:

  • Desain unik dan ramping sehingga tidak terlihat bulky saat dimasukkan ke dalam saku

Kekurangan:

  • Pengisian daya tanpa kabel sehingga rawan terjatuh jika terpaksa harus di-charge pada colokan di tembok

Hal paling menonjol saat melihat produk ini ialah desain mesin cukurnya. Alat cukur berbentuk persegi ini memiliki bodi yang ramping sehingga mudah untuk dimasukkan ke dalam saku. Bagi Anda yang perlu menjaga penampilan karena rutin bertemu rekan kerja, pertimbangkanlah untuk memilih produk ini.


Produk ini memiliki dua pisau cukur, masing-masing untuk rambut atau bulu yang pendek dan panjang. Hair trimmer pop-up berfungsi untuk merapikan kumis, jenggot, dan cambang. Jadi, alat ini juga pas untuk Anda yang memelihara berewok.

No.10

Solo RiverElectric Hair Clipper

Mulai dari Rp500.000,00

Perawatan praktis berkat fungsi waterproof IPX7

Kelebihan:

  • Suara mesin tidak berisik
  • Waterproof IPX7 sehingga semua bagian mesin dapat dicuci menggunakan air

Kekurangan:

  • Kepala pisau cukur berbahan carbon steel cenderung rapuh dan mudah berkarat

Membersihkan alat cukur hanya menggunakan kuas pembersih seringkali terasa kurang optimal. Rambut pendek dan halus bisa menempel dan sulit dijangkau. Untuk itu, kami rekomendasikan produk ini bagi Anda yang enggan repot berlama-lama membersihkan alat cukur jenggot.


Alat cukur jenggot Solo River ini diklaim waterproof dengan tingkat IPX7. Bukan hanya kepala pisau cukur yang dapat dibersihkan dengan air, melainkan seluruh bagian mesin cukur bisa Anda cuci bersih. Dengan demikian, sisa-sisa rambut dapat terhempas dalam waktu singkat.

Baca juga rekomendasi krim cukur lainnya di sini

Kegiatan mencukur jenggot juga tidak dapat dipisahkan dengan perlengkapan yang membuat hasil cukur menjadi sempurna. Untuk itu, kami telah menyiapkan beberapa artikel yang membahas mengenai shaving foamshaving gel, dan shaving cream. Jika Anda tertarik, silakan klik tautannya di bawah ini.

Kesimpulan

Dengan alat cukur jenggot elektrik, memangkas jenggot dan kumis akan lebih mudah. Selain itu, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran karena tidak perlu membeli pisau cukur terlalu sering. Kami berharap artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan alat cukur kumis dan jenggot elektrik terbaik. 


Baik itu hair trimmer, rotary shaver, maupun foil shaver tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk itu, pastikan Anda membaca lagi tips memilih yang sudah kami ulas. 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer