• 10 Rekomendasi Alat Cukur Jenggot Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Jenggot Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Jenggot Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Jenggot Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Jenggot Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Alat Cukur Jenggot Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Sebagian pria mungkin tidak menyukai jenggot dan kumis yang terlalu tebal. Untuk mencukur dan merapikannya, Anda bisa menggunakan mesin cukur jenggot elektrik. Dengan alat ini, Anda akan makin mudah merapikan dan mencukur habis jenggot plus kumis. 


Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih alat cukur jenggot yang bagus untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi merek beard trimmer atau alat cukur jenggot terbaik, seperti Kemei, Philips, dan Panasonic. Yuk, segera dapatkan alat cukur jenggot dan kumis elektrik yang tepat dengan membaca artikel ini sampai tuntas. 

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 Agustus 2022
Daftar isi

Keunggulan alat cukur jenggot elektrik

Keunggulan alat cukur jenggot elektrik

Dibanding alat cukur jenggot manual, mesin cukur jenggot tentu memiliki banyak keunggulan. Berikut adalah beberapa keunggulan mesin cukur jenggot. 

  • Lebih aman karena tidak menggunakan pisau cukur berupa silet

  • Lebih hemat karena tidak terlalu sering mengganti pisau cukur

  • Lebih praktis dan efisien karena dapat bekerja dengan cepat

  • Memungkinkan untuk mengatur panjang atau pendeknya jenggot yang akan dipangkas

  • Dapat dibawa masuk dan disimpan ke dalam kabin pesawat

Selanjutnya, mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana cara mencukur jenggot yang benar? Jika Anda menggunakan alat cukur manual, mungkin Anda dapat membasahi dan mengoles krim cukur di area jenggot. Namun, untuk alat cukur jenggot elektrik, Anda tidak membutuhkan krim cukur.


Untuk mendapatkan hasil yang bersih, pastikan Anda mencukur jenggot dan kumis dengan sedikit menarik bagian kulit wajah. Nah, kapan sebaiknya Anda mengganti pisau alat cukur jenggot? Selain mengecek dari ketajamannya, penggantian pisau cukur ada baiknya dilakukan maksimal satu tahun sekali.

Cara memilih alat cukur jenggot

Setelah Anda mengetahui keunggulan penggunaan alat cukur jenggot elektrik, mungkin Anda mulai tertarik untuk segera membelinya. Nah, bagaimana cara memilih mesin cukur jenggot terbaik? Simak penjelasan berikut ini, ya!

Pilih berdasarkan jenisnya

Umumnya, terdapat tiga jenis alat cukur jenggot yang sering digunakan, yaitu hair trimmer, rotary shaver, dan foil shaver. Untuk membedakannya, Anda bisa melihat bagian kepala atau pisau cukurnya. Selain itu, cara kerja dan kualitas yang dihasilkan tentu saja berbeda.

Hair trimmer, bisa digunakan untuk memangkas rambut

Hair trimmer, bisa digunakan untuk memangkas rambut

Umumnya, hair trimmer digunakan oleh penyedia jasa barbershop. Hal ini karena hair trimmer bisa difungsikan untuk mencukur rambut, cambang, hingga bagian kumis dan jenggot. Anda hanya perlu menyesuaikan bagian kaki atau sepatu hair trimmer untuk mendapatkan style cukur yang diinginkan. Selain hair trimmer, tersedia juga hair clipping yang secara umum memiliki fungsi sama. 

Rotary shaver, dapat mencukur ke daerah yang sulit dijangkau

Rotary shaver, dapat mencukur ke daerah yang sulit dijangkau

Rotary shaver merupakan jenis alat cukur jenggot dengan pisau cukur yang berputar. Umumnya, jumlah pisau pada rotary shaver adalah 2–3 buah sehingga memungkinkan untuk mendapatkan hasil cukur yang bersih.


Karena desain kepala pisaunya melingkar, alat cukur jenggot ini mampu mengikuti kontur wajah Anda. Gerakan melingkar kepala pisau ini membuat mesin cukur dapat bermanuver di area yang sulit dijangkau seperti leher dan dagu.

Foil shaver, lebih cepat mencukur jenggot dan kumis

Foil shaver, lebih cepat mencukur jenggot dan kumis

Jika desain kepala pisau rotary shaver adalah melingkar, mesin cukur foil shaver memiliki desain kepala pisau yang lurus. Foil shaver biasanya dilengkapi 3–4 buah pisau cukur yang dilapisi lapisan logam berlubang. 


Lapisan logam pada foil shaver berfungsi untuk menangkap dan memotong rambut yang masuk ke dalam pisau cukur. Sayangnya, foil shaver kurang bisa menangkap rambut yang panjang sehingga lebih cocok digunakan untuk jenggot dan kumis yang tipis. Namun, proses mencukur jenggot dan kumis saat menggunakan foil shaver lebih cepat dibanding rotary shaver

Perhatikan panjang sepatu atau kaki pada alat cukur

Perhatikan panjang sepatu atau kaki pada alat cukur

Jika Anda tidak ingin mencukur habis jenggot dan kumis, tentunya Anda membutuhkan aksesori kaki yang dipasang pada pisau cukur. Aksesori kaki atau sepatu pada mesin cukur digunakan untuk mengukur ketebalan dan tipisnya rambut saat dipangkas


Umumnya, pembelian alat cukur elektrik jenis hair trimmer sudah dilengkapi dengan aksesori kaki atau sepatu. Namun, Anda tetap bisa melakukan pembelian secara terpisah menyesuaikan merek produknya. Berikut ini adalah ukuran kaki atau sepatu alat cukur yang akan Anda butuhkan saat ingin memangkas rambut ataupun jenggot.


  • 1,5 mm: Menghasilkan ketebalan rambut 0,5 cm

  • 3 mm: Menghasilkan ketebalan rambut 1 cm

  • 4,5 mm: Menghasilan ketebalan rambut 1,5 cm

  • 6 mm: Menghasilkan ketebalan rambut 2 cm

  • 10 mm: Menghasilkan ketebalan rambut 3 cm

Ketahui jenis baterai dan cara pengisian dayanya

Ketahui jenis baterai dan cara pengisian dayanya

Jenggot dan kumis akan tumbuh setiap harinya sehingga Anda perlu meluangkan waktu untuk mencukurnya. Umumnya, alat cukur jenggot dan kumis elektrik menggunakan sumber daya yang berasal dari baterai. Untuk pengisian baterai pada mesin cukur jenggot pun berbeda-beda tergantung jenis baterai yang digunakan. 


Jika Anda sering mencukur jenggot dan kumis, pilihlah alat cukur yang dapat di-charge langsung tanpa harus melepas baterainya. Namun, jika Anda sering bepergian, tentu Anda tidak akan memiliki banyak waktu untuk mengisi daya baterai, bukan? Untuk itu, pertimbangkan memilih alat cukur jenggot elektrik yang dapat dilepas baterainya. Jika daya baterai habis, Anda hanya perlu menggantinya dengan baterai baru. 

Pertimbangkan memilih produk yang tahan air

Pertimbangkan memilih produk yang tahan air

Jika Anda ingin membersihkan rambut halus yang menempel di mesin cukur jenggot, Anda bisa menggunakan kuas. Namun, cara itu tentu tidak praktis karena mungkin saja banyak rambut halus yang masih menempel. Untuk itu, pertimbangkan alat cukur jenggot yang tahan air. Dengan begitu, Anda bisa langsung membersihkannya menggunakan air yang mengalir tanpa khawatir mesin cukur jenggot menjadi rusak.


Membersihkan mesin cukur jenggot menggunakan air tentu akan menjamin kebersihannya. Terlebih lagi, jika alat cukur jenggot digunakan secara bergantian oleh banyak orang. Selain itu, pastikan Anda menyimpan alat cukur jenggot dalam keadaan kering supaya tidak mudah berkarat. 

Periksa ketersediaan pisau cukur cadangan

Periksa ketersediaan pisau cukur cadangan

Meski sering dibersihkan, ketajaman pisau cukur pada akhirnya akan berkurang. Terlebih lagi, jika Anda sering mencucinya, risiko munculnya karat mungkin saja terjadi. Usia pisau cukur pada alat cukur jenggot elektrik rata-rata adalah 1–3 tahun. Makin sering digunakan, usia penggunaannya tentu makin pendek. 


Jika Anda sering menggunakan alat cukur jenggot, Anda harus memeriksa ada tidaknya pisau cukur cadangan. Jadi, Anda bisa segera mengganti pisau cukur tanpa harus mengeluarkan dana lagi. Namun, apabila Anda membeli produk dari produsen terkenal seperti Panasonic dan Kemei, Anda bisa membeli pisau cukur cadangan secara terpisah.

Cek ketersedian fungsi tambahan

Cek ketersedian fungsi tambahan

Meski secara fungsi digunakan untuk mencukur bagian jenggot dan kumis, beberapa produk ada yang dilengkapi fitur tambahan. Sebagai contoh, ada produk yang mampu mencabut bulu hidung, memotong bagian cambang, hingga mengasah pisau cukur otomatis.


Dengan banyaknya fungsi yang ditawarkan, Anda bisa menggunakan alat cukur jenggot secara maksimal. Namun, tentu saja harganya akan lebih mahal dibanding mesin cukur jenggot biasa. Jadi, pastikan budget Anda mencukupi untuk membeli alat cukur jenggot yang menawarkan banyak fungsi. 

10 Rekomendasi alat cukur jenggot terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk alat cukur jenggot terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 27 Juli 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Philips Electric Shaver PQ206/18 menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Kemei Professional Personal Care Product KM-6631 memiliki angka penjualan tertinggi.

10
JenisHair trimmer
Dimensi produkTidak disebutkan
Berat produk500 gram
Panjang sepatu atau kaki3 mm, 6 mm, 9 mm, 12 mm
Sumber dayaRechargeable (tanpa melepas baterai)
Fungsi waterproofYa
Waktu stand byTidak disebutkan
Lama charging8–10 jam
Fungsi tambahanHair trimmer, pencukur bulu hidung, pencukur kumis
9
JenisFoil shaver
Dimensi produk18 cm x 12 cm x 8 cm
Berat produkTidak disebutkan
Panjang sepatu atau kakiTidak tersedia
Sumber dayaRechargeable (tanpa melepas baterai)
Fungsi waterproofTidak
Waktu stand by30 menit
Lama charging8–12 jam (pengisian pertama kali 18 jam)
Fungsi tambahanPencukur kumis dan cambang
8

KemeiElectric Hair & Beard Trimmer

KM-666

Mulai dari Rp 170.774,00

JenisHair trimmer
Dimensi produk11,2 cm x 2,8 cm
Berat produk91 gram
Panjang sepatu atau kakiTidak disebutkan
Sumber dayaBaterai AA 1 buah
Fungsi waterproofTidak
Waktu stand byTidak disebutkan
Lama chargingTidak diperlukan
Fungsi tambahanHair trimmer
7

KemeiAppliances Electric Shaver

KM-1102

Mulai dari Rp 104.900,00

JenisFoil shaver
Dimensi produk12 cm x 6,5 cm x 3,5 cm
Berat produkTidak disebutkan
Panjang sepatu atau kakiTidak tersedia
Sumber dayaRechargeable (tanpa melepas baterai)
Fungsi waterproofTidak
Waktu stand by45 menit
Lama charging8 jam
Fungsi tambahanHair trimmer
6

Philips Electric Shaver

PQ206/18

Mulai dari Rp 178.000,00

JenisRotary shaver
Dimensi produkTidak disebutkan
Berat produk92 gram
Panjang sepatu atau kakiTidak tersedia
Sumber dayaBaterai AA 2 buah
Fungsi waterproofTidak
Waktu stand by60 menit
Lama chargingTidak diperlukan
Fungsi tambahanPengasah otomatis
5
JenisRotary shaver
Dimensi produkTidak disebutkan
Berat produkTidak disebutkan
Panjang sepatu atau kakiTidak tersedia
Sumber dayaBaterai AA 2 buah
Fungsi waterproofTidak
Waktu stand byTidak disebutkan
Lama chargingTidak disebutkan
Fungsi tambahanTidak tersedia
4
JenisRotary shaver
Dimensi produkTidak disebutkan
Berat produk500 gram
Panjang sepatu atau kakiTidak tersedia
Sumber dayaRechargeable (tanpa melepas baterai)
Fungsi waterproofYa
Waktu stand by60 menit
Lama charging8 jam
Fungsi tambahanAlat cukur kumis dan jenggot
3
JenisRotary shaver
Dimensi produk16,6 cm x 5,8 cm
Berat produkTidak disebutkan
Panjang sepatu atau kakiTidak tersedia
Sumber dayaRechargeable (tanpa melepas baterai)
Fungsi waterproofYa
Waktu stand by Tidak disebutkan
Lama charging6 jam
Fungsi tambahanHair trimmer, alat cukur bulu hidung dan cambang
2
JenisHair trimmer
Dimensi produk15,5 cm x 3,5 cm
Berat produkTidak disebutkan
Panjang sepatu atau kaki3 mm, 6 mm, 9 mm
Sumber dayaRechargeable (tanpa melepas baterai) dan baterai AA 1 buah
Fungsi waterproofTidak disebutkan
Waktu stand by45 menit
Lama charging12 jam
Fungsi tambahanHair trimmer
1

KemeiProfessional Personal Care Product

KM-6631

Mulai dari Rp 74.000,00

JenisTidak disebutkan
Dimensi produkTidak disebutkan
Berat produk250 gram
Panjang sepatu atau kakiTidak tersedia
Sumber dayaRechargeable (tanpa melepas baterai)
Fungsi waterproofYa
Waktu stand byTidak disebutkan
Lama charging8 jam
Fungsi tambahanHair trimmer, alat pencukur bulu hidung dan cambang, serta untuk merapikan alis

Tabel perbandingan produk alat cukur jenggot terbaik

Gambar produk
1
Kemei Professional Personal Care Product  1

Kemei

2
NOVA Professional Trimmer 1

NOVA

3
Perfin Shaver 1

Perfin

4
Han River HRTXD02  1

Han River

5
Panasonic Shaver 1

Panasonic

6
Philips  Electric Shaver 1

Philips

7
Kemei Appliances Electric Shaver 1

Kemei

8
Kemei Electric Hair & Beard Trimmer  1

Kemei

9
Shengfa RSCW-2055 1

Shengfa

10
Solo River Electric Hair Clipper 1

Solo River

Nama produk

Professional Personal Care Product

Professional Trimmer

Shaver

HRTXD02

Shaver

Electric Shaver

Appliances Electric Shaver

Electric Hair & Beard Trimmer

RSCW-2055

Electric Hair Clipper

Keunggulan

Dapat diandalkan untuk merapikan cambang

Paket lengkap dengan harga ramah kantong

Pisau cukur 3D dengan mesin powerful

Baterai kapasitas besar, waktu stand by lebih lama

Shaver berdesain retro yang simpel dan portabel

Bebas iritasi berkat kepala cukur independen

Dibekali hair trimmer untuk cukur plontos

Multifungsi untuk jenggot dan rambut panjang

Desain stylish dengan cara pengoperasian praktis

Perawatan praktis berkat fungsi waterproof IPX7

Harga mulai dariRp 74.000,00Rp 28.500,00Rp 138.000,00Rp 240.000,00Rp 154.900,00Rp 178.000,00Rp 104.900,00Rp 170.774,00Rp 54.500,00Rp 500.000,00
JenisTidak disebutkanHair trimmerRotary shaverRotary shaverRotary shaverRotary shaverFoil shaverHair trimmerFoil shaverHair trimmer
Dimensi produkTidak disebutkan15,5 cm x 3,5 cm16,6 cm x 5,8 cmTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan12 cm x 6,5 cm x 3,5 cm11,2 cm x 2,8 cm18 cm x 12 cm x 8 cmTidak disebutkan
Berat produk250 gramTidak disebutkanTidak disebutkan500 gramTidak disebutkan92 gramTidak disebutkan91 gramTidak disebutkan500 gram
Panjang sepatu atau kakiTidak tersedia3 mm, 6 mm, 9 mmTidak tersediaTidak tersediaTidak tersediaTidak tersediaTidak tersediaTidak disebutkanTidak tersedia3 mm, 6 mm, 9 mm, 12 mm
Sumber dayaRechargeable (tanpa melepas baterai)Rechargeable (tanpa melepas baterai) dan baterai AA 1 buahRechargeable (tanpa melepas baterai) Rechargeable (tanpa melepas baterai) Baterai AA 2 buahBaterai AA 2 buahRechargeable (tanpa melepas baterai)Baterai AA 1 buahRechargeable (tanpa melepas baterai)Rechargeable (tanpa melepas baterai)
Fungsi waterproofYaTidak disebutkanYaYaTidakTidakTidakTidakTidakYa
Waktu stand byTidak disebutkan45 menit Tidak disebutkan60 menitTidak disebutkan60 menit45 menitTidak disebutkan30 menitTidak disebutkan
Lama charging8 jam12 jam6 jam8 jamTidak disebutkanTidak diperlukan8 jamTidak diperlukan8–12 jam (pengisian pertama kali 18 jam)8–10 jam
Fungsi tambahanHair trimmer, alat pencukur bulu hidung dan cambang, serta untuk merapikan alisHair trimmerHair trimmer, alat cukur bulu hidung dan cambangAlat cukur kumis dan jenggotTidak tersediaPengasah otomatisHair trimmerHair trimmerPencukur kumis dan cambangHair trimmer, pencukur bulu hidung, pencukur kumis
Tautan produk

Baca juga rekomendasi krim cukur lainnya di sini

Kegiatan mencukur jenggot juga tidak dapat dipisahkan dengan perlengkapan yang membuat hasil cukur menjadi sempurna. Untuk itu, kami telah menyiapkan beberapa artikel yang membahas mengenai shaving foamshaving gel, dan shaving cream. Jika Anda tertarik, silakan klik tautannya di bawah ini.

Kesimpulan

Dengan alat cukur jenggot elektrik, memangkas jenggot dan kumis akan lebih mudah. Selain itu, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran karena tidak perlu membeli pisau cukur terlalu sering. Kami berharap artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan alat cukur kumis dan jenggot elektrik terbaik. 


Baik itu hair trimmer, rotary shaver, maupun foil shaver tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk itu, pastikan Anda membaca lagi tips memilih yang sudah kami ulas. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Cetaphil, Hada Labo, dan Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Serum Innisfree Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Serum Innisfree Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai skincare asal Korea yang fokus menggunakan bahan alami, Innisfree menjadi salah satu merk pilihan banyak orang. Salah satu produk yang banyak menjadi incaran adalah serumnya karena dianggap mampu memberikan perubahan signifikan pada kulit. Setiap serumnya memiliki manfaat tersendiri sehingga memudahkan pemilihan sesuai kebutuhan kulit. Sekarang, kami akan memperkenalkan beberapa serum Innisfree yang bagus. Anda akan mendapati Green Tea Seed Serum, Jeju Pomegranate Revitalizing Serum, Black Green Tea Serum, dan masih banyak lagi. Kami juga akan memberikan tips untuk memilih serum yang cocok untuk Anda. Simak sampai selesai, ya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori