10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Apakah Anda menggunakan talenan kayu saat memotong bahan makanan? Jika ya, berarti pilihan Anda sudah tepat. Menurut penelitian, bakteri yang berkembang di talenan kayu lebih sedikit dibandingkan dengan bakteri yang ada di talenan plastik. Talenan kayu yang dirawat dengan baik juga bisa awet digunakan hingga 10 tahun.

Pada artikel ini, kami akan memaparkan cara memilih talenan kayu yang tepat dilihat dari jenis kayu, ketebalan, dan arah serat kayu. Setelah itu, kami akan merekomendasikan 10 talenan kayu terbaik yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Selamat membaca!

Cara memilih talenan kayu

Setiap talenan kayu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung dari jenis kayu yang digunakan. Memilih talenan kayu sembarangan malah bisa membuat pisau Anda tumpul atau membuat bahan makanan terkontaminasi bakteri. Oleh karena itu, jadikanlah penjelasan di bawah ini sebagai acuan untuk memilih talenan kayu terbaik!

Kayu jenis apakah yang paling direkomendasikan?

Kayu pinus, kayu beech, kayu jati, dan kayu mahoni adalah empat jenis kayu yang sering dimanfaatkan menjadi talenan. Perhatikan dan bandingkanlah karakteristik keempat kayu tersebut.

Kayu pinus yang mulus

Kayu pinus yang mulus

Kayu pinus cukup populer dijadikan talenan karena teksturnya yang halus. Anda tak perlu khawatir tangan Anda akan tergores saat menggunakan talenan dari kayu pinus. Talenan ini mudah didapatkan dan harganya pun sangat terjangkau.

Akan tetapi, kayu pinus tidak tahan di suhu lembap. Jika tidak segera dikeringkan setelah dicuci, talenan akan cepat berjamur dan menimbulkan bakteri. Karena itu, Anda harus ekstra hati-hati ketika menggunakan talenan ini.

Kayu beech yang lembut

Kayu beech yang lembut

Kelebihan dari talenan kayu beech adalah permukaannya yang lembut terhadap pisau, sehingga pisau tidak cepat tumpul. Ketahanan kayu beech terhadap kelembapan juga cukup kuat sehingga mencegah timbulnya bakteri pada talenan. Selain itu, kayu beech termasuk kayu yang tidak berbau dan berdebu, sehingga sangat aman untuk digunakan sebagai alas memotong makanan.

Kayu jati yang kuat

Kayu jati yang kuat

Siapa tak kenal kayu jati. Kayu yang satu ini memang lazim digunakan sebagai bahan furniture karena kualitasnya yang sangat baik dan tidak mudah keropos. Pada suhu lembap, daya tahan kayu ini sangat baik, bahkan tahan terhadap serangan rayap.

Talenan yang terbuat dari kayu jati tentunya sangat kokoh dan cukup berat, sehingga stabil saat digunakan dan tidak mudah bergeser. Karakter serat kayu dan warnanya yang menawan, membuat talenan kayu jati cocok dijadikan alas makan unik.

Kayu mahoni yang antibakteri

Kayu mahoni yang antibakteri

Saat menggunakan talenan, biasanya goresan pisau akan tertinggal pada talenan. Goresan tersebut dapat menjadi tempat bakteri berkembang biak. Namun, tidak perlu khawatir sebab talenan kayu mahoni mampu meminimalisir hal tersebut. Seratnya yang padat dan halus menjadikan talenan kayu mahoni tidak mudah tergores pisau.

Kayu yang banyak terdapat di iklim tropis seperti di Indonesia ini memiliki senyawa antibakteri. Talenan kayu mahoni juga cukup tahan terhadap suhu lembap dan tidak mudah berjamur.

Periksalah metode pengolahan kayu untuk talenan

Proses pengolahan dan pemotongan kayu, apakah itu kayu solid ataupun kayu laminasi, mempengaruhi kualitas talenan yang dihasilkan. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan masalah ini sebelum memilih talenan.

Kayu solid untuk talenan yang tahan lama

Kayu solid untuk talenan yang tahan lama 

Tidak semua talenan terbentuk dari satu kayu utuh atau kayu solid. Ada pula talenan yang terbuat dari beberapa lapisan kayu yang disebut dengan kayu laminasi. Jika Anda menginginkan talenan kayu yang awet, pilihlah talenan yang terbuat dari kayu solid. Sebab, talenan yang terbuat dari kayu laminasi cederung lebih mudah patah.

Apabila saat memilih talenan tidak terdapat keterangan apakah kayu tersebut terbuat dari kayu solid atau kayu laminasi, lihatlah tepian talenan kayu. Talenan dari kayu laminasi akan terlihat ada sambungan di bagian pinggirnya. Sambungan kayu dari talenan tersebut biasanya berasal dari material yang berbeda-beda.

Arah serat kayu melengkung seperti pelangi, ramah bagi mata pisau

Arah serat kayu melengkung seperti pelangi, ramah bagi mata pisau

Talenan dari satu jenis kayu yang sama belum tentu menghasilkan karakter yang sama pula. Penempatan mata gergaji saat proses pemotongan batang kayu sangat mempengaruhi arah serat kayu yang dihasilkan. Papan kayu yang paling disarankan untuk talenan adalah papan kayu dengan serat kayu melengkung.

Kayu yang dipotong horizontal searah cincin tahunan pohon akan menghasilkan talenan yang indah karena permukaan cincin tahunan pohon tampak pada permukaan talenan. Jika batang kayu dipotong vertikal melawan arah cincin tahunan pohon, kayu yang dihasilkan mudah bengkok dan permukaan talenan jadi tidak rata.

Akan tetapi, talenan dengan metode pemotongan kayu horizontal searah cincin tahunan pohon, harganya sangat mahal karena cukup langka. Oleh karena itu, jika Anda menginginkan talenan murah dan berkualitas, alternatifnya Anda bisa memilih talenan dari kayu solid dengan ketebalan 3 cm atau lebih. Talenan yang terbuat dari kayu solid cenderung lebih awet dan kuat dibandingkan dengan talenan yang terbuat dari kayu laminasi. Selain itu, permukaan pada kayu solid lebih lembut daripada kayu laminasi sehingga sangat ramah terhadap mata pisau.

Pilihlah ukuran talenan sesuai lebar wastafel

Pilihlah ukuran talenan sesuai lebar wastafel

Ketika Anda berpikir hendak membeli talenan, sebaiknya Anda membeli talenan berukuran selebar mungkin. Memotong ikan besar dan sayuran akan sulit dilakukan pada talenan kecil, bukan?

Akan tetapi, memilih ukuran talenan dengan mempertimbangkan bagaimana perawatannya adalah pilihan yang cerdas. Talenan perlu dicuci dan dikeringkan di atas wastafel. Oleh karena itu, lebar vertikal wastafel di rumah Anda bisa dijadikan acuan memilih ukuran talenan.

Ketebalan talenan disarankan yang berukuran 2,5 sampai 3 cm. Talenan yang ketebalannya 1,5 cm memang ringan, tetapi tidak nyaman digunakan dan dikhawatirkan permukaannya mudah melengkung. Pertimbangkan kembali jika Anda masih menginginkan talenan dengan ketebalan 1,5 cm.

10 Rekomendasi talenan kayu terbaik

Berikut adalah 10 rekomendasi talenan kayu terbaik pilihan kami untuk Anda. Pilihlah talenan kayu yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

10. Talenan Kayu Pinus 34 x 17,5 cm

10. Talenan Kayu Pinus 34 x 17,5 cm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 12.500

Harga ekonomis dengan kualitas mumpuni

Talenan handmade yang terbuat dari kayu pinus ini pas untuk memotong sayuran dan daging. Ukurannya pun cukup luas untuk memotong bahan makanan seperti ikan berukuran besar. Yang lebih menarik lagi adalah harganya juga sangat ringan di kantong. Jadi, jika Anda menginginkan talenan yang lebar dan murah, produk ini cocok untuk Anda.

Akan tetapi, Anda harus ingat bahwa talenan yang terbuat dari kayu pinus rentan terhadap kelembapan. Untuk menghindari tumbuhnya jamur pada talenan ini, setelah pemakaian segeralah mencucinya dan keringkan agar bisa awet dipakai.

9. Talenan Kayu Model Hati

9. Talenan Kayu Model Hati

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 65.000

Anti mainstream! Talenan kayu dengan desain unik bentuk hati

Tidak hanya talenan kayu dengan desain konvensional, sekarang ini talenan kayu dengan desain unik sudah banyak tersedia di pasaran. Talenan kayu dengan desain unik cocok untuk Anda yang berkarakter unik. Selain sebagai alas memotong bahan makanan, talenan ini juga bisa Anda gunakan sebagai hiasan dapur. Salah satu talenan kayu unik yang kami rekomendasikan adalah talenan kayu model hati ini.

Akan tetapi, talenan seperti ini terkadang melupakan fungsi utama dari talenan itu sendiri. Akibat ingin menonjolkan keunikan desainnya, bentuk dan ketebalan kayu memang terasa kurang diperhatikan sehingga cenderung kurang awet untuk dipakai.

8. MMS Talenan Kayu dengan Tali

8. MMS Talenan Kayu dengan Tali

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 46.530

Terdapat tali gantungan untuk memudahkan penyimpanan

Tidak semua orang memiliki rak khusus untuk menyimpan talenan kayu di dapur. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa memilih talenan kayu yang dilengkapi dengan tali seperti produk ini. Talenan yang sudah selesai dicuci dan dikeringkan dapat digantung di tembok dapur dengan mudah. Oleh karena itu, jika Anda tidak memiliki rak khusus untuk meletakkan talenan, talenan ini pas buat Anda.

Talenan ini memiliki permukaan yang halus sehingga tidak membuat pisau Anda cepat tumpul. Untuk memperpanjang usia pemakaian, Anda bisa mengoleskan minyak sayur pada permukaan talenan sebelum digunakan.

7. L’atelier Moderne Talenan Kayu Mahoni

7. L'atelier Moderne Talenan Kayu Mahoni

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.914.220

Talenan bergaya rustic dan bisa dimanfaatkan sebagai piring saji

Seni dalam memasak kini semakin berkembang. Tidak hanya soal rasa, tetapi juga soal penyajian. Banyak restoran atau kafe-kafe yang berkreasi dalam menyajikan hidangannya agar orang semakin tertarik. Salah satu caranya adalah dengan menyajikan makanan menggunakan talenan kayu.

L’atelier Moderne menghadirkan talenan kayu mahoni bergaya rustic, yaitu talenan dengan gaya alami yang masih memperlihatkan keaslian permukaan serat kayunya. Selain fungsi utamanya sebagai alas memotong, talenan ini juga berfungsi sebagai piring saji. Sifat antibakteri pada talenan kayu mahoni menjadikan bakteri tidak mudah berkembang pada talenan ini.

6. Waris Talenan Kayu Dekorasi

6. Waris Talenan Kayu Dekorasi

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 199.000

Talenan kayu unik dan artistik dengan bentuk potongan batang pohon asli

Satu lagi talenan dengan bentuk yang sangat unik kami tampilkan di urutan ke-6. Bentuk talenan ini masih menyerupai potongan batang pohon asli. Cincin tahunan pada talenan ini terlihat dengan jelas. Bagian pinggir talenan ini sengaja tidak diampelas sehingga keaslian batang pohon pun makin tampak.

Talenan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menyajikan makanan dengan cara yang tidak biasa. Makanan yang disajikan di atas talenan ini jadi semakin unik dan membuat orang tertarik. Harga yang ditawarkan talenan ini pun cukup terjangkau. Jadi, apabila Anda ingin membelinya lebih dari satu, Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

5. Talenan Kayu Jati Besar

5. Talenan Kayu Jati Besar

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 950.000

Jati yang kuat dan kokoh untuk talenan yang tahan lama

Keunggulan yang dimiliki talenan kayu jati adalah materialnya yang padat dan berat membuat talenan ini kuat dan kokoh sehingga awet dipakai. Kayu jati juga tahan terhadap kelembapan dan anti rayap. Tidak heran kalau kayu jati amat populer dijadikan sebagai bahan furniture. 

Keunggulan lainnya adalah permukaan talenan ini sangat indah karena serat kayunya terlihat dengan sempurna. Talenan ini menggunakan finishing minyak zaitun dan beeswax sehingga aman untuk makanan. Bagi Anda yang ingin talenan yang kuat dan tahan lama, produk ini sangat direkomendasikan.

4. Homeland Rube Flat Bread Cutting Board

4. Homeland Rube Flat Bread Cutting Board

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 77.000

Talenan antibakteri yang aman untuk memotong roti

Roti adalah makanan yang melalui proses fermentasi sehingga cepat berjamur dan tidak tahan lama. Untuk menjaga roti tetap aman dimakan, talenan yang digunakan untuk memotong roti juga perlu diperhatikan. Talenan kayu dari Homeland ini diciptakan khusus untuk memotong roti. Sifat kayunya yang antibakteri dan permukaannya yang rata memudahkan Anda memotong roti dengan aman dan nyaman.

Talenan ini berukuran 38 x 20,5 x 1 cm. Karena produk ini amat tipis, mohon berhati-hati saat menggunakannya. Penempatan dan perawatan secara sembarangan bisa menyebabkan talenan ini melengkung sehingga tidak bisa Anda gunakan kembali.

3. Uchii Redwood Chopping Board

3. Uchii Redwood Chopping Board

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 244.300

Talenan kayu buatan Jepang, yang mengutamakan kualitas

Produk-produk dari Jepang dikenal berkualitas tinggi tak terkecuali pada produk talenan kayu. Salah satu kayu yang lazim digunakan di Jepang sebagai bahan pembuatan talenan adalah redwood. Redwood dikenal sebagai salah satu kayu berkualitas tinggi.

Talenan kayu ini berukuran 38,5 x 19,5 cm dengan ketebalan 2 cm. Berdasarkan ukuran tersebut, talenan ini sudah memenuhi standar ukuran yang baik menurut metode pemilihan talenan yang kami sarankan. Ditambah lagi dengan desain khas Jepang membuat talenan ini sangat berkarakter.

2. Ikea Lamplig Talenan Kayu Beech Ukuran 46 x 53 cm

2. Ikea Lamplig Talenan Kayu Beech Ukuran 46 x 53 cm

Lihat produk ini di Lazada 

Harga: Rp 438.000

Dengan lekukan untuk menahan air dari buah dan daging

Ikea adalah brand ternama yang memproduksi berbagai alat keperluan rumah tangga berkualitas. Talenan kayu dari Ikea ini terbuat dari kayu beech solid sehingga amat kokoh. Talenan kayu ini cukup berat sehingga membuat talenan tidak mudah bergeser saat digunakan.

Talenan ini sangat cocok untuk Anda yang sering memotong daging dan buah. Saat memotong daging dan buah biasanya air sari buah atau daging akan tumpah keluar dari permukaan talenan. Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut saat menggunakan talenan ini. Sebab, terdapat lekukan di sekeliling permukaan talenan yang bisa menampung air yang keluar dari buah dan daging.

1. Ikea Proppmatt Talenan Kayu Beech Ukuran 30 x 15 cm

1. Ikea Proppmatt Talenan Kayu Beech Ukuran 30 x 15 cm

Lihat produk ini di Lazada 

Harga: Rp 156.000

Ukuran dan ketebalan pas untuk segala jenis bahan makanan

Bagi Anda yang suka memasak bermacam-macam menu masakan, talenan Ikea Proppmatt ini sangat direkomendasikan. Sebab, ukuran dan ketebalannya sangat pas untuk alas memotong berbagai jenis bahan makanan seperti buah, sayur, ikan, dan sebagainya. Talenan ini terbuat dari kayu beech yang lembut sehingga aman bagi mata pisau.

Kelebihan lain dari talenan ini adalah daya tahannya terhadap kelembapan. Talenan ini tidak akan cepat berjamur walau Anda pakai dan cuci berulang kali. Oleh karena itu, talenan ini bisa awet dipakai dalam waktu yang cukup lama.

Tips merawat talenan kayu agar tahan lama

Untuk mempertahankan daya guna talenan kayu, cuci dan keringkanlah talenan dengan benar setelah selesai digunakan. Setelah itu, sangat disarankan meletakkan talenan kayu pada stand khusus. Meletakkan talenan kayu yang belum kering sepenuhnya dapat memicu timbulnya jamur dan bakteri. Stand talenan kayu saat ini bisa dipasang di dinding dapur sehingga memudahkan Anda dalam merawat talenan kayu.

Kesimpulan

Fungsi dari talenan kayu kini mulai meluas. Tak hanya sebagai alas untuk memotong, tetapi talenan juga digunakan sebagai hiasan dan piring saji. Apapun tujuan Anda menggunakan talenan kayu, jenis kayu perlu diperhatikan untuk memastikan talenan yang Anda gunakan bebas dari bakteri. Jika Anda tidak menemukan informasi mengenai jenis kayu talenan yang akan Anda beli, tanyakanlah kepada penjual.

Kami harap artikel ini dapat membantu Anda menemukan talenan kayu yang pas untuk Anda. Jangan lupa bahwa talenan kayu juga perlu dirawat agar selalu higienis dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.