• 10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Talenan kayu adalah landasan untuk memotong bahan makanan yang terbuat dari papan kayu. Talenan kayu termasuk dalam peralatan masak yang biasanya dipakai untuk mempersiapkan makanan, meskipun adakalanya talenan dipergunakan untuk menyajikan makanan. Bahan pembuatan talenan kayu beragam jenisnya, mulai dari kayu jati, beech, pinus, hingga mahoni.

Kami akan membantu Anda memilih talenan terbaik yang terbuat dari kayu. Beberapa talenan yang bagus dari merek Maspion, IKEA, Dekornata, Oxone, dan CaTalina ada dalam rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai habis agar Anda menemukan talenan kayu yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Ranny Afandi
Istianah (HM Zwan)
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 21 Juni 2022
Daftar isi

Cara memilih talenan kayu

Sebelum memutuskan membeli talenan kayu, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal. Jenis kayu, arah serat kayu, dan lebar bak cuci piring adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Agar mendapatkan talenan kayu yang sesuai dengan kebutuhan, simak penjelasan dari kami berikut ini.

Pilihlah talenan sesuai jenis kayu yang digunakan

Kayu pinus, kayu beech, kayu jati, dan kayu mahoni adalah empat jenis kayu yang sering dimanfaatkan menjadi talenan. Setiap jenis kayu tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Perhatikan dan bandingkanlah karakteristik keempat kayu tersebut!

Kayu pinus, bertekstur halus dan harganya terjangkau

Kayu pinus, bertekstur halus dan harganya terjangkau

Kayu pinus cukup populer dijadikan talenan karena tekstur permukaannya yang halus. Anda jadi tidak perlu khawatir tangan Anda akan tergores saat menggunakan talenan dari kayu pinus ini. Talenan kayu pinus juga mudah didapatkan dan harganya sangat terjangkau.


Akan tetapi, kayu pinus tidak tahan pada suhu lembap. Jika tidak segera dikeringkan setelah dicuci, talenan akan cepat berjamur dan menimbulkan bakteri. Karena itu, Anda harus ekstra hati-hati ketika menggunakan talenan kayu ini.

Kayu beech, berwarna terang dan dapat mempercantik interior dapur

Selain kayu pinus, ada juga talenan yang terbuat dari kayu beech. Kelebihan dari talenan kayu beech adalah cukup tahan terhadap air dan awet. Selain itu, kayu beech termasuk kayu yang tidak berbau dan berdebu sehingga sangat aman untuk digunakan sebagai alas memotong makanan.

Warna kayunya yang cenderung terang juga dapat mempercantik interior dapur Anda. Namun, ketahanan kayu beech terhadap kelembapan cukup rendah sehingga disarankan untuk tidak meninggalkannya di bak cuci piring.

Kayu jati, kuat dan tahan lama

Kayu jati, kuat dan tahan lama

Kayu jati merupakan salah satu kayu yang bagus untuk talenan karena kualitasnya yang baik. Talenan kayu jati punya karakteristik yang kuat, tidak mudah lapuk, dan tahan lama.


Talenan kayu jati juga bersifat antibakteri. Lapisan kayu jati mengandung minyak alami sehingga membuatnya tahan terhadap air.


Kayu jati yang sangat kukuh dan cukup berat membuatnya stabil saat digunakan dan tidak mudah bergeser. Karakter serat kayu dan warnanya yang menawan yang membuat talenan kayu jati cocok dijadikan alas makan unik.

Kayu mahoni, memiliki serat yang lurus dan halus

Kayu mahoni, memiliki serat yang lurus dan halus

Kayu mahoni juga merupakan salah satu bahan talenan kayu yang bagus. Meski tidak sekuat kayu jati, talenan kayu mahoni juga cukup kuat dan keras.


Kayu mahoni memiliki serat kayu yang lurus dan halus. Talenan kayu mahoni memiliki tampilan yang khas dengan warnanya yang kemerahan dan mengilap ketika dipoles. Dari segi harga, talenan kayu mahoni terbilang cukup terjangkau daripada kayu jati.

Pertimbangkan talenan yang terbuat dari kayu solid

Pertimbangkan talenan yang terbuat dari kayu solid

Salah satu kelebihan dari penggunaan talenan kayu adalah awet dan bisa digunakan dalam waktu lama. Bila dibandingkan dengan talenan plastik yang mudah gores, talenan kayu bisa dikikir supaya kembali mulus. Jika talenan plastik sudah banyak tergores dan sulit dibersihkan, Anda mungkin akan memilih untuk membuangnya.


Talenan kayu yang bagus dan paling tahan lama adalah yang terbuat dari kayu solid atau kayu utuh. Sementara talenan yang terbuat dari kayu laminasi seperti plywood cenderung mudah patah, terutama di bagian sambungannya. Karena itu, untuk Anda yang mengutamakan daya tahan, sangat disarankan memilih talenan yang terbuat dari kayu solid.


Tidak semua produsen menuliskan keterangan tentang jenis kayu solid dan laminasi ini. Maka dari itu, lihatlah tepian talenan. Talenan kayu laminasi biasanya memiliki lapisan karena bagian tengah dan permukaannya terbuat dari jenis kayu yang berbeda.

Cek arah serat kayu

Cek arah serat kayu

Talenan dari satu jenis kayu yang sama belum tentu menghasilkan karakter yang sama pula. Penempatan mata gergaji saat proses pemotongan batang kayu memengaruhi arah serat kayu yang dihasilkan. Arah serat kayu terbagi menjadi dua, yaitu:


  • Serat lurus (straight grain), merupakan arah serat yang paling disarankan untuk talenan. Batang kayu (logs) yang dipotong vertikal searah cincin tahunan (annual rings) akan menghasilkan talenan yang indah. Keindahan tersebut dihasilkan oleh pola cincin tahunan yang tampak pada permukaan talenan. Talenan kayu dengan arah serat lurus tidak mudah melengkung sehingga cocok dijadikan talenan.

  • Serat miring (cross grain), untuk Anda yang menginginkan talenan murah dan berkualitas. Kayu yang dibelah secara horizontal melewati garis pusat logs akan menghasilkan serat miring yang gampang melengkung dan retak. Untuk talenan berserat miring, sangat direkomendasikan terbuat dari kayu solid. Meskipun seratnya miring, kayu solid tidak mudah melengkung. Selain itu, serat miring juga lebih lembut daripada serat lurus sehingga pisau juga tidak mudah tumpul.

Sesuaikan ukuran talenan dengan lebar bak cuci piring

Sesuaikan ukuran talenan dengan lebar bak cuci piring

Selanjutnya, hal yang harus Anda perhatikan adalah ukuran talenan. Anda sangat disarankan memilih talenan kayu yang besar dan lebar. Memotong ikan yang besar atau sayuran tentu akan sulit jika dipotong di atas talenan yang kecil. 


Namun, talenan yang terlalu lebar juga menyulitkan pencucian dan pengeringannya. Karena itu, lebar bak cuci piring di rumah Anda bisa dijadikan acuan ketika memilih ukuran talenan. Apabila Anda memilih talenan yang lebarnya pas dengan lebar bak cuci piring, proses pencucian pun jadi lebih mudah.


Selain itu, ketebalan talenan yang kami sarankan adalah 2,5–3 cm. Talenan yang ketebalannya hanya 1,5 cm memang ringan, tetapi mudah menipis dan melengkung. Apabila Anda tetap menginginkan talenan yang ringan, pastikan produk tersebut tidak mudah melengkung.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

DekayuTalenan Toraja

Mulai dari Rp 77.000,00

Spesialis
mybest

BrewsuniqTeak Wooden Serving Board W Handle 40.5 x 16.2cm

Mulai dari Rp 135.000,00

10 Rekomendasi talenan kayu terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk talenan kayu terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

MaspionMaxim Tools Wooden Cutting Board

Mulai dari Rp 299.000,00

Ukuran43 cm x 32 cm x 2 cm
BeratTidak disebutkan
BahanKayu karet
Kayu solidTidak
Serat kayuTidak disebutkan
9
Ukuran40 cm x 25 cm x 4 cm
Berat3 kg
BahanBambu
Kayu solidTidak
Serat kayuLurus
8
Ukuran28 cm x 18 cm x 1,5 cm
Berat0,51 kg
BahanKayu beech
Kayu solidYa
Serat kayuLurus
7
Ukuran38 cm x 20 cm x 2 cm
BeratTidak disebutkan
BahanKayu karet
Kayu solidTidak disebutkan
Serat kayuTidak disebutkan
6

Cooks HabitPapan Potong VIP Mahogany

Mulai dari Rp 109.900,00

Ukuran43 cm x 30 cm x 1,5 cm
Berat0,83 kg
BahanKayu mahoni
Kayu solidTidak disebutkan
Serat kayuTidak disebutkan
5
Ukuran28 cm x 26 cm x 3 cm
BeratTidak disebutkan
BahanKayu mahoni
Kayu solidYa
Serat kayuLurus
4
UkuranDiameter: 25-30 cm | Tinggi: 1-1,5 cm
BeratTidak disebutkan
BahanKayu mahoni
Kayu solidYa
Serat kayuMiring
3
Ukuran23 cm x 11 cm x 1 cm
BeratTidak disebutkan
BahanKayu pinus
Kayu solidYa
Serat kayuTidak disebutkan
2
Ukuran35,5 cm x 18 cm x 1,8 cm
BeratTidak disebutkan
BahanKayu jati
Kayu solidYa
Serat kayuTidak disebutkan
1
UkuranKecil: 26,5 cm x 13,5 cm | Sedang: 27,5 cm x 14,5 cm | Besar: 29,5 cm x 17,5 cm
BeratTidak disebutkan
BahanKayu mahoni
Kayu solidTidak disebutkan
Serat kayuTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk talenan kayu terbaik

Gambar produk
1
Indokurnia Talenan Kayu 1

Indokurnia

2
Wooden Projects  Talenan Kayu Jati 1

Wooden Projects

3
Dadalala Talenan Kayu Pinus Mini 1

Dadalala

4
Dekornata Wooden Slice 25–30 1

Dekornata

5
CaTalina Talenan Bulat 1

CaTalina

6
Cooks Habit Papan Potong VIP Mahogany  1

Cooks Habit

7
Homeland Rube Flat Bread Cutting Board 1

Homeland

8
IKEA SMASKIGA 1

IKEA

9
Oxone Bamboo Board with Metal Tray 1

Oxone

10
Maspion Maxim Tools Wooden Cutting Board  1

Maspion

Nama produk

Talenan Kayu

Talenan Kayu Jati

Talenan Kayu Pinus Mini

Wooden Slice 25–30

Talenan Bulat

Papan Potong VIP Mahogany

Rube Flat Bread Cutting Board

SMASKIGA

Bamboo Board with Metal Tray

Maxim Tools Wooden Cutting Board

Keunggulan

Solusi talenan kayu dengan harga murah dan berkualitas

Awet dan tahan lama dengan bahan dari kayu jati

Ukurannya mini dan tersedia dalam beragam bentuk, cocok untuk suvenir pernikahan

Talenan bulat dari batang pohon mahoni yang dipotong utuh melintang

Percantik dapur rumah atau kafe dengan talenan bulat ini

Memudahkan Anda memotong ikan dan sayur ukuran besar

Talenan antibakteri yang aman untuk memotong roti

Praktis! Dilengkapi lubang untuk menggantung setelah digunakan

Hasil potongan akan tertampung rapi berkat adanya tray

Dilengkapi lekukan di pinggir untuk meniriskan bahan makanan dari air

Harga mulai dariRp 5.999,00Rp 80.000,00Rp 8.990,00Rp 25.000,00Rp 40.593,00Rp 109.900,00Rp 93.000,00Rp 79.900,00Rp 345.000,00Rp 299.000,00
UkuranKecil: 26,5 cm x 13,5 cm | Sedang: 27,5 cm x 14,5 cm | Besar: 29,5 cm x 17,5 cm35,5 cm x 18 cm x 1,8 cm23 cm x 11 cm x 1 cmDiameter: 25-30 cm | Tinggi: 1-1,5 cm28 cm x 26 cm x 3 cm43 cm x 30 cm x 1,5 cm38 cm x 20 cm x 2 cm28 cm x 18 cm x 1,5 cm40 cm x 25 cm x 4 cm43 cm x 32 cm x 2 cm
BeratTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan0,83 kgTidak disebutkan0,51 kg3 kgTidak disebutkan
BahanKayu mahoniKayu jatiKayu pinusKayu mahoniKayu mahoniKayu mahoniKayu karetKayu beechBambuKayu karet
Kayu solidTidak disebutkanYaYaYaYaTidak disebutkanTidak disebutkanYaTidakTidak
Serat kayuTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanMiringLurusTidak disebutkanTidak disebutkanLurusLurusTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi peralatan masak lainnya di sini

Selain talenan, kami juga mempunyai banyak rekomendasi peralatan masak, seperti pisau dapur, sendok sayur, dan peralatan dapur dari IKEA. Agar dapur Anda makin lengkap dan cantik, silakan baca rekomendasi peralatan masak dari kami berikut ini.

Kesimpulan

Fungsi dari talenan kayu kini mulai meluas. Tak hanya sebagai alas untuk memotong, talenan juga digunakan sebagai hiasan dan piring saji. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda menemukan talenan kayu yang pas untuk Anda.

Jangan lupa bahwa talenan kayu juga perlu dirawat agar selalu higienis dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Jadi, apakah Anda sudah menemukan talenan kayu terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Rice cooker wajib dimiliki orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi. Namun, benda yang sering dikenal sebagai magic com ini tidak hanya bisa digunakan untuk menanak. Rice cooker juga cocok untuk menghangatkan, mengukus, dan memasak beragam makanan.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk rice cooker terbaik dari berbagai merek, seperti Yong Ma dan Miyako. Sebelum itu, kami akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang bagus untuk kebutuhan Anda. Dari yang mini, low carbo, sampai yang pintar, seperti Philips HD4515, semuanya ada. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda!
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Rinnai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Rinnai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kompor gas merupakan peralatan dapur yang sangat penting digunakan untuk mendukung kebutuhan rumah tangga. Dengan kompor gas, Anda dapat memasak secara lebih cepat, mudah, dan hemat. Salah satu merek kompor gas yang populer adalah Rinnai. Perusahaan asal Jepang ini dikenal sebagai produsen kompor gas yang bagus dan berkualitas. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih produk kompor gas Rinnai terbaik. Kami juga memberikan rekomendasi kompor gas Rinnai 1 tungku, 2 tungku, hingga 5 tungku yang dapat Anda pilih. Untuk itu, baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Peralatan masak
  • 10 Wajan Keramik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Wajan Keramik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Akhir-akhir ini penggunaan wajan keramik sudah makin populer. Wajan yang awalnya populer di Korea ini digemari karena bahannya lebih aman dan tidak mengganggu kesehatan. Menumis dan menggoreng menggunakan wajan keramik membuat masakan jadi cepat matang secara merata. Karena itu, Anda perlu mempertimbangkan untuk memilikinya di dapur rumah.Terdapat beberapa merek wajan keramik di pasaran, seperti Maxim, Yoshikawa, dan lainnya. Sebelum membelinya, ketahui dahulu manfaat menggunakan wajan keramik dan bagaimana tips memilih wajan keramik yang bagus dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari.
    Peralatan masak
  • 10 Food Chopper Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Food Chopper Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Saat memasak, mencincang sayuran dan daging ataupun menghaluskan bumbu adalah hal yang cukup merepotkan. Namun, kini telah hadir food chopper alias alat penggiling bumbu dapur dan bahan makanan yang akan memudahkan Anda. Dengan beragam fungsi, desain, dan cara penggunaan, Anda mungkin akan bingung dalam memilih food chopper yang bagus.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih food chopper terbaik. Kami juga akan mengulas food chopper yang banyak diminati dari merek Baby Safe, Tupperware, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh pemilik restoran dan chef kami, Laire Siwi Mentari. Selamat membaca!
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Wajan penggorengan merupakan alat masak yang wajib ada di dapur. Wajan terbuat dari bahan yang beragam, ada wajan antilengket maupun wajan tanpa lapisan antilengket. Wajan antilengket memiliki coating bermacam-macam, seperti coating granit, keramik, hingga titanium. Sementara itu, stainless steel, carbon steel, dan cast iron merupakan contoh wajan tanpa lapisan antilengket.Pada artikel ini, kami akan me-review keunggulan tiap-tiap cookware tersebut. Kami juga akan mengulas merek wajan yang bagus untuk kesehatan, seperti Zebra, Bima, IKEA, GreenPan, dan Skitchen. Silakan baca artikel ini untuk mengetahui tips memilih wajan yang bagus.
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pisau dapur merupakan salah satu peralatan penting yang harus ada di dapur. Selain pisau koki yang biasa digunakan, ada juga pisau daging, pisau paring, dan lain-lain. Setiap pisau memiliki harga, kualitas, dan bahan bilah yang berbeda-beda.Kali ini, kami akan merekomendasikan pisau dapur terbaik yang tersedia di pasaran. Berbagai merek, seperti Oxone, IKEA, dan Bolde termasuk di antara produk yang akan kami rekomendasikan. Kami juga akan membagikan tips memilih pisau dapur yang tepat dan cara merawatnya. Temukan pisau dapur yang bagus dan cocok untuk Anda.
    Peralatan masak
  • 10 Electric Pressure Cooker Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Electric Pressure Cooker Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Electric pressure cooker atau panci presto listrik membuat kegiatan memasak jadi lebih mudah dan aman karena tidak menggunakan api. Selain itu, makanan akan lebih cepat matang dan nutrisi di dalamnya tetap terjaga. Nah, kali ini kami telah menghimpun beberapa electric pressure cooker terbaik dari segi harga dan kualitas. Anda akan jumpai electric pressure cooker dari merek Philips, Cuckoo, Zojirushi, dan lainnya. Sebelum itu, kami akan memaparkan poin-poin yang sebaiknya diperhatikan saat memilih electric pressure cooker yang bagus terlebih dahulu. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Yuk, disimak!
    Peralatan masak
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori