• 10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Apakah Anda menggunakan talenan kayu saat memotong bahan makanan? Jika ya, berarti pilihan Anda sudah tepat. Menurut penelitian, bakteri yang berkembang di talenan kayu lebih sedikit dibandingkan dengan bakteri yang ada di talenan plastik. Talenan kayu yang dirawat dengan baik juga bisa awet digunakan hingga 10 tahun.

Pada artikel ini, kami akan memaparkan cara memilih talenan kayu yang tepat dilihat dari jenis kayu, ketebalan, dan arah serat kayu. Setelah itu, kami akan merekomendasikan 10 talenan kayu terbaik yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 157 Views
Daftar isi

Cara memilih talenan kayu

Setiap talenan kayu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung dari jenis kayu yang digunakan. Memilih talenan kayu sembarangan malah bisa membuat pisau Anda tumpul atau membuat bahan makanan terkontaminasi bakteri. Oleh karena itu, jadikanlah penjelasan di bawah ini sebagai acuan untuk memilih talenan kayu terbaik!

Kayu jenis apakah yang paling direkomendasikan?

Kayu pinus, kayu beech, kayu jati, dan kayu mahoni adalah empat jenis kayu yang sering dimanfaatkan menjadi talenan. Perhatikan dan bandingkanlah karakteristik keempat kayu tersebut.

Kayu pinus yang mulus

Kayu pinus yang mulus
Kayu pinus cukup populer dijadikan talenan karena teksturnya yang halus. Anda tak perlu khawatir tangan Anda akan tergores saat menggunakan talenan dari kayu pinus. Talenan ini mudah didapatkan dan harganya pun sangat terjangkau.
Akan tetapi, kayu pinus tidak tahan di suhu lembap. Jika tidak segera dikeringkan setelah dicuci, talenan akan cepat berjamur dan menimbulkan bakteri. Karena itu, Anda harus ekstra hati-hati ketika menggunakan talenan ini.

Kayu beech yang lembut

Kayu beech yang lembut
Kelebihan dari talenan kayu beech adalah permukaannya yang lembut terhadap pisau, sehingga pisau tidak cepat tumpul. Ketahanan kayu beech terhadap kelembapan juga cukup kuat sehingga mencegah timbulnya bakteri pada talenan. Selain itu, kayu beech termasuk kayu yang tidak berbau dan berdebu, sehingga sangat aman untuk digunakan sebagai alas memotong makanan.

Kayu jati yang kuat

Kayu jati yang kuat
Siapa tak kenal kayu jati. Kayu yang satu ini memang lazim digunakan sebagai bahan furniture karena kualitasnya yang sangat baik dan tidak mudah keropos. Pada suhu lembap, daya tahan kayu ini sangat baik, bahkan tahan terhadap serangan rayap.
Talenan yang terbuat dari kayu jati tentunya sangat kokoh dan cukup berat, sehingga stabil saat digunakan dan tidak mudah bergeser. Karakter serat kayu dan warnanya yang menawan, membuat talenan kayu jati cocok dijadikan alas makan unik.

Kayu mahoni yang antibakteri

Kayu mahoni yang antibakteri
Saat menggunakan talenan, biasanya goresan pisau akan tertinggal pada talenan. Goresan tersebut dapat menjadi tempat bakteri berkembang biak. Namun, tidak perlu khawatir sebab talenan kayu mahoni mampu meminimalisir hal tersebut. Seratnya yang padat dan halus menjadikan talenan kayu mahoni tidak mudah tergores pisau.
Kayu yang banyak terdapat di iklim tropis seperti di Indonesia ini memiliki senyawa antibakteri. Talenan kayu mahoni juga cukup tahan terhadap suhu lembap dan tidak mudah berjamur.

Periksalah metode pengolahan kayu untuk talenan

Proses pengolahan dan pemotongan kayu, apakah itu kayu solid ataupun kayu laminasi, mempengaruhi kualitas talenan yang dihasilkan. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan masalah ini sebelum memilih talenan.

Kayu solid untuk talenan yang tahan lama

Kayu solid untuk talenan yang tahan lama
Tidak semua talenan terbentuk dari satu kayu utuh atau kayu solid. Ada pula talenan yang terbuat dari beberapa lapisan kayu yang disebut dengan kayu laminasi. Jika Anda menginginkan talenan kayu yang awet, pilihlah talenan yang terbuat dari kayu solid. Sebab, talenan yang terbuat dari kayu laminasi cederung lebih mudah patah.
Apabila saat memilih talenan tidak terdapat keterangan apakah kayu tersebut terbuat dari kayu solid atau kayu laminasi, lihatlah tepian talenan kayu. Talenan dari kayu laminasi akan terlihat ada sambungan di bagian pinggirnya. Sambungan kayu dari talenan tersebut biasanya berasal dari material yang berbeda-beda.

Arah serat kayu melengkung seperti pelangi, ramah bagi mata pisau

Arah serat kayu melengkung seperti pelangi, ramah bagi mata pisau
Talenan dari satu jenis kayu yang sama belum tentu menghasilkan karakter yang sama pula. Penempatan mata gergaji saat proses pemotongan batang kayu sangat mempengaruhi arah serat kayu yang dihasilkan. Papan kayu yang paling disarankan untuk talenan adalah papan kayu dengan serat kayu melengkung.
Kayu yang dipotong horizontal searah cincin tahunan pohon akan menghasilkan talenan yang indah karena permukaan cincin tahunan pohon tampak pada permukaan talenan. Jika batang kayu dipotong vertikal melawan arah cincin tahunan pohon, kayu yang dihasilkan mudah bengkok dan permukaan talenan jadi tidak rata.
Akan tetapi, talenan dengan metode pemotongan kayu horizontal searah cincin tahunan pohon, harganya sangat mahal karena cukup langka. Oleh karena itu, jika Anda menginginkan talenan murah dan berkualitas, alternatifnya Anda bisa memilih talenan dari kayu solid dengan ketebalan 3 cm atau lebih. Talenan yang terbuat dari kayu solid cenderung lebih awet dan kuat dibandingkan dengan talenan yang terbuat dari kayu laminasi. Selain itu, permukaan pada kayu solid lebih lembut daripada kayu laminasi sehingga sangat ramah terhadap mata pisau.

Pilihlah ukuran talenan sesuai lebar wastafel

Pilihlah ukuran talenan sesuai lebar wastafel
Ketika Anda berpikir hendak membeli talenan, sebaiknya Anda membeli talenan berukuran selebar mungkin. Memotong ikan besar dan sayuran akan sulit dilakukan pada talenan kecil, bukan?
Akan tetapi, memilih ukuran talenan dengan mempertimbangkan bagaimana perawatannya adalah pilihan yang cerdas. Talenan perlu dicuci dan dikeringkan di atas wastafel. Oleh karena itu, lebar vertikal wastafel di rumah Anda bisa dijadikan acuan memilih ukuran talenan.
Ketebalan talenan disarankan yang berukuran 2,5 sampai 3 cm. Talenan yang ketebalannya 1,5 cm memang ringan, tetapi tidak nyaman digunakan dan dikhawatirkan permukaannya mudah melengkung. Pertimbangkan kembali jika Anda masih menginginkan talenan dengan ketebalan 1,5 cm.

10 Rekomendasi talenan kayu terbaik

Berikut adalah 10 rekomendasi talenan kayu terbaik pilihan kami untuk Anda. Pilihlah talenan kayu yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

10. Talenan Kayu Pinus 34 x 17,5 cm

Rp12.500,00

9. Talenan Kayu Model Hati

Rp65.000,00

8. MMS Talenan Kayu dengan Tali

Rp46.530,00

7. L’atelier Moderne Talenan Kayu Mahoni

Rp1.914.220,00

6. Waris Talenan Kayu Dekorasi

Rp199.000,00

5. Talenan Kayu Jati Besar

Rp950.000,00

4. Homeland Rube Flat Bread Cutting Board

Rp77.000,00

3. Uchii Redwood Chopping Board

Rp244.300,00

2. Ikea Lamplig Talenan Kayu Beech Ukuran 46 x 53 cm

Rp438.000,00

1. Ikea Proppmatt Talenan Kayu Beech Ukuran 30 x 15 cm

Rp156.000,00

Tips merawat talenan kayu agar tahan lama

Untuk mempertahankan daya guna talenan kayu, cuci dan keringkanlah talenan dengan benar setelah selesai digunakan. Setelah itu, sangat disarankan meletakkan talenan kayu pada stand khusus. Meletakkan talenan kayu yang belum kering sepenuhnya dapat memicu timbulnya jamur dan bakteri. Stand talenan kayu saat ini bisa dipasang di dinding dapur sehingga memudahkan Anda dalam merawat talenan kayu.

Kesimpulan

Fungsi dari talenan kayu kini mulai meluas. Tak hanya sebagai alas untuk memotong, tetapi talenan juga digunakan sebagai hiasan dan piring saji. Apapun tujuan Anda menggunakan talenan kayu, jenis kayu perlu diperhatikan untuk memastikan talenan yang Anda gunakan bebas dari bakteri. Jika Anda tidak menemukan informasi mengenai jenis kayu talenan yang akan Anda beli, tanyakanlah kepada penjual.
Kami harap artikel ini dapat membantu Anda menemukan talenan kayu yang pas untuk Anda. Jangan lupa bahwa talenan kayu juga perlu dirawat agar selalu higienis dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Jenis wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.Kali ini kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik bagi Anda. Namun, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan dapur
    2.158 Views
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Berbicara mengenai kompor gas, Anda tentu memiliki kriteria pemilihan yang berbeda sesuai kebutuhan Anda sehari-hari. Kriteria tersebut antara lain tampilan kompor yang modis, panggangan tanpa air, dan kemudahan saat dibersihkan. Belakangan, produsen kompor gas juga semakin berlomba-lomba mengeluarkan produk dengan fitur yang semakin canggih.Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara menyeluruh kriteria apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih kompor gas. Selain cara memilihnya, kami akan memilihkan sepuluh produk terbaik untuk Anda jadikan referensi. Beberapa merek terkenal seperti Modena, Hitachi, dan Rinnai siap untuk Anda pilih. Selamat menyimak!
    Peralatan dapur
    1.792 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Microwave oven merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membuat roti, kue, toast maupun kue kering. Berbeda dengan oven biasa, pemanasan makanan dengan microwave oven menggunakan gelombang mikro sehingga masakan matang lebih merata. Jika menggunakan oven biasa, masakan lebih matang di bagian pinggirnya.Beberapa merek microwave oven yang terkenal adalah Hitachi, Sharp dan Panasonic. Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa microwave oven dari berbagai merek ternama untuk dibandingkan kualitasnya. Simak ulasan berikut ini dan jadikan pertimbangan Anda sebelum membeli microwave oven.
    Peralatan dapur
    1.269 Views
  • 10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Dispenser lumrah kita temui di rumah, kosan maupun perkantoran. Dispenser sangat memudahkan kita dalam menyediakan air minum untuk masak maupun konsumsi. Saat ini sudah tersedia berbagai macam merek dispenser , seperti Unilever, Maspion Uchida dan Polytron yang tidak kalah dengan dispenser merek luar negeri.Bagaimana cara memilih dispenser serta apa yang perlu diperhatikan saat memilih dispenser? Mari ikuti artikel menarik ini yang mengulas tentang cara memilih dispenser serta 10 rekomendasi dispenser terbaik. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik bagi Anda sekeluarga dalam memilih dispenser ya!
    Peralatan dapur
    1.828 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Rice cooker mini menjadi produk yang banyak dicari oleh keluarga kecil maupun orang yang tinggal sendiri. Kini berbagai merek seperti Cosmos, Miyako, atau Sanken mulai mengembangkan rice cooker yang tidak hanya dapat menanak nasi, tetapi juga dapat digunakan untuk menggoreng, merebus telur, hingga membuat kue.Kali ini, kami akan berbagi tentang rekomendasi rice cooker mini terbaik yang dapat Anda pilih berdasarkan fungsi, kapasitas, dan harga. Sebelumnya, kami juga akan menjelaskan beberapa poin tentang bagaimana cara memilih rice cooker mini yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    1.597 Views
  • 10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Slow juicer merupakan peranti elektronik populer pada orang-orang yang menerapkan pola hidup sehat. Slow juicer digunakan untuk membuat jus tanpa campuran air sehingga kandungan gizinya lebih terjaga. Beberapa produsen terkenal seperti Sharp dan Toshiba juga mengeluarkan produk slow juicer. Namun, banyak yang tidak mengetahui produk mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka.Kami akan merekomendasikan produk slow juicer yang bisa Anda pilih berdasarkan perbandingan harga, review pengguna, dan tentu saja kualitas. Fungsinya bisa jadi sama, akan tetapi Anda harus cermat yang mana saja produk yang populer dan mudah digunakan. Simak yuk!
    Peralatan dapur
    1.485 Views
  • 10 Rekomendasi Hot Water Pot Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Hot Water Pot Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Hot water pot atau termos memang sangat berguna untuk mempertahankan suhu air tetap terjaga. Dengan menyimpan air panas di dalamnya, Anda dapat menikmati kopi atau teh tanpa repot memanaskan air lebih dahulu. Kini, hot water pot dijual dalam berbagai kapasitas dengan desain yang cantik, modern, dan unik.Bila Anda sedang bingung memilih hot water pot, membaca artikel ini adalah pilihan yang tepat. Kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi hot water pot terbaik. Anda akan menemukan beragam produk berkualitas misalnya keluaran IKEA, Oxone, dan sebagainya dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    157 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori