• 10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Apakah Anda menggunakan talenan kayu saat memotong bahan makanan? Jika ya, berarti pilihan Anda sudah tepat. Menurut penelitian, bakteri yang berkembang di talenan kayu lebih sedikit dibandingkan dengan bakteri yang ada di talenan plastik. Talenan kayu yang dirawat dengan baik juga bisa awet digunakan hingga bertahun-tahun.

Pada artikel ini, kami akan memaparkan cara memilih talenan kayu yang tepat dilihat dari jenis kayu, ketebalan, dan arah serat kayu. Setelah itu, kami akan merekomendasikan produk-produk talenan kayu terbaik, seperti merek IKEA, Oxone, dan Mendekor yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Ranny Afandi
Istianah (HM Zwan)
  • Pembaharuan terakhir: 01 Februari 2021
Daftar isi

Cara memilih talenan kayu

Setiap talenan kayu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung dari jenis kayu yang digunakan. Memilih talenan kayu sembarangan malah bisa membuat pisau Anda tumpul atau membuat bahan makanan terkontaminasi bakteri. Karena itu, jadikanlah penjelasan di bawah ini sebagai acuan untuk memilih talenan kayu terbaik!

Pilihlah talenan sesuai jenis kayu yang digunakan

Kayu pinus, kayu beech, kayu jati, dan kayu mahoni adalah empat jenis kayu yang sering dimanfaatkan menjadi talenan. Perhatikan dan bandingkanlah karakteristik keempat kayu tersebut.

Kayu pinus, bertekstur halus dan harganya terjangkau

Kayu pinus, bertekstur halus dan harganya terjangkau

Kayu pinus cukup populer dijadikan talenan karena tekstur permukaannya yang halus. Anda jadi tak perlu khawatir tangan akan tergores saat menggunakan talenan dari kayu pinus. Selain itu, talenan ini juga mudah didapatkan dan harganya pun sangat terjangkau.


Akan tetapi, kayu pinus tidak tahan di suhu lembap. Jika tidak segera dikeringkan setelah dicuci, talenan akan cepat berjamur dan menimbulkan bakteri. Karena itu, Anda harus ekstra hati-hati ketika menggunakan talenan ini.

Kayu beech, berwarna terang dan dapat mempercantik interior dapur

Kelebihan dari talenan kayu beech adalah cukup kuat terhadap air dan tahan lama. Namun, ketahanan kayu beech terhadap kelembapan cukup rendah sehingga tidak disarankan untuk ditinggalkan di bak cuci piring.

Selain itu, kayu beech termasuk kayu yang tidak berbau dan berdebu sehingga sangat aman untuk digunakan sebagai alas memotong makanan. Warna kayunya yang cenderung terang juga dapat mempercantik interior dapur Anda.

Kayu jati, kuat dan tahan lama

Kayu jati, kuat dan tahan lama

Siapa tak kenal kayu jati? Kayu yang satu ini memang lazim digunakan sebagai bahan furnitur karena kualitasnya yang sangat baik, kuat, dan tahan lama. Lapisan kayu jati mengandung minyak alami sehingga membuatnya tahan terhadap air. Selain itu, talenan kayu jati juga bersifat antibakteri dan tidak mudah lapuk.


Talenan yang terbuat dari kayu jati tentunya sangat kokoh dan cukup berat, sehingga stabil saat digunakan dan tidak mudah bergeser. Karakter serat kayu dan warnanya yang menawan membuat talenan kayu jati cocok dijadikan alas makan unik.

Kayu mahoni, memiliki serat yang lurus dan halus

Kayu mahoni, memiliki serat yang lurus dan halus

Kayu mahoni memiliki serat kayu yang lurus dan halus. Kayu mahoni juga cukup kuat dan keras, meski tidak sekuat kayu jati. Kayu ini memiliki tampilan yang khas dengan warnanya yang kemerahan dan mengilap ketika dipoles. Harga kayu mahoni terbilang cukup terjangkau daripada kayu jati, jadi talenan dari kayu mahoni juga tidak terlalu mahal. 

Periksalah metode pengolahannya

Proses pengolahan dan pemotongan kayu, apakah itu kayu solid maupun laminasi, memengaruhi kualitas talenan yang dihasilkan. Karena itu, Anda perlu memperhatikan masalah ini sebelum memilih talenan.

Kayu solid, untuk talenan yang tahan lama

Kayu solid, untuk talenan yang tahan lama

Salah satu kelebihan menggunakan talenan kayu adalah awet dan bisa digunakan dalam waktu lama. Anda mungkin akan membuang talenan plastik jika permukaannya sudah banyak goresan dan tidak bisa lagi dibersihkan. Namun, jika menggunakan talenan kayu, permukaan yang tergores bisa dibuat menjadi mulus kembali dengan cara mengikirnya.


Talenan kayu yang paling tahan lama adalah yang terbuat dari kayu solid atau kayu utuh. Talenan yang terbuat dari kayu laminasi seperti plywood cenderung mudah patah, terutama di bagian sambungannya. Karena itu, untuk Anda yang mengutamakan daya tahan, kami merekomendasikan kayu solid.


Tidak semua produsen menuliskan keterangan tentang jenis kayu solid dan laminasi ini. Maka dari itu, lihatlah tepian talenan. Pada talenan kayu laminasi biasanya terdapat lapisan karena bagian tengah dan permukaannya terbuat dari jenis kayu yang berbeda. Jika Anda ingin talenan dari kayu solid, pastikan produk tersebut tidak memiliki lapisan kayu yang berbeda.

Cek arah serat kayu

Cek arah serat kayu

Talenan dari satu jenis kayu yang sama belum tentu menghasilkan karakter yang sama pula. Penempatan mata gergaji saat proses pemotongan batang kayu memengaruhi arah serat kayu yang dihasilkan. Arah serat kayu terbagi menjadi dua, yaitu serat lurus (straight grain) dan serat miring (cross grain). Arah serat yang paling disarankan untuk talenan adalah arah serat lurus.


Batang kayu (logs) yang dipotong vertikal searah cincin tahunan (annual rings) akan menghasilkan talenan yang indah. Keindahan tersebut dihasilkan oleh pola cincin tahunan yang tampak pada permukaan talenan. Sebaliknya, kayu yang dibelah secara horizontal melewati garis pusat logs akan menghasilkan serat miring yang gampang melengkung dan retak. Karena itu, talenan berserat lurus cocok dijadikan talenan karena tidak mudah melengkung.


Akan tetapi, talenan yang dipotong dengan arah serat lurus jarang ditemukan sehingga harganya mahal. Jika Anda menginginkan talenan murah dan berkualitas, pilihlah talenan dari kayu solid berserat miring dengan ketebalan 3 cm atau lebih. Meskipun seratnya miring, kayu solid tidak mudah melengkung. Selain itu, serat miring juga lebih lembut daripada serat lurus sehingga pisau juga tidak mudah tumpul.

Sesuaikan ukuran talenan dengan lebar bak cuci piring

Sesuaikan ukuran talenan dengan lebar bak cuci piring

Selanjutnya, hal yang harus Anda perhatikan adalah ukuran talenan. Kami menyarankan Anda memilih talenan kayu yang besar dan lebar. Memotong ikan yang besar atau sayuran tentu akan sulit jika dipotong di atas talenan yang kecil. 


Namun, talenan yang terlalu lebar juga menyulitkan pencucian dan pengeringannya. Karena itu, lebar vertikal dari bak cuci piring di rumah Anda bisa dijadikan acuan ketika memilih ukuran talenan. Apabila Anda memilih talenan yang lebarnya pas dengan lebar bak, proses pencucian pun jadi lebih mudah.


Selain itu, ketebalan talenan yang kami sarankan adalah 2,5—3 cm. Talenan yang ketebalannya hanya 1,5 cm memang ringan, tetapi mudah menipis dan melengkung. Apabila Anda tetap menginginkan talenan yang ringan, pastikan produk tersebut tidak mudah melengkung.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

DekayuTalenan Toraja

Mulai dari Rp 77.000,00

Spesialis
mybest

BrewsuniqTeak Wooden Serving Board W Handle 40.5 x 16.2cm

Mulai dari Rp 135.000,00

10 Rekomendasi talenan kayu terbaik

Berikut adalah rekomendasi produk-produk talenan kayu terbaik pilihan kami untuk Anda. Pilihlah talenan kayu yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

10
Ukuran (panjang x lebar x tebal)28 x 18 x 1,5 cm
Berat0,51 kg
BahanKayu beech
Jenis kayuSolid
9
Ukuran (panjang x lebar x tebal)30 x 22 x 2,5 cm
BeratTidak ada keterangan
BahanKayu pinus
Jenis kayuSolid
8
Ukuran (panjang x lebar x tebal)38 x 27 x 2,2 cm
Berat1,57 kg
BahanKayu beech
Jenis kayuSolid
7

MaximTools Papan Telenan Kayu / Cutting Board

Mulai dari Rp 148.000,00

Ukuran (panjang x lebar x tebal)34 x 23,5 x 1,8 cm
BeratTidak ada keterangan
BahanKayu karet
Jenis kayuTidak ada keterangan
6

HomelandRube Flat Bread Cutting Board / Talenan Kayu

Mulai dari Rp 93.000,00

Ukuran (panjang x lebar x tebal)38 x 20 x 2 cm
BeratTidak ada keterangan
BahanKayu karet
Jenis kayuTidak ada keterangan
5

Cooks HabitPapan Potong VIP Mahogany

Mulai dari Rp 109.900,00

Ukuran (panjang x lebar x tebal)43 x 30 x 1,5 cm
Berat0,83 kg
BahanKayu mahoni
Jenis kayuTidak ada keterangan
4
Ukuran (panjang x lebar x tebal)35 x 18 x 2 cm
BeratTidak ada keterangan
BahanKayu jati
Jenis kayuTidak ada keterangan
3

Cooks HabitKayu Suwar Cutting Board

Mulai dari Rp 207.000,00

Ukuran (panjang x lebar x tebal)32 x 20 x 2 cm
BeratTidak ada keterangan
BahanKayu suar
Jenis kayuTidak ada keterangan
2
Ukuran (panjang x lebar x tebal)30 x 20 x 2 cm
BeratTidak ada keterangan
BahanTidak ada keterangan
Jenis kayuSolid
1

OxoneBamboo Board with Metal Tray

OX-614

Mulai dari Rp 440.000,00

Ukuran (panjang x lebar x tebal)40 x 25 x 4 cm
Berat3 kg
BahanBambu
Jenis kayuTidak ada keterangan

Tabel perbandingan produk talenan kayu terbaik

Gambar produk
1
Oxone Bamboo Board with Metal Tray 1

Oxone

2
Mendekor Parak (Talenan) 1

Mendekor

3
Cooks Habit Kayu Suwar Cutting Board 1

Cooks Habit

4
Mendekor Sentani (Talenan) 1

Mendekor

5
Cooks Habit Papan Potong VIP Mahogany  1

Cooks Habit

6
Homeland Rube Flat Bread Cutting Board / Talenan Kayu 1

Homeland

7
Maxim Tools Papan Telenan Kayu / Cutting Board 1

Maxim

8
IKEA PROPPMÄTT 1

IKEA

9
Setia Talenan Kayu 1

Setia

10
IKEA SMASKIGA 1

IKEA

Nama produk

Bamboo Board with Metal Tray

Parak (Talenan)

Kayu Suwar Cutting Board

Sentani (Talenan)

Papan Potong VIP Mahogany

Rube Flat Bread Cutting Board / Talenan Kayu

Tools Papan Telenan Kayu / Cutting Board

PROPPMÄTT

Talenan Kayu

SMASKIGA

Keunggulan

Hasil potongan tertampung rapi di tray

Karena ada kaki di bagian bawah, memotong jadi makin nyaman

Menampilkan warna asli kayu yang indah

Yuk, percantik dapur dengan menggantung talenan di dinding!

Memudahkan Anda memotong ikan dan sayur ukuran besar

Talenan antibakteri yang aman untuk memotong roti

Mudah dibawa-bawa berkat adanya handel

Pinggirannya yang melengkung cegah cairan sisa potongan mengotori meja

Sajikan piza buatan Anda dengan talenan bulat ini

Praktis! Dilengkapi lubang untuk menggantung setelah digunakan

Harga mulai dariRp 440.000,00Rp 139.000,00Rp 207.000,00Rp 129.000,00Rp 109.900,00Rp 93.000,00Rp 148.000,00Rp 199.000,00Rp 34.000,00Rp 79.900,00
Ukuran (panjang x lebar x tebal)40 x 25 x 4 cm30 x 20 x 2 cm32 x 20 x 2 cm35 x 18 x 2 cm43 x 30 x 1,5 cm38 x 20 x 2 cm34 x 23,5 x 1,8 cm38 x 27 x 2,2 cm30 x 22 x 2,5 cm28 x 18 x 1,5 cm
Berat3 kgTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan0,83 kgTidak ada keteranganTidak ada keterangan1,57 kgTidak ada keterangan0,51 kg
BahanBambuTidak ada keteranganKayu suarKayu jatiKayu mahoniKayu karetKayu karetKayu beechKayu pinusKayu beech
Jenis kayuTidak ada keteranganSolidTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganSolidSolidSolid
Tautan produk

Baca juga rekomendasi pisau dapur di sini

Benda lain yang wajib ada di dapur untuk mengolah bahan makanan tentunya adalah pisau dapur. Pisau yang tepat akan memudahkan Anda ketika memotong sayur, bumbu, daging, ikan dan lainnya. Banyak produk pisau dapur dijual di pasaran dengan harga dan kualitas yang beragam. Rekomendasi kami mengenai produk-produk pisau dapur terbaik sudah kami ulas di artikel lain. Jika Anda penasaran pisau dapur mana yang terbaik untuk digunakan, silakan klik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Fungsi dari talenan kayu kini mulai meluas. Tak hanya sebagai alas untuk memotong, talenan juga digunakan sebagai hiasan dan piring saji. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda menemukan talenan kayu yang pas untuk Anda.

Jangan lupa bahwa talenan kayu juga perlu dirawat agar selalu higienis dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Jadi, apakah Anda sudah menentukan talenan kayu yang terbaik untuk Anda?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Akhir-akhir ini, penggunaan wajan keramik sudah makin populer. Wajan yang awalnya populer di Korea ini digemari karena bahannya yang lebih aman dan tidak mengganggu kesehatan. Menumis dan menggoreng menggunakan wajan keramik membuat masakan jadi cepat matang secara merata. Itulah sebabnya Anda perlu mempertimbangkan untuk memilikinya di dapur rumah.Jika Anda mencari wajan keramik, Anda akan menemukan beberapa merek, seperti Maxim, Yoshikawa, dan masih banyak lagi. Sebelum membelinya, sebaiknya ketahui dahulu manfaat menggunakan wajan keramik dan bagaimana tips memilih wajan keramik yang bagus. Yuk, simak artikel ini.
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kompor gas portable memiliki bentuk mini sehingga penggunaannya dikenal praktis. Saat sedang camping, Anda dapat mengandalkan kompor ini. Cara menyalakan kompor gas portable pun mudah. Meskipun demikian, Anda perlu menggunakan produk yang bagus agar terhindar dari bahaya gas meledak.   Kali ini, kami akan memperkenalkan kepada Anda cara memilih kompor gas portable terbaik sebagai panduan memilih. Kami juga akan merekomendasi produk terbaik kompor gas portable, seperti Miyako, Rinnai, Cosmos, dan lainnya. Produk-produk tersebut bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memilh. Pilihlah produk yang awet dengan harga yang cocok di kantong Anda!
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Grill Pan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Grill Pan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jenis makanan yang dipanggang, seperti ikan bakar, satai, atau steak, memang menjadi salah satu yang banyak digemari. Jika Anda ingin membuat jenis makanan ini di rumah, Anda membutuhkan wajan panggang atau grill pan. Berbagai merek grill pan yang bagus, di antaranya Maxim, IKEA, dan Happycall berlomba menawarkan grill pan terbaik. Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi grill pan untuk Anda miliki. Tak ketinggalan, kami juga akan menjelaskan fungsi dan kegunaan grill pan, serta cara menggunakan grill pan yang benar. Simak baik-baik hingga akhir, ya!
    Peralatan masak
  • 10 Frying Pan Set Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Frying Pan Set Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Apabila Anda hobi memasak, memiliki satu set frying pan akan menjadi kepuasan tersendiri. Selain mempercantik interior dapur, frying pan set bisa disimpan dengan lebih rapi dan ringkas. Namun, banyaknya produk set frying pan yang bagus mungkin membuat Anda bingung saat memilih.Di artikel ini kami akan mengulas cara memilih frying pan set terbaik. Selain itu, kami juga akan mengulas sepuluh set frying pan yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli. Ada produk set dari merek Bolde, Maxim, dan Oxone. Artikel ini sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy.
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Food Chopper Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Food Chopper Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu hal yang merepotkan saat memasak yaitu mencincang sayuran dan daging ataupun menghaluskan bumbu. Namun, kini telah hadir food chopper alias alat penggiling bumbu dapur dan bahan makanan yang akan memudahkan Anda. Dengan beragam fungsi, desain, dan cara penggunaan, Anda mungkin akan bingung dalam memilih food chopper yang bagus. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih food chopper. Kami juga akan mengulas food chopper yang banyak diminati dari merk Baby Safe, Tupperware, Slap Chop, freemir, dan lainnya. Pilihlah food chopper yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Parutan Kelapa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Parutan Kelapa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apa itu mesin parut kelapa? Bisa jadi pertanyaan tersebut muncul dalam benak Anda. Parutan kelapa adalah alat yang berfungsi untuk menghaluskan kelapa. Ada dua tipe parutan kelapa, yakni yang dioperasikan dengan mesin/menggunakan listrik dan manual. Berbeda cara mengoperasikannya, tentu saja berbeda pula kuantitas kelapa yang dihasilkan.Pada kesempatan ini, kami akan mengulas produk parutan kelapa yang bagus, seperti merek Bison, Maxim, dan sebagainya. Selain harga yang bervariasi, ukuran parutan kelapa juga beragam. Bila Anda sedang mencari parutan kelapa, artikel ini kami hadirkan untuk Anda. 
    Peralatan masak
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori