• 10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Talenan Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Apakah Anda menggunakan talenan kayu saat memotong bahan makanan? Jika ya, berarti pilihan Anda sudah tepat. Menurut penelitian, bakteri yang berkembang di talenan kayu lebih sedikit dibandingkan dengan bakteri yang ada di talenan plastik. Talenan kayu yang dirawat dengan baik juga bisa awet digunakan hingga 10 tahun.

Pada artikel ini, kami akan memaparkan cara memilih talenan kayu yang tepat dilihat dari jenis kayu, ketebalan, dan arah serat kayu. Setelah itu, kami akan merekomendasikan 10 talenan kayu terbaik yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 2.237 Views
Daftar isi

Cara memilih talenan kayu

Setiap talenan kayu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung dari jenis kayu yang digunakan. Memilih talenan kayu sembarangan malah bisa membuat pisau Anda tumpul atau membuat bahan makanan terkontaminasi bakteri. Oleh karena itu, jadikanlah penjelasan di bawah ini sebagai acuan untuk memilih talenan kayu terbaik!

Kayu jenis apakah yang paling direkomendasikan?

Kayu pinus, kayu beech, kayu jati, dan kayu mahoni adalah empat jenis kayu yang sering dimanfaatkan menjadi talenan. Perhatikan dan bandingkanlah karakteristik keempat kayu tersebut.

Kayu pinus yang mulus

Kayu pinus yang mulus
Kayu pinus cukup populer dijadikan talenan karena teksturnya yang halus. Anda tak perlu khawatir tangan Anda akan tergores saat menggunakan talenan dari kayu pinus. Talenan ini mudah didapatkan dan harganya pun sangat terjangkau.
Akan tetapi, kayu pinus tidak tahan di suhu lembap. Jika tidak segera dikeringkan setelah dicuci, talenan akan cepat berjamur dan menimbulkan bakteri. Karena itu, Anda harus ekstra hati-hati ketika menggunakan talenan ini.

Kayu beech yang lembut

Kayu beech yang lembut
Kelebihan dari talenan kayu beech adalah permukaannya yang lembut terhadap pisau, sehingga pisau tidak cepat tumpul. Ketahanan kayu beech terhadap kelembapan juga cukup kuat sehingga mencegah timbulnya bakteri pada talenan. Selain itu, kayu beech termasuk kayu yang tidak berbau dan berdebu, sehingga sangat aman untuk digunakan sebagai alas memotong makanan.

Kayu jati yang kuat

Kayu jati yang kuat
Siapa tak kenal kayu jati. Kayu yang satu ini memang lazim digunakan sebagai bahan furniture karena kualitasnya yang sangat baik dan tidak mudah keropos. Pada suhu lembap, daya tahan kayu ini sangat baik, bahkan tahan terhadap serangan rayap.
Talenan yang terbuat dari kayu jati tentunya sangat kokoh dan cukup berat, sehingga stabil saat digunakan dan tidak mudah bergeser. Karakter serat kayu dan warnanya yang menawan, membuat talenan kayu jati cocok dijadikan alas makan unik.

Kayu mahoni yang antibakteri

Kayu mahoni yang antibakteri
Saat menggunakan talenan, biasanya goresan pisau akan tertinggal pada talenan. Goresan tersebut dapat menjadi tempat bakteri berkembang biak. Namun, tidak perlu khawatir sebab talenan kayu mahoni mampu meminimalisir hal tersebut. Seratnya yang padat dan halus menjadikan talenan kayu mahoni tidak mudah tergores pisau.
Kayu yang banyak terdapat di iklim tropis seperti di Indonesia ini memiliki senyawa antibakteri. Talenan kayu mahoni juga cukup tahan terhadap suhu lembap dan tidak mudah berjamur.

Periksalah metode pengolahan kayu untuk talenan

Proses pengolahan dan pemotongan kayu, apakah itu kayu solid ataupun kayu laminasi, mempengaruhi kualitas talenan yang dihasilkan. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan masalah ini sebelum memilih talenan.

Kayu solid untuk talenan yang tahan lama

Kayu solid untuk talenan yang tahan lama
Tidak semua talenan terbentuk dari satu kayu utuh atau kayu solid. Ada pula talenan yang terbuat dari beberapa lapisan kayu yang disebut dengan kayu laminasi. Jika Anda menginginkan talenan kayu yang awet, pilihlah talenan yang terbuat dari kayu solid. Sebab, talenan yang terbuat dari kayu laminasi cederung lebih mudah patah.
Apabila saat memilih talenan tidak terdapat keterangan apakah kayu tersebut terbuat dari kayu solid atau kayu laminasi, lihatlah tepian talenan kayu. Talenan dari kayu laminasi akan terlihat ada sambungan di bagian pinggirnya. Sambungan kayu dari talenan tersebut biasanya berasal dari material yang berbeda-beda.

Arah serat kayu melengkung seperti pelangi, ramah bagi mata pisau

Arah serat kayu melengkung seperti pelangi, ramah bagi mata pisau
Talenan dari satu jenis kayu yang sama belum tentu menghasilkan karakter yang sama pula. Penempatan mata gergaji saat proses pemotongan batang kayu sangat mempengaruhi arah serat kayu yang dihasilkan. Papan kayu yang paling disarankan untuk talenan adalah papan kayu dengan serat kayu melengkung.
Kayu yang dipotong horizontal searah cincin tahunan pohon akan menghasilkan talenan yang indah karena permukaan cincin tahunan pohon tampak pada permukaan talenan. Jika batang kayu dipotong vertikal melawan arah cincin tahunan pohon, kayu yang dihasilkan mudah bengkok dan permukaan talenan jadi tidak rata.
Akan tetapi, talenan dengan metode pemotongan kayu horizontal searah cincin tahunan pohon, harganya sangat mahal karena cukup langka. Oleh karena itu, jika Anda menginginkan talenan murah dan berkualitas, alternatifnya Anda bisa memilih talenan dari kayu solid dengan ketebalan 3 cm atau lebih. Talenan yang terbuat dari kayu solid cenderung lebih awet dan kuat dibandingkan dengan talenan yang terbuat dari kayu laminasi. Selain itu, permukaan pada kayu solid lebih lembut daripada kayu laminasi sehingga sangat ramah terhadap mata pisau.

Pilihlah ukuran talenan sesuai lebar wastafel

Pilihlah ukuran talenan sesuai lebar wastafel
Ketika Anda berpikir hendak membeli talenan, sebaiknya Anda membeli talenan berukuran selebar mungkin. Memotong ikan besar dan sayuran akan sulit dilakukan pada talenan kecil, bukan?
Akan tetapi, memilih ukuran talenan dengan mempertimbangkan bagaimana perawatannya adalah pilihan yang cerdas. Talenan perlu dicuci dan dikeringkan di atas wastafel. Oleh karena itu, lebar vertikal wastafel di rumah Anda bisa dijadikan acuan memilih ukuran talenan.
Ketebalan talenan disarankan yang berukuran 2,5 sampai 3 cm. Talenan yang ketebalannya 1,5 cm memang ringan, tetapi tidak nyaman digunakan dan dikhawatirkan permukaannya mudah melengkung. Pertimbangkan kembali jika Anda masih menginginkan talenan dengan ketebalan 1,5 cm.

10 Rekomendasi talenan kayu terbaik

Berikut adalah 10 rekomendasi talenan kayu terbaik pilihan kami untuk Anda. Pilihlah talenan kayu yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

10. Talenan Kayu Pinus 34 x 17,5 cm

Rp 12.500,00

9. Talenan Kayu Model Hati

Rp 65.000,00

8. MMS Talenan Kayu dengan Tali

Rp 46.530,00

7. L’atelier Moderne Talenan Kayu Mahoni

Rp 1.914.220,00

6. Waris Talenan Kayu Dekorasi

Rp 199.000,00

5. Talenan Kayu Jati Besar

Rp 950.000,00

4. Homeland Rube Flat Bread Cutting Board

Rp 77.000,00

3. Uchii Redwood Chopping Board

Rp 244.300,00

2. Ikea Lamplig Talenan Kayu Beech Ukuran 46 x 53 cm

Rp 438.000,00

1. Ikea Proppmatt Talenan Kayu Beech Ukuran 30 x 15 cm

Rp 156.000,00

Tips merawat talenan kayu agar tahan lama

Untuk mempertahankan daya guna talenan kayu, cuci dan keringkanlah talenan dengan benar setelah selesai digunakan. Setelah itu, sangat disarankan meletakkan talenan kayu pada stand khusus. Meletakkan talenan kayu yang belum kering sepenuhnya dapat memicu timbulnya jamur dan bakteri. Stand talenan kayu saat ini bisa dipasang di dinding dapur sehingga memudahkan Anda dalam merawat talenan kayu.

Kesimpulan

Fungsi dari talenan kayu kini mulai meluas. Tak hanya sebagai alas untuk memotong, tetapi talenan juga digunakan sebagai hiasan dan piring saji. Apapun tujuan Anda menggunakan talenan kayu, jenis kayu perlu diperhatikan untuk memastikan talenan yang Anda gunakan bebas dari bakteri. Jika Anda tidak menemukan informasi mengenai jenis kayu talenan yang akan Anda beli, tanyakanlah kepada penjual.
Kami harap artikel ini dapat membantu Anda menemukan talenan kayu yang pas untuk Anda. Jangan lupa bahwa talenan kayu juga perlu dirawat agar selalu higienis dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Sabun Cuci Piring Terbaik yang Ampuh Bersihkan Minyak (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Cuci Piring Terbaik yang Ampuh Bersihkan Minyak (Terbaru Tahun 2020)
    Banyak yang bilang mencuci piring adalah pekerjaan rumah yang paling merepotkan. Oleh karena itu, kini banyak tersedia berbagai produk sabun cuci piring yang bisa membantu menghilangkan minyak, bakteri, dan bau membandel pada alat makan Anda. Di antaranya ada Sunlight, Mama Lemon, SOS, atau lainnya.Apakah Anda sudah tahu ingin memilih yang mana? Kali ini kami akan membantu Anda memilih sabun cuci piring serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Temukan produk yang akan memudahkan Anda mencuci piring sehingga tidak ada lagi stres akibat pekerjaan rumah!
    Peralatan dapur
    3.369 Views
  • 10 Rekomendasi Peeler (Alat Pengupas Kulit Buah dan Sayur) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Peeler (Alat Pengupas Kulit Buah dan Sayur) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pengupas kulit buah dan sayur dapat kita gunakan untuk menghemat waktu sewaktu melakukan kegiatan pengupasan, dibandingkan dengan menggunakan pisau dapur biasa. Dapat dikatakan, pengupas kulit buah dan sayur merupakan salah satu inovasi dalam kegiatan masak-memasak.Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan 10 buah pengupas kulit buah dan sayur yang kami rekomendasikan, serta cara memilih peeler yang baik. Mari simak produk-produk pilihan yang kami sajikan untuk Anda.
    Peralatan dapur
    1.861 Views
  • 10 Rekomendasi Sendok Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sendok Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sendok kopi merupakan item penting saat hendak menyeduh kopi. Sesuai namanya, alat ini digunakan untuk menakar kopi. Namun, sendok ini juga dapat digunakan untuk menakar susu, gula, tepung, dan sebagainya. Terdapat beragam jenis sendok kopi di pasaran, mulai dari yang berbahan kayu sampai besi.Sekarang, kami akan menjabarkan tips memilih sendok kopi dan sepuluh rekomendasi sendok kopi terbaik berdasarkan harga, kemudahan penggunaan, review, serta berbagai poin lainnya. Takaran pas adalah kunci utama untuk membuat kopi nikmat, karena itu milikilah sendok kopi yang tepat!
    Peralatan dapur
    2.626 Views
  • 10 Rekomendasi Teko Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Teko Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Teko kopi akan memudahkan Anda menikmati kopi di rumah. Saat ini, banyak teko kopi yang dijual dengan berbagai macam bentuk dan bahan baku. Sekilas hal yang membedakan satu produk dengan produk lainnya adalah bentuk cerat, gagang, pegangan, dan lain sebagainya. Namun, bagaimanakah memilih teko kopi yang baik?Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi teko kopi terbaik. Anda akan menemukan beragam teko kopi berkualitas keluaran Bonavita, Hario, dan sebagainya dalam artikel ini. Selamat membaca dan memilih teko kopi favorit Anda!
    Peralatan dapur
    1.809 Views
  • 10 Rekomendasi Cetakan Muffin Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cetakan Muffin Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat ingin membuat muffin, Anda memerlukan cetakan muffin. Dilihat dari bahan dan bentuknya, ada banyak jenis cetakan muffin yang dijual di pasaran. Mulai dari cetakan berbahan baja hingga bahan silikon berwarna-warni dengan berbagai kelebihannya. Jika Anda masih bingung untuk memutuskan cetakan muffin yang harus dibeli, kami akan membagikan tips memilih untuk Anda. Ulasan rekomendasi produk terbaik dari IKEA dan Berlinger Haus juga akan kami bagikan di artikel ini. Ayo, buat muffin lezat dengan bentuk yang cantik untuk mengisi waktu luang Anda!
    Peralatan dapur
    1.097 Views
  • 10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda tertarik dengan pola hidup sehat, bisa dimulai dengan membeli peranti elektronik slow juicer. Anda bisa membuat jus tanpa campuran air sehingga kandungan gizinya masih terjaga. Dengan begitu, Anda akan memperoleh semua nutrisi baik dari buah-buahan.Beberapa produsen terkenal seperti Sharp dan Panasonic telah mengeluarkan produk slow juicer yang bisa Anda pilih. Semua produk pada dasarnya memiliki fungsi sama, tetapi Anda harus cermat dalam memilih. Yuk, mari disimak rekomendasi slow juicer terbaik berikut ini!
    Peralatan dapur
    14.959 Views
  • 10 Rekomendasi Smoothie Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Smoothie Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk Anda yang menerapkan pola hidup sehat ataupun Anda yang sedang diet, tentunya istilah smoothie tidak asing lagi bagi Anda. Produsen alat elektronik rumah tangga ternama seperti Oxone, Sharp, Miyako, dan lainnya, berlomba-lomba meluncurkan produk smoothie blender. Meski banyak smoothie blender berkualitas yang dijual di pasaran, barangkali Anda masih bingung dalam memilihnya. Nah, bagaimana caranya memilih smoothie blender yang tepat? Kami akan memberikan jawabannya beserta dengan 10 rekomendasi produk smoothie blender pilihan kami!
    Peralatan dapur
    2.846 Views
  • 10 Rekomendasi Cetakan Donat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cetakan Donat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Cetakan donat atau doughnut mold adalah alat untuk membantu Anda membuat donat dengan mudah. Meskipun fungsinya sederhana, sebetulnya cetakan donat tersedia dalam berbagai variasi bentuk, material, dan cara penggunaan. Manakah yang pas dengan gaya memasak Anda?Pada artikel kali ini, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Selain itu, kami juga akan memberikan tips memilih cetakan donat yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Membuat donat akan semakin menyenangkan dengan cetakan yang tepat!
    Peralatan dapur
    4.283 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Serut Es Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat Serut Es Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Hidangan penutup dengan es serut, seperti es campur, es buah, es teler, sampai varian yang terbaru, es kepal, banyak sekali digemari. Kalau dessert ini merupakan salah satu favorit Anda maka ice shaver atau ice crusher atau alat serut es menjadi salah satu produk yang wajib melengkapi dapur Anda.Anda dapat memilih alat serut es manual atau elektrik dari merek-merek yang sudah dikenal, seperti Akebonno atau GEA. Agar Anda dapat menentukan pilihan yang tepat, kami akan memberikan tips memilih alat serut es beserta 10 produk pilihan kami yang sayang sekali untuk dilewatkan.
    Peralatan dapur
    2.410 Views
  • 10 Rekomendasi Rantang Terbaik untuk Piknik Bersama Keluarga (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rantang Terbaik untuk Piknik Bersama Keluarga (Terbaru Tahun 2020)
    Saat Anda merencanakan piknik bersama keluarga, pasti Anda juga merencanakan untuk makan siang bersama. Barang yang Anda butuhkan untuk mendukung acara piknik keluarga adalah rantang. Mengapa rantang? Dikarenakan Anda akan membawa banyak menu makanan. Ada berbagai rantang dengan jumlah susun yang berbeda-beda, begitu pula materialnya.Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa merek produk rantang terbaik untuk piknik seperti Tupperware dan Oxone. Namun, sebelum memilih produknya, kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin penting apa saja yang harus Anda perhatikan dalam memilih rantang piknik terbaik. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    1.371 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Jenis wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.Kali ini kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik bagi Anda. Namun, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan dapur
    31.051 Views
  • 10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Hand mixer merupakan salah satu peralatan dapur yang memberi kemudahan untuk mengaduk adonan. Bahkan, banyak ibu yang menggunakannya untuk membuat MPASI si kecil. Berbagai produsen seperti Philips, KitchenAid, Kenwood, dan lainnya meluncurkan produk andalannya masing-masing dengan bermacam harga. Bingung harus pilih yang mana?Kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih hand mixer yang tepat. Lalu, tidak lupa kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Jangan sampai lewatkan ulasan tentang pemakaian hand mixer yang efektif di bagian akhir artikel. Simak selengkapnya dan berkreasilah dengan resep Anda!
    Peralatan dapur
    14.656 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Microwave oven merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membuat roti, kue, toast maupun kue kering. Berbeda dengan oven biasa, pemanasan makanan dengan microwave oven menggunakan gelombang mikro sehingga masakan matang lebih merata. Jika menggunakan oven biasa, masakan lebih matang di bagian pinggirnya.Beberapa merek microwave oven yang terkenal adalah Hitachi, Sharp dan Panasonic. Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa microwave oven dari berbagai merek ternama untuk dibandingkan kualitasnya. Simak ulasan berikut ini dan jadikan pertimbangan Anda sebelum membeli microwave oven.
    Peralatan dapur
    18.478 Views
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Food processor merupakan perkakas dapur multifungsi yang akan mempermudah tugas Anda saat menyiapkan makanan. Tak hanya untuk memotong sayuran dan buah, alat ini juga dapat menggiling daging, menumbuk aneka biji-bijian dan rempah, hingga menguleni adonan.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips tentang cara memilih food processor yang tepat untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan kegunaan food processor secara komprehensif, serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Philips, Oxone, Panasonic, dan merek lainnya. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    14.981 Views
  • 10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan adalah barang penting yang wajib ada di dapur untuk memasak. Oleh karena itu, di pasaran banyak tersedia set frying pan yang menjual beberapa buah sekaligus dalam satu setnya. Namun, banyaknya jenis frying pan dan harga yang ditawarkan dari berbagai merek, seperti IKEA, Oxone, atau Maxim mungkin membuat Anda bingung memilih yang terbaik.Pada kesempatan ini, kami akan memberikan Anda rekomendasi produk frying pan terbaik serta penjelasan mengenai jenis dan fungsi frying pan untuk membantu Anda memilih produk yang sesuai kebutuhan. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    13.242 Views
  • 10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Blender biasa digunakan untuk membuat jus dan menghaluskan makanan. Alat ini termasuk cukup sering digunakan di rumah. Model dan mereknya pun beragam, mulai dari Sharp, Philips, Oxone, dan merek lainnya. Anda mungkin bingung memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, artikel ini akan membahas cara memilih blender dan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Kami juga akan menjelaskan perbedaannya dengan juicer dan food processor. Langsung saja, ya!
    Peralatan dapur
    19.422 Views
  • 10 Rekomendasi Pressure Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pressure Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pressure cooker atau panci presto merupakan alat masak yang menggunakan tekanan untuk menaikkan suhu dan mematangkan makanan lebih cepat. Waktu masak pun jauh lebih singkat, hemat energi, pemanasan bisa lebih merata, dan nutrisi dalam bahan makanan lebih terjaga.Karena keunggulannya, pressure cooker menjadi salah satu peralatan masak yang wajib ada di dapur. Saat ini, berbagai merek, seperti Oxone, Kangaroo, Maxim, dan Fissler juga meluncurkan produk pressure cooker-nya. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai cara memilih pressure cooker dan 10 rekomendasi produknya.
    Peralatan dapur
    2.754 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori