1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Peralatan masak
  6. >
  7. 10 Talenan Kayu Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Talenan Kayu Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Talenan Kayu Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Talenan Kayu Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Talenan Kayu Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Talenan Kayu Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Talenan Kayu Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023)

Talenan kayu adalah landasan untuk memotong bahan makanan yang terbuat dari papan kayu. Talenan biasanya dipakai untuk mempersiapkan makanan, meskipun kadang digunakan untuk menyajikan makanan. Bahan talenan kayu beragam, mulai dari kayu jati, beech, pinus, hingga mahoni.


Kami akan membantu Anda memilih talenan terbaik yang terbuat dari kayu. Beberapa talenan dari merek Maspion, IKEA, Dekornata, Oxone, dan CaTalina ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy. Simak artikel ini sampai habis agar Anda menemukan talenan kayu yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan!
Diperbaharui 09-12-2022
Pakar
Home Cook, Influencer
Mariska Tracy

Mantan wartawan salah satu majalah remaja terbesar di Indonesia ini pernah menulis buku nonfiksi dan fiksi. Mariska juga pernah menjadi content writer di sebuah online travel agent. Setelah menikah, Mariska aktif memasak dan baking. Ia kerap berbagi resep masak dan baking di Instagram melalui foto dan video masak. Dari hobi tersebut, akhirnya Mariska aktif mengikuti aneka lomba fotografi makanan dan lomba memasak. Ia cukup sering pula meraih gelar juara. Mariska kemudian ikut MasterChef Indonesia dan berhasil menjadi finalis di MasterChef Indonesia season 7, hingga menduduki peringkat Top 10. Kini, Mariska aktif menjadi content creator di bidang memasak. Selain aktif berbagi resep, Mariska juga kerap me-review aneka jajanan, aneka produk memasak, cookware, dan aneka peralatan dapur.

Profil Mariska Tracy
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih talenan kayu

Sebelum memutuskan membeli talenan kayu, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal. Jenis kayu, arah serat kayu, dan lebar bak cuci piring adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Agar mendapatkan talenan kayu yang sesuai dengan kebutuhan, simak penjelasan dari kami berikut ini.

① Pilihlah talenan sesuai jenis kayu yang digunakan

Kayu pinus, kayu beech, kayu jati, dan kayu mahoni adalah empat jenis kayu yang sering dimanfaatkan menjadi talenan. Setiap jenis kayu tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Perhatikan dan bandingkanlah karakteristik keempat kayu tersebut!

Kayu pinus, bertekstur halus dan harganya terjangkau

Kayu pinus, bertekstur halus dan harganya terjangkau

Kayu pinus cukup populer dijadikan talenan karena tekstur permukaannya yang halus. Anda jadi tidak perlu khawatir tangan Anda akan tergores saat menggunakan talenan dari kayu pinus ini. Talenan kayu pinus juga mudah didapatkan dan harganya sangat terjangkau.


Selain itu, talenan dari kayu pinus juga warnanya cantik sehingga bisa memperindah dapur. Jenis kayu ini juga cocok untuk memotong bahan apa saja serta tidak mudah berbau.


Akan tetapi, kayu pinus tidak tahan pada suhu lembap. Jika tidak segera dikeringkan setelah dicuci, talenan akan cepat berjamur dan ditumbuhi bakteri. Karena itu, Anda harus ekstra hati-hati ketika menggunakan talenan kayu ini.

Kayu beech, berwarna terang dan dapat mempercantik interior dapur

Kayu beech, berwarna terang dan dapat mempercantik interior dapur
Sumber: ikea.co.id
Selain kayu pinus, ada juga talenan yang terbuat dari kayu beech. Kelebihan dari talenan kayu beech adalah cukup tahan terhadap air dan awet. Selain itu, kayu beech termasuk kayu yang tidak berbau dan berdebu sehingga sangat aman untuk digunakan sebagai alas memotong makanan.

Tidak kalah cantik dari kayu pinus, warna kayu beech yang cenderung terang juga dapat mempercantik interior dapur Anda. Namun, ketahanan kayu beech terhadap kelembapan cukup rendah sehingga disarankan untuk tidak meninggalkannya di bak cuci piring. Meskipun demikian, talenan berbahan kayu beech tidak mudah bau dan bisa untuk alas potong apa aja.

Kayu jati, kuat dan tahan lama

Kayu jati, kuat dan tahan lama

Kayu jati merupakan salah satu kayu yang bagus untuk talenan karena kualitasnya yang baik. Talenan kayu jati punya karakteristik yang kuat, tidak mudah lapuk, dan tahan lama. Karena tahan lama, talenan ini cocok untuk investasi.


Talenan kayu jati juga bersifat antibakteri. Lapisan kayu jati mengandung minyak alami sehingga membuatnya tahan terhadap air.


Kayu jati yang sangat kukuh dan cukup berat membuatnya stabil saat digunakan dan tidak mudah bergeser. Karakter serat kayu dan warnanya yang menawan yang membuat talenan kayu jati cocok dijadikan alas makan unik.

Kayu mahoni, memiliki serat yang lurus dan halus

Kayu mahoni, memiliki serat yang lurus dan halus

Kayu mahoni juga merupakan salah satu bahan talenan kayu yang bagus. Meski tidak sekuat kayu jati, talenan kayu mahoni juga cukup kuat dan keras.


Kayu mahoni memiliki serat kayu yang lurus dan halus. Talenan kayu mahoni memiliki tampilan yang khas dengan warnanya yang kemerahan dan mengilap ketika dipoles. Dari segi harga, talenan kayu mahoni terbilang cukup terjangkau daripada kayu jati.

② Pertimbangkan talenan yang terbuat dari kayu solid

Pertimbangkan talenan yang terbuat dari kayu solid

Salah satu kelebihan dari penggunaan talenan kayu adalah awet dan bisa digunakan dalam waktu lama. Bila dibandingkan dengan talenan plastik yang mudah gores, talenan kayu bisa dikikir supaya kembali mulus. Jika talenan plastik sudah banyak tergores dan sulit dibersihkan, Anda mungkin akan memilih untuk membuangnya.


Talenan kayu yang bagus dan paling tahan lama adalah yang terbuat dari kayu solid atau kayu utuh. Sementara talenan yang terbuat dari kayu laminasi seperti plywood cenderung mudah patah, terutama di bagian sambungannya. Karena itu, untuk Anda yang mengutamakan daya tahan, sangat disarankan memilih talenan yang terbuat dari kayu solid.


Tidak semua produsen menuliskan keterangan tentang jenis kayu solid dan laminasi ini. Maka dari itu, lihatlah tepian talenan. Talenan kayu laminasi biasanya memiliki lapisan karena bagian tengah dan permukaannya terbuat dari jenis kayu yang berbeda.

③ Cek arah serat kayu

Cek arah serat kayu

Talenan dari satu jenis kayu yang sama belum tentu menghasilkan karakter yang sama pula. Penempatan mata gergaji saat proses pemotongan batang kayu memengaruhi arah serat kayu yang dihasilkan. Arah serat kayu terbagi menjadi dua, yaitu:


  • Serat lurus (straight grain), merupakan arah serat yang paling disarankan untuk talenan. Batang kayu (logs) yang dipotong vertikal searah cincin tahunan (annual rings) akan menghasilkan talenan yang indah. Keindahan tersebut dihasilkan oleh pola cincin tahunan yang tampak pada permukaan talenan. Talenan kayu dengan arah serat lurus tidak mudah melengkung sehingga cocok dijadikan talenan.

  • Serat miring (cross grain), untuk Anda yang menginginkan talenan murah dan berkualitas. Kayu yang dibelah secara horizontal melewati garis pusat logs akan menghasilkan serat miring yang gampang melengkung dan retak. Untuk talenan berserat miring, sangat direkomendasikan terbuat dari kayu solid. Meskipun seratnya miring, kayu solid tidak mudah melengkung. Selain itu, serat miring juga lebih lembut daripada serat lurus sehingga pisau juga tidak mudah tumpul.

④ Sesuaikan ukuran talenan dengan lebar bak cuci piring

Sesuaikan ukuran talenan dengan lebar bak cuci piring

Selanjutnya, hal yang harus Anda perhatikan adalah ukuran talenan. Anda sangat disarankan memilih talenan kayu yang besar dan lebar. Memotong ikan yang besar atau sayuran tentu akan sulit jika dipotong di atas talenan yang kecil. 


Namun, talenan yang terlalu lebar juga menyulitkan pencucian dan pengeringannya. Jadi, jangan sampai talenan terlalu besar dan sulit dicuci di bak cuci piring. Karena itu, lebar bak cuci piring di rumah Anda bisa dijadikan acuan ketika memilih ukuran talenan. Apabila Anda memilih talenan yang lebarnya pas dengan lebar bak cuci piring, proses pencucian pun jadi lebih mudah.


Selain itu, ketebalan talenan yang kami sarankan adalah 2,5–3 cm. Talenan yang ketebalannya hanya 1,5 cm memang ringan, tetapi mudah menipis dan melengkung. Apabila Anda tetap menginginkan talenan yang ringan, pastikan produk tersebut tidak mudah melengkung.

10 Rekomendasi talenan kayu terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk talenan kayu terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mariska Tracy.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Indokurnia

Talenan Kayu

Indokurnia Talenan Kayu 1枚目

Solusi talenan kayu dengan harga murah dan berkualitas

2

Wooden Projects

Talenan Kayu Jati

Wooden Projects  Talenan Kayu Jati 1枚目

Awet dan tahan lama dengan bahan dari kayu jati

3

Dadalala

Talenan Kayu Pinus Mini

Dadalala Talenan Kayu Pinus Mini 1枚目

Ukurannya mini dan tersedia dalam beragam bentuk, cocok untuk suvenir pernikahan

4

Dekornata

Wooden Slice 25–30

Dekornata Wooden Slice 25–30 1枚目

Talenan bulat dari batang pohon mahoni yang dipotong utuh melintang

5

Cooks Habit

Papan Potong VIP Mahogany

Cooks Habit Papan Potong VIP Mahogany  1枚目

Memudahkan Anda memotong ikan dan sayur ukuran besar

6

Homeland

Rube Flat Bread Cutting Board

Homeland Rube Flat Bread Cutting Board 1枚目

Talenan antibakteri yang aman untuk memotong roti

7

IKEA

SMASKIGA

IKEA SMASKIGA 1枚目

Praktis! Dilengkapi lubang untuk menggantung setelah digunakan

8

Oxone

Bamboo Board with Metal Tray

Oxone Bamboo Board with Metal Tray 1枚目

Hasil potongan akan tertampung rapi berkat adanya tray

9

CaTalina

Talenan Bulat

CaTalina Talenan Bulat 1枚目

Percantik dapur rumah atau kafe dengan talenan bulat ini

10

Maspion

Maxim Tools Wooden Cutting Board

Maspion Maxim Tools Wooden Cutting Board  1枚目

Dilengkapi lekukan di pinggir untuk meniriskan bahan makanan dari air

Perincian produk
Close
No.1

Solusi talenan kayu dengan harga murah dan berkualitas

Talenan kayu yang satu ini cocok untuk Anda yang sedang mencari talenan murah dan berkualitas. Talenan ini terbuat dari kayu mahoni yang dikenal karena durabilitasnya yang tinggi dalam penggunaannya.


Selain itu, talenan kayu mahoni dari Indokurnia ini memiliki banyak varian ukuran yang bisa Anda pilih. Tersedia juga pilihan talenan dengan lubang dan tanpa lubang yang bisa Anda sesuaikan berdasarkan kebutuhan Anda.

No.2

Wooden Projects Talenan Kayu JatiTL07

Mulai dari Rp80.000,00

Awet dan tahan lama dengan bahan dari kayu jati

Ingin talenan kayu yang awet dan tahan lama? Anda bisa memilih talenan yang terbuat dari kayu jati ini. Kayu jati memiliki kandungan minyak alami yang dapat membuat talenan ini tahan terhadap air. Selain itu, talenan ini juga antibakteri dan tidak mudah lapuk sehingga bisa Anda gunakan dalam jangka waktu yang lama.


Tak hanya itu, kayu yang kukuh membuat talenan kayu jati ini tidak mudah bergeser saat Anda memotong bahan makanan. Warna kayu jati yang menawan dan antik membuat talenan ini juga cocok dijadikan pajangan untuk dekorasi rumah.

No.3

DadalalaTalenan Kayu Pinus Mini

Mulai dari Rp14.800,00

Ukurannya mini dan tersedia dalam beragam bentuk, cocok untuk suvenir pernikahan

Bila Anda sedang mencari kado atau suvernir pernikahan yang bermanfaat untuk rumah tangga, Anda bisa memilih talenan kayu pinus ini. Selain dipakai untuk dekorasi, talenan pinus ini juga bisa digunakan untuk memotong dan menyajikan makanan.


Ukurannya yang mini membuat talenan kayu ini juga cocok dijadikan kado untuk sahabat. Talenan pinus ini juga tersedia dalam beragam bentuk yang tentu dapat mempercantik dapur Anda.

No.4

DekornataWooden Slice 25–30

Mulai dari Rp25.000,00

Talenan bulat dari batang pohon mahoni yang dipotong utuh melintang

Talenan kayu ini terbuat dari kayu utuh batang pohon yang dipotong melintang. Talenan ini memiliki bentuk bulat yang multifungsi karena dapat digunakan sebagai piring, wadah saji, coaster, hingga dekorasi rumah.


Produk ini terbuat dari kayu solid mahoni yang dipoles walnut dan natural food-grade wax agar aman bersentuhan dengan makanan. Selain itu, polesan natural tersebut membuat talenan ini memiliki warna asli kayu mahoni yang alami.

No.5

Cooks HabitPapan Potong VIP Mahogany

Mulai dari Rp149.900,00

Memudahkan Anda memotong ikan dan sayur ukuran besar

Talenan kayu besar ini cocok untuk Anda yang biasa memasak ikan atau sayuran berukuran besar. Panjangnya yang mencapai 43 cm akan memudahkan Anda memotong bahan makanan dalam berbagai ukuran.


Meskipun cukup besar, papan iris ini tergolong ringan karena tidak terlalu tebal. Desainnya yang sederhana pun memudahkan proses pembersihan. Selain itu, talenan kayu ini juga tidak akan membuat pisau Anda cepat tumpul.

No.6

HomelandRube Flat Bread Cutting Board

Mulai dari Rp99.000,00

Talenan antibakteri yang aman untuk memotong roti

Untuk menjaga roti tetap aman dimakan, talenan yang digunakan juga perlu diperhatikan. Talenan kayu dari Homeland ini diciptakan khusus untuk memotong roti. Namun, tidak menutup kemungkinan juga talenan ini digunakan untuk hal lainnya. Anda bisa menggunakan talenan ini sebagai alas untuk menguleni adonan roti.


Sifat kayunya yang antibakteri dan permukaannya yang rata memudahkan Anda memotong roti dengan aman dan nyaman. Gunakanlah talenan kayu ini jika Anda mencari talenan khusus roti higienis yang tidak terkontaminasi bahan masakan lain.

No.7

Praktis! Dilengkapi lubang untuk menggantung setelah digunakan

Bagi Anda yang suka melihat dapur yang rapi, pilihlah talenan yang dilengkapi lubang gantungan seperti talenan kayu ini. Dengan adanya lubang gantungan ini, tidak ada lagi talenan yang berserakan di meja dapur.


Selain untuk memotong bahan masakan, rekomendasi talenan IKEA ini juga dapat digunakan untuk menyajikan makanan. Pencinta produk IKEA juga wajib memiliki talenan kayu yang bagus ini.

No.8

OxoneBamboo Board with Metal TrayOX-614

Mulai dari Rp345.000,00

Hasil potongan akan tertampung rapi berkat adanya tray

Bagi Anda yang ingin memasak dengan rapi dan praktis, sebaiknya memilih talenan kayu berikut ini. Talenan kayu Oxone dilengkapi dengan tray yang dapat menampung hasil potongan Anda.


Tray-nya yang terbuat dari logam bisa dilepas ketika dibersihkan. Hasil potongan bawang, sayur, buah, atau yang lainnya tidak akan tercecer dan dapur selalu rapi. Selain itu, talenan kayu berbahan bambu ini juga dianggap lebih ramah lingkungan.

No.9

Percantik dapur rumah atau kafe dengan talenan bulat ini

Anda sedang mencari talenan yang bagus untuk dekorasi rumah atau kafe? Talenan bulat ini adalah rekomendasi yang sangat pas untuk Anda. Selain untuk memotong bahan makanan, talenan bulat ini juga bisa digunakan untuk menyajikan makanan karena bentuknya yang bulat.


Produk ini terbuat dari kayu mahoni yang memiliki daya tahan tinggi terhadap jamur dan pembusukan. Selain itu, permukaan talenan bulat ini juga halus sehingga tidak berbahaya dan aman untuk Anda gunakan. Talenan bulat ini juga akan mempercantik dapur Anda.

No.10

MaspionMaxim Tools Wooden Cutting Board

Mulai dari Rp344.500,00

Dilengkapi lekukan di pinggir untuk meniriskan bahan makanan dari air

Talenan kayu merek Maxim Tools dari Maspion ini terbuat dari rubber wood yang memiliki permukaan yang halus. Talenan ini dapat digunakan sebagai alas atau tatakan untuk memotong daging, buah, sayur, dan lain-lain.


Talenan Maxim dilengkapi dengan tiga tempat untuk meletakkan hasil potongan dan juga lekukan di pinggir talenan untuk meniriskan kandungan airnya. Tak hanya itu, bagian atas talenan kayu ini juga dilengkapi lubang sehingga bisa digantung di dinding setelah selesai digunakan.

Baca juga rekomendasi peralatan masak lainnya di sini

Selain talenan, kami juga mempunyai banyak rekomendasi peralatan masak, seperti pisau dapur, sendok sayur, dan peralatan dapur dari IKEA. Agar dapur Anda makin lengkap dan cantik, silakan baca rekomendasi peralatan masak dari kami berikut ini.

Kesimpulan

Fungsi dari talenan kayu kini mulai meluas. Tak hanya sebagai alas untuk memotong, talenan juga digunakan sebagai hiasan dan piring saji. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda menemukan talenan kayu yang pas untuk Anda.

Jangan lupa bahwa talenan kayu juga perlu dirawat agar selalu higienis dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Jadi, apakah Anda sudah menemukan talenan kayu terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer