10 Rekomendasi Gendongan Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Gendongan Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Ketika Anda pergi bersama bayi Anda, salah satu kebutuhan yang harus dibawa adalah gendongan bayi. Meskipun sudah ada baby stroller, tetapi kadang bayi lebih nyaman dengan gendongan bayi karena lebih intim dengan orang tuanya. Dekapan ibu memang tempat yang nyaman bagi bayi saat tidur ataupun menangis. Maka dari itu Anda akan sangat membutuhkan gendongan bayi untuk kebutuhan sehari-hari ataupun ketika bepergian.

Artikel ini akan membantu Anda dalam memilih gendongan bayi yang cocok untuk Anda mulai dari jenis, fungsi, dan harganya. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan 10 alat gendong bayi terbaik untuk Anda. Simak ulasan artikel berikut ini ya!

Daftar isi

Tipe gendongan bayi

Secara umum ada dua tipe gendongan bayi yang terkenal. Pertama adalah “carry” dimana Anda dapat memegang dan menahan anggota badan bayi dalam satu pelukan. Lalu tipe yang kedua adalah “sling” dimana Anda memegang dengan merangkul bayi yang seolah-olah seperti terbungkus dalam baju. Mari kita lihat kedua perbedaan dari dua tipe ini.

Tipe carry / pouch

Tipe carry / pouch

Analogi gendongan jenis ini adalah kantong kangguru dengan gendongan bayi berbentuk seperti tas. Bayi Anda dapat diletakkan dalam berbagai posisi, seperti menggendong sambil bertatap muka, bayi menghadap ke depan, ataupun bayi di belakang. Apabila Anda sering melakukan pekerjaan rumah tangga, posisi menggendong bayi di belakang punggung Anda adalah yang terbaik karena kestabilan akan terjaga.

Gendongan bayi tipe carry memiliki desain bisa diikatkan ke pinggang dan bahu. Fungsinya adalah membagi berat bayi pada pinggang dan bahu sehingga tidak bertumpu pada satu titik saja. Jadi tidak akan melelahkan bahu Anda dan mengurangi nyeri di bagian punggung. Namun yang perlu dipertimbangkan ukuran dari tipe carry lebih besar dibandingkan sling, sekalipun kita melipatnya.

Tipe sling

Tipe sling

Menggendong bayi menggunakan tipe sling dapat membuat bayi dalam keadaan terbungkus dengan compact dengan Anda. Keunggulannya adalah lebih hemat tempat, bisa diatur sendiri menyesuaikan dengan kondisi bayi dan lebih stylish tergantung bagaimana selera Anda menggendong bayi. Selain itu lebih memudahkan ibu dalam menyusui bayinya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakannya. Tipe sling harus memperhatikan ukuran dari bayi dan yang menggendongnya. Apabila bayi akan terus bertumbuh tentu ukurannya harus disuaikan lagi karena berat badan dan panjang bayi tidak akan sama sebelumnya. Kekurangan dari tipe ini memang agak merepotkan.

Anda harus menggunakan sling dengan baik dan benar. Apabila Anda menggunakkannya secara tidak benar akan menimbulkan masalah seperti dislokasi sendi panggul bayi, kematian karena lemas dan jatuh. Sebaiknya Anda berlatih terlebih dahulu dengan boneka untuk mendapatkan posisi yang benar.

Cara memilih gendongan

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya mengenai tipe gendongan bayi. Selanjutnya, kami akan menjelaskan bagaimana memilih alat gendong bayi sesuai kebutuhan Anda. Simak ya, bunda!

Tipe yang dianjurkan untuk bayi yang baru lahir

Tipe yang dianjurkan untuk bayi yang baru lahir

Ketika bayi sudah lahir sangat dianjurkan untuk dipeluk dan digendong. Ada beberapa gaya untuk menggendong bayi yang baru lahir. Gaya pertama menempatkan bayi agak ke bawah dan memegangnya miring dengan kedua tangan. Gaya kedua tangan yang satu memegang leher bayi dan tangan yang satu memegang badan bayi sambil berhadapan muka. Keduanya bisa dilakukan, carilah sesuai kenyamanan Anda.

Untuk bayi yang baru lahir, Anda bisa memilih gendongan dari 0-3 tahun. Namun Anda juga dapat memilih gendongan untuk jangka waktu yang cukup lama untuk di atas 3 tahun. Pertimbangannya, karena pertumbuhan bayi cepat dan berat akan semakin bertambah sehingga beban menggendong pun akan bertambah. Anda dapat memilih membeli gendongan untuk jangka waktu yang lama atau membeli dua alat gendong yang berbeda fungsi untuk usia tertentu.

Sesuaikan jenis gendongan Anda

Sesuaikan jenis gendongan Anda

Ada beberapa gaya menggendong bayi yang bisa Anda lakukan. Misalnya menggendong dengan menempatkan bayi di sisi samping kiri atau kanan, menggendong dengan beratatap muka, menggendong dengan bayi dihadapkan ke depan, menggendong dengan menempatkan bayi di pinggang, menggendong dengan cara menggantungkan bayi di alat gendong.

Semua gaya gendongan dapat dilakukan terhadap bayi, namun itu tergantung masing-masing produknya. Ada alat gendong hanya bisa dilakukan dengan satu gaya dan ada yang bisa dilakukan berbagai gaya dalam satu alat gendong. Jadi silahkan Anda pilih dengan cermat, mana alat gendong yang Anda butuhkan ketika sedang menggendong bayi.

Anda harus berhati-hati ketika memeluk dan menggendong bayi yang baru lahir. Gaya memeluk dan menggendong yang disarankan adalah dengan menempatkan bayi di samping atau dengan posisi tegak. Cara-cara dari menggendong akan kami jelaskan pada akhir dari artikel ini.

Pilihlah ukuran alat gendong yang pas di tubuh Anda

Pilihlah ukuran alat gendong yang pas di tubuh Anda

Dalam menggendong bayi, yang akan banyak melakukan adalah ibu. Jadi sangat penting untuk untuk ibu menemukan ukuran yang pas pada alat gendongnya. Namun selain ibu terkadang ayah atau anggota keluarga lainnya ingin menggendong bayi. Jadi sebaiknya ketika membeli alat gendong, pilihlah ukuran yang bisa disesuaikan dengan siapa yang menggendong bayi Anda.

Ada banyak alat gendong yang dijual di pasaran dengan berbagai fungsi dan desain. Sebaiknya ketika akan membeli, bayangkanlah terlebih dahulu alat gendongan tersebut di badan Anda. Apakah fungsi, warna, motif dan ukuran  sudah sesuai serta nyaman untuk Anda. Selain itu, sebisa mungkin pilihlah alat gendong yang bisa dipakai untuk ayahnya atau orang lain.

Bahan yang breathable baik untuk bayi

Bahan yang menyerap keringat

Bayi memiliki suhu tubuh yang lebih tinggi dan lebih mudah berkeringat dibandingkan dengan orang dewasa. Bukan hanya di musim panas saja, di musim dinginpun bayi akan berkeringat. Bahan yang breathable tersebut membuat kulit bayi bisa bernapas dan mengeluarkan uap panas akibat keringatnya. Jika tidak menggunakan bahan yang breathable bayi akan merasa gerah dan sumpek.

Kami merekomendasikan untuk memilih bahan yang dapat menyerap keringat seperti bahan katun. Apalagi jika bayi atau ibu memilki kulit yang sensitif, bahan katun sangat disarankan.

Kemudahan gendongan bayi

Kemudahan gendongan bayi

Kemudahan memasang dan melepas alat gendong merupakan bagian yang penting dalam membeli. Ketika Anda akan membeli sebaiknya mencoba alat gendong tersebut dengan dipasang dan dilepas sendiri. Apakah proses penyesuaian untuk melepas dan memasang itu merepotkan? Atau jika Anda menggendong bayi dengan waktu yang cukup lama akan terasa berat dan tidak nyamankah? Anda harus benar-benar mencoba terlebih dahulu untuk memastikan alat gendong tersebut nyaman untuk dipakai. Selain itu jika Anda ingin membeli secara online sangat disarankan untuk melihat review dari orang-orang yang pernah membeli karena pengalaman mereka bisa menjadi bahan pertimbangan.

Dalam membeli, pastikan alat gendong tersebut mudah untuk dibawa kemana-mana. Dengan ukuran yang tidak besar dan berat, akan lebih mudah untuk Anda memasang dan melepas sendiri. Kemudahan tersebut akan membuat Anda merasa nyaman ketika menggendong bayi.

Waspada akan barang palsu

Waspada akan barang palsu

Banyak alat gendong palsu yang dijual di pasaran. Barang tersebut dijual dengan motif, bentuk dan desain yang sama namun dengan harga yang jauh lebih murah. Jadi Anda harus benar-benar jeli dalam membeli alat gendong yang diinginkan. Dengan memberi barang palsu, tentu saja ada risiko keamanan dalam memakainya seperti bayi cedera.

Maka dari itu, karena sulit membedakan barang yang asli dan palsu sebaiknya Anda langsung membeli ke toko, agen atau situs online resminya.

10 Rekomendasi gendongan bayi terbaik

Setelah membaca jenis dan cara memilih gendongan bayi terbaik, sekarang kami akan merekomendasikan beberapa produk gendongan bayi terbaik untuk Anda. Simak dengan baik ya!

10.  Unggul Jaya Chukin Selendang Jarik Batik

10. Unggul Jaya Chukin Selendang Jarik Batik

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 100.000

Nyaman dengan kain tradisional

Gendongan jarik tradisional ini sudah sangat terkenal di Indonesia sejak zaman dahulu sehingga cocok untuk Anda yang ingin menggendong anak dengan cara tradisional. Gendongan ini biasanya berbahan batik dengan motif yang beraneka ragam. Panjang kain jarik bisa mencapai 2,5 meter hingga 3 meter. Dengan kain yang panjang, Anda bisa menggunakan untuk menggendong bayi di depan dan belakang sesuai selera Anda.

Gendongan jarik ini bisa Anda pakai di rumah ataupun ke acara formal tradisional. Biasanya kain jarik ini berfungsi untuk menidurkan dan memberi makan bayi dengan tipe sling. Walaupun fiturnya tidak selengkap dengan gendongan lain yang ada di pasaran dan harganya tidak terlalu mahal, menggendong dengan kain jarik dengan cara yang benar dan sesuai akan terasa nyaman.

9. Pognae Orga Plus All in One

9. Pognae Orga Plus All in One

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.180.000

Aman, nyaman dan stylish

Produk dari Korea ini menggabungkan hipseat dan carrier. Anda bisa menggunakan carrier, hipseat, ataupun keduanya dan sangat aman untuk semua posisi berdasarkan usia dan pertumbuhan bayi. Jadi Anda yang memprioritaskan keamanan bayi, produk ini cocok untuk Anda karena sangat aman dan nyaman untuk dipakai bersama bayi. Semua material dan fungsi dari gendongannya telah diuji serta tersertifikasi oleh ahlinya.

Dengan bahan 100% katun organik, Anda bayi Anda bisa bernapas dengan tenang, tidak sumpek dan kegerahan. Dilengkapi dengan kantong di bagian depan yang bisa dibuka dan berguna sebagai ventilasi sehingga bayi akan terus merasa dingin. Bagian kantongnnya juga bisa dibolak balik, sehingga Anda bisa memilih menggunakan pattern atau tidak.

8. Baby Sling Mamaway

8. Baby Sling Mamaway

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 790.000

Kain gendongan bayi yang multifungsi

Gendongan ini sangat mudah untuk dibawa kemana-mana, karena bentuknya kecil dan dikemas dalam pouch. Anda akan senang karena bahannya mengandung 100% katun sehingga sangat menyerap keringat. Kain gendongan ini tidak hanya berfungsi sebagai gendongan tetapi bisa juga digunakan menjadi penutup saat menyusui, kain bedong ataupun selimut. Sangat multifungsi bukan?

Jika Anda mencari gendongan tipe sling untuk pemakaian jangka panjang, maka produk ini bisa menjadi pilihan. Produk buatan Taiwan ini sangat aman untuk menahan beban yang cukup berat. Idealnya digunakan dari bayi baru lahir sampai dengan umur 3 tahun. Namun Anda tidak perlu khawatir jika bayi semakin berat karena telah diuji kapasitas bebannya oleh SGS Taiwan yang mampu menahan beban hingga 50 kg.

7. I-Angel Miracle

7. I-Angel Miracle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : 3.000.000

Gendongan bayi dengan 3 function 4 in 1 ways

I-Angel Miracle adalah model gendongan tipe “carry” pertama di dunia yang dilengkapi dengan hipseat dan telah disetujui oleh dokter ahli tulang. Sangat cocok untuk bayi dengan berat badan 0-20 kg. Didesain dengan motif yang lucu dan berbahan katun ringan yang juga tahan air. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan noda dan debu karena akan langsung mudah untuk dibersihkan.

Produk ini cocok untuk Anda yang ingin menggendong bayi dengan variasi gaya agar tidak bosan atau pegal. Didesain dengan 3 function 4 in 1 ways, yakni bisa menggendong dengan menggunakan hipseat-nya saja, dengan hipseat dan carrier, menggunakan soft carrier dengan bagian kaki dilebarkan dan dipersempit. Anda pun dapat menggendong saling berhadapan, dihadapkan keluar, di belakang dan menempatkan bayi di samping. Lengkap bukan?

6. We Made Me Soohu Ultra Lightweight 5 in 1

6. We Made Me Soohu Ultra Lightweight 5 in 1

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.228.000

Gendongan yang sangat ringan

Gendongan yang sangat ringan ini, bisa dipakai sampai umur 2 tahun. Selain itu, gendongan ini sangat cocok untuk dipakai di negara beriklim panas seperti Indonesia. Bahannya terbuat dari 100% katun sehingga tidak membuat bayi merasa panas dan berkeringat. Sangat cocok untuk digunakan sehari-hari baik di indoor maupun outdoor.

Gendongan versi lightweight ini menggunakan kain yang lebih ringan dibandingkan versi classic, namun kualitas dan fungsinya tetap sama. Dengan berbahan ringan, gendongan ini tidak akan memberatkan Anda saat menggendong bayi dalam melakukan aktivitas dan melakukan pekerjaan rumah tangga ataupun lainnya. Sangat membantu untuk Anda yang selalu sibuk beraktivitas namun harus selalu bepergian dengan bayi.

5. Boba 4G Carrier

5. Boba 4G Carrier

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.950.000

Mengutamakan keamanan dan fungsionalitas

Boba Carrier telah mendapat penghargaan dari Parent Tested Parent ApprovedTM karena mengutamakan keamanan dan fungsionalitas untuk penggendong dan bayinya. Gendongan ini mampu menahan beban hingga 20 kg. Didesain dengan bentuk yang ergonomis sehingga Anda bisa melakukan banyak hal dengan tetap menggendong bayi tanpa perlu membahayakannya.

Produk ini cocok untuk Anda yang mempunyai ukuran dan bentuk tubuh yang besar atau kecil sekali. Dibandingkan edisi pendahulunya, Boba Carrier 4G hadir dengan infant insert dan tempat duduk yang lebih besar serta desain yang lebih ergonomis untuk bayi dan Anda. Bukan hanya bayi, tetapi juga untuk Anda karena gendongan ini didesain sangat fleksibel untuk orang dewasa dengan segala bentuk dan ukuran tubuh.

4.  Little Frog Woven Wrap

4.  Little Frog Woven Wrap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : 850.000

Gendongan berbahan kain tenun

Produk ini mengeluarkan gendongan berbahan kain tenun yang terbuat dari 100% kapas organik. Jangan khawatir kain akan melorot saat Anda menggendong karena akan menyesuaikan ukuran tubuh Anda dan bayi. Kain ini akan membungkus Anda dan bayi secara sempurna, sehingga bayi merasa aman dan nyaman karena akan selalu merasa dipeluk. Jadi Anda merasa aman menggendong dan bayi pun nyaman saat digendong.

Gendongan ini sangat cocok untuk Anda yang masih pemula karena menyediakan ring sling yang dapat digunakan untuk menyimpul kain dengan baik. Tersedia beberbagai ukuran yang tergantung dari panjangnya kain. Jadi Anda bisa mengkreasikan berbagai cara menggendong yang nyaman untuk bayi. Fungsi dari kain ini tidak hanya menggendong tetapi bisa digunakan sebagai selimut atau bedong.

3. Baby Bjorn We

3. Baby Bjorn We

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.299.000

Gendongan dengan bahan standar Oeko-Tex 100

Untuk Anda yang memiliki bayi dengan kulit sensitif, cobalah produk ini! Terkadang bayi suka menggigit gendongan di sekitar mulutnya ataupun terdapat ruam merah di kulit karena bahan di gendongan tidak cocok dengan kulitnya. Produk kain ini tidak mengandung zat berbahaya untuk bayi dan telah disertifikasi oleh standar Oeko-Tex 100 kelas satu untuk bayi. Jadi sangat aman digunakan untuk bayi sangat sensitif.

Gendongan ini bisa digunakan dari bayi baru lahir hingga usia 3 tahun. Dilengkapi dengan head support untuk bayi yang masih berusia di bawah 5 bulan. Gendongan ini bekerjasama dengan dokter ortopedi dalam pembuatannya sehingga aman untuk posisi dan struktur tulang bayi.

2. Boba Wrap

2. Boba Wrap

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.921.000

Dapat digunakan oleh bayi prematur

Produk dari USA ini sangat diminati oleh ibu pemula sampai yang sudah mahir dalam menggunakannya. Dirancang dengan tingkat elastisitas yang tepat sehingga sesuai dan sempurna untuk tubuh Anda. Anda juga dapat mengerjakan pekerjaan atau sekedar berjalan-jalan tanpa khawatir bayi akan tidak nyaman. Gendongan ini benar-benar membungkus sempurna.

Gendongan ini dapat digunakan dari usia bayi lahir prematur sampai dengan berat badan 15,9 kg. Ketika menggendong dengan produk ini, bayi akan merasa dipeluk dan didekap erat dekat dengan detak jantung Anda.  Selain itu Anda dapat menyususui bayi tanpa khawatir akan terlihat orang. Jika Anda mempunyai bayi yang sering rewel dan selalu ingin digendong dan didekap, maka produk bisa menjadi pertimbangan untuk dibeli.

1. Ergobaby 4 Positions 360

1. Ergobaby 4 Positions 360

Lihat produk ini Tokopedia

Harga : Ro 2.955.000

Gendongan dengan 4 posisi dan bucket seat

Gendongan tipe “carry” ini sudah sangat populer di kalangan ibu-ibu. Sangat nyaman untuk Anda serta bayi dan dapat dipakai dalam 4 posisi. Anda bisa memakai dengan memeluk bayi secara berhadapan, menghadap ke depan, bisa menempatkan di pinggul dan di belakang. Jangan khawatir dengan kenyamanan kaki bayi Anda, karena di desain dengan bucket seat yang mendukung posisi duduk bayi, pinggul dan tulang belakang yang disarankan.

Anda bisa menggunakan ergobaby ini mulai dari new born sampai dengan umur 3 tahun. Jika bayi masih berumur kurang dari 4 bulan disarankan menggunakan infant insert yang dijual terpisah. Gendongan ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan gendongan dengan beberapa variasi duduk yang aman. Infant insert ini digunakan untuk memberi perlindungan pada tubuh bayi dengan tepat dan mendukung posisinya menjadi lebih tinggi.

Cara menggendong bayi

Berbagai macam cara dalam menggendong terkadang membuat Anda merasa bingung. Mungkin Anda merasa takut salah menggendong yang mengakibatkan cedera pada bayi. Berikut kami akan memberikan referensi beberapa gaya dalam menggendong. Silahkan Anda coba sesuai dengan keaadaan bayi Anda.

Menggendong bayi yang baru lahir (side hold)

Menggendong bayi yang baru lahir (side hold)

Terkadang Anda merasa khawatir menggendong bayi yang baru lahir, karena merasa bagian lehernya masih belum kokoh dan badannya masih kecil sekali. Berbagai opini mengatakan pendapat yang berbeda-beda. Sebagian mengatakan sebaiknya menggendong dengan posisi lateral ataupun sebagiannya lagi mengatakan posisi vertikal. Namun untuk posisi yang aman sebaiknya kita menggunakan posisi side hold pada bayi yang baru lahir.

Menggendong bertatapan muka (vertical lattice)

Menggendong bertatapan muka (vertical lattice)

Posisi gendong seperti ini akan membuat bayi merasa aman dan nyaman. Bayi akan merasa tenang karena merasa dipeluk dekat dengan dada Anda. Selain itu bayi dapat memegang wajah dan melihat Anda selama digendong.

Menghadap depan (hold forward)

Menghadap depan (hold forward)

Ketika bayi dihadapkan ke depan untuk pertama kalinya akan tegang dan merasa takut. Namun setelah beberapa lama bayi akan terbiasa dan senang karena bisa melihat berbagai pemandangan yang dapat dilihatnya.

Menggendong di pinggul (hold your hips)

Menggendong di pinggul (hold your hips)

Menggendong dengan gaya ini memungkinkan bayi dapat melihat sekelilingnya. Andapun masih dapat melihat bagian depan dan kaki bayi, sehingga ketika berjalan-jalan atau naik turun tangga Anda masih bisa memperhatikan dengan tenang tanpa rasa takut.

Menggendong di belakang punggung (piggyback ride)

Menggendong di belakang punggung (piggyback ride)

Menggendong dengan gaya ini sangat memudahkan Anda untuk melakukan aktivitas ataupun pekerjaan rumah tangga. Gaya gendongan ini bisa digunakan untuk bayi yang sudah lebih tua dengan leher yang cukup kokoh. Terkadang bayi suka tertidur dalam gaya gendongan seperti ini. Namun dengan gaya gendongan seperti ini, bayi tidak dapat melakukan banyak hal.

Kesimpulan

Ketika bayi sedang menangis ataupun tidur ingin selalu dipeluk dan digendong. Pelukan yang nyaman di dalam gendongan akan membuat bayi merasa tenang dan nyaman. Gendongan bayi dapat membantu Anda dalam melakukan pekerjaan dan meringankan berat beban bayi saat menggendong.

Bagaimana dengan gendongan yang kita rekomendasikan? Apakah Anda sudah menemukan gendongan yang sesuai dengan kebutuhan? Jangan terjebak dengan peforma penjualan dan popularitasnya saja, tetapi carilah yang sesuai dengan fungsi yang Anda butuhankan. Semoga gendongan tersebut memudahkan hari-hari Anda.