• 10 Gendongan Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Gendongan Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2021)

Gendongan bayi merupakan item yang akan membantu Anda untuk menggendong si kecil. Sekarang ini makin banyak jenis gendongan bayi yang dijual di pasaran. Ada beberapa merk gendongan yang mengeluarkan produk dengan posisi gendongan berbeda, seperti gendongan depan, samping, atau M-shape.

Kali ini kami akan memberikan rekomendasi gendongan bayi dari Ergobaby, BabySafe, I-ANGEL, dan lainnya. Tak lupa, kami juga akan menjelaskan cara memilih gendongan bayi yang tepat. Agar Anda makin yakin dalam memilih, babywearing consultant, Indah Siauw, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Simak sampai selesai, yuk!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Indah Siauw
  • Pembaharuan terakhir: 22 Oktober 2021
  • 62.755 Views
Daftar isi

Profil pakar: Babywearing consultant, Indah Siauw

Profil pakar: Babywearing consultant, Indah Siauw

Indah Siauw merupakan konsultan menggendong bersertifikat yang aktif mengedukasi masyarakat melalui media sosial. Wanita yang akrab disapa Mama Yaya ini adalah pendiri komunitas online Belajar Menggendong. Komunitas ini ditujukan untuk orang tua ataupun calon orang tua yang ingin belajar menggendong dengan aman, nyaman, dan menyenangkan. 


Dengan pengalamannya selama empat tahun di dunia menggendong, ia juga sangat familier dengan berbagai jenis gendongan, baik lokal maupun impor. Mama Yaya bisa mudah dijumpai melalui akun Instagram-nya atau grup Facebook Belajar Menggendong Community.

Gendongan sebagai salah satu komunikasi penting dengan bayi

Gendongan sebagai salah satu komunikasi penting dengan bayi

Dapat mempererat keintiman dengan si kecil merupakan salah satu keunggulan dari gendongan bayi. Selain itu, Anda bisa menghabiskan waktu bersama dengan anak sambil mendekapnya baik di rumah maupun saat bepergian. Waktu bersama anak ini tentunya akan menjadi momen yang tidak akan terlupakan. 


Ada beberapa orang yang berpendapat bahwa sebaiknya anak jangan terlalu sering digendong agar tidak menjadi kebiasaan. Namun, sebenarnya menggendong merupakan salah satu komunikasi penting dengan si kecil. Gendongan bayi menjadi item yang sangat membantu, terutama saat menggendong dalam waktu lama. Jadi, Anda tidak akan mudah lelah.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Menggendong bayi bisa membuat orang tua mampu merespon kebutuhan bayi dengan lebih cepat. Misalnya, ketika bayi menangis karena lapar atau haus, seorang ibu bisa dengan cepat memberikan ASI karena bayi selalu berada dekat dengan dirinya.


Bayi sejatinya memang sangat suka digendong karena sejak di dalam kandungan bayi seperti dalam gendongan. Jadi, menggendong itu menyerupai suasana di dalam rahim. Fase bayi suka digendong ini sangat sebentar, biasanya berlangsung pada tiga bulan pertama kehidupannya atau pada fase the fourth trimester.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gendongan bayi

Memilih gendongan bayi tidak bisa dikatakan mudah. Saat ini sudah tersedia jenis gendongan bayi yang beragam. Jadi, sebelum membeli, perhatikan cara memilih gendongan bayi yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Pilih jenis gendongan bayi berdasarkan cara memakainya

Secara umum ada dua jenis gendongan bayi yang terkenal, jenis buckle carrier dan sling. Perhatikan perbedaan dari kedua jenis tersebut dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Jenis buckle carrier untuk mengurangi lelah saat jalan-jalan

Jenis buckle carrier untuk mengurangi lelah saat jalan-jalan
Ciri khas dari gendongan jenis ini adalah kemampuan menahan beban sekaligus dalam beberapa posisi menggendong. Beberapa produk bisa dipakai untuk menggendong dalam tiga metode hingga lima metode. Kelima metode ini akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah. 

Gendongan bayi jenis buckle carrier ini memiliki tali yang bisa diikatkan di pinggang dan bahu. Alhasil, berat bayi akan terbagi ke pinggang dan bahu sehingga tidak bertumpu pada satu titik saja. Hal tersebut akan mengurangi lelah pada bahu dan nyeri pinggang Anda. 


Namun, karena memiliki fungsi yang cukup banyak, ukuran gendongan ini pun relatif lebih besar dibandingkan jenis sling. Bahkan, jenis ini tetap memakan space meskipun sudah dilipat. Jadi, sebaiknya gunakan gendongan ini pada saat bepergian saja.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Buckle carrier dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni full buckle carrier dan half buckle carrier. Salah satu contoh full buckle carrier adalah jenis SSC (soft structured carrier). Jenis gendongan ini mirip seperti tas ransel. Struktur utamanya terdiri dari body panel, waist pad, shoulder pad, dan chest strap


Kelebihan gendongan ini adalah adanya persebaran tiga titik tumpuan berat, yakni kedua bahu dan pinggang. Dengan begitu, gendongan ini bisa terasa lebih ringan. Umumnya, jenis SSC bisa dipakai untuk dua posisi, yaitu front carry yaitu bayi menghadap penggendong dan back carry atau gendong belakang.

Jenis sling untuk kenyamanan saat menyusui yang mudah digunakan

Jenis sling untuk kenyamanan saat menyusui yang mudah digunakan
Gendongan jenis sling dapat membuat Anda bisa menggendong sambil mendekap si kecil. Tidak seperti jenis buckle carrier, jenis ini tidak memiliki bantal atau penopang. Jadi, Anda perlu menggunakan tangan Anda untuk menyangga si kecil saat digendong. Jenis ini juga sangat terkenal dengan motifnya yang menarik. Ditambah lagi, Anda bisa nyaman menyusui si kecil sambil menggendong dengan gendongan ini.

Jenis ini relatif ringkas dan dapat dimasukkan ke tas karena mudah digunakan dan bisa dilipat. Namun, Anda perlu berhati-hati dan memasang gendongan ini dengan benar. Hal ini untuk mencegah timbulnya masalah pada bayi seperti dislokasi sendi panggul, kematian karena lemas, dan jatuh. Sebaiknya Anda berlatih terlebih dahulu dengan boneka untuk mendapatkan posisi yang benar.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Sling merupakan jenis gendongan yang tumpuannya berada di satu bahu. Ketika menggunakan jenis gendongan sling, kedua tangan tetap bisa bebas sehingga Anda bisa leluasa melakukan aktivitas lainnya. Namun, saat menggendong dengan posisi ini, cara dan teknik menggendong harus sesuai dengan kaidah keamanan. Posisi bayi haruslah tegak dengan kaki membuka (spread squat position) atau dikenal sebagai M-Shape.


Menggunakan gendongan sling memang cenderung praktis dan membuat ibu lebih mudah menyusui di dalam gendongan. Namun, saat menyusui, Anda tetap perlu memperhatikan keamanan bayi di dalam gendongan. Beberapa jenis gendongan yang termasuk dalam kategori sling adalah jarik atau selendang, ring sling, dan pouch sling.

Perhatikan usia bayi saat menggunakan gendongan bayi

Perhatikan usia bayi saat menggunakan gendongan bayi

Jangan lupa memeriksa target usia pada kemasan ketika membeli gendongan bayi. Bayi yang baru lahir memiliki leher yang masih belum bisa ditegapkan. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan jenis yang dapat menempatkan bayi secara horizontal.


Namun, mungkin Anda tidak terlalu sering keluar rumah dengan anak Anda yang baru lahir. Jika demikian, Anda bisa membeli gendongan bayi untuk yang berusia 3 bulan ke atas. Pada usia 3 bulan, leher si kecil sudah lebih kuat sehingga bisa digendong dalam posisi vertikal.


Gendongan bayi untuk usia di atas 3 bulan bisa saja terus digunakan hingga anak tumbuh lebih besar. Akan tetapi, bersamaan dengan pertumbuhan si kecil maka gaya menggendong pun akan berubah. Oleh karena itu, sebaiknya membeli gendongan bayi sesuai dengan usia agar tidak mubazir.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Menggendong dengan posisi bayi upright atau tegak dengan kaki membuka membentuk M-Shape sangat direkomendasikan sejak bayi baru lahir. Cara menggendong ini dapat dipraktekkan menggunakan jenis gendongan apa pun kecuali hip seat.


Saat ini sudah banyak jenis gendongan SSC yang mengusung konsep adjustable dan bisa digunakan saat bayi berumur 1–3 bulan. Hal yang perlu Anda lakukan ketika akan menggunakan gendongan adalah membaca buku manualnya. Dengan mengerti cara penggunaannya, gendongan tidak akan membahayakan bayi atau penggendongnya.

Perhatikan variasi metode menggendong

Perhatikan variasi metode menggendong

Menggendong dengan gendongan bayi dapat dilakukan dengan beberapa metode. Anda bisa memilih gendongan bayi tergantung metode menggendong yang Anda sukai. Pada umumnya, metode menggendong bisa dibagi ke dalam lima metode sebagai berikut.


  • hip carry (posisi samping duduk menghadap ibu)
  • facing parent front carry (posisi depan duduk menghadap ibu) 
  • facing out front carry (posisi depan duduk menghadap depan)
  • back carry (posisi belakang duduk menghadap ibu)
  • side hold carry (posisi tidur menghadap ibu)

Sayangnya, tidak semua produk bisa digunakan untuk menggendong dengan kelima metode tersebut. Ada produk yang hanya cocok untuk satu metode menggendong saja. Jadi, silakan Anda pilih dengan teliti sesuai dengan kebutuhan Anda.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Posisi front carry atau posisi bayi menghadap penggendong adalah posisi yang sangat dianjurkan untuk menggendong bayi sejak lahir. Anda bisa menggendong dengan posisi hip carry ketika anak sudah bisa menoleh, yakni sekitar usia tiga bulan. Ketika torso anak sudah kuat atau sekitar usia enam bulan ke atas, Anda bisa menggendongnya dengan posisi back carry


Hal yang harus Anda hindari adalah menggendong bayi dengan posisi front facing out (world facing) jika bayi belum bisa mengangkat dan menolehkan kepalanya. Hal itu terutama jika bayi belum memiliki torso yang kuat.


Nah, side carry atau craddle position hanya dianjurkan untuk posisi menyusui atau ketika bayi sudah selesai menyusu. Setelah itu, Anda sebaiknya mengubah kembali posisi bayi ke posisi tegak atau memindahkan bayi ke tempat tidur jika bayi sudah tertidur.

Pilih bahan yang breathable untuk keringat bayi

Pilih bahan yang breathable untuk keringat bayi

Bayi memiliki suhu tubuh yang lebih tinggi dan lebih mudah berkeringat dibandingkan dengan orang dewasa. Saat digendong dengan gendongan, bayi akan lebih mudah merasa panas dan berkeringat. Jadi, pilihlah bahan yang breathable untuk membuat kulit bayi bisa bernapas dan terhindar dari biang keringat. 


Kami merekomendasikan untuk memilih bahan yang dapat menyerap keringat seperti bahan katun. Bahan katun ini sangat disarankan apalagi jika bayi atau ibu memiliki kulit yang sensitif. Untuk lebih jelasnya, silakan cek bahan gendongan pada tabel deskripsi masing-masing produk. 

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Supaya bayi tidak kepanasan, sebaiknya orang tua tidak berlebihan dalam memakaikan pakaian ketika bayi digendong. Orang tua di Indonesia cenderung memakaikan bayi baju yang berlebihan, seperti baju lengan panjang atau bahkan onesie


Menggendong bayi tanpa gendongan pun bisa cukup membuat bayi berkeringat. Hal ini karena Anda dan bayi sedang bertukar suhu tubuh saat berpelukan. Karena itu, sangat wajar apabila bayi menjadi berkeringat, apalagi jika digendong dalam jangka waktu lama. Jika Anda sudah mengurangi lapisan baju bayi, tetapi si kecil masih juga berkeringat, Anda bisa mempertimbangkan gendongan berbahan mesh atau linen.

Pilih produk yang dapat menjaga postur bayi tetap benar

Pilih produk yang dapat menjaga postur bayi tetap benar

Idealnya, postur tubuh bayi ketika sedang digendong dengan atau tanpa gendongan bayi haruslah sama. Jika postur tubuh bayi tidak benar, maka tulang bayi akan berisiko cedera. Bahkan, beban pada bahu dan pinggul ibu yang menggendong pun akan makin bertambah. 


Ada tiga hal yang menjadi pertimbangan agar postur bayi tetap benar saat digendong. Pertama, kaki si kecil harus berbentuk M saat digendong. Kedua, dahi bayi berada dalam posisi yang bisa dicium ibu yang menggendongnya. Terakhir, posisi pantat bayi berada sedikit di atas posisi pusar ibu. Jika ukuran gendongan bayi tidak sesuai, Anda pun akan sulit untuk menggendong bayi dengan postur yang benar.

Indah Siauw
Certified babywearing consultant
Indah Siauw

Gendongan ergonomis adalah gendongan yang dianjurkan untuk menggendong bayi. Ergonomis tidak hanya untuk bayi, tetapi juga untuk penggendong. Gendongan yang ergonomis adalah gendongan yang nyaman serta mampu menyesuaikan pertumbuhan bayi. 


Posisi bayi harus berada pada posisi tegak atau upright dan kaki bayi membentuk posisi M-Shape atau jongkok terbuka. Bagi penggendong, gendongan harus terasa nyaman dan bayi di dalam gendongan harus seperti berada di dalam pelukan yang erat. Dengan begitu, ketika kedua tangan penggendong tidak menyangga bayi, bayi tetap aman di dalam gendongan. Selain itu, posisi bayi juga tetap berada di tempatnya.

10 Rekomendasi gendongan bayi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gendongan bayi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Indah Siauw.

10
Target usia5 bulan sampai 3 tahun
Kapasitas berat badan6,8 sampai 15 kg
BahanKain berpori
Metode menggendong Hip carry (posisi samping duduk menghadap ibu)
9
Target usia0 sampai 3 tahun
Kapasitas berat badanSampai 20 kg
Bahan100% bahan organik bamboo
Metode menggendongFacing parent front carry (posisi depan duduk menghadap ibu), facing out front carry (posisi depan duduk menghadap depan), hip carry (posisi samping duduk menghadap ibu), back carry (posisi belakang duduk menghadap ibu), dan side hold carry (posisi tidur menghadap ibu)
8
Target usia0 sampai 24 bulan
Kapasitas berat badan3,6 sampai 15 kg
Bahan100% katun
Metode menggendongFacing parent front carry (posisi depan duduk menghadap ibu), facing out front carry (posisi depan duduk menghadap depan), hip carry (posisi samping duduk menghadap ibu), back carry (posisi belakang duduk menghadap ibu), dan side hold carry (posisi tidur menghadap ibu)
7
Target usia0 sampai 18 bulan
Kapasitas berat badan7 sampai 35 lbs (3,2 sampai 15,9 kg)
Bahan95% katun dan 5% spandex
Metode menggendongFacing parent front carry (posisi depan duduk menghadap ibu)
6

I-ANGELTHE NEW MIRACLE Hipeseat Carrier + Baby Carrier

Mulai dari Rp 3.000.000,00

Target usiaSampai dengan 3 tahun
Kapasitas berat badanSampai dengan 20 kg
Bahan100% katun
Metode menggendongFacing parent front carry (posisi depan duduk menghadap ibu), facing out front carry (posisi depan duduk menghadap depan), hip carry (posisi samping duduk menghadap ibu), dan back carry (posisi belakang duduk menghadap ibu)
5

Ergobaby360 All Positions Baby Carrier Cool Air Mesh

Mulai dari Rp 3.199.000,00

Target usia0 bulan sampai 6 bulan ke atas
Kapasitas berat badan5,5 sampai 20 kg
BahanCotton canvas dan cotton poplin lining
Metode menggendongFacing parent front carry (posisi depan duduk menghadap ibu), facing ut front carry (posisi depan duduk menghadap depan), hip carry (posisi samping duduk menghadap ibu), dan back carry (posisi belakang duduk menghadap ibu)
4

BabySafeBaby Hip Seat Criss Cross Backstrap

BC07

Mulai dari Rp 405.000,00

Target usia3,5 sampai 36 bulan
Kapasitas berat badan 3,5 sampai 20 kg
BahanPolyester
Metode menggendongFacing parent front carry (posisi depan duduk menghadap ibu) dan facing out front carry (posisi depan duduk menghadap depan)
3
Target usiaTidak dijelaskan
Kapasitas berat badanTidak dijelaskan
BahanKain bambu 100% organik
Metode menggendongFacing parent front carry (posisi depan duduk menghadap ibu)
2
Target usia3 bulan sampai 1 tahun
Kapasitas berat badanSampai dengan 15 kg
Bahan 100% combed cotton
Metode menggendongSide hold carry (posisi tidur menghadap ibu) dan hip carry (posisi samping duduk menghadap ibu)
1
Target usia4 bulan ke atas
Kapasitas berat badan7 kg sampai 20 kg
Bahan100% katun kanvas
Metode menggendongFacing parent front carry (posisi depan duduk menghadap ibu) dan facing out front carry (posisi depan duduk menghadap depan)

Tabel perbandingan produk gendongan bayi terbaik

Gambar produk
1
CuddleMe LiteCarrier 1

CuddleMe

2
Mamaway Baby Sling  1

Mamaway

3
Mere et Moi Geos Pro Bamboo 1

Mere et Moi

4
BabySafe Baby Hip Seat Criss Cross Backstrap 1

BabySafe

5
Ergobaby 360 All Positions Baby Carrier Cool Air Mesh 1

Ergobaby

6
I-ANGEL THE NEW MIRACLE Hipeseat Carrier + Baby Carrier 1

I-ANGEL

7
Boba Wrap 1

Boba

8
We Made Me Soohu Sling Lite 1

We Made Me

9
Pognae  Orga Plus 1

Pognae

10
Suppori Baby Sling 1

Suppori

Nama produk

LiteCarrier

Baby Sling

Geos Pro Bamboo

Baby Hip Seat Criss Cross Backstrap

360 All Positions Baby Carrier Cool Air Mesh

THE NEW MIRACLE Hipeseat Carrier + Baby Carrier

Wrap

Soohu Sling Lite

Orga Plus

Baby Sling

Keunggulan

Compact dan efisien dengan pouch penyimpanan gratis

Tidak mudah jatuh dengan ring yang kuat

Geos premium dengan bahan 100% organik

Beban bahu berkurang dengan tali punggung yang menyilang

Antigerah dengan cool air mesh

Tiga fungsi dalam empat posisi

Makin erat dengan si kecil saat menggendong

Bisa dipakai untuk menyusui dalam dua posisi

Semua posisi dalam satu gendongan

Berenang sambil menggendong si kecil? Tak masalah!

Harga mulai dariRp 234.000,00Rp 684.000,00Rp 500.000,00Rp 405.000,00Rp 3.199.000,00Rp 3.000.000,00Rp 350.000,00Rp 809.100,00Rp 2.490.000,00Rp 495.000,00
Target usia4 bulan ke atas3 bulan sampai 1 tahunTidak dijelaskan3,5 sampai 36 bulan0 bulan sampai 6 bulan ke atasSampai dengan 3 tahun0 sampai 18 bulan0 sampai 24 bulan0 sampai 3 tahun5 bulan sampai 3 tahun
Kapasitas berat badan7 kg sampai 20 kgSampai dengan 15 kgTidak dijelaskan 3,5 sampai 20 kg5,5 sampai 20 kgSampai dengan 20 kg7 sampai 35 lbs (3,2 sampai 15,9 kg)3,6 sampai 15 kgSampai 20 kg6,8 sampai 15 kg
Bahan100% katun kanvas 100% combed cotton Kain bambu 100% organikPolyesterCotton canvas dan cotton poplin lining100% katun95% katun dan 5% spandex100% katun100% bahan organik bambooKain berpori
Metode menggendongFacing parent front carry (posisi depan duduk menghadap ibu) dan facing out front carry (posisi depan duduk menghadap depan)Side hold carry (posisi tidur menghadap ibu) dan hip carry (posisi samping duduk menghadap ibu)Facing parent front carry (posisi depan duduk menghadap ibu)Facing parent front carry (posisi depan duduk menghadap ibu) dan facing out front carry (posisi depan duduk menghadap depan)Facing parent front carry (posisi depan duduk menghadap ibu), facing ut front carry (posisi depan duduk menghadap depan), hip carry (posisi samping duduk menghadap ibu), dan back carry (posisi belakang duduk menghadap ibu)Facing parent front carry (posisi depan duduk menghadap ibu), facing out front carry (posisi depan duduk menghadap depan), hip carry (posisi samping duduk menghadap ibu), dan back carry (posisi belakang duduk menghadap ibu)Facing parent front carry (posisi depan duduk menghadap ibu)Facing parent front carry (posisi depan duduk menghadap ibu), facing out front carry (posisi depan duduk menghadap depan), hip carry (posisi samping duduk menghadap ibu), back carry (posisi belakang duduk menghadap ibu), dan side hold carry (posisi tidur menghadap ibu)Facing parent front carry (posisi depan duduk menghadap ibu), facing out front carry (posisi depan duduk menghadap depan), hip carry (posisi samping duduk menghadap ibu), back carry (posisi belakang duduk menghadap ibu), dan side hold carry (posisi tidur menghadap ibu) Hip carry (posisi samping duduk menghadap ibu)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan lainnya untuk merawat bayi di sini

Selain gendongan bayi, stroller juga menjadi item wajib bagi Anda yang ingin bepergian dengan si kecil. Untuk lebih jelasnya, silakan baca juga rekomendasi stroller pada artikel di bawah ini. Ada artikel rekomendasi perlengkapan lainnya untuk merawat bayi juga, lho!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel kami, apakah Anda sudah menemukan gendongan yang Anda sukai? Perhatikan baik-baik keunggulan dan kekurangan pada masing-masing produk. Jika Anda membeli produk yang tidak sesuai, Anda dan bayi Anda pun tidak akan nyaman saat memakainya.


Untuk menghindari risiko cedera, Anda harus berhati-hati saat menggendong si kecil. Semoga Anda bisa menemukan gendongan bayi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Eratkan hubungan Anda dan buah hati dengan kegiatan menggendong!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    328.127 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi yang bagus dengan pertimbangan material botol, bentuk botol, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    243.988 Views
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merk baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Pigeon, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    165.507 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Popok bayi sendiri sangat beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, membuat banyak ibu jadi kebingungan memilih popok terbaik.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    303.658 Views
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Mulai dari bayi yang baru lahir hingga bayi yang sudah mulai belajar bermain di luar ruangan, mandi merupakan hal yang sangat penting. Berhubung sabun bersentuhan langsung dengan kulit bayi, Anda perlu memilih produk yang aman bagi kulitnya. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang bagus, aman, dan tepercaya. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda dari berbagai merk populer, seperti Pigeon, Zwitsal, Johnson’s, dan lainnya. Ada juga komentar dari bidan Ony Christy untuk menambah wawasan Anda. Simak sampai akhir, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    183.665 Views
  • 10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Balsam bayi merupakan obat topikal (obat yang dioleskan pada kulit) yang kerap dipilih orang tua untuk meredakan gejala flu pada bayi. Setelah dioles balsam, tubuh anak menjadi hangat dan hidungnya lega. Balsam bayi juga berfungsi untuk melembapkan dan mencegah iritasi kulit.Berhubung diperuntukkan bagi bayi, tentu saja Anda tidak boleh sembarang memilih, ya. Melalui artikel ini kami akan memberikan tips cara memilih balsam bayi serta merekomendasikan produk terbaik seperti Transpulmin, Tresno Joyo, hingga Vicks Baby Balsam. Baca artikel ini hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    76.746 Views
  • 10 Rekomendasi Baju Handuk Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baju Handuk Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Baju handuk mandi untuk bayi dapat menjaga bayi tetap hangat sehabis mandi dan menyerap kelembapan dengan cepat. Tidak seperti handuk biasa, handuk bayi umumnya memiliki desain yang lucu dan bahan yang lembut. Baju handuk mandi untuk bayi memiliki beragam model, seperti kimono, handuk hoodie, dan sebagainya. Melalui artikel ini kami akan memberikan tips memilih baju handuk yang berkualitas untuk bayi. Selain itu, kami juga akan membagikan rekomendasi baju handuk bayi dari berbagai merek, seperti Mothercare, Dialogue Baby, dan IKEA. Yuk, baca sampai habis artikel ini dan temukan produk terbaiknya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    1.718 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori